daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old March 18th, 2013, 08:45 PM   #101
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 3,651
Likes (Received): 241

Quote:
Proyek Tol Cisumdawu Seksi I-II Tuntas 2014
Source : Suara Pembaharuan, hal 11 Fri, 30 Nov 2012
Proyek Tol Cisumdawu Seksi I-II Tuntas 2014

[SUMEDANG] Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto menargetkan pembangunan jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi I dan II selesai 2014. Shanghai Contractor Group, PT Wijaya Karya, dan PT Waskita Karya diharapkan dapat menyelesaikan proyek Tol tepat waktu.

"Saya harap pengerjaannya tidak terlambat, karena kontrak proyek sudah ditandatangani sejak November 2011," kata Djoko saat melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) tol Cisumdawu seksi I di Sumedang, Jawa Barat, Kamis (29/12).

Pemerintah mulai membangun jalan tol Cisumdawu seksi I dengan pendanaan sebesar Rp 1,02 triliun. Pembiayaan jalan tol itu berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2012 sebanyak 10% dan pinjaman lunak pemerintah Tiongkok sekitar 90%.

"Dana itu juga digunakan untuk membiayai pembanguan tol Cisumdawu seksi II. Tol seksi I dan II merupakan bagian proyek tol Cisumdawu yang mesti dikerjakan pemerintah," ujar dia.

Menurut Djoko. proses pengerjaan tol seksi I sebenarnya sudah dilakukan sebagian. Sedangkan di Tol seksi II baru dikerjakan di bagian interchange.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto menambahkan, proyek tol Cisumdawu sepanjang 60,28 km dibagi dalam enam seksi. Rinciannya adalah seksi I Cileunyi-Tanjungsari (9,8 km), seksi II Tanjungsari-Sumedang (17,51 km), seksi III Sumedang-Cimalaka (3,7 km), seksi IV Cimalaka-Legok (6,96 km), seksi V Legok-Ujungjaya (16,35 km), dan seksi VI Ujungjaya-Dawuan (4 km).

"Ruas Dawuan ini nantinya terhubung dengan tol Cikampek-Palimanan yang saat ini juga dalam proses pembangunan," tutur dia.

Jalan tol Cisumdawu juga bakal menjadi akses Bandara Kertajati yang kini masih dalam proses pembahasan. Keberadaan Tol juga akan mempersingkat waktu tempuh Bandung-Sumedang dari 2 jam menjadi sekitar 15 menit.

Masih Panjang

Di sisi lain, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Achmad Gani Ghazali mengungkapkan, seiring pembangunan tol Cisumdawu seksi I dan II, proses pembebasan lahan untuk seksi III-VI terus dilakukan. Setelah 70% lahan dibebaskan, proses tender akan dilakukan dengan menggandeng pihak swasta.

Di tempat yang sama, Gubernur Jawa Barat Achmad Heryawan mengungkapkan, pembangunan tol Cisumdawu sebenarnya sudah direncanakan sejak 2005. Dengan demikian, proyek baru bisa direalisasikan tujuh tahun setelah perencanaan.

Dia juga mengakui, kehadiran jalan tol itu dapat memperlancar pergerakan manusia dan barang dari Bandung ke Sumedang dan Cirebon, sekaligus menaikkan pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. [ID/E-8]
seksi I dan seksi II yang baru tuntas di tahun 2014??
so baru 27-an km..[ (Rinciannya adalah seksi I Cileunyi-Tanjungsari (9,8 km), seksi II Tanjungsari-Sumedang (17,51 km) ]


segeralah dikebut. apalagi gubernur saat ini adalah gubernur lalu yang pasti harus melanjutkan apa yang ia rintis dongg
__________________
CGK-CAN-WUH-LAX-SFO-ORD
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old March 19th, 2013, 06:50 AM   #102
RianArfiansyah
Registered User
 
RianArfiansyah's Avatar
 
Join Date: Dec 2011
Location: Majalengka - Ngayogyokarto Hadiningrat - Cirebon
Posts: 486
Likes (Received): 123

Quote:
Originally Posted by emyrr3096 View Post
seksi I dan seksi II yang baru tuntas di tahun 2014??
so baru 27-an km..[ (Rinciannya adalah seksi I Cileunyi-Tanjungsari (9,8 km), seksi II Tanjungsari-Sumedang (17,51 km) ]


segeralah dikebut. apalagi gubernur saat ini adalah gubernur lalu yang pasti harus melanjutkan apa yang ia rintis dongg


Kabarnya memang cuman 2 seksi yang pendanaan pembangunan dari Pemerintah, seksi lainya berasal dari swasta kang emyrr, mungkin 2 seksi dulu dibangun karena memang kepadatan jalan utama Sumedang-Bandung sudah parah, macet ada di Jatinangor, Tanjungsari, Cadas Pangeran, dan memasuki Kota Sumedang (Perempatan Polres Sumedang)
RianArfiansyah no está en línea   Reply With Quote
Old March 28th, 2013, 03:08 PM   #103
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 8,494
Likes (Received): 488

kamis, 28 maret 2013 00:36 WIB
Tol Cisumdawu Jadi Percontohan

Quote:
JATINANGOR (GM) - Puluhan pejabat fungsional (jafung) Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Bina Marga, dan Balai Penelitian Jalan dan Jembatan Provinsi Seluruh Indonesia, melakukan observasi ke lokasi proyek Tol Cileunyi, Sumedang, Dawuan (Cisumdawu), di Desa Ciptasari, Kec. Pamulihan, Kab. Semdang, Rabu (27/3).

"Diharapkan, dengan observasi oleh pejabat di tingkat ahli ini, seluruh peserta yang sebelumnya mengikuti diklat bisa menerapkan ilmu yang diperolehnya," kata Ketua Tim Kunjungan Lapangan Direktoran Jendral Bina Marga, Indra Miduk Hutabarat kepada wartawan di Jatinangor, Rabu (27/3).

Menurut Indra, diklat tersebut diikuti 28 orang jafung dari seluruh provinsi se-Indonesia. Sebelumnya peserta diklat digodok selama dua minggu terkait teori teknik jalan dan jembatan.

"Sebagai bahan percontohan, rombongan peserta diklat meninjau lokasi proyek Tol Cisumdawu di Desa Ciptasari, Kec. Pamulihan. Tujuan kunjungan itu agar peserta bisa melihat secara langsung teknis pembangunan jalan tol," ucap Indra.

Diharapkan, setelah peserta meninjau lokasi proyek tol, pengalamannya itu bisa menjadi solusi terkait pembangunan jalan dan jembatan di tempatnya bertugas.

Usai memberikan paparan kepada puluhan peserta diklat, Kepala Satuan Kerja Pelaksana Jalan Bebas Hambatan Tol Cisumdawu, Ir. Subagus Dwi Nurjaya, M.Sc. mengatakan, proyek Tol Cisumdawu dimulai sejak tahun 2011.

"Satker Tol Cisumdawu siap melaksanakan proyek sesuai target. Namun, itu harus ditunjang dengan kesiapan anggaran dari pemerintah pusat berikut ketersediaan lahan," ujar Subagus.

Pembangunan jalan Tol Cisumdawu direncanakan sepanjang 60,11 km. Pihaknya telah mengerjakan sekitar 0,3 persen proyek sesuai kontrak untuk 2 tahun yakni sepanjang 6 km. "Pembangunan tol sebagai upaya pemerintah pusat dan Pemprov Jabar untuk pengembangan wilayah Jabar bagian tengah dan timur," ujarnya.
http://klik-galamedia.com/tol-cisumd...di-percontohan
__________________
v-sun no está en línea   Reply With Quote
Old March 31st, 2013, 01:53 PM   #104
atom13
Registered User
 
Join Date: Feb 2012
Posts: 6
Likes (Received): 0

Kepada Pemerintah, semoga pembangunan tol tahap 1 dan 2 cepet selsai. .
jalan dari sumedang sampe bandung macetnya sudah pada tahap kritis. . .

Minimal Tol harus beres secepatnya sampai daerah cimalaka. . .
ane kalo pulang mudik, macet terus. macetnya panjang lagiii
truck2 makin kesini makin banyak, jalanan makin cepet rusak n berlubang. .
sangat membahayakan
atom13 no está en línea   Reply With Quote
Old April 10th, 2013, 08:25 AM   #105
morester49
Registered User
 
Join Date: Jan 2012
Posts: 83
Likes (Received): 12

ada yang punya update fotonya ga yaa????
morester49 no está en línea   Reply With Quote
Old April 11th, 2013, 04:10 AM   #106
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 3,651
Likes (Received): 241

Quote:
Originally Posted by atom13 View Post
Kepada Pemerintah, semoga pembangunan tol tahap 1 dan 2 cepet selsai. .
jalan dari sumedang sampe bandung macetnya sudah pada tahap kritis. . .

Minimal Tol harus beres secepatnya sampai daerah cimalaka. . .
ane kalo pulang mudik, macet terus. macetnya panjang lagiii
truck2 makin kesini makin banyak, jalanan makin cepet rusak n berlubang. .
sangat membahayakan
Quote:
Originally Posted by morester49 View Post
ada yang punya update fotonya ga yaa????
iya nih berharap seksi paket 1 & 2segera selesai dan dapat digunakan dulu sambil menunggu paket pngerjaan lainnya dibangun oleh investor/pengembang yg lainnya.

iyanih ada forumer yg mungkin tahu lokasi proyek Cisumdawunya dan bisa memberikan update gambar ga yah?
__________________
CGK-CAN-WUH-LAX-SFO-ORD
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old April 13th, 2013, 03:29 AM   #107
RianArfiansyah
Registered User
 
RianArfiansyah's Avatar
 
Join Date: Dec 2011
Location: Majalengka - Ngayogyokarto Hadiningrat - Cirebon
Posts: 486
Likes (Received): 123

Quote:
Originally Posted by emyrr3096 View Post
iya nih berharap seksi paket 1 & 2segera selesai dan dapat digunakan dulu sambil menunggu paket pngerjaan lainnya dibangun oleh investor/pengembang yg lainnya.

iyanih ada forumer yg mungkin tahu lokasi proyek Cisumdawunya dan bisa memberikan update gambar ga yah?

Amin mas, macetnya jalur Cirebon - Bandung di lintas Nyalindung - Sumedang Kota sampai Jatinangor sudah kronis terlebih weekend atau ada musibah kecelakaan.

Lokasinya di kecamatan Pamulihan Sumedang kang, saya juga pengen hunting soalnya penasaran juga tapi kejauhan hehe
RianArfiansyah no está en línea   Reply With Quote
Old April 29th, 2013, 05:13 PM   #108
Wicak_15
My (Future) Girlfriend
 
Wicak_15's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Jakarta
Posts: 3,459
Likes (Received): 1034

Salah satu kontraktor Jalan Tol ini adalah Ssangyong Enginnering & Construction



Location:
Indonesia
Period:
2011.12 ~ 2014.11
Client:
Shanghai Construction Group Company Limited
Overview:
4-lane, 2-way road. 10 bridges (3 bridges on the main road, 7 elevated bridges)
Total length: 6.35km

This is a project to build a 6.35㎞ four lane highway of which is a part of a total 60㎞ highway extension starting from the Bandung area, 200km southwest of Jakarta. Ten bridges (1.435㎞) are included in the total length.

http://www.ssyenc.com/newEng/bbs/act..._forenview.asp
__________________

forumku.com liked this post
Wicak_15 no está en línea   Reply With Quote
Old April 30th, 2013, 02:29 AM   #109
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 3,651
Likes (Received): 241

Quote:
Originally Posted by Wicak_15 View Post
Salah satu kontraktor Jalan Tol ini adalah Ssangyong Enginnering & Construction

Location:
Indonesia
Period:
2011.12 ~ 2014.11
Client:
Shanghai Construction Group Company Limited
Overview:
4-lane, 2-way road. 10 bridges (3 bridges on the main road, 7 elevated bridges)
Total length: 6.35km

This is a project to build a 6.35㎞ four lane highway of which is a part of a total 60㎞ highway extension starting from the Bandung area, 200km southwest of Jakarta. Ten bridges (1.435㎞) are included in the total length.

http://www.ssyenc.com/newEng/bbs/act..._forenview.asp
Terimakasih atas infonya. Hanya 6km saja yah yg dikerjakan oleh kontraktor ini? Bagaimana bisa selesai semua 60km yah?
__________________
CGK-CAN-WUH-LAX-SFO-ORD
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old April 30th, 2013, 02:45 PM   #110
blablanonsense
Fiat Voluntas Tua
 
blablanonsense's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Parijs van Jawa, Merlion City
Posts: 3,232
Likes (Received): 572

Pembagian paket kerja ini bagaimana sih kriteria-nya? 6km pendek sekali deh kayaknya. Dipakai lari kurang dari 1 jam sudah beres.
__________________
Wonderful Indonesia

Tolak penggantian nama Bandara Sepinggan! Nama Sepinggan sudah melekat di masyarakat dan penggantian nama hanya pemborosan uang semata!.
We are against the renaming of Sepinggan International Airport, Balikpapan. Viva Sepinggan!

Sign the petition NOW!
blablanonsense no está en línea   Reply With Quote
Old April 30th, 2013, 08:25 PM   #111
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 3,651
Likes (Received): 241

Quote:
Originally Posted by blablanonsense View Post
Pembagian paket kerja ini bagaimana sih kriteria-nya? 6km pendek sekali deh kayaknya. Dipakai lari kurang dari 1 jam sudah beres.
Katanya sih paket 1 & 2 dikerjakan pemerintah,sisanya 4 paket (dari 6 paket kalau tidak salah) dikerjakan oleh pihak investor asing. Lhaa 6km mah apaan setitik banget lokasinyapun gatau nyambung dimana . Tapi lumayan nyicil pembangunan 10tahun
__________________
CGK-CAN-WUH-LAX-SFO-ORD
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old May 6th, 2013, 12:59 PM   #112
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 8,494
Likes (Received): 488

sabtu, 04 mei 2013 00:36 WIB
Interchange Mulai Dibangun di Tol Cisumdawu

Quote:
JATINANGOR (GM) - Pembangunan interchange sebagai akses jalan proyek Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan) di wilayah Desa Citali, Kec. Pamulihan, Kab. Sumedang dalam beberapa hari mulai dikerjakan. Sejumlah alat berat diturunkan ke lokasi.

Interchange Tol Cisumdawu tahap pertama itu merupakan akses keluar dan masuk dari Jalan Raya Pamulihan-Tanjungsari. Pada Jumat (3/5), pembangunan Tol Cisumdawu sedang berlangsung.

Sekretaris Desa Citali, Ade Tajudin mengatakan, sebelumnya pihak pelaksana pengerjaan bertemu sejumlah warga yang tinggal berdekatan dengan lokasi proyek.

...................
http://klik-galamedia.com/interchang...-tol-cisumdawu
__________________
v-sun no está en línea   Reply With Quote
Old June 3rd, 2013, 04:49 AM   #113
RianArfiansyah
Registered User
 
RianArfiansyah's Avatar
 
Join Date: Dec 2011
Location: Majalengka - Ngayogyokarto Hadiningrat - Cirebon
Posts: 486
Likes (Received): 123

Senin, 3 Juni 2013, 08:59
Bangun Tol Cisumdawu, Pemerintah Kembali Ajukan Pinjaman ke China

Quote:
VIVAnews - Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, Senin 3 Juni 2013, menyatakan, pemerintah sedang menyiapkan proposal pinjaman dana dari China untuk membangun seksi II jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu).

...

Untuk jalan tol Cisumdawu ini, menurut Djoko, pemerintah menyiapkan Viability Gap Fund (VGF) atau dukungan dana awal untuk pembangunan proyek-proyek infrastruktur, untuk dua seksi pertama jalan tol sepanjang 58,35 kilometer itu.

Pembangunan seksi pertama yakni ruas Cileunyi-Tanjungsari akan selesai pada 2014. Sementara itu, pembangunan seksi II baru akan mengajukan pinjaman. Paket kedua ini, menurut Djoko, untuk pengalihan arus lalu lintas yang melewati Cadas Pangeran dari Tanjung Sari menuju Sumedang.

...
http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...jaman-ke-china
RianArfiansyah no está en línea   Reply With Quote
Old June 4th, 2013, 09:15 AM   #114
CahLanang
Registered User
 
CahLanang's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: Yogyakarta
Posts: 54
Likes (Received): 33

Permisi, salam kenal buat SSCI forumers semua..


Saya masih newbie mau gabung di forum ini mumpung saya punya beberapa foto progress pengerjaan tol Cisumdawu Tahap II fase I

Monggo yang mau liat beberapa fotonya

Maaf saya belum sempet ngecilin fotonya, maklum newbie

Update April 2013
Cisumdawu Toll Road Project Phase II Stage I
Shanghai Construction Group - Consortium of Wika-Waskita Joint Operation
Wika Section

Progres pekerjaan fondasi jembatan Cisarongge



Pemancangan PC Spun Pile untuk fondasi Pier 1 jembatan Cisarongge



Curing lean concrete P1 sebelum pembesian dan pengecoran footing P1



STA 10+900
__________________

anugrah84, KyleRease, lizia. liked this post
CahLanang no está en línea   Reply With Quote
Old June 4th, 2013, 10:23 AM   #115
AceN
Half Geek
 
AceN's Avatar
 
Join Date: Apr 2007
Location: Iacárta
Posts: 11,253
Likes (Received): 1858

Wah thanks banyak mas sering-sering update disini ya ! hehehe..eh, newbie kok joinnya 2010 ? :P
__________________
Centroval Studio | The Archivetecture
NEW COLLECTION ! -> 22 April 2014 : Changi Airport Collections | Previous Collection -> 9 January 2014 : Jakarta - Singapore - Seoul Skyline

"Amateurs worry about gear - Professionals worry about money - Masters worry about light"
AceN no está en línea   Reply With Quote
Old June 6th, 2013, 05:40 AM   #116
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 3,651
Likes (Received): 241

Quote:
Originally Posted by CahLanang View Post
Permisi, salam kenal buat SSCI forumers semua..


Saya masih newbie mau gabung di forum ini mumpung saya punya beberapa foto progress pengerjaan tol Cisumdawu Tahap II fase I

Monggo yang mau liat beberapa fotonya

Maaf saya belum sempet ngecilin fotonya, maklum newbie

Update April 2013
Cisumdawu Toll Road Project Phase II Stage I
Shanghai Construction Group - Consortium of Wika-Waskita Joint Operation
Wika Section

Progres pekerjaan fondasi jembatan Cisarongge

Pemancangan PC Spun Pile untuk fondasi Pier 1 jembatan Cisarongge

Curing lean concrete P1 sebelum pembesian dan pengecoran footing P1

STA 10+900
Terimakasih atas updatenya! Jadi berapa panjang toll road Cisumdawu yg telah selesai dan sedang dikerjakan yah? Apakah bisa Cisumdawu bisa di operasikan walau belum sampai 50% completed? Seperti Cipularang dulu?
__________________
CGK-CAN-WUH-LAX-SFO-ORD
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old June 6th, 2013, 06:06 AM   #117
bangrichie
membangun dan menanam
 
bangrichie's Avatar
 
Join Date: Aug 2011
Location: cirebon
Posts: 397
Likes (Received): 130

Quote:
Originally Posted by emyrr3096 View Post

Terimakasih atas updatenya! Jadi berapa panjang toll road Cisumdawu yg telah selesai dan sedang dikerjakan yah? Apakah bisa Cisumdawu bisa di operasikan walau belum sampai 50% completed? Seperti Cipularang dulu?
Semoga cisumdawu cepet jadi...urgent bgt d jalur cirebon -bandung..jarak 130km skg bisa nyampe 4- 5 jam...kalo pake tol paling 1,5 - 2 jam...kualitas kontruksi jg harus dijaga,,jgn sampe ky cipularang n toll bakrie cirebon..
__________________
INTINYA KUDU YAKIN
bangrichie no está en línea   Reply With Quote
Old June 7th, 2013, 06:44 AM   #118
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 3,651
Likes (Received): 241

Quote:
Originally Posted by bangrichie View Post

Semoga cisumdawu cepet jadi...urgent bgt d jalur cirebon -bandung..jarak 130km skg bisa nyampe 4- 5 jam...kalo pake tol paling 1,5 - 2 jam...kualitas kontruksi jg harus dijaga,,jgn sampe ky cipularang n toll bakrie cirebon..
Asliiiiii! Kualitas Cipularang sih masih bagus daripada yg Bakrie Toll

Asli kemaren ini Bandung - Cirebon pp kemaren ampe 7jam! Padat merayaaaaapp
__________________
CGK-CAN-WUH-LAX-SFO-ORD
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old June 7th, 2013, 07:04 AM   #119
bangrichie
membangun dan menanam
 
bangrichie's Avatar
 
Join Date: Aug 2011
Location: cirebon
Posts: 397
Likes (Received): 130

Quote:
Originally Posted by emyrr3096 View Post

Asliiiiii! Kualitas Cipularang sih masih bagus daripada yg Bakrie Toll

Asli kemaren ini Bandung - Cirebon pp kemaren ampe 7jam! Padat merayaaaaapp
Tuh kan ,,urgent bgt tol ini...lbh urgent ini d bandingkan cikapali sebenernya...jgn ada lg deh tol kaya bakrie udh mahal , kualitasnya jelek...
__________________
INTINYA KUDU YAKIN
bangrichie no está en línea   Reply With Quote
Old June 8th, 2013, 05:59 PM   #120
nidjiholic
Registered User
 
nidjiholic's Avatar
 
Join Date: Mar 2012
Location: surabaya
Posts: 995
Likes (Received): 1017

memang sangat dibutuhkan tol ini apalagi kalau mudik. gila macetnya bukan main bandung arah cirebon*pengalaman mudik. setuju banget sama pendapatnya bangrichie. jangan sampai tol cisumdawu harganya mahal dan jangan sampai kualitas jalan tolnya kayak bakrie toll
__________________
hidup Persebaya 1927. bukan Persebaya ISL

ahmadYR liked this post
nidjiholic no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 01:11 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu