daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Skybazaar of Indonesia > Archive

Closed Thread

Old June 14th, 2005, 01:47 PM   #1
tata
there's no free lunch

Likes (Received): 2

[Indonesia] Aviation and airport thread PART II

The sequel

Bus Rapid Transportation Database, BRT Part 1, BRT Part 2
tata no está en línea  

Sponsored Links

Old June 15th, 2005, 01:43 PM   #2
Fir3blaze
Fir3blaze

Likes (Received): 4

The travelling magazine sounds good, I`m for it. Dave, send it to me (or maybe it wants to go round in Indonesia first? Bandung, Medan or Surabaya perhaps)
Fir3blaze no está en línea  
Old June 15th, 2005, 01:51 PM   #3
David-80
Le Nozze di Figaro...

Well if anyone interested then i will pass it within Indonesia or maybe Australia 1st, but it seems only three of us interested on that particular magazine

Btw, who will pay for the bills?

cheers
Old June 15th, 2005, 02:53 PM   #4
sanhen
Urban Monk

If you pass to Oz, I am willing to pass it to.. say USA? How much to send from Indo to here anyway? No need something fast lah.. its magazine anyway
sanhen no está en línea  
Old June 15th, 2005, 03:34 PM   #5
tata
there's no free lunch

Quote:
Originally Posted by David-80

Btw, who will pay for the bills?

cheers
the one who sends lah

tata no está en línea  
Old June 15th, 2005, 10:59 PM   #6
Fir3blaze
Fir3blaze

Sounds good to me! I think it should go within Indonesia first, then OZ, then the rest of the world.
Old June 16th, 2005, 12:07 PM   #7
tata
there's no free lunch

Quote:
Originally Posted by Fir3blaze
Sounds good to me! I think it should go within Indonesia first, then OZ, then the rest of the world.
wah gue terakhir dong

No... It's a joke. OK guy. Circulate first in Indonesia, whenever ready courier it to me

tata no está en línea  
Old June 16th, 2005, 12:30 PM   #8
JAG2
Skyteam Platinum Elite

Likes (Received): 40

I lost you guys < what s the idea behind this , correct me if I m wrong , you wanna make a travel mag. is that correct ??
JAG2 no está en línea  
Old June 16th, 2005, 02:21 PM   #9
David-80
Le Nozze di Figaro...

Not exactly "travel magazine". Its just the magazine that they want to read, who actually travelling...LOL. get it?
cheers
Old June 16th, 2005, 05:59 PM   #10
tata
there's no free lunch

Guys two days ago there were 2 news in suarapembaruan.com about the plan of expand of Soekarno Airport, including connecting terminal 1 and 2, train connecting Manggarai to Airport in attempt to improve service and attract more international airlines to JKT and of course to accomodate the grow of number of passangers.

Will see if the news still published and summarize them in English.

If any of you have more news about Soekarno Hatta airport, pls post

Ciao,
tata

tata no está en línea  
Old June 17th, 2005, 05:36 PM   #11
David-80
Le Nozze di Figaro...

Thats old news. i been hearing that news since 2 years ago. LOL. Check out macgyver's map that he posted on the aviation thread part I.

The plan is including massive cargo facilities and skybridge.

Anyway here is recent news about Mandala airlines expansion

Mandala explores the possibility of opening routes to Europe

JAKARTA (Antara): Mandala Airlines is exploring the possibility of opening international routes to Spain in line with the improving performance of the private airline which is owned by the Army Strategic Reserves Command (Kostrad).

"We're exploring the possibility of opening the new routes to Spain via Singapore or Malaysia this year. We have to prepare everything so as not to be labeled only as a local player," said Asril H. Tanjung, Mandala's acting president who is also Kostrad's chief of staff.

Asril said that the opening of the new route was in line with the airlines' plan to expand its fleet from the current 15 airplanes to more than 20 next year.

He explained that his company had been offered by aninternational finance consortium from Spain to the study the possibility of expanding its business. (**)
Old June 18th, 2005, 01:43 AM   #12
JAG2
Skyteam Platinum Elite

Likes (Received): 40

So if they want to expand their fleet frm the current 15 to more than 20 next year , then this means that they re going to buy wide bodies in order to fly to Europe.
JAG2 no está en línea  
Old June 20th, 2005, 01:55 PM   #13
UMD

Likes (Received): 514

I actually read in the airliners.net that Mandala is now struggling. I would have thought that opening route to Spain would be very risky. Why wouldn't Mandala explore other destinations in Europe that will be more lucrative such as London or Amsterdam or even route to the US?

Looks like all our airlines are lost .... including Garuda, I am afraid is lost. Though I heard that the new management is quite professional. Let's hope they will make Garuda a proud airline again.
UMD no está en línea  
Old June 20th, 2005, 03:18 PM   #14
David-80
Le Nozze di Figaro...

No, Mandala is on sale but financially they're Ok. the two at risk are Bouraq and Pelita air.

cheers
Old June 20th, 2005, 05:24 PM   #15
sanhen
Urban Monk

Quote:
Originally Posted by UMD
I actually read in the airliners.net that Mandala is now struggling. I would have thought that opening route to Spain would be very risky. Why wouldn't Mandala explore other destinations in Europe that will be more lucrative such as London or Amsterdam or even route to the US?

Looks like all our airlines are lost .... including Garuda, I am afraid is lost. Though I heard that the new management is quite professional. Let's hope they will make Garuda a proud airline again.
I think Garuda, even tough at lost, they are doing better than their old days. Garuda = delay. Now they are on time. The inflight meal is the BEST I ever tried!!!! Too bad they have no personal entertainment system. They are installing though.
sanhen no está en línea  
Old June 26th, 2005, 05:39 AM   #16
ncon
Dangerous User

Likes (Received): 300

Special Sneeks Previews!
of The Old Juanda Airport & New!

I said this one more better than JKT airport!

the old contorl tower!

the new contorl tower & terminal!

from far:

enjoy!
Old June 26th, 2005, 06:18 AM   #17
David-80
Le Nozze di Figaro...

Thanks so much encon, that control tower is one of the highest ATC tower in Indonesia.

Btw, the terminal looks so huge!

cheers
Old June 26th, 2005, 03:36 PM   #18
tata
there's no free lunch

Hei... looks like new Juanda is bigger than Soekarno Hatta airport. Is it?

tata no está en línea  
Old June 26th, 2005, 11:17 PM   #19
Fir3blaze
Fir3blaze

I dont think its bigger than Soekarno Hatta (CGK), this is only one terminal compared to 2 in CGK. Anyway, I found this article on kompas.co.id, and the description on the Juanda airport project is quite detailed (although mostly are info we already know)

Juanda Airport
Gerbang Udara Kedua Indonesia Tambah Memikat

DI tengah riak bertumbangan sejumlah maskapai penerbangan dan sejumlah lainnya (bakal) menyusul akibat antara lain diterjang perang tarif kemudian dengan coup de grace-nya kenaikan harga bahan bakar pesawat terbang avtur dan avigas, derap finishing touch perluasan Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur, sama tidak terpengaruhi. Bahkan, dipacu guna mengejar dateline, Mei 2006, saat semua operasinya pindah ke bagian utara ke tempat baru di seberang bandar udara lama.

DENGAN 300 pergerakan pesawat per hari, Juanda menempatkan dirinya pada urutan nomor dua setelah gerbang utama Indonesia, Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. Berada di atas lahan TNI Angkatan Laut seluas 600 hektar dilingkungi 16 desa Kecamatan Sedati, gerbang udara kedua RI dengan landasan pacu 3.000 meter (akan diperpanjang menjadi 3.600 meter) serta lebar 45 meter yang dikelola Angkasa Pura I, secara terbatas dapat didarati jumbo 747. Saat ini disinggahi 15 maskapai nasional dan enam perusahaan penerbangan asing-Singapore Airlines, Malaysia Airlines, dan AirAsia dari Malaysia, Royal Brunei, Cathay Pasific dari Hongkong, dan EVA Air dari Taiwan.

Lalu lintas penumpangnya kini sudah mencapai 9 juta penumpang atau 26.000 orang dan 30.000 penumpang sehari pada peak season! Apalagi nanti semangat otonomi daerah berindikasi akan menghapus biaya fiskal seperti telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat untuk memacu bandar udaranya, sudah dapat diramalkan arus pergerakan penumpang Juanda akan menembus angka 10 juta penumpang. Lonjakan penumpang tersebut tidak terlepas dari pertumbuhan pesat industri penerbangan seiring pulihnya perekonomian dari krisis moneter 1997/1998. Namun, industri penerbangan ini sekarang sudah mulai pula memasuki tahap seleksi alam yang menimbulkan riak-riak tumbang tersebut.

Dengan dasar pertumbuhan pra-krismon, untuk mengimbanginya pemerintah memutuskan Bandar Udara Juanda yang berada di Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, di ujung utara Jawa Timur pada elevasi 9 kaki atau 2,74 meter di atas permukaan laut dan 15 kilometer dari kota Surabaya, mau tidak mau harus diperluas dengan 234 hektar. Pembangunan perluasannya termasuk tentunya gedung terminal baru dihambat krismon dan baru dapat dilakukan November 2001. Tidak terasa perluasan tersebut tahun 2005 ini sudah memasuki tahapan penyelesaian dan akan berlanjut hingga peresmiannya Mei 2006 mendatang-dalam arti lain proses perluasannya hanya memakan waktu 54 bulan.

Menurut pemimpin proyek peningkatan/pembangunan prasarana Bandar Udara Jawa Timur, Nafhan Syahroni dan General Manager Juanda Airport Bambang Utomo dari Angkasa Pura I, badan yang mengelola Bandara Juanda, menjelaskan, Mei lalu bahwa secara fisik bangunan perluasannya sudah selesai 90 persen dibangun. "Sekarang sedang berlangsung finishing touch-nya," kata Nafhan Syahroni.

Apa yang dijelaskan Bambang maupun Nafhan kenyataan di lapangan memang demikian, secara fisik perluasan Bandar Udara Juanda saya dapatkan sudah mendekati 100 persen selesai dibangun. Terminal bergaya atap rumah joglo Jawa bahkan sudah pula dilengkapi dengan 11 garabarata produk dalam negeri buatan Bukaka, dua di antaranya gabarata kembar-yakni yang pertama dipasang di Indonesia. Untuk mengantisipasi pertumbuhan lalu lintas pesawat dan penumpang, seluruh waiting lounge terminal baru Juanda dirancang dengan gabarata kembar, tinggal dipasang kembarannya bila sudah waktunya dibutuhkan.

Waiting lounge-nya sedang dihiasi dengan dekorasi ukiran bermotif era Majapahit dan tradisional Jawa Timur lainnya, termasuk motif dari Madura. Tidak kalah indahnya dari waiting lounge Soekarno-Hatta. Sebuah plaza megah yang berada di bagian tengah gedung terminal, sedang pula menjalani sentuhan finishing touch dan istimewanya dari plaza ini, ber-AC alam. Langit-langit atap joglo-nya yang tinggi sekali dikombinasi dengan celah-celah terbuka pada strukturnya agar arus udara keluar-masuk lancar, menimbulkan rasa sejuk pada penumpang dan pengunjung saat makan atau berbelanja. Embusan sejuk AC-pun dirasa tak diperlukan lagi, menghemat listrik.

>small 2small 0< lain dari terminal baru Juanda ini, memiliki waving gallery-anjungan terbuka di mana para pengantar dan penjemput sambil menikmati makanan dan minuman dapat menikmati panorama indah alam yang terhampar di selatan dan pergerakan berbagai macam pesawat dari tempat ini-dari pesawat badan sempit Fokker F-100, Boeing 737, dan pesawat badan lebar Airbus A330 sampai jumbojet Boeing 747.

Kemudian dipicu oleh jalan tol yang juga hampir selesai dibangun, serta bakal ada transportasi kereta api yang masuk langsung ke daerah bandar udara, dapat diramalkan nantinya plaza dan waving gallery tersebut akan menjadi tempat favorit bagi warga Surabaya dan Jatim. Mereka tidak lagi hanya melangkahkan kakinya ke mal tapi juga ke Juanda selain keperluan antar-jemput, juga sekadar menikmati keindahan pesawat mendarat dan lepas landas dengan latar belakang Gunung Arjuna dan Bromo. Selain itu, menjadi tempat rendezvous, titik temu bernuansa akrab yang menyenangkan.

Suasana semacam ini mengingatkan saya pada Bandara Udara Kemayoran di tahun 1950-an. Penjemput maupun pengunjung sambil duduk menikmati camilan dan minuman di teras terbuka di salah satu restorannya, dapat melihat orang yang dijemput turun tangga atau yang diantar naik ke pesawat dari jarak sekitar 100 meter. Dan yang paling menyenangkan dan menghibur, melihat turun-naiknya berbagai jenis pesawat diantaranya pesawat empat mesin baling-baling Lockheed Constellation, pesawat terbesar saat itu.

Gunung Arjuna di baratdaya dan Gunung Bromo di sebelah tenggara ibarat lukisan raksasa alam terhampar di depan mata dari terminal tiga lantai seluas 51.500 meter persegi-nya (terminal sekarang luasnya 28.088 meter persegi). Indah sekali. Tambah indah terlihat sewaktu saya berada di atas menara baru, tingginya 56 meter. Pemandangan pantai laut dengan tambak-tambak ikan pun dari menara tampak indah tergelar di depan mata. Gedung menara yang dilengkapi dengan ruang istirahat petugas ATC (Air Traffic Control) ini pun sudah selesai dibangun dan tinggal finishing touch-nya lalu mengisi peralatannya.

Selain menara, empat tangki raksasa bahan bakar berkapasitas 8.000 kiloliter yang berada 2 kilometer dari apron (pelataran parkir) pesawat, sudah pula selesai dibangun, termasuk pipa saluran bahan bakarnya yang tertanam dibawah apron. Mengikuti tren bandar udara besar dunia, pengisian bahan bakar ke pesawat di Juanda dilakukan langsung di apron memalui nozzle yang disambung ke pipa tersebut. Jadi tidak ada lagi mobil tangki bahan bakar seperti sekarang ini datang menepi dekat pesawat.

Bila apron bandara sekarang seluas 128.446 meter persegi berkapasitas parkir 24 pesawat jenis Boeing 737 (atau bila 16 Boeing 737, bisa menampung empat 747, dan masing-masing sebuah Airbus A300 dan Fokker F-28). "Pada peak season, bisa 30 sampai 32 pesawat, sehingga harus menunggu di taxiway. Hal ini nanti bisa teratasi pada terminal baru," jelas Bambang Utomo.

Dengan luas 148.000 meter persegi apron terminal baru berkapasitas tampung (fleksibel) 35 pesawat sejenis atau jika konfigurasi tampungnya sembilan 737, hanya dua pesawat jumbo 747 yang dapat dilayani serta tujuh pesawat jenis F-28 dan ATR-42. Begitu dioperasikan penuh Mei 2006, tampaknya penambahan lahan apron harus pula segera dibangun, mengingat Juanda sudah melampaui proyeksi melayani 5,6 juta-7,7 juta penumpang per tahun berdasarkan proyeksi tahun 1994/1995. Mengantisipasi hal ini, sudah pula disediakan empat titik pengisian bahan bakar pada lahan sekitar menara.

Proyek perluasan Bandar Udara Juanda yang mencakup pembangunan (178.000 meter persegi) parallel taxiway, apron, gedung terminal, menara dan gedung terminal kargo (internasional seluas 5.600 meter persegi, domestik 4.400 meter persegi), jalan serta pelataran parkir kendaraan seluas 289.000 meter persegi ini, dibangun dengan dana pinjaman lunak 20 tahun dari Japan International Cooperation Agency (JICA) melalui program Official Development Assistance dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) sebesar 23 miliar yen (83 persen) dan Rp 230 miliar (17 persen) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pelaksana proyek ini melibatkan empat perusahaan yang tergabung dalam sebuah joint operation bernama Kawamite JO, terdiri dari Kajiman dan Mitsubishi dari Jepang, Waskita dan Teguh Raksa dari Indonesia.

Bambang Utomo memberi gambaran bahwa Jawa Timur dengan populasi 46 juta jiwa dan GDP 5,5 persen, di mana 12 juta orang di antaranya berada di sekitar bandar udara, yakni di kota Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan Pasuruan dengan kegiatan industri dan perdagangannya, sudah merupakan captive market mantap bagi Juanda International Airport yang fasilitasnya dimutakhirkan serba modern melalui proyek perluasan dan pengembangan.

"Terlebih lagi nanti bila (rencana) fiskal dicabut, pergerakan penumpang pasti akan menaik (tajam)…," ramal Bambang menerawang ke masa depan yang sudah di depan mata. Ia juga mengingatkan visi cerah Jatim yang pernah dikemukakan ekonom Kuntjoro Jakti yang dihubungkan dengan ladang minyak Maleo di lepas pantai Madura dan di Block Cepu. Ditambah lagi gas alam di Tuban akan menjadi dinamisator perekonomian provinsi ini yang langsung dan tak langsung, memberi dinamika dan peran kepada Juanda sebagai salah satu pintu gerbang perekonomian Jawa Timur.

Proyeksi tersebut akan segera jadi kenyataan sehingga seperti bandar udara terbaru Indonesia, Minangkabau International Airport, Padang yang akan beroperasi penuh Juli mendatang (Kompas 10/5 hal. 44), perluasaan Juanda yang rencana pengembangannya sudah dirintis sejak 1978 di mana Japan Airport Consultant bekerja sama dengan LAPI-ITB kemudian membuat rencana induk serta detail desainnya pada tahun 1997. Diproyeksikan tahun 2006 melayani 6 juta penumpang dan 120.000 ton kargo setiap tahun, begitu beroperasi tahun depan segera harus dikembangkan lagi. Tidak lain karena Juanda kini sudah melayani 9 juta orang, melampaui proyeksinya tersebut.

>small 2small 0< primadona Angkasa Pura I, sejak tahun 1985 merupakan salah satu "tambang emas-nya" di samping Bandar Udara Ngurah Rai, Bali, dan Bandara Hasanuddin, Makassar, yang dikelolanya. Badan ini mengelola 13 bandar udara yang tersebar di Jawa (Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Surabaya), Bali, Lombok, NTT (Kupang), Sulawesi (Makassar dan Manado), Kalimantan (Banjarmasin dan Balikpapan), Ambon dan Papua (Biak).

Khusus Juanda, sejak tahun 1989 sudah membukukan keuntungan. Sebelum krismon, tahun 1996, keuntungan yang diraih mencapai Rp 25,1 miliar, lalu pendapatannya menurun Rp 11 miliar pada 1999 kemudian menaik signifikan Rp 29 miliar pada tahun 2000.

Waktu itu ada kekhawatiran bila krismon tidak surut sementara proyek pembangunan perluasan dilaksanakan, akan terjadi pembengkakan biaya operasional sehingga Juanda (harus) kembali disubsidi seperti sebelum tahun 1989. Kekhawatiran itu disirnakan oleh gelombang pesat pertumbuhan industri penerbangan yang melejitkan arus penumpang dari 2,7 juta orang pada tahun 2000, meroket tahun 2004 menjadi 8,2 juta penumpang dan saat ini sudah mencapai 9 juta orang.

Ditinjau dari sisi arus pergerakan pesawat, tahun 2000 tercatat 54.329 gerakan dan terus menaik tajam menjadi 95.558 gerakan pada tahun 2004. Saat ini, pergerakan itu menurut data AP I sudah mencapai 96.000 gerakan dan kecenderungannya masih terus meningkat. Seiring dengan pertumbuhan arus pesawat dan penumpang, kargo pun ikut meningkat dari 32.512.082 kilogram yang dicatat AP I pada tahun 2000, dan tiap tahun berikutnya terus menaik menjadi 80.739.766 kilogram di tahun 2004 lalu.

Meneropong pertumbuhan arus orang dan barang, terminal kargo dan khususnya terminal penumpang dirasa urgen untuk dibangun gedung terminal baru tiga lantai seluas 51.500 meter persegi-30.000 meter persegi terminal domestik dan 20.000 meter persegi internasional, di mana terdapat executive lounge masing-masing untuk penerbangan domestik dan internasional. Terminal baru ini dilengkapi dengan 24 counter check-in internasional dan 39 counter check-in domestik untuk mempercepat arus masuk ke dalam pesawat terbang.

Di samping para penumpang, "kota mini" Bandara Juanda merupakan tempat mencari nafkah bagi 7.500 orang yang bekerja di berbagai perusahaan dan kegiatan lain, di luar mereka yang berkerja di pangkalan udara Angkatan Laut. Inilah uniknya dari bandar udara Surabaya (dan Adisucipto Yogyakarta yang pangkalan Angkatan Udara)-satu sisi sipil dan sisi lainnya pangkalan militer yang wujud nyatanya di gerbangnya dihiasi monumen pesawat Gannet, pesawat kapal induk pembawa torpedo buatan pabrik Inggris Fairchild. Pada era dekade 1950, Indonesia adalah satu-satunya negara Asia yang memperkuat Angkatan Laut-nya dengan Gannet.

Sejarah Bandara Juanda memang tidak terlepas dari ALRI-Angkatan Laut Republik Indonesia, semula dibangun sebagai Pangkalan TNI Angkatan Laut. Dalam perkembangannya juga melayani penerbangan sipil. Sejalan dengan pertumbuhan penerbangan sipil, maka pengelolaan Bandara Udara Juanda dialihkan dari Departemen Hankam ke Departemen Perhubungan dan kemudian diserahkan lagi (pada waktu itu) ke Perum (sekarang PT) Angkasa Pura I.

Juanda mulai berfungsi sebagai Pangkalan Udara ALRI 7 Februari 1964 dan dikelola oleh TNI AL hingga tahun 1981. Melalui SKB Tiga Menteri terkait, sejak 7 Desember 1981 dikelola oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Selanjutnya sejak 1 Januari 1985, pengelolaannya diserahkan ke Perum Angkasa Pura I dan dua tahun kemudian, Desember 1987 mulai dibuka bagi penerbangan internasional untuk jurusan Singapura, Hongkong, Taipei, dan Manila tapi via Jakarta.

Seiring dengan peresmian terminal penumpang internasional 24 Desember 1990, diresmikan pula penerbangan internasional langsung dari Juanda oleh Garuda. Satu tahun kemudian, Singapore Airlines dan China Southen Airlines mempelopori maskapai asing singgah di Juanda International Airport menghubungkan Surabaya dengan Singapura dan Canton (sekarang Guangzhou). Sejak itu, melalui gerbang udara Juanda, kota Surabaya dan Jawa Timur tambah terbuka bagi dunia luar.
Old June 27th, 2005, 02:30 AM   #20

Likes (Received): 0

i have a questoine. for the soekarnohatta airport, does anyone have any renderings, other than the one we already have, of the terminal 1 extension? and that juanda airport... i remeber seeing some construction going on in juanda ALONG Time ago.. when i as like 6 years old which would be 10 years ago... 11 years starting from tmrw is this new terminal that thing that was under construction?
627 no está en línea  
Closed Thread