daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Pictures of Indonesia > Sulawesi, Kalimantan, Papua and Other Cities Pictures



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old May 26th, 2009, 03:16 PM   #21
tjokro_ragazzo
sup!
 
tjokro_ragazzo's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Location: KB - AB - B
Posts: 7,581
Likes (Received): 546

Quote:
Originally Posted by fajarmuhasan View Post
Wahhh ternyata Ambon banyak juga gedung tinggi (>4 lantai).... hebat....
Ternyata kota kota propinsi indonesia bagian timur tak kalah dg bagian barat........Maju terus indonesia
betul....bahkan skyline Ambon lebih bagus dari pontianak....gedung2 6-7 lantai nya banyak dan terpusat di satu CBD kayanya......
tjokro_ragazzo no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old June 9th, 2009, 06:59 AM   #22
@b1
Registered User
 
@b1's Avatar
 
Join Date: Feb 2009
Posts: 1,443
Likes (Received): 101

Gimana perkembangan kota Ambon, ada berita?

T'rus kenapa Ambon Utara dan Selatan tidak dihubungkan saja dengan jembatan? Mungkin jembatan angkat?
__________________
You either die a hero, or live long enough to see yourself become the villain.
@b1 no está en línea   Reply With Quote
Old June 9th, 2009, 07:48 AM   #23
zeinedean
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 27
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by @b1 View Post
Gimana perkembangan kota Ambon, ada berita?

T'rus kenapa Ambon Utara dan Selatan tidak dihubungkan saja dengan jembatan? Mungkin jembatan angkat?
Ada siapa yg tau kapan proyek Jembatan Seram Ambon di mulai?
zeinedean no está en línea   Reply With Quote
Old June 28th, 2009, 04:43 AM   #24
kubel
kuttu balala
 
kubel's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: Palu
Posts: 4,389
Likes (Received): 357

indonesia bagian timur pembangunannya lumayan maju...
kubel no está en línea   Reply With Quote
Old July 26th, 2009, 05:09 PM   #25
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

oh Ambon Manise
I grew up in this lovely city.
dari SD sampai SMA saya disana.
sebagian masa kecil disana,masa remaja disana,cinta pertama disana
now I'm living in Jakarta but Ambon will always in my heart
oh man,I left so many memories there

here more pics of Ambon city
Gunung Nona view


Ambon bay/Baguala bay view



Ambon bay view.you can see lapangan merdeka at bottom side.Lapangan merdeka along with kantor guberner,pos kota and formerly pertokoan Pelita is just like "alun-alun" area for Ambon.



I dont know about todays tallest but the building with blue glass facade was the tallest building in Ambon untill 1999.I'ts Pelni Building.If I'm not mistake, Gedung Pelni has 6 or 7 storeys.


Still Ambon bay view.sometimes you'll find many cargo vessels anchored in Ambon bay.niiiiceeee view.especially at night.


the small park in bottom left was a shopping area called "pertokoan Pelita".Now they refurbished the "triangle" Pelita shopping complex and replaced it with park.


View of Jl. A.Y Patty.
in mid of 90's it's just like "malioboro" or "melawai" of Ambon.every saturday night teenagers flocked up at jl. A.Y. Patty just going around or we called "ronda" .if you luck you'll see an illegal drag race there


Pertokoan Batu Merah view.
This is an extension project of Pasar Mardika.
Maybe,Pasar Mardika along with Pertokoan Batu Merah is largest "ruko" complex in east Indonesia in late 90's.
Some area in this "ruko" complex turn into bus terminal.



Pedestrian street view at night.I'ts quite romantic isn't it?



pict by :ifanm.multiply.com

Last edited by d'sulovyo; July 27th, 2009 at 06:48 AM.
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old July 27th, 2009, 07:56 AM   #26
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

Mosque & Church

here another pics of Ambon.

Flood in front of Masjid Raya Al Fatah.


Masjid Jami.
One of Classic Mosque in Ambon.This mosque is next to Masjid Raya Al Fatah.


Gereja Kalam Kudus.This catholic church is quite new.I'ts next to my former high school SMU Negeri 2 Ambon


Gereja Maranatha.This church is right in downtown.


Masjid Tua Wapauwe.The oldest mosque in Ambon Island.located in desa Kaitetu,kecamatan Leihitu.build in 1414.



Gereja Tua Immanuel.The oldest church in Ambon Island.located in desa Hila,kecamatan Leihitu.build in 1781.


The interesting thing is masjid tua and gereja tua located in two neighbouring villages Kaitetu and Hila.
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old July 27th, 2009, 08:01 AM   #27
bharadya
Awesome User
 
bharadya's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Location: DIY - DKI
Posts: 9,068
Likes (Received): 466

nice pics

whhooaaaaa, pengen ke Ambon lagi..!! NATSEPA..!! Love that beach..!!
__________________
Jogja Selalu Ceria


"... yang jelas yang sudah mengharapkan adanya blitz atau tenant apalah lainnya kalo bisa ikut "bertanggung jawab" untuk beli produknya ya... Ojo mung seneng tok di kotanya ada ini ada itu, hehe... Beli dong! Apalagi udah nggak beli produknya tapi isane mung umuk ke kota lain kalo di kotaku telah ada ini dan itu."

- Inspiring Quote by Adhianto -
bharadya no está en línea   Reply With Quote
Old August 5th, 2009, 01:38 PM   #28
RonnieR
Registered User
 
RonnieR's Avatar
 
Join Date: Jul 2007
Location: Metro Manila
Posts: 4,461
Likes (Received): 2714

I had good memories of Ambon City - I remember Masjid in green and Maranatha church....went there once and stayed for 2 days.
RonnieR no está en línea   Reply With Quote
Old August 6th, 2009, 06:59 AM   #29
cyberprince
Built To Last
 
cyberprince's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Bandung
Posts: 19,662
Likes (Received): 1754

wah bener2 kangen Ambon! it's such a beautiful and lovely city! pantai2nya juga keren banget.
TK dan SD gw habiskan di Ambon. kalo ga ada kerusuhan, mungkin sekarang gw masih disana hehe..

Ambon Plaza dengan KFC, 21, Matahari, dan Gramedia-nya masih ada ga ya?? jangan2 udah terbakar ..
dulu sering banget kesitu soalnya.

Ternyata bekas pertokoan Pelita udah jadi taman. hmm jd lebih indah.

Thnx to d'sulovyo for the pics! also Ampelio yang telah memulai thread ini
cyberprince no está en línea   Reply With Quote
Old September 17th, 2009, 10:55 PM   #30
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by @b1 View Post
Kalo gak salah kota Ambon dibagi 2, utara dan selatan. Kenapa gak dihubungkan aja dengan jembatan?

there is no suchs thing ambon utara or ambon selatan.
mungkin yg anda maksud itu jazirah leihitu dan jazirah leitimur.
jazirah leihitu itu sebutan untuk daerah barat daya Pulau Ambon sedangkan di bagian tenggara disebut leitimur.

kalau Kotamadya Ambon sendiri memang sebagian besar ada di leitimur sedang sebagian kecil ada di leihitu.
FYI,sebagian besar wilayah di Pulau Ambon masuk wilayah kabupaten Maluku Tengah.Kotamadya Ambon cuman kebagian secuil aja.

soal jembatan,dulu jaman awal2 90-an ada rencana buat jembatan yg menghubungkan desa Galala (leitimur) dengan desa Rumah Tiga(leihitu) dengan nama cengkeh Interchange.

nih desain awalnya.
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 17th, 2009, 11:28 PM   #31
bharadya
Awesome User
 
bharadya's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Location: DIY - DKI
Posts: 9,068
Likes (Received): 466

Kalo bandara Pattimura apa masih masuk kota Ambon? Soalnya jarak dari pusat kota lumayan jauh kan?
__________________
Jogja Selalu Ceria


"... yang jelas yang sudah mengharapkan adanya blitz atau tenant apalah lainnya kalo bisa ikut "bertanggung jawab" untuk beli produknya ya... Ojo mung seneng tok di kotanya ada ini ada itu, hehe... Beli dong! Apalagi udah nggak beli produknya tapi isane mung umuk ke kota lain kalo di kotaku telah ada ini dan itu."

- Inspiring Quote by Adhianto -
bharadya no está en línea   Reply With Quote
Old September 17th, 2009, 11:43 PM   #32
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by netaholics13 View Post
wah manado ada saingannya nih....MANTAB AMBON, go eastern indonesia
hm..sorry to say but actually untill end of 90's Manado is still behind of Ambon
Manado majunya kan 2000an kesini.

Sea Port
Ambon : 1.Yos sudarso,sea port.Indonesia 1st grade sea port (along with Tanjung Priok,Tanjung Perak,Belawan,Makassar,Bitung etc.)
2.Slamet Riyadi,sea port.port for smaller ships connecting remote island in Maluku region.

Manado : None.Pelabuhan untuk Manado itu yang besar adanya di Bitung (45 km from Manado)

Shopping Malls
Ambon : first mal is Ambon Plaza,used to called it "Amplaz".opened 1995.
soal sebutan Amplas/Amplaz ini sebenarnya jogja juga menyebut ambarukmo plaza dengan amplaz/amplaz tapi Ambarukmo plaza kan baru dibuka 2006 ya.sedangkan Ambon Plaza sudah dari 1995

Manado: first mal is Megamall Manado.opened 2004

see,in someway Manado is lefted 10 years behind Ambon.

di era 90-an kota Ambon pun jadi salah satu tujuan arus migrasi tenaga kerja asal Manado yg rata2 kerja di tempat "karoyoki"

tapi gara2 kerusuhan terkutuk itu laju pembangunan di Ambon terhambat..bat...bat...dan mulai 2000-an kesini Manado pun melejit meninggalkan Ambon.
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 17th, 2009, 11:46 PM   #33
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by bharadya View Post
Kalo bandara Pattimura apa masih masuk kota Ambon? Soalnya jarak dari pusat kota lumayan jauh kan?
bandara Pattimura ada di desa Laha,Kecamatan Baguala.masih masuk wilayah kotamadya Ambon.
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 18th, 2009, 12:08 AM   #34
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

suasana Ramadhan di Ambon,
sentra Bazar kue Ramadhan di depan masjid Raya Al Fatah.sudah ada sejak puluhan tahun.
hmm..babengka,ampas tarigu,gogos,hasida.....hmm....I miss those cakes


Last edited by d'sulovyo; September 18th, 2009 at 12:23 AM.
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 18th, 2009, 12:26 AM   #35
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

Masih tentang suasana Ramadhan di Ambon.


Harmoni di Pasar Ramadan
Kamis, 17 September 2009 | 10:28 WIB


TEMPO Interaktif, Jakarta - Pada 10 tahun yang lalu, tepatnya 19 Januari 1999, bertepatan dengan 1 Syawal 1420 Hijriah, Jalan Kesatrian di Kelurahan Amantelu, Sirimau, Ambon, yang dijadikan tempat menaikkan penumpang angkutan umum rute Batu Merah Dalam-Terminal Mardika, jadi sumber kerusuhan berkepanjangan di Maluku.

Di kawasan ini membentang Wai (Kali) Batu Merah, yang memisahkan antara Mardika dengan Desa Batu Merah, dan menjadi pintu masuk Kota Ambon. Di tempat inilah, seorang kondektur dan sopir bertikai, yang menyebabkan pertikaian antarumat beragama di Kota Ambon, hingga sekitar enam tahun lamanya.

Namun, kini kawasan tersebut berubah menjadi salah satu pusat pertemuan antarumat beragama di Ambon. Itu gara-gara kawasan ini, sejak sekitar lima tahun yang lalu, berubah menjadi pusat jajanan makanan berbuka puasa. Warga muslim maupun nonmuslim berbaur membeli berbagai macam kue maupun lauk.

Ada kolak pisang, cendol, bubur kacang hijau, es buah, ada juga kue-kue khas orang Ambon, seperti pisang asar, dodol sagu, serta kue-kue tradisional orang-orang Bugis yang berdomisili di Ambon. Selain itu, ada lauk-pauk siap saji, seperti ikan rica-rica, ikan goreng dan ikan masak, telur masak, tempe, tahu, sayur, serta acar kuning.

Sepanjang 200 meter sisi kiri Jalan Telukabessy, Mardika, dan Jalan Sultan Hasanuddin, Desa Batu Merah, dari arah Kota Ambon, menuju luar Kota Ambon, dijadikan tempat membuat lapak oleh lebih 100 penjual kue dadakan di kawasan tersebut.

Pedagang makanan berbuka itu tidak hanya berjualan dengan membentangkan meja-meja di trotoar jalan hingga jembatan, juga ada yang menumpang di rumah warga nonmuslim. Rumah milik Benhard Wellem Johannes Corputty di Jalan Telukabessy, misalnya, sejak dua tahun lalu, terasnya dipakai seorang warga muslim berjualan berbagai macam kue.

Lima meja milik Hajjah Rapiah menempati setengah teras rumah B.W.J. Corputty, hingga mepet ke dinding rumah. Ibu lima anak tersebut menempati teras rumah itu dengan perjanjian sewa-menyewa. "Berapa sewanya, saya tidak tahu. Istri saya punya urusan," tutur Corputty.

Adapun Corputty tak pernah berniat berjualan kue sehingga istrinya mau menyewakan. Menurut Corputty, setelah konflik antarumat selesai, dia sekeluarga langsung akrab dengan warga muslim. "Tidak ada apa-apa, setelah aman, langsung baikan," ujar Corputty.

Tempat jajanan berbuka tak hanya ada di kedua tempat itu, juga membentang di Jalan Sultan Babullah, di depan Masjid Raya Al-Fatah, Ambon, serta beberapa lokasi di rumah toko (ruko) Batu Merah. "Setiap tahun, penjual makanan berbuka bertambah," kata Julaeha Malang, seorang pegadang.

Makin ramainya pedagang dadakan itu tentu saja membuat keuntungan pedagang lama menurun. Nyonya Nena Tangke, yang berjualan makanan berbuka di depan Masjid Raya Al-Fatah, misalnya. Tahun lalu, ia mengaku bisa untung Rp 90 ribu per hari, kini jauh di bawah itu. "Itu pun harus berjualan sampai jam 10 malam," katanya.

Namun, bagi pembeli, makin banyaknya penjual membuat pilihan makin banyak. "Semua makanan yang kita inginkan tersedia di tempat ini," ujar Insyani yang kerap mampir di pasar Ramadan di Batu Merah atau di depan Masjid Raya Al-Fatah untuk membeli makan untuk berbuka.

Martha de Fretes, yang nonmuslim, sejak awal Ramadan, mengaku saban pulang kantor juga mampir di kedua tempat itu untuk sekadar membeli kue. "Beli sekalian untuk sarapan besok pagi agar tidak repot-repot membeli sarapan pagi," ujar ibu tiga anak itu.

MOCHTAR TOWE.
Source:Tempointeraktif.com
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 18th, 2009, 01:09 AM   #36
d'sulovyo
Agent of Change
 
d'sulovyo's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Location: J town
Posts: 1,277
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by RonnieR View Post
I had good memories of Ambon City - I remember Masjid in green and Maranatha church....went there once and stayed for 2 days.
well Ronnie,nice to know you visiting Ambon.I grew up there.
any pics you'd take during the visit?
d'sulovyo no está en línea   Reply With Quote
Old September 19th, 2009, 04:18 AM   #37
Juve157
Registered User
 
Juve157's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Posts: 86
Likes (Received): 3



Quote:
Originally Posted by d'sulovyo View Post
hm..sorry to say but actually untill end of 90's Manado is still behind of Ambon
Manado majunya kan 2000an kesini.

Sea Port
Ambon : 1.Yos sudarso,sea port.Indonesia 1st grade sea port (along with Tanjung Priok,Tanjung Perak,Belawan,Makassar,Bitung etc.)
2.Slamet Riyadi,sea port.port for smaller ships connecting remote island in Maluku region.

Manado : None.Pelabuhan untuk Manado itu yang besar adanya di Bitung (45 km from Manado)
FACT : Perairan Manado dangkal, jadi sampai kapanpun tidak akan bisa dibangun pelabuhan besar/samudera (yang ada hanya pelabuhan rakyat). Jadi pelabuhan, pergudangan, pabrik, ekspedisi, dll. adanya di kota Bitung (akan dihubungkan dengan Jalan tol tahun 2010). Saat 2 kota ini "menyatu" akan menjadi Metropolitan dengan +1 juta penduduk.

Shopping Malls
Ambon : first mal is Ambon Plaza,used to called it "Amplaz".opened 1995.
soal sebutan Amplas/Amplaz ini sebenarnya jogja juga menyebut ambarukmo plaza dengan amplaz/amplaz tapi Ambarukmo plaza kan baru dibuka 2006 ya.sedangkan Ambon Plaza sudah dari 1995

Manado: first mal is Megamall Manado.opened 2004
FACT : Modern Shopping Center (Namanya Shopping Center-4lt) ada di pusat kota sejak tahun 70-an dan Manado Plaza (5lt dgn eskalator) tahun 90-an. Tapi waktu itu blm ada mall minded seperti saat ini sehingga tidak berkembang. Manado boulevard Center 12 lt sekitar 1992. Kalau urusan hotel, dsb. MBH (bintang 4) sudah ada sejak 1990, dan Paradise Likupang (bintang 5) sudah ada sejak mid 90. Kawanua (bintang 3) sudah ada sejak thn 70an.

see,in someway Manado is lefted 10 years behind Ambon.
FACT : Sepanjang sejarah (lihat BPS), penduduk Manado selalu diatas Ambon. Itupun dengan luas 24 km2 yang kemudian menjadi 150km2 saat ini. Bisa dibayangkan density-nya
Manado terhubung dengan jalan darat ke kota Bitung (200 rb penduduk), kota Tomohon sekitar 18 km (100rb-an), Tondano sekitar 25 km (100 rb-an), hingga ke Gorontalo dan Makassar.
Ini sangat feasible utk bisnis karena lebih efesien dibandingkan Ambon yg kepulauan.



di era 90-an kota Ambon pun jadi salah satu tujuan arus migrasi tenaga kerja asal Manado yg rata2 kerja di tempat "karoyoki"
FACT : Yang ini benar sama halnya dengan migrasi tenaga kerja asal Ambon yang rata2 kerja di tempat "karayoki" Jakarta menjadi Security (tapi tidak terjadi di Manado)

tapi gara2 kerusuhan terkutuk itu laju pembangunan di Ambon terhambat..bat...bat...dan mulai 2000-an kesini Manado pun melejit meninggalkan Ambon.
FACT : Memang benar sejak tahun 2000-an, banyak pengusaha Ambon dan Ternate memindahkan usaha/ modalnya ke Manado karena dinilai lebih aman. Beberapa perusahaan nasional juga menjadikan Manado sebagai Homebase utk operasi di Maluku Utara hingga Maluku
Juve157 no está en línea   Reply With Quote
Old September 29th, 2009, 04:46 AM   #38
voxario
Bonanza 2010
 
voxario's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Ambon
Posts: 305
Likes (Received): 61

Pattimura Air Port



Terminal Bandara Pattimura pada saat baru selesai dibangun. Tampak di kejauhan Kota Ambon di kaki gunung Nona.

Last edited by voxario; September 29th, 2009 at 06:40 AM.
voxario no está en línea   Reply With Quote
Old September 29th, 2009, 06:37 AM   #39
voxario
Bonanza 2010
 
voxario's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Ambon
Posts: 305
Likes (Received): 61

Pattimura AirPort



Bandara Pattimura seen from above.

Last edited by voxario; September 29th, 2009 at 06:45 AM.
voxario no está en línea   Reply With Quote
Old September 29th, 2009, 07:12 AM   #40
voxario
Bonanza 2010
 
voxario's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Ambon
Posts: 305
Likes (Received): 61

Quote:
Originally Posted by d'sulovyo View Post
bandara Pattimura ada di desa Laha,Kecamatan Baguala.masih masuk wilayah kotamadya Ambon.
Kota Ambon sekarang terdiri dari 5 Kecamatan masing2 :
Kecamatan Teluk Ambon -----> Kantor Kecamatan di Wayame
Kecamatan Baguala -----> Kantor Kecamatan di Passo
Kecamatan Sirimau -----> Kantor Kecamatan di Karang Panjang
Kecamatan Leitimur Selatan -----> Kantor Kecamatan di Leahari
Kecamatan Nusaniwe -----> Kantor Kecamatan di Amahusu

Bandara Pattimura sekarang masuk dalam wilayah Kecamatan Teluk Ambon yang berpusat di Wayame

so, wilayah kota ambon terbentang dari Bandara Pattimura (Laha) sampai latuhalat di semenanjung Nusaniwe.
voxario no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 04:46 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu