daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Skybazaar of Indonesia > Archive

Closed Thread
 
Thread Tools
Old October 27th, 2009, 06:38 PM   #1
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463

Balikpapan : Most Sophisticated and modern city in Kalimantan (4th thread)




Balikpapan is a city (population 546,380 as of 2005) on the island of Borneo, in Indonesia. It is the second largest city in the province of East Kalimantan. It is located on an inlet of Makassar Strait, about 115 km from Samarinda, the capital city of East Kalimantan. Mostly surrounded by sea, Balikpapan is an important center of the petroleum, mining, and timber industries.

The city is sometimes called the "Main Gate" of Kalimantan. It has one international airport, called Sepinggan, several harbors such as Semayang and Somber, and one port for the petroleum industry plus the future Kariangau international port.

Beside of that, Balikpapan is well known as the richest, cleanest, and one of the safest city in Indonesia.

Surrounded by a bay and strait, called Balikpapan Bay and Makassar strait, the city also has potential for business, such as trades and tourism. Many diverse people live in this peaceful city; Dayak, Bugis, Javanese, and some foreigners.


===========================================


Previous thread :

Balikpapan, part I

Balikpapan, part II

Balikpapan, part III

Last edited by Sizter85; October 27th, 2009 at 08:16 PM.
Sizter85 no está en línea  

Sponsored Links
 
Old October 27th, 2009, 06:56 PM   #2
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463



=Balikpapan from Wikipedia=

Economy

Some multinational corporations have commercial activities in this city such as Pertamina (Indonesia), Total e&p Indonesie. (France), Chevron (US), Vico (US), Schlumberger, and Halliburton (US). Government Public Services also attract many people to work in this area, with presence of Bank Indonesia, Finance Department, Port of Semayang, and several others.

The city has several shopping centers built by private companies, including The Plaza Balikpapan (or 'Balikpapan Center'), Plaza Rapak, Mal Balikpapan Baru in Balikpapan Baru estate, Makro the hypermarket, and the newly open are Ewalk in Balikpapan Superblock district and Pasar Baru Square beside The Plaza Balikpapan. Index Furnishing boasts a large selection of furniture while ACE hardware is a popular source for home supplies. There are many traditional markets in Balikpapan such as Klandasan Market, Kebun Sayur Market, Baru Market, and Buton Market. Upcoming spots still under construction are Pasar Baru Square and Balikpapan Super Block.

The city has regular problems with electricity and water supply, which may be due to the city's rapid economic growth and lack of long-term planning. Balikpapan residents experience blackouts (mati lampu) of several hours three to four times a week. There are also water shortages (mati air), which sometimes last for more than a week.

Industrial activities play an important role in KIZ/KIK, which is planned to cover a large area. The dominant activities are large-scale and medium-scale industries. The production in this area includes food and beverage, rubber, processed wood, chemicals, metal, and charcoal. Almost all raw materials used in KIZ come from local sources, particularly agriculture.

The available warehouse functions as temporary storage for both finished products and raw materials prior to distribution. A new warehouse area will later be located near the seaport.

Transportation

Balikpapan's airport is the Sepinggan International Airport. This is the fourth busiest Indonesian airport and permits large aircraft.

Airlines currently using the airport are Lion Air, Wings Air, Merpati Airlines, Batavia Air, Mandala Airlines, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink (domestic routes), and Garuda Indonesia, and Silk Air (International routes).

The airport is one of the five principle sites in Indonesia where Muslims begin the pilgrimage to Mecca, the "Hajj". Between 1996 and 1997, the airport served over 4,500 East Kalimantan pilgrims, and from 1997 to 1998, it served pilgrims from East Kalimantan, South Kalimantan, Central Sulawesi, and North Sulawesi.

Other than the airport, Balikpapan also has a seaport called "Semayang" which has many destinations to Surabaya, Makasssar, Jakarta, Pare-Pare, and Manado. in 1990s, transportation using ships was very popular. But after the booming of so many new airlines with very cheap price, people now prefer travelling using airplanes to the ships.

The ferry is also another alternative for travelling to other places within coastal areas in East Kalimantan, such as Penajam.

Picture by krisdayantie/IF's member

Last edited by Sizter85; October 27th, 2009 at 08:17 PM.
Sizter85 no está en línea  
Old October 27th, 2009, 07:11 PM   #3
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463

Oil Refinery,-



The Balikpapan Oil Refinery is located on the shore of Balikpapan Bay and covers an area of 2.5 km². Established in 1922, it is the oldest refinery in the area. It was destroyed in World War II by the Allies of World War II and re-built in 1950. The refinery has two subunits, Balikpapan I and Balikpapan II.

Balikpapan I consists of two raw oil refinery units that produce naphtha, kerosene, gasoline, diesel fuel, and residue and one high-vacuum unit that produces 100 tonnes (approx 98 tons) of paraffin oil distillate (POD), used as raw material for wax factories. The wax itself has various grades and is sold domestically and internationally.

Opened on November 1, 1983, Balikpapan II has a hydro-skimming and hydro-cracking refinery and produces petrol, LPG, naphtha, kerosene, and diesel fuel.

=======================================================

Pengembangan Wilayah Kota Balikpapan


Pengembangan kawasan Industri KIK

Kegiatan yang akan berada di KIK dapat digolongkan menjadi 2 kegiatan besar : yaitu kegiatan industri dengan fasilitas pendukungnya sertakegiatan non industri yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan industri yang ada. Beberapa kegiatan non industri yang akan dikembangkan adalah fasilitas akomodasi untuk pengunjung kawasan industri, kegiatan komersial dan jasa, perkantoran, rekreasi serta kegiatan penunjang lainnya yang diharapkan dapat mendukung kegiatan industri yang ada di Kawasan Industri Kariangau. Karena ada 2 kelompok kegiatan dalam kawasan ini, maka komponen kegiatan yang nantinya ada juga dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu komponen kegiatan industri dan komponen kegiatan non industri.

Berdasarkan analisis jenis industri yang berpotensi untuk dikembangkan, jenis industri yang akan ada di KIK dapat dikelompokkan menjadi kegiatan industri besar, menengah, dan kecil, dengan konsentrasi terbanyak adalah industri besar dan menengah. Selain itu juga akan dilengkapi oleh fasilitas pendukung kegiatan industri seperti Pelabuhan Laut, Pergudangan, Instalasi Pengolahan Limbah, dan fasilitas pemadam kebakaran.

a. Kegiatan Industri

Kegiatan industri merupakan kegiatan-kegiatan utama yang ada di KIK, direncanakan akan menempati lahan yang cukup luas. Seperti telah diuraikan di atas, kegiatan industri besar dan menengah merupakan jenis kegiatan industri yang dominan dibandingkan dengan industri kecil. Selain itu pembagian industri di kawasan ini juga didasarkan pada jenis produksinya, yaitu industri makanan dan minuman, karet, kayu (pengolahan hasil pertanian), industri kimia, industri logam, batubara, dan aneka industri. Industri kimia, batubara dan logam akan lebih diorientasikan untuk pasar di luar Propinsi Kalimantan Timur, sehingga lokasinya akan berada dekat dengan pelabuhan laut yang akan dibangun. Sementara industri pengolahan pertanian yang senagian besar bahan bakunya berasal dari daerah sekitar akan berada di dekat jalan utama kawasan yang menghubungkan kawasan industri ini dengan kota Balikpapan dan daerah2 lain di sekitarnya.

b. Pergudangan

Pergudangan yang akan disediakan berfungsi untuk penyimpanan sementara, baik itu barang hasil produksi maupun bahan baku, sebelum dikirim ke tempat tujuan. Kawasan pergudangan ini akan berada dekat pelabuhan laut, atau bahkan berada dalam satu kawasan dengan pelabuhan laut. Karena berfungsi untuk tempat penyimpanan sementara, maka kawasan pergudangan yang dibangun tidak terlalu luas.

c. Pelabuhan Laut

Kawasan industri Kariangau akan dilengkapi oleh pelabuhan laut untuk angkutan barang, khususnya barang-barang hasil produksi. Pelabuhan laut ini akan dilengkapi dengan peralatan bongkar muat untuk kontainer atau peti kemas, seperti crane dan lapangan penumpukan peti kemas. Selain itu pelabuhan tersebut juga dipersiapkan sebagai pelabuhan ekspor, sehingga akan dilengkapi dengan kantor dokumen ekspor, bea cukai dan fasilitas pendukung kegiatan ekspor lainnya.

d. Fasilitas Pemadam Kebakaran

Kegiatan industri merupakan kegiatan yang cukup rawan kebakaran, untuk itu diperlukan fasilitas penanggulangan bahaya kebakaran yang memadai, berupa hidran kebakaran dan mobil kebakaran. Karena jenis industri yang akan dikembangkan ada yang berupa industri kimia, maka fasilitas pemadam kebakaran yang disediakan juga harus ampu untuk menaggulangi bahaya kebakaran dari bahan kimia, yang biasanya lebih sulit ditanggulangi.

e. Instalasi Pengolahan Limbah

Kawasan Industri Kariangau akan menyediakan lahan untuk pembangunan pengolah limbah, baik padat maupun cair. Bangunan pengolah limbah ini akan mengolah limbah cair yang dihasilkan oleh kawasan industri sebelum dibuang ke laut atau sungai. Untuk seluruh kawasan industri akan dibangun pengolah limbah terpadu sehingga masing-masing industri tidak perlu membangun pengolah limbah tersendiri, kecuali untuk industri-industri tertentu. Selain itu cairan limbah dapat digunakan juga sebagai katalisator pengolah limbah padat yang akan dilakukan di TPA.

f. Fasilitas Umum

Kegiatan industri membutuhkan beberapa fasilitas umum yang sifatnya menunjang kegiatan industri, seperti bank, poliklinik, kantor pos, kafetaria/restoran, pertokoan dan fasilitas peribadatan. Fasilitas tersebut akan dikumpulkan dalam satu tempat, sehingga akan lebih mudah dijangkau. Lokasi fasilitas umum untuk kawasan industri adalah pada sub pusat kawasan. Karena sifatnya sebagai fasilitas penunjang maka skala pelayanan dan kegiatan fasilitas yang ada pada sub pusat ini tidak terlalu besar.

Pengembangan Kawasan Wisata

1. Zona A

Terdiri dari kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, Kawasan Taman Laut Kapal Karam Hang Tuah dan Pelabuhan Balikpapan.

2. Zona B

Terdiri dari Kawasan Hutan Mangrove di sekitar Sungai Wain dan kawasan Hutan Mangrove sebelah barat kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

3. Zona C

Terdiri dari Kawasan Hutan Wana Wisata dan Agrowisata

4. Zona D

Terdiri dari kawasan wisata Pantai Manggar, Pantai Lamaru dan Makam Jepang, Kebun Salak Gunung Binjai dan Penangkaran Buaya

5. Zona E

Terdiri dari kawasan wisata Monpera, Taman Bekapai, Pantai Melawai, Canon Jepang

Pengembangan Kawasan Perdagangan

Sektor perdagangan untuk saat ini menunjukkan kemajuan yang cukup pesat, dimana tempat-tempat perbelanjaan yang ada cukup banyak dan dana pembangunannya diambilkan dari APBD dan Swadaya masyarakat serta pinjaman dari Pemerintah Daerah.

Balikpapan merupakan kota minyak juga sebagai kota perdagangan yang dengan demikian tidaklah mengherankan apabila terdapat berbagai sarana dan prasarana perdagangan, dimana untuk sektor ini, Balikpapan tidak hanya melayani kebutuhan dalam daerah tetapi juga melayani masyarakat dari luar daerah terutama untuk Propinsi Kalimantan Timur.

www.balikpapan.go.id

=======================================================

Some photos of Balikpapan Skylines



BIG Thanks to Abdullatiefku, Uut_M, KaltimBox.com, Edmanid, and absolutely Mr David Windra

-Great JOB brothers Lanjutkan !! -

Last edited by Sizter85; October 27th, 2009 at 07:49 PM.
Sizter85 no está en línea  
Old October 27th, 2009, 11:09 PM   #4
senoholic09
BANNED
 
Join Date: Jul 2008
Location: balikpapan&jogjakarta
Posts: 2,471
Likes (Received): 3

Congrats y siz ricca bt thread ke 4 bpn.judulnya mantabbb n pic-nya kerenn2.moga2 thread n kota-nya sama2 +rame
senoholic09 no está en línea  
Old October 28th, 2009, 03:57 AM   #5
balikpapan
BANNED
 
Join Date: Oct 2008
Location: Balikpapan
Posts: 5,359
Likes (Received): 1

Balikpapan sekarang tumbuh menjadi kota yang penuh dengan segala permasalahannya, salah satunya adalah kemacetan lalu lintas... kebersihan...
Minimal kita2 yang aktif disini... peduli terhadap lingkungan di Balikpapan... dengan tidak membuang sampah sembarangan adalah bentuk kecil sumbangsih kita buat kemajuan Balikpapan ini.
Dan saling menghargai sesama pengguna jalan raya, mematuhi rambu2 lalu lintas.
Saya senang sekali kalau orang2 luar Balikpapan selalu mempunyai image yang positif buat Balikpapan... tidak hanya perkembangan kotanya misalnya gedung A, B, dan C, dst... tetapi disiplin warganya juga tetap membuat wajah kota ini enak dipandang mata.

Cheers.
balikpapan no está en línea  
Old October 28th, 2009, 04:16 AM   #6
Van Koetai
Fergie Boys
 
Van Koetai's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Samarinda-Surabaya
Posts: 946
Likes (Received): 32

Congrats buat Thread ke-4 Kota Balikpapan......semoga semakin maju dan berkembang...agar bisa bersama-sama bahu-membahu dengan kota dan kabupaten lainnya menarik gerbong pembangunan benua etam kalimantan timur...

Last edited by Van Koetai; October 28th, 2009 at 08:10 AM.
Van Koetai no está en línea  
Old October 28th, 2009, 07:29 AM   #7
heartstation
sayonara hajimemashite
 
heartstation's Avatar
 
Join Date: May 2009
Location: Jatinangor
Posts: 445
Likes (Received): 0

Happy 4th thread

keren ya balikpapan, apalagi yg di pinggir lautnya moga2 aja ke depannya bisa penuh skyscrapers kayak Manhattan
__________________
Everyone is given a sword called "being oneself"
heartstation no está en línea  
Old October 28th, 2009, 10:21 AM   #8
sbyctzn
gumiho
 
sbyctzn's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Location: ujung galuh - matraman - blambangan
Posts: 9,081

woaaa
bener-bener deh....
bangga banget jadi orang Indonesia,,,,
kedepannya Balikpapan akan jadi waterfront City yang sangat indah,,, gak kalah sama Johor Bahru...
coba tengok pic johor bahru ini,,
sekarang jadi tidak minder lagi deh sama negara tetangga...
kita bisa membanggakan diri kalau kota-kota di Indonesia juga maju-maju!!!
keep update bro.... terutama pic yang keren-keren dari Balikpapan
biar semua orang Indonesia tau kalau yang maju tidak Jakarta saja..
__________________

The Sunrise of Java

banyuwangitourism.com
sbyctzn no está en línea  
Old October 28th, 2009, 10:35 AM   #9
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463

Banyak terima kasih buat dukungan teman-teman SSC Indonesia

Semoga dikedepannya Balikpapan akan terus tumbuh menjadi kota yang dinamis, dan nyaman untuk dikunjungi maupun ditinggali oleh warganya Karena itu kami akan terus berbenah dan berbenah lagi demi mengejar ketertinggalan
Sizter85 no está en línea  
Old October 28th, 2009, 11:53 AM   #10
Blue_Sky
Moderator
 
Blue_Sky's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Posts: 9,590
Likes (Received): 445

Wah selamat ya buat thread ke 4 nya

Thanks banget lho buat big thanks nya hahaha
Maju terus kota Balikpapanku
Blue_Sky no está en línea  
Old October 28th, 2009, 12:55 PM   #11
bkz010019
Registered User
 
Join Date: Sep 2008
Posts: 1,761
Likes (Received): 14

Proficiat.... atas munculx thread Balikpapan yang IV....
Inilah salah satu kota yg sering sy plototin di SSC dan kagum atas kemajuannya...
Sekali lagi bravo.....

Maju truz kota Balikpapan....
bkz010019 no está en línea  
Old October 28th, 2009, 04:40 PM   #12
Huda_huda
Registered User
 
Huda_huda's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Balikpapan
Posts: 446
Likes (Received): 26

Wow sdh thread ke 4...Congratulation..... Foto Bppn yg pertama gile...keren banggetttzz... mantaf deh... Mudah2an makin bnyk foto2nya ya..hehehe.
Huda_huda no está en línea  
Old October 28th, 2009, 04:54 PM   #13
Huda_huda
Registered User
 
Huda_huda's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Balikpapan
Posts: 446
Likes (Received): 26

Balikpapan from d sky

Kebetulan bbrp hari yg lalu sempat jepret (lagi)dr atas...













Huda_huda no está en línea  
Old October 28th, 2009, 05:15 PM   #14
Chris_Lyantto
VEK2009
 
Chris_Lyantto's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Posts: 1,234
Likes (Received): 3

Great shot Huda... terlihat lokasi seaview apart di perluas
-----------------------------------------------

selamat untuk thread ke 4 kota balikpapan

terus maju
Chris_Lyantto no está en línea  
Old October 29th, 2009, 12:13 AM   #15
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463

Thanks huda/Uut_M, Balikpapan aerial pics nya

Baru dari Jogya, Jakarta, or Surabaya nh ? feelingku kamu sedang dalam kabin pesawat A320 nya Mandala, karena gk mungkin itu A320 Airasia, karena airasia udah stop terbang ke BPN beberapa wktu lalu
Sizter85 no está en línea  
Old October 29th, 2009, 12:36 AM   #16
Huda_huda
Registered User
 
Huda_huda's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Balikpapan
Posts: 446
Likes (Received): 26

Quote:
Originally Posted by Sizter85 View Post
Thanks huda/Uut_M, Balikpapan aerial pics nya

Baru dari Jogya, Jakarta, or Surabaya nh ? feelingku kamu sedang dalam kabin pesawat A320 nya Mandala, karena gk mungkin itu A320 Airasia, karena airasia udah stop terbang ke BPN beberapa wktu lalu
Jakarta Sis.... Yup, Mandala... Andalanku Air Asia dah gak ada lagi...hiks. Tp Mandala oke juga, tibanya di terminal 3 jg....keren bandara term 3-nya..
Huda_huda no está en línea  
Old October 29th, 2009, 01:13 AM   #17
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463

Quote:
Originally Posted by Huda_huda View Post
Jakarta Sis.... Yup, Mandala... Andalanku Air Asia dah gak ada lagi...hiks. Tp Mandala oke juga, tibanya di terminal 3 jg....keren bandara term 3-nya..
I See Huda


===================================================


Another photo of Balikpapan Skyline




credit to Mulyru
Sizter85 no está en línea  
Old October 29th, 2009, 01:42 AM   #18
Aldino Imahara
Dino Entertainment
 
Aldino Imahara's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Balikpapan
Posts: 149
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by Sizter85 View Post
I See Huda


===================================================


Another photo of Balikpapan Skyline




credit to Mulyru


Fotonyaa kereeeennnnn banget sumpah..
__________________

"We Make it Happen"


Dino Entertainment Site
Aldino Imahara no está en línea  
Old October 29th, 2009, 01:49 AM   #19
Aldino Imahara
Dino Entertainment
 
Aldino Imahara's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Balikpapan
Posts: 149
Likes (Received): 0

Tadi malam saya ke gedung bri tapi lupa bawa camdig, padahal pemandangan dari atas gedung BRi sangat sangat sangat sangat keren..jadi saya ambil pake camera hape aja..sorii.



__________________

"We Make it Happen"


Dino Entertainment Site
Aldino Imahara no está en línea  
Old October 29th, 2009, 02:00 AM   #20
Sizter85
Classy with Phan
 
Sizter85's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Location: Livable City
Posts: 10,774
Likes (Received): 463

Ok banyak-banyak terima kasih temen2 forum SSC buat upload foto2 Balikpapan nya ,

Mari kita mulai berita perdana di thread ke-IV nya Balikpapan ini

----------------------------------------

Antisipasi Bencana di Kota Balikpapan
Tagana Siap Diterjunkan di Kawasan Bencana


BALIKPAPAN
--Memasuki musim penghujan, seluruh warga kota Balikpapan diminta untuk hati-hati dengan berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Sebab musibah ini seperti berulang kali terjadi di kota Balikpapan di saat musim hujan tiba. Untuk mengantisipasi kejadian ini pihak Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) telah mempersiapkan para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan berbagai kecakapan.

Mereka pun diberikan pembekalan dan pelatihan tentang berbagai antisipasi dan penanggulangan bencana yang diadakan di aula kantor Jamsostek, kemarin. Pelatihan yang dibuka langsung oleh Wawali HM Rizal Effendi SE ini diadakan selama 7 hari dengan berbagai materi yang meliputi teori dan praktik langsung di lapangan sehingga para anggota Tagana siap untuk diterjunkan di berbagai medan.

“Para anggota Tagana harus dilengkapi dengan berbagai kecakapan dan penguasaan peralatan,” kata Rizal saat memberikan arahan dalam pembukaan pelatihan Tagana. Menurut Rizal, para anggota Tagana ini seperti pasukan khusus yang harus dilengkapi dengan kecakapan khusus, sebab nantinya saat terjadi bencana maka para anggota Tagana akan diterjunkan langsung menangani bencana tersebut.

Bahkan dalam pengiriman relawan ke luar kota untuk membantu para korban yang tertimpa musibah, para anggota Tagana ini, lanjut Rizal, layak untuk dikirim karena mereka telah memiliki keterampilan dan mendapatkan pelatihan kecakapan dalam menangani bencana.

Ia sempat menceritakan bahwa dalam musibah gempa bumi yang terjadi di Padang, banyak yang meminta ke Pemkot Balikpapan untuk dikirim ke lokasi bencana, tetapi karena yang meminta dikirim ini tidak memiliki kecakapan dalam menangani bencana, akhirnya Pemkot Balikpapan tidak menyetujui pemberangkatan mereka.

Karena khawatir saat berada di lokasi musibah malah tidak bisa berbuat apa-apa. Maka dengan adanya anggota Tagana yang sudah terlatih ini, Rizal pun siap mengirimkan mereka ke lokasi bencana yang ada di daerah lain untuk mewakili kota Balikpapan dalam membantu para korban. “Silakan meningkatkan keahlian yang dimiliki sehingga bisa berguna di kemudian hari,” ujar Rizal.

Karena sudah memasuki musim hujan, Rizal pun meminta kepada masyarakat Balikpapan untuk berhati-hati dengan cuaca yang buruk ini, terutama mereka yang tinggal di kawasan rawan banjir dan tanah longsor untuk selalu siaga dalam cuaca yang sewaktu-waktu mendatangkan hujan lebat dan angin kencang.

Sementara itu Kabid Sosial Disnakersos Pemkot, Drs I Ketut Rasna menyampaikan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini para anggota Tagana yang berjumlah 30 orang akan selalu disiagakan di setiap kelurahan sehingga begitu ada bencana di salah satu kelurahan, mereka pun langsung saling berkoordinasi untuk memberikan pertolongan.(are)
Sizter85 no está en línea  
Closed Thread

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 03:55 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu