daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Politics, Economics, Tourism and Business



Reply

 
Thread Tools
Old December 13th, 2011, 06:45 AM   #1
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Negara Tetangga Kita | TIMOR LESTE

TIMOR TIMUR
República Democrática de Timór Leste




Unidade, Acção e Progresso



Photo by thepatience.freevar.com/ Uploaded with ImageShack.us



Ibukota:
Dili (Populasi 163.305 jiwa)


Luas wilayah:
15,410 km²


Populasi:
978.590 (2008)


Hari Jadi:
20 Mei 2002


Mata Uang:
Dolar Amerika Serikat (USD)


Lagu Kebangsaan:
Pátria


Agama:
Katolik (92%), Islam (4%), Protestan (3%)





Ita Ema Timur, Timur Kulit Metan
Soi La Too Rohan, Dadi Ita Keta Loko-an
Ita Ema Timur Nian Moris Nunee Dei Ona
Bolelebo Tanah Timur Lelebo

Kita Orang Timor, Timor Kulitnya Hitam
Kaya Sesat Kemudian Miskin, Jadi Kita Jangan Sombong
Kita Orang Timor Hidup Kita Cukup Begini Adanya
Baik Tidak Baik Tanah Timor Lebih Baik




Bem-vindo ao Timor Leste
Selamat Datang di Timor Lorosae




Sukubangsa:
Pribumi: Orang Timor (Bunak, Malu, Aibaa, Maraes, Belu )
Pendatang: Jawa, Portugis, Dawan, Tionghoa, Minangkabau, Filipina, Bugis, Ambon, Australia.


Bahasa:
Asli: Tetun, Galole, Mambae, Dawan dan Kemak
Resmi (konstitusi): Portugis, Tetun, Bahasa Indonesia, Inggris



Photo by thepatience.freevar.com Uploaded with ImageShack.us




Distrik:
Aileu
Ainaro
Baucau
Bobonaro
Cova-Lima (Suai)
Dili
Ermera
Lautem (Lospalos)
Liquica
Manatuto
Manufahi (Same)
Oecussi-Ambeno (Pante Makasar)
Viqueque (Cabira-Oan)
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!

Last edited by Balaputradewa; December 14th, 2011 at 09:39 AM.
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old December 13th, 2011, 06:49 AM   #2
cyberprince
Built To Last
 
cyberprince's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Bandung
Posts: 18,761
Likes (Received): 850

congratz buat new thread

berarti sampai sekarang disana masih belum ada mata uang sendiri ya. dan baru tau Bahasa Indonesia juga jadi salah satu official languange disana...

btw, di foto bala diatas, ibu2 tersebut pake semacam kebaya ya? warna pink & ijo..
cyberprince no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 07:10 AM   #3
Mehome
Moved
 
Mehome's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: uaceland
Posts: 3,898
Likes (Received): 783

waduh, saya tahu kalau USD jadi mata uang di Timor Timur, tapi sama sekali nggak nyangka kalau ternyata sampe sekarang masih belum punya juga mata uang sendiri
Apa kondisi keuangan negara disana begitu sulit, bro Balaputeradewa?
__________________
Rotary Club D3400 Indonesia
Mehome no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 07:18 AM   #4
Budi_anduk
Satria Berkuda
 
Budi_anduk's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Pangkalan Kerinci
Posts: 1,192
Likes (Received): 11

Tahniah buat thread
-- semoga bermanfaat --
Budi_anduk no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 07:27 AM   #5
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

iya disana masih menggunakan US Dolar. Waktu Bala masuk ke perbatasan, wajib menukar dulu ke dolar karena meskipun di-daerah perbatasan mereka tidak menerima rupiah. Pembangunan masih banyak dibantu negara asing, terutama Cina, Jepang dan Australia. Perekonomian masyarakat juga memang masih sulit, salah satu faktornya keterbatasan lapangan pekerjaan formal dan kualitas pendidikan masyarakat. Namun memang sangat terlihat kesenjangan antara si-kaya dan si-miskin disini, terutama di daerah distrik.

Iya itu baju formal ibu2 disana dalam acara resmi atau juga dipakai ke gereja. Biasanya model kebaya putih dipadukan dengan kain ikat khas setempat.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 07:30 AM   #6
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Bala ke Timor Timur Maret 2011 kemaren, lewat jalan darat perbatasan Atambua, Kabupaten Belu. Sebenarnya urusan kantor, coaching Depot P*rt*m*na Atapupu dan cek lokasi usulan pembukaan Depot di wilayah Batugade, Timor Timur. Berikut kondisi di wilayah perbatasan Motaain, Indonesia-Timor Timur.








Uploaded with ImageShack.us
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!

Last edited by Balaputradewa; December 13th, 2011 at 07:37 AM.
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 07:35 AM   #7
Mehome
Moved
 
Mehome's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: uaceland
Posts: 3,898
Likes (Received): 783

Quote:
Originally Posted by Balaputradewa View Post
iya disana masih menggunakan US Dolar. Waktu Bala masuk ke perbatasan, wajib menukar dulu ke dolar karena meskipun di-daerah perbatasan mereka tidak menerima rupiah. Pembangunan masih banyak dibantu negara asing, terutama Cina, Jepang dan Australia. Perekonomian masyarakat juga memang masih sulit, salah satu faktornya keterbatasan lapangan pekerjaan formal dan kualitas pendidikan masyarakat. Namun memang sangat terlihat kesenjangan antara si-kaya dan si-miskin disini, terutama di daerah distrik.
Harusnya uang dari minyak Timor Timur bisa menjadi backup keuangan negara baru ini, mata uang sendiri kan penting untuk kesejahteraan rakyatnya
__________________
Rotary Club D3400 Indonesia
Mehome no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 07:55 AM   #8
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Suasana Kota Dili

image hosted on flickr

Sumber hanming_huang

image hosted on flickr

Sumber hanming_huang

image hosted on flickr

Sumber hanming_huang

image hosted on flickr

Sumber hanming_huang
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 08:08 AM   #9
anja sadiqa
Registered User
 
anja sadiqa's Avatar
 
Join Date: Jul 2009
Location: NAGAN RAYA ACEH
Posts: 1,404
Likes (Received): 42

[QUOTE=Balaputradewa;86592534]Suasana Kota Dili



image hosted on flickr

Sumber hanming_huang

itu koq masih ada iklan simpati ? emang masy disana komunikasi via HP masih pakek, kartu telkomsel ?
__________________
ada apa aceh pasca 2026?
anja sadiqa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 08:31 AM   #10
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Dulu sempat iri dengan teman2 yang dapet tugas di perbatasan Timor Timur. Eh akhirnya kesampean juga Bala kesini.

Quote:
Originally Posted by Balaputradewa View Post
Bala kasih foto dari temen2 yang tugas disana ya.
Mudah-mudahan ntar Bala juga dpt "jatah" kesana [/I]




Uploaded with ImageShack.us

Dari perbatasan, tinggal naik minibus travel seharga 20 USD menuju Dili, tapi kalo mau murah bisa naik ojek ke Batugade atau Sakato, dari sana bisa nyambung bus yang lebih murah.






Uploaded with ImageShack.us
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 08:39 AM   #11
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,330
Likes (Received): 29

wow...keren congrats bala utk thread nya !
btw gw mau tanya distrik oecussi yg beribukota pante macassar knp bisa masuk negara timor leste, secara geografis letaknya di provinsi nusa tenggara timur , mohon pencerahannya , trims.

Last edited by aa coy; December 13th, 2011 at 08:45 AM.
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 08:43 AM   #12
cyberprince
Built To Last
 
cyberprince's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Bandung
Posts: 18,761
Likes (Received): 850

mau nanya lagi nih bala, suasana Timor timur sekarang sudah aman & kondusif kan? sewaktu kesana bala bisa bebas traveling & menjelajah gitu kan? apakah ada semacam sentimen ke orang Indonesia?

itu lambang negaranya lumayan unik, ada senapan

gw juga sedikit penasaran, mengapa mereka berkesan begitu bangga memakai Bahasa Portugis ya? kenapa tidak full memakai Bahasa Tetum aja di lambang negara?
cyberprince no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 08:44 AM   #13
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Quote:
Originally Posted by anja sadiqa View Post
itu koq masih ada iklan simpati ? emang masy disana komunikasi via HP masih pakek, kartu telkomsel ?
Iya disana bisa pake Telkomsel, Bala disana tetap bisa update status pake operator selular tsb. Selain itu disana ada operator selular lokal, Timor Telecom, tapi mahal kartu SIM-nya sekitar Rp 50/60rb-an gitu.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 09:01 AM   #14
dochan
дочан
 
dochan's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Индонезия
Posts: 4,703
Likes (Received): 269

Quote:
Originally Posted by aa coy View Post
wow...keren congrats bala utk thread nya !
btw gw mau tanya distrik oecussi yg beribukota pante macassar knp bisa masuk negara timor leste, secara geografis letaknya di provinsi nusa tenggara timur , mohon pencerahannya , trims.
Oecussi, jaman masih jadi provinsinya Indo, itu juga udah jadi wilayah Prov. Timor TImur. BTW, itu namanya ENCLAVE, wilayah suatu negara yang secara geografi terpisah oleh wilayah negara lainnya, contoh enclave : distrik Naxcivan di Azerbaijan, Russia juga punya enclave lupa namanya

ini contoh enclave
__________________
Reticulating splines...
dochan no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 09:08 AM   #15
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Quote:
Originally Posted by aa coy View Post
wow...keren congrats bala utk thread nya !
btw gw mau tanya distrik oecussi yg beribukota pante macassar knp bisa masuk negara timor leste, secara geografis letaknya di provinsi nusa tenggara timur , mohon pencerahannya , trims.

Quote:
Originally Posted by cyberprince View Post
mau nanya lagi nih bala, suasana Timor timur sekarang sudah aman & kondusif kan? sewaktu kesana bala bisa bebas traveling & menjelajah gitu kan? apakah ada semacam sentimen ke orang Indonesia?

itu lambang negaranya lumayan unik, ada senapan

gw juga sedikit penasaran, mengapa mereka berkesan begitu bangga memakai Bahasa Portugis ya? kenapa tidak full memakai Bahasa Tetum aja di lambang negara?
waduh sebenarnya Bala gak paham2 amiiir dg Timor Timur, kebetulan aja beberapa hari mampir kesini, jadi mungkin jawabannya juga gak memuaskan

Kalo Oekusi atau Pante Makassar (ibukotanya) emang dari dulunya masa kolonial masuk wilayah Timor Timur yang dikuasai oleh Portugis, sedangkan wilayah Pulau Timor lainnya dikuasai oleh Belanda. Jadi ud ada perjanjian antara Portugis dan Belanda. Pun-ketika jadi provinsi di Indonesia, wilayah Oekusi juga masuk kedalam Provinsi Timor Timur dan ketika merdeka wilayah ini akhirnya masuk kedalam negara Timor Timur. Sempat ada wacana menukar Oekusi sbg wilayah Indonesia dengan Belu sbg wilayah Timor Timur, tapi ditolak oleh masyarakat Belu.

Untuk bahasa, sebenarnya pihak elit Timor Timur, mayoritas berketurunan Portugis, yang men-setting Bahasa Portugis sbg bahasa utamaTimor Timur. Tidak semua orang disana bisa berbahasa Portugis, terutama yang di-daerah2. Mereka hanya bisa berbahasa Tetun dan Bahasa Indonesia. Makanya berbagai instansi disana tidak mau di-coaching oleh lembaga dari Portugal atau Australia karena kendala bahasa dan lebih memilih instansi/lembaga dari Indonesia. Bahasa Indonesia masih sangat akrab sampai sekarang, semua stasiun dan tayangan TV Indonesia dapat ditangkap baik dg parabola.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 09:11 AM   #16
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,330
Likes (Received): 29

trims,bala yup... emang distrik tsb pd zaman msh bergabung dgn indonesia adl salah satu kabupaten dr prov.tim-tim, cuma aneh aja koq terpisah
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 09:25 AM   #17
cyberprince
Built To Last
 
cyberprince's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Bandung
Posts: 18,761
Likes (Received): 850

oic.. ternyata penggunaan bahasa Portugis itu ada kaitannya dengan keinginan elit politik Timor Timur, bukan mayoritas warganya.. gw kira mayoritas masyarakat Timtim juga fasih berbahasa Portugis..

thanks Bala atas penjelasannya.. membuka wawasan gw mengenai tetangga kita yang satu ini. entah kenapa gw malah lebih paham mengenai Malaysia atau Singapura, padahal Timtim ini dulunya bagian dari kita juga..
cyberprince no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 09:36 AM   #18
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Quote:
Originally Posted by cyberprince View Post
mau nanya lagi nih bala, suasana Timor timur sekarang sudah aman & kondusif kan? sewaktu kesana bala bisa bebas traveling & menjelajah gitu kan? apakah ada semacam sentimen ke orang Indonesia?
nah yang ini ketinggalan dijawab.
Suasana disana kondusif kok bro, orangnya baek2 n ramah, kita bisa bebas menjelajah disana tanpa ada halangan apapun meski mereka tau kita orang Indonesia. Mereka menganggap kita saudara mereka, malah ketika tau Bala dari Palembang, seorang camat disana begitu antusias nawarin Bala nginep dirumahnya, karena dia nge-fans sama Sriwijaya FC Kami juga pake Bahasa Indonesia sampe ke pelosok2 dusun. Kebanyakkan keluarga mereka tidak utuh lagi, maksudnya sebagian di Indonesia dan sebagian di Timor Timur. Seperti si-camat tadi, kakaknya merupakan salah satu petinggi TNI di Surabaya.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 09:51 AM   #19
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,084
Likes (Received): 726

Ini Pak Camat (distritu administrador)-nya, Bapak Paolo Rogerio Dosantos


Uploaded with ImageShack.us


salah satu warga (tukang ojek) Timor Timur pake jersey Sriwijaya FC

Quote:
Originally Posted by Balaputradewa View Post



Uploaded with ImageShack.us
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 10:05 AM   #20
vindoarga
Ing Ngarsa Sung Tuladha
 
vindoarga's Avatar
 
Join Date: Nov 2009
Location: tetangganya Sonora
Posts: 1,420
Likes (Received): 119

bang Bala
Untuk tontonan TV, masyarakat sana lebih sering nonton acara TV kita kah? Mengingat kendala bahasa tadi
__________________

Si vis pacem , para bellum
vindoarga no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 03:44 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu