search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old August 13th, 2017, 10:16 AM   #1321
PAYIB
Registered User
 
PAYIB's Avatar
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 8,151

Yogyakarta-Solo Segera Dibangun Jalan Tol Layang
Quote:
- Pemerintah pusat menegaskan proyek pembangunan jalan tol yang melewati kawasan Yogyakarta tetap berjalan.
Tol itu bagian dari dua proyek besar pembangunan jalan tol di Daerah Istimewa Yogyakarta - Jawa Tengah.
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Basuki Hadimoeljono mengatakan, dua proyek itu adalah tol Cilacap-Yogyakarta dan Yogyakarta - Solo (Bawen) yang sedang dievaluasi proposalnya.
"Dari Cilacap jadi nanti (rangkaiannya) Bandung-Cilacap-Yogyakarta-Solo, tapi mungkin yang akan dikerjakan Yogya-Solo dulu," ujar Menteri Basuki, Sabtu (12/8/2017).
Jalurnya lewat mana, jika jalan tol Yogyakarta-Solo (Bawen) rencananya dikerjakan terlebih dahulu?
Basuki menyebutkan, tol itu dibuat secara elevated (tol layang) karena alasan kepadatan penduduk dan jalan.
Jika evaluasi dari Kementerian selesai dan kemudian disetujui maka akan dibentuk Penetapan Lokasi (Panlok) dan mulai melakukan pembebasan lahannya.
"Mudah-mudahan tahun 2018 sudah bisa kita mulai pembangunannya," kata Basuki.
http://m.tribunnews.com/regional/201...lan-tol-layang
Selengkapnya
__________________
“Segenap rakyatku, buatlah batu bata! Saya akan pindah dari Karta, karena saya tidak mau tinggal di bekas (kediaman) ayahanda. Saya akan membangun kota di Pleret.” Demikian sabda Amangkurat I tidak lama setelah naik tahta pada 1646.

SEJARAH PLERET IBUKOTA MATARAM
Pleret ibukota Mataram Islam(1646-1677)
Jejak kraton Pleret
PAYIB no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old August 14th, 2017, 01:43 AM   #1322
Cakwan
Registered User
 
Join Date: Jun 2009
Location: Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo
Posts: 735
Likes (Received): 277

JALAN TOL SEMARANG – DEMAK (23,99KM)
Quote:
Nama Proyek : Jalan Tol Semarang – Demak (23,99km)
Investasi Total : Rp 7,710 Triliun
Sumber APBN-APBD : –
Sumber Swasta : –
Sumber Belum Ditentukan : –
Skema Pendanaan : KPBU
Lokasi : Jawa Tengah
Penanggung Jawab Proyek : Kementerian PUPR
Rencana Mulai Konstruksi : 2017
Rencana Mulai Operasi : 2019
Status Terakhir :
https://kppip.go.id/proyek-strategis...-demak-2399km/

Tol Semarang-Demak, Pemda Berharap Mentri Terbitkan Rencana Trase
Quote:
Bisnis.com, SEMARANG – Rencana trase Jalan Tol Semarang-Demak yang juga menjadi tanggul laut belum ditetapkan karena masih dalam proses evaluasi.

Kepala Panitia Pelelangan Badan Pengatur Jalan Tol Eka Pria Anas mengatakan trase baru belum final dan masih dilakukan serangkaian perhitungan. Selain itu pihaknya akan melaksanakan seleksi ulang investor yang akan membangun penghubung dua wilayah yang padat dengan industri itu.

“Trase belum final. [untuk investor] akan ada lelang ulang,” kata Eka ketika dihubungi Kamis (10/8/2017).
http://semarang.bisnis.com/read/2017...rencana-trase-

Optimis akhir 2017 sudah GB
__________________
Indonesia Maju 2045. 100 Tahun Indonesia Merdeka. Hiduplah Indonesia Raya!
semoga lebih cepat :)

Last edited by Cakwan; August 14th, 2017 at 01:48 AM.
Cakwan no está en línea   Reply With Quote
Old August 14th, 2017, 09:51 AM   #1323
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 6,748
Likes (Received): 1689



Kompas
__________________
"Bertanyalah kepadaku dan akan kuceritakan dunia".
"The Book Philosophy"



svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old August 15th, 2017, 12:51 PM   #1324
Alvian_2002A
Menyentuh Negeri Awan
 
Alvian_2002A's Avatar
 
Join Date: Apr 2015
Location: Depok
Posts: 132
Likes (Received): 30

History, bring back memories

Proyek tol Palikanci 25 Desember 1996 (via landsat 5)
(NB: ini terjadi karena https://lv.eosda.com telah menyajikan imagery-imagery satelit archive (Landsat 7 kebawah). Tapi sayangnya itu harus dikompensasi dengan batas pemakaian imagery sampai 10 kali/hari, atau kalau mau unlimited kudu bayar $ 50 (ini masih berlangganan per bulan yah ))

BTW, ini first time saya lihat imagery geliat pembangunan tol zaman orde baru. Di google selama ini jarang sekali foto-foto proyek tol orba bermunculan. Kalaupun ada, paling cuma proyek tol Wiyoto Wiyono itu yang pakai sosrobahu.

Bayangan saya berdasarkan peta ini, sebenarnya tol palikanci ketika sudah jadi 1997-98 masih bernama tol Plunci (Plumbon-Kanci) , artinya jalurnya baru selesai Plumbon-Kanci saja, karena seksi Plumbon-Palimanan terlihat putus jalurnya, dan baru sampai pembebasan lahan & pembangunan overpass.

Mungkin karena beberapa bulan kemudian krismon, sehingga pemerintah pada saat itu terpaksa menghentikan proyek tol di seluruh indonesia, mulai sekitaran akhir 1997 kalau nggak salah (ada peraturan resminya malah, pernah lihat di situs mana tapi saya lupa). IMO, ini juga proyek tol terakhir yang dikerjakan oleh pemerintahan mbah harto (selain tentunya tol becakayu), sekaligus juga peninggalan sebagai bentuk strip dari seluruh tol trans jawa untuk diteruskan oleh pemerintahan penggantinya (dan akhirnya telah terjadi )

Nah, seksi Plumbon-Palimanan tadi baru diselesaikan somewhen around 2004-2006 (karena google earth history-nya nggak ada imagery setelah 2002, sampai tahun 2009 ketika seksi tersebut tiba-tiba saja sudah dibeton dan tampak sudah beroperasi).

Sekilas info history
__________________

irrational_pi liked this post

Last edited by Alvian_2002A; August 15th, 2017 at 02:18 PM.
Alvian_2002A no está en línea   Reply With Quote
Old August 15th, 2017, 03:30 PM   #1325
ahonksirad
Registered User
 
ahonksirad's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Yogyakarta
Posts: 3,819
Likes (Received): 949

saya ingat betul, jaman saya kecil dulu, tolnya memang cuma dari Kanci sampai Plumbon. ambil tiket di Kanci, terus tiba-tiba putus di Plumbon, belok kiri masuk Pantura, sampai Palimanan belok kanan, terus sampai Simpang Jomin.

Waktu Palimanan-Plumbon dibuka pun, setahu saya yang dikerjakan duluan dari arah Cikopo dulu (Palimanan-Plumbon), sekaligus mendirikan gate barrier Plumbon itu. tapi, dibanding sama Plumbon-Kanci, kualitas jalan Palimanan-Plumbon jauh di bawah. Sering sekali maintenance di penggal Palimanan-Plumbon dibandingkan Plumbon-Kanci.
__________________
"Ikut hati mati, ikut rasa binasa"

-pepatah-
ahonksirad no está en línea   Reply With Quote
Old August 15th, 2017, 03:54 PM   #1326
Alvian_2002A
Menyentuh Negeri Awan
 
Alvian_2002A's Avatar
 
Join Date: Apr 2015
Location: Depok
Posts: 132
Likes (Received): 30


Mungkin zaman orba itu bangun jalan masih sering pakai aspal (dari pelapisan pertama/saat proyek), dibandingkan sekarang yang khas hampir semua jalan baru pakai beton, kecuali kalau median tanahnya labil, masih pakai aspal.

Dan bayangan saya (lebih mirip perkiraan ala konspirasi ya ), zaman dulu itu kualitas jalan sangat diperhatikan, imo mungkin karena pemerintahan lama banget & belum kenal ganti presiden kali yah, sehingga program-program bisa berjalan tanpa harus kekejar waktu kayak sekarang, sehingga bisa fokus memerhatikan kualitas.

Contoh lainnya saja tol Sedyatmo (bandara CGK), bagian tengah yang grounded (dibangun masa orba) terlihat awet-awet saja, belum bolong-bolong besar/amblas (mungkin karena pakai cakar ayam, tapi kalau kelelep sih pernah ), sedangkan tol bagian elevatednya (dibangun 2009) malah pernah retak-retak, bahkan amblas (tol elevated bisa amblas ?).

Serta juga tol cipularang, sebenarnya rencananya udah dari zaman orba, tetapi (mungkin loh ya) karena takut kualitas rendah kali ya (?), jadinya nggak kunjung dibangun. Baru setelah reformasi, tol ini (cepat-cepat) dibangun demi KTT 2005, dan karena cepat-cepat itulah akhirnya sering amblas.

"piye, enak jamanku to ?"

Ini hanya angan-angan pikiran saya kok, jadi ya bawa santai aja sih

Back to topic

Last edited by Alvian_2002A; August 15th, 2017 at 04:24 PM.
Alvian_2002A no está en línea   Reply With Quote
Old August 16th, 2017, 04:19 AM   #1327
Tingginehe123
Registered User
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 30
Likes (Received): 1

Hahaha jadi inget jaman dulu lewat dari Palimanan ke Plumbon masih pake agregat jalan tolnya
Tingginehe123 no está en línea   Reply With Quote
Old August 16th, 2017, 05:18 AM   #1328
ardial
Registered User
 
ardial's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: Jakarta
Posts: 2,078
Likes (Received): 152

Quote:
Originally Posted by Tingginehe123 View Post
Hahaha jadi inget jaman dulu lewat dari Palimanan ke Plumbon masih pake agregat jalan tolnya
Dulu kalau dari jawatengah bayarnya aja sampai 3 kali dari kanci-Palimanan.
Sekarang 3 kali bayar itu kalau dari tomang udah sampai brebes.
Sekarang 192 KM Aja dari tomang udah sampai palimanan dan bayarnya 120 ribu.
9.000 bayar tol dalkot 111 bayar di palimanan
ardial no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 01:03 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu