search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old April 30th, 2015, 02:44 PM   #1
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

LAMPUNG | Bakauheni - Terbanggi Besar Toll Road | Integrated with Trans Sumatra Toll Road - 140 Km


PROYEK JALAN TOL RUAS BAKAUHENI - TERBANGGI BESAR
LAMPUNG
BUJT oleh Hutama Karya
Kontraktor oleh Konsorsium BUMN,
Pembangunan Perumahan, Waskita Karya, Adhi Karya, & Wijaya Karya







Dan juga bakal dilengkapi Rel KA, jaringan transmisi listrik, pipa gas, dsb



Quote:
Data Teknis Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
  • Panjang Jalan Utama : ±140 km
  • Kecepatan Rencana : 100 km/jam
  • Jalan Akses : 14,50 km
  • Jumlah Lajur
  • Tahap Awal : ( 2 x 2 ) lajur
  • Tahap Akhir : ( 2 x 3 ) lajur
  • Lebar Lajur : 3,60 m
  • Lebar Bahu Luar : 3 m
  • Lebar Median : 5 m (termasuk bahu dalam)
  • Jumlah Simpang Susun : 9 buah
  • Barrier Gate : 1 buah

Rincian Ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
  1. Access Bakauheni : 11 km
  2. Bakauheni - Babatan : 27 km
  3. Babatan - Tegineneng : 59 km
  4. Tegineneng - Terbanggi Besar : 42 km

Ruas ini nantinya terdiri atas sepuluh pintu tol atau simpang susun (IC), yaitu:
  1. Gerbang Tol Bakauheni Port
    Lokasi : KM 03+800
    Jumlah Gardu : 20 buah
  2. Gerbang Tol Bakauheni
    Lokasi : KM 08+800
    Jumlah Gardu : 6 buah
  3. Gerbang Tol Kalianda
    Lokasi : KM 27+800
    Jumlah Gardu : 10 buah
  4. Gerbang Tol Sidomulyo
    Lokasi : KM 38+975
    Jumlah Gardu : 6 buah
  5. Gerbang Tol Lematang
    Pintu Tol dari / ke Jl. Ir. Sutami (Kawasan Industri),
    Alternatif pintu tol dari / ke Kota Bandar Lampung
    Lokasi : KM 74+359
    Jumlah Gardu : 6 buah
  6. Gerbang Tol Kotabaru (Itera)
    Pintu Tol Utama dari / ke Kota Bandar Lampung
    Lokasi : KM 79+530
    Jumlah Gardu : 6 buah
  7. Gerbang Tol Branti
    Pintu Tol Bandara Radin Inten II
    Lokasi : KM 96+507
    Jumlah Gardu : 6 buah
  8. Gerbang Tol Metro / Masgar (Tegineneng)
    Lokasi : KM 108+597
    Jumlah Gardu : 10 buah
  9. Gerbang Tol Gunung Sugih
    Lokasi : KM 130+566
    Jumlah Gardu : 6 buah
  10. Gerbang Tol Terbanggi Besar
    Lokasi : KM 140+412
    Jumlah Gardu : 6 buah

Ground Breaking : Kamis, 30 April 2015
Target Selesai Keseluruhan : 2018 - 2019
Rincian Target Penyelesaian (Tergantung Financial Close serta Pembebasan Lahan)
Seksi 1 : Pertengahan 2018
Seksi 2 : Akhir 2017 - Awal 2018
Seksi 3 : Pertengahan 2018
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; August 4th, 2016 at 09:13 AM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old April 30th, 2015, 02:45 PM   #2
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605



Foto Ground Breaking Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Sabah Balau, Lampung Selatan...






Oleh : @MRF_Info







__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; March 7th, 2016 at 05:22 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old April 30th, 2015, 02:47 PM   #3
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Foto Ground Breaking Jalan Tol Trans Sumatera di Desa Hatta, Bakauheni, Lampung Selatan...
Oleh : Saibumi.com









__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; May 11th, 2015 at 12:23 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old April 30th, 2015, 02:55 PM   #4
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Mohon doa serta dukungannya agar segala proses panjang yang telah dan akan dihadapi ke depan berjalan dengan lancar...


IMG-20150428-WA0029 by eVANDOphotography, on Flickr


IMG-20150428-WA0026 by eVANDOphotography, on Flickr



__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; May 1st, 2015 at 08:04 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 03:10 AM   #5
You_soap
All Izz Well
 
You_soap's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Megapolitan Area Jakarta Raya
Posts: 2,658
Likes (Received): 478

Sudah GB tapi kok ada berita begini juga

Quote:
Dibangun Jokowi Hari ini, Lahan Tol Bakauheni-Palembang Baru Bebas 15%

Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan groundbreaking proyek Tol Trans Sumatera untuk ruas Bakauheni-Bandar Lampung-Palembang bahkan hingga Tanjung Api Api (MBBPT) sepanjang 434 Km. ‎Pembebasan lahan untuk ruas jalan tol yang menjadi bagian Trans Sumatera ini belum tuntas 100%.

Khusus untuk ruas Bakauheni-Palembang 373,4 km yang menjadi prioritas di ruas ini, pembebasan lahannya maksimal 15%.
............................................................
http://finance.detik.com/read/2015/0...-baru-bebas-15
__________________
Your comments show your personality
You_soap no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 03:49 AM   #6
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Ya progress pembebasan lahannya memang masih segitu...
Masih dari berita di atas yg sama, ada tambahan juga kalau pembebasan sama pembangunannya dilakukan bersamaan, tidak harus menunggu sampai semua lahannya bebas...

Quote:
.....

Ia optimistis target penyelesaian pembebasan lahan tol ini bisa tercapai dalam 2 tahun. Ia menegaskan meski belum bebas 100%, pembangunan konstruksi tidak akan menunggu pembebasan lahan tuntas. Pembangunan konstruksi akan berjalan bersamaan dengan pembebasan lahan.

"Bisa 100% target kan dalam 2 tahun selesai. Pembangunan konstruksi nggak nunggu 100%. Kita nggak pakai cara biasa yang lahan 75% harus (baru) jalan. Ini kita sambil bebaskan tanah sambil bangun," kata Djoko.

Djoko menjelaskan, meskipun pola ini dipakai, pihaknya tidak akan sembarangan. Ruas jalan yang terbagi dalam beberapa seksi ini akan difokuskan pada seksi-seksi yang pembebasan lahannya paling menunjukkan kesiapan. Hal ini dimaksudkan agar pembangunan jalan tol bisa langsung dan tidak terputus.

"Jadi Yang dibangun yang paling siap. Terbagi beberapa seksi, seksi yang paling siap yang dibangun. Yang belum siap ditinggal dulu," tuturnya.

.....
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 06:32 AM   #7
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Credit to Milzam Fariz
Masterplan Lama
Foto saat Lampung Fair 2014


IMG-20140518-WA0004 oleh eVANDOphotography, di Flickr


IMG-20140518-WA0007 oleh eVANDOphotography, di Flickr


20140521_192134 oleh eVANDOphotography, di Flickr
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; May 1st, 2015 at 06:30 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 07:50 AM   #8
blendedfunk
Registered User
 
Join Date: Jan 2015
Posts: 22
Likes (Received): 2

Gerbang tol terdekat dari pusat kota bandarlampungnya yg mana nih? Mungkin gak kalo jalur keluar tolnya dipanjangin sampe masuk kota? Jadi kayak di pasteur bandung..
blendedfunk no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 09:19 AM   #9
ahmad_ghozaly
Registered User
 
ahmad_ghozaly's Avatar
 
Join Date: Dec 2012
Posts: 144
Likes (Received): 32

Katanya sih gerbang tol terdekat dr pusat kota yaitu masuk lewat jalur dua korpri..
ahmad_ghozaly no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 01:21 PM   #10
hiurian
Registered User
 
Join Date: Dec 2014
Location: Bandar Lampung - Jakarta Barat
Posts: 31
Likes (Received): 19

Seharusnya sih yg terdekat itu di gerbang tol Jatimulyo, jaraknya 2km dri batas kota Bandar Lampung dan kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan..
hiurian no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 04:13 PM   #11
eijin_kiver
Registered User
 
eijin_kiver's Avatar
 
Join Date: May 2013
Posts: 322
Likes (Received): 36

saya kira tolnya ke arah palembang. Sepertinya ke arah bengkulu dulu baru ke Palembang?
eijin_kiver no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 04:28 PM   #12
ach123
Registered User
 
Join Date: Jan 2011
Location: semarang
Posts: 366
Likes (Received): 70

dari berita lama :

http://nasional.kompas.com/read/2014...an.Tol.Sumatra

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mendorong pengembangan kawasan di Pulau Sumatera, serta mendukung pertumbuhan perekonomian nasional, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mencanangkan untuk melakukan pembangunan ruas Jalan Tol di Sumatera dari Bakauheni sampai Banda Aceh. Kebijakan Pemerintah ini ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 100 Tahun 2014 tentang Percepatan Pembangunan Jalan Tol di Sumatera, yang ditandatangani oleh Presiden SBY pada 17 September 2014 lalu.
ach123 no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 04:45 PM   #13
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Quote:
Originally Posted by eijin_kiver View Post
saya kira tolnya ke arah palembang. Sepertinya ke arah bengkulu dulu baru ke Palembang?
Ke Bengkulu dari mana?
Jelas2 ini dari dan menuju ke arah Utara Sumatera...
Sepertinya juga masih sulit membuat tol ke arah Barat Sumatera seperti Bengkuku, krn daerah rawan bencana tersebut...


Quote:
Originally Posted by blendedfunk View Post
Gerbang tol terdekat dari pusat kota bandarlampungnya yg mana nih? Mungkin gak kalo jalur keluar tolnya dipanjangin sampe masuk kota? Jadi kayak di pasteur bandung..
Amin... Semoga ya...
Quote:
Originally Posted by ahmad_ghozaly View Post
Katanya sih gerbang tol terdekat dr pusat kota yaitu masuk lewat jalur dua korpri..
Quote:
Originally Posted by hiurian View Post
Seharusnya sih yg terdekat itu di gerbang tol Jatimulyo, jaraknya 2km dri batas kota Bandar Lampung dan kecamatan Tanjung Bintang, Lampung Selatan..
Jarak Pintu Tol (exit tol) ini dgn batas Kota Bandar Lampung sekitar 2 km...
Pintu exit menuju ke Bandar Lampung di dekat Institut Teknologi Sumatera nanti exitnya menuju jalur dua akses ke Kota Baru Jatiagung (Bandar Negara) dan ke jalur dua KORPRI...
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; September 6th, 2015 at 12:02 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 06:09 PM   #14
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Tambahan sisa-sisa foto kemarin...

Ini ada patok tolnya, lokasi di dekat Institut Teknologi Sumatera,
Ini lokasinya di STA 80+200, kalau tolnya sudah jadi, kira2 gw berada di Km 80+200


20150430_153855 by eVANDOphotography, on Flickr


20150430_153929 by eVANDOphotography, on Flickr
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

MarkLanegan liked this post

Last edited by eVANDOpriyanto; May 1st, 2015 at 07:55 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 07:33 PM   #15
lampung_gech
Puja Kesuma
 
lampung_gech's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: LPG-JOG-MKS-SMD-BJM-KDI-MMJ
Posts: 1,756
Likes (Received): 141

Quote:
Originally Posted by eVANDOpriyanto View Post
Ke Bengkulu dari mana?
Jelas2 ini dari dan menuju ke arah Utara Sumatera...
Sepertinya juga masih sulit membuat tol ke arah Barat Sumatera seperti Bengkuku, krn daerah rawan bencana tersebut...



Amin... Semoga ya...


Jarak Pintu Tol (exit tol) ini dgn batas Kota Bandar Lampung sekitar 2 km...
Pintu exit menuju ke Bandar Lampung kalau gak salah ada dua...
Pertama di lokasi GB kemarin di Sabah Balau, dekat Lap. Golf Sukarame...
Satu lagi di Way Hui, dekat Institut Teknologi Sumatera nanti exitnya menuju jalur dua akses ke Kota Baru Jatiagung (Bandar Negara) dan ke jalur dua KORPRI...
.

Exit tol untuk masuk kawasan panjang kok ga ada ya.... Bahkan daerah babatan pun ngga dikasih akses... daerah bandara branti juga ga ada ya... Jati agung ke branti lumayan jauh kan, moga2 untuk kota bandarlampung dan sekitarnya bisa dibuat beberapa pintu, akses ke panjang, jatiagung, Natar/branti

Sektor usaha di sepanjang jalan bakauheni- tarahan pasti bakal terkena imbas karna adanya tol ini, utamanya usaha SPBU dan rumah makan.... Untuk akses sepanjang jalur lampung selatan saya setuju tetap diberi 2 pintu saja, kalianda dan sidomulyo.. Biar jalinsum bakauheni-tarahan tidak terlalu sepi
lampung_gech no está en línea   Reply With Quote
Old May 1st, 2015, 07:43 PM   #16
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

IMO, sepertinya akses tol dari dan menuju Bandar Lampung itu ada banyak...
Yang utama kedua pintu tol (Itera & Sabah Balau) diatas tersebut...
Sisanya sebagai alternatif (seperti Lematang, Natar, dsb)...
Coba lihat ke sini bro...

Credit to Hery Riyanto


Kalau dilihat gambar di atas, dari Kawasan Industri Tanjungbintang bisa diakses melalui pintu tol Lematang...
Ini bisa juga akses ke daerah Panjang, By-Pass, Bandar Lampung...
Kalau rencananya belum berubah, kedepannya Natar juga dikasih pintu tol juga kok...
Kalau mau ke Bandara Radin Inten II kurang tahu apakau lewat pintu tol Natar itu, atau justru punya pintu tol bandara tersendiri...

Hmmm, kita lihat saja nanti realisasi ke depannya...
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Amien balam Sewu liked this post

Last edited by eVANDOpriyanto; July 17th, 2016 at 04:07 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 2nd, 2015, 04:10 AM   #17
lazioye
Registered User
 
lazioye's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Muria Raya
Posts: 2,806
Likes (Received): 548

Quote:
Originally Posted by eijin_kiver View Post
saya kira tolnya ke arah palembang. Sepertinya ke arah bengkulu dulu baru ke Palembang?
Oiya ke bengkulu dr Lampung itu aksesnya sering longsor di Fajar Bulan - Liwa - Krui. Kalaupun lewat Kota Agung - Ngambur juga full belokan jalannya. Dekat pesisir Utara juga hancur jalannya.

Kalau mau menghubungkan kota-kota dipesisir Pantai Barat dengan jalan tol memang cukup rumit tapi depannya harus dipikirkan Pemerintah.

Mungkinkah nanti bakal ada tol Trans Sumatra yang menyusuri pantai barat Sumatera. (Lampung - Kota Agung- Krui - Bengkulu- Padang - Padang Sidimpuan - Sibolga - Meulaboh) wkwkwk...
lazioye no está en línea   Reply With Quote
Old May 2nd, 2015, 12:26 PM   #18
bama84
Registered User
 
Join Date: May 2008
Posts: 1,647
Likes (Received): 70



kalau pantai barat medannya pegunungan bukit barisan, lebih sulit pastinya.
bama84 no está en línea   Reply With Quote
Old May 3rd, 2015, 03:59 PM   #19
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Menteri Basuki Siap Cairkan Dana Pembebasan Lahan Tol
Minggu, 03 Mei 2015 | 17:16 WIB


Quote:
BANDAR LAMPUNG -- Ketua tim I persiapan pembebasan lahan ruas tol Bakauheni-Terbangibesar Adeham menyatakan bahwa pengerjaan jalan tol langsung akan dimulai oleh PT Hutama Karya (HK) mulai minggu ini. "Kami kerja jalan terus, nanti 6-7 Mei konsultasi publik di Kecamatan Jatiagung," ujar Adeham kepada Lampost.co, Minggu (3/5/2015)

Menurutnya, pencairan dana pembangunan jalan tol bisa dicairkan setelah pelantikan pejabat eselon I Kementrian Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat (Kementerian PU dan Pera). "Sebab yang meneken anggaran itu kan pejabat definitif," kata dia.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat M. Basuki Hadimuljono menegaskan pihaknya saat ini telah merampungkan nomenklatur di lembaganya. "Sudah selesai semua dari minggu kemarin, kemudian pekan ini saya akan melantik para pejabat eselon I," ujar Basuki, saat mendampingi Presiden Joko Widodo groundbreaking tol trans Sumatera, Kamis (30/4/2015).

Dengan demikian, lanjut dia, pembangunan jalan tol tidak ada lagi masalah karena dana tersebut dapat segera dicairkan. "Kapan pemerintah daerah siap dan mana saja warga yang sudah siap untuk diganti rugi, kami siap," katanya.

Dia menambahkan tim appraisal yang diketuai oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) harus segera dibentuk. BPN akan mengukur ulang tanah warga yang terkena tol, kemudian akan dinilai oleh tim appraisal.
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang

Last edited by eVANDOpriyanto; May 4th, 2015 at 12:07 PM.
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote
Old May 4th, 2015, 12:49 PM   #20
eVANDOpriyanto
#MakingYourCityWOW
 
eVANDOpriyanto's Avatar
 
Join Date: Nov 2011
Location: Bandarlampung, Lampung
Posts: 8,944
Likes (Received): 3605

Minggu, 03 Mei 2015 | 22:56
Wali Kota: Jalan Tol Tingkatkan Perekonomian Bandarlampung


Quote:
Bandarlampung - Walikota Bandarlampung Herman HN mengatakan, keberadaan jalan tol Trans Sumatera kendati tidak langsung melintasi daerah itu, tetap akan meningkatkan perekonomian Kota Bandarlampung dan menambah peluang kerja bagi warga.

"Dengan adanya jalan tol yang sudah dinantikan warga Bandarlampung, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian daerah ini dan meningkatkan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak," kata Herman HN di Bandarlampung, Minggu (3/5).

Dia menegaskan, dengan adanya jalan tol ini pastinya akan ada tempat peristirahatan/ terlebih pintu tol dipastikan tidak akan jauh dari Kota Bandarlampung sehingga juga akan banyak penyerapan tenaga kerja untuk masyarakat.

Herman menyatakan, nantinya akan lebih banyak hotel yang dibangun di Kota Bandarlampung, mengingat lokasinya yang strategis untuk beristirahat, sehingga akan mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD) Kota Tapis Berseri ini.

"Mudah-mudahan pengangguran tidak akan ada lagi di kota kita dan perekonomian warga meningkat," katanya pula.

.....
__________________
Let's Support for Successfull
18th Asian Games 2018
Jakarta & Palembang
eVANDOpriyanto no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 01:50 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu