daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old August 7th, 2017, 03:51 AM   #121
bramoy
Registered User
 
Join Date: Feb 2013
Posts: 662
Likes (Received): 71

Kecepatan max untuk KA supercepat Jkarta - Bandung berapa ? Kalau 250 km/jam belum menyentuh angka 250 sudah smpe Bandung duluan.
bramoy no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old August 7th, 2017, 06:43 AM   #122
mommooo
Registered User
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 438
Likes (Received): 129

Quote:
Originally Posted by spetznaz_kdi View Post
Afrika paketan, bukan cuma kereta tapi proyek2 lainnya. sampe2 flotila PLAN jadi bodyguard.

Mau total sama China, bisa aja, tapi ikut apa kata mereka... Mau? Gua sih gak...
Selain include proyek lain, konstruksi proyek "paketan" tsb apakah melibatkan negara ybs, atau 100% dikerjakan sendiri oleh China?
Trus efek jelek lainnya kalau ngasih proyek "paketan" ke China apa yah bro?
mommooo no está en línea   Reply With Quote
Old August 7th, 2017, 09:37 AM   #123
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 1,748
Likes (Received): 190

Quote:
Originally Posted by mommooo View Post
Selain include proyek lain, konstruksi proyek "paketan" tsb apakah melibatkan negara ybs, atau 100% dikerjakan sendiri oleh China?
Trus efek jelek lainnya kalau ngasih proyek "paketan" ke China apa yah bro?
Main2 aja di sub forum Afrika...

Ini sebagai sedikit gambaran, berita lama sih tapi masih berhubungan
http://ekonomi.kompas.com/read/2010/...rita.di.Afrika
https://ekbis.sindonews.com/read/986...tan-1428377883

Main contractor-nya perusahaan China, apakah melibatkan lokal? minimal pekerja kasarnya ada dari lokal.

Efek paketan? Sesuai pepatah lama, "tidak ada makan siang gratis", Yang jelas secara politik akan terpengaruh... Di Afrika diantaranya China bangun pangkalan militer di sana. Setuju gak klo China bangun pangkalan militer di Indonesia, misal di Natuna?

Klo China masuk sebagai investor tanpa tujuan politis, ya silakan saja misal bangun kereta cepat JKT-BDG 100% mereka semua, termasuk pembebasan lahan (gak jadi HM ya, cuma GU).
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old August 7th, 2017, 10:48 AM   #124
Batu79
Registered User
 
Batu79's Avatar
 
Join Date: Sep 2016
Posts: 591
Likes (Received): 162

Ya orang invest pasti ada tujuannya. Mau politis kek, mau keuntungan kek. Yang pasti ada maunya, mana ada yg gak punya maksud apapun itu tujuannya. Nyari untung kan juga tujuan. Tinggal calculate aja risk-nya. Lihatnya harus detail. Kalo cuma nerka2 aja mending gak usah asumsi.

Last edited by Batu79; August 7th, 2017 at 01:31 PM.
Batu79 no está en línea   Reply With Quote
Old August 7th, 2017, 11:09 AM   #125
ferindo
Registered User
 
ferindo's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: unidentified
Posts: 968
Likes (Received): 163

Ini alasan kereta cepat, cepat2 selesai, karna tol jkt - bdg jdh tdk bisa di andalkan,

ferindo está en línea ahora   Reply With Quote
Old August 7th, 2017, 01:17 PM   #126
muslim brotherhood
Registered User
 
Join Date: Jul 2017
Posts: 7
Likes (Received): 2

Quote:
Originally Posted by ChibaTadayoshi View Post
Bagaimana caranya anda minta tetap pakai jalur existing tapi di satu sisi minta jalurnya dilurusin?

Yang anda minta itu sebetulnya sama aja dgn bikin jalur baru. malah bisa lebih murah kl baru sekalian.
maksud saya adalah jalurn yang mengikuti kontur tanah, bisa di bikinin jembatan biar lurus

srry kalo gk masuk akal, masih baru
muslim brotherhood no está en línea   Reply With Quote
Old August 8th, 2017, 07:43 AM   #127
ChibaTadayoshi
Penikmat Arsitektur
 
ChibaTadayoshi's Avatar
 
Join Date: Feb 2012
Posts: 3,810
Likes (Received): 1294

Quote:
Originally Posted by muslim brotherhood View Post
maksud saya adalah jalurn yang mengikuti kontur tanah, bisa di bikinin jembatan biar lurus

srry kalo gk masuk akal, masih baru
Penjelasan dari mas Djoko Lelono sdh cukup menjelaskan alasan kenapa jalur existing meliuk-liuk.
ChibaTadayoshi no está en línea   Reply With Quote
Old August 19th, 2017, 06:25 PM   #128
cirkal
Registered User
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 295
Likes (Received): 34

Perjanjian Konsesi Kereta Cepat Jakarta-Bandung Segera Diteken
Achmad Fauzi
Kompas.com - 19/08/2017, 12:36 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan draf perubahan perjanjian konsesi kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan rampung pada Agustus 2017. Setelah selesai, Kemenhub dan PT Kereta Cepat Indonesia China akan menandatangani perjanjian tersebut.

Direktur Lalu Lintas Angkutan Kereta Api Kemenhub, Zulmafendi mengatakan, perubahan perjanjian tersebut meliputi hak dan kewajiban KCIC dan Kemenhub. Selain itu terdapat kebijakan menghadapi keadaan darurat seperti, kejadian di luar kemampuan manusia.

"Secara keseluruhan sudah hampir final sebentar lagi akan kami tanda tangani. Insya Allah pembahasannya selesai bulan ini," ujar Zulmafendi di Kantor Kemenhub, Jakarta.

Zulmafendi menuturkan, perubahan perjanjian juga termasuk masa konsesi. Namun sayangnya, dia tidak menjelaskan lebih lanjut mengenai masa konsesi tersebut.

Menurut Zulmafendi, KCIC telah melaporkan bahwa nilai proyek mencapai 5,9 miliar dollar AS atau Rp 76,7 triliun (kurs Rp 13.000).

Dalam hal ini, tambah Zulmafendi, Kemenhub juga masih berupaya untuk menyelesaikan pembebasan lahan. "Itu kan ada lahan milik masyarakat yang harus dibebaskan dahulu," kata dia.

Pemerintah memundurkan target pengoperasian kereta cepat Jakarta-Bandung dari 2019 ke 2020. Masa konsesi kereta cepat Jakarta yang dihitung dari operasi perdana mencapai 50 tahun.

Pembangunan kereta cepat Jakarta-Bandung merupakan hasil kerja sama konsorsium BUMN Indonesia dan konsorsium perusahaan Tiongkok. Adapun badan usaha negara yang terlibat adalah PT Wijaya Karya, PT Jasa Marga, PT KAI, dan PT Perkebunan Nusantara VIII.

Kereta cepat itu akan melalui empat stasiun, yakni Halim Perdanakusumah, Karawang, Walini, dan Tegalluar di Bandung.

Sumber : http://ekonomi.kompas.com/read/2017/...egera-diteken-
__________________

Batu79, Cabron del Mar liked this post
cirkal no está en línea   Reply With Quote
Old September 8th, 2017, 03:16 PM   #129
cirkal
Registered User
 
Join Date: Apr 2012
Posts: 295
Likes (Received): 34

Beri utang kereta cepat, China Development Bank buka cabang di Indonesia
Minggu, 20 Agustus 2017 09:20

Merdeka.com - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia. CDB adalah lembaga keuangan yang memfasilitasi pinjaman China untuk proyek kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Ya tadi (pertemuan) dengan Otoritas Jasa Keuangan menyangkut masalah CDB akan buka kantor di sini," ujar Luhut dikutip dari Antara, Minggu (20/8).

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo mengatakan akan mendukung dan memfasilitasi lembaga keuangan asing untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia guna mendukung kegiatan pembiayaan infrastruktur.

Kendati demikian, dia enggan menyebut lembaga yang dimaksud. "Kalau seandainya ada lembaga keuangan yang ingin mendukung kegiatan pembiayaan di Indonesia dan kalau mereka ingin membuka perwakilan resmi di sini, kami mendukung. Kami memang harus terus memfasilitasi sumber-sumber pembiayaan tersebut," ujarnya.

Sumber : https://www.merdeka.com/uang/beri-ut...indonesia.html
cirkal no está en línea   Reply With Quote
Old September 27th, 2017, 04:30 AM   #130
penggilingan
Registered User
 
penggilingan's Avatar
 
Join Date: May 2015
Posts: 25
Likes (Received): 4

Quote:
Lahan 3 Ha di Halim Dibebaskan untuk Kereta Cepat JKT-BDG


Jakarta - Lahan di kawasan Halim, Jakarta Timur akan disterilkan dari pemukiman penduduk. Pembebasan lahan meliputi pemukiman penduduk, dan penertiban lahan milik TNI Angkatan Udara.

Kawasan ini rencananya akan dibangun stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung, sekaligus lintasan atau relnya.

"Pembangunan stasiun perlu ada kepastian izin, karena itu menggunakan dua lahan. Ada lahan milik masyarakat dan milik Angkatan Udara," jelas Wali Kota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana, kepada detikFinance, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Sebagian warga yang sudah menempati lahan di Kelurahan Cipinang Melayu akan diberikan ganti rugi. Sedangkan warga yang menempati lahan milik TNI AU di Halim akan ditertibkan.

"Masyarakat di Cipinang Melayu itu. Nanti ada dua versi lah, versi pertama dibebaskan, di AU tanah sekarang masyarakat sekarang keputusan hukum sudah inkracht akan digunakan. KCIC (PT Kereta Cepat Indonesia China) menggunakan tanah itu," tutur Bambang.

Ia mengungkapkan pembebasan tanah warga dan penertiban tanah milik TNI AU dilakukan seluas 3 hektar (ha). Tanah ini akan dibangun stasiun dan lintasan kereta cepat Jakarta-Bandung.

"Yang akan digunakan 3 hektar. Itu akan dilalui jalur kereta cepat dan stasiun," ujar Bambang. (ara/wdl)
Sumber: http://finance.detik.com/berita-ekon...aign=cmssocmed
penggilingan no está en línea   Reply With Quote
Old September 27th, 2017, 10:53 AM   #131
motormatic
Registered User
 
Join Date: Apr 2015
Posts: 166
Likes (Received): 23

Quote:
JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan draf perubahan perjanjian konsesi kereta cepat Jakarta-Bandung ditargetkan rampung pada Agustus 2017. Setelah selesai, Kemenhub dan PT Kereta Cepat Indonesia China akan menandatangani perjanjian tersebut.
Quote:
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyebut China Development Bank (CDB) akan membuka kantor perwakilan di Indonesia
Quote:
Jakarta - Lahan di kawasan Halim, Jakarta Timur akan disterilkan dari pemukiman penduduk. Pembebasan lahan meliputi pemukiman penduduk, dan penertiban lahan milik TNI Angkatan Udara.

Kawasan ini rencananya akan dibangun stasiun kereta cepat Jakarta-Bandung, sekaligus lintasan atau relnya.
3 artikel diatas, paragraf pertamanya "akan" semua, kapan jadi "sedang"?
motormatic no está en línea   Reply With Quote
Old October 6th, 2017, 01:03 AM   #132
ptt76
Registered User
 
Join Date: Jan 2017
Location: Sumpiuh - Kebumen
Posts: 1,021
Likes (Received): 728

Rini: Dana Pinjaman Kereta Cepat Jakarta-Bandung Cair Bulan Depan

Quote:
Jakarta - Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan pinjaman dari China Development Bank (CDB) untuk pendanaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan cair bulan depan.

Dia menuturkan pinjamannya akan berkisar US$ 500 juta hingga US$ 1 miliar pada awal ini, namun selanjutnya akan dilakukan bertahap.

"Pinjaman bulan depan ditarik. Kita sudah selesaikan semua dengan CDB. Jumlahnya antara 500-1 miliar dollar. Mungkin saya minta bertahaplah, karena kalau enggak bayar bunga lagi," katanya dalam acara ngobrol santai di Plaza Mandiri, Jakarta, Kamis (5/10/2017).

Namun demikian, Rini mengakui proyek ini masih terganjal oleh pembebasan lahan. Pembebasan lahan dan penentuan lokasi (penlok) kata dia menjadi kendala terbesar.

"Salah satu memang permasalahannya, ternyata sama saja seperti tol. Seringkali yang memakan waktu itu di pembebasan lahan dan penlok (penentuan lokasi). Finalisasi dari penlok ini yang cukup lama dari Kereta Cepat," ungkapnya.

"Karena Kereta Cepat ini tadinya kita harapkan bisa sebelahan dengan jalan tol Jakarta-Bandung. Tapi karena konturnya banyak berbelok, sementara jalur Kereta Cepat itu enggak boleh banyak belokannya, akhirnya jalurnya banyak sedikit menjauh. Hanya 43 km saja yang berdekatan, dan selebihnya menjauh," imbuh Rini.

Dia bilang, setidaknya akan ada 22 terowongan yang akan dibangun imbas dari perubahan lokasi yang dilakukan. Sehingga pekerjaan investigasi tanah harus dilakukan lebih detil dan memakan waktu.

"Mulai akhir Oktober ini nanti akan betul-betul full construction-nya. Yang paling lama terowongan di Halim dan akan memakan waktu 26 bulan. Mungkin akan selesai di Februari 2020," pungkasnya. (eds/mkj)
source
ptt76 no está en línea   Reply With Quote
Old October 6th, 2017, 05:01 AM   #133
Cakwan
Registered User
 
Join Date: Jun 2009
Location: Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo
Posts: 910
Likes (Received): 353

Quote:
Originally Posted by motormatic View Post
3 artikel diatas, paragraf pertamanya "akan" semua, kapan jadi "sedang"?
Quote:
Originally Posted by ptt76 View Post
Jakarta - Menteri BUMN, Rini Soemarno memastikan pinjaman dari China Development Bank (CDB) untuk pendanaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung akan cair bulan depan.

Dia menuturkan pinjamannya akan berkisar US$ 500 juta hingga US$ 1 miliar pada awal ini, namun selanjutnya akan dilakukan bertahap.

"Pinjaman bulan depan ditarik. Kita sudah selesaikan semua dengan CDB. Jumlahnya antara 500-1 miliar dollar. Mungkin saya minta bertahaplah, karena kalau enggak bayar bunga lagi,"

Namun demikian, Rini mengakui proyek ini masih terganjal oleh pembebasan lahan. Pembebasan lahan dan penentuan lokasi (penlok) kata dia menjadi kendala terbesar.

"Mulai akhir Oktober ini nanti akan betul-betul full construction-nya. (eds/mkj)
Akan saja masih mungkin lagi
Logikanya, pinjaman sebesar USD 1 Billion harusnya sudah diselesaikan teknis & detilnya bulan-bulan sebelumnya

$1 B. Diskusinya ala utang ke warung
Gak heran utang besar banyak yang tidak jelas peruntukannya

lingkaran setan:
BUMN nunggu penlok
penetapan penlok tunggu duit
yang kasi duit ga mau kalau belum progress
__________________
Indonesia Maju 2045. 100 Tahun Indonesia Merdeka. Hiduplah Indonesia Raya!
semoga lebih cepat :)

r4d1ty4, Alarvas liked this post
Cakwan está en línea ahora   Reply With Quote
Old October 8th, 2017, 09:33 AM   #134
kirana125
Registered User
 
kirana125's Avatar
 
Join Date: Oct 2017
Posts: 3
Likes (Received): 5

Pengerjaan Kereta Api Semicepat Jakarta-Surabaya Mulai 2018

08 Oktober, 2017
Sumber: antara

Pengerjaan Kereta Api Semicepat Jakarta-Surabaya Mulai 2018
Quote:

(Ilustrasi) Pekerja menyelesaikan pembangunan proyek jalur kereta api double double track (DDT) untuk jalur stasiun Manggarai-Jatinegara, Jakarta, Selasa (19/09/2017). Tirto.id/Andrey Gromico.

Kemenhub memastikan proyek Kereta Api semicepat Jakarta-Surabaya akan dimulai pada 2018 dan ditargetkan tuntas dalam empat tahun.

tirto.id - Tak lama lagi, perjalanan dengan kereta api dari Jakarta menuju Surabaya, atau sebaliknya, bisa ditempuh dalam waktu lima jam saja. Sebab, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan pengerjaan proyek kereta api semicepat Jakarta-Surabaya bisa dimulai pada 2018.

"Hasil diskusi terakhir dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, KA Semi-Cepat Jakarta-Surabaya adalah menggunakan jalur eksisting dan bisa dimulai 2018," katanya di Bandara Trunojoyo, Sumenep, Jawa Timur, pada Minggu (8/10/2017) seperti dikutip Antara.

Proyek yang bisa mempersingkat lama perjalanan Jakarta-Surabaya hingga cuma lima jam itu, menurut Budi bisa dikerjakan dengan dana tidak terlampau mahal.

"Proyek ini cepat dan murah, sekaligus menyelesaikan banyak hal seperti persoalan perlintasan sebidang di jalur rel Jakarta-Surabaya sebanyak 800 titik," kata Budi.

Budi memprediksi untuk pembangunan jalur rel kerera api semicepat Jakarta-Semarang butuh waktu selama empat tahun, atau artinya bisa selesai pada 2022.

"Prediksi kami untuk (jalur rek kereta api semicepat) Jakarta-Semarang bisa (selesai) dalam dua tahun, termasuk elektrifikasi di jalur rel ganda yang sudah ada. Kemudian, Semarang-Surabaya dua tahun berikutnya," ujarnya.

Penggarap proyek ini, Budi mengimbuhkan, memasang target, kereta api semicepat itu mampu melaju di perjalanan dengan kecepatan hingga 120 kilometer per-jam. "Untuk sementara Jepang, sanggupnya maksimum 120 km/jam," katanya.

Budi menaksir kebutuhan investasi untuk proyek itu sekitar Rp60 triliun. Biaya itu sudah termasuk sekitar Rp20 triliun untuk pengurusan 800 perlintasan sebidang di jalur kereta api Jakarta-Surabaya.

"Ada penurunan (biaya) dari sebelumnya Rp80 triliun," kata Budi.

Dia menambahkan, khusus untuk pengerjaan mengatasi masalah perlintasan sebidang kereta api, baik yang berupa jalan bawah jembatan atau jalan layang, Kemenhub akan melibatkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang juga bertugas menangani hal ini.

"Perkiraan awal, untuk setiap perlintasan sebidang, Rp25 miliar, atau sekitar Rp20 triliun untuk 800 perlintasan sebidang Jakarta-Surabaya,” kata dia. “Lama pembangunan bisa dicicil hingga lima tahun atau lebih."

Berdasar keterangan Menteri Budi, di siaran pers Kemenhub, pada 6 September 2017 lalu, semula ada tiga alternatif untuk pengerjaan proyek kereta api semicepat ini. Ketiganya ialah, menggunakan jalur eksisting, memakai elektrifikasi di dekat eksisting atau melalui jalur baru yang melewati Solo. Tapi, pemakaian jalur eksisting sejak awal memang dianggap lebih layak menjadi prioritas.

Baca juga artikel terkait KERETA API CEPAT atau tulisan menarik lainnya Addi M Idhom
(tirto.id - add/add)
https://tirto.id/pengerjaan-kereta-a...ulai-2018-cx1F
__________________
kirana125 no está en línea   Reply With Quote
Old October 8th, 2017, 02:42 PM   #135
Cakwan
Registered User
 
Join Date: Jun 2009
Location: Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo
Posts: 910
Likes (Received): 353

Ada yang rancu, Jakarta-Surabaya 800km, kalau max 120 kpj berarti diatas 8 jam-an, kalau rata-rata 120, berarti 6,5-7 jam, bukan 5 jam

Berarti penghematan dana didapat dari pembebasan tanah yang tidak terlalu banyak, karena selisih kecepatan hanya sekitar 20%
4 tahun sudah lama, jangan sampai 5 tahun pls . . .
__________________
Indonesia Maju 2045. 100 Tahun Indonesia Merdeka. Hiduplah Indonesia Raya!
semoga lebih cepat :)

Last edited by Cakwan; October 8th, 2017 at 02:51 PM.
Cakwan está en línea ahora   Reply With Quote
Old October 9th, 2017, 01:48 AM   #136
ADIP1598
Registered User
 
ADIP1598's Avatar
 
Join Date: Jun 2017
Posts: 32
Likes (Received): 13



Tambahan



Kalo JAK-SUB mau 5 jam berarti Kecepatan Rata2 harus 150an. Sementara kata BKS taspat Maksimum cuma 120kpj. Mustahil 5 jam
__________________

Alarvas, kirana125, gazart liked this post
ADIP1598 no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2017, 03:26 AM   #137
Cakwan
Registered User
 
Join Date: Jun 2009
Location: Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo
Posts: 910
Likes (Received): 353

Quote:
Originally Posted by ADIP1598 View Post


Kalo JAK-SUB mau 5 jam berarti Kecepatan Rata2 harus 150an. Sementara kata BKS taspat Maksimum cuma 120kpj. Mustahil 5 jam
Berarti dalam jangka panjang, kereta cepat 300kph Jakarta-Surabaya nggak di PHP

Di sisi lain, malah sekarang 60T kok rasanya mahal untuk peningkatan kecepatan hanya 20%, berhubung tanahnya gak terlalu banyak pembebasan. Hampir seperti bikin tol baru.

Mungkin OOT ini sudah dulu, dipindah di Railways saja . . .
__________________
Indonesia Maju 2045. 100 Tahun Indonesia Merdeka. Hiduplah Indonesia Raya!
semoga lebih cepat :)

kirana125 liked this post
Cakwan está en línea ahora   Reply With Quote
Old October 9th, 2017, 04:10 PM   #138
Koejil
Registered User
 
Koejil's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Dammam
Posts: 152
Likes (Received): 20

Lihat biaya infrastuktur ngeri ngeri tapi gak apa apa lah, lebih baik terlambat dari pada ngga sama sekali.
Koejil no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2017, 04:18 PM   #139
flyingman_
railav | railfans-avgeek
 
flyingman_'s Avatar
 
Join Date: Feb 2014
Location: Solo - Salatiga - Tasikmalaya pp
Posts: 595
Likes (Received): 163

Quote:
Originally Posted by kirana125 View Post
08 Oktober, 2017
Sumber: antara

Pengerjaan Kereta Api Semicepat Jakarta-Surabaya Mulai 2018


https://tirto.id/pengerjaan-kereta-a...ulai-2018-cx1F
maksimum 120km/h ? lalu apa bedanya tahun 1997 saat peluncuran rangkaian ber-bogie K9 Argo Bromo Anggrek ? tahun2 segitu saat awal2 peluncuran lokomotif CC203 juga speednya hampir 120km/h...
__________________

kirana125 liked this post
flyingman_ no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2017, 05:01 PM   #140
Kenat
Registered User
 
Kenat's Avatar
 
Join Date: Jun 2016
Location: jakarta
Posts: 785
Likes (Received): 451

600 Rumah di Kota Bekasi Digusur untuk Proyek Kereta Cepat
Quote:
TEMPO.CO, Bekasi - Sedikitnya 600 unit rumah di pinggir ruas jalan tol Jakarta-Cikampek, Kota Bekasi, akan digusur untuk pembangunan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. "Lahan dan bangunannya akan dibebaskan," kata Kepala Kantor Pertanahan Kota Bekasi Muhammad Irdan, Kamis, 5 Oktober 2017.

Menurut Irdan, rumah-rumah itu terletak di sisi selatan jalan tol Jakarta-Cikampek mulai Jatiwaringin (perbatasan dengan DKI) hingga ke Bekasi Timur (perbatasan dengan Kabupaten Bekasi). Adapun lebar lahan yang dibebaskan sekitar 10 meter atau setara dengan satu rumah di pinggir jalan tol. "Luas keseluruhan sekitar 6 hektare atau 60 ribu meter," ujar Irdan.
Irdan mengatakan proses pembebasan kerta cepat Jakarta-Bandung akan dilakukan setelah ada surat pelimpahan pelaksanaan tugas dari Kantor Wilayah Pertanahan Jawa Barat, yang mendapat tugas menjadi panitia pembebasan lahan. "Soalnya proyek ini lintas wilayah, dari Jakarta sampai ke Bandung," ucapnya.

Jika surat tersebut sudah turun, Irdan menambahkan, pihaknya segera membentuk satuan tugas pengadaan tanah. Adapun tahapan-tahapan pembebasan lahan, mulai pengukuran, pemeriksaan berkas secara yuridis, hingga musyawarah antara pemilik lahan serta bangunan dan tim penilai independen yang ditunjuk Kantor Pertanahan.
"Normalnya pembebasan lahan enam bulan," kata Irdan. Namun, karena Presiden Joko Widodo menargetkan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung selesai pada 2019, pihaknya menargetkan proses pembebasan lahan dipersingkat menjadi tiga bulan. “Soalnya ada tahapan yang membutuhkan waktu lama, seperti musyawarah penetapan harga,” tuturnya.
https://metro.tempo.co/read/1022348/...iUtama_Click_7
Kenat no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 03:34 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu