daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Metropolitan Construction and Development > Surabaya



Reply

 
Thread Tools
Old January 31st, 2009, 03:50 AM   #1
OPTX
Registered User
 
OPTX's Avatar
 
Join Date: Dec 2004
Location: INA
Posts: 1,016
Likes (Received): 173

[BANGKALAN] Madura Industrial Seaport City | Mixed Use | Fl (?) | U/C

PT. Lamicitra Nusantara, Tbk. through its subsidiary PT. MISI plans to develop an integrated seaport and industrial city in Madura, known as Madura Industrial Seaport City (MISI) in 2009. The project is located in the western part of Madura to be precise in Bangkalan district, as the gateway that connect Surabaya Metropolitan city with Madura island. The project will consist of port development and its supporting facilities; an industrial estate development, a commercial and a real estate development; infrastructure development and public facilities development.

The background for the development of MISI were due to:
  • The decision made in 2006 by the authorised government bodies to include Bangkalan district in Madura as a part of Surabaya administrative area in their future provincial planning.
  • The expected completion of Suramadu bridge in 2009 which will connect Madura island tih Surabaya city.
  • The current condition of existing Tanjung Perak harbor showed a stable increase figures of its activities over years of ship traffic, containers and commodities handling. Due to limited space availability, only a little addition and improvement showed to its facilities. Thus, traffic congestion and longer process time for loading and unloading activities (dwelling time) needed which create both economic inefficiency and ineffectiveness.
  • The determination of authorized government bodies of urgent requirement for the development of a new integrated and comprehensive port and its facilities to support the economic development for East Java province.

The total area prepared by PT. Lamicitra Nusantara, Tbk. for the development of an integrated and comprehensive development mentioned above is 10,000 hectare. The projects above are targeted to be completed within 10 years period. Each project requires funding in 10 phases of approximately US$ 600 millions per project.


Link : http://www.lamicitra.co.id/projects.php?pID=13

Last edited by David-80; June 9th, 2012 at 01:52 PM.
OPTX no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old January 31st, 2009, 04:00 AM   #2
OPTX
Registered User
 
OPTX's Avatar
 
Join Date: Dec 2004
Location: INA
Posts: 1,016
Likes (Received): 173

News

Lamicitra Komitmen Bangun Madura Industrial

05/01/2009 14:29:20 WIB
SURABAYA, Investor Daily


PT Lamicitra Nusantara Tbk tetap akan melanjutkan rencana pembangunan Madura Industrial Seaport City (MISI) di Kecamatan Socah dan Kamal, Kabupaten Bangkalan, Madura. Proyek itu sudah digagas sejak dua tahun lalu, tetapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda akan dimulai pembangunannya.

Manajemen Lamicitra beralasan, proyek MISI masih dalam tahap analisis dan pengkajian. Proyek di lahan seluas 10.000 hektare (ha) itu diperkirakan menghabiskan dana sekitar Rp 3 triliun.

“Dengan penerbitan peraturan presiden yang membentuk badan pengelola untuk percepatan pembangunan di Madura, kami berupaya mewujudkan megaproyek Madura Industrial Seaport City. Ini proyek jangka panjang kami, meski belum bisa dipastikan kapan akan dimulai,” kata Direktur Lamicitra Priyo Setyobudi, di Surabaya, akhir pekan lalu.

Priyo mengatakan, pihaknya masih mengkaji pola pembangunan dan pembiayaan megaproyek MISI. Di antaranya adalah apakah nantinya Lamicitra mengerjakan sendiri proyek itu ataukah mengajak mitra investor lokal ataupun asing.

“Saat ini kami menyusun tata ruang kota di kawasan tersebut, termasuk di dalamnya mengkaji kelayakan bisnis, sosial dan aspek teknis lainnya. Yang pasti, proyek itu sudah disetujui oleh Bupati Bangkalan. Apalagi kabarnya jembatan Suramadu bakal beroperasi 2009,” papar Priyo.

Pengoperasian jembatan Suramadu, menurut dia, harus didukung pengembangan kawasan industri dan perdagangan yang mendukung kegiatan ekspor-impor.

Proyek MISI dirancang sebagai kota pelabuhan yang terintegrasi dengan kota industri yang memiliki pelabuhan peti kemas berskala internasional. Fasilitas itu untuk menunjang kegiatan di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, dan Pelabuhan Gresik. Pada tahap awal, proyek yang kemungkinan baru dimulai awal 2010 itu akan dibangun fasilitas pelabuhan seluas 2.000 hektare.

Manajemen Lamicitra membentuk anak perusahaan dengan bereda usaha PT Misi sebagai pelaksana proyek itu. Pola pembangunan MISI akan dilakukan dalam empat tahap dengan perkiraan waktu penyelesaian sekitar tujuh tahun.

“Jadi, kota mandiri ini kami siapkan bisa melayani kapal yang mendukung perdagangan internasional, ada industri terpadu, dan fasilitas pendukung lainnya seperti kepabeanan. Kota mandiri yang kami kembangkan ini sangat strategis karena hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari jembatan Suramadu,” jelas Priyo.

Ketika megaproyek MISI beroperasi, lanjut dia, akan mampu menyerap tenaga kerja sekitar dua juta orang. Dengan begitu akan membantu pemerintah daerah setempat dalam mengatasi pengangguran. (zal)

http://www.investorindonesia.com/ind...=68641&Itemid=
OPTX no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2009, 06:15 AM   #3
pecinta_surabaya
Registered User
 
pecinta_surabaya's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: surabaya
Posts: 2,162
Likes (Received): 39

Proyek di lahan seluas 10.000 hektar,dgn biaya 3 triliyun..
Oh waw..
__________________
It's too hard to speak English
pecinta_surabaya no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2009, 06:32 AM   #4
Freezy89
As Always
 
Freezy89's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: ID-TW
Posts: 544
Likes (Received): 5

Yah...smoga jatim bisa tambah maju,
apalagi dengan adanya pelabuhan peti kemas baru, siippp...!
Freezy89 no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2009, 10:15 AM   #5
=NaNdA=
Liverpool holic
 
=NaNdA='s Avatar
 
Join Date: Dec 2007
Location: Anfield Stadium
Posts: 8,521
Likes (Received): 32

Quote:
Originally Posted by OPTX View Post
wow...

ini ltaknya dimana? pas di mulut Suramadu bagian Madura?
__________________
a new comer in Palembang City..

Last edited by David-80; June 9th, 2012 at 01:54 PM.
=NaNdA= no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2009, 10:52 AM   #6
Mimihitam
Pengguna Jelata
 
Mimihitam's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: Jakarta
Posts: 2,628
Likes (Received): 7

wah pengaruh positif jembatan suramadu
Mimihitam no está en línea   Reply With Quote
Old February 1st, 2009, 02:23 PM   #7
pecinta_surabaya
Registered User
 
pecinta_surabaya's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: surabaya
Posts: 2,162
Likes (Received): 39

Quote:
Originally Posted by =NaNdA= View Post
wow...

ini ltaknya dimana? pas di mulut Suramadu bagian Madura?
Gambar paling atas yg paling lebar,kelihatan jembatan Suramadu di pojok kanan atas..


Sangat benar,imbas dr jembatan suramadu,semoga warga madura bisa jd lebih maju.
(kasihan abis pilkada 3 putaran)
__________________
It's too hard to speak English
pecinta_surabaya no está en línea   Reply With Quote
Old February 1st, 2009, 04:43 PM   #8
=NaNdA=
Liverpool holic
 
=NaNdA='s Avatar
 
Join Date: Dec 2007
Location: Anfield Stadium
Posts: 8,521
Likes (Received): 32

bukannya ujung Jembatan Suramadu bagian Madura itu kaya gini? apa di cancel?

Quote:
Originally Posted by =NaNdA= View Post
ini bakal jadi kaya gini ya?

__________________
a new comer in Palembang City..
=NaNdA= no está en línea   Reply With Quote
Old February 2nd, 2009, 03:50 AM   #9
OPTX
Registered User
 
OPTX's Avatar
 
Join Date: Dec 2004
Location: INA
Posts: 1,016
Likes (Received): 173

Quote:
Originally Posted by =NaNdA= View Post

ini ltaknya dimana? pas di mulut Suramadu bagian Madura?
Letaknya kira-kira di dalam kotak warna merah :


Nantinya meliputi wilayah seluas 10000 hektar = 100 km2, hampir sama luasnya dengan kota Malang 110 km2.

Berdasarkan berita terbaru akan dibangun dalam 4 tahap, diulai tahun 2010. Ditargetkan selesai dalam 7 tahun.

------
Pelabuhan Teluk Lamong : http://img257.imageshack.us/img257/1...gbay000ez7.jpg

Last edited by David-80; June 9th, 2012 at 01:53 PM.
OPTX no está en línea   Reply With Quote
Old February 2nd, 2009, 01:53 PM   #10
pecinta_surabaya
Registered User
 
pecinta_surabaya's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Location: surabaya
Posts: 2,162
Likes (Received): 39

Pelabuhan Teluk Lamong (Lamong Bay) itu punya Surabaya/Lamongan??
Lahan di kotak warna merah itu skrg berupa apa??
__________________
It's too hard to speak English
pecinta_surabaya no está en línea   Reply With Quote
Old February 2nd, 2009, 02:10 PM   #11
Ebek21
Registered User
 
Ebek21's Avatar
 
Join Date: Jun 2007
Posts: 2,780

Ya punya Surabaya lah. Lamongan mah masih jauh, Mbenjeng masih terus lagi mas.

Yang dikotak merah itu sekarang masih daerah liar, sawah2 gitu.

MISI ini sebetulnya proyek yg bagus dan lokasinya strategis, sayang jatuh di tangan yg salah. Lamicitra itu kan cuma ngantongin ijin dr Bupati setempat, lalu ditawar2kan kesana kemari cari investor siapa yg berminat mengembangkan daerah tersebut menjadi semacam MISI gitu. Lalu kalo ada investor yg berminat dan jadi invest disana, ntar dia dapat bagian berapa persen. Kasarannya, dia mah makelar proyek aja, cuma habis berapa puluh/ratus juta dapetin ijin lokasi, lalu mengharapkan bisa ikutan proyek senilai trilyunan rupiah (3 trilyun untuk 100 km2 itu omong kosong, 30 trilyun baru masuk akal). Wong labanya Lamicitra itu loh, tiap tahun hanya milyaran rupiah saja, kok mau bikin proyek trilyunan, duit dr mana. Kalo gak dapat investor dgn modal super kuat, juga bank gak akan kucurin dana. Belum lg urusan mengelola pelabuhan, emangnya gampang ? Wong perusahaan property kok mau ngurus pelabuhan, it's totally two different worlds.

Gw hanya kasihan saja sama Maduranya, kapan majunya kalo kayak gini terus. Dapat "investor" kok yg kyk gini. Kapan ada investor yg bener2 bonafide dan punya komitmen tinggi memajukan Madura ya ?
Ebek21 no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 01:27 AM   #12
vsovereign
Registered User
 
vsovereign's Avatar
 
Join Date: Sep 2007
Location: Mecklenburg-Vorpommern
Posts: 80
Likes (Received): 1



Ya apa boleh buat, soalnya yg bisa "mencium" cuma si Lamicitra doang

Lagian, setahu saya kapal asing gak boleh melalui Laut Jawa. Alur Laut Kepulauan Indonesia memang melalui selat Karimata, jadi mungkin kapal dagang asing bisa lewat sana lalu mampir di Surabaya.

Ngomong2x si bupati ditawarin berapa ama si Lamicitra yah?
Lagian pelabuhan gini bukannya harus dibawah Pelindo? ---> monopoli sih
vsovereign no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 03:09 AM   #13
Ebek21
Registered User
 
Ebek21's Avatar
 
Join Date: Jun 2007
Posts: 2,780

Kapal asing bisa kok masuk Laut Jawa, lah kapal2 kontainer itu kan banyak sekali yg asing punya. Pengelolaan pelabuhan sekarang sudah direvisi dgn UU Pelayaran tahun 2008. Sehingga skrg swasta juga bisa mengelola pelabuhan dan Pelindo sendiri tidak lg mengontrol kebijakan atas kepelabuhanan, melainkan hanya operator pelabuhan yg harus siap bersaing dgn operator2 pelabuhan yg lain.

Masalahnya untuk membangun pelabuhan dr nol itu biayanya segede gajah bengkak, kalo nggak punya modal yg super duper kuat nggak akan ada yg mau invest. Satu quay crane saja harganya 100 milyar. Dan bagi swasta, untuk invest pun harus ada jaminan bahwa volume kargo sudah tersedia. Nggak ada yg mau nunggu2 sampai 5-10 tahun baru target volume tercapai. Sebetulnya pelabuhan Sby punya potensi karena volume kargo sudah ada, tapi yg disayangkan kenapa pemerintah nggak serius segera mengembangkan potensi ini, malah rebutan lokasi, mau di Lamong Bay kek, mau di Tanjung Bumi, Bangkalan kek, dan skrg ada lg wacana MISI di Socah ini. Bukannya segera dinetapkan malah terus main2 di seputar lokasi, masing2 pihak mengandalkan "investor"nya masing2.

Sampai saat ini, yg masih komitmen dan ada tindakan nyata adalah Lamong Bay dr Pelindo III, yg diatas kertas punya modal sangat kuat (labanya aja ratusan milyar per tahun). Sebetulnya ini mah cepet2an saja, begitu satu pelabuhan skala besar sudah terbangun di satu lokasi, tamat sudah riwayat rencana proyek2 pelabuhan di lokasi yg lain, karena sudah tidak feasible lagi.
Ebek21 no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 04:07 AM   #14
teddybear
City Reformist
 
teddybear's Avatar
 
Join Date: Sep 2002
Location: Surabaya, Indonesia
Posts: 3,735
Likes (Received): 78

^Salut deh sama Ebek yang pengetahuannya cukup luas! Gimana, gua pikir Ebek pantas jadi Walikota. Pasti Surabaya maju. Bener lho!
Gimana ya, coba kita2x yg memberi dukungan Surabaya bisa dijadikan team pembangunan Surabaya! Kalo gua diangkat sih, ntar yg gua gusur pertama kali daerah Pasar Keputran. Pembangunan gedung hi-rise digalakkan. Cuman ya cari pembeli dan penyewanya itu yg pusing.
__________________
**From Surabaya With Love**
teddybear no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 04:11 AM   #15
AceN
Half Geek
 
AceN's Avatar
 
Join Date: Apr 2007
Location: Iacárta
Posts: 10,859
Likes (Received): 1354

Thanks for your info ebek bener2 menguasai dunia pelabuhan ya

Umm..brarti itu malah jadi kaya SCBD di Jakarta ya ? pengembang cuma nyediain lahan + fasilitasnya, nanti investor yang bangun
AceN no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 04:19 AM   #16
Ebek21
Registered User
 
Ebek21's Avatar
 
Join Date: Jun 2007
Posts: 2,780

Quote:
Originally Posted by teddybear View Post
^Salut deh sama Ebek yang pengetahuannya cukup luas! Gimana, gua pikir Ebek pantas jadi Walikota. Pasti Surabaya maju. Bener lho!
Gimana ya, coba kita2x yg memberi dukungan Surabaya bisa dijadikan team pembangunan Surabaya! Kalo gua diangkat sih, ntar yg gua gusur pertama kali daerah Pasar Keputran. Pembangunan gedung hi-rise digalakkan. Cuman ya cari pembeli dan penyewanya itu yg pusing.
Wah kalo gw beneran jd walikota, ntar gw panggil km pulang dr Canada dan segera angkat jd wakil walikota urusan skyscraper, ditarget dlm 5 tahun semua proposal hrs jadi dan point Emporis Surabaya harus jadi 2000 hehe.

Quote:
Originally Posted by AceN View Post
Thanks for your info ebek bener2 menguasai dunia pelabuhan ya

Umm..brarti itu malah jadi kaya SCBD di Jakarta ya ? pengembang cuma nyediain lahan + fasilitasnya, nanti investor yang bangun
Wah gak ngerti ya SCBD itu gmn. Menurutku bahkan lahan pun Lamicitra nggak punya, yg dikantongin cuma ijin lokasi saja, dgn kata lain, jika ada investor mau masuk, tetap harus membebaskan lahan dulu. Dan denger2 skrg harga lahan di seluruh Madura sudah melonjak banyak loh.

Menguasai pelabuhan ? Nggaklah, cuma dulu sering bincang2 aja dgn mantan orang2 Dirjen Hubla dan Pelindo yg sempat bantu proyek kita di sini, jd tahu kulit2nya doang.
Ebek21 no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 04:51 AM   #17
teddybear
City Reformist
 
teddybear's Avatar
 
Join Date: Sep 2002
Location: Surabaya, Indonesia
Posts: 3,735
Likes (Received): 78

Quote:
Wah kalo gw beneran jd walikota, ntar gw panggil km pulang dr Canada dan segera angkat jd wakil walikota urusan skyscraper, ditarget dlm 5 tahun semua proposal hrs jadi dan point Emporis Surabaya harus jadi 2000 hehe.
Boleh, boleh saja. Gua sudah bermimpi Surabaya CBD jadi kayak Manhattan. Dari Raya Darmo sampai Embong Malang berderet gedung2x hi-rise yg keren2x. Lalu parkiran Delta dan WTC jadi penuh gedung tingkat 50, 60, 70, 80! Dana bisa diambil dari seluruh pendapatan Jatim, jadi desa2x dan kota2x kecil Jatim terbengkalai dan disedot, lalu org2x nya disuruh pindah ke Surabaya semua. Pasti ntar Surabaya bisa menyaingi gedenya Jakarta. Kampung2x pada digusur, dipindah ke pinggiran dan yg mampu bisa beli rumah di perumahan, jadi properti Surabaya ntar booming! he he he
__________________
**From Surabaya With Love**
teddybear no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 06:42 AM   #18
AceN
Half Geek
 
AceN's Avatar
 
Join Date: Apr 2007
Location: Iacárta
Posts: 10,859
Likes (Received): 1354

Quote:
Originally Posted by Ebek21 View Post
Wah gak ngerti ya SCBD itu gmn. Menurutku bahkan lahan pun Lamicitra nggak punya, yg dikantongin cuma ijin lokasi saja, dgn kata lain, jika ada investor mau masuk, tetap harus membebaskan lahan dulu. Dan denger2 skrg harga lahan di seluruh Madura sudah melonjak banyak loh.

Menguasai pelabuhan ? Nggaklah, cuma dulu sering bincang2 aja dgn mantan orang2 Dirjen Hubla dan Pelindo yg sempat bantu proyek kita di sini, jd tahu kulit2nya doang.
Yah..kalo mesti tetep bebasin lahan juga, ya aneh donk.. Brarti Lamicitra ga memegang kendali masterplan rencana kawasan secara keseluruhan kan ? smuanya terserah investor..alias keroyokan

Lho, bukannya memang skarang juga bidang kerja u nya di seaport kan ?
__________________
Centroval Studio | The Archivetecture
NEW COLLECTION ! -> 22 April 2014 : Changi Airport Collections | Previous Collection -> 9 January 2014 : Jakarta - Singapore - Seoul Skyline
AceN no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2009, 08:09 AM   #19
Ebek21
Registered User
 
Ebek21's Avatar
 
Join Date: Jun 2007
Posts: 2,780

Makanya gw bilang makelar proyek karena gak bermodal apa2.

Iya, gw kerja di pelabuhan, tp river port, bukan sea port. FYI, river port disini masih lebih gede dr kebanyakan seaport di Indonesia loh.
Ebek21 no está en línea   Reply With Quote
Old February 4th, 2009, 04:24 AM   #20
Ampelio
...is the art of space
 
Ampelio's Avatar
 
Join Date: Aug 2007
Location: Antapani City
Posts: 6,618
Likes (Received): 661

It's amazing! skyscrapers in Madura Island woow nice... great....!
__________________
EVERYDAY URBANISM
Ampelio no está en línea   Reply With Quote


Reply

Tags
east java, industrial, seaport, surabaya

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 03:54 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu