search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old February 5th, 2016, 11:12 AM   #21
Wicak_15
My (Future) Girlfriend
 
Join Date: Jan 2010
Location: Jakarta
Posts: 4,117
Likes (Received): 2016


Kalo aku bilang HST ini sejatinya gak seluas thread Indonesia Airport (link: http://www.skyscrapercity.com/showth...76411&page=208) dimana thread tsb juga bahas bandara2 rintisan yang notabenenya bandara kecil2. Dan itu jumlahnya udah gak kehitung lagi. Sehingga memang mau ndak mau bandara2 besarnya dibuat thread khusus. Tapi kalo HST kan proyeknya juga gak sebanyak bandara2 rintisan (bahkan jumlahnya masih bisa dihitung sama jari 1 tangan) dan gak seperti di Tiongkok yg bangun HST itu udah kagak bisa dihitung lagi bagi orang awam. IMO thread yang lama masih bisa mengakomodir materi2 teknis dan konstruksi. Kecuali kalo bpk Presiden bilang HST harus dibangun di pulau Jawa & Sumatra dan itu pasti langsung banyak. Tapi jujur sesungguhnya mungkin sedikit pesimis akan hal itu.

Sebaiknya didiskusi aja sama momod enaknya kayak gimana. Soalnya aku bilang ini tetap jatuh2nya double thread. Plus juga gak menjamin disini bebas diskusi panjang sampai melarr (kayak kasus T3 Soetta yang sampai sekarang kagak kelar2)
__________________

endar liked this post
Wicak_15 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old February 5th, 2016, 11:18 AM   #22
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

iya kang, saya coba contact ,mods dl
trims kang
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 5th, 2016, 01:41 PM   #23
qew
Registered User
 
Join Date: Jun 2015
Posts: 63
Likes (Received): 24

Kang Endar, mungkin banyak forumer SSC yang masih anggap kereta cepat itu mBullet Train
Saya padahal sudah usul pasca groundbreaking harus mulai dibuatkan thread khusus tentang teknis, konstruksi, ToD tentang kereta cepat ini
Tapi bener juga sih, enaknya di Subforum Railway and Station cocoknya Kang
__________________

endar liked this post
qew no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 01:55 AM   #24
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

terimakasih kang, saya sudah bekonsultasi dengan momod untuk penempatan, sementara saya menunggu informasi lanjut dari momods

__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 01:55 AM   #25
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

Bappenas Desak Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dikebut
Jum'at, 12 Februari 2016 | 22:01 WIB



Quote:
TEMPO.CO, Jakarta - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas meminta PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mempercepat proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dengan segera melengkapi izin, dan memulai pengerjaan fisik.

Pengerjaan fisik kereta cepat perlu segera dilakukan untuk menunjukkan kemajuan megaproyek tersebut dan menjaga target selesainya pembangunan proyek pada 2018, kata Direktur Transportasi Kementerian PPN/Bappenas Bambang Prihartono di Jakarta, Jumat (12 Februari 2016).

Kemajuan fisik proyek tersebut, menurut Bambang, akan meminimalkan terjadinya perubahan kebijakan oleh pemerintah baru setelah pergantian periode pemerintahan pada 2019.

Bambang mengatakan KCIC memang telah meminta jaminan risiko politik, yakni jaminan konsistensi kebijakan jika terjadi pergantian pejabat. Bambang menilai permintaan itu adalah hal wajar, mengingat nilai investasi proyek kereta cepat yang mencapai Rp77 triliun dan izin konsensi yang diberikan selama 50 tahun.

Bambang belum bisa menyebutkan apakah pemerintah akan menjamin risiko politik proyek kereta cepat ini. Menurutnya, KCIC sebaiknya fokus saja untuk mempercepat pengerjaan proyek.

Jika pada 2019, proyek kereta cepat belum selesai, namun telah menunjukkan kemajuan yang berarti, kata Bambang, pemerintah yang baru pun akan sulit untuk menghentikan atau mengubah kebijakan untuk proyek tersebut.

"Sebenarnya tidak perlu dikhawatirkan, karena kalau sudah ada pengerjaan fisik yang memadai, ya bisa saja dilanjutkan. Seperti Jembatan Suramadu digagas Megawati, tapi dilanjutkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono," kata dia.

Bambang mengatakan, sejauh ini, jaminan pemerintah sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 3 Tahun 2016 adalah jaminan kemudahan izin saja.
https://bisnis.tempo.co/read/news/20...andung-dikebut
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 01:56 AM   #26
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

Kemenhub Belum Beri Izin
Jalur KA Cepat Jakarta-Badung Lintasi Patahan Sumber Gempa


http://poskotanews.com/2016/02/03/ja...-sumber-gempa/


Quote:

JAKARTA (Pos Kota) – Pembangunan jalur Kereta Api (KA) cepat Jakarta – Bandung, akan melalui wilayah Zona Sesar/patahan aktif sebagai sumber gempa bumi. Kementerian Perhubungan pun belum menerbitkan izin.

“Ada beberapa kekurangan dokumen yang belum dilengkapi oleh PT. KCIC (Kereta Cepat Indinesia Cina), yaitu dokumen terkait rancangan bangunan, gambar teknis, data lapangan, spesifikasi teknis dan analisa dampak lingkungan (Amdal),” kata Dirjen Perkeretaapian Kementrian Perhubungan Hermanto Dwiatmoko, Jakarta, Rabu(3/2/2016)

Menurutnya, PT KCIC sudah pernah melakukan survei lapangan untuk melihat kondisi wilayah yang akan dijadikan jalur Kereta Cepat Jakarta – Bandung. Namun, mereka tidak mengikut- sertakan BMKG dalam survei tersebut. “Ternyata jalur yang akan dilalui merupakan wilayah Zona Sesar,” katanya.

Dirjen Hermanto mengatakan, berdasarkan surat kepala BMKG Nomor: GF.202/001/KB/I/2016 tanggal 27 Januari 2016 perihal Informasi Kegempaan di sepanjang jalur KA Cepat diperoleh informasi bahwa secara umum yang harus diperhatikan.

Jalur KA Cepat akan melewati Zona Sesar/ patahan aktif sebagai sumber gempa bumi sehingga perlu mempertimbangkan striktur bangunan, rel dan fasilitas keselamatan operasional terhadap potensi gempa bumi di masa pengoperasian KA cepat tersebut.

“Dokumen teknis yang kami terima adalah untuk Km 95+00 sampai dengan Km 100+00, yang pada lintasan tersebut terdapat 3 (tiga) buah jembatan dan terowongan sepanjang 2,04 Km. Tentunya dokumen teknis untuk tiga jembatan dan terowongan tersebut perlu kami pelajari dengan detail, mengingat di daerah tersebut merupakan wilayah Sesar/ patahan yang berpotensi gempa bumi,” tandasnya.

Menurut dia, terbitnya izin usaha dan izin pembanginan maka PT KCIC dapat segera melanjutkan pekerjaan pembangunan prasarana kereta cepat Jakarta – Bandung. (PNJ-37/win)
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 01:57 AM   #27
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

KA Cepat Jakarta-Bandung Alihkan Pengguna Pesawat?
http://nasional.republika.co.id/beri...ngguna-pesawat




Quote:


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketersediaan kereta cepat yang akan menghubungkan Jakarta-Bandung dinilai dapat memindahkan pengguna pesawat terbang menjadi pengunaan kereta. Hal ini dikatakan pengamat transportasi Djoko Setijawarno.

Dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (8/2), Djoko menilai total waktu tempuh yang makin ringkas menjadi keunggulan ketimbang penggunaan pesawat terbang dengan waktu tempuh satu jam.

Ia mencontohkan perjalanan dari Paris, Prancis ke Brussel, Belgia menggunakan pesawat dengan waktu tempuh satu jam bisa tidak laku karena ada Kereta cepat yang ditempuh dengan waktu 2 jam 15 menit. "Kurun waktu tiga bulan, semua maskapai penerbangan rute tersebut gulung tikar," kata Djoko.

Kendati perjalanan menggunakan pesawat hanya satu jam, kata dia, namun waktu di luar tersebut seperti perjalanan ke bandara dan check in bisa memakan waktu yang lama. Jika ditotal waktu perjalanan menggunakan pesawat bisa lebih lama dibanding menggunakan kereta.

Terlebih apabila stasiun kereta berada di lokasi yang dekat dengan permukiman, di tengah kota, dan terintegrasi dengan moda transportasi lain. "Di Eropa sudah jarang penerbangan dengan waktu di bawah satu jam, kalah dengan kereta cepat," kata Djoko.

Djoko berpendapat hal tersebut juga bisa terjadi di Indonesia melalui proyek kereta cepat Jakarta-Bandung yang sedang dilaksanakan.
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 02:00 AM   #28
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

Pemerintah Pastikan Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Tetap Berjalan

Izin analisis dampak lingkungan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung sudah diterbitkan pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.



Menteri LKK Siti Nurbaya (dua dari kanan), didampingi Menhub Ign Jonan (kiri), Ka Staff Presiden Teten Masduki (dua dari kiri) dan Jubir Presiden Johan Budi soal perkembangan proyek Kereta Api Jakarta-Bandung i Gedung Bina Graha kantor Kepala Staf Presiden Selasa (9/2) (Foto: VOA/Andylala)


http://www.voaindonesia.com/content/...n/3183116.html

Quote:
JAKARTA—

Pemerintah menjawab berbagai pertanyaan masyarakat terkait kelayakan beroperasinya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, hasil kerjasama BUMN Indonesia dengan pemerintah China, khususnya menyangkut izin hasil Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL).

Menteri Lingkungan Hidup Kehutanan Siti Nurbaya dalam keterangan pers di GedungBina Graha kantor Kepala Staf Presiden, Selasa (9/2) memastikan semua izin menyangkut kelayakan dan ijin lingkungan sudah diterbitkan oleh kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk beroperasinya proyek kereta cepat Jakarta-Bandung, sebelum dilakukannya peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek ini oleh Presiden Joko Widodo pada 21 Januari lalu.

Namun demikian karena banyaknya pihak yang masih mempertanyakan terkait masalah lingkungan, Siti Nurbaya memerintahkan, pihak PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) selaku badan usaha penyelenggara prasarana kereta cepat, untuk kembali melengkapi data fisik lapangan.

"Akhirnya tanggal 20 Januari 2016 siang itu keluarlah yang namanya surat keputusan tentang kelayakan lingkungan dan izin lingkungan. Jadi kalau AMDAL itu ada 2 surat keputusannya. Kami menyadari ada catatan-catatan dari publik, oleh karena itu dengan izin yang sudah dikeluarkan didalam keputusan tentang SK atau kelayakan lingkungan itu kita masih kasih tugas kepada pemrakarsa. Yaitu lakukan tingkat penerimaan sosial dengan cara melengkapi data sampel. Karena yang dipersoalkan kan gempa dan segala macam longsor. Maka kita perintahkan, dia lengkapi lagi data fisik lapangannya," kata Menhut Siti Nurbaya.

Siti Nurbaya menambahkan, dari hasil penelitian sementara ada titik-titik kritis rawan longsor yang harus diperhatikan di jalur tol Cipularang, tempat perlintasan kereta cepat itu, yaitu pada kilometer 87, 74, 79 dan kilometer 82.

Selain itu menurut Siti Nurbaya, kementerian Lingkungan Hidup Kehutanan juga memerintahkan kepada pihak KCICuntuk melakukan analisis strategi lingkungan dan sosialisasi ke publik melalui media massa serta komunikasi langsung dengan kelompok masyarakat terkait masalah lingkungan.

Sementara itu terkait dengan masalah tata ruang, Siti Nurbaya memastikan sudah ada persetujuan antara pihak KCIC dengan pemerintah daerah setempat.

"Soal tata ruangnya itu sudah dibahas dan diusulkan pada bulan September 2015 di kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR). Dan kementerian ATR berdiskusi dengan pemerintah daerah, dan pada bulan Desember 2015 itu sudah ada kesepakatan yang dipimpin oleh pemerintah daerah provinsi Jawa Barat. Jadi di dalam rapat kesepakatan terakhir itu, semua akan memperbaiki tata ruang ruangnya dalam kaitan kereta api cepat," imbuhnya.

Lebih lanjut Siti Nurbaya memastikan, sudah ada solusi untuk mengantisipasi adanya kekhawatiran terkait ancaman banjir di wilayah Tegal Alur dengan membangun penampung air.

"Dengan tekhnologi drainage dan membuat bangunan air. Tapi juga sekaligus kita minta juga karena ini depo, jangan sampai ada limbah dan sebagainya. Harus zero ways. Jadi itu semua sudah dirangkum dalam dokumen amdal. Jadi dengan demikian tidak ada, yang perlu diragukan, terhadap proses amdal yang sudah dilakukan," kata Menhut.

Pemerintah dan KCIC Susun Konsesi Izin Usaha

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memastikan, Pemerintah dalam hal ini kementerian perhubungan dengan KCIC tengah menyusun perjanjian penyelenggaraan prasarana kereta api cepat atau perjanjian konsesi izin usaha. Jonan menegaskan, proyek kereta cepat ini tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Satu masalah konsesi ditentukan oleh fisibility study yang disampaikan pemrakarsa (KCIC) kepada Pemerintah dalam hal ini kemenhub, nah itu akan direview. Yang kedua, tidak menggunakan APBN sama sekali. Yang ketiga hak ekskulusif (dari pihak KCIC untuk memonopoli jalur transportasi Jakarta Bandung) tidak ada. Lalu yang penting, prasarana perkereta apian umum yang dibangun itu harus diserahkan kepada negara," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Sementara itu untuk izin pembangunan penyelenggaraan perkereta apian umum dalam proyek kereta cepat Jakarta Bandung ini, Kementerian Perhubungan meminta pihak KCIC segera menyerahkan desain pembangunan jalur secara bertahap minimal seperempat dari total 142 kilometer.

Sementara itu, Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki memastikan, pembangunan kereta cepat Jakarta Bandung ditujukan untuk membangun konektivitas antarkota dan antar kawasan di seluruh Indonesia.

"Jadi pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung, yaitu adalah bagian dari rencana besar pemerintah untuk pembangunan transportasi massal. Untuk membangun konektivitas antar kota dan membangun kawasan. Dalam rencana pembangunan transportasi massal berbasis kereta api cepat, akan dilakukan, di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Papua yang panjangnya sekitar 3.258 kilometer," kata Kepala Kantor Staf Kepresidenan Teten Masduki. [aw/ab]
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 02:03 AM   #29
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

Awalnya Proyek Kereta Cepat Dirancang untuk Rute Jakarta-Surabaya
Dina Rayanti - detikfinance
Jumat, 12/02/2016 18:14 WIB




http://finance.detik.com/read/2016/0...karta-surabaya



Quote:
Jakarta -Pemerintah mengklarifikasi sejumlah tudingan yang mengatakan proyek kereta api cepat rute Jakarta-Bandung merupakan proyek yang diburu-buru.

Ia mengatakan, proyek kereta api cepat ini sudah disiapkan sejak tahun 2008 dan pada saat itu yang menjadi pembahasan adalah rute Jakarta-Surabaya.

"Proyek kereta api cepat ini sudah disiapkan dari 2008, jadi waktu itu kita bicara Jakarta-Surabaya, jadi proyek kereta api cepat yang dirancang oleh pemerintah itu adalah bicara Jakarta-Surabaya dimulai dari tahun 2008," ungkap Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Prihartono, di kantornya, Jumat (12/2/2016).

Proyek kereta cepat ini tertunda disebabkan adanya pertimbangan politis dan juga besarnya dana yang dibutuhkan sehingga pemerintah menyiapkan strategi dan kajian untuk membangun kereta cepat secara bertahap.

"Jadi, memang karena pertimbangan politis dan menyangkut dana yang cukup besar, sementara pemerintah saat itu masih membutuhkan dana untuk kegiatan-kegiatan lainnya, sehingga pada saat itu proyek belum dapat diimplementasikan, sambil waktu berjalan susun skenario, bagaimana mengimplementasikan proyek kereta api cepat itu, karena dana cukup besar kita bikin strategi bagaimana membangun kereta api cepat secara bertahap," ujar Bambang.

Ia menambahkan, alasan Bandung dipilih menjadi rute kereta cepat adalah karena pertumbuhan ekonomi regional Jakarta-Bandung besar diperkirakan mencapai US$ 10.000 dalam 5 tahun mendatang.

"Pertumbuhan ekonomi regional koridor Jakarta-Bandung luar biasa, jadi kalau kita lihat pendapatan perkapita 5 tahun ke depan itu Jakarta-Bandung bisa sampai US$ 10.000, nah ini saya pikir dengan pendapatan perkapita seperti itu, daya beli masyarakat kan makin meningkat," terang dia.

'Makanya akhirnya waktu itu diputuskan bagaimana kita bangun Jakarta-Bandung dulu, sehingga tahun 2011-2012 dilakukan studi bagaimana kita membangun kereta cepat Jakarta-Bandung," tutup Bambang.
(drk/drk)
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________

Daniel707 liked this post
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2016, 02:06 AM   #30
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 32,889
Likes (Received): 8050

Siaran Pers: Perkembangan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung
http://ksp.go.id/siaran-pers-perkemb...karta-bandung/




Quote:
JAKARTA- Pembangunan kereta api cepat Jakarta-Bandung adalah bagian dari rencana besar pemerintah untuk pembangunan transportasi massal, konektivitas antar kota, dan pembangunan kawasan guna menciptakan sentra ekonomi baru.

Dalam rencana, pembangunan transportasi massal kereta api akan dilakukan di Jawa, Sumatera, Sulawesi, Kalimantan dan Papua sepanjang 3.258 kilometer. Kereta cepat adalah salah satu model modernisasi transportasi massal.



Quote:
Proses Pembuatan Keputusan

Pembangunan kereta api cepat telah digagas pemerintahan sebelumnya dan antara lain dibahas secara teknis tahun 2014.

Di tahun 2015, pembangunan kereta api cepat Jakarta-bandung dibahas melalui tahapan-tahapan yang terukur sebagai berikut: rencana pembangunan, kajian kelayakan ekonomi dan rapat terbatas.


Quote:
Kemudian dibentuk konsorsium BUMN yang terdiri dari WIKA, KAI, Jasa Marga, dan PTPN VIII yang bernama PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (PSBI). Presiden mengeluarkan Perpres 107/2015 yang secara tegas menyatakan bahwa pemerintah tidak menjamin proyek ini secara finansial. Setelah itu PSBI dan China Railway menandatangani JV agreement dan mendirikan KCIC.

Perkembangan Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-bandung

Ada dua proposal untuk membangun kereta cepat yaitu dari Tiongkok dan Jepang. Proposal Jepang meminta adanya jaminan pemerintah dan biaya pengadaan tanah (APBN). Karena pemerintah memutuskan proyek pembangunan ini business to business dan tidak menggunakan dana APBN, dan tanpa jaminan pemerintah, maka proposal Tiongkok yang diterima. Kerjasama dengan Tiongkok mencakup kerjasama ekonomi lainnya. Pemerintah telah menjelaskan hal ini kepada Pemerintah Jepang.


Quote:
Hingga saat ini proses pembangunan kereta api cepat telah memasuki tahap persiapan pembangunan. Ground breaking sudah dilakukan pada tanggal 21 Januari 2016 dilengkapi dengan 3 izin; izin trase, izin penetapan badan usaha perkeretaapian dan izin lingkungan (amdal) sesuai perundangan. Saat ini perjanjian penyelenggaraan prasarana kereta api cepat (perjanjian konsesi, izin usaha penyelenggaraan prasarana perkeretaapian dan izin pembangunan penyelenggaraan perkeretaapian umum) sedang dalam proses pembahasan antara KCIC dengan Kementerian Perhubungan.

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung rencananya selesai pada tahun 2018, dan diharapkan sudah mulai operasi tahun 2019.


Quote:
Secara tegas pemerintah menyatakan bahwa proyek ini tidak dibiayai oleh APBN dan Pemerintah tidak memberikan jaminan finansial. Hal ini tertuang dalam Perpres 107/2015. Sehingga secara eksplisit kereta api cepat Jakarta-Bandung ini adalah proyek business to business. Meskipun di Perpres No 3/2016 mengenai Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional dimungkinkan Menteri Keuangan memberi jaminan finansial dan kelayakan usaha, tetapi Presiden sudah menegaskan bahwa untuk kereta api cepat Jakarta-Bandung ini tidak ada jaminan finansial dari APBN. Pemerintah hanya akan memberikan jaminan mengenai konsistensi kebijakan pembangunan kereta api cepat.

Dengan menggunakan skema business to business sehingga dana APBN bisa digunakan untuk pembangunan infrastruktur yang Indonesia sentris. Terbukti dana infrastruktur tahun ini meningkat 76,3 persen yaitu sebesar 313,5 triliun yang bisa dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di luar Jawa.


Quote:
Tata Kelola Pembangunan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung

Presiden menegaskan pentingnya transparansi, taat aturan, dan akuntabilitas pembangunan kereta api cepat ini yang harus dipatuhi oleh pelaksana pembangunan yaitu konsorsium yang tergabung dalam PT KCIC. Presiden meminta BPKP, BPK, KPK, dan Kejaksaan untuk memastikan tidak ada korupsi dalam pembangunan kereta api cepat ini.



Jakarta, 9 Februari 2016

Kepala Staf Presiden
Menteri Perhubungan
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
__________________________________________

Daniel707 liked this post
endar no está en línea   Reply With Quote
Old February 16th, 2016, 09:04 AM   #31
anangjangkung
Registered User
 
Join Date: Apr 2013
Posts: 21
Likes (Received): 2

Quote:
Originally Posted by endar View Post
Siaran Pers: Perkembangan Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung
http://ksp.go.id/siaran-pers-perkemb...karta-bandung/























Saya mendukung penuh proyek ini mudah2an lancar dalam pembangunannya
anangjangkung no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2016, 09:59 AM   #32
anakbatam
Registered User
 
anakbatam's Avatar
 
Join Date: Mar 2016
Location: Batam
Posts: 23
Likes (Received): 4

Quote:
Originally Posted by anangjangkung View Post
Saya mendukung penuh proyek ini mudah2an lancar dalam pembangunannya
Amiiiin
anakbatam no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2016, 10:03 AM   #33
justin0693
Registered User
 
Join Date: Jul 2015
Posts: 286
Likes (Received): 15

Kalo sy sih, kenapa kereta cepat jakarta bandung ga diperpanjang aja sampai bandara soekarno hatta? Kan mempersingkat waktu dr bandung ke cengkareng . Dengan perpanjangan rute kereta cepat ke bandara, nantinya bisa sampai di bandara tepat waktu tanpa hrs ketinggalan pesawat drpd macet-macetan di kota jkt. Hehe
justin0693 no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2016, 10:34 AM   #34
=NaNdA=
Liverpool holic
 
=NaNdA='s Avatar
 
Join Date: Dec 2007
Location: Anfield Stadium
Posts: 9,548
Likes (Received): 517

Quote:
Originally Posted by justin0693 View Post
Kalo sy sih, kenapa kereta cepat jakarta bandung ga diperpanjang aja sampai bandara soekarno hatta? Kan mempersingkat waktu dr bandung ke cengkareng . Dengan perpanjangan rute kereta cepat ke bandara, nantinya bisa sampai di bandara tepat waktu tanpa hrs ketinggalan pesawat drpd macet-macetan di kota jkt. Hehe
Rencana ke depannya connected with Airport Rail-Link
=NaNdA= no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2016, 10:46 AM   #35
justin0693
Registered User
 
Join Date: Jul 2015
Posts: 286
Likes (Received): 15

Padahal bandara halim juga dilintasi kereta cepat juga mas. Kan cawang daerah akhir lintasan kereta cepat jkt bandung.
justin0693 no está en línea   Reply With Quote
Old April 3rd, 2016, 03:07 PM   #36
kentanghalla
Registered User
 
kentanghalla's Avatar
 
Join Date: Aug 2014
Location: Jakarta
Posts: 185
Likes (Received): 47

Quote:
Originally Posted by justin0693 View Post
Kalo sy sih, kenapa kereta cepat jakarta bandung ga diperpanjang aja sampai bandara soekarno hatta? Kan mempersingkat waktu dr bandung ke cengkareng . Dengan perpanjangan rute kereta cepat ke bandara, nantinya bisa sampai di bandara tepat waktu tanpa hrs ketinggalan pesawat drpd macet-macetan di kota jkt. Hehe
Menurutku sih mending HSR terminus di Manggarai lalu nyambung sama Airport Express.

Mungkin karena jarak tempuh SHIA-Manggarai yang ngga terlalu jauh jadi ngga terlalu perlu dibuat HSR, terlebih kalau mau dibuat exclusive HSR line, perlu dibuat dipo lagi di suatu tempat. Kalau dibuat juga agak repot di dalam kotanya, harus full underground to minimize bongkar sini bongkar situ tapi nyewa TBM musti banyak, otherwise mau nggali berapa ratus tahun kalau full UG dari Manggarai ke SHIA dengan menggunakan 4 TBM seperti MRT saat ini. Lalu kalau maunya full elevated, ketemu teman lama pembebasan lahan yang susahnya minta ampun apalagi lewat dalam kota. Ditambah kalo HSR ini mau ngebut ke bandaranya, beloknya pun ngga asal-asalan dibuat belokan karena turning radius HSR itu lebih lebar daripada kereta biasa, so PR lagi buat perencanaan tata ruang kota. Ehm, viaduct HSR yang tinggi-tinggi + catenary juga ngerusak pemandangan ya

Sebenarnya buat case Airport Express juga hampir sama, tapi karena AEx hanya memerlukan teknologi kereta api konvensional, jadi construction costnya dan pembangunannya ngga harus setinggi dan se-advanced HSR dan bisa lebih fleksibel untuk kawasan pembangunannya. Ditambah Bandung lebih dekat ke upcoming BIJB, so why go to SHIA if going to BIJB is lot faster, cheaper, and easier?

Kalau lihat casenya mirip sama Narita Shinkansen yang pernah di propose tahun 1960-an dan menjadi satu-satunya line Shinkansen yang dibatalkan pembangunannya.
kentanghalla no está en línea   Reply With Quote
Old April 3rd, 2016, 04:17 PM   #37
blablanonsense
Fiat Voluntas Tua
 
blablanonsense's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Planet Earth
Posts: 6,107
Likes (Received): 1499

HSR tahap 2 yang Bandung-Surabaya ntar stop di Kertajati lho.
__________________
CONGRATULATIONS


ARISKA PUTRI PERTIWI
MISS GRAND INTERNATIONAL 2016

MISS GRANDSLAM 2017

FELICIA HWANG
MISS INTERNATIONAL 2016 - 2nd RU

NATASHA MANNUELA
MISS WORLD 2016 - 2nd RU

KEZIA WAROUW
65th MISS UNIVERSE - Top 12
blablanonsense no está en línea   Reply With Quote
Old April 3rd, 2016, 04:20 PM   #38
justin0693
Registered User
 
Join Date: Jul 2015
Posts: 286
Likes (Received): 15

JAKARTA - BANDUNG | High Speed Railway | KA Cepat JKT-BDG | 140,9 Km | Projec...

Ternyata jalur kereta cepat jakarta surabaya via bandung mirip sama peta jalur daendels seperti 2 gambar ini



Tapi yg membedakannya di jalur daendels antara jakarta bandung melewati bogor cianjur. Sedangkan kalo jalur daendels daerah akhirnya di panarukan jatim.
justin0693 no está en línea   Reply With Quote
Old April 3rd, 2016, 07:36 PM   #39
IlhamBXT
Par Avion
 
IlhamBXT's Avatar
 
Join Date: Mar 2011
Posts: 16,162
Likes (Received): 4756

Quote:
Originally Posted by justin0693 View Post
Ternyata jalur kereta cepat jakarta surabaya via bandung mirip sama peta jalur daendels seperti 2 gambar ini



Tapi yg membedakannya di jalur daendels antara jakarta bandung melewati bogor cianjur. Sedangkan kalo jalur daendels daerah akhirnya di panarukan jatim.
dapat dari mana nih sumbernya
IlhamBXT no está en línea   Reply With Quote
Old April 3rd, 2016, 08:08 PM   #40
kentanghalla
Registered User
 
kentanghalla's Avatar
 
Join Date: Aug 2014
Location: Jakarta
Posts: 185
Likes (Received): 47

ngga mungkin lewat pantai utara Jepara-Rembang-Tuban, paling motong lewat Purwodadi-Bojonegoro-Lamongan.
kentanghalla no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 05:23 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu