daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Politics, Economics, Tourism and Business

View Poll Results: Setujukah anda jika ibukota Indonesia dipindahkan?
Ya 322 86.56%
Tidak 50 13.44%
Voters: 372. You may not vote on this poll

Reply
 
Thread Tools
Old September 11th, 2009, 03:38 PM   #1
@b1
Registered User
 
@b1's Avatar
 
Join Date: Feb 2009
Posts: 1,388
Likes (Received): 62

Setujukah Anda Jika Ibukota Indonesia Pindah?

Baru - baru ini Malaysia akan mempersiapkan ibukota baru untuk masa depan, tepatnya di Putrajaya, Selatan Kuala Lumpur. bagaimana dengan Indonesia, adakah gagasan pemerintah untuk memindahkan ibukota?

Dahulu, Sukarno punya gagasan untuk memindahkan ibukota ke Palangkaraya. namun gagasan ini tidak diindahkan setelah Sukarno turun.

Putrajaya, Primadona Baru Malaysia

Malaysia tak hanya memiliki Kuala Lumpur, kini ada kota baru yang muncul dan berkembang bak primadona menyediakan berbagai kejutan yang menarik untuk dikunjungi.

Kota tersebut bernama Putrajaya, sebuah kota yang menyediakan diri untuk menjadi tempat baru bagi pusat administrasi pemerintahan federal di Malaysia. Kehadirannya bukan berarti menyaingi kebesaran Kuala Lumpur, namun kota ini sengaja didirikan untuk mengurangi kepadatan Kuala Lumpur yang dikenal sebagai kota terluas di negeri jiran ini. Dengan demikian kedudukan Putrajaya adalah wilayah federal sebagaimana Kuala Lumpur dan Pulau Labuan.

Kota yang terletak di daerah Prang Besar serta masih bagian dari Selangor ini mengambil nama dari Perdana Menteri Malaysia pertama, Tuanku Abdul Rahman Putra. Sedangkan penambahan kata ‘Jaya’ adalah harapan agar daerah ini dapat berkembang dengan baik. Keseluruhan kota ini terdiri dari 4.931 hektar tanah serta terletak, sekitar 25km sebelah Utara dari Kuala Lumpur dan 20km sebelah Selatan dari Kuala Lumpur International Airport di Sepang.

Kota yang tampak indah dan tertata rapi ini memang dibuat dengan perencanaan yang sangat matang. Dalam pembuatannya, pengembang sangat memperhatikan tiga unsur dalam kehidupan, yaitu manusia dengan Tuhannya, manusia dengan manusa lain, dan manusia dengan lingkungannya. Sebanyak 38% total lahan yang tersedia digunakan untuk taman, danau, dan taman tropis. Bahkan bukit di daerah ini dikeruk menjadi danau buatan, dengan kedalaman 3 sampai 14m. Diharapkan kota ini dapat mengakomodasi kebutuhan sebuah kota modern yang tidak mengabaikan ekosistemnya sehingga menghindarkan penduduknya dari tekanan kehidupan modern yang tidak perlu.

Pembangunan kota dengan bangunan-bangunan bergaya campuran antara Melayu, Islam, dan neoklasik Eropa ini konon menghabiskan biaya sekitar 5,9 bilion dolar Amerika, sehingga tak heran jika dalam pembangunannya banyak menuai kritik. Konstruksi kota dimulai pada Agustus 1995 dan diharapkan berakhir tahun 2015, dengan rencana di tahun 2010 kota ini sudah dipenuhi dengan kantor agen pemerintah federal serta terpenuhinya target 64.000 rumah yang dapat menampung sekitar 320.000 penduduk di kota ini.

Selain memiliki berbagai bangunan untuk perkantoran, Putrajaya juga memiliki beberapa tempat yang menarik bagi para pelancong dari dalam maupun luar negeri. Apalagi kota ini dibuat sangat ramah turis dengan dibangunnya transportasi umum yang aman, pusat informasi bagi para turis, tempat bagi para pejalan kaki yang nyaman, hotel-hotel berbintang, motel, hingga tempat berkemah. Beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi antara lain:

Masjid Putra Masjid yang dibuat ditahun 1997 dan baru selesai dua tahun setelahnya ini terletak di sebelah Perdana Putra, atau bangunan tempat Perdana Menteri negeri ini berkantor. Keberadaan masjid berwarna dusky pink ini sangat mencolok mata, seakan-akan mengapung di atas danau Putrajaya. Dari segi arsitektur, masjid ini didesain dengan gaya Persia dari periode Safavid. Dibuat dari batu granit berwarna rose berpadu ukiran kayu cokelat mewarnai pintu, jendela serta panel-panel.

Bangunan masjid setara dengan gedung setinggi 21 tingkat dan dapat menampung 15 ribu jamaah. Di masjid itu ada halaman yang luas disebut The Sahn yang dibatasi tiang penyangga atap. Desain menara dipengaruhi desain Sheikh Omar Mosque di Baghdad. Ketinggian menara mencapai 116m dan memiliki 5 tingkatan yang melambangkan Rukun Islam. Bagi pengunjung yang ingin masuk ke masjid, disediakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh. Umat Muslim, mengenakan yang berwarna biru. Umat non-Muslim, mengenakan warna merah muda. Hal ini untuk mempermudah petugas mengenali dan membantu umat non-Muslim.

The Millenium Monument Menara ini adalah monumen nasional pertama yang dibangun di Putrajaya. Bentuknya unik seperti obelisk, namun sebenarnya mengikuti bentuk kembang sepatu yang merupakan bunga nasional negeri ini. Monumen ini memiliki tinggi 68m dan berdiri di atas taman seluas 25 hektar serta dibuat dengan konstruksi metal yang solid. Monumen terdiri dari tiga bagian yang mencerminkan tiga era Malaysia, yaitu masa lalu [1957-1970], sekarang [1971-2020], dan masa depan [setelah 2020]. Yang unik adalah adanya beberapa kapsul waktu yang ditanamkan di dalam monumen ini. Konon di antaranya milik mantan perdana menteri Malaysia, Mahathir Mohammad yang berisi beberapa pesan dan baru boleh dibuka di tahun 2020 yang akan datang.

Jembatan Seri Perdana Jembatan yang memiliki panjang 370m ini dibangun melintasi Danau Putrajaya. Dibangun dengan memakai arsitektur Moor Islam, jembatan ini memiliki 8 balkon yang unik serta tempat pemberhentian para pemakai jembatan untuk menikmati keindahan pemandangan di sekitar danau.

Perdana Putra Perdana Putra adalah kompleks bangunan tempat Perdana Menteri Malaysia berkantor. Terletak di bukit utama Putrajaya, dibuat dengan arsitektur campuran Melayu, Islam, dan Eropa. Konstruksi bangunan ini dimulai tahun 1997 dan selesai tahun 1999. Setelah itu mulailah jajaran Perdana Menteri pindah dan berkantor di sini.

The Putrajaya Waterfront Merupakan kompleks tempat tinggal yang sangat modern di Putrajaya. Bentuk kompleks tempat tinggal ini seperti pulau-pulau yang saling terkoneksi dengan bangunan perkantoran di tengah-tengah, sedangkan tempat tinggal berada di pinggirnya menghadap ke laut. Yang unik adalah adanya kondominium utama yang menyerupai kapal layar. Sengaja dibuat dengan bentuk yang disesuaikan dengan iklim tropis Malaysia dengan desainer gabungan antara arsitek Italia dan Malaysia. Kompleks kondominimum yang belum sepenuhnya selesai ini baru akan dipasarkan akhir tahun ini.

http://alifmagz.com/wp/?p=1849
__________________
You either die a hero, or live long enough to see yourself become the villain.

Last edited by @b1; September 11th, 2009 at 03:46 PM.
@b1 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old September 11th, 2009, 03:48 PM   #2
@b1
Registered User
 
@b1's Avatar
 
Join Date: Feb 2009
Posts: 1,388
Likes (Received): 62

Indonesia Perlu Segera Tentukan Alternatif Ibukota Baru
Senin, 4 Pebruari 2008 13:38 WIB | Peristiwa | | Dibaca 285 kali

Jakarta (ANTARA News) - Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPR, Tjahjo Kumolo, di Jakarta, Senin, menegaskan pemerintah pusat perlu segera mengambil alih perencanaan dan pembangunan Jakarta atau secepatnya menentukan alternatif ibukota pemerintahan baru yang terbebas dari hambatan rutin, seperti banjir serta kemacetan lalulintas.

"Pembangunan Jakarta kalau masih tetap sebagai ibukota negara RI, dengan melihat realitas di lapangan, seharusnya diambil alih perencanaan dan pembangunannya oleh pemerintah pusat, namun pengelolaannya tetap oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Satu hal lagi, tidak bisa setengah-setengah pembangunannya," kata Tjahjo.

Tjajo Kumolo berpendapat, jika setelah dinilai dari berbagai aspek ternyata kondisi Jakarta sudah sulit berubah drastis, pihaknya mengusulkan secepatnya menentukan alternatif ibukota pemerintahan baru.

"Kalau tidak bisa lagi, sudah harus cepat ditentukan alternatif ibukota baru yang setidaknya tidak ada hambatan, khususnya banjir dan kemacetan itu tadi," katanya.

Bencana banjir di Ibukota dan sekitarnya telah mampu mematikan seluruh aktivitas pemerintah pusat.

"Saya kira DPR pasti setuju (dengan usulan dan upaya penataan kembali ibukota pemerintahan), apakah tetap di Jakarta atau mencari alternatif lain, sepanjang perencanaan terpadu oleh pemerintah pusat cermat, teliti dan proyeksinya jangka panjang sampai 100 tahun," katanya.

Mengapa harus berdurasi jangka panjang, menurut Tjahjo, dari data yang ada di PDIP, Kota Jakarta sudah berposisi di bawah permukaan air laut, dengan beragam risiko berbahaya bagi suatu ibukota pemerintahan.

Sebelumnya, beberapa tokoh politik dan pengamat kembali mengangkat lagi wacana mencari alternatif ibukota pemerintahan yang lebih representatif serta menunjukkan harkat martabat bangsa.

Selain diutarakan oleh Tjahjo Kumolo, pendapat senada juga disampaikan Sekretaris Fraksi Partai Demokrat (FPD) di DPR Sutan Bathoegana, Suharso Monoarfa (Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan di DPR RI), pengamat politik dari Universitas Gajah Mada (UGM) Dr Cornelis Lay serta peneliti dan pengamat politik LIPI Dr Hermawan Sulistio. (*)
__________________
You either die a hero, or live long enough to see yourself become the villain.
@b1 no está en línea   Reply With Quote
Old September 11th, 2009, 03:50 PM   #3
=NaNdA=
Liverpool holic
 
=NaNdA='s Avatar
 
Join Date: Dec 2007
Location: Anfield Stadium
Posts: 8,538
Likes (Received): 46

ini thread yang keberapa ya yang bahas soal Jakarta pindah?
__________________
Palembang - Bogor PP
=NaNdA= no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 02:09 AM   #4
arirangboy
Registered User
 
Join Date: Oct 2004
Posts: 205
Likes (Received): 2

Dipindah ke Solo atau Semarang aja.
arirangboy no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 04:10 AM   #5
heartstation
sayonara hajimemashite
 
heartstation's Avatar
 
Join Date: May 2009
Location: Jatinangor
Posts: 445
Likes (Received): 0

Tau nih. Perasaan udah ada thread sebelumnya.

Btw.. Kalimantan aja
__________________
Everyone is given a sword called "being oneself"
heartstation no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 05:55 AM   #6
Rock Star
Anarchy
 
Rock Star's Avatar
 
Join Date: Apr 2009
Posts: 671
Likes (Received): 1

JOGJA
Rock Star no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 07:59 AM   #7
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,584
Likes (Received): 1036

Samarinda aja, pas ditengah2 Indonesia.
__________________

Alesio liked this post
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 11:05 AM   #8
heartstation
sayonara hajimemashite
 
heartstation's Avatar
 
Join Date: May 2009
Location: Jatinangor
Posts: 445
Likes (Received): 0

Bikin kota baru aja dong... Di selatan kalimantan. Bebas gempa, bebas tsunami, lebih mudah mengawasi daerah perbatasan, strategis, dekat ke ibukota negara2 tetangga, mudah dijangkau dari kota2 lain di Indonesia.
__________________
Everyone is given a sword called "being oneself"
heartstation no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 02:34 PM   #9
DanangSuthoWijoyo
Trah Mataram
 
DanangSuthoWijoyo's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Ngayogyokarto Hadiningrat
Posts: 6,535
Likes (Received): 414

Quote:
Originally Posted by heartstation View Post
Bikin kota baru aja dong... Di selatan kalimantan. Bebas gempa, bebas tsunami, lebih mudah mengawasi daerah perbatasan, strategis, dekat ke ibukota negara2 tetangga, mudah dijangkau dari kota2 lain di Indonesia.
Setuju.....di Pontianak ajah....
Tp jogja joga ok...dh ada Istana Negara kan...
DanangSuthoWijoyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 12th, 2009, 09:37 PM   #10
atmada
Dandanggula
 
atmada's Avatar
 
Join Date: Jan 2008
Location: Solo-Banjarbaru
Posts: 5,456

Ditempatkan di Kalimantan mungkin...
Palangkaraya?
__________________
Religion is regarded by the common people as true, by the wise as false, and by the rulers as useful (Seneca)
atmada no está en línea   Reply With Quote
Old September 13th, 2009, 12:07 AM   #11
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,692
Likes (Received): 393

Quote:
Originally Posted by =NaNdA= View Post
ini thread yang keberapa ya yang bahas soal Jakarta pindah?
I'm also wondering ahahhaha ...

Kalau melihat kenyataan hari ini ya, kayaknya memang pusat pemerintahan harus dipindah dengan segera. Pusat industri hiburan juga harus dipindah dengan segera. Jadi biar Jakarta jadi pusat bisnis saja. Toh,kalau udah gak betah.... orang2 pada berhamburan pergi, kok ..

Jakarta itu udah lah pusat Bisnis, pusat pemerintahan, pusat industri hiburan, industri manufaktur juga lumayan besar di Jakarta ini, Complicated lah jadinya ...

Saran aku sih gak usah bener2 dipindah aja ibukotanya. Tapi satu persatu KANTOR PUSAT BUMN dipindah ke luar Jakarta. PERTAMINA misalnya gak usah di Jakarta lagi kantor pusatnya, GARUDA INDONESIA aja udah pindah keluar Jakarta (walau cuman ke Banten, haha ), PLN juga dipindahkan saja. Yah akhirnya aset2 negara ini harus disebar-sebar. Jangan ditumpuk di Jakarta... Contohnya aja, BUMN konstruksi semuanya berpusat di Jakarta ... BUMN Perbankan itu kayaknya pasti berpusat di Jakarta ....
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old September 13th, 2009, 08:00 AM   #12
seoul sams
BANNED
 
Join Date: Sep 2009
Posts: 70
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by rilham2new View Post
I'm also wondering ahahhaha ...

Kalau melihat kenyataan hari ini ya, kayaknya memang pusat pemerintahan harus dipindah dengan segera. Pusat industri hiburan juga harus dipindah dengan segera. Jadi biar Jakarta jadi pusat bisnis saja. Toh,kalau udah gak betah.... orang2 pada berhamburan pergi, kok ..

Jakarta itu udah lah pusat Bisnis, pusat pemerintahan, pusat industri hiburan, industri manufaktur juga lumayan besar di Jakarta ini, Complicated lah jadinya ...

Saran aku sih gak usah bener2 dipindah aja ibukotanya. Tapi satu persatu KANTOR PUSAT BUMN dipindah ke luar Jakarta. PERTAMINA misalnya gak usah di Jakarta lagi kantor pusatnya, GARUDA INDONESIA aja udah pindah keluar Jakarta (walau cuman ke Banten, haha ), PLN juga dipindahkan saja. Yah akhirnya aset2 negara ini harus disebar-sebar. Jangan ditumpuk di Jakarta... Contohnya aja, BUMN konstruksi semuanya berpusat di Jakarta ... BUMN Perbankan itu kayaknya pasti berpusat di Jakarta ....
gw setuju banget bro!!!
masa semuanya di jakarta mulai dari bisnis, jasa, hiburan, pemerintahan dll!!!
klu gw boleh usul jakarta sbgai kota jasa aja, bandung dan batam kota industri dan bisnis, tangerang pusat pemerintahan (soalnya rapi terutama daerah lippo karawachi), makassar sebagai kota hiburan, medan dan surabaya sebagai kita perdagangan!!!
seoul sams no está en línea   Reply With Quote
Old September 13th, 2009, 08:09 AM   #13
Venantio
Yours to discover
 
Venantio's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Toronto
Posts: 4,829
Likes (Received): 795

Pemerintahan Indonesia dipindah aja ke Batam. Deket Singapore dan Malaysia. Atau ke Denpasar atau Balikpapan, di tengah-tengah. Bisa juga ke Ambon atau Jayapura di ujung Timur....

Atau ke sini aja deh, ke Toronto atau Vancouver... huahahaha
Venantio no está en línea   Reply With Quote
Old September 13th, 2009, 05:23 PM   #14
XxRyoChanxX
holla holla hey!
 
Join Date: Jul 2005
Location: California/Indonesia
Posts: 3,303
Likes (Received): 9

yeah. we should move it
__________________
*****EXQUISITE INDONESIA*****
XxRyoChanxX no está en línea   Reply With Quote
Old September 13th, 2009, 07:13 PM   #15
donkasin
Registered User
 
Join Date: Sep 2009
Posts: 13
Likes (Received): 1

kalau ibukota bukan berarti harus menjadi kota yang paling besar kan?biarin aja pindah ibukotanya nah kan enak jadinya maaf gepeng dan prt bisa mengadu nasib ke ibukota yang baru malah bisa jadi jakarta bebas dari orang2 tersebut karena mereka semua mau mengadu nasib.untuk masalah ibukota yang baru mending ke kalimantan soalnya di situ gak dilewatin oleh gempa bumi dan gak ada gunung berapi
donkasin no está en línea   Reply With Quote
Old September 14th, 2009, 03:28 AM   #16
fajarmuhasan
Final Fantasy Mania
 
fajarmuhasan's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 7,767
Likes (Received): 267

Menurut gw harus dilihat kepentingannya apa?
Mau bikin Jakarta lebih sepi atau bikin kota baru yg rame atau apa........
Ibukota jika diartikan sbg pusat pemerintahan gak apa-apa tetap di Jakarta. Sekarang kalo targetnya jakarta lebih sepi kan tinggal dipindah sumber keramaiannya misal industri dan perdagangan. Kantor-kantor industri baik besar maupun kecil dipindah ke Kalimantan begitu juga bisnis hiburan spt stasiun TV, PH sinetron, dll. bisa dipindah ke sulawesi.
Pokoknya semua kegitana yg menyangkut bisnis dan perdangan pindahin semua keluar Jawa. Jadi Jakarta hanya berisi orang-orang pemerintahan saja.
fajarmuhasan no está en línea   Reply With Quote
Old September 14th, 2009, 05:22 AM   #17
skyscrpr
Registered User
 
skyscrpr's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Surabaya
Posts: 188
Likes (Received): 28

gmn kalo indonesia dibagi 2 koridor..barat sama timur
koridor barat pusatnya jakarta, klo koridor timur pusatnya di surabaya..jadi seandainya
ada perusahaan tambang skala besar contohya..misalny tambangnya ad di NTT gitu..kantor pusatnya harus ad di surabaya..krn NTT masuk wilayah koridor timur..bgitu jg sbaliknya..
skyscrpr no está en línea   Reply With Quote
Old September 14th, 2009, 06:30 AM   #18
AceN
Half Geek
 
AceN's Avatar
 
Join Date: Apr 2007
Location: Iacárta
Posts: 11,329
Likes (Received): 1938

Quote:
Originally Posted by Venantio View Post
Atau ke sini aja deh, ke Toronto atau Vancouver... huahahaha
AceN no está en línea   Reply With Quote
Old September 14th, 2009, 08:33 AM   #19
heartstation
sayonara hajimemashite
 
heartstation's Avatar
 
Join Date: May 2009
Location: Jatinangor
Posts: 445
Likes (Received): 0

Menurut gw nih ya, gak terlalu ngerti sih..
Jakarta tetep jadi bussiness center
Hiburan dipindah ke bandung ato jogja, kalo emang niat bisa dibikin semacam Hollywood di sana.
Pusat pemerintahan dan kantor2 BUMN dipindah ke Kalimantan, selaen mudah diakses dari berbagai kota di Indonesia, ke negara tetangga juga deket, trus kawasan perbatasan bisa lebih diperhatikan.
Berbagai Industri bagusnya di Sumatra karena berada di Selat Malaka.
Trus jasa dan perdagangan di Makassar ato Balikpapan.
__________________
Everyone is given a sword called "being oneself"
heartstation no está en línea   Reply With Quote
Old September 14th, 2009, 03:05 PM   #20
seoul sams
BANNED
 
Join Date: Sep 2009
Posts: 70
Likes (Received): 0

opsi yg paling tepat menurut gw adalah ibukota tetap jakarta!!!!
tapi pusat bisnis, jasa, industri dan hiburan dipindahkan ke kota lain!!!!
klu seandainya ini benar2 diberlakuan tentunya kota2 lain d indonesia pnya kesempatan melebihi jakarta! kurang lebih menyamailah
seoul sams no está en línea   Reply With Quote
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 08:55 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu