search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Airports and Aviation



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old March 14th, 2016, 03:10 AM   #261
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Quote:
Originally Posted by antoinetonee View Post
Baru tahu kalau XN juga mengincar rute Indonesia - Manila, tapi ke bandara Clark (CRK)


7 foreign airlines take closer look at Clark


http://newsinfo.inquirer.net/770365/...#ixzz41oeFt3sm
Kira2 XN buka rute ke Clark dari daerah mana ya?
Boy1 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old March 14th, 2016, 03:34 AM   #262
antoinetonee
Registered User
 
antoinetonee's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: Palembang, 川崎市
Posts: 1,046
Likes (Received): 149

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Kira2 XN buka rute ke Clark dari daerah mana ya?
Palingan dari CGK.
__________________
Depart from evil, and do good; seek peace, and pursue it.
antoinetonee no está en línea   Reply With Quote
Old October 28th, 2016, 05:40 PM   #263
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Quote:
Xpressair Pekanbaru-Malaka Kembali Terbang 20 November

PEKANBARU - Maskapai Xpressair kembali menerbangi rute pergi pulang Pekanbaru-Malaka pada 20 November 2016 mendatang. Kali ini, maskapai yang menyasar pasar wisata kesehatan di negeri jiran Malaysia ini hadirkan promo tiket hanya Rp550 ribu.

Kepala Stasiun Xpress Air Pekanbaru Rizon Jayadi kepada halloriau.com, Kamis (20/10/2016) mengatakan, Xpressair dengan penerbangan sebanyak empat kali seminggu (Selasa, Kamis, Jumat dan Minggu) Pekanbaru-Malaka kembali terbang menuju bandara tujuan Lapangan Terbang Antarabangsa Melaka.

"Maskapai Xpressair masih
mengoperasikan pesawat kecil jenis Dornier tipe 328-800 kapasitas 32 kursi penumpang dengan harga dibuka mulai Rp 550 ribu per orang," kata Rizon.

Dia mengatakan, penerbangan dari Pekanbaru-Malaka yang ditempuh sekitar satu jam pesawat akan lepas landas tepat pukul 11.55 WIB, sedangkan kembalinya dari Malaka sekitar jam 14.40 LT (Malaka).

Rizon mengungkapkan, pihaknya tertarik membuka rute internasional tersebut dikarenakan maraknya masyarakat di Provinsi Riau atau provinsi tetangga pergi berobat ke negeri jiran tersebut.

Selain rute ini, harga tiket Xpressair Pekanbaru-Tj Pinang dibuka mulai Rp499 ribu dan Pekanbaru-Lampung Rp990 ribu.

Untuk pemesanan tiket, lanjut. Rizon bisa mengunjungi KSO xpressair Pekanbaru MMC Nangka Jalan Tuanku Tambusai, Pekanbaru,
Clinic A Qayyum Jalan Gatot Subroto Pekanbaru, telepon 08117607603 atau call centre 24 jam 1500890 atau 0761-8411999 dan 08117607603.
source : http://www.halloriau.com/read-ekonom...-november.html
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old October 28th, 2016, 06:26 PM   #264
yudipratama
Registered User
 
yudipratama's Avatar
 
Join Date: Jan 2015
Location: tanjung pandan
Posts: 1,965
Likes (Received): 93

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Xn php ah, rute tjq bdo gak dibuka buka sampai sekarang padahal udah ada slotnya....hadeh
yudipratama no está en línea   Reply With Quote
Old October 30th, 2016, 01:47 AM   #265
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Quote:
Originally Posted by yudipratama View Post
Xn php ah, rute tjq bdo gak dibuka buka sampai sekarang padahal udah ada slotnya....hadeh
Kalo untuk resume rute PKU-MKZ kayaknya nggak deh, buktinya booking via website XN udah bisa kok, mulai dari tanggal 20 November. Kalo buka rute baru, mungkin nggak bisa cepat, soalnya kan banyak pertimbangannya dan juga armada mana yang mau di pake. Kalo PKU-MKZ ini cuma resume aja, kemarin pesawatnya sendang maintenance, makanya di suspend sementara...
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old October 30th, 2016, 03:54 AM   #266
yudipratama
Registered User
 
yudipratama's Avatar
 
Join Date: Jan 2015
Location: tanjung pandan
Posts: 1,965
Likes (Received): 93

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Kalo untuk resume rute PKU-MKZ kayaknya nggak deh, buktinya booking via website XN udah bisa kok, mulai dari tanggal 20 November. Kalo buka rute baru, mungkin nggak bisa cepat, soalnya kan banyak pertimbangannya dan juga armada mana yang mau di pake. Kalo PKU-MKZ ini cuma resume aja, kemarin pesawatnya sendang maintenance, makanya di suspend sementara...
Dr angkasa pura2 bandara husein udah keluar slot pagi, 3 kali seminggu sayang kan kalo ga ditebangi bisa hangus
yudipratama no está en línea   Reply With Quote
Old November 15th, 2016, 07:56 AM   #267
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

XPRESS AIR Berencana Segera Layani Rute Bandung-Pekanbaru

Quote:
Bisnis.com, PEKANBARU - Maskapai penerbangan Xpress Air ingin segera melayani rute penerbangan Bandung-Pekanbaru.

Tutupnya maskapai AirAsia dalam melayani rute penerbangan tujuan Bandung pada Agustus 2016, membuat Xpress Air menargetkan rute Bandung-Pekanbaru segera beroperasi di tahun ini.

"Estimasinya pada bulan akhir (Desember) di tahun 2016 ini," papar Kepala Stasiun Xpress Air Cabang Pekanbaru, Rizon Jayadi di Pekanbaru, Selasa (15/11/2016).

Menurutnya, tim komersial operator dari perusahaan penerbangan tersebut saat ini sedang mempersiapkan segala sesuatu terkait operasional penambahan rute domestik itu.

Terutama pada bandara asal yakni Bandara Internasional Husein Sastranegara Bandung dan bandara tujuan di Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Pihaknya mengklaim, pengelola bandara dan AirNav terutama di Pekanbaru sangat mendukung recana Xpress Air menambah penerbangan di bandara setempat.

"Kita sekarang ini, sedang pada tahap persiapan menunggu tambahan unit pesawat. Dan tipe pesawat yang digunakan utuk rute ini yaitu Boeing 737-500," terangnya.

Operasional maskapai Xpress Air di Pekanbaru sejak 18 Desember 2015, telah melayani tiga rute yakni Palembang-Pekanbaru, Pekanbaru-Tanjungpinang dan Pekanbaru-Malaka masing-masing pergi pulang.

Seperti diketahui, operator ini berdiri pada tahun 2003 yang kini melayani 38 rute dengan ketersediaan armada 14 unit pesawat dari berbagai tipe seperti Dornier 328-800 dan Boeing 737 seri 300/500.

"Rute Bandung-Pekanbaru sengaja kita lirik, salah satunya untuk layani transportasi udara pada bidang pariwisata dan bisnis di Kota pekanbaru," tambah Rizon.

Awal Agustus ini, maskapai AirAsia resmi menghentikan operasional rute Pekanbaru-Bandung dengan alasan modal perusahaan milik pengusaha Malaysia tersebut.

"Mereka sudah ajukan surat ke kami, resmi sejak 1 Agustus lalu rute Pekanbaru-Bandung atau sebaliknya sudah dihentikan," kata Kepala Divisi Pelayanan dan Operasional Bandara Internasional SSK II, Hasturman.

Otomatis rute penerbangan langsung Pekanbaru-Bandung cuma dilayani satu operator yakni dari grup maskapai Garuda Indonesia, yaitu Citilink Indonesia dengan jadwal pergi pulang satu kali sehari.
source : http://industri.bisnis.com/read/2016...dung-pekanbaru
__________________

-R7- liked this post
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old March 7th, 2017, 12:12 PM   #268
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Xpress Air Bakal Datangkan Tiga Armada Baru

Quote:
Bisnis.com, ANAMBAS—Maskapai Xpress Air berencana mendatangkan tiga armada baru guna melayani kebutuhan jasa angkutan udara yang terus meningkat, khususnya perjalanan dinas swasta dan pemerintah di Indonesia barat dan timur.

Supervisor Marketing Area 5 Xpress Air Satria Megha mengatakan tiga armada baru tersebut dijadwalkan datang pada kuartal II/2017. Rencananya, tiga armada baru yang dipesan terdiri dari dua unit Dornier 328 dan satu unit Boeing 737.

“Namun, untuk serinya, kami masih kaji lagi, apakah Boeing seri 300 atau 500. Begitu juga dengan jenis Dornier. Yang pasti, ketiga unit itu untuk penerbangan jarak dekat dan jarak menengah,” katanya di Kabupaten Anambas, Selasa (28/02).

Satria mengungkapkan dua dari tiga armada yang dipesan, yakni 1 unit Dornier dan 1 unit B737 bakal dioperasikan di wilayah Indonesia barat. Sedangkan, 1 unit Dornier lainnya akan dioperasikan di wilayah Indonesia timur.

Untuk Indonesia barat, lanjutnya, wilayah yang tengah dipertimbangkan maskapai untuk melakukan ekspansi antara lain seperti Kepulauan Anambas di Kepulauan Riau, Pagaralam di Sumatera Selatan dan Tembilahan di Pekanbaru.

“Rute-rute yang dibidik ini masih kami godok. Indonesia barat memang menjadi perhatian karena angkutan udara yang tersedia disana masih kurang, terutama untuk kepentingan perjalanan dinas, baik swasta maupun pemerintah,” tuturnya.

Satria menilai kebutuhan jasa angkutan udara masyarakat di Kepulauan Anambas sudah jauh meningkat sejak Xpress membuka rute penerbangan di Pulau Matak Kepulauan Anambas pada 3 September 2016.

Pada awal dibuka, Xpress Air melayani penerbangan carter dari dan ke Bandar Udara Matak. Kemudian, pada tiga bulan selanjutnya, maskapai memutuskan membuka penerbangan berjadwal Tanjungpinang-Matak dengan frekuensi terbang dua kali per pekan

“Sejak dibuka penerbangan berjadwal pada tahun lalu, load factor [tingkat keterisian kursi pesawat] Dornier kami sangat baik. Rata-rata sudah menyentuh 95% atau di atas target kami sebesar 80%,” ujarnya.

Dengan capaian yang baik tersebut, lanjut Satria, Xpress Air berencana menambah frekuensi terbang rute Tanjungpinang-Matak menjadi tiga kali per pekan. Adapun, permintaan tersebut juga sudah diajukan oleh maskapai.

Selain itu, Xpress Air juga mempertimbangkan untuk membuka rute penerbangan Matak-Jemaja seiring dengan beroperasinya Bandara Letung pada pertengahan tahun ini di Pulau Jemaja, Kepulauan Anambas.

“Namun rencana ini juga tidak mudah untuk direalisasikan. Pasalnya, di Bandara Matak itu enggak ada tempat pengisian bahan bakar Pertamina. Oleh karena itu, kami harap pemerintah bisa membantu ini,” katanya.

Sekadar informasi, jumlah kursi pesawat Dornier mencapai sebanyak 32 kursi. Sayangnya, penumpang yang bisa diangkut Xpress Air hanya 25 penumpang karena pada saat bersamaan maskapai juga mengangkut bahan bakar untuk perjalanan pulang.

source : http://industri.bisnis.com/read/2017...ga-armada-baru
Peluang dibukanya beberapa rute baru dari BDO seperti ke PKU, DJB, & TJQ semakin besar. Karena rute2 tersebut dibuka menunggu kedatangan pesawat baru, mungkin ini yang dimaksudkan, yaitu 737 yang baru.

BTW menurut aku sih XN kurang cocok main di Tembilahan, soalnya kemungkinan terbesar rute yang dibuka dari Tembilahan ya ke BTH, ke PKU option ke dua soalnya SI ke PKU pun cuma 2x seminggu. Kalo nggak bisa bersaing dengan tiket kapal/speedboat ke BTH bisa2 nggak laku juga kayak DUM dulu, 8B DUM-BTH ditutup padahal frekuensi cuma 3x seminggu. Tapi IW masih bertahan dan LF cukup tinggi dirute yang sama, daily malah terbangnya. Sementara XN bukan LCC, tapi hybrid. Ada baiknya XN main dirute yang cukup urgent seperti di daerah Kepri, SIQ & TJB potensinya sangat besar. SI rute SIQ-PKU & TJB-PKU sejak awal beroperasinya rute perintis di Indonesia Barat nggak pernah absen, dan memang LF rute tersebut cukup tinggi. Walaupun tiket XN tergolong mahal tapi karena belum ada maskapai lain di SIQ & TJB selain SI, XN berpotensi besar bisa menguasai rute2 SIQ & TJB. Dan jika XN udah masuk rute TJB/SIQ-PKU, SI otomatis keluar karena nggak boleh maskapai perintis bersaing dengan maskapai komersil, karena ya jelas lah harga yg perintis jauh lebih murah, kan disubsidi. Di MWK pun XN bisa laku karena nggak ada maskapai lain selain XN disana, SI susah masuk ke Bandara Matak karena statusnya bandara khusus. Sementara transportasi udara sangat diperlukan di Kepri.
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old March 7th, 2017, 01:40 PM   #269
yudipratama
Registered User
 
yudipratama's Avatar
 
Join Date: Jan 2015
Location: tanjung pandan
Posts: 1,965
Likes (Received): 93

Semoga rute BDO TJQ yang katanya menunggu ketersediaan armada segera terealisasi tahun ini
yudipratama no está en línea   Reply With Quote
Old May 3rd, 2017, 03:14 PM   #270
sposter
Registered User
 
Join Date: May 2017
Posts: 33
Likes (Received): 11

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Xpress Air Bakal Datangkan Tiga Armada Baru



Peluang dibukanya beberapa rute baru dari BDO seperti ke PKU, DJB, & TJQ semakin besar. Karena rute2 tersebut dibuka menunggu kedatangan pesawat baru, mungkin ini yang dimaksudkan, yaitu 737 yang baru.

BTW menurut aku sih XN kurang cocok main di Tembilahan, soalnya kemungkinan terbesar rute yang dibuka dari Tembilahan ya ke BTH, ke PKU option ke dua soalnya SI ke PKU pun cuma 2x seminggu. Kalo nggak bisa bersaing dengan tiket kapal/speedboat ke BTH bisa2 nggak laku juga kayak DUM dulu, 8B DUM-BTH ditutup padahal frekuensi cuma 3x seminggu. Tapi IW masih bertahan dan LF cukup tinggi dirute yang sama, daily malah terbangnya. Sementara XN bukan LCC, tapi hybrid. Ada baiknya XN main dirute yang cukup urgent seperti di daerah Kepri, SIQ & TJB potensinya sangat besar. SI rute SIQ-PKU & TJB-PKU sejak awal beroperasinya rute perintis di Indonesia Barat nggak pernah absen, dan memang LF rute tersebut cukup tinggi. Walaupun tiket XN tergolong mahal tapi karena belum ada maskapai lain di SIQ & TJB selain SI, XN berpotensi besar bisa menguasai rute2 SIQ & TJB. Dan jika XN udah masuk rute TJB/SIQ-PKU, SI otomatis keluar karena nggak boleh maskapai perintis bersaing dengan maskapai komersil, karena ya jelas lah harga yg perintis jauh lebih murah, kan disubsidi. Di MWK pun XN bisa laku karena nggak ada maskapai lain selain XN disana, SI susah masuk ke Bandara Matak karena statusnya bandara khusus. Sementara transportasi udara sangat diperlukan di Kepri.
rute batam ke anambas atau seletar ke anambas berpotensi.
sposter no está en línea   Reply With Quote
Old May 3rd, 2017, 05:19 PM   #271
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Quote:
Originally Posted by sposter View Post
rute batam ke anambas atau seletar ke anambas berpotensi.
Seletar itu di Singapura, mana bisa buat rute XSP-MWK. Kecuali MWK udah jadi bandara int'l atau dibolehin int'l flight. Lagipun XSP nggak melayani penerbangan komersil.
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old May 3rd, 2017, 05:53 PM   #272
maracana09
newbie
 
Join Date: Jun 2013
Posts: 78
Likes (Received): 4

Bandara Seletar sedang mau dibangun tuh. Nantinya operasi turboprop akan dipindah dari Changi ke Seletar. Ini kesempatan bagus untuk buka rute dengan turboprop ke Singapura, yang selama ini dibatasi.
maracana09 no está en línea   Reply With Quote
Old May 4th, 2017, 04:46 AM   #273
sposter
Registered User
 
Join Date: May 2017
Posts: 33
Likes (Received): 11

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Seletar itu di Singapura, mana bisa buat rute XSP-MWK. Kecuali MWK udah jadi bandara int'l atau dibolehin int'l flight. Lagipun XSP nggak melayani penerbangan komersil.
My bad, ternyata letung belum akan jadi bandara internasional dalam waktu dekat
sposter no está en línea   Reply With Quote
Old May 4th, 2017, 09:55 AM   #274
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Quote:
Originally Posted by sposter View Post
My bad, ternyata letung belum akan jadi bandara internasional dalam waktu dekat
Paling nggak masyarakat Anambas udah lebih lega lah karena nggak pakai bandara khusus lagi, jadi maskapai2 kalau mau masuk Letung nggak sesulit mau masuk ke MWK. XN juga ada rencana kan mau masuk ke Letung. Semoga aja tiket XN nggak semahal via MWK.
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old May 4th, 2017, 03:46 PM   #275
sposter
Registered User
 
Join Date: May 2017
Posts: 33
Likes (Received): 11

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Paling nggak masyarakat Anambas udah lebih lega lah karena nggak pakai bandara khusus lagi, jadi maskapai2 kalau mau masuk Letung nggak sesulit mau masuk ke MWK. XN juga ada rencana kan mau masuk ke Letung. Semoga aja tiket XN nggak semahal via MWK.
Sebagai bandara terdekat dengan singapura, rute batam letung bisa jadi bahan pertimbangan untuk dibuka oleh xpress air yang kemungkinannya akan lebih banyak memiliki wisman sebagai penumpangnya.
sposter no está en línea   Reply With Quote
Old August 19th, 2017, 03:53 AM   #276
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Rute baru XpressAir TNJ-PDG 3x seminggu & Penambahan frekuensi TNJ-MWK dari 2x seminggu jadi 6x seminggu




source : Instagram XpressAir
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old September 28th, 2017, 04:31 PM   #277
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

XN TNJ-NTX 2x seminggu setiap Selasa & Kamis



Source : Instagram XpressAir Area 5
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old September 29th, 2017, 12:23 PM   #278
basoikan
Registered User
 
Join Date: Nov 2014
Location: ID
Posts: 192
Likes (Received): 31

Quote:
Originally Posted by Boy1 View Post
Diterbangi dengan Dornier 328
basoikan no está en línea   Reply With Quote
Old September 29th, 2017, 04:15 PM   #279
Boy1
Registered User
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 1,136
Likes (Received): 144

Quote:
Originally Posted by basoikan View Post
Diterbangi dengan Dornier 328
Do-328 apa nggak kekecilan ya untuk rute sejauh TNJ-NTX? Harga tiketnya juga udah dibilang, mulai dari 900 ribuan. Bisa dibilang sih palingan nanti 1 jutaan harga tiketnya, TNJ-MWK yg lebih dekat aja 1 juta lebih Padahal bagusan XN pakai 735 di rute ini, dan disambung ke PKU karena banyak jg orang yg bepergian antara Natuna dan Pekanbaru sekitarnya. Riau Air jg dulu sangat keterbatasan armada, tapi rute PKU-TNJ-NTX ini didahulukannya dibanding rute lain karena marketnya emang besar. Semoga XN mau upgrade PKU-TNJ & TNJ-NTX ke 735
Boy1 no está en línea   Reply With Quote
Old September 30th, 2017, 02:47 AM   #280
yudipratama
Registered User
 
yudipratama's Avatar
 
Join Date: Jan 2015
Location: tanjung pandan
Posts: 1,965
Likes (Received): 93

Bng boy update dong bagaimana lf dr rute TNJ PDG, TNJ KNO
yudipratama no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 01:51 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu