search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > General Construction and Development



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old October 7th, 2012, 08:11 AM   #101
Wicak_15
My (Future) Girlfriend
 
Join Date: Jan 2010
Location: Jakarta
Posts: 4,117
Likes (Received): 2016

Quote:
Originally Posted by galaxy358 View Post

Kalau memang serius bisa belajar dr Malaysia, atau tdk Amerika Serikat.. US punya regulation yg cukup ketat juga ttg pembebasan lahan. Lupa UU pasnya yg mana. Tp buktinya sudah ratusan tahun demokrasi pembangunan infrastruktur tidak mandek.

Saya yakin kalau pemimpin nya niat dia jg mau turun ke lapangan ngurusin..
Kalo gak salah Indonesia bukannya udah punya UU pengadaan tanah ya mas galaxy? Cuma seberapa kuatnya UU tersebut terhadap pembebasan tanah untuk infrastruktur di Indonesia?

Last edited by Wicak_15; October 7th, 2012 at 08:24 AM.
Wicak_15 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old October 7th, 2012, 12:14 PM   #102
galaxy358
Registered User
 
Join Date: Sep 2012
Posts: 79
Likes (Received): 3

Quote:
Originally Posted by Wicak_15 View Post
Kalo gak salah Indonesia bukannya udah punya UU pengadaan tanah ya mas galaxy? Cuma seberapa kuatnya UU tersebut terhadap pembebasan tanah untuk infrastruktur di Indonesia?
Ada kok mas wicak, UU no 2 tahun 2012. Tapi UU-nya kurang kuat karena tdk ada unsur paksaan, di UU tsb tdk disebutkan apa yang harus dilakukan apabila pemilik tanah menolak menjual/menyerahkan tanahnya. Hanya menyebutkan bila tdk setuju harga, bisa banding 2x ke pengadilan.

Dulu di Amerika ada UU pengadaan lahan publik yg bersifat otoriter. Tidak ada kata menolak. Tapi skrg sudah dilemahkan di beberapa negara bagian, tp New York State masih mengadopsi cara ini.

Tp berhubung presiden kita yg skrg adalah org yg tdk berani mengambil keputusan kontroversial, hanya mau mengambil keputusan yg bs bikin semua org senang, maka UU semacam itu sulit dibuat n diterapkan. Kecuali Indonesia punya pemimpin yg sngat berani mengambil keputusan, walau benar atau salah. Amerika saja bisa.. Indonesia juga pasti bisa. Kontroversial memang, tp penambahan infrastruktur akan memunculkan lapangan kerja baru. Ujung2nya bisa membantu memajukan Indonesia.

Semoga 2014 lebih baik.
galaxy358 no está en línea   Reply With Quote
Old November 9th, 2012, 07:14 AM   #103
Raisa
Registered User
 
Raisa's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Solo, CIbubur, Jakarta
Posts: 952
Likes (Received): 133

Bakrie Mundur, Nasib Tol Batang-Semarang Masih Belum Jelas

Zulfi Suhendra - detikfinance
Jumat, 09/11/2012 10:47 WIB
Foto: Dok. detikFinance
Jakarta - Bakrie Toll Road gagal menjadi investor tol Batang-Semarang sepanjang 75 km karena kemampuan keuangan yang tak memadai. Sampai saat ini pembangunan tol tersebut belum jelas.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Achmad Ghani Ghazali mengatakan, saat ini tol tersebut bakal digarap oleh PT Marga Setiapuritama, meski baru menunggu surat jaminan perbankan....

http://finance.detik.com/read/2012/1...f991104topnews

nasib yg sama sepertinya bakal di alami jalan tol Cimanggis-Cibitung (part of JORR II) and Ciawi-Sukabumi..secara konsesi kedua ruas tol ini dimiliki perusahan Bakrie
Raisa no está en línea   Reply With Quote
Old November 12th, 2012, 11:47 AM   #104
Raisa
Registered User
 
Raisa's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Solo, CIbubur, Jakarta
Posts: 952
Likes (Received): 133

Hary Tanoe Siap Borong Semua Jalan Tol Bakrie
Whery Enggo Prayogi - detikfinance
Senin, 12/11/2012 15:25 WIB
Jakarta - Grup MNC pimpinan Hary Tanoesoedibjo siap mengambil alih kepemilikan atas ruas tol milik Grup Bakrie, melalui anak usahanya PT Bakrieland Development Tbk (ELTY).

"Iya (mengambil alih tol milik Bakrie)," kata Hary singkat saat berbincang dengan detikFinance, Senin (12/11/2012). Hary mengkonfirmasi kabar ini usai acara Rakuten Expo Jakarta & Cool Japan Indonesia 2012, di Hotel Gran Hyatt, Jakarta..

http://finance.detik.com/read/2012/1...?991104topnews
Raisa no está en línea   Reply With Quote
Old January 30th, 2013, 04:01 PM   #105
mr_n_mrs_handaja
man created to create
 
mr_n_mrs_handaja's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Location: karawaci lawang and from town to town
Posts: 1,254
Likes (Received): 39

http://mobile.kontan.co.id/news/jasa...ini/2013/01/29
__________________
manusia adalah omnivora sejati
apapun dimakan, untuk hidup,untuk kesenangan,untuk memuaskan rasa ingintahu yang berkedok ilmu pengetahuan
manusia ada di posisi ujung rantai awal,akhir,dan mata rantai
so dun tell me if u eat to live, u just live to eat!
mr_n_mrs_handaja no está en línea   Reply With Quote
Old February 7th, 2013, 10:30 AM   #106
VRS
Registered User
 
VRS's Avatar
 
Join Date: Jun 2006
Location: Jakarta
Posts: 46,288
Likes (Received): 11174

http://finance.detik.com/read/2013/0...ersambung-tol?

Lebaran 2014, Jakarta Sampai Surabaya Tersambung Tol

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menargetkan penyelesaian Tol Trans Jawa di 2014 mendatang. Saat ini, kementerian PU tengah menyicil penyelesaian beberapa ruas tol yang strategis pada tahun ini.

"Ini kan panjang lebih dari 100 km, jadi
VRS no está en línea   Reply With Quote
Old February 7th, 2013, 11:03 AM   #107
ahonksirad
Registered User
 
ahonksirad's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Yogyakarta
Posts: 3,916
Likes (Received): 996

sangat gak yakin, secara pejagan-semarang bagai projek tak bertuan
__________________
"Ikut hati mati, ikut rasa binasa"

-pepatah-
ahonksirad no está en línea   Reply With Quote
Old February 7th, 2013, 12:28 PM   #108
sturmgewehr
MP-44
 
sturmgewehr's Avatar
 
Join Date: May 2010
Posts: 1,352
Likes (Received): 137

kok rasanya ga pernah denger berita ttg Tol Surabaya - Semarang ya?
sudah sampe mana ya?
sturmgewehr está en línea ahora   Reply With Quote
Old February 7th, 2013, 12:46 PM   #109
ahonksirad
Registered User
 
ahonksirad's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Yogyakarta
Posts: 3,916
Likes (Received): 996

dulu trase awalnya direncanakan melewati utara (Kaligawe-Demak-Pati-Tuban-Kebomas) tapi akhirnya dialihkan lewat selatan (Tembalang-Solo-Ngawi-Kertosono-Waru). sejauh ini baru Sumo (Waru-Mojokerto), Semarang-Solo (Tembalang-Kartasura) dan Solo-Ngawi (Kartasura-Ngawi) yang sudah terlihat progress pengerjaannya. Tembalang-Ungaran sudah dibuka Juli 2012 (Ungaran-Bawen ditarget buka tahun ini), Waru-Sepanjang juga sudah dibuka Agustus 2011.
__________________
"Ikut hati mati, ikut rasa binasa"

-pepatah-
ahonksirad no está en línea   Reply With Quote
Old February 7th, 2013, 03:50 PM   #110
mr_n_mrs_handaja
man created to create
 
mr_n_mrs_handaja's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Location: karawaci lawang and from town to town
Posts: 1,254
Likes (Received): 39

Tol Jakarta-Surabaya masih kurang 100 km


Pemerintah
menyatakan jalan tol Trans Jawa direncanakan
selesai pada tahun depan. Masih terdapat
sekitar 100 kilometer (km) ruas yang harus
diselesaikan agar Jakarta dan Surabaya dapat
terhubung.
Wakil Menteri Pekerjaan Umum, Hermanto
Dardak mengatakan, saat ini ruas yang telah
selesai ialah Cikampek-Palimanan-Kanci,
Semarang-Bawean dan Surabaya-Gempol.
"Jadi memang fungsionalnya bukan lebaran ini
tapi lebaran satu lagi, ya kita realistis saja,"
ujarnya di kantor Kementerian Koordinator
Perekonomian, Jakarta, Kamis (7/2/2013).
Permasalahan yang dihadapi dalam
pembangunan proyek Trans Jawa ini tetap pada
proses pembebasan lahan. Beberapa kasus saat
ini tengah menunggu keputusan pengadilan.
"(Ruas) Solo-Kertosono pembebasan tanah
lumayan, tentunya ada percepatan-percepatan
juga untuk landscaping bersama badan usaha
juga," tuturnya.
Sebelumnya, pembangunan tol Trans Jawa
diperkirakan memerlukan dana sekitar Rp
51,41. Jalan tol ini akan terbentang dari
Jakarta hingga Surabaya sepanjang 615
kilometer. Tol ini nantinya akan mempercepat
jalur transportasi yang kini harus ditempuh
sepanjang 777 km

Sumber:
http://www.kabarbisnis.com/m/read/2836512
__________________
manusia adalah omnivora sejati
apapun dimakan, untuk hidup,untuk kesenangan,untuk memuaskan rasa ingintahu yang berkedok ilmu pengetahuan
manusia ada di posisi ujung rantai awal,akhir,dan mata rantai
so dun tell me if u eat to live, u just live to eat!
mr_n_mrs_handaja no está en línea   Reply With Quote
Old February 13th, 2013, 02:46 AM   #111
VRS
Registered User
 
VRS's Avatar
 
Join Date: Jun 2006
Location: Jakarta
Posts: 46,288
Likes (Received): 11174

http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...ns-jawa-mandek

Pembangunan 3 Ruas Tol Trans Jawa Mandek
BPJT akan mengevaluasi alasan keterlambatan proyek.

VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu telah mengungkapkan ada tiga ruas tol--yang merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Jawa--yang tidak akan rampung pada tahun 2014. Itu antara lain Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Meski begitu, Kepala Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gjazali mengatakan te
VRS no está en línea   Reply With Quote
Old February 13th, 2013, 04:08 AM   #112
Ocean One
Nomadic
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Ich liebe Deutschland
Posts: 10,998
Likes (Received): 894

http://bisnis.news.viva.co.id/news/r...ns-jawa-mandek

Pembangunan 3 Ruas Tol Trans Jawa Mandek
BPJT akan mengevaluasi alasan keterlambatan proyek.

Quote:

VIVAnews – Kementerian Pekerjaan Umum beberapa waktu lalu telah mengungkapkan ada tiga ruas tol--yang merupakan bagian dari jaringan Tol Trans Jawa--yang tidak akan rampung pada tahun 2014. Itu antara lain Tol Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang dan Batang-Semarang.

Meski begitu, Kepala Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Achmad Gani Gjazali mengatakan tetap berupaya proyek dapat selesai sesuai target. "Untuk menjaga kelayakan finansial, ketiga ruas tol itu akan dikerjakan secara bersamaan," ujar Gani, Rabu 13 Februari 2013.

Cara ini dilakukan karena tiga Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) saat ini masih saling menunggu satu sama lain untuk melaksanakan pekerjaan konstruksi. Diharapkan, persoalan ini bisa segera terselesaikan di internal BUJT agar tidak menambah daftar masalah. Selama ini masalah pembebasan lahan di tiga ruas tol itu dirasa sudah cukup menghambat.

Gani menjelaskan untuk ruas Pejagan-Pemalang sepanjang 58 kilometer proses pembebasan lahan untuk seksi I dan II sudah mencapai 87 persen dan 92,6 persen. Kondisi ini sudah cukup layak untuk dimulainya pekerjaan konstruksi. Namun, kendalanya ada di permasalahan pendanaan.

Sedangkan untuk seksi III dan IV masih mangkrak. Pemilik konsesi untuk ruas ini adalah PT Pejagan Pemalang Toll Road dengan masa konsesi selama 45 tahun dan nilai investasi Rp5,52 triliun.

Ruas kedua, menurut Gani adalah Pemalang-Batang. Ruas ini juga tidak mencatat kemajuan berarti dalam hal pembebasan lahan. Ruas ini justru cenderung mandek karena permasalahan internal di antara para pemegang saham.

Untuk itu, Gani mewajibkan PT Marga Setiapuritama yang merupakan pemegang konsesi tol untuk segera menyelesaikan urusan internal sebelum pendandatanganan perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT).

Sisanya adalah ruas Batang-Semarang. Ruas sepanjang 75 kilometer ini diperkirakan akan menelan biaya hingga mencapai Rp71,2 triliun. Pembangunannya dibagi menjadi 5 Seksi dengan masa konsesi 45 tahun.

Gani akan meninjau kembali alasan keterlambatan. Sebab segala hal terkait urusan administratif secara umum sudah ditepati. “Jika keterlambatan pengerjaan disebabkan oleh pemerintah, maka pemerintah tidak akan memberi sanksi,” katanya.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old February 25th, 2013, 03:09 PM   #113
mr_n_mrs_handaja
man created to create
 
mr_n_mrs_handaja's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Location: karawaci lawang and from town to town
Posts: 1,254
Likes (Received): 39

TOL TRANS JAWA: 3 RUAS GUNAKAN UU BARU
Minggu, 24 Februari 2013 | 15:24
Quote:
JAKARTA--Ditjen Bina Marga Kementerian
Pekerjaan Umum kemungkinan akan
menggunakan UU 2/2012 mengenai pengadaan
tanah untuk tiga ruas tol Trans Jawa yang
pembebasan tanahnya hingga saat ini masih
mangkrak.
Ketiga ruas tersebut yakni tol Batang-
Semarang, Pemalang-Batang, dan Pejagan-
Pemalang.
Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian
Pekerjaan Umum Djoko Murjanto mengatakan
pemerintah hingga kini masih meragukan
kelanjutan penyelesaian ketiga ruas tersebut.
"Seperti yang disampaikan Menteri PU
sebelumnya, ketiga ruas tersebut diragukan
dapat selesai sebelum 2014, yang artinya
masih ada kemungkinan dapat dikerjakan,"
ujarnya, Jumat (22/2/2013).
Pilihan menggunakan UU No 2/2012 ini
disebabkan adanya penggantian investor
dalam Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang
menaungi tol tersebut dan mengakibatkan
tersendatnya proses pembangunan.
Namun, UU tersebut hanya berlaku untuk
proyek yang dikerjakan setelah UU tersebut
ditetapkan.
Jika suatu proyek masih menggunakan
regulasi lama dan belum selesai sampai akhir
2014, maka proyek tersebut akan diatur
ulang dari awal menggunakan UU baru
tersebut.
"Kalau berpedoman pada UU memang hanya
berlaku sejak ditetapkan, akan tetapi Kepres
71/2012 memberikan kesempatan untuk yang
sudah diproses," katanya.
Untuk menuju penggunaan UU baru tersebut,
ujar Djoko, dibutuhkan kesiapan peraturan
dari Badan Pertanahan Nasional, Kementerian
Keuangan, dan Kementerian Dalam Negeri.
"Semuanya harus di set-up dan organisasi di
BPN sendiri harus sudah siap, tapi kan untuk
sekarang nampaknya BPN belum siap,"
pungkasnya.
Nantinya, ujar Djoko, pemerintah akan
memproses dengan peraturan lama sampai
titik yang memang tidak bisa dilanjutkan.
"Ada sepotong ruas menggunakan UU yang
lama dan sepotong menggunakan UU yang
baru. Tinggal di-switch saja," katanya.
Selain opsi menggunakan UU No 2/2012,
pemerintah juga akan mengambil alih
pengerjaan tol tersebut dengan menggunakan
Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara
(APBN) atau melalui Jasa Marga.
"Untuk menggunakan APBN itu bisa cepat
karena lebih mudah. Atau dikerjakan oleh Jasa
Marga atau BUMN lainnya juga lebih baik,"
paparnya. (ra)

http://m.bisnis.com/articles/tol-tra...unakan-uu-baru
__________________
manusia adalah omnivora sejati
apapun dimakan, untuk hidup,untuk kesenangan,untuk memuaskan rasa ingintahu yang berkedok ilmu pengetahuan
manusia ada di posisi ujung rantai awal,akhir,dan mata rantai
so dun tell me if u eat to live, u just live to eat!
mr_n_mrs_handaja no está en línea   Reply With Quote
Old February 26th, 2013, 04:31 PM   #114
mr_n_mrs_handaja
man created to create
 
mr_n_mrs_handaja's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Location: karawaci lawang and from town to town
Posts: 1,254
Likes (Received): 39

Menteri PU Yakin Tol TransJawa Tak Tuntas Akhir 2014
Tuesday, 26 February 2013 17:07

http://www.indonesiainfrastructurene...tas-akhir-2014
__________________
manusia adalah omnivora sejati
apapun dimakan, untuk hidup,untuk kesenangan,untuk memuaskan rasa ingintahu yang berkedok ilmu pengetahuan
manusia ada di posisi ujung rantai awal,akhir,dan mata rantai
so dun tell me if u eat to live, u just live to eat!
mr_n_mrs_handaja no está en línea   Reply With Quote
Old March 1st, 2013, 08:47 AM   #115
ray_sby
Registered User
 
ray_sby's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: surabaya city
Posts: 3,171

Proyek Tol Trans-Jawa Macet
Rabu, 27 Feb 2013 | 10:25 WIB

Quote:
JAKARTA— Harapan masyarakat bisa menikmati jalan mulus kala melintasi pulau Jawa masih jauh panggang dari apai. Sebab, pembangunan sembilan ruas jalan tol trans-Jawa dipastikan tidak akan selesai pada akhir 2014. Dari sembilan ruas itu, tiga ruas jalan tol masih terkendala pembebasan lahan. Sejauh ini baru rampung 62,3 kilometer dari panjang 649,98 kilometer rencana tol trans-Jawa.
”Saya harus objektif menilai jalannya pembangunan,” kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, di Jakarta, Selasa (26/2). Sampai tahun 2012, baru 62,3 kilometer (km) jalan tol trans-Jawa yang rampung. Ada 587,68 km lagi yang harus diselesaikan hingga 2014.
Ketiga ruas jalan tol yang lambat pembebasan lahannya adalah ruas Pejagan-Pemalang, Pemalang-Batang, dan Batang-Semarang. “Ada kemajuan, tetapi sangat lambat,” kata Djoko seusai membuka Konsultasi Regional 2013 bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah seluruh Indonesia.
Selain pembebasan lahan, di tiga ruas jalan tol itu juga terjadi pengambilalihan perusahaan yang mendapatkan konsesi ketiga ruas itu. Wakil Presiden Boediono, awal bulan ini, berpesan agar para menteri memantau dan mengevaluasi pengambilalihan ini. “Pembangunan tiga ruas jalan tol ini harus berlanjut dan tidak macet lagi,” kata Boediono.
Sementara untuk ruas Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Djoko mengatakan cukup lancar. Demikian juga Kertosono-Mojokerto dan Mojokerto-Surabaya. Walaupun masih ada kendala sedikit, tetapi relatif lancar.
Kemudian untuk ruas jalan tol Surabaya-Gempol, Djoko mengatakan ada yang terputus karena lumpur Sidoarjo. Namun, untuk menggantikan yang terputus ini, pemerintah telah membuatkan jalan arteri. Setelah itu akan dilanjutkan lagi dengan jalan tol yang dibangun Jasa Marga. ”Pembangunan ini akan lebih cepat karena sudah selesai pembebasan lahannya,” ujar Djoko.
Selanjutnya, untuk ruas Gempol-Pandaan, juga sudah bersih, dan bisa dimulai pekerjaannya. Gempol-Pasuruan di ruas 1, sudah mulai dikerjakan.
”Di ruas-ruas itu pembebasan tanah berjalan lumayan lancar, investor lumayan baik, kontraktor bekerja baik,” kata dia.
Ia mengakui, Indonesia memiliki regulasi yang cukup memadai untuk mengatur pembebasan lahan. Undang-Undang Pembebasan Lahan dan Peraturan Presiden tentang Pembebasan Lahan telah dikeluarkan, yakni UU Pembebasan Lahan No 2 Tahun 2012. Menurut Djoko, pemerintah pusat tetap harus melakukan langkah-langkah tertentu untuk memastikan kelancaran pembebasan lahan dan pembangunan jalan tol.
http://m.surabayapost.co.id/?mnu=ber...067f89cc14862c
ray_sby no está en línea   Reply With Quote
Old March 1st, 2013, 09:35 AM   #116
unforgotten
Badass Engineer
 
unforgotten's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Surabaya
Posts: 1,316
Likes (Received): 906

mantab nih pembenahan infrastruktur, mudah2an menarik banyak investor kedepanya
__________________
ada benarmu sendiri
ada benarnya orang banyak
ada benar yang sejati
#maiyah
unforgotten no está en línea   Reply With Quote
Old March 7th, 2013, 07:32 AM   #117
Sitoneizer
Kuuga
 
Sitoneizer's Avatar
 
Join Date: Dec 2011
Location: Purwokerto ,Wangon, Argamakmur, Cilacap
Posts: 13,187
Likes (Received): 873

JARINGAN TOL TRANS JAVA
Complements of Trans-Java toll road

Meskipun baru perencanaan.......

Kanci-Purwokerto-Cilacap Toll RoadThis toll road known as Middle road (Indonesian: Jalur Tengah) This toll road will be the begin point of South coast road tollways.




Cilacap-Yogyakarta Toll Road From Cilacap the tollways will be expanded to Cilacap-Kebumen Toll Road and next to Kebumen-Purworejo Toll Road and Purworejo-Yogyakarta Toll Road

@Cilacap-Kebumen Toll [email protected] Toll [email protected] Toll Road
@Yogyakarta-Magelang Toll Road


http://en.wikipedia.org/wiki/Trans-Java_toll_road

http://en.wikipedia.org/wiki/Trans-J...acap_Toll_Road

baru tahu nih, ternyata jalur selatan juga akan dilewati TOL juga, berharap sih ada TOL penghubung PUrwokerto- Tasikmalaya
__________________
Wangon the Town of Intersection to connect west with east and north with south & the Gate of Greater Banyumas

Perjuangkan Pemerataan pembangunan kabupaten Banyumas
https://www.facebook.com/Perjuangkan...sI&pnref=story
Twiter
https://twitter.com/Sitoneizer
Sitoneizer no está en línea   Reply With Quote
Old March 7th, 2013, 10:36 AM   #118
eurico
Moderator
 
Join Date: Nov 2006
Posts: 30,083
Likes (Received): 6017

waw baru tahu di situ direncanakan akan dibangun jalan tol juga, tapi satu hal yang pasti Solo-Jogja sudah sangat urgent sekali untuk dibangun jalan tol
__________________
Don't Rich People Difficult
eurico no está en línea   Reply With Quote
Old March 7th, 2013, 07:10 PM   #119
ahonksirad
Registered User
 
ahonksirad's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Yogyakarta
Posts: 3,916
Likes (Received): 996

@eurico: bukannya solo-jogja batal gegara ditolak DPRD klaten yo mas? *ol pake hape jadi gak bisa nyertain linknya*
__________________
"Ikut hati mati, ikut rasa binasa"

-pepatah-
ahonksirad no está en línea   Reply With Quote
Old March 8th, 2013, 02:35 PM   #120
ArfianAye
tiyang Klaten
 
Join Date: Sep 2012
Posts: 562
Likes (Received): 69

Quote:
Originally Posted by eurico View Post
waw baru tahu di situ direncanakan akan dibangun jalan tol juga, tapi satu hal yang pasti Solo-Jogja sudah sangat urgent sekali untuk dibangun jalan tol
Imho, yg bikin solo-jogja sering macet itu karena kebanyakan traffic light. Banyak jalan kecil yg dipasang traffic light dan tidak memberhatikan beban jalan solo jogja. Ujung2nya menjadi tidak efektif dan hanya bikin macet.
Boleh sih bikin traffic light. Tp ya memperhatikan beban jalan juga. Misalnya utk jalan solo jogja,lampu hijaunya diperlama.

Coba lewat pantura. Gak banyak traffic light-nya.

Menurut saya yg paling urgent adalah tol surabaya-malang. Kalo liburan amit2 deh macetnya. Pernah lewat Pandaan-Lawang ditempuh hampir 3jam
Untung proyek tsb udah mulai pembebasan tanah
__________________
membangun suatu kota itu bukan cuma gedung-gedungnya saja, tetapi juga perekonomiannya, kehidupan sosialnya, transportasinya, keamanan, dsb.

tejoe liked this post

Last edited by ArfianAye; March 8th, 2013 at 02:41 PM.
ArfianAye no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 05:25 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu