search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old March 11th, 2012, 12:45 PM   #81
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 31,836
Likes (Received): 11149

Quote:
Originally Posted by CrazyForID View Post

ini data tahun 2002 kok. sekarang ruas Pekanbaru-Dumai sudah 26ribu kenderaan perhari (dua arah)
bayangin aja dalam 10 tahun pertumbuhan kenderaan di ruas pekanbaru-dumai bisa sampai lebih dari 400%, apalagi nanti ditunda-tunda terus?

medan binjai mungkin sudah sampai 30-40ribuan kenderaan perhari atau lebih
Aku malah ngebayangin dalam kurun waktu 10 tahun jalan tol tsb belum teralisasi
jadi makin pesimis
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote

Sponsored Links
Old March 11th, 2012, 12:52 PM   #82
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 8,027
Likes (Received): 1693

yang maksud saya 10 tahun itu tahun 2002 kenderaan di ruas pekanbaru-dumai 6600an/hari, di tahun 2012 sudah jadi 26ribuan. pertumbuhannya sekitar 4 kali lipat (400%) kalau pertumbuhan kenderaan stagan, tahun 2022 ya bisa jadi 70 ribu atau 80ribu kenderaan perhari. dan sebelum itu, menurut saya tolnya bakalan beres kok
__________________
“Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.”
- Ayu Utami
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 01:15 PM   #83
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 31,836
Likes (Received): 11149

yup aku tau, Ttp maxudku dr tahun 2002 dah dibuat master plan tol tsb. dr dulu2 bgt aku juga sering dengar bakal di bangun tol medan - binjai berarti pas banget dgn info yg bro posting.
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 01:29 PM   #84
Andre_theRising
I'll ride the wind..
 
Andre_theRising's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Singapore, Bhubaneswar-India, Medan,Bandung-Indonesia
Posts: 4,900
Likes (Received): 11

Quote:
Originally Posted by CrazyForID View Post
jasa marga bukan swasta, tapi BUMN
tapi ya mau BUMN atau swasta, ya harus mikirin cara balik modal lah. atau ujung-ujungnya bangkrut

namanya juga jalan tol
toll (To charge a fee for using)
Yaa gak mungkinlah Jasa Marga bisa bangun jalan tol sepanjang itu

Lha untuk Tol Medan - Bandara Kuala Namu - Tebing Tinggi aja sudah sejak 8 tahun terakhir dipromosikan ke swasta / investor..
Lalu knapa nggak Jasa Marga aja yang bangun?

Kalo Jasa Marga nggak sanggup untuk tol itu saja, termasuk juga Cileunyi - Sumedang - Dawuan, Pekanbaru - Dumai, dsb, bagaiamana mungkin untuk ruas tol Trans Sumatra yang super panjang?
__________________
Stay young, your time is gonna come
Andre_theRising no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 01:50 PM   #85
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 32,155
Likes (Received): 1060

Quote:
Originally Posted by Andre_theRising View Post
Kalau maunya dibangun swasta ya syarat yang no.1 itu wajib dan mutlak..
Tapi kalau negara mau membangun, dengan syarat tidak ada visi untuk balik modal tetapi lebih ke visi kesejahteraan dan mempercepat pembangunan, maka yg no.1 tsb bisa dikesampingkan

Masalahnya anak sekolah pun tahu hanya dengan baca2 koran atau berita, negara tidak punya dana sebanyak itu untuk membangun Tol Trans Sumatra.
MAkanya aq bilang as it stands proyek ini masih sekedar angan2
Bicara 'angan-angan' .... Mungkin klau kita bermimpi ruas Sumatra ini terinterkoneksi keseluruhannya. Kurasa hnya mungkin tercapai/terfikirkan kalau GDP Per Capita minimal US$ 10000, sekarang baru US$ 3500-3600. Makany paling cepat kita berpikir ke sistem interkonesi tol kemungkinan baru tahun 2025.

Tapiiii kalau cuman mmbangun ruas yang sibuk penghubung antara ibukota provinsi dengn pelabuhan Samudra atau kota sekitarnya (di dlam provinsi masing2) harusnya SEKARANG juga sudah bisa..... Asal Jlan Tol jangan dilihat sebagai bisnis yang mendatangkan keuntungan. Tp, investasi jangka panjang.

Gak usah mikir Jawa deh. Jalan Tol di Indonesia yang balik modalnya cepat dan ada garansi sebenarnya cuman ada di Jabodetabek saja.
__________________
Been in SSC for 10 years now. I'm old.
rilham2new está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 01:56 PM   #86
Mehome
Moved
 
Mehome's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: uaceland
Posts: 5,368
Likes (Received): 1837

Udah udah, ga usah ribut dulu. Kita nantikan aja tahun ini kelanjutan ceritanya.
Meskipun saya lebih senang dgn proyek KA trans Sumatra. Sebab lebih menguntungkan
Rakyat di Sumatra
__________________
ini bentuk kejujuran aku...
Mehome no está en línea   Reply With Quote
Old March 11th, 2012, 04:26 PM   #87
Tawon
Registered User
 
Join Date: Jul 2011
Location: Balige, Siantar, Washington
Posts: 886
Likes (Received): 158

Menurut pembahasan yang saya lihat dalam Forum Ekonomi Dunia di Jakarta baru-baru ini (bisa dichek di YouTube), saat ini di Kalimantan sedang dilaksanakan pembangunan rel kereta api oleh perusahaan India, jadi saya assume ini dibiayai dengan kredit dari India.

Beberapa pembicara juga membahas hambatan pembangunan infra-struktur di Indonesia, antara lain, tidak adanya lembaga pengelola dana pensiun di Indonesia. Di negara maju, lembaga seperti inilah yang biasanya sumber dana untuk membiayai pembangunan infra-struktur karena biasanya mampu memberi kredit jangka panjang misalnya sampai 30 tahun. Sedangkan perbankan biasanya hanya berminat memberi pinjaman jangka pendek, paling lama 5 atau 10 tahun dan bunganyapun cenderung lebih tinggi. Di Singapura dan Malaysia, sudah ada lembaga seperti itu, diman gaji setiap pekerja wajib dipotong sedikit untuk dana pensiunnya dan ini dikelola oleh lembaga khusus.

Satu lagi kendala pembangunan infrastruktur di Indonesia adalah beban subsidi BBM yang katanya mencapai 190 triliun rupiah setahun padahal untuk anggaran infrastrutur hanya kira-kira 130 triliun rupiah.
Tawon no está en línea   Reply With Quote
Old March 13th, 2012, 11:43 AM   #88
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 31,836
Likes (Received): 11149

Quote:
PROYEK TOL: Dua ruas dapat penjaminan

Oleh Mia Chitra Dinisari

Selasa, 13 Maret 2012 | 16:30 WIB


JAKARTA: PT Penjaminan infrastruktur menyiapkan rencana penjaminan untuk dua proyek jalan tol dengan target kesepakatan diteken pada semester II/2012. Kedua ruas itu adalah akses tol Tanjung Priok dan Medan-Kualanamu.


Dirut PT PII Sintya Roesli mengatakan BPJT sendiri, katanya, mengusulkan delapan proyek tol untuk dijaminkan, namun PII hanya memilih dua tol itu. Alasannya, karena mempertimbangkan kesiapan proyek dan juga kemampuan finansialnya.

Misalnya untuk akses tol Tanjung Priok beberapa seksi diantaranya sudah dioperasionalkan, dan satu seksi sedang dalam masa konstruksi. Sedangkan untuk Medan-Kualanamu ruas yang menjadi kewenangan pemerintah juga sudah mulai dibangun.

“Baru dua proyek tol ini yang sedang kami jajaki kemungkinan jaminannya. Yang lainnya belum. Prosesnya masih menunggu laporan dari BPJT dan kesiapan dari pemilik proyek sendiri,” ujar Sintya usai workshop dan diskusi bertema Pola Kerja Sama Pemerintah Swasta dan pembangunan infrastruktur Indonesia di Wisma Bisnis Indonesia, Selasa 13 Maret 2012.

Dia mengatakan pemberian jaminan akan dilakukan untuk keseluruhan panjang tol, dengan besaran penjaminan disesuaikan dengan nilai proyek.

Berdasarkan rencana kerja PII, mereka akan memberikan jaminan sebesar 100% untuk proyek bernilai maksimal Rp500 miliar, dan sebesar 25% yang investasinya diatas Rp500 miliar. (ra)
..
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 13th, 2012, 12:44 PM   #89
Andre_theRising
I'll ride the wind..
 
Andre_theRising's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Singapore, Bhubaneswar-India, Medan,Bandung-Indonesia
Posts: 4,900
Likes (Received): 11

Pilihan rel kereta api Trans Sumatra sebenarnya sangat realistis.
SUdah ada existing trench di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, dan Lampung. Hanya tinggal menyambungkan rel plus bangun rel di ke 4 propinsi yang lain
__________________
Stay young, your time is gonna come
Andre_theRising no está en línea   Reply With Quote
Old March 13th, 2012, 01:28 PM   #90
lizia.
Registered User
 
lizia.'s Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Posts: 1,015
Likes (Received): 167

kereta sumsel dan kalimantan yang akan dibangun buat angkut batubara

mungkin krn penumpang kurang banyak kali ya

yang buat juga india dan rusia.

klo gak salah pernah baca ttg trans sumatra railway deh, ada pak gita juga setuju.
tapi belum ada investornya.
doakan aja semoga pak gita dapet investornya.
lizia. no está en línea   Reply With Quote
Old March 13th, 2012, 02:23 PM   #91
Tawon
Registered User
 
Join Date: Jul 2011
Location: Balige, Siantar, Washington
Posts: 886
Likes (Received): 158

Sebenarnya Belanda juga dulu membangun rel keretapi di Sumut dan Jawa adalah untuk mengangkut hasil perkebunan ke pelabuhan, lalu gerbong penumpang ditambahkan satu-dua. Itulah sebabnya rel kretapi di Indonesia hanya ada di kawasan perkebunan.

Yang di Kalimantantimur (140 kilometer) memang untuk angkutan batu-bara, tetapi penduduk setempat sudah dijanjikan bahwa keretapi itu juga untuk angkutan penumpang dan barang dagangan penduduk. Ini perlu dijanjikan supaya rakyat turut bekerjasama untuk memperlancar pembebasan tanah.
Tawon no está en línea   Reply With Quote
Old March 13th, 2012, 02:41 PM   #92
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 32,155
Likes (Received): 1060

Quote:
Originally Posted by lizia. View Post
kereta sumsel dan kalimantan yang akan dibangun buat angkut batubara

mungkin krn penumpang kurang banyak kali ya

yang buat juga india dan rusia.

klo gak salah pernah baca ttg trans sumatra railway deh, ada pak gita juga setuju.
tapi belum ada investornya.
doakan aja semoga pak gita dapet investornya.
Kereta api penumpang gak akan sukses kalau jaringan jlan masih belum padat lalu lintas. Perjalanan dengan bus umumnya lebuh cepat dari kereta api. Di Malaysia, lebih cepat bus dari.kereta api. Di Jawa pun begitu juga untuk yang jarak menengah (kecuali Jabodetabek dan trayek komuter kayak Prameks Solo-Jogja)... Ehh tp lebih cepat bawa motor/mobil sendiri juga kalau lintasan Solo-Jogja....
__________________
Been in SSC for 10 years now. I'm old.
rilham2new está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 13th, 2012, 02:42 PM   #93
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 32,155
Likes (Received): 1060

Quote:
Originally Posted by Tawon View Post
Sebenarnya Belanda juga dulu membangun rel keretapi di Sumut dan Jawa adalah untuk mengangkut hasil perkebunan ke pelabuhan, lalu gerbong penumpang ditambahkan satu-dua. Itulah sebabnya rel kretapi di Indonesia hanya ada di kawasan perkebunan.

Yang di Kalimantantimur (140 kilometer) memang untuk angkutan batu-bara, tetapi penduduk setempat sudah dijanjikan bahwa keretapi itu juga untuk angkutan penumpang dan barang dagangan penduduk. Ini perlu dijanjikan supaya rakyat turut bekerjasama untuk memperlancar pembebasan tanah.
Yang perlu ada di Sumatra itu adalah rel kargo. Jadi jalan raya bisa dioptimalkan untuk angkutn penumpang.....
__________________
Been in SSC for 10 years now. I'm old.
rilham2new está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 16th, 2012, 06:52 AM   #94
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 31,836
Likes (Received): 11149

Quote:
Jalan Tol Akses Bandara Kualanamu Dikerjakan Mulai April

Tribun Medan - Kamis, 15 Maret 2012 16:46 WIB


TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional I Sumut Wijaya Seta mengatakan April ini pihaknya segera memulai pengerjaan proyek pembangunan jalan tol akses menuju Bandara Kualanamu.

Disebutkannya, berbeda dengan pembangunan jalan arteri (non tol) akses ke Kualanamu yang pendanaannya bertahap setiap tahun, biaya pembangunan jalan tol dengan panjang 17,5 KM pendanaannya tunai, senilai Rp Rp 1,37 Triliun bersumber dari bantuan pinjaman negara China (Loan).

"Pelaksanaannya kita rencanakan bulan April ini," ujar Wijaya kepada www.tribun-medan.com via selulernya, kemarin.

Sementara, berkaitan dengan pembangunan jalan non tol ke bandara Kualanamu, kata Wijaya, juga akan dikebut pihaknya tahun ini.
..
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 21st, 2012, 11:56 AM   #95
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 31,836
Likes (Received): 11149



Studi kelayakan tol Sumatra rampung 1-2 bulan lagi
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote
Old March 22nd, 2012, 06:22 PM   #96
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 8,027
Likes (Received): 1693

Quote:
Originally Posted by Andre_theRising View Post
Yaa gak mungkinlah Jasa Marga bisa bangun jalan tol sepanjang itu

Lha untuk Tol Medan - Bandara Kuala Namu - Tebing Tinggi aja sudah sejak 8 tahun terakhir dipromosikan ke swasta / investor..
Lalu knapa nggak Jasa Marga aja yang bangun?

Kalo Jasa Marga nggak sanggup untuk tol itu saja, termasuk juga Cileunyi - Sumedang - Dawuan, Pekanbaru - Dumai, dsb, bagaiamana mungkin untuk ruas tol Trans Sumatra yang super panjang?
sebenarnya sih gak ada yang gak mungkin kalau memang sudah mendesak. jalur pantura aja 2x2 lajur dan itu bukan tol
*walaupun maintanancenya bisa dibilang agak minim
__________________
“Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.”
- Ayu Utami
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote
Old March 29th, 2012, 01:16 PM   #97
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,353
Likes (Received): 47

JALAN TOL: Trans Sumatra High Grade butuh waktu

Oleh Dewi Andriani Selasa, 27 Maret 2012 | 18:15 WIB

Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan saat ini pihaknya baru memulai proses ROW Plan atau detail jalur untuk proses pembebasan lahan. “Sekarang ini baru ROW Plan baru dapat mulai pembebasan tanah. Untuk pembangunan tidak bisa semudah itu masih banyak hal yang harus dilalui. Jadi, masih belum bisa dalam waktu dekat,” ucapnya dihubungi Bisnis, Selasa, 27 Maret 2012.

Menurutnya, ruas yang saat ini sudah melalui proses pembebasan lahan dan menjadi priorita ialah jalan tol Pekan Baru-Dumai sepanjang 135 km; dan Medan-Binjai sepanjang 15,8 km, meski pun pembebasan lahan masih sangat minim. Sementara yang lainnya masih menunggu proses ROW Plan. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan proses pembebasan lahan melalui UU Pengadaan Tanah yang pembebasannya dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah.

Terkait usulan dari Menteri BUMN untuk menugaskan Jasa Marga membangun jalan tol Trans Sumatera, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Ahmad Ghani Ghazali mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada pernyataan resmi yang disampaikan kepada BPJT. “Belum bahas itu, belum ada usulan resmi dari Pemda dan BUMN. Kalau ngomong-ngomong saja sudah pernah tapi harus ada usulan resmi,” ucapnya.(msb)

http://www.bisnis.com/articles/jalan...de-butuh-waktu
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old March 30th, 2012, 06:49 AM   #98
Andre_theRising
I'll ride the wind..
 
Andre_theRising's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Singapore, Bhubaneswar-India, Medan,Bandung-Indonesia
Posts: 4,900
Likes (Received): 11

Quote:
Originally Posted by CrazyForID View Post
sebenarnya sih gak ada yang gak mungkin kalau memang sudah mendesak. jalur pantura aja 2x2 lajur dan itu bukan tol
*walaupun maintanancenya bisa dibilang agak minim
Kalau mendesak? Haha, mang dananya dari mana?

Mo dari APBN??? Boro-boro bangun jalan tol Jasa Marga, memperbaiki jalan lintas Sumatera yang sudah eksis aja butuh waktu puluhan tahun dan bahkan sampe sekarang belum kelar, masih banyak rusak di sana-sini
__________________
Stay young, your time is gonna come
Andre_theRising no está en línea   Reply With Quote
Old March 30th, 2012, 09:40 AM   #99
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Posts: 8,027
Likes (Received): 1693

kalau daerah berharap dana APBN, ya gak maju majulah. pakai APBD dong
__________________
“Dan Timur dan Barat pastilah konsep yang amat ganjil, sebab kita berbicara tentang kesopanan sambil telanjang.”
- Ayu Utami
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote
Old March 30th, 2012, 02:03 PM   #100
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 31,836
Likes (Received): 11149

Emanknya APBD aj boleh buat bangun jalan tol dgn dana trilyunan rupiah? apa gk ada kebutuhan lain yg lebih mendesak dan membutuhkan APBD
Bukannya daerah juga harus nyetorr ke pusat
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 11:34 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu