search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old February 24th, 2015, 09:24 AM   #1
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

North Sulawesi | Manado - Bitung Toll Road | 39 Km | U/C

Quote:
Originally Posted by Rovers View Post
Persiapan GB jalan Tol Manado Bitung...



Berita terkait..

TOL MANADO-BITUNG: Groundbreaking Dipastikan 12 Oktober

Bisnis.com, MANADO—Setelah sempat tertunda dari rencana semula 30 September dan 8 Oktober, pemerintah memastikan pembangunan awal (groundbreaking) ruas tol Manado-Bitung akan dilakukan pada 12 Oktober 2014. Ketua Harian Badan Pengelola Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu (Kapet) Manado-Bitung, Noldy Tuerah, menuturkan keputusan tersebut diambil melalui rapat yang dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum pada Kamis lalu.
“Rencananya, groundbreaking akan dilakukan di sekitar Jalan Ring Road, Kota Manado,” katanya kepada Bisnis, Minggu (5/10/2014).
Pada tahap awal pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum mengucurkan Rp60 miliar untuk pengerjaan konstruksi ruas ini.
Menurutnya, ruas Manado-Bitung ini secara keseluruhan akan menerima kucuran pinjaman dari Cina sebesar US$80 juta atau sekitar Rp960 miliar untuk pengerjaan sebagian ruas tol ini.
Sementara itu, sebagian ruas lainnya akan dilelang oleh investor setelah bagian pemerintah selesai dikerjakan.

sumber: http://industri.bisnis.com/read/2014...manado-bitung-
Tol ini Terbagi atas 2 Seksi
SEKSI I : Manado Ringroad - Airmadidi 13,5 KM
SEKSI II : Airmadidi - Bitung 22,5 KM

Quote:
Originally Posted by Rovers View Post
Ground Breaking Jalan Tol Manado-Bitung, 12 Oktober 2014...





Data teknis Jalan Tol Manado-Bitung

Panjang: 39 Km
Lebar: 60 meter
Lebar Perkerasan: 2 x 7,2
Median: 9,7 meter
Bahu dalam: 1,5 meter
Bahu luar: 3 meter
Simpang Susun (SS): 5 buah; SS Sukur, SS Airmadidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung

Pelaksanaan dua segmen.
Segmen I: Manado (ring road)-Airmadidi: 13,5 Km
Segemn II: Airmadidi-Bitung: 25,5 Km

sumber foto dan data teknis: Humas Pemprop Sulut





Akhirnya jalan tol Manado-Bitung dimulai pembangunannya... semoga lancar pekerjaannya sampai selesai nanti.. Jalan yang memang sangat dibutuhkan warga Manado dsk...
Quote:
Originally Posted by Rovers View Post
Jalan Tol Manado-Bitung dimulai dari Ring Road 1 hingga pusat kota Bitung




Pintu Masuk Tol Manado dari Ring Road1








__________________

IlhamBXT, rury0809 liked this post
desta28 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old February 24th, 2015, 09:27 AM   #2
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

update terakhir

Quote:
Originally Posted by desta28 View Post
update tol:
Ini Foto Terakhir Pembangunan Tol Manado-Bitung
February 21 21:19 2015



bangunan Tol Manado-Bitung diawali dengan pembuatan katingan. Pembangunan tol tahap I Manado-Airmadidi dimulai dari jalan lingkar (Ringroad) Manado dekat jembatan Maumbi. Foto diambil Sabtu (21/2/2015), pukul 17.00 WIT



http://beritamanado.com/ini-foto-ter...medium=twitter


Sent from my using Tapatalk
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old February 24th, 2015, 09:28 AM   #3
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

Berita Terakhir

Quote:
Originally Posted by desta28 View Post
Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Tinggal 1 Kilometer
Senin, 16 Februari 2015 | 14:09

Manado - Pembebasan tanah jalan tol Manado-Bitung, Provinsi Sulawesi Utara segmen I (ring road I-Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara) masih menyisakan 1,1 kilometer dari 13,5 kilometer yang direncanakan.

"Total yang sudah diukur sepanjang 12,4 kilometer. Sisa yang belum dibebaskan sepanjang 1,1 kilometer ini kami upayakan selesai hingga akhir tahun ini," kata Koordinator Seksi Panitia Pengadaan Tanah Bobby Najoan di Manado, Senin (16/2).

Bobby menambahkan, dari bentangan tersebut ditetapkan sebanyak 446 bidang tanah, dan 62 bidang di antaranya masih dalam proses penyelesaian pembayaran ganti rugi di bagian keuangan pemerintah Provinsi Sulut.

"Kemungkinan jumlah itu masih akan bertambah lagi jumlah bidangnya karena masih ada kelebihan-kelebihan tanah usai pengukuran yang belum dihitung. Kami memperkirakan bisa mencapai 100 bidang tanah lebih hingga tuntas pembebasan 13,5 kilometer," katanya.

Adapun dana yang dibutuhkan diperkirakan sebesar Rp100 miliar - Rp200 miliar.

"Tahun ini kami memang tidak ada anggaran yang dialokasikan. Dan untuk pembayaran ganti rugi tanah memanfaatkan dana dari anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD Provins Sulut. Namun, soal berapa jumlahnya kami belum tahu persis," ujarnya.

Pemerintah telah menganggarkan pembangunan jalan tol Manado-Bitung sebesar Rp 4,9 triliun, dengan panjang 39 kilometer dan lebar 60 meter, di mana lebar pengerasan 2 x 7,2 meter, median jalan 9,7 meter, bahu dalam 1,5 meter, bahu luar tiga meter, dan sisanya adalah ruang milik jalan tol.

http://m.beritasatu.com/nusantara/24...kilometer.html


Sent from my using Tapatalk
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old February 24th, 2015, 09:32 AM   #4
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

cerita dibalik layar

Quote:
Originally Posted by desta28 View Post
dibalik cerita perjuangan pembangunan tol

Manado – Kisah Jalan Tol Manado-Bitung, memang miliki perjuangan tersendiri dari Gubernur Sulut, Dr Sinyo H Sarundajang demi memajukan perekonomian serta kesejahteraan masyarakatnya.

Dalam kegiatan konfrensi pers di VIP Bandara Samratulangi, usai balik dari Tiongkok dalam rangka menjalin kerjasama Indonesia-Tiongkok termasuk mega proyek Jalan Tol Manado-Bitung. Gubernur Sarundajang mengakui ada kisah tersendiri akan jal tol itu.

“Ah,,supaya bapak ibu sekalian ketahui, Tol pada waktu di survei 2003, eh sory 2013..salah..salah, tahun 2008. Ini sudah minta ke pak SBY kemudian di survey, mungkin sebelum itu ya,” kata Gubernur Sarundajang.

Setelah di survey, tidak memenuhi syarat untuk dibangun Jalan Tol Manado-Bitung. Tidak memenuhi syarat, yaitu jumlah kendaraan yang lalu lalang Manado-Bitung.

“Persyaratan harus 20 ribu kendaraan. Tapi yang di survey waktu itu cuma 12 ribu. Jadi waktu rapat kedua, saya kecewa waktu itu. Karena menteri PU bilang ‘maaf pak gubernur jalan tol bitung ini tak memenuhi syarat, nanti aja‘,” kata Sarundajang

Pengertian ‘nanti aja’ pun di pahami Sarundajang, bisa nanti 1 tahun, 5 tahun, 10 tahun dan atau di lupakan. Jika hal itu terjadi, dikatakan Sarundajang impian jalan Tol sama juga seperti nol.

Namun Sarundajang pun mengakui ia berdoa, merasa yakin, karena pertumbuhan ekonomi yang di ciptakan meningkat. Di dengarnya dari Dipenda ada 4 ribu kendaraan tiap tahun masuk Sulut.

Ia pun berhitung, akan jumlah kendaraan yag lalu lalang di dua tahun kemudian. “Masa cuma 12 ribu,” katanya.

Dan sekarang ini pun, ketika di hitung, sudah 30 sampai 40 ribu kendaraan lalu lalang di jalur itu, Gubernur Sarundajang pun mengakui itu sudah sangat-sangat memenuhi syarat untuk pembangunan jalan tol.

Setelah sempat ditolak oleh pemerintah pusat karena jumlah kendaraan lalu lalang di jalur Manado-Bitung tak mencapai batas minimal 20 ribu kendaraan.

Gubernur Sarundajang mengakui itu karena perhitungan profit. Saat ditolak, jumlah kendaraan lalu lalang hanya 12 ribu, jika dihitung akan jumlah pengeluaran anggaran pembangunan jalan tol tak sebanding pemasukannya.

“Ngoni tau tu Tol pake karcis to? Nah, dorang so hitung itu. butuh waktu yang terlalu lama untuk bisa balik modal saja, apalagi bunga bank dan lainnya. Karena ini bukan full anggaran dari pemerintah pusat, ini 2/3 dari investor,” ujar Sarundajang.

Dijelaskannya lagi, usahanya pun setelah melihat situasi peningkatan kendaraan lalu lalang di jalur itu terus meningkat di tiap tahunnya, ia pun menghadap presiden dan beberapa menteri waktu itu.

“Saya berjuang lagi.Memang tak kenal malu tak kenal capek. Apa boleh buat, ini resiko daripada saya menerima tanggunjawab ini. Saya tak mau gagal,” kata Sarundajang.

Perjuanagn Sarundajang akhirnya berbuah manis dengan disetujuinya pembangunan jalan tol itu.

Persetujuan itu di tahun 2010. Mengapa tahun 2010? Disitu berakhirnya kegiatan international WOC yang dilaksanakan di Sulut.

“Disini, Presiden kasih hadiah loh pada masyarakat Sulut, yang telah bersma-sama telah mengangkat nama Indonesia,” ujar Sarundajang.

Tidak hanya disetujui di 2010, di 2011 pun masuk di MPPPEAI kemudian keluarlah kebijakan dari pemerintah pusat.

Kalau itu belum memenuhi syarat, maka pemerintah pusat wajib memberikan paling kurang 1/3 anggaran.

“Nah, keluarlah keputusan pemerintah pusat, Tol Manado-Bitung mendapat bantuan Rp 1,2 Triliun. Ini luar biasa, itu dana APBN,” tegas Sarundajang. (robintanauma/bersambung…)
http://beritamanado.com/ini-kisah-pe...nado-bitung-1/

http://beritamanado.com/ini-kisah-pe...nado-bitung-2/


thanks pak gubernur




Sent from my using Tapatalk
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old February 24th, 2015, 09:36 AM   #5
Gingerbread_Man
Traveller, Researcher
 
Gingerbread_Man's Avatar
 
Join Date: Nov 2013
Location: Medan, Jakarta
Posts: 4,390
Likes (Received): 809

Mantap semoga lancar pekerjaanny...
Yg duluan dkerjakan seksi 1 (dari Manado) atau seksi 2 ny (dari pelabuhan)?
BTW, kekny jalan tol ny bakal panoramic banget, bnyk menyisir perbukitan
__________________
Invisible airwaves crackled with life
bright antennae bristle with the energy


Visit my blog : http:\\www.ridethewind.wordpress.com
Gingerbread_Man no está en línea   Reply With Quote
Old February 24th, 2015, 09:47 AM   #6
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431


seksi 1 dulu mas
dari berita terakhir untuk statusnya

seksi 1: lagi pembangunan + pembebasan lahan tinggal 1km

seksi 2: masih pembebasan lahan dan siap2 mau masuk ke tahap pelelangan.


Sent from my using Tapatalk
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old February 24th, 2015, 10:21 AM   #7
Rovers
Registered User
 
Join Date: Feb 2011
Location: Manado
Posts: 2,410
Likes (Received): 840

Semoga pekerjaan Tol Manado-Bitung ini lancar dan tidak ada hambatan berarti.. Untuk sesi I yang bagian pemerintah dananya kan sudah ada, dan saat ini sedang ditender.. Semoga setelah bagian yang 600 meter selesai, proses tender juga sudah selesai, supaya bisa langsung mengerjakan sampai Airmadidi sepanjang 13,5 km...
Rovers no está en línea   Reply With Quote
Old March 14th, 2015, 12:06 PM   #8
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

Apa Kabar Tol Manado-Bitung? Kabar Gembira! Jalurnya Sudah Kelihatan
Sabtu, 14 Maret 2015 09:53



TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Mereka yang melintas di Ring Road Manado selalu menoleh ketika melintasi pintu tol. Jalur itu mulai kelihatan.
Sulawesi Utara memiliki jalan bebas hambatan atau yang lebih dikenal dengan sebutan jalan tol bukan lagi sekadar mimpi.
Pintu tol telah dibuka. Bukit yang menggunung di tepi Ring Road Manado itu telah dibelah.
Dan di antara belahan itu terbentang jalan tanah yang lebar dan panjang menuju arah Bitung melintasi Minahasa Utara.
Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung tercatat resmi dalam program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulawesi Utara 2015-2019.
Makanya pembangunannya pun terus digenjot, termasuk meminta dukungan pemerintah pusat untuk membantu pembiayaan terkait pembebasan lahan yang akan dijadikan jalur tol tersebut.
Meski sudah dibantu oleh pemerintah pusat, lantas tidak serta merta berjalan mulus, karena pemerintah sendiri hingga saat ini masih terkendala oleh pembebasan lahan, karena ada pemilik yang tak berada di Sulut.

Sehingga untuk Segmen Satu (Manado-Airmadidi) progressnya baru 90 persen dibebaskan. Untuk segmen Airmadidi-Bitung, masih berproses.
Seperti yang diungkapkan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut, J E Kenap saat menghadiri rapat koordinasi evaluasi pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung bersama Badan Koordinasi Penamanaman Modal (BKPM) dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kamis (12/3/2015) di ruang Ex WOC Kantor Gubernur Sulut.
"Jalan Tol Manado-Bitung panjangnya 39 kilometer terdiri dari dua segmen yaitu Segmen Satu Manado-Airmadidi dan Segmen Dua Airmadidi-Bitung. Untuk progressnya sendiri, hingga saat ini yang sudah dilaksanakan adalah Ground Breaking pada 2014 lalu, oleh Menko Perekonomian RI Chairul Tanjung, sepanjang enam ratus meter," ungkapnya.
Menurut Kenap, Pemprov Sulut terus berupaya bersama Pemkab Minut dan Pemko Bitung agar pembebasan lahan secara seluruhan ditargetkan tuntas pada 2016 mendatang.
"Masih ada sedikit kendala, yakni pemilik tanah tidak berada di tempat, pemindahan kerangka di pekuburan, pemindahan tempat ibadah dan sekolah serta penebangan pohon," ujarnya.
Namun demikian, Kenap optimistis bahwa kendala-kendala yang ada tersebut akan segera tuntas, karena pemerintah provinsi dalam hal ini Gubernur Sinyo Harry Satundajang terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat. (Tribun Manado/Susanto Amisan)

http://manado.tribunnews.com/2015/03...lihatan?page=2


Sent from my using Tapatalk
__________________

IlhamBXT, MarkLanegan liked this post
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old March 14th, 2015, 12:09 PM   #9
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

Pembebasan Lahan Jalan Tol Manado-Bitung Dibantu APBN
Jumat, 13 Maret 2015 23:35

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO – Pembangunan jalan tol Manado-Bitung yang masuk dalam program Rencana Pembangunan Jangka Menagah Daerah (RPJMD) Provinsi Sulut 2015-2019, terus digenjot, termasuk meminta dukungan pemerintah pusat untuk membantu pembiayaan terkait pembebasan lahan yang akan dijadikan jalan tol tersebut.
Meski sudah dibantu oleh pemerintah pusat, lantas tidak serta merta berjalan mulus, karena pemerintah sendiri hingga saat ini masih terkendala oleh pembebasan lahan, karena ada pemilik yang tak berada di Sulut. Sehingga untuk Segmen Satu (Manado-Airmadidi) progressnya baru 90 persen dibebaskan. Untuk segmen Airmadidi-Bitung, masih berproses.
Seperti yang diungkapkan kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Sulut, J E Kenap saat menghadiri rapat koordinasi evaluasi pembangunan jalan tol Manado-Bitung bersama Badan Koordinasi Penamanaman Modal (BKPM) dan Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT), Kamis (12/3) kemarin di ruang Ex WOC Kantor Gubernur Sulut.
“Jalan Tol Manado-Bitung panjangnya 39 Km terdiri dari dua segmen yaitu segmen Satu Manado- Airmadidi dan segmen Dua Airmadidi-Bitung. Untuk progresnya sendiri, hingga saat ini yang sudah dilaksanakan adalah Graund Breaking pada 2014 lalu, oleh Menko Perekonomian RI Chairul Tanjung, sepanjang Enam Ratus meter,” ungkapnya.
Menurut Kenap, Pemprov Sulut terus berupaya bersama Pemkab Minut dan Pemko Bitung agar pembebasan lahan secara seluruhan ditargetkan tuntas pada 2016 mendatang. “Masih ada sedikit kendala, yakni pemilik tanah tidak berada di tempat, pemindahan kerangka di pekuburan, pemindahan tempat ibadah dan sekolah serta penebangan pohon,” ujarnya.
Namun demikian, Kenap optimis bahwa kendala-kendala yang ada tersebut akan segera tuntas, karena pemerintah provinsi dalam hal ini Pak Gubernur terus melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

http://manado.tribunnews.com/2015/03...g-dibantu-apbn


Sent from my using Tapatalk
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old March 14th, 2015, 04:49 PM   #10
Gingerbread_Man
Traveller, Researcher
 
Gingerbread_Man's Avatar
 
Join Date: Nov 2013
Location: Medan, Jakarta
Posts: 4,390
Likes (Received): 809

Mantap, udah di'publish' calon lokasi gerbang tol ny Sudah lama atau baru-baru ini jalur belah bukit itu dibuka?
__________________
Invisible airwaves crackled with life
bright antennae bristle with the energy


Visit my blog : http:\\www.ridethewind.wordpress.com
Gingerbread_Man no está en línea   Reply With Quote
Old March 16th, 2015, 03:41 AM   #11
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 1,572
Likes (Received): 154

Quote:
Originally Posted by Rovers View Post
Semoga pekerjaan Tol Manado-Bitung ini lancar dan tidak ada hambatan berarti.. Untuk sesi I yang bagian pemerintah dananya kan sudah ada, dan saat ini sedang ditender.. Semoga setelah bagian yang 600 meter selesai, proses tender juga sudah selesai, supaya bisa langsung mengerjakan sampai Airmadidi sepanjang 13,5 km...
Klo lahannya dah bebas semua insyaallah lancar, klo lihat berita diatas kan seksi 1 tinggal 1,1 km lagi yg belum dibebaskan...

Sekarang sih tinggal proses tendernya, agak ngeri2 sedap nih tendernya. Berkaca dari tender2 jalan tol jaman SBY yang kerap gagal karena gak masuk hitungan investor. Karena meskipun menurut hitungan pemerintah masuk tapi menurut investor gak masuk ya gagal tendernya...
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old March 19th, 2015, 08:23 AM   #12
Rovers
Registered User
 
Join Date: Feb 2011
Location: Manado
Posts: 2,410
Likes (Received): 840

Quote:
Originally Posted by Gingerbread_Man View Post
Mantap, udah di'publish' calon lokasi gerbang tol ny Sudah lama atau baru-baru ini jalur belah bukit itu dibuka?
Bukitnya dibelah sudah dibuka sejak awal bro.. Tapi mungkin sekarang sudah lebih luas lagi...

Quote:
Originally Posted by spetznaz_kdi View Post
Klo lahannya dah bebas semua insyaallah lancar, klo lihat berita diatas kan seksi 1 tinggal 1,1 km lagi yg belum dibebaskan...

Sekarang sih tinggal proses tendernya, agak ngeri2 sedap nih tendernya. Berkaca dari tender2 jalan tol jaman SBY yang kerap gagal karena gak masuk hitungan investor. Karena meskipun menurut hitungan pemerintah masuk tapi menurut investor gak masuk ya gagal tendernya...
Tol Manado-Bitung memang belum layak secara ekonomi. Dan kalau diserahkan ke investor, pasti tidak ada yang mau.. Untuk itu, pemerintah membiayai sebagian jalan tol, yakni sesi I Manado-Airmadidi sepanjang 13,5 km.. Investor hanya membiayai pembangunan sesi II, Airmadidi-Bitung sepanjang 25,5 km.. dengan demikian, jalan tol ini menjadi layak secara ekonomi untuk investor... CMIIW...
Rovers no está en línea   Reply With Quote
Old March 22nd, 2015, 09:47 AM   #13
Rovers
Registered User
 
Join Date: Feb 2011
Location: Manado
Posts: 2,410
Likes (Received): 840

Progress 210315...

Part 1

Ujung jalan tol di Ring Road...






Bagian tengah ini mungkin media jalan.. sedangkan jalannya sendiri mungkin di sampingnya kiri-kanannya...


Dan ini mungkin untuk jalannya...
__________________

Gingerbread_Man, atmada liked this post
Rovers no está en línea   Reply With Quote
Old March 22nd, 2015, 09:53 AM   #14
Rovers
Registered User
 
Join Date: Feb 2011
Location: Manado
Posts: 2,410
Likes (Received): 840

Part 2







__________________

IlhamBXT, Losbp, rury0809, atmada liked this post
Rovers no está en línea   Reply With Quote
Old March 22nd, 2015, 09:58 AM   #15
Rovers
Registered User
 
Join Date: Feb 2011
Location: Manado
Posts: 2,410
Likes (Received): 840

Part 3





Ujung jalan tol di Ring Road... Di ujung jalan ring road ini persimpangan Maumbi yang akan terhubung dengan Ring Road II.. Rencananya akan dibangun fly over, tapi terhenti gara-gara terkendala lahan..


__________________
Rovers no está en línea   Reply With Quote
Old April 12th, 2015, 06:03 AM   #16
atmada
Registered User
 
Join Date: Jan 2008
Posts: 6,208

Tol Manado-Bitung sudah mulai dilelang dengan nilai HPS 968 milyar, cek http://www.pu.go.id/site/view/67
__________________
Why can't people just think? (Sherlock)
atmada no está en línea   Reply With Quote
Old May 22nd, 2015, 07:27 AM   #17
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

Jalan Tol Manado-Bitung Ditargetkan Tuntas Tiga Tahun
Senin, 18 Mei 2015 00:31

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator (Menko) Perekonomian menargetkan proses pembangunan Jalan Tol Manado – Bitung akan memakan waktu Tiga tahun. Hal ini disampaikan langsung oleh Menko Perekonomian Sofian Jalil saat memimpin rapat koordinasi terkait penyelesaian mega proyek tersebut di Hotel Sintesa Peninsula Manado, Sabtu (16/5/2015).
Sebagaimana disampaikan oleh Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sulut, Jahya Rondonuwu, Minggu (17/5), bahwa rakor yang dihadiri oleh stakeholder terkait yakni Gubernur Sulut, Kementeri PU dan Perumahan Rakyat, Kadis PU Provinsi Sulut, Plh. Kepala BPJN XI, KasatkerBPJN Wilayah Satu Sulut, Kepala BPN Minut dan PPK Pembebasan Lahan, berhasil menyepakati beberapa hal penting guna memperlancar proyek tersebut.
“Pada rakor tersebut, Pak Menko Perekonomian Sofian Jalil, mengatakan bahwa pemerintah menargetkan pembangunan jalan Tol Manado - Bitung akan diselesaikan dalam kurun waktu Tiga tahun kedepan. Oleh karenanya pemerintah daerah didesak segera agar segera menuntaskan masalah pembebasan lahan dengan batas waktu hingga Juli 2015. Karena proyek jalan tol diakuinya sering terkendala oleh masalah pembebasan lahan,” ujarnya

Selain masalah pembebasan lahan, dari hasil evaluasi Menko Perekonomian ada beberapa lain yang juga jadi titik permasalahan yang harus segera di selesaikan, agar tidak mengganggu jadwal yang sudah ditetapkan. “Alasan itulah Pak Menteri bersama Pak Gubernur menggelar rakor di Manado, dan syukur rakor itu berhasil menyepakati beberapa poin solusi atas permasalahan yang ada,” ungkap Rondonuwu.
Gubernur Sinyo Harry Sarundajang memberi apresiasi dan terima kasih yang tinggi kepada Menko Perekonomian yang sangat serius menangani proyek Jalan Tol Manado – Bitung, terbukti ditengah kesibukan oleh tugas, Jalil berkesempatan membagi waktu datang ke Manado untuk memimpin rakor bersama stakeholder terkait. “Atas nama pemerintah dan masyarakat Sulut, kami sampaikan terima kasih kepada pak menteri,” kata SHS.
Berikut Hasil Rakor Segmen Sta 0+900 sd 14+000 :
1. Dana untuk pembebasan yang bersumber dari APBN 2015, dana harus sudah ada sesuai kebutuhan, Penanggung jawab Direktur Bintek dan Direktur Bina Marga.
2. Eksekusi segera paling lambat Agustus 2015 lahan tuntas 100 %, Penanggung jawab Pelaksana PPK Pembebasan Lahan dan Panitia Pengadaan Tanah. Catatan: Dana operasional pengukuran tanah agar disediakan oleh Kementerian PU, melalui satker pengadaan tanah
3. Dana APBD sebesar Rp 7 M untuk untuk Sta 0+900 s/d 7+000 harus tuntas akhir Juni 2015, Penanggung jawab Kadis PU Provinsi, ditambah dengan APBD-P Sulut TA 2015 sebesar Rp 19 M harus tuntas paling lambat Oktober 2015. Catatan: Kebutuhan anggaran Rp.19 M diusulkan ditanggung oleh Kementerian PU dan Pera, Penanggung jawab Menko Perekonomian.
4. Tender untuk dana APBNP paling lambat Agustus 2015 sudah kontrak (Syaratnya tanah sudah bebas paling lambat akhir Juli 2015, Penanggung jawab PPK Pembebasan Lahan dan Panitia Pengadaan Tanah/BPN). Menko Perekonomian dan Gubernur Sulut akan menelpon Kakanwil BPN Sulut agar mempercepat pengadaan tanah.
5. Usulan Multi Years Kontrak: Usulan dari Kasatker PJN Wil Satu Sulut di awal Juli 2015 (Satker PJN Satu Sulut) ; Usulan dari Menteri PURERA ke Menkeu pada akhir Juli 2015 (Dir Bina Program Ditjen Bina Marga). Semua usulan ditembuskan ke KPPIP. Menkeu menjawab pada pertengahan Agustus 2015 (Menko Per dan Ka. KKPIP).
6. Proses pelelangan Loan China pendaftaran Pq awal Juni 2015 hasil Pq akhir Juni 2015 (Satker), proses lelang diharapkan paling lambat pertengahan Nopember 2015 (Satker). Perlu di cek Penanggung jawab dari pemerintah Tiongkhok, dan dilaporkan kepada Menko Perekonomian melalui KPPIP
(Satker PJN 1 Sulut). (tribunmanado/susanto amisan)

http://manado.tribunnews.com/2015/05...a-tahun?page=2
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old June 14th, 2015, 07:55 AM   #18
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

North Sulawesi | Manado - Bitung Toll Road | 39 Km | U/C

Juni 13, 2015
Kadis PU Sulut: Akhir Bulan Ini, Pembebasan Lahan Tol Manado-Bitung Ditargetkan Capai 75 Persen

SULUT, (manadotoday.co.id) – Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) Ir. J.E. Kenap, menyatakan, akhir Bulan Juni 2015 ini, pembebasan lahan Tol Manado Bitung, ditargetkan selesai sampai 75 persen.

“Sesuai kesepakatan dengan Menko Ekonomi, pembebasan lahan dari titik 0 sampai 13 kilometer, harus selesai sampai 75 persen,” ujar Kenap.

Dijelaskan dia, untuk saat ini pembebasan lahan proyek Tol Manado-Bitung tersebut telah mencapai 60 persen. Kata dia, proses pembebasan lahan tersebut memiliki beberapa kendala, diantaranya tak cukup anggaran untuk membayar pembebasan lahan.

Disisi lain menurut Kenap, untuk masalah lahan yang berproses di pengadilan, jika tak menemui kata sepakat terkait harga tanah maka diserahkan ke pengadilan.

“Kami harap semua pihak mendukung upaya ini. Ini untuk kepentingan bersama. Apalagi tender proyek sudah dilakukan,” tandas Kenap. (ton)

http://www.manadotoday.co.id/2015/06...medium=twitter


Pantia Tol Janji Tuntaskan Pembebasan Lahan Tahun Ini

Bitung – Asisten Satu Pemkot Bitung, Fabian Kaloh menyatakan, tahun ini Panitia Jalan Tol Manado-Bitung bakal menuntaskan pembebasan lahan. Hal itu terungkap ketika Kaloh menghadiri Rapat Panitia Jalan Tol dipimpin Kakanwil BPN Sulut, Monsel Hutagol bersama Asdatum Kejati, M.Teguh dan Kadis PU Provinsi Sulut, JE Kenap beberapa waktu lalu Kantor Wilayah BPN Sulawesi Utara.

Kaloh mengatakan, dalam rapat itu disepakati, semua tahapan proyek pembebasan lahan jalan tol sesuai aturan sesuai dengan Undang Undang Nomor 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum.

Juga Peraturan Presiden RI Nomor 71 Tahun 2012 tentang Penyelenggaran Tahan Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, Peraturan Presiden RI Nomor 40 Tahun 2014 Perubahan Atas Aturan Perpres RI Nomor 71 Tahun 2012 dan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2014 tentang Perubahan Kedua atas Perpres RI Nomor 71 Tahun 2012.

“Ruas Jalan yang bergeser segera direvisi penetapan lokasinya, Satgas A dan B segera buatkan jadwal untuk turun identifikasi,” kata Kaloh.

Serta minggu depan Kakanwil lata Kaloh, akan turun langsung untuk mengecek semua titik dimulai dari ringroad, koordinasi dengan Pemkot/Camat/Lurah setempat untuk identifikasi lahan, pengumpulan data yuridis dokumen kepemilikan lahan.

“Konsultasi publik tetap dilaksanakan, Biaya pengukuran dan biaya lain-lain akibat kegiatan ini segera diusahakan dan daerah yang siap pembebasan lahannya, secara langsung dilakukan proses pencairan/pembayaran,” katanya.

Selain itu juga disepakat kata dia, pembebasan lahan yang diperuntukan untuk jalur jalan Tol Manado-Bitung melewati daerah Kabupaten Minahasa Utara dan Kota Bitung akan dituntaskan tahun ini. Dan wilayah yang dilewati jalur jalan tol di Kota Bitung antara lain Kecamatan Matuari, Kecamatan Ranowulu, Kecamatan Madidir, Kecamatan Girian dan Kecamatan Maesa.

“Pembebasan lahan untuk jalan tol ditargetkan selesai tahun ini, untuk itu masyarakat dimintakan untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini,” katanya.(*/abinenobm)

http://beritamanado.com/pantia-tol-j...medium=twitter
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old June 25th, 2015, 07:10 PM   #19
desta28
Registered User
 
desta28's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Posts: 2,142
Likes (Received): 431

Ini Foto Terakhir Pembangunan Tol Manado-Bitung dari Titik Nol Kilometer.
23 Juni 2015



http://beritamanado.com/foto-terakhi...ri-titik-0-km/
__________________

Rovers, atmada liked this post
desta28 no está en línea   Reply With Quote
Old June 25th, 2015, 11:43 PM   #20
Cryptalessia
Registered User
 
Cryptalessia's Avatar
 
Join Date: May 2014
Posts: 123
Likes (Received): 24

Proyek Tol Manado-Bitung di Manado

Quote:
sumber
Cryptalessia no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 04:26 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu