search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old April 17th, 2014, 10:47 AM   #121
anno_malay
Nomaden
 
anno_malay's Avatar
 
Join Date: Feb 2006
Location: Jakarta .. Bandung .. Padang .. Palangkaraya .. Balikpapan(now)
Posts: 6,367
Likes (Received): 1581

iya banget mas..
padahal dengan status salah satu prov terkaya dan punya kab terkaya di indo palagi tol ini melewati kab terkaya itu seharusnya KALTIM ini sudah punya tol bertahun2 yg lalu apalagi punya 3 kota penting (BPP,SMD dan BTG)...
gw yakin jika tol ini jadi pasti perekonomian di kaltim semakin OK...
anno_malay no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old April 18th, 2014, 02:47 AM   #122
3voltcalist
Petani dan Buruh Sawit
 
3voltcalist's Avatar
 
Join Date: Apr 2012
Location: Tering Lama - Samarinda - Balikpapan - Tanjung - Ampah - Jonggon
Posts: 1,823
Likes (Received): 562

Quote:
Originally Posted by anno_malay View Post
yg segmen V km13-manggar/sepinggan masih gini2 aja


upload pictures
Dari obrolan warung kopi sekitar sebulan yg lalundi Bpp dengan pihak yg terkait.. Segmen ini dilirik oleh investor Brunei, dan pada saat itu investor dr Brunai sedang berada di Bpp.. Namun belum tau hasilnya apa mas, lupa juga saya minta no kontak beliau.. Mudahan saja deal, mengingat kebutuhan akan jalur alternatif ke Sepinggan, sebab jalur yg lama semakin padat saja..
__________________
"I fear the day that technology will surpass our human interaction.
The world will have a generation of idiots."
~
Albert Einstein~

3voltcalist no está en línea   Reply With Quote
Old April 24th, 2014, 02:07 AM   #123
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 5,407
Likes (Received): 976

Toll ini bukan sekedar menghubungkan warga Smd ke sepinggan, tapi lebih kepada connecting the two cities. Hubungan kedua warga kota sudah pada taraf saling ketergantungan dimana diperlukan akses jalan yg bagus.

Banyak warga Smd bekerja di Bpn, sebaliknya juga. Belum lagi hubungan bisnis, urusan pemerintahan sampai urusan keluarga dimana banyak pula suami istri yg terpisah karena keduanya masing2 bekerja di kedua kota..

Toll mendesak untuk diselesaikan, tak semata karena faktor multiplier effek di atas kertas pengamat ekonomi. Toll ini kebutuhan, bukan proyek mercusuar apalagi gagah2 an.

Sent from my GT-N7000 using Tapatalk 2
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old April 24th, 2014, 02:19 AM   #124
3voltcalist
Petani dan Buruh Sawit
 
3voltcalist's Avatar
 
Join Date: Apr 2012
Location: Tering Lama - Samarinda - Balikpapan - Tanjung - Ampah - Jonggon
Posts: 1,823
Likes (Received): 562

Quote:
Originally Posted by mouRINHO View Post
Toll ini bukan sekedar menghubungkan warga Smd ke sepinggan, tapi lebih kepada connecting the two cities. Hubungan kedua warga kota sudah pada taraf saling ketergantungan dimana diperlukan akses jalan yg bagus.

Banyak warga Smd bekerja di Bpn, sebaliknya juga. Belum lagi hubungan bisnis, urusan pemerintahan sampai urusan keluarga dimana banyak pula suami istri yg terpisah karena keduanya masing2 bekerja di kedua kota..

Toll mendesak untuk diselesaikan, tak semata karena faktor multiplier effek di atas kertas pengamat ekonomi. Toll ini kebutuhan, bukan proyek mercusuar apalagi gagah2 an.

Sent from my GT-N7000 using Tapatalk 2
Benar mas mouRINHO, mudahan saja segera kelar segala kendala-nya, proyek bisa lanjut dan segera diselesaikan..

Yg paragraf 2 rada2 gimana gitu bacanya.. Pengennya malah jaraknya jd 50km saja biar enak bolak balik..
__________________
"I fear the day that technology will surpass our human interaction.
The world will have a generation of idiots."
~
Albert Einstein~

3voltcalist no está en línea   Reply With Quote
Old April 24th, 2014, 02:55 AM   #125
IlhamBXT
Par Avion
 
IlhamBXT's Avatar
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 16,162
Likes (Received): 4756


di Jawa aja bangun Toll susah wajar karena pembebasan lahan pasti nyerempet rumah warga.Tapi kalau di Luar Jawa harusnya lebih gampang karena tidak begitu padat pemukimannya.Harusnya ini Toll udah selesai dari tahun tahun yg lalu
__________________
IlhamBXT no está en línea   Reply With Quote
Old April 24th, 2014, 04:03 AM   #126
Kapuas
Registered User
 
Kapuas's Avatar
 
Join Date: Jan 2014
Location: Delta Kapuas
Posts: 165
Likes (Received): 25

Quote:
Originally Posted by IlhamBXT View Post

di Jawa aja bangun Toll susah wajar karena pembebasan lahan pasti nyerempet rumah warga.Tapi kalau di Luar Jawa harusnya lebih gampang karena tidak begitu padat pemukimannya.Harusnya ini Toll udah selesai dari tahun tahun yg lalu
Menurut logikanya memang seharusnya seperti itu, tapi masalahnya pemerintah pusat lebih memprioritaskan pembangunan berbagai jalan tol di Jawa, prioritas berikutnya Sumatra (Tol Trans-Sumatra terutama Tol Medan-Kuala Namu) dan berikutnya lagi Bali (Tol Denpasar-Gilimanuk). Dengan demikian jalan tol Samarinda-Balikpapan kurang diprioritaskan untuk mendapat kucuran dana dari pusat sekalipun pembebasan lahannya lebih murah dan mudah. Masih banyak pihak yang menganggap traffic Samarinda-Balikpapan belum benar-benar mendesak untuk jalan tol. Saya sendiri tidak mengerti standar apa yang mereka pakai sampai mereka berani mengatakan belum mendesak. Mungkin mereka kira jalan antar kota di Borneo itu sekelilingnya masih hutan semua dan tidak mungkin macet Padahal saya ingin expressway pertama di Borneo ini cepat jadi (sekarang masih belum ada jalan berstandar expressway penuh di Borneo, termasuk di Brunei standarnya masih dual-carriageway highway). Kalau misalnya jalan tol Samarinda-Balikpapan baru jadi tahun 2017, kemungkinan besar jalan tol Pontianak-Singkawang baru akan mulai dibangun tahun 2020 dan entah kapan selesainya
__________________
Signature too big

Max 6 lines

irrational_pi liked this post
Kapuas no está en línea   Reply With Quote
Old April 25th, 2014, 04:56 AM   #127
-hanafi-
Registered User
 
Join Date: Dec 2011
Location: SamarindaCity
Posts: 544
Likes (Received): 131

Perkembangan Jalan Tol Samarinda - Balikpapan diliat dari Lelang yang dilakukan oleh Pemprov. Kaltim Tahun 2014

REVIEW DESIGN PERENCANAAN JALAN TOL BPP-SMD

link : http://spse.kaltimprov.go.id/eproc/lelang/view/6177035


AMDAL PEMBANGUNAN JL. TOL BPP -SMD, SEPINGGAN - KM. 13 SAMBOJA

Link : http://spse.kaltimprov.go.id/eproc/lelang/view/6173035


Pengawasan Teknis Pembangunan Jalan Freeway Balikpapan - Samarinda

link : http://spse.kaltimprov.go.id/eproc/lelang/view/6108035
-hanafi- no está en línea   Reply With Quote
Old April 25th, 2014, 07:06 AM   #128
adir
Registered User
 
adir's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: mwh
Posts: 1,589
Likes (Received): 192

Benar2 yaa, padahal ini untuk 2 kota besar di kaltim penyelesaian jalan tol segini aja pemerintah (pusat) gak bisa selesaikan dgn cepat, jadi mikir wilayah kaltim yg lain, entah tahun berapa akan ada jalan tol munkin klo jawa - sumatera udah gak ada yg bisa dibangun kali

Sent from my GT-I9100 using Tapatalk
__________________
Visit my Instagram @kaki.kanan
adir no está en línea   Reply With Quote
Old April 26th, 2014, 04:07 AM   #129
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 5,407
Likes (Received): 976

Terkadang anggapan Kaltim propinsi kaya itu menjebak. Jadinya APBN untuk toll ini sulit sekali mengucur.

Padahal untuk akselerasi pembangunan, toll ini penting sekali. Tapi apa daya, sudah 4 tahun dibangun tak juga selesai malah terancam mangkrak!
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old April 27th, 2014, 07:05 PM   #130
adir
Registered User
 
adir's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: mwh
Posts: 1,589
Likes (Received): 192

Padahal cuma 90an km

Sent from my GT-I9100 using Tapatalk
__________________
Visit my Instagram @kaki.kanan
adir no está en línea   Reply With Quote
Old May 5th, 2014, 06:59 AM   #131
fs169
Registered User
 
Join Date: Jan 2013
Posts: 147
Likes (Received): 94

Quote:
Originally Posted by IlhamBXT View Post

di Jawa aja bangun Toll susah wajar karena pembebasan lahan pasti nyerempet rumah warga.Tapi kalau di Luar Jawa harusnya lebih gampang karena tidak begitu padat pemukimannya.Harusnya ini Toll udah selesai dari tahun tahun yg lalu
Kok saya melihat, jaman sekarang juga lebih susah membebaskan lahan yang mau dibuat fasilitas umum milik hutan lindung yang dikelola kemenhut daripada membebaskan lahan milik warga.
Kalo pinjam lahan buat tambang malah lancar-lancar aja...
Atau pinjam lahan buat dagang juga lancar... (kasus tahu sumedang tahura)...

Kenapa begitu ya?
Perencanaan tol ini molor kan cuma gara2 hutan...
kalo perencanaannya bagus pasti udah jadi dari dulu, bukan masalah gak ada dana atau dukung mendukung daerah tertentu.
fs169 no está en línea   Reply With Quote
Old May 6th, 2014, 12:55 AM   #132
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 5,407
Likes (Received): 976

Kemenhut nya sok jaga hutan gitu ya bro.. :o

Saya berpikirnya toll ini harus selesai sebelum masa jabatan gubernur yg sekarang berakhir. Itu aja targetnya.. Ga muluk2 harus selesai tahun ini atau tahun depan. Jika saja bisa selesai 2018, berarti genap 8 tahun Kaltim membangun toll 99 km Bpn-Smd
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 01:47 AM   #133
Ampelio
...is the art of space
 
Ampelio's Avatar
 
Join Date: Aug 2007
Location: Antapani City
Posts: 7,391
Likes (Received): 1549

Quote:
Originally Posted by mouRINHO View Post
Susahnya membangun jalan sekelas free way di provinsi sekaya Kaltim ini...

Entah apa yg salah... Pusat kah.. Atau Pemda nya kah
Gak ada yang salah jika masing2 mau bekerjasama... the key to victory is teamwork

...dan selama ini pihak2 terkait di Kaltim bbrp kali menunjukkan bahwa mereka sendiri gagal bekerjasama dengan baik. Semakmur dan sekaya apapun suatu daerah tanpa adanya kerjasama semua pihak, pembangunan mustahil berjalan lancar

...bandingkan aja kondisi infrastruktur jalan di Kab.Kutai Kartanegara dengan Kab.Gunungkidul, DI Yogyakarta yang dana bagi hasil-nya (dari pemerintah pusat, data 2011) hanya 1/1000-nya dana bagi hasil kab.Kutai Kartanegara (satu2nya Kab. di Indonesia yang dana bagi hasilnya melebihi 1 trilyun dibanding kab. miskin yang menerima dana bagi hasil kurang dari 1 milyar).

...tapi lihat hampir semua jalan-jalan sampai ke pelosok lingkungan di Gunungkidul rata2 lebih mulus dari jalan di Kukar. Pembangunan di prov.DIY berjalan kompak dimana pihak2 terkait (pemerintah, swasta dan warga masyarakat) saling bekerjasama demi mensukseskan jalannya pembangunan walaupun dengan keterbatasan anggaran dana yang tersedia.
__________________
EVERYDAY URBANISM

IlhamBXT liked this post

Last edited by Ampelio; May 7th, 2014 at 02:05 AM.
Ampelio no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 03:16 AM   #134
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: Samarinda
Posts: 5,407
Likes (Received): 976

Pendapat saya mungkin begini bang Ampelio. Dalam hal jalan antara kondisi DIY dg Kukar.. Agak susah jelasin dg kata2 jika pembangunan di sana sudah berjalan lebih baik, terencana dan terukur antara 1-2 dekade di depan Kukar. Daerah seperti Kukar sendiri "baru mulai" membangun sejak jaman reformasi.

Sebelumnya baik Pemda maupun warganya tak 'dipola' atau 'diformat' untuk membangun daerahnya. Selama 30 tahun lebih mereka diwajibkan untuk menerima keadaan meskipun bumi tempatnya berpijak kaya raya dan terbukti menjadi salah satu kontributor pendapatan negara.

Ketika Kukar menerima lonjakan dana besar hasil perimbangan, mungkin mereka sedikit gagap dan masih harus banyak belajar cara membangun yg baik dg daerah2 di Jawa sana. IMHO

Berkaitan toll... Birokrasi bertele2 soal hutan lindung, dana yg terbatas serta belum tertariknya investor swasta bahkan sekelas BUMN pun menjadi penghalang penyelesaian toll ini. Katanya masih butuh 6 triliun lagi agar bisa selesai sempurna.. :banghead:
__________________
Love Indonesia
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 05:41 AM   #135
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 32,265
Likes (Received): 1121

Quote:
Originally Posted by Ampelio View Post
...bandingkan aja kondisi infrastruktur jalan di Kab.Kutai Kartanegara dengan Kab.Gunungkidul, DI Yogyakarta yang dana bagi hasil-nya (dari pemerintah pusat, data 2011) hanya 1/1000-nya dana bagi hasil kab.Kutai Kartanegara (satu2nya Kab. di Indonesia yang dana bagi hasilnya melebihi 1 trilyun dibanding kab. miskin yang menerima dana bagi hasil kurang dari 1 milyar).

...tapi lihat hampir semua jalan-jalan sampai ke pelosok lingkungan di Gunungkidul rata2 lebih mulus dari jalan di Kukar. Pembangunan di prov.DIY berjalan kompak dimana pihak2 terkait (pemerintah, swasta dan warga masyarakat) saling bekerjasama demi mensukseskan jalannya pembangunan walaupun dengan keterbatasan anggaran dana yang tersedia.
Perbandingan yang kurang adil....

Panjang jalan + ukuran kabupaten mesti dipertimbangkan.

Dana 1 Miliar, pembangunan jalan di Jawa dengan Dana 1 Miliar pembangunan jalan di luar Jawa.

Misalnya, kita mau memberi benefit pembangunan jalan pada 1000 penduduk. Di Jawa mungkin hanya perlu bangun jalan 1 km saja. Di Kalimantan, barangkali perlu 15-30 km . Hitung pula cost pembangunan jalan, cost tenaga kerja, cost daya angkut logistik ke lokasi konstruksi. Itu saja sudah membuat biaya jalan di Kalimantan beberapa puluh persen lebih mahal . Di mana perlu extra effort untuk kasih benefit ke certain population.

Kabupaten Kutai Kartanegara 27,263 km persegi (kepadatan penduduk 22 jiwa per km persegi)
Kabupaten Gunung Kidul 1,485 km persegi (kepadatan penduduk 503.66 jiwa per km persegi).
__________________
Been in SSC for 10 years now. I'm old.

Lingga Buana liked this post

Last edited by rilham2new; May 7th, 2014 at 05:53 AM.
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 06:34 AM   #136
IlhamBXT
Par Avion
 
IlhamBXT's Avatar
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 16,162
Likes (Received): 4756

Quote:
Originally Posted by Ampelio View Post
Gak ada yang salah jika masing2 mau bekerjasama... the key to victory is teamwork

...dan selama ini pihak2 terkait di Kaltim bbrp kali menunjukkan bahwa mereka sendiri gagal bekerjasama dengan baik. Semakmur dan sekaya apapun suatu daerah tanpa adanya kerjasama semua pihak, pembangunan mustahil berjalan lancar

...bandingkan aja kondisi infrastruktur jalan di Kab.Kutai Kartanegara dengan Kab.Gunungkidul, DI Yogyakarta yang dana bagi hasil-nya (dari pemerintah pusat, data 2011) hanya 1/1000-nya dana bagi hasil kab.Kutai Kartanegara (satu2nya Kab. di Indonesia yang dana bagi hasilnya melebihi 1 trilyun dibanding kab. miskin yang menerima dana bagi hasil kurang dari 1 milyar).

...tapi lihat hampir semua jalan-jalan sampai ke pelosok lingkungan di Gunungkidul rata2 lebih mulus dari jalan di Kukar. Pembangunan di prov.DIY berjalan kompak dimana pihak2 terkait (pemerintah, swasta dan warga masyarakat) saling bekerjasama demi mensukseskan jalannya pembangunan walaupun dengan keterbatasan anggaran dana yang tersedia.
Super sekali pendapatnya om ampelio terlepas dari memang diakui susah membangun jalan di Kaltim ini memang harus diakui bahwa teamwork atau kerjasama antar instansi terkait di Kaltim ini memang sangat buruk sekali.Memang analoginya sedikit kurang tepat membandingkan antara kukar dengan gunung kidul karena dua daerah ini memiliki karakter yang berbeda.Sebenarnya secara logika sederhana luar jawa penduduk belum padat harusnya gampang bebaskan lahan.Nah klo Toll ini kasusnya sih katanya Kemenhut jaga hutan.Tapi kemehut palingan juga lupa atau tutup mata gitu bahwa di ruas yg akan dilalui toll ini sudaj banyak jalan hauling batu bara.Berarti aoa gunanya menghambat jalan toll kalau hauling batu bara saja bisa dilangkahi mungkin secara sederhana seperti itu

Sent from my GT-I8262 using Tapatalk
__________________
IlhamBXT no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 10:58 AM   #137
fs169
Registered User
 
Join Date: Jan 2013
Posts: 147
Likes (Received): 94

Quote:
Originally Posted by mouRINHO View Post
Kemenhut nya sok jaga hutan gitu ya bro.. :o

Saya berpikirnya toll ini harus selesai sebelum masa jabatan gubernur yg sekarang berakhir. Itu aja targetnya.. Ga muluk2 harus selesai tahun ini atau tahun depan. Jika saja bisa selesai 2018, berarti genap 8 tahun Kaltim membangun toll 99 km Bpn-Smd
Kesannya gitu... lihat aja batam dan sekitarnya, kasusnya sama kemenhut juga, lahan yang udah lama berkembang dan dikuasai warga ditetapkan kemenhut jadi hutan lindung... Ya ribut lah, lahan disana kan sempit...
cmiiw

Harusnya udah diantisipasi yang beginian, soalnya banyak proyek yang gak jadi2 di kaltim gara2 kurang antisipasi.
fs169 no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 02:01 PM   #138
sturmgewehr
MP-44
 
sturmgewehr's Avatar
 
Join Date: May 2010
Posts: 1,352
Likes (Received): 137

atau mungkin UU yg mengatur soal hutan lindung yg ga memungkinkan utk dialihfungsikan jadi jalan. jd Menhutnya mungkin bukan ga mau tp takut tersangkut kasus kalo melanggar UU.
sturmgewehr está en línea ahora   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 03:03 PM   #139
vailixi
Registered User
 
vailixi's Avatar
 
Join Date: Jul 2012
Location: Tokyo
Posts: 1,145
Likes (Received): 187

itu kemenhubnya belum dikasih duit.. Biasalah menteri.. Cek aja menteri-nya sapa dari PAN, gubenurnya dari partai apa. Ya jelas ga klop. Coba cek tambangnya punya sapa? Klo ditelusuri juga kelihatan kenapa ga disetujui..
vailixi no está en línea   Reply With Quote
Old May 7th, 2014, 03:36 PM   #140
Gingerbread_Man
Traveller, Researcher
 
Gingerbread_Man's Avatar
 
Join Date: Nov 2013
Location: Medan, Jakarta
Posts: 4,403
Likes (Received): 810

Kalau jadi dibangun, mudah2an langsung 3 lajur mengingat akan banyaknya truk yang memakai jalan tol ini... jadi ada 2 lajur untuk kendaraan cepat, sementara truk bisa fokus di sebelah kiri... apalagi kontur daerah Balikpapan Samarinda kan cenderung berbukit / tidak flat
__________________
Invisible airwaves crackled with life
bright antennae bristle with the energy


Visit my blog : http:\\www.ridethewind.wordpress.com
Gingerbread_Man no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 05:26 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu