search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old April 5th, 2016, 02:08 PM   #1
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

BALI | Garuda Wisnu Kencana Statue | GWK Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana
From Wikipedia

Mandala Garuda Wisnu Kencana, or Garuda Wisnu Kencana (GWK) is a cultural park covering approximation 60 ha area located in Ungasan, Badung Regency, or about 10–15 minutes driving from Ngurah Rai International Airport of Bali. It is devoted to the Hindu God Vishnu, and his mount, Garuda, the mythical bird who become his companion.

Currently, the statue of Vishnu is 23 metres (75.5 ft) high, although the original plan was for a 120-metre (390 ft) gold-plated Vishnu riding Garuda on top of an 11-storey entertainment complex. Garuda wing span will be 64 metres (210.0 ft) across.

In 2013 Nyoman Nuarta and PT Alam Sutera Realty Tbk joined to build villas and apartments in the GWK area in exchange for Rp 150 billion ($14.4 million). Nuarta plans to spend Rp20 billion to make another bust and to move the existing bust to another site 300 meters from the original site. It plans to spend additional Rp29 billion to make the new statue of stainless steel instead of galvanized steel as proposed previous design.





Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, Bali. Patung Garuda Wisnu Kencana sendiri adalah patung perunggu berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya Garuda, atau Jatayu setinggi 120 meter.

Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut. Di kawasan itu terdapat juga Patung Garuda yang tepat di belakang Plaza Wisnu adalah Garuda Plaza di mana patung setinggi 18 meter Garuda ditempatkan sementara. Pada saat ini, Garuda Plaza menjadi titik fokus dari sebuah lorong besar pilar berukir batu kapur yang mencakup lebih dari 4000 meter persegi luas ruang terbuka yaitu Lotus Pond. Pilar-pilar batu kapur kolosal dan monumental patung Lotus Pond Garuda membuat ruang yang sangat eksotis. Dengan kapasitas ruangan yang mampu menampung hingga 7000 orang, Lotus Pond telah mendapatkan reputasi yang baik sebagai tempat sempurna untuk mengadakan acara besar dan internasional.

Terdapat juga patung tangan Wisnu yang merupakan bagian dari patung Dewa Wisnu. Ini merupakan salah satu langkah lebih dekat untuk menyelesaikan patung Garuda Wisnu Kencana lengkap. Karya ini ditempatkan sementara di daerah Tirta Agung.
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun

Ampelio, eVANDOpriyanto, Arestullah liked this post
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old April 5th, 2016, 02:15 PM   #2
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Garuda Wisnu Kencana


The Story:

Patung GWK terinspirasi oleh kisah anak dari Resi Kasyapa dan Vinata yang dikenal dengan nama Sang Garuda. Kisah ini berawal dari keberhasilan Sang Garuda dalam menyelematkan ibunya yang dijadikan budak oleh kakak dari Vinata sendiri yang bernama Kadru lantaran kalah dalam pertaruhan tentang ekor kuda ajaib yang terbang di langit dan dikenal dengan nama Ucaihsrawa. Tak hanya menjadi budak namun Kadru juga meminta Garuda mengambil air suci Amertha dari para dewa.
Meski mendapatkan perlawanan dari para dewa namun Garuda tetap bertekad memberikan Amertha tersebut kepada para ular demi menyelamatkan ibunya. Melihat hal tersebut Dewa Wisnu merasa terenyuh sehingga menjadikan Garuda sebagai raja dari para burung namun dengan syarat mengambil kembali Amertha tersebut dari para ular sebelum mereka sempat meminumnya. Tidak hanya itu, namun Sang Garuda juga menjadi kendaraan dari Dewa Wisnu. Dan kisah inilah yang kemudian diabadikan dalam patung Garuda Wisnu Kencana dengan bentuk Dewa Wisnu yang sedang mengendarai Sang Garuda.


sumber
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 02:24 PM   #3
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613





Megaproyek pembangunan kembali Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) menjadi komitmen manajemen PT Garuda Adhimatra Indonesia (GAIN). Patung yang sebelumnya sudah dibangun 10 meter sampai 20 meter ini dibangun ulang setinggi 120 meter.

Pembangunan Patung GWK yang sudah dimulai sejak Mei 2013 ini, menurut Direkur PT GAIN, Seno Andhikawanto, diproyeksikan selesai pada pertengahan atau akhir 2017 mendatang. Patung ini terbuat dari campuran tembaga dan baja seberat 4.000 ton, dengan tinggi 75 meter dan lebar 60 meter.

Rencananya, selain membangun patung, di lantai dasar patung akan ada pedestal dari patung dengan kualifikasi sebagai monumen. Gedung tersebut dipakai sebagai tempat menikmati pemandangan Pulau Bali.
Jika pembangunannya selesai, patung ini diproyeksikan untuk mengikat tata ruang dengan jarak pandang sampai dengan 20 km sehingga dapat terlihat dari Kuta Sanur, Nusa Dua hingga Tanah Lot.

TribunBali
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 02:36 PM   #4
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Quote:
Originally Posted by v-sun View Post
400 Truk Angkut Patung Garuda Wisnu dari Bandung ke Bali
Kamis, 22 Agustus 2013 | 22:57 WIB


Kepala Garuda yang merupakan bagian dari Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) ini akan segera dilanjutkan pembangunannya.
keren banget
DENPASAR, KOMPAS.com — Perancang patung Garuda Wisnu Kencana (GWK), seniman Nyoman Nuarta, menyiapkan 400 truk tronton untuk mengangkut potongan-potongan patung GWK dari Bandung ke Bali. Proses pengangkutan sudah dilakukan secara bertahap sejak 6 bulan lalu dan akan terus berlangsung hingga patung selesai dengan target 3 tahun mendatang.

"Saya sudah 6 bulan lalu lebih memulai. Sebagian sudah dikirim ke sini, sebagian di Bandung. Rencananya 400 tronton yang mengangkut ke Bali," ujar Nuarta saat konferensi pers menjelang peletakan batu pertama di kawasan Taman Budaya GWK, Kamis (22/8/2013).

Patung setinggi 126 meter tersebut terbuat dari tembaga dan kuningan dengan struktur kulit patung dari baja. Proses pengerjaan patung berbobot 3.000 ton tersebut selama ini berlangsung di Bandung, tepatnya di studio milik Nuarta. Ia harus memotong-motong bagian patung untuk dibawa ke Bali dan akan kembali dirangkai di Taman Budaya GWK.

"Saya yakin 3 tahun bisa selesaikan patung itu," ucap Nuarta.

Seperti diberitakan, setelah sempat terhenti cukup lama sekitar 16 tahun, pembangunan patung GWK akan segera dimulai kembali. Pihak yayasan GWK menggandeng investor PT Garuda Adhimatra Indonesia (PT GAIN) untuk merampungkan megaproyek yang diperkirakan menelan dana hingga Rp 450 miliar ini.

#latepost http://regional.kompas.com/read/2013...andung.ke.Bali


leonardo situmorang
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun

Last edited by Shaggy_Solo; April 5th, 2016 at 03:02 PM.
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 02:50 PM   #5
inBaliTimur
SNAFU: Penashi is Canon
 
inBaliTimur's Avatar
 
Join Date: Aug 2011
Location: Kota tanpa gedung tinggi
Posts: 2,895

Matur suksama dan selamat atas dibukanya thread GWK

Niki perkembangan paling anyar podium GWK saat ini


20160405_103909 by BxHxTxCx, on Flickr
__________________
Plaza DM, Plaza Lippo, Graha Surya Internusa dan Wisma Sudirman. Victim of Jakarta skyscraper's architectural genocide.
Follow me on Flickr or copy-paste "flickr.com/photos/thisisinbalitimur/" for guests = Wikimedia Commons -> Sabung.hamster
Indonesian HR list -> https://docs.google.com/document/d/1sRaO0i-zh1ZM2DsDUHODfEUF98HQFS3g2M8bn6kP88Y/edit?usp=sharing = blog -> inbalitimur.wordpress.com
inBaliTimur no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 02:51 PM   #6
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

9 December 2015
Quote:
Originally Posted by inBaliTimur View Post
Kloter 2 Update

Matur Suksama

20151208_122318 by BxHxTxCx, on Flickr


Podium GWK

20151208_122417 by BxHxTxCx, on Flickr

Credit to InBaliTimur
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 02:55 PM   #7
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

23 December 2015
GARUDA WISNU KENCANA


Proyek'e Chris John miwah GWK by BxHxTxCx, on Flickr


Podium GWK by BxHxTxCx, on Flickr


Credit to inBaliTimur
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 02:57 PM   #8
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Quote:
Originally Posted by inBaliTimur View Post
Matur suksama dan selamat atas dibukanya thread GWK

Niki perkembangan paling anyar podium GWK saat ini


20160405_103909 by BxHxTxCx, on Flickr
Sudah mulai dipasang "kulit" podiumnya yah bli?
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 03:07 PM   #9
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Hands of Vishnu



__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 03:12 PM   #10
inBaliTimur
SNAFU: Penashi is Canon
 
inBaliTimur's Avatar
 
Join Date: Aug 2011
Location: Kota tanpa gedung tinggi
Posts: 2,895

Quote:
Originally Posted by Shaggy_Solo View Post
Sudah mulai dipasang "kulit" podiumnya yah bli?
Kelihatannya sih belum.... baru masang rangka buat patungnya.....

kalau salah ya mohon maaf
__________________
Plaza DM, Plaza Lippo, Graha Surya Internusa dan Wisma Sudirman. Victim of Jakarta skyscraper's architectural genocide.
Follow me on Flickr or copy-paste "flickr.com/photos/thisisinbalitimur/" for guests = Wikimedia Commons -> Sabung.hamster
Indonesian HR list -> https://docs.google.com/document/d/1sRaO0i-zh1ZM2DsDUHODfEUF98HQFS3g2M8bn6kP88Y/edit?usp=sharing = blog -> inbalitimur.wordpress.com
inBaliTimur no está en línea   Reply With Quote
Old April 5th, 2016, 03:14 PM   #11
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Quote:
Originally Posted by inBaliTimur View Post
Kelihatannya sih belum.... baru masang rangka buat patungnya.....

kalau salah ya mohon maaf
Nggak tau juga siy... Sama-sama masih belum dapet infonya.

__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun

endar liked this post
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2016, 01:32 AM   #12
Tanamera
Registered User
 
Join Date: Apr 2016
Posts: 2
Likes (Received): 0

Senang sekali ada thread ttg GWK, benar2 ingin memantau progresnya, mengingat patung ini punya potensi besar jadi icon Bali yg mendunia dan jadi kebanggaan Indonesia. Bayangkan tingginya yg akan mengalahkan patung Liberty New York. Selama ini berita2 ttg progres GWK di media online sangat minim. Selamat
Tanamera no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2016, 05:09 AM   #13
Ampelio
...is the art of space
 
Ampelio's Avatar
 
Join Date: Aug 2007
Location: Antapani City
Posts: 7,361
Likes (Received): 1528

__________________
EVERYDAY URBANISM
Ampelio no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2016, 06:36 AM   #14
You_soap
All Izz Well
 
You_soap's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Megapolitan Area Jakarta Raya
Posts: 2,565
Likes (Received): 451

Lho... katanya di Bali ketinggian gedung dibatasi 15 meter, tapi bikin patung 120 meter kok boleh ya?
__________________
Your comments show your personality
You_soap no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2016, 09:23 AM   #15
inBaliTimur
SNAFU: Penashi is Canon
 
inBaliTimur's Avatar
 
Join Date: Aug 2011
Location: Kota tanpa gedung tinggi
Posts: 2,895

Logika dan budaya. Patung bukan gedung bro.......

Apalagi patung yang melambangkan Dewa Wisnu beserta wahananya (kendaraan) Garuda, pasti bebas dibangun setinggi-tingginya. Ada simbolnya.
__________________
Plaza DM, Plaza Lippo, Graha Surya Internusa dan Wisma Sudirman. Victim of Jakarta skyscraper's architectural genocide.
Follow me on Flickr or copy-paste "flickr.com/photos/thisisinbalitimur/" for guests = Wikimedia Commons -> Sabung.hamster
Indonesian HR list -> https://docs.google.com/document/d/1sRaO0i-zh1ZM2DsDUHODfEUF98HQFS3g2M8bn6kP88Y/edit?usp=sharing = blog -> inbalitimur.wordpress.com

eVANDOpriyanto, masdwi, Arestullah liked this post
inBaliTimur no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2016, 10:37 AM   #16
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 6,747
Likes (Received): 1689

berarti patung dewa wisnu yang setengah badan itu bakal digabungin ama garudanya ya?
__________________
"Bertanyalah kepadaku dan akan kuceritakan dunia".
"The Book Philosophy"



svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2016, 05:25 PM   #17
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Quote:
Originally Posted by svaerd firemanska View Post
berarti patung dewa wisnu yang setengah badan itu bakal digabungin ama garudanya ya?
Dari miniaturnya ya begitu mas svaerd, itu setengah badan baru sebatas itu saja, nantinya disambung-sambung kayak pazel hingga jadi semuanya.

rsjs
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 7th, 2016, 09:01 AM   #18
The Karma
Registered User
 
The Karma's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Location: Jakarta
Posts: 1,312
Likes (Received): 306

Kan dibangun ulang..patung yang lama tetap...tidak dipindah sebagai jejak sejarah proses pembuatannya ...patung yang baru dibuat lagi dengan size yang sesuai dengan podiumnya dan dikirim dari bandung, patung GWK ini akan digunakan sebagai icon obyek wisata yang diharapkan mendunia..
The Karma no está en línea   Reply With Quote
Old April 8th, 2016, 04:18 PM   #19
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 12,543
Likes (Received): 1613

Berarti patung Wisnu ini akan tetap di situ ya? Baguslah..




Apakah termasuk patung Garuda ini juga dipertahankan?

__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old April 9th, 2016, 05:12 AM   #20
ChibaTadayoshi
Penikmat Arsitektur
 
ChibaTadayoshi's Avatar
 
Join Date: Feb 2012
Posts: 3,597
Likes (Received): 1169

Quote:
Originally Posted by The Karma View Post
Kan dibangun ulang..patung yang lama tetap...tidak dipindah sebagai jejak sejarah proses pembuatannya ...patung yang baru dibuat lagi dengan size yang sesuai dengan podiumnya dan dikirim dari bandung, patung GWK ini akan digunakan sebagai icon obyek wisata yang diharapkan mendunia..
Ini patung tembaga kan?

Salah satu material paling tahan cuaca.

Jadi kalau dibuat ulang kemungkinan karena ukurannya diperkecil begitu?
ChibaTadayoshi no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 04:28 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu