search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old August 11th, 2016, 09:05 AM   #4521
joeylen
Registered User
 
joeylen's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: putar - putar
Posts: 6,009
Likes (Received): 411

Dia menyampaikan, rencana BSB bisa operasional sesuai rencana pada Januari 2017 masih memungkinkan. Tapi, dengan catatan, progres pekerjaan sisi udara BSB berjalan lancar sesuai rencana. “Namanya rencana bisa maju atau mundur (operasi). Tapi, begitu sudah overlay, tim langsung turun,” http://m.kaltim.prokal.co/read/news/...bisa-asal.html.
__________________
Saat Bersama-Mu, Masalah ku Hilang Terbang Melayang

AFI "Jadi, BSB bukan proyek mangkrak dan akan diselesaikan sebagaimana harapan masyarakat"
joeylen no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old August 14th, 2016, 06:57 PM   #4522
funskyscrapercity
████████████████████ █
 
funskyscrapercity's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: _ ▂ ▃ ▅ ▆ █
Posts: 238
Likes (Received): 55

VIDEO Siap siap Kota Samarinda Akan Punya Bandara Udara Baru

https://www.youtube.com/watch?v=EZZzm5ukWME

__________________
Samarinda kotaku tercinta, bermacam-macam suku dan agama jadi satu,,,
funskyscrapercity no está en línea   Reply With Quote
Old August 14th, 2016, 07:15 PM   #4523
funskyscrapercity
████████████████████ █
 
funskyscrapercity's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: _ ▂ ▃ ▅ ▆ █
Posts: 238
Likes (Received): 55

Wawancara Khusus Dengan Kepala UPT Bandara Temindung, Usdek Luthermand


Ke depannya, BSB ini akan dikembangkan seperti apa?

BSB akan dipersiapkan agar pesawat Boeing 777-300ER atau triple seven dapat mendarat di bandara ini.

BSB akan menjadi satu-satunya bandara yang ada di Kaltim yang dapat didarati pesawat triple seven. Panjang landasan BSB nantinya akan diperpanjang daro 2.250 meter menjadi 3.000 meter.

Ini akan luar biasa karena program Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak adanya connecting moda transportasi kereta api, transportasi darat, laut dan juga udara antar wilayah kabupaten maupun kota di Kaltim.

Kaltim akan terkonekting dengan internasional. Luar biasa ini Kaltim dengan perdagangan internasionalnya, banyak investor yang akan tak ragu untuk investasi di Kaltim.

Selama ini kegiatan event paling banyak di Samarinda tetapi ertanyaannya terganjalnya transportasi karena orang harus ke terbang ke Balikpapan lalu dilanjutkan transportasi darat selama 3 jam ke Samarinda. Itu melelahkan. Kalau ada koneksi langsung ibu kota provinsi ini dengan daerah di luar Kaltim pasti Samarinda akan ramai, hotel akan bertumbuh.

Selain itu, kabupaten dan wilayah di Kaltim tentu akan maju dengan ada connecting antar moda transportasi sendiri. Orang mau ke Kubar bisa menggunakan pesawat ke Samarinda lalu dilanjutkan kereta api.
Perekonomian Kaltim akan bergerak dan luar biasa sekali nantinya

Apabila BSB ini beroperasi, apakah tidak akan mengurangi jumlah penumpang yang ada di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan?

Saya kira tidak akan mematikan Bandara Sepinggan karena kami ada uji trayek mana yang bisa dan mana yang belum, semua sudah diatur.

Berapa jumlah penumpang per tahun yang bisa ditampung oleh BSB?

Kami prediksi akan ada 1.500 penumpang per tahunnya di BSB, ini akan ramai.

Untuk biaya operasional, kami kira akan membutuhkan per tahun Rp60 miliar hingga Rp80 miliar, termasuk pegawai pemeliharaan operasionalnya.

Apakah Anda optimis Kememhub akan mengeluarkan izin untuk pengoperasian BSB ini?

Kami optimis dikeluarkan izin karena Kemenhub maunya Januari 2018, BSB harus beroperasi, otomatis sepanjang tahun depan full pembiayaan dari APBN.

Tahun depan kami akan melanjutkan pembangunan apron 113×200 meter, ada 3 exit pararel mengarah runway 22, garbarata 4 buah, dan pager keliling bandara. Dalam 1 tahun kami bisa menyelesaikan itu semua.

Readmore
__________________
Samarinda kotaku tercinta, bermacam-macam suku dan agama jadi satu,,,

-hanafi-, fajrinTH liked this post
funskyscrapercity no está en línea   Reply With Quote
Old August 15th, 2016, 03:24 AM   #4524
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756



bandaranya udah dibangun dengan biaya besar. tak mungkin ditelantarkan lagi. setidaknya 2018 Samarinda sudah punya bandara baru. insha Allah amin..
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 15th, 2016, 10:55 AM   #4525
Nicholas Saputra
Registered User
 
Nicholas Saputra's Avatar
 
Join Date: Jun 2016
Posts: 115
Likes (Received): 18

ngebaca dan ngeliat berita - berita nya sepertinya operasional tahun depan tetapi dengan panjang landasan antara 1200m sampai dengan 1500m jadi akan operasional dengan jenis pesawat yang bisa mendarati panjang landasan 1200m - 1500m sambil mengerjakan perpanjangan landasan lagi sampai 2250m hingga 3000m.

sangat mendukung sekali dengan keberadaan bandara ini. Gedung yang iconic sungguh enak dipandang mata.
__________________
'Tidak Ada New York Hari Ini'

Last edited by Nicholas Saputra; August 15th, 2016 at 07:05 PM.
Nicholas Saputra no está en línea   Reply With Quote
Old August 17th, 2016, 05:54 AM   #4526
dj_delgo
Registered User
 
Join Date: May 2016
Location: samarinda
Posts: 12
Likes (Received): 0

wdd , bandara internasional lehh , congrats lah Samarinda ..Siap siap jadi Kota Besar nih wkwkk
dj_delgo no está en línea   Reply With Quote
Old August 20th, 2016, 03:54 PM   #4527
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756



Polling nama bandara.
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 22nd, 2016, 03:50 AM   #4528
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756

Minggu, 21 Agustus 2016 09:53
Dampak Domino Bandara Baru

Keberadaan BSB disebut memiliki banyak nilai ekonomis, terutama untuk memudahkan masyarakat menjangkau akses penerbangan. Sekaligus merangsang pertumbuhan fasilitas bandar udara di kawasan terpencil Bumi Etam. “Bandara kecil yang bisa dilalui dari (Bandar Udara) Temindung perlahan ditingkatkan. Yang jelas akan lebih menguntungkan masyarakat,” jelas dia.

Imbas lainnya juga, yakni persebaran penduduk bakal lebih merata. “Jelas bisa jadi hal positif. Bahkan nama yang muncul nanti bisa bawa hoki untuk masyarakat Kaltim. Pasti bisa menambah pendapatan daerah,” ulas dia.

........................ dst

http://kaltim.prokal.co/read/news/27...dara-baru.html
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 22nd, 2016, 03:52 AM   #4529
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756

Sabtu, 20 Agustus 2016 10:42
2017, Runway BSB Baru Sampai 1.200 Meter
Sebatas Peralihan Operasional Temindung

Saat ini, perampungan proyek BSB terus digenjot. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kaltim Salman Lumoindong mengatakan, BSB pasti beroperasi pada 2017. Namun, sementara ini target panjang landasan pacu alias runway sepanjang 2.250 meter takkan terealisasi dalam waktu dekat. Sebab, pada 2017, diperkirakan landasan baru tercapai 1.200 meter.

“Kemenhub (Kementerian Perhubungan) sudah menyiapkan rencana aksi untuk mempercepat operasional BSB. Selain itu, kami berharap tidak ada kendala berarti. Sebab, Bandar Udara Temindung yang landasan pacunya cuma 900 meter segera dipindah ke BSB,” kata Salman.

................................... dst

http://kaltim.prokal.co/read/news/27...200-meter.html
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 23rd, 2016, 07:31 PM   #4530
funskyscrapercity
████████████████████ █
 
funskyscrapercity's Avatar
 
Join Date: Jan 2010
Location: _ ▂ ▃ ▅ ▆ █
Posts: 238
Likes (Received): 55

Dua Maskapai Tertarik Layani Rute di Bandara Samarinda Baru


Bandara Samarinda Baru (BSB) yang saat ini sedang ditangani Kementerian Perhubungan ditargetkan bisa beroperasi pada tahun 2017 mendatang. Untuk tahap awal, bandara yang berada di Kelurahan Sungai Siring, Kecamatan Samarinda Utara tersebut baru bisa digunakan untuk pesawat jenis ATR 42 Seri 400. Namun, maskapai Garuda Indonesia dan Lion Air disebut juga tertarik melayani rute ke bandara ini.

“Untuk tahap awal, bandara ini baru bisa digunakan untuk pesawat jenis ATR 42 Seri 400. Sementara untuk rutenya, rute di Termindung dulu yang dipindahkan ke BSB, yaitu melayani kabupaten/kota di Benua Etam,” jelas Kepala UPBU Temindung, Samarinda, Usdek Luthermand. “Karena, untuk membuka rute baru, mesti menunggu persetujuan Kementerian Perhubungan.”

Meski begitu, dalam jangka panjang atau sekitar akhir tahun 2017, bandara ini ditargetkan mampu didarati pesawat jenis Boeing 700-ER. “Namun, pesawat kepresidenan sudah bisa mendarat di landasan pacu (runway) sepanjang 2.250 meter dan lebar 45 meter,” sambungnya.

Usdek juga mengaku, pihaknya saat ini sudah dihubungi dua maskapai penerbangan nasional untuk melayani rute di bandara ini, yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air. Bandara BSB sendiri bakal menjadi pusat operasi bagi maskapai Kaltim Airlines yang fokus melayani daerah-daerah di Kalimantan Timur.


Source
__________________
Samarinda kotaku tercinta, bermacam-macam suku dan agama jadi satu,,,

fajrinTH liked this post
funskyscrapercity no está en línea   Reply With Quote
Old August 24th, 2016, 04:50 AM   #4531
Van Koetai
Fergie Boys
 
Van Koetai's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Samarinda-Surabaya
Posts: 1,493
Likes (Received): 175

Kaltim Airlines? Emang masih ada?
__________________
Better Die On My Feet
Than To Live On My Knees



To view links or images in signatures your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts.
&
To view links or images in signatures your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts.


To view links or images in signatures your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts.
&
To view links or images in signatures your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts.

Member of :
To view links or images in signatures your post count must be 10 or greater. You currently have 0 posts.

ifanjayadi liked this post
Van Koetai no está en línea   Reply With Quote
Old August 26th, 2016, 08:57 AM   #4532
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756

Quote:
Originally Posted by Hoo Family View Post
Projek2 di Samarinda secara teori dan planning OK punya. Tapi realisasinya tidak OK... sehingga semuanya hanya mimpi.

Tercatat BIG Mall tsb, kita lihat saja apakah akan terealisasi (menurut aku TIDAK)... Airport BSB, aku yakin 100% br akan terwujud 5-7 thn lagi, itupun dengan status pengganti airport Temindung, yg lebih di fokuskan sbg bandara perintis penghubung daerah kecil di Kal-Tim.

Sorry kalau ada yg tidak setuju... Tapi memang kenyataannya demikian. Pahit memang tapi sekali lg ini adalah kenyataan.

Yang mengherankan saya... mengapa pengusaha-pengusaha super kaya asal Samarinda tdk berperan nyata dlm proyek BIG Mall tsb. Krn kalau mengandalkan investor luar daerah, mereka dpt di pastikan akan berhitung dulu matang2. Krn tujuan investasi mereka 100% business, bukan idealisme utk kemajuan daerahnya.
maaf saya quote ini, sekedar flashback meski ybs sudah dibanned

betul saja kata dia soal durasi waktu proyek BSB, tapi bersyukur nya BSB malah dibangun lebih besar. semoga target dan hasil dari proyek ini benar2 bisa membanggakan kiat semua.

eh abaikan soal Bigmall, ternyata dia salah besar
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 28th, 2016, 08:44 AM   #4533
ifanjayadi
Registered User
 
ifanjayadi's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Location: Samarinda
Posts: 73
Likes (Received): 12

Bersyukur segala hal yang dikhawatirkan Hoo Family rontok ditengah jalan. Samarinda meski dengan segala kekurangannya tetap tidak pernah mengubur asa untuk mewujudkan BSB menjadi bandara Nasional dan tidak sebagai bandara perintis, Insyaallah.
__________________

fajrinTH liked this post

Last edited by ifanjayadi; August 28th, 2016 at 09:05 AM.
ifanjayadi no está en línea   Reply With Quote
Old August 29th, 2016, 04:27 PM   #4534
Oner City
Registered User
 
Oner City's Avatar
 
Join Date: Mar 2012
Location: Jakarta-Surabaya
Posts: 751
Likes (Received): 159

masa depan itu semua awalnya berasal dari mimpi, saudara kita si hoo family sprtinya tdk punya masa depan makanya gk berani punya mimpi, maunya katak di dalam tempurung aja.
Oner City no está en línea   Reply With Quote
Old August 30th, 2016, 03:48 AM   #4535
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756







Dari FB SSC Samarinda.
__________________
Love Indonesia

svaerd firemanska liked this post
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 30th, 2016, 04:03 AM   #4536
Balikpapaners
Registered User
 
Balikpapaners's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Balikpapan (Hometown) - Bandung (Residential ID Card) - Jakarta (Office & Business)
Posts: 1,767
Likes (Received): 598

Lucu juga comment Ka. UPT Bandara Temindung, pak Usdek Luthermand tersebut.

Katanya akan menjadi satu2nya bandara yang ada di Kaltim yg dapat di darati Boeing 777.

Dan comment beliau yang seolah-olah investasi di Kaltim sangat tergantung dengan keberadaan bandara tersebut.

Mungkin kalau beliau mengatakan keberadaan BSB positive buat perkembangan investasi di Samarinda memang benar sekali. Tapi kalau katannya Kaltim, apa tu orang ga pernah baca koran.

Investasi trillionan terus masuk di kawasan Teluk Balikpapan, investasi trillionan juga masuk ke Bontang. CATAT TANPA BSB.

Dan bagaimana dengan kebijakan pemerintah pusat memtotong anggaran daerah ? Dan belum di terimanya asset bandara BSB oleh pusat. Dan di postur anggaran APBN 2017 anggaran untuk BSB di coret oleh pemerintah pusat.



Quote:
Originally Posted by funskyscrapercity View Post
Wawancara Khusus Dengan Kepala UPT Bandara Temindung, Usdek Luthermand


Ke depannya, BSB ini akan dikembangkan seperti apa?

BSB akan dipersiapkan agar pesawat Boeing 777-300ER atau triple seven dapat mendarat di bandara ini.

BSB akan menjadi satu-satunya bandara yang ada di Kaltim yang dapat didarati pesawat triple seven. Panjang landasan BSB nantinya akan diperpanjang daro 2.250 meter menjadi 3.000 meter.

........

Kaltim akan terkonekting dengan internasional. Luar biasa ini Kaltim dengan perdagangan internasionalnya, banyak investor yang akan tak ragu untuk investasi di Kaltim.


........

Selama ini kegiatan event paling banyak di Samarinda tetapi ertanyaannya terganjalnya transportasi karena orang harus ke terbang ke Balikpapan lalu dilanjutkan transportasi darat selama 3 jam ke Samarinda. Itu melelahkan. Kalau ada koneksi langsung ibu kota provinsi ini dengan daerah di luar Kaltim pasti Samarinda akan ramai, hotel akan bertumbuh.

Selain itu, kabupaten dan wilayah di Kaltim tentu akan maju dengan ada connecting antar moda transportasi sendiri. Orang mau ke Kubar bisa menggunakan pesawat ke Samarinda lalu dilanjutkan kereta api.
Perekonomian Kaltim akan bergerak dan luar biasa sekali nantinya

Apabila BSB ini beroperasi, apakah tidak akan mengurangi jumlah penumpang yang ada di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan?

Saya kira tidak akan mematikan Bandara Sepinggan karena kami ada uji trayek mana yang bisa dan mana yang belum, semua sudah diatur.

Berapa jumlah penumpang per tahun yang bisa ditampung oleh BSB?

Kami prediksi akan ada 1.500 penumpang per tahunnya di BSB, ini akan ramai.

Untuk biaya operasional, kami kira akan membutuhkan per tahun Rp60 miliar hingga Rp80 miliar, termasuk pegawai pemeliharaan operasionalnya.

Apakah Anda optimis Kememhub akan mengeluarkan izin untuk pengoperasian BSB ini?

Kami optimis dikeluarkan izin karena Kemenhub maunya Januari 2018, BSB harus beroperasi, otomatis sepanjang tahun depan full pembiayaan dari APBN.

Tahun depan kami akan melanjutkan pembangunan apron 113×200 meter, ada 3 exit pararel mengarah runway 22, garbarata 4 buah, dan pager keliling bandara. Dalam 1 tahun kami bisa menyelesaikan itu semua.

Readmore
__________________
BALIKPAPAN MOVING FORWARD for INDONESIA
Centers of economic growth in Kalimantan
Balikpapaners no está en línea   Reply With Quote
Old August 30th, 2016, 04:14 AM   #4537
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 4,901
Likes (Received): 756



biarlah bang beliau komen apa, toh untuk kemajuan kaltim juga kan. sepinggan dibangun sebesar sekarang juga untuk kaltim. BSB masih dibangun di samarinda, kaltim. bukan di serawak malaysia negeri orang..

urusan anggaran, percayakan ke pemerintah saja lah. semua emang lagi defisit. tapi komitmen awal pindahkan aktifitas temindung dulu. itu sudah cukup agar bandara di tengah kota itu bisa ditutup dulu karena riskan bagi keselamatan. kalau yg triliunan2 di balikpapan atau bontang saya juga senang mendengarnya, bukan malah didengkiin. kita sekarang berpikirnya dalam kerangka NKRI aja, jangan terlalu kedaerahan. negara sedang bokek, ekonomi harus berputar. kalau berpikirnya kedaerahan muluk, ketinggalan terus sama tetangga. (baca : malaysia).
__________________
Love Indonesia

loysG liked this post
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old August 30th, 2016, 04:21 AM   #4538
Orangkecil
Registered User
 
Orangkecil's Avatar
 
Join Date: Jun 2015
Location: SRI
Posts: 57
Likes (Received): 5

Quote:
Originally Posted by Balikpapaners View Post
Lucu juga comment Ka. UPT Bandara Temindung, pak Usdek Luthermand tersebut.

Katanya akan menjadi satu2nya bandara yang ada di Kaltim yg dapat di darati Boeing 777.

Dan comment beliau yang seolah-olah investasi di Kaltim sangat tergantung dengan keberadaan bandara tersebut.

Mungkin kalau beliau mengatakan keberadaan BSB positive buat perkembangan investasi di Samarinda memang benar sekali. Tapi kalau katannya Kaltim, apa tu orang ga pernah baca koran.

Investasi trillionan terus masuk di kawasan Teluk Balikpapan, investasi trillionan juga masuk ke Bontang. CATAT TANPA BSB.

Dan bagaimana dengan kebijakan pemerintah pusat memtotong anggaran daerah ? Dan belum di terimanya asset bandara BSB oleh pusat. Dan di postur anggaran APBN 2017 anggaran untuk BSB di coret oleh pemerintah pusat.

Warga negara Balikapapan atau Indonesia bang?
__________________
SIC PARVIS MAGNA
GREATNESS FROM SMALL BEGINNINGS
Orangkecil no está en línea   Reply With Quote
Old August 30th, 2016, 04:54 AM   #4539
3voltcalist
Petani dan Buruh Sawit
 
3voltcalist's Avatar
 
Join Date: Apr 2012
Location: Tering Lama - Samarinda - Balikpapan - Tanjung - Ampah - Jonggon
Posts: 1,771
Likes (Received): 538

Quote:
Originally Posted by Balikpapaners View Post

Mungkin kalau beliau mengatakan keberadaan BSB positive buat perkembangan investasi di Samarinda memang benar sekali. Tapi kalau katannya Kaltim, apa tu orang ga pernah baca koran.
Samarinda kan bagian dari Kaltim om. Begitu sih yang pernah saya pelajari sejak SD. Ndak tau klo di sekolah om dulu ngajarin baca atlasnya gimana ya..
Investasi yang masuk ke Samarinda, berarti masuk ke Kaltim, bukan ke Kalsel..

Komentar beliau itu komentar yang bernada optimisme. Sah2 saja. Sama halnya seperti bila ada yang berkomentar bahwa Sepinggan merupakan bandara satu2nya di Indonesia dengan Mall dan Bioskop. Atau komentar peningkatan kapasitas Sepinggan akan meningkatkan investasi di Kaltim. Ya jelas, karena Sepinggan ada di Balikpapan, Balikpapan ada di Kaltim..

Sesimple itu lah om pola pikirnya. Jangan terlalu dibawa berat2 mikirin mau komentari komentar orang yang sedianya bernada optimisme. Tar klo terlalu berat mikirnya, kepalanya perlu diberi tiang2 penyangga, kan estetikanya jadi berkurang..
__________________
"I fear the day that technology will surpass our human interaction.
The world will have a generation of idiots."
~
Albert Einstein~

3voltcalist no está en línea   Reply With Quote
Old August 30th, 2016, 07:24 AM   #4540
adir
Registered User
 
adir's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: mwh
Posts: 1,530
Likes (Received): 178

pasti malu sendiri tuh orang, forum adem ayem tiba2 masuk ribut 😂😂. Gak suka banget kayaknya kaltim maju di semua daerah maunya itu lagi itu lagi
adir no está en línea   Reply With Quote


Reply

Tags
airport, samarinda

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 05:35 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2016, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2016 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2016 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu