search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old September 20th, 2015, 06:15 PM   #21
The Karma
Registered User
 
The Karma's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Location: Jakarta
Posts: 1,343
Likes (Received): 331

Quote:
Originally Posted by iksan saja View Post
...Mesjid ini cukup Iconic design bentuk dan konsepnya sebatas masih bangunan arsitek dan konstruksinya..tetapi apakah bisa mendorong masyarakat untuk memaksimalkan fungsi mesjid ini ? ruang arsitek dan akses menuju mesjid ini menjauhkan dengan masyarakat mengingat tempat yang sangat menjorok ketengah laut....semoga fungsi mesjid ini kelak bisa maksimal mejadi daya tarik orang berkunjung dan menghidupkan mesjid bukan hanya sebagai pajangan bermegah megahan...*Alhakumut takasur*...
The Karma no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old September 20th, 2015, 06:16 PM   #22
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Quote:
Originally Posted by sherif_claude View Post
Apa tidak bisa di elakkan itu kawasan kota tua, sayang sekali ya, jembatan megah kapanpun bisa di bangun, tapi situs gedung tua dan bersejarah bagaiman mau membangunnya kembali, menurut gue jauh lebih mahal kota tua dari pada sebuah jembatan kabel.
sebenarnya udah ada penolakan keras dr warga keturunan cina dan masarakat kota lama tp semua kalah dengan ambisiusnya pemprov sultra.. jd mau gak mau warga tergusur. semua udah hancur sisa 22 bangunan yg belum digusur..
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 20th, 2015, 06:32 PM   #23
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Quote:
Originally Posted by The Karma View Post
...Mesjid ini cukup Iconic design bentuk dan konsepnya sebatas masih bangunan arsitek dan konstruksinya..tetapi apakah bisa mendorong masyarakat untuk memaksimalkan fungsi mesjid ini ? ruang arsitek dan akses menuju mesjid ini menjauhkan dengan masyarakat mengingat tempat yang sangat menjorok ketengah laut....semoga fungsi mesjid ini kelak bisa maksimal mejadi daya tarik orang berkunjung dan menghidupkan mesjid bukan hanya sebagai pajangan bermegah megahan...*Alhakumut takasur*...
maf sy salah posting sebenarnya td ini mau di posting di kendari D&D bsk sy perbaiki lg..
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 04:52 AM   #24
HeeDZ
Registered User
 
HeeDZ's Avatar
 
Join Date: Aug 2015
Location: CXP - SRG - BTH
Posts: 92
Likes (Received): 19

Sayang sekali kalau harus mengorbankan situs sejarah seperti itu..
Apa di lapangan memang sudah ada solusi lain atau lewat lahan lain yang tidak harus mengorbankan situs tsb? walaupun jadinya memutar dan tambah jauh, tetapi menurut saya lebih worthed dibandingkan harus menghancurkan bangunan kuno itu.
HeeDZ no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 04:56 AM   #25
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 1,681
Likes (Received): 171

Quote:
Originally Posted by sherif_claude View Post
Apa tidak bisa di elakkan itu kawasan kota tua, sayang sekali ya, jembatan megah kapanpun bisa di bangun, tapi situs gedung tua dan bersejarah bagaiman mau membangunnya kembali, menurut gue jauh lebih mahal kota tua dari pada sebuah jembatan kabel.
Gak bisa, pasti kena. karena kebetulan kawasan kota tua itu ada di pintu masuk teluk Kendari. Itu jarak yang terdekat dan paling pas bikin jembatan. Bisa aja digeser agak ke selatan dikit, tapi tetep aja kota tua kena imbas pelebaran jalan dan kawasan... Intinya sih untuk jembatan ini sudah umurnya kota tua sampe sekarang saja...

Kecuali pemerintah duitnya berlebih, bikin jembatannya agak ke tengah teluk deket Lanal dan TPI. Tapi ya masa demi kota tua harus mengorbankan pembangunan yang jauh lebih mahal, dan fungsinya jd gk terlalu optimal karena terlalu dekat dg jalan yg ada skrg...
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 07:25 AM   #26
Manise
Registered User
 
Manise's Avatar
 
Join Date: Mar 2013
Posts: 1,232
Likes (Received): 256

Mantap en sukses untuk kota kendari
__________________
Ayooo Mangente kemajuan Kota Ambon .....

iksan saja liked this post
Manise no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 08:32 AM   #27
The Karma
Registered User
 
The Karma's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Location: Jakarta
Posts: 1,343
Likes (Received): 331

Quote:
Originally Posted by spetznaz_kdi View Post
Gak bisa, pasti kena. karena kebetulan kawasan kota tua itu ada di pintu masuk teluk Kendari. Itu jarak yang terdekat dan paling pas bikin jembatan. Bisa aja digeser agak ke selatan dikit, tapi tetep aja kota tua kena imbas pelebaran jalan dan kawasan... Intinya sih untuk jembatan ini sudah umurnya kota tua sampe sekarang saja...

Kecuali pemerintah duitnya berlebih, bikin jembatannya agak ke tengah teluk deket Lanal dan TPI. Tapi ya masa demi kota tua harus mengorbankan pembangunan yang jauh lebih mahal, dan fungsinya jd gk terlalu optimal karena terlalu dekat dg jalan yg ada skrg...
... Ya memang sebaiknya memang bukan asal gusur..tapi ada penjelasan yang menampung aspirasi warga ...Mungkin dilihat lagi skala kota tuanya sejauh mana ..apakah sama pemkot kendari sudah dimasukkan sebagai kawasan Bangunan Cagar Budaya atau heritage building yang harus dijaga kelestariannya ? ada banyak kriteria suatu kawasan heritage town bisa dilestarikan dan dijaga selain memang tempat itu memiliki nilai histori dan juga memiliki nilai artistik estetika tapi alangkah bijaknya jika Pemkot kendari yang sudah terlanjur menggusur nantinya memberikan ruang / tanda pijakan2 trotoar atau semacam ruang monumen plaza / diorama untuk mengenang asal usul komunitas kota kendari jika memang itu asal usul kawasan satu-satunya yang menyatu diujung jembatan tempat kawasan tersebut... sehingga nilai jembatan itu semakin menyatu dengan histori kota kendari nantinya sebagai usulan tinjauan sosio arsitek kota....IMHO
__________________

Adpenturz, IlhamBXT liked this post

Last edited by The Karma; September 21st, 2015 at 08:38 AM.
The Karma no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 01:45 PM   #28
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 02:36 PM   #29
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Oktober, Kontrak Jembatan Bahteramas Ditandatangani



Quote:
ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pembangunan jembatan Bahteramas atau jembatan Teluk Kendari akhirnya akan segera dimulai. Penandatangan kontrak proyek pembangunan jembatan itu akan dilaksanakan pertengahan Oktober 2015.

Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) mengatakan proses tender untuk pembangunan proyek jembatan tersebut sudah selesai. Saat ini tinggal menunggu pemenangnya yang akan diumumkan dalam waktu 1 atau 2 minggu ini.

“Pemerintah Provinsi Sultra telah berhasil menyelesaikan masalah pembangunan jembatan itu dan mendapat dukungan pemerintah pusat,” kata Nur Alam usai mengikuti rapat paripurna di sekretariat DPRD Sultra, Senin (21/9/2015).

Nur Alam mengatakan penandatanganan kontrak akan dilakukan di Jakarta yang akan disaksikan langsung oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat .

Menyambut hal itu, dia juga meminta pimpinan DPRD Sultra dan komisi terkait untuk hadir dalam penandatangan itu.

“Peletakkan batu pertama akan segera dilakukan setelah penandatangan kontrak. Hal ini sekaligus memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan masyarakat selama ini, apakah benar bangunan itu akan terbangun atau tidak,” ujar Nur Alam.
http://www.zonasultra.com/daerah/sul...ditandatangani
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 04:46 PM   #30
sherif_claude
Registered User
 
sherif_claude's Avatar
 
Join Date: Jan 2011
Location: Tangerang selatan
Posts: 8,217
Likes (Received): 1431

Quote:
Originally Posted by spetznaz_kdi View Post
Gak bisa, pasti kena. karena kebetulan kawasan kota tua itu ada di pintu masuk teluk Kendari. Itu jarak yang terdekat dan paling pas bikin jembatan. Bisa aja digeser agak ke selatan dikit, tapi tetep aja kota tua kena imbas pelebaran jalan dan kawasan... Intinya sih untuk jembatan ini sudah umurnya kota tua sampe sekarang saja...

Kecuali pemerintah duitnya berlebih, bikin jembatannya agak ke tengah teluk deket Lanal dan TPI. Tapi ya masa demi kota tua harus mengorbankan pembangunan yang jauh lebih mahal, dan fungsinya jd gk terlalu optimal karena terlalu dekat dg jalan yg ada skrg...

Untuk sebuah jembatan kabel itu mungkin 1-2 dekade mendatang tidak menarik lagi karena mungkin Kendari akan punya bangunan monumental lain yang bisa di bikin seperti jembatan yang lebih wah lagi di lokasi lain, tapi kalau kota tua 1-2 dekade mendatang kalau tetap di lestarikan akan jadi sesuatu yang sangat berharga dan mahal, ya sudahlahlah nasi udah jadi bubur, selamat buat jembatannya mudah-mudahan prosesnya lancar tanpa kendala cepat terselesaikan.
__________________
Cintai pekerjaanmu, maka everyday is a Holiday

Adpenturz liked this post
sherif_claude no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2015, 06:48 PM   #31
Adpenturz
Registered User
 
Adpenturz's Avatar
 
Join Date: Nov 2010
Location: Cidade de Amboino
Posts: 6,023
Likes (Received): 1577

Saya print screen dari video youtube diatas...ternyata total panjangnya berbeda ya...? Apa mungkin saya yang salah mengerti..



Adpenturz no está en línea   Reply With Quote
Old September 22nd, 2015, 01:10 AM   #32
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Quote:
Originally Posted by Adpenturz View Post
Saya print screen dari video youtube diatas...ternyata total panjangnya berbeda ya...? Apa mungkin saya yang salah mengerti..




sy jg agak bingung animasi yg ini.. knpa cm 700an meter.. padahal panjang aslinya jembatan lebih dr 1000meter..
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 22nd, 2015, 02:23 AM   #33
Adpenturz
Registered User
 
Adpenturz's Avatar
 
Join Date: Nov 2010
Location: Cidade de Amboino
Posts: 6,023
Likes (Received): 1577

Quote:
Originally Posted by iksan saja View Post
sy jg agak bingung animasi yg ini.. knpa cm 700an meter.. padahal panjang aslinya jembatan lebih dr 1000meter..
Kemungkinan panjang Jembatan yang terhitung 700 meter-an itu adalah bentang Jembatan yang berada diatas air. Ada juga bentang Jembatan ya berada diatas daratan daratan kalau ditotal menjadi 1360 M. Seperti di JMP Ambon, bentang Jembatan yang berada diatas air itu 1.060 meter . . Ditotal dengan bentang Jembatan yg berada diatas daratan menjadi 1.117 meter.

Tapi kalaupun memang begitu masak selisih panjangnya dengan diannimasi hari 2 kali lipat ya? Apa di video yang salah?
Adpenturz no está en línea   Reply With Quote
Old September 22nd, 2015, 02:51 AM   #34
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Quote:
Originally Posted by Adpenturz View Post
Kemungkinan panjang Jembatan yang terhitung 700 meter-an itu adalah bentang Jembatan yang berada diatas air. Ada juga bentang Jembatan ya berada diatas daratan daratan kalau ditotal menjadi 1360 M. Seperti di JMP Ambon, bentang Jembatan yang berada diatas air itu 1.060 meter . . Ditotal dengan bentang Jembatan yg berada diatas daratan menjadi 1.117 meter.

Tapi kalaupun memang begitu masak selisih panjangnya dengan diannimasi hari 2 kali lipat ya? Apa di video yang salah?

iya bisa jd 700 meter yg ada di atas air sisanya di daratan. jd total 1360 meter total keseluruhan.
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 24th, 2015, 06:40 AM   #35
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Oktober, Jembatan Bahteramas Kendari Siap Dikerjakan

Quote:

KLIKSULSEL.COM , KENDARI – Ambisi Gubernur Sultra Nur Alam untuk mewujudkan pembanguan mega proyek Jembatan Teluk Kendari yang awal namanya Jembatan Bahteramas segera terwujud. Belum lama ini tim dari Kementrian Pekerjaan Umum (PU) menemui gubernur dalam rangkan berkonsultasi untuk menentukan pemenang lelang tender proyek yang direncanakan dari tiga tahun lalu itu.
“Rabu lalu tim dari Kemenrian PU ke Kendari, telah melakukan semacam konsultasi dan peninjauan akhir untuk persiapan pemenang lelang Jembatan Teluk Kendari,” aku Nur Alam, dihadapan peserta rapat paripurna DPRD Sultra.
Dirinya memastikan pada September, Kementrian PU akan menetapkan pemenang lelang mega proyek yang direncanakan akan menelan anggaran sekitar Rp 750 miliar itu. Sehingga, kata pasangan HM Saleh Lasata ini penandatangan kontrak akan dilakukan dipertengahan Oktober.
Tim Kementrian PU masih kata mantan Wakil Ketua DPRD Sultra ini akan merencanakan dua agenda dalam pembangunan Jembatan Teluk Kendari yakni penandatangan kontrak yang akan dilakukan didepan Menteri PU Basuki Hadimuljono di Jakarta dan selanjutnya akan ada peletakan batu pertama yang akan dilakukan di Kendari yang dilanjutkan dengan pemancanagan.
“Penandatanagannya akan dilakukan di Jakarta dihadapat Menteri PU yang akan saya hadiri, Ketua DPRD Sultra,” katanya.
Sehingga, tambah Nur Alam peletakan batu pertama dan pemancangan sebagai awal pembanguan jembatan dengan panjang sekitar 1300 meter ini sekaligus menjawab keraguan masyarakat yang selama ini terjadi. Dengan komitmen dan perjuangan Pemprov Sultra dalam mendukung terealisasinya proyek multiyer ini medapat respon positif dari pemerintah pusat.
Sebelumnya, Kadis PU Sultra La Ode Saidin mengaku proyek besar yang didanai APBN itu diperebutkan puluhan perusahaan dalam negeri dan luar negeri. Setidaknya ada sekitar 50 perusahaan yang ikut dalam lelang tender Jembatan Teluk Kendari.
“Ada sekitar 50 perusahaan yang mengikuti tender, sebagian berasal dari luar negeri,” akunya belum lama ini.
Selanjutnya kata mantan Kabid Binamarga PU Sultra ini, setelah ditetapkannya perusahaan pemenang tender tersebut, maka tahapan pembangunan jembatan Teluk Kendari dipastikan sudah bisa dimulai tanpa ada penundaan lagi. Dirinya optimis jika proses tanda tangan kontrak dapat dilakukan sebelum masuk Oktober.
“Sehingga paling lambat Oktober sudah dimulai pemancangan tiang jembatan dan peletakan batu pertamanya,” tukasnya.
(cr3/b/mat/rakyatsultra)
kliksulsel.com/2015/09/oktober-jembatan-bahteramas-kendari-siap-dikerjakan/
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 24th, 2015, 06:43 AM   #36
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Jembatan Bahteramas Bakal Dikerjakan Dua BUMN "Rahasia"

Quote:
SULTRAKINI.COM: KENDARI - Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam belum bisa memastikan pemenang tender proyek jembatan Bahteramas. Ia hanya menyebutkan jumlah nominasi yang bakal mengerjakan proyek ini.
"Nominasinya hanya dua, tapi kita belum memastikan pemenangnya . Yang jelas dua-duanya adalah BUMN," ucapnya di DPRD Provinsi Sultra (22/9/2015).
Lanjut Nur Alam, kedua BUMN tersebut tidak akan bekerja sendiri pada pembangunan jembatan Bahteramas. Keduanya akan menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan.
Nur Alam mengatakan, kontraknya akan dimulai pertengahan Oktober tahun ini. Kalaupun ada keterlambatan, maka akan dikerjakan akhir Oktober.
Nur Alam menambahkan, pihaknya sudah melakukan konsultasi mengenai proyek ini. Konsultasi tersebut untuk menerima masukan dari pemerintah daerah terkait soal teknis pengerjaan. Seperti pembebasan tanah, pembersihan lokasi, dan penutupan jalur jalan sekitar lokasi.
www.sultrakini.com/2014/content/view/50196/493/

bisa di tebak ini 2 pemenang tender bisa jd adhi karya dan wika karya
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old September 25th, 2015, 07:45 AM   #37
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 1,681
Likes (Received): 171

Quote:
Originally Posted by sherif_claude View Post

Untuk sebuah jembatan kabel itu mungkin 1-2 dekade mendatang tidak menarik lagi karena mungkin Kendari akan punya bangunan monumental lain yang bisa di bikin seperti jembatan yang lebih wah lagi di lokasi lain, tapi kalau kota tua 1-2 dekade mendatang kalau tetap di lestarikan akan jadi sesuatu yang sangat berharga dan mahal, ya sudahlahlah nasi udah jadi bubur, selamat buat jembatannya mudah-mudahan prosesnya lancar tanpa kendala cepat terselesaikan.
Ya mau bagaimana lagi, pilihannya cuma dua, lestarikan kota tua atau bikin jembatan, dan keduanya saling bertolak belakang...

Dan pilihannya adalah bikin jembatan, jadi selamat membangun...
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old October 13th, 2015, 08:50 AM   #38
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Satu Tahun Jokowi, Ini Perkembangan Proyek Infrastruktur

Quote:

Selain itu, Kementeria PU dan Pera juga sudah melakukan beberapa proyek baru . Diantarannya, proyek pembangunan 13 bendungan yang sudah dalam progres 54 persen, program sejuta rumah yang sudha terbangun 512.928 unit, jalan tol trans Jawa, trans Sumatera, jalan perbatasan, jembatan Holtekamp dan jembatan Teluk Kendari.
"Dari total anggaran tahun ini sudah terserap Rp 53,8 triliun atau 44,74 persen. Memang sedikit lebih rendah dari target penyerapan 48,51 persen," pungkasnya.
m.okezone.com/read/2015/10/13/320/1231023/satu-tahun-jokowi-ini-perkembangan-proyek-infrastruktur


tinggal nunggu progres dilapangan..nih
iksan saja no está en línea   Reply With Quote
Old October 16th, 2015, 08:46 AM   #39
chibiyabi
Registered User
 
Join Date: May 2013
Location: majalengka
Posts: 606
Likes (Received): 174

Quote:
Originally Posted by sherif_claude View Post

Untuk sebuah jembatan kabel itu mungkin 1-2 dekade mendatang tidak menarik lagi karena mungkin Kendari akan punya bangunan monumental lain yang bisa di bikin seperti jembatan yang lebih wah lagi di lokasi lain, tapi kalau kota tua 1-2 dekade mendatang kalau tetap di lestarikan akan jadi sesuatu yang sangat berharga dan mahal, ya sudahlahlah nasi udah jadi bubur, selamat buat jembatannya mudah-mudahan prosesnya lancar tanpa kendala cepat terselesaikan.
tergantung pemdanya, empat sisi daratannya bisa dijadikan taman rekreasi untuk masyarakat, kyk jembatan ampera
chibiyabi no está en línea   Reply With Quote
Old October 16th, 2015, 11:15 AM   #40
iksan saja
Registered User
 
iksan saja's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: nganjuk,jawa timur - kendari,sulawesi tenggara
Posts: 3,416
Likes (Received): 585

Lanal Kendari Akan Bebaskan Teluk Kendari Dari Ranjau

Quote:

Kendari, Metropol – Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Laut Kendari akan sepenuhnya mendukung program Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam upaya mensterilkan perairan Teluk Kendari dari ranjau.
Pembebasan perairan Teluk Kendari dari ranjau dimaksudkan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam upaya membangun Jembatan penyeberangan yang menghubungkan Kota Lama dengan Kelurahan Talia. Hal itu disampaikan oleh Danlanal Kendari Kolonel Laut (P) Aris Harijadi W, SH kepada sejumlah wartawan Senin (12/10) usai menghadiri acara Lounching Festival Pulau Bokori tahun 2015. ” Sebelum dibangun akan dilakukan survey dan pendeteksian,” ujar Aris.
Lebih lanjut Alumnus AAL tahun 1992 ini mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan koordinasi dengan Pemprov Sultra. Sebagaimana diketahui Teluk Kendari merupakan salah satu perairan yang menjadi medan pertempuran dalam Perang Dunia (PD) II antara tentara Jepang melawan tentara Sekutu. Saat ini Pemprov Sultra merencanakan Pembangunan jembatan penyeberangan yang membelah Teluk Kendari menghubungkan Kota Lama dan Kelurahan Talia untuk mempermudah akses transportasi masyarakat yang selama ini menggunakan perahu motor, “pungkas Kolonel Laut Aris Harijadi.
Selain itu, dengan adanya jembatan penyeberangan yang diklaim sebagai jembatan terpanjang di Sultra ini diharapakan meningkatkan mobilitas kerja dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Kendari, ” terang Aris
newsmetropol.com/lanal-kendari-akan-bebaskan-teluk-kendari-dari-ranjau/
iksan saja no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 05:24 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu