search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old March 9th, 2012, 11:00 AM   #61
Mehome
Moved
 
Mehome's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: uaceland
Posts: 5,432
Likes (Received): 1874

Inilah Ruas Tol yang Direncanakan Itu
Kamis, 8 Mar 2012
Quote:
Pertemuan tiga jam bersama Menteri BUMN Dahlan Iskan dan Dirut PT Jasa Marga, Adityawarman, menghasilkan sejumlah kesepakatan. Tak bertele-tele layaknya rapat para birokrat di masa lalu yang suka berlama-lama, namun hasilnya belum tentu ada. Para wartawan pun mudah mengakses hasil pertemuan itu. Intinya, kendati secara finansial belum layak, namun secara ekonomi pembangunan ruas tol itu sangat memungkinkan.

Para pimpinan daerah di Sumatera pun mengusulkan rencana pembangunan jalan bebas hambatan di masing-masing wilayahnya. Pemprov Lampung mengusulkan pembangunan jalan tol mulai dari Bandar Lampung-Babatan-Tegineneng ring road 20-30 km, (full standard). Pembebasan lahan sebagian diambil APBD 2012 dan sebagian lainnya APBD 2013.

Bakauheni - Babatan 30 km dari total 66 kilomter (full standard 30 km, 36 km high grade highway).Pembebasan lahan diambil sebagian dari APBD 2012; sebagian APBD 2013. Tegineneng - Terbanggi Besar sepanjang 40 km (Full Standard 20 km dan high grade highway 20 km). Kemudian Terbanggi Besar - Pematang Panggang 40 km dari 150 km (40 km full standard, 110 km high grade highway). High grade highway ini bayar tapi murah. Pembebasan lahan sebagian APBD 2012 dan sebagian APBD 2013.

Di Provinsi Sumatera Selatan diusulkan pembangunan tol dari Betung - Batas Jambi sepanjang 198 km (60 km full standard : 138 km high grade highway) ; pembebasan tanah sebagian APBD 2012 dan 2013. Kayu Agung - Pematang Panggang 186 km ( 40 km full standard : 146 high grade highway). Pembebasan tanah sebagian APBD 2012 dan 2013. Lalu Prabumulih - Palembang sepanjang 93 km full standard. Pembebasan tanah sebagian APBD 2012 dan 2013. Kemudian Palembang - TAA sepanjang 70 km high grade highway dan 2 km full standard). Pembebasan tanah sebagian APBD 2012 dan 2013.

Kemudian Provinsi Bengkulu mengusulkan pembangunan tol dari kota Bengkulu - Kepahyang sepanjang 60 km (full standard 40 km, high grade highway 20 km). Pembebasan lahan diselesaikan 3 tahun anggaran mulai APBD 2013. Kepahyang - Curup sepanjang 35 km full standard. Pembebasan lahan diselesaikan 3 tahun anggaran mulai APBD 2013. Curup-Linggau sepanjang 42 km full standard. Pembebasan lahan diselesaikan 3 tahun anggaran mulai APBD 2013.

Untuk Provinsi Jambi Meliputi batas Sumatera Selatan - Jambi sepanjang 35 km full standard. Pembebasan tanah dimulai tahun 2012 dan 2013. Tempino - Mendalo sepanjang 30 km full standard. Pembebasan tanah dari APBD 2012. Jambi - Ujung Jabung sepanjang 120 km high grade highway. Pembebasan tanah dari APBD 2012 dan 2013.

Lalu Provinsi mengusulkan pembangunan ruas tol Pekanbaru - Dumai sepanjang 126 km full standard. Pembebasan tanah sudah selesai tahun 2013 (dana dari APBN dan APBD). Pekanbaru - Pelalawan - Rengat : Pekanbaru - Pelalawan sepanjang 82 km (70 km full standard), pembebasan tanah pada 2012, 2013, dan 2014 Pelalawan - Rengat sepanjang 120 km dari total 202 km sampai Jambi (70 km full standard dan 132 km high grade highway). Pembebasan tanah dari APBD 2013 dan 2014. Rengat - Kuala Enok 70 km full standard. Pembebasan tanah dari APBD 2013 dan 2014. Pekanbaru - Siak -Buton 70 km (sebagian dibangun sendiri) full standard. Pembebasan tanah dari APBD 2013 dan 2014. Pakanbaru - batas Sumbar 150 km (60 km full standard; 90 km high grade highway). Pembebasan tanah dari APBD 2013 dan 2014

Provinsi Sumatera Barat mengusulkan pembangunan tol mulai dari kota Padang - Sicincin 27 km (sudah pembebasan lahan) full standard. Pembebasan lahan sudah selesai dan proyek siap dikerjasamakan dengan PT Jasa Marga. Sicincin - Padang Panjang 23 km full standard dan pembebasan tanah 2013. Padang Panjang - Bukit Tinggi 33 km : full standard dan pembebasan tanah 2013. Bukit Tinggi - Payakumbuh 20 km high grade highway. Pembebasan tanah tahun 2014. Payakumbuh - Perbatasan Riau 93 km (fly over 90 m panjang 5 km) high grade highway. Pembebasan tanah 2014.

Untuk Provinsi Sumatera Utara mengusulkan pembangunan ruas tol di Kualanamu - Tebing Tinggi 35 km full standard. Medan - Kualanamu sudah tender sepanjang 25 km full standard : 12.068 LHR. Pembebasan tanah 2012 dari APBD dan APBN. Progress 54% siap dikerjasamakan dengan PT Jasa Marga. Medan - Binjai 15,8 km full standard dan LHR 10.516). Pembebasan tanah 2013. Tebing Tinggi - Sei Mangke 50 km high grade highway. Pembebasan tanah 2014. Sei Mangke - Kuala Tanjung 25 km high grade highway. Pembebasan tanah tahun 2014.

Tak ketinggalan Provinsi Nanggro Aceh Darussalam (NAD) yang mengusulkan Banda Aceh - Batas Sumut 391 km high grade highway. Pembebasan tanah akan dibicarakan secara khusus terkait dengan dana otonomi khusus. Adapun, Provinsi Bangka Belitung dan Riau Kepulauan akan dibicarakan lagi secara khusus.
http://nasional.jurnas.com/halaman/5/2012-03-08/201442
__________________
ini bentuk kejujuran aku...
Mehome no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old March 9th, 2012, 05:10 PM   #62
Andre_theRising
I'll ride the wind..
 
Andre_theRising's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Singapore, Bhubaneswar-India, Medan,Bandung-Indonesia
Posts: 4,900
Likes (Received): 11

Emang ruas Padang - Sawah Lunto - Bangkinang - Riau itu udah butuh banget jalan tol..
Sayang lokasinya emang menembus Bukit Barisan, jadi butuh dana yang lebih spesial ketimbang bangun jalan tol Medan - Pekanbaru misalnya..
__________________
Stay young, your time is gonna come
Andre_theRising no está en línea   Reply With Quote
Old March 9th, 2012, 07:36 PM   #63
urix99
Minangkabau Contributor
 
urix99's Avatar
 
Join Date: Apr 2011
Location: West Sumatera - East Kalimantan,Indonesia /\ Pics Contributor
Posts: 4,357

kalau kereta lintas sumatra bagaimana kabar rencananya,
__________________
mantap lah kalau bandaranya sudah terintegrasi kereta.
urix99 no está en línea   Reply With Quote
Old March 9th, 2012, 07:41 PM   #64
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 32,217
Likes (Received): 11679

Quote:
Originally Posted by urix99 View Post
kalau kereta lintas sumatra bagaimana kabar rencananya,
jangan di harap lah..
proyek railway adalah proyek paling kajol di Indonesia.
bersyukurlah provinsi yg dapat warisan rel kereta dr Belanda
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan no está en línea   Reply With Quote
Old March 10th, 2012, 04:34 AM   #65
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 32,272
Likes (Received): 1123

Quote:
Originally Posted by Andre_theRising View Post
Emang ruas Padang - Sawah Lunto - Bangkinang - Riau itu udah butuh banget jalan tol..
Sayang lokasinya emang menembus Bukit Barisan, jadi butuh dana yang lebih spesial ketimbang bangun jalan tol Medan - Pekanbaru misalnya..
Kalau cuman Padang-Bukittinggi sih butuh.

Tapi , kalau perbatasan Riau -Sumbar... God Forbid, NO ... Trafiknya masih rendah. Paling hanya ramai di musim liburan.

Di Riau satu-satunya yang bener-bener ramai SENIN-JUMAT cuman ruas Pekanbaru-Dumai.
__________________
Been in SSC for 10 years now. I'm old.
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old March 10th, 2012, 05:47 AM   #66
Kris18
Registered User
 
Kris18's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Posts: 4,070
Likes (Received): 83

Quote:
Originally Posted by Andre_theRising View Post
Emang ruas Padang - Sawah Lunto - Bangkinang - Riau itu udah butuh banget jalan tol..
Sayang lokasinya emang menembus Bukit Barisan, jadi butuh dana yang lebih spesial ketimbang bangun jalan tol Medan - Pekanbaru misalnya..


kalau untuk dari Riau (dari arah Bangkinang) - perbatasan Sumbar, saya rasa urgensinya ga terlalu. dan bahkan untuk jalan lintas Pekanbaru - perbatasan Sumbar saat ini saja sudah sangat baik dan mulus .

Quote:
Originally Posted by jendry View Post
masih susah di katakan jalan ke lipatkain itu mulus
tapi udah jauh lebih baiklah kondisi nya sekarang.

kalau dari simpang dumai sampai ke perbatasan sumut itu memang bagus banget jalannya..



jalan negara dari rantau berangin sampai ke perbatasan sumbar, memang sangat bagus sekarang jalan..

ini beberapa titik jalannya, selebihnya silahkan lihat di di flickr.

image hosted on flickr

http://www.flickr.com/photos/6781661...n/photostream/


image hosted on flickr

http://www.flickr.com/photos/6781661...n/photostream/


image hosted on flickr

http://www.flickr.com/photos/6781661...n/photostream/

dan ini di titik jalan lintas Pekanbaru menuju Bangkinang yang tengah proses pelebaran badan jalan

Quote:
Originally Posted by drie View Post
Jelang PON XVIII, Pelebaran Jalan Pekanbaru-Bangkinang Dipercepat

image hosted on flickr
Kris18 no está en línea   Reply With Quote
Old March 10th, 2012, 12:53 PM   #67
drie
Registered User
 
Join Date: Feb 2010
Posts: 15,327

Jalan tol Sumatera bukan prioritas


Quote:
Menurut Kepala BPJT, Ahmad Ghani Gazali, hingga kini pihaknya belum melakukan evaluasi rencana tersebut, karena masih mendorong pembangunan 24 ruas tol Trans Jawa. "BPJT belum mengevaluasi trans Sumatera, karena masih mendorong yang ada dulu. Yang 24 ruas di Jawa dan sudah ada PPJT (Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol) serta koordinasi dengan Bina Marga untuk bebaskan tanah," katanya, tadi malam.

Kendati demikian, Ghani mengungkapkan, untuk ruas tol Medan-Binjai dan Pekanbaru-Dumai yang merupakan proyek awal dari trans Sumatera tersebut sedang dalam proses pembebasan lahan. Namun, ia mengaku bahwa pihaknya belum dapat memberikan kepastian kapan lahan untuk pembangunan jalan tol Sumatera sepanjang 1.000 kilometer tersebut dapat selesai. "Wah, tergantung kapan pembebasan tanahnya selesai, setelah selesai baru kami lelangkan," kata Ghani.

Read More : http://www.waspada.co.id/index.php?o...umut&Itemid=28
drie no está en línea   Reply With Quote
Old March 10th, 2012, 02:05 PM   #68
lizia.
Registered User
 
lizia.'s Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Posts: 1,017
Likes (Received): 167



kok kepala bpjtnya gitu, terkesan gak serius ama tol sumatra.

toh yang membiayai juga jasa marga.

lizia. no está en línea   Reply With Quote
Old March 10th, 2012, 03:57 PM   #69
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 8,237
Likes (Received): 1864


mau nunggu pemerintah ngebuat jalan nasional dengan kualitas dan kapasitas yang sama dengan jalan tol? tunggu sampai lebaran monyet aja, pak Andrinof Chaniago
__________________
“Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.”
- Ayu Utami
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote
Old March 10th, 2012, 07:47 PM   #70
Andre_theRising
I'll ride the wind..
 
Andre_theRising's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Singapore, Bhubaneswar-India, Medan,Bandung-Indonesia
Posts: 4,900
Likes (Received): 11

Nggak usah sakit hati, makanya aq udah posting di awal thread kalo proyek jalan tol trans Sumatra ini masih sekedar mimpi. Jalan Tol Trans Jawa masih prioritas nomor 1, berikutnya jembatan Selat sunda.
Cuma nggak ada salahnya kita bahas sekarang kan?
__________________
Stay young, your time is gonna come
Andre_theRising no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 04:44 AM   #71
bimbim
Registered User
 
bimbim's Avatar
 
Join Date: Jul 2009
Posts: 582
Likes (Received): 155

Quote:
Originally Posted by Andre_theRising View Post
Nggak usah sakit hati, makanya aq udah posting di awal thread kalo proyek jalan tol trans Sumatra ini masih sekedar mimpi. Jalan Tol Trans Jawa masih prioritas nomor 1, berikutnya jembatan Selat sunda.
Cuma nggak ada salahnya kita bahas sekarang kan?
Terus terang gw agak kecewa juga kalau masalah infras di luar pulau jawa masih sering "hanya" dijadikan wacana....kapan bangsa ini bisa maju kalau pola pemikirannya seperti ini yah?...
bimbim no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 05:45 AM   #72
Crazy Dude
Urban Explorer
 
Crazy Dude's Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Location: Sydney
Posts: 2,556
Likes (Received): 3309

Jangan salahkan orang2 daerah kalo nanti Jakarta dan kota2 besar di Jawa semakin semraut akibat urbanisasi.. lah wong yg dibangun Jawa mulu..
__________________
They say that just before you die, your whole life flashes in front of you. Make sure it is worth watching.

Rodrigo Santoro liked this post
Crazy Dude no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 06:18 AM   #73
lizia.
Registered User
 
lizia.'s Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Posts: 1,017
Likes (Received): 167

maaf boleh nanya, bpjt untuk trans sumatra ini tugasnya apa aja ya?

bukannya lebih berat tugas jasamarga ya, kan yang bikin nanti mereka?

orang awam nih, enggak ngerti
lizia. no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 06:36 AM   #74
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 32,217
Likes (Received): 11679

palingan yg di bangun dulu Medan - Kuala Namu - Tebing Tinggi

yang lain tah kapan
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 07:22 AM   #75
lizia.
Registered User
 
lizia.'s Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Posts: 1,017
Likes (Received): 167

Fri, 09/03/2012
Trans-Sumatra telan Rp 135 Triliun

Quote:
Kementerian Pekerjaan Umum memperkirakan pembangunan jalan tol trans-Sumatra sepanjang 2.700 km menghabiskan biaya sekitar Rp 50 miliar per km atau total Rp 135 miliar.

"Enggak cukup kalau Rp 25 miliar, jalan tol minimum Rp 50 miliar per km, hitungan tersebut sudah termasuk pembangunan fisik jalan, jembatan, dan flyover," ujarnya

"Saya dengan Menteri BUMN mengkaji agar pemda mau membebaskan tanah, kemudian pemerintah pusat bersama BUMN yang mengerjakan itu, sekarang dibahas terus mengenai itu," ucapnya.

Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan proses pembebasan lahan tersebut nantinya diupayakan menjadi tanggung jawab penuh masing-masing gubernur setempat, sesuai dengan UU Pengadaan Tanah bagi Pembangunan untuk Kepentingan Umum yang baru disahkan akhir tahun ini.
sumber: http://www.tender-indonesia.com/tend...653&cat=CT0006
lizia. no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 08:22 AM   #76
Mehome
Moved
 
Mehome's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: uaceland
Posts: 5,432
Likes (Received): 1874

Syarat yg harus dipenuhi untuk membangun jalan tol ini..
1. Volume lalu lintas hariannya sudah mencukupi. Min. 25ribu/hari
2. Didukung pak menteri
3. Didukung gubernur setempat
4. Pembebasan lahan lancar

Asal pak Dahlan Iskan mendukung, plus kebijakan dari gubernur provinsi yang juga mendukung, maka ini tidak akan menjadi mimpi. Manalah mungkin menteri + gubernur bisa kalah dgn pejabat eselon 1

Apa mau ditunggu tahun 2020, ketika lalu lintas di Sumatra sudah amburadul seperti di Jawa?
__________________
ini bentuk kejujuran aku...
Mehome no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 08:39 AM   #77
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 8,237
Likes (Received): 1864

Quote:
Originally Posted by Mehome View Post
Asal pak Dahlan Iskan mendukung, plus kebijakan dari gubernur provinsi yang juga mendukung, maka ini tidak akan menjadi mimpi. Manalah mungkin menteri + gubernur bisa kalah dgn pejabat eselon 1

setuju

Quote:
Originally Posted by rahul medan View Post

thx infonya. Sedikit gk agak bingung ama ruas tol Medan - Binjai yg hanya 2x2 lajur, tetapi di data tsb perkiraan ruas ini yg paling padat kendaraan. Malah masih lebih padat dr ruas tol Medan Tebing Tinggi dan palembang indralaya.
Padahal arteri Medan - Binjai selama ini sangat macet terutama di jam pergi dan pulang kerja



Medan - Binjai
PERKIRAAN VOLUME LALULINTAS
Volume Lalu lintas : 18,735 Kendaraan/hari

coba bandingkan ama rute ini yg 2x3 lajur

Pekanbaru - kandis - Dumai
PERKIRAAN VOLUME LALULINTAS
Volume Lalu lintas : 6,653 Kendaraan/hari


yg 2x2 lajur malah 3 kali lebih padat drpd yg 2x3 lajur
no offense
ini data tahun 2002 kok. sekarang ruas Pekanbaru-Dumai sudah 26ribu kenderaan perhari (dua arah)
bayangin aja dalam 10 tahun pertumbuhan kenderaan di ruas pekanbaru-dumai bisa sampai lebih dari 400%, apalagi nanti ditunda-tunda terus?

medan binjai mungkin sudah sampai 30-40ribuan kenderaan perhari atau lebih

Jalan tol Sumatra perlu konsorsium
Source : Bisnis Indonesia, Hal 8 Tue, 21 Feb 2012

PALEMBANG: Pemerintah daerah di Sumatra disarankan membentuk perusahaan konsorsium dengan PT Jasa Marga guna mempercepat realisasi pembangunan jalan tol (trans-Sumatra Highway) sepanjang 1014 km dari Bakauheni, Lampung hingga Aceh.

Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan lskan, ketika memimpin rapat lintas gubernur di 10 provinsi di wilayah Sumatra, kemarin, mengatakan tetap mendukung percepatan pembangunan jalan tol Sumatra.

Alasannya, jalan tol Sumatra akan mempercepat pengembangan wilayah masing-masing provinsi yang akan dilewati, sehingga dapat diambil manfaat oleh wilayah dan bukan perusahaan jalan tol.

Dalam pertemuan bertajuk Percepatan Pembangunan Jalan se-Sumatera itu dihasilkan beberapa kesepakatan, salah satunya daerah yang akan membangun jalan tol harus membentuk konsorsium antara PT Jasa Marga dan masing-masing provinsi/ kota/kabupaten yang bersangkutan.

Ke-10 provinsi yang ada di Sumatra yakni Lampung, Sumsel, Bengkulu, Jambi, Riau, Sumbar, Sumut, Aceh, Kepulauan Bangka Belitung, dan Kepulauan Riau.

Dahlan mengungkapkan konsorsium ini terbuka untuk BUMN/BUMD dan swasta dengan peran masing-masing provinsi.

"Yang penting Ini start awal meskipun FS [feasibility studyj secara detail belum ada. Kita lihat di Sumsel yang diusulkan empat ruas panjangnya luar biasa. Mana yang mendekati kelayakan itu yang kami biayai. Yang penting kita harus start. Kalau menunggu terus nanti terlambat lagi," katanya

Menurut dia, tahap selanjutnya setelah MoU, Jasa Marga menunggu desain secara mendetail dari ketiga provinsi tersebut. Untuk Sumatra Selatan, katanya, ada ruas Palembang-Prabumulih, Padang-Sicincin di Sumbar, Pekanbaru-Dumai di Riau.

Sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Ghani Gazaly mengatakan pada tahun inl ada tiga ruas jalan tol trans-Sumatra yang diprioritaskan dan dievaluasi kelayakannya.

Ketiga ruas itu yakni Pekanbaru-Dumai sepanjang 135 km dengan nilai Investasi Rp9 triliun, Medan-Binjai sepanjang 15,8 km (Rp1,3 triliun), dan Bakauheni-Bandar Lampung sepanjang 100 km dengan Investasi Rp8,3 triliun. Sementara untuk jalan tol Palembang-Indralaya dan tegineneng-Babatan belum dlprioritaskan.

...readmore
__________________
“Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.”
- Ayu Utami

Last edited by CrazyForID; March 11th, 2012 at 08:51 AM.
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 11:54 AM   #78
Budi_anduk
Satria Berkuda
 
Budi_anduk's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Pangkalan Kerinci
Posts: 1,214
Likes (Received): 14

Quote:
Originally Posted by Kris18 View Post
kalau untuk dari Riau (dari arah Bangkinang) - perbatasan Sumbar, saya rasa urgensinya ga terlalu. dan bahkan untuk jalan lintas Pekanbaru - perbatasan Sumbar saat ini saja sudah sangat baik dan mulus . dan ini di titik jalan lintas Pekanbaru menuju Bangkinang yang tengah proses pelebaran badan jalan
jalannya super sekali, dah macam jalan tol aja nih
Budi_anduk no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 12:28 PM   #79
Andre_theRising
I'll ride the wind..
 
Andre_theRising's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Singapore, Bhubaneswar-India, Medan,Bandung-Indonesia
Posts: 4,900
Likes (Received): 11

Quote:
Originally Posted by Mehome View Post
Syarat yg harus dipenuhi untuk membangun jalan tol ini..
1. Volume lalu lintas hariannya sudah mencukupi. Min. 25ribu/hari
2. Didukung pak menteri
3. Didukung gubernur setempat
4. Pembebasan lahan lancar

Asal pak Dahlan Iskan mendukung, plus kebijakan dari gubernur provinsi yang juga mendukung, maka ini tidak akan menjadi mimpi. Manalah mungkin menteri + gubernur bisa kalah dgn pejabat eselon 1

Apa mau ditunggu tahun 2020, ketika lalu lintas di Sumatra sudah amburadul seperti di Jawa?
Kalau maunya dibangun swasta ya syarat yang no.1 itu wajib dan mutlak..
Tapi kalau negara mau membangun, dengan syarat tidak ada visi untuk balik modal tetapi lebih ke visi kesejahteraan dan mempercepat pembangunan, maka yg no.1 tsb bisa dikesampingkan

Masalahnya anak sekolah pun tahu hanya dengan baca2 koran atau berita, negara tidak punya dana sebanyak itu untuk membangun Tol Trans Sumatra.
MAkanya aq bilang as it stands proyek ini masih sekedar angan2
__________________
Stay young, your time is gonna come
Andre_theRising no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 12:44 PM   #80
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 8,237
Likes (Received): 1864

jasa marga bukan swasta, tapi BUMN
tapi ya mau BUMN atau swasta, ya harus mikirin cara balik modal lah. atau ujung-ujungnya bangkrut

namanya juga jalan tol
toll (To charge a fee for using)
__________________
“Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.”
- Ayu Utami
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 09:48 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu