search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old June 6th, 2013, 11:21 AM   #61
jamal radar
Repeh Rapih
 
jamal radar's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: Kota Mandiri Di Tenggara Jawa Barat
Posts: 8,452
Likes (Received): 790

5 Juni 2013 | 14:46 WIB

TOL BOCIMI: Sukabumi Khawatirkan Harga Tanah di Lokasi Tol

Quote:


(JIBIPhoto)

BANDUNG (bisnis-jabar.com)–Pemerintah Kabupaten Sukabumi mengkhawatirkan kenaikan harga tanah di lokasi proyek Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) yang tidak terkendali.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sukabumi Doddy Sumantri mengatakan pihaknya saat ini masih bersifat menunggu kelanjutan Tol Bocimi.

“Keterlibatan MNC dalam proyek ini pun kami belum tahu. Kelihatannya daerah memang tidak terlalu dilibatkan,” katanya kepada Bisnis.

Sukabumi sendiri di Tol Bocimi mendapat jatah paling panjang yakni dari seksi II Cigombong-Cibadak 12 kilometer dan seksi III Cibadak-Sukabumi 42 kilometer.

Doddy mengatakan proses pembebasan lahan Tol Bocimi Seksi II baru akan masuk ke wilayah Sukabumi jika seksi I sudah memasuki tahap konstruksi. “Itu informasi dari BPPJT. Tapi saya dapat informasi dari Bogor saat ini seksi I belum ada kemajuan,” katanya.

Kondisi ini membuat Sukabumi lebih banyak menunggu kelengkapan informasi yang disampaikan oleh pusat dan provinsi. Pihaknya mengaku agak khawatir terkait pembebasan lahan untuk tol tersebut.

Di ruas Lido saja saat ini dari Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang maksimal paling mahal seharga Rp1 juta per meter masyarakat malah sudah menuntut lebih. “Kenyataanya warga sudah ada yang meminta Rp 5 juta sampai Rp10 juta per meter,” katanya. Doddy mewanti-wanti jika tim Pemprov Jabar bersama MNC akan membebaskan lahan bisa jauh lebih tegas.

Menurutnya, jika aturan main terkait pembebasan lahan dijalankan oleh pemerintah, kendala sulitnya masyarakat memberikan lahan bisa teratasi. “Masalah pembebasan lahan memang menjadi kendala rata-rata proyek pemerintah,” katanya.

Pihaknya berharap jika MNC serius menggarap proyek ini, maka kinerjanya jauh lebih baik dari Bakrie dan PT Jasa Sarana yang pernah menggarap lebih dahulu.

Secara detil ruas tol Ciawi-Sukabumi akan dibangun sepanjang 54 kilometer, yang terbagi dalam empat seksi.

Seksi I Ciawi-Cigombong (15 KM), seksi II Cigombong-Cibadak (12 KM), seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (14 KM), seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 KM).(k57/k29/yri)
Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.ph...-di-lokasi-tol

Last edited by jamal radar; June 6th, 2013 at 11:27 AM.
jamal radar no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old June 9th, 2013, 06:07 AM   #62
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 4,486
Likes (Received): 493

Quote:
Originally Posted by jamal radar View Post
5 Juni 2013 | 14:46 WIB

TOL BOCIMI: Sukabumi Khawatirkan Harga Tanah di Lokasi Tol


Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.ph...-di-lokasi-tol
duh.. jangan ada oknum yang memulai menaikan harga-harga tanah dong.. kapan mau dibangun kalau urusan lahan aja gapernah beres...
__________________
3410x6310
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old June 9th, 2013, 09:21 AM   #63
jamal radar
Repeh Rapih
 
jamal radar's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: Kota Mandiri Di Tenggara Jawa Barat
Posts: 8,452
Likes (Received): 790

Alamat bisa molor lagi nich tol BOCIMI.. mudah2an saja pihak Pemprov Jabar dan MNC dalam membebaskan lahan bisa jauh lebih tegas...
jamal radar no está en línea   Reply With Quote
Old June 10th, 2013, 03:54 AM   #64
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 4,486
Likes (Received): 493

Quote:
Originally Posted by jamal radar View Post
Alamat bisa molor lagi nich tol BOCIMI.. mudah2an saja pihak Pemprov Jabar dan MNC dalam membebaskan lahan bisa jauh lebih tegas...
Setuju.. Tapi saat ini nampaknya pemprov termasuk Gubernurnya sedang banyak mencari investor asing, seperti toll road Cisumdawu yg dikerjakan investor China dan S. Korea..

Alangkah hebatnya kalau toll road Bocimi, Cikapali, & Cisumdawui dapar terselesaikan sebelum 2018
__________________
3410x6310
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old August 10th, 2013, 10:17 AM   #65
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 6,964
Likes (Received): 1808

update progresnya dunk, skr2 ada dok lapanganya,,,
svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old September 30th, 2013, 04:47 PM   #66
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 9,296
Likes (Received): 968

Oleh: Wisnu Wage
30 September 2013 | 16:59 WIB
Pemprov Jabar Lakukan Pengukuran Lahan Tol Bocimi

Quote:
Bisnis-jabar.com, BANDUNG—Pemprov Jabar saat ini tengah melakukan pendataan terkait pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Kepala Badan Koordinasi Wilayah I (Bakorwil) Bogor Eddy M Nasution mengatakan perkembangan tol Bocimi terus berlanjut.

“Sekarang tim biro dari Pemprov Jabar tengah melakukan pengukuran dan pendataan di lapangan,” katanya pada bisnis-jabar.com, Senin (30/9/2013).

Eddy mengatakan pendataan penting karena di lapangan harus dipastikan soal kepemilikan lahan tersebut apakah aset milik pemda, pemprov atau warga.

“Sejauh ini perkembangannya baru itu, belum ada perkembangan lain,” katanya.

Secara detil ruas tolBogor- Ciawi-Sukabumi akan dibangun sepanjang 54 kilometer, yang terbagi dalam empat seksi. Seksi I Ciawi-Cigombong (15 KM), seksi II Cigombong-Cibadak (12 KM), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (14 KM), seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13 KM).

Bentang jalan tol tersebut melewati 4 kawasan di Kabupaten Bogor, Kota Bogor, Kota Sukabumi dan Kabupaten Sukabumi. Pemprov Jabar sendiri lewat PT Jasa Sarana menanam saham sebanyak 25%. MNC sendiri menargetkan kucuran investasi dalam proyek ini mencapai angka Rp7,8 triliun.(k57/k29)
http://www.bisnis-jabar.com/index.ph...han-tol-bocimi
__________________
v-sun está en línea ahora   Reply With Quote
Old October 1st, 2013, 11:42 AM   #67
Raisa
Registered User
 
Raisa's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Solo, CIbubur, Jakarta
Posts: 952
Likes (Received): 133

Tol ini sangat vital tapi kok progress-nya sudah bertahun-tahun baru gini2 saja...kasihan warga sukabumi...
__________________

r4d1ty4 liked this post
Raisa no está en línea   Reply With Quote
Old October 20th, 2013, 03:25 PM   #68
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 6,964
Likes (Received): 1808

Pembangunan Jalan Tol Bocimi Minta Dipercepat
Kamis, 17 Oktober 2013, 16:11 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemkab Sukabumi mendorong percepatan pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Permintaan ini telah berulangkali disampaikan, namun hingga kini proses pembangunan belum juga dilakukan.

‘’Rencana jalan tol sudah ada sejak 1990, namun sampai kini belum juga terbangun,’’ ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Sukabumi, Adjo Sarjono. Pernyataan ini disampaikan dalam sambutan di acara studi banding Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) dari empat kota di Indonesia ke Sukabumi, Kamis (17/10).

Menurut Adjo, jarak tempuh dari Sukabumi menuju Bogor sebenarnya cukup dekat. Namun, karena masalah kemacetan lalu lintas, maka waktu tempuh menjadi lama. Oleh karena itu, lanjut Adjo, warga Sukabumi sejak dulu mengharapkan adanya jalan tol untuk mengatasi kemacetan. Ironisnya, hingga kini pembangunan jalan tol Bocimi belum juga dilakukan di wilayah Sukabumi.

Kemacetan lalu lintas, kata Adjo, menyebabkan pejabat pemkab harus mencari alternatif solusi untuk mengatasinya. ‘’Bila ada acara di Jakarta misalnya, maka kita harus menginap lebih dulu karena takut terlambat akibat macet,’’ imbuh dia. Selain itu warga juga harus mencari jalan tikus untuk menghindari kemacetan.

Adjo mengatakan, pemkab belum berencana membangun jalan baru untuk mengatasi kemacetan. Pasalnya, pemkab masih berharap dari rencana pembangunan jalan tol Bocimi yang kini dikelola MNC group. Diakui Adjo, kondisi jalan yang ada sekarang memang tidak mampu menampung pertambahan jumlah kendaraan yang melintas. Dampaknya, terjadi kemacetan lalu lintas, terutama pada jam-jam sibuk seperti waktu masuk maupun pulang di lokasi pabrik atau sekolah.

Bupati Sukabumi, Sukmawijaya menambahkan, proses pembangunan jalan tol masih pada tahapan pembebasan lahan di Bogor. ‘’Bila tahapan sudah masuk Sukabumi, maka kami siap membantu prosesnya,’’ imbuh dia.

http://www.republika.co.id/berita/na...nta-dipercepat
svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old October 23rd, 2013, 09:32 AM   #69
benyap
Registered User
 
benyap's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Posts: 6
Likes (Received): 1

mendambakan punya rumah di Sukabumi dan punya akses 1,5 Jam menuju Jakarta lewat tol. nikmat pasti nya, apalagi didukung dengan kereta api super cepat, Skbumi-jkt 2 Jam naik kereta, berangkat kerja pagi dari Sukabumi, istrahat di Kereta yang nyaman, terbangun sudah di stasiun Jakarta...
kapan semua itu terwujud ??
__________________
_____________________
DUM SPERO SPIRO
benyap no está en línea   Reply With Quote
Old October 24th, 2013, 11:29 AM   #70
Cakwan
Registered User
 
Join Date: Jun 2009
Location: Lamongan-Gresik-Surabaya-Sidoarjo
Posts: 824
Likes (Received): 315

Quote:
mendambakan punya rumah di Sukabumi dan punya akses 1,5 Jam menuju Jakarta lewat tol. nikmat pasti nya, apalagi didukung dengan kereta api super cepat, Skbumi-jkt 2 Jam naik kereta, berangkat kerja pagi dari Sukabumi, istrahat di Kereta yang nyaman, terbangun sudah di stasiun Jakarta...
kapan semua itu terwujud ??
Realisasi:
Kalau tidak setiap hari memang OK
Kalau tiap hari tidak cost efficient. Kecuali ada yang bayarin (pasti perusahaan yang bayarin juga mikir disediakan apartment)

KAI sementara cukup upgrade track yang ada, sehingga bisa dilalui dengan kecepatan 180-200km/jam. Itu sudah cukup dan murah biayanya. India sudah melakukan ini.


Maaf kalau OOT
Cakwan no está en línea   Reply With Quote
Old November 23rd, 2013, 01:25 PM   #71
XtremeRampage
Registered User
 
XtremeRampage's Avatar
 
Join Date: Mar 2012
Posts: 1,149
Likes (Received): 288

Ini masuk ke dalam Bocimi juga kah?
Quote:
JUM'AT, 22 NOVEMBER 2013 23:34 WIB
Jalan Layang Tol Bogor



Sejumlah kendaraan melintas di proyek jalan layang tol Bogor Ring Road (BORR) seksi IIA ruas Kedunghalang-Kedungbadak yang dalam tahap pembangunan di Bogor, Jabar, Jumat (22/11). Jalan tol sepanjang 1,95 km yang merupakan kelanjutan dari tol BORR seksi I sepanjang 3,8 km menghubungkan Sentul-Kedunghalang tersebut akan beroperasi pada awal tahun 2014 mendatang dengan konsep jalan layang sehingga dapat mengurai kemacetan di kawasan padat ditengah kota Bogor dan merupakan salah satu jalur menuju Tangerang Selatan Propinsi Banten. Antara/Jafkhairi/vg
XtremeRampage no está en línea   Reply With Quote
Old January 10th, 2014, 03:16 PM   #72
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 6,964
Likes (Received): 1808

Ganti Rugi Pembebasan Lahan Tol Bocimi Dibayar Tunai

BOGOR - MNC Tol sebagai penyelenggara proyek jalan Tol Bogor Ciawi Sukabumi (Bocimi) menunaikan kewajiban untuk memberikan uang ganti rugi pembebasan kepada warga Bogor hari ini.

Dua desa yang terkena proyek jalan tol, yaitu Desa Ciadeg dan Cisalada, Kecamatan Cigombong Kabupaten Bogor menerima penggantian uang ganti rugi lahan setelah melewati proses verifikasi berkas-berkas.

Besaran penggantian yang diterima warga berkisar Rp255 ribu hingga Rp700 ribu per meter persegi tergantung dari zona yang ditetapkan.

Perwakilan Sekretariat Panitia Pengadaan Tanah (P2T) Kabupaten Bogor, Heri Suherman mengatakan luas tanah yang terkena pembebasan lahan 18,4 hektare. "Ada 186 bidang tanah dari desa Cisalada dan 283 bidang tanah dari Desa Ciadeg," jelasnya kepada Okezone, Selasa (7/1/2014).

Ia melanjutkan, untuk hari ini sudah ada 13 pemilik tanah yang menerima uang ganti rugi, di mana pembayarannya disalurkan dalam bentuk buku tabungan BRI atau Britama. Tujuannya, lanjut dia, agar menjaga keamanan uang ganti rugi warga yang jumlahnya tidak sedikit.

Sementara itu, salah satu warga penerima ganti rugi, Ifit Ramdani (40) merasa puas dengan uang penggantian ini. "Saya puas dan uang yang saya terima, sesuai," ungkapnya.

Lanjutnya, luas tanah yang dibebaskan sekira 1.000 meter dengan uang penggantian yang ia terima sebesar Rp560 juta. "Saya mendukung proyek tol ini, karena saya punya usaha jadi semoga bisa melancarkan usaha saya," tandasnya.

Perwakilan dari MNC Tol, Hadi mengungkapkan dengan dicairkannya uang ganti rugi ini dia berharap warga lain segera mempersiapkan syarat-syarat pengambilan uang ganti rugi. "Semoga warga yang sudah menerima uang ganti rugi bisa mengajak warga lainnya untuk berpartisipasi," harapnya.

Proyek Tol Bocimi seksi 1 ini berjarak 114,5 kilometer yang dimulai dari pintu tol keluar Ciawi hingga kawasan Lido. Pembangunan tol ini bertujuan untuk mengurangi kemacetan yang selama ini melanda jalur Ciawi menuju Sukabumi.

http://jakarta.okezone.com/read/2014...-dibayar-tunai
__________________
"Bertanyalah kepadaku dan akan kuceritakan dunia".
"The Book Philosophy"



svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old January 21st, 2014, 01:59 AM   #73
eurico
Moderator
 
Join Date: Nov 2006
Posts: 30,083
Likes (Received): 6017

pencitraan lagi??



bisnis indonesia 21 januari 2014
eurico no está en línea   Reply With Quote
Old January 21st, 2014, 05:37 AM   #74
Raisa
Registered User
 
Raisa's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Solo, CIbubur, Jakarta
Posts: 952
Likes (Received): 133

total dari jagorawi ke Dramaga cuma 11 KM tapi perlu waktu bertahun2 buat nyelesainya...
Raisa no está en línea   Reply With Quote
Old January 21st, 2014, 12:08 PM   #75
XtremeRampage
Registered User
 
XtremeRampage's Avatar
 
Join Date: Mar 2012
Posts: 1,149
Likes (Received): 288


Mirip2 sama JORR W2 lah...

Eh, kalau gak salah JORR W2 lebih pendek ruasnya dan butuh waktu lebih lama

Last edited by XtremeRampage; January 21st, 2014 at 12:16 PM.
XtremeRampage no está en línea   Reply With Quote
Old March 21st, 2014, 08:27 AM   #76
XtremeRampage
Registered User
 
XtremeRampage's Avatar
 
Join Date: Mar 2012
Posts: 1,149
Likes (Received): 288

Kamis, 20 Maret 2014 , 08:20:00
313 Bidang Tanah Proyek Tol Bocimi Belum Dibebaskan
Quote:
BOGOR - Megaproyek tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) hingga saat ini belum jelas juntrungannya.

Pemerintah Kota Bogor hingga saat ini belum berhasil membebaskan sekitar 313 dari 706 bidang tanah. Sementara, target November tahun ini pembebasan harus sudah diselesaikan.

Menurut Sekretaris Daerah Kota Bogor, Ade Syarif Hidayat, pembabasan masih sulit dilakukan selama warga belum mau menerima ganti untung yang ditawarkan pemerintah.

“Untuk urusan harga dipatok oleh appraisal, dan appraisal ditunjuk oleh negara. Karena bocimi anggarannya dari APBN, dan yang menunjuk adalah Kementerian Pekerjaan Umum ,” ujar Sekda.

Sementara, tim appraisal menghitung ganti untung tanah warga berdasarkan tingkat kemiringan, dan lokasi tanah. “Dilihat juga dari surat kelengkapan kepemilikan tanah. Misal tanah yang hanya memiliki akta jual beli dibandingkan dengan yang memiliki sertifikat juga akan berbeda harganya,” katanya.

Selain ganti untung, pemerintah juga akan merelokasi sejumlah bangunan yang terkena proyek Bocimi. Dalam kesempatan itu juga, sekda meminta kepada pemerintah kecamatan dan kelurahan bertindak tegas terhadap bangunan yang sudah dibebaskan tetapi masih ditempati. Kalau perlu dibongkar secara paksa.

“Jika dibiarkan, lima hingga enam bulan nanti diakui menjadi hak pribadi lagi, padahal sudah dibayar. (cr30/c)
XtremeRampage no está en línea   Reply With Quote
Old March 21st, 2014, 04:58 PM   #77
Gingerbread_Man
Traveller, Researcher
 
Gingerbread_Man's Avatar
 
Join Date: Nov 2013
Location: Medan, Jakarta
Posts: 4,403
Likes (Received): 810

Quote:
Originally Posted by XtremeRampage View Post
Ini masuk ke dalam Bocimi juga kah?
Bukan, itu sama sekali berbeda jauh dengan Bocimi... arahnya ke arah Barat, lebih tepat disebut Jalan Tol Lingkar Bogor... kayak bandingin Jagorawi ama tol TB Simatupang
__________________
Invisible airwaves crackled with life
bright antennae bristle with the energy


Visit my blog : http:\\www.ridethewind.wordpress.com

XtremeRampage liked this post
Gingerbread_Man no está en línea   Reply With Quote
Old March 25th, 2014, 02:56 PM   #78
Koejil
Registered User
 
Koejil's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Dammam
Posts: 149
Likes (Received): 20

gak tau ini taun kapan bakal terealisasi.
Koejil no está en línea   Reply With Quote
Old March 28th, 2014, 01:51 AM   #79
XtremeRampage
Registered User
 
XtremeRampage's Avatar
 
Join Date: Mar 2012
Posts: 1,149
Likes (Received): 288


Kalau Hanura menang dan Win-HT terpilih...

Hari Tanoe janji bangun jalan tol di Sukabumi
Kamis, 27 Maret 2014 15:29 WIB | Dilihat 3185 Kali
Quote:
Sukabumi (ANTARA News) - Ketua Badan Pemenangan Pemilu Partai Hanura yang juga CEO MNC Grup, Hari Tanoesudibyo berjanji akan mempercepat pembangunan jalan tol Bogor, Ciawi, Sukabumi atau Bocimi.

"Saat ini proyek pembangunan Jalan Tol Bocim dipegang oleh kami di MNC, melihat kondisi jalan di Sukabumi yang macet di mana-mana saya berjanji akan mempercepat pembangunan jalan tol ini," kata Hari saat orasi politiknya di Lapang Sekarwangi, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Kamis.

Menurut Hari, sebenarnya pihaknya sudah siap membangun jalan tol ini, namun masih ada kendala di pembebasan lahan. Maka dari itu pihaknya terus berupaya agar pemerintah pusat segera membebaskan lahan untuk pembangunan jalan tol ini, karena tugas pembebasan lahan adalah tugas pemerintah.

Namun, jika dirinya diamanatkan oleh rakyat untuk memimpin bangsa ini bersama Wiranto maka pihaknya akan lebih mempercepat lagi pembangunan jalan tol yang sudah diidamkan oleh warga Sukabumi ini.

"Jalan tol merupakan kebutuhan utama saat ini, apalagi kondisi arus lalu lintas macet di mana-mana, maka dari itu kami meminta dukungannya kepada warga Sukabumi agar mendukung di Pemilihan Presiden RI dan mencoblos Partai Hanura di Pileg 2014 ini," tambahnya.

Di depan ribuan pendukungnya dan massa Partai Hanura, Calon Wakil Presiden dari Partai Hanura ini mengatakn bahwa saat ini tingkat kesejahteraan masyarakat masih di bawah negara berkembang. Untuk itu jika dirinya terpilih menjadi pemimpin bangsa ini maka angka pendapatan masyarakat akan ditingkatkan sama seperti negara maju.
XtremeRampage no está en línea   Reply With Quote
Old March 28th, 2014, 05:35 AM   #80
MarkLanegan
Registered User
 
MarkLanegan's Avatar
 
Join Date: May 2013
Posts: 812
Likes (Received): 93


Kok pake janji manis sih selama kampanye
emang boleh
MarkLanegan no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 05:26 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu