search the site
 daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Metropolitan Construction and Development > Bandung



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old March 23rd, 2011, 04:21 AM   #81
D3Y
Jiva & Kasabian
 
D3Y's Avatar
 
Join Date: May 2010
Location: Cilegon "BERSERI"
Posts: 11,758
Likes (Received): 2372

ribet banget ya
seandainya sangkuriang masih hidup, tuh stadion udah jadi dalam semalam aja
__________________
The Right Man at The Right Time and The Right Place
He is Ridwan Kamil
D3Y no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old March 23rd, 2011, 09:30 AM   #82
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,354
Likes (Received): 47

@ D3Y: di tatar parahyangan, apa sih yg ga ribet? jigana dr dulu sdh budaya... pdhal baru stadion, belum proyek lainnya
neh ada lagi info seputar stadion :

38 Ribu Kursi SUS Disimpan di Gudang
Pasang Tiang Pancang Tunggu Kajian

GEDEBAGE,(GM)-Rabu, 23 Maret 2011
Perkembangan pembangunan proyek Stadion Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage dalam dua bulan terakhir cukup menggembirakan. Hingga 20 Maret 2011 (minggu ke-78), dari rencana keseluruhan sebesar 20,2384%, progres yang sudah terealisasi 21,4232% atau mengalami kelebihan 1,19%. Angka tersebut dihitung dari perkembangan keseluruhan. Tidak hanya pematangan lahan, namun juga penyediaan material on side (MOS).

Dari pantauan ”GM” di lapangan, pengurukan tanah terlihat sangat berbeda dari pantauan terakhir pada Januari lalu. Saat ini dari lahan seluas 5 ha (2 ha untuk lapangan dan 3 ha untuk area tribun penonton, red) yang diuruk, hanya tinggal beberapa persen lagi yang tersisa.

Dwinik W., Team Leader PT Indah Karya sebagai manajemen konstruksi SUS Gedebage menerangkan, saat ini proses pengurukan sudah bisa dilakukan secara optimal. Dengan hanya tiga hari hujan selama Februari, pengurukan tanah bisa mencapai 400 rit/hari atau setara dengan 8.000 m3 tanah. ”Kita memang masih fokus pada penimbunan tanah. Namun perkembangannya cukup menggembirakan, tidak seperti 2010 lalu. Saat ini penimbunan tanah bisa mencapai 8.000 m3/hari atau 400 rit,” terangnya ketika ditemui wartawan di lokasi proyek, Selasa (22/3).

Dengan penimbunan tanah sebanyak itu, lahan 5 ha yang tersedia sudah hampir selesai diuruk. Untuk area lapangan, ketinggian tanah yang diuruk mencapai 5 meter atau sesuai rencana. Sementara area tribun penonton, dari rencana ketinggian 4,5 meter, sebagian besar sudah tercover. Tinggal sebagian lagi yang masih belum dan ditargetkan bisa selesai akhir bulan ini.

Setelah penimbunan tanah, kata Dwinik, tahap selanjutnya pemasangan tiang pancang. Namun pihaknya masih akan menunggu konsolidasi lahan serta kajian lebih lanjut dari ahli geoteknik. Dari kajian awal, pemasangan tiang pancang baru bisa dilakukan sembilan minggu setelah pengurukan terakhir dilakukan. Artinya jika pengurukan terakhir akhir bulan ini, pemasangan tiang pancang bisa dilakukan pada bulan Mei akhir atau awal Juni.

Meski pemasangan masih menunggu waktu, namun tiang pancang untuk fondasi konstruksi saat ini sudah tersedia di lokasi. Yang sudah masuk lokasi mencapai 92% atau 8.460 batang dari kebutuhan total sebanyak 9.191 batang. ”Tiang pancang sudah on side, tinggal 8 persen lagi yang tengah dibuat di pabriknya,” terang Dwinik didampingi anggota team leader lainnya, Ratnani.

Di samping tiang pancang, MOS lainnya yang sudah tersedia, yaitu frecast (struktur untuk tribun penonton, red) yang mencapai 27% atau 1.528 panel dari total kebutuhan 5.690 panel, kursi penonton 38 ribu unit yang sudah 100% tersedia dan sementara dititipkan di gudang PT Adhi Karya di Jakarta. (B.114)**
http://www.klik-galamedia.com/indexn...m=tatarbandung
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old March 31st, 2011, 05:00 PM   #83
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 9,291
Likes (Received): 968

31/03/2011 21:54
Stadion Internasional Persib Baru Rampung 2013
Yatni Setianingsih

INILAH.COM, Bandung - Pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage tampaknya melenceng dari target. Penyebab melencengnya target tersebut adalah faktor cuaca dan pendanaan.

Awalnya Pemkot Bandung menargetkan stadion bertaraf internasional tersebut rampung akhir 2011. Namun, lantaran banyaknya kendala dalam pembangunannya, kemungkinan stadion tersebut baru rampung tahun 2013.

"Target selesai pada 2011 tidak dapat tercapai, karena kemarin saja ada hambatan cuaca ekstrem dan masalah ketersediaan dana sehingga membuat delay sampai dengan 10 bulan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi kepada wartawan di ruang kerjanya Balaikota Jalan Wastukencana, Kamis (31/3/2011).

Edi menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan stadion selesai pada 2013. Pasalnya, kata dia, cuaca ekstrem dan dana, jadi persoalan yang tak bisa diprediksi.

"Kalau untuk pendanaan jika Pemprov mau mengucurkan dana tambahan, kita tidak akan meminjam. Tapi jika tetap tidak mau, ya meminjam saja ke pihak lain," tuturnya.

Meski begitu, kata Edi, hambatan pendanaan tersebut, tidak menyurutkan langkah PT Adhi Karya sebagai pihak yang ditunjuk Pemkot Bandung, menyelesaikan pembangunan tersebut.

"Mereka tetap melakukan pembangunan, sesuai dengan dana yang kami berikan. Jadi untuk mempercepat pembangunan tersebut harus tetap ada dana," tuturnya. [gin]

http://www.inilah.com/read/detail/13...-rampung-2013/
__________________
v-sun no está en línea   Reply With Quote
Old March 31st, 2011, 05:47 PM   #84
tukangbasotahu
Sarjana Teknik. Kuli Web.
 
tukangbasotahu's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Bandung
Posts: 190
Likes (Received): 16

Setahun kemudian... eng ing eng.....

"Stadion Baru Rampung 2015. Target selesai pada 2013 tidak dapat tercapai, karena bla bla bla" tuturnya.

Quote:
Originally Posted by v-sun View Post
31/03/2011 21:54
Stadion Internasional Persib Baru Rampung 2013
Yatni Setianingsih

INILAH.COM, Bandung - Pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage tampaknya melenceng dari target. Penyebab melencengnya target tersebut adalah faktor cuaca dan pendanaan.

Awalnya Pemkot Bandung menargetkan stadion bertaraf internasional tersebut rampung akhir 2011. Namun, lantaran banyaknya kendala dalam pembangunannya, kemungkinan stadion tersebut baru rampung tahun 2013.

"Target selesai pada 2011 tidak dapat tercapai, karena kemarin saja ada hambatan cuaca ekstrem dan masalah ketersediaan dana sehingga membuat delay sampai dengan 10 bulan," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung Edi Siswadi kepada wartawan di ruang kerjanya Balaikota Jalan Wastukencana, Kamis (31/3/2011).

Edi menambahkan, pihaknya menargetkan pembangunan stadion selesai pada 2013. Pasalnya, kata dia, cuaca ekstrem dan dana, jadi persoalan yang tak bisa diprediksi.

"Kalau untuk pendanaan jika Pemprov mau mengucurkan dana tambahan, kita tidak akan meminjam. Tapi jika tetap tidak mau, ya meminjam saja ke pihak lain," tuturnya.

Meski begitu, kata Edi, hambatan pendanaan tersebut, tidak menyurutkan langkah PT Adhi Karya sebagai pihak yang ditunjuk Pemkot Bandung, menyelesaikan pembangunan tersebut.

"Mereka tetap melakukan pembangunan, sesuai dengan dana yang kami berikan. Jadi untuk mempercepat pembangunan tersebut harus tetap ada dana," tuturnya. [gin]

http://www.inilah.com/read/detail/13...-rampung-2013/
__________________
bukan tukang baso tahu beneran.
tukangbasotahu no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2011, 12:32 PM   #85
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,354
Likes (Received): 47

h..h.. meski blm jelas kpn terealisasi stadionnya apalagi superblok gedebagenya ,lumayanlah nih info bwt nutrisi ....

Mei, Tiang Pancang Stadion Internasional Dipasang

Oleh: Yatni Setianingsih
Jabar - Jumat, 1 April 2011 | 19:28 WIB

INILAH.COM, Bandung - Sebanyak 4.500 tiang pancang dari kebutuhan 9.000 tiang saat ini sudah berada di lokasi proyek Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage.

Project Manager PT Adhi Karya Hedi Herdiana mengatakan, meski pemasangan tiang pancang baru akan dilakukan pada akhir Mei, atau Juni awal, 50% sudah berada di lokasi proyek stadion berstandar international tersebut. "Setelah konsolidasi kekuatan tanah selesai pada dua bulan mendatang, tetapi tiang pancang untuk pembangunan tersebut telah berada di sini yaitu 4.500 tiang dari total kebutuhan 9.000 tiang," tutur Hedi saat dihubungi INILAH.COM, Jumat (1/4/2011).

Hedi menerangkan, seluruh tiang pancang akan tersedia saat pemasangan akan dimulai. Sisa tiang pancang tersebut telah selesai diproduksi di kawasan industri Cibitung Kabupaten Bekasi. "Sisa tiang pancang tersebut tinggal dikirim proyek, karena di tempat produksinya telah selesai dibuat. Kalau saat pemasangan tiang pancang cuaca hujan tidak terlalu berpengaruh signifikan," imbuhnya. [gin]

http://www.inilahjabar.com/read/deta...ional-dipasang

Last edited by aa coy; April 2nd, 2011 at 12:38 PM.
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2011, 12:40 PM   #86
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,354
Likes (Received): 47

Tanah Stadion Gedebage Beres Ditimbun Pekan Ini



Oleh: Yatni Setianingsih Jumat, 1 April 2011 | 18:35 WIB

INILAH.COM, Bandung - Proses penimbunan atau pengurukan tanah di lapangan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage dijadwalkan selesai pada pekan ini.

Penimbunan tanah tersebut dilakukan pada lahan seluas 5 hektare. Sekitar 2 hektare di antaranya untuk lapangan sepakbola dan 3 hektare lainnya untuk tribun penonton. "Akhir minggu ini penimbunan segera selesai. Kondisinya tinggal sedikit lagi yang belum ditimbun," kata Project Manager PT Adhi Karya Hedi Herdiana ketika dihubungi INILAH.COM, Jumat (1/4/2011).

Hedi mengaku hujan yang sering terjadi menjadi salah satu kendala yang dihadapi. Seharusnya, lanjut Hedi, proses penimbunan selesai pada akhir Maret 2011. "Hujan yang sering terjadi pada sore hari menjadi hambatan karena menimbulkan kandungan air yang tinggi dari tanah sekarang yang kandungan airnya hanya 40%-70%. Jadi ini tidak meleset dari target awal," tandasnya.

Setelah penimbunan selesai, katanya, proses pembangunan stadion bertaraf internasional yang akan menjadi home base Persib Bandung itu akan dilanjutkan dengan pemasangan tiang pancang. "Tiang pancang tersebut akan dilakukan setelah adanya konsolidasi untuk melihat kekuatan tanah, kurang lebih 9 minggu atau sekitar dua bulan ini," tuturnya.

Konsolidasi dilakukan untuk mengetahui kepadatan dari tanah tersebut, sehingga menurut Hedi ketika dipasangi tiang pancang, tanah tersebut akan kuat. [jul]

http://www.inilahjabar.com/read/deta...mbun-pekan-ini
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old April 2nd, 2011, 12:59 PM   #87
Widana89
Mujer Amante
 
Widana89's Avatar
 
Join Date: Feb 2010
Location: Bali, Indonesia
Posts: 2,918
Likes (Received): 254

Quote:
Originally Posted by tukangbasotahu View Post
Setahun kemudian... eng ing eng.....

"Stadion Baru Rampung 2015. Target selesai pada 2013 tidak dapat tercapai, karena bla bla bla" tuturnya.

Mudur trus target penyelesaian stadion ini...
Widana89 no está en línea   Reply With Quote
Old April 7th, 2011, 01:38 PM   #88
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 9,291
Likes (Received): 968

07/04/2011 18:34
Bank BJB Siap Danai Stadion Internasional Persib
Sirojul Muttaqien

INILAH.COM, Tegal - Bank Jabar Banten (BJB) menyatakan siap mendanai proyek pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage yang akan menjadi home base Persib Bandung.

Direktur Utama Bank BJB Agus Ruswendi mengatakan, peluang mendanai proyek Pemkot Bandung tersebut sangat terbuka karena selama ini perseroan juga sudah sering mengucurkan kredit kepada beberapa kabupaten/kota di Jabar.

"Kami siap mendanai Stadion Gedebage namun harus dengan segala aturan yang ada," kata Agus kepada wartawan di sela-sela Pembukaan Bank BJB Kantor Cabang Tegal, Jalan Mayjen Sutoyo Tegal, Kamis (7/4/2011).

Ia mengemukakan, sudah mendapatkan informasi bahwa proses pembangunan SUS Gedebage masih memerlukan dana dan ada pernyataan dari Pemkot Bandung bahwa mereka membuka peluang untuk mendapatkan dana itu dari pinjaman perbankan.

Menurut Agus, selama ini Pemkot Bandung memang belum pernah mendapatkan pinjaman dana dari Bank BJB. Karena itu, peluang mendapatkan kredit dari BJB sangat terbuka dengan aturan persyaratan pinjaman daerah.

Berdasarkan data yang dihimpun, proses pembangunan SUS Gedebage masih membutuhkan dana sekitar Rp460 miliar. Hingga saat ini, proses pengurukan tanah di stadion bertaraf internasional itu tengah dilakukan dan akan dilanjutkan dengan pemasangan tiang pancang pada Mei 2011 nanti.[den]

http://www.inilah.com/read/detail/13...sional-persib/
__________________
v-sun no está en línea   Reply With Quote
Old April 9th, 2011, 01:01 PM   #89
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,354
Likes (Received): 47

Lampu Hijau untuk Gedebage
Saturday, 09 April 2011
BANDUNG– Pemkot Bandung masih berharap memperoleh bantuan untuk pembangunan Sarana Utama Sepak Bola (SUS) Gedebage dari Pemprov Jawa Barat.

Terlebih setelah Pemprov Jawa Barat memberikan lampu hijau yang menandakan akan membantu pembiayaan pembangunan tersebut. Dengan berharap dana cair, bantuan yang ditawarkan Bank Jabar Banten (BJB) dikesampingkan oleh Pemkot Bandung.Padahal sebelumnya, pemprov terlihat tanda-tanda gagal memberi bantuan untuk pembangunan SUS Gedebage.

Kalau ada yang gratis (bantuan pemprov) ngapain kita ambil yang harus bayar,” ujar Wali Kota Bandung Dada Rosada di Balai Kota Bandung kemarin. Hingga kini, Dada masih menunggu sinyal yang lebih pasti dari Pemprov Jabar.“Kemarin-kemarin saya sudah bicara dengan gubernur dan beliau menyatakan siap membantu pembangunan SUS,” katanya. Pembicaraan tersebut dilakukan ketika digelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BJB. Menurutnya, gubernur sudah menyanggupi untuk memberikan bantuan. Dengan adanya bantuan dari pemprov, sisa pendanaan pembangunan SUS Gedebage yang jumlahnya masih sangat besar yakni Rp400 miliar, bisa sedikit teratasi. Selain dana dari pemprov,pemkot tetap akan mengalokasikan dana.

Apalagi kini pembangunan mulai memasuki tahap pelaksanaan konstruksi,setelah satu tahun lebih fokus pada konsolidasi tanah. “Saya bersama warga kota berdoa, semoga janji Gubernur Jabar Ahmad Heryawan bisa terealisasi seperti masa Gubernur Danny Setiawan. Dengan bantuan itu,tidak perlu lagi harus pinjam ke mana-mana lagi,”beber Dada. Dia optimistis bantuan itu bisa diberikan karena pembangunan SUS Gedebage juga turut dimasukkan ke dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Pemprov Jabar melalui Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Jabar.Jika bantuan terealisasi, pemkot bersama warga Kota Bandung akan sangat berterima kasih kepada pemprov.

Sebelumnya, Pemkot Bandung menargetkan pembangunan SUS Gedebage selesai pada 2012 mendatang.Namun bila kucuran dari pemprov batal, paling lambat SUS bisa selesai dibangun pada 2013, itu pun dipastikan mendapatkan bantuan dari pihak ketiga. (untung batal jd tuanrumah seagames 2011) Sekda Kota Bandung Edi Siswadi menuturkan saat ini kemampuan pemkot membayar cicilan pinjaman sebesar Rp280 miliar per tahun.Untuk itu,kalau pemkot akan meminjam ke pihak ketiga untuk percepatan pembangunan SUS Gedebage, maka tidak boleh melebihi kapasitas tersebut. “Karena itu, kita masih berharap mendapat bantuan dari pemprov,”ujar Edi. Meski tidak bisa memaksa bantuan Pemprov Jabar,pihaknya tidak akan melakukan lobi apa pun untuk mendapat bantuan yang maksimal.

“Semua bergantung kemampuan pemprov untuk memberi bantuan,” ucapnya. Kebutuhan pembangunan SUS ini sebesar Rp480 miliar,dana itu dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan pembangunan sampai 100% selesai. Namun, APBD Kota Bandung tidak akan cukup mendanai pembangunan itu seluruhnya.“Karena itu,target kita juga tidak muluk-muluk, target kita bisa menyelesaikan pembangunan pada 2012. Itu pun masih sangat fleksibel, kita memikirkan jika nantinya ada kendala di lapangan seperti faktor cuaca sehingga maksimal pembangunan selesai hingga 2013,”bebernya. Untuk bantuan pemprov pada tahun ini yang hanya senilai Rp.25 miliar, hingga kini dana itu belum masuk ke kas daerah.

Untuk sekarang, alokasi hanya untuk pendanaan dari APBD Kota Bandung sebesar Rp.75 miliar,sementara bantuan dari pemprov baru akan digunakan di APBD perubahan. Edi mengatakan bahwa tahun depan bantuan dari pemprov bisa bertambah. Karena itu, jika jumlah bantuan masih Rp.25 miliar dibutuhkan waktu sekitar 20 tahun untuk menyelesaikan pembangunan SUS Gedebage. Namun kalau bantuan pemprov tidak seperti yang diharapkan, kemungkinan besar pemkot akan meminjam dana ke pihak perbankan. yugi prasetyo

http://www.seputar-indonesia.com/edi...t/view/391887/

dulu ngambek nolak bantuan, skrg ngemis2 ga pny duit....duh kang dada...kumaha maneh teh...

Last edited by aa coy; April 9th, 2011 at 01:07 PM.
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old April 27th, 2011, 09:13 AM   #90
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 9,291
Likes (Received): 968

27/04/2011 14:04
Tanah Stadion Internasional Persib Mulai Dirapikan
Yatni Setianingsih

INILAH.COM, Bandung - Proses pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage telah memasuki tahap konsolidasi tanah. Sebelumnya, pada pekan pertama April 2011, lahan 5 hektare stadion tersebut sudah selesai ditimbun atau diuruk.

Project Manager PT Adhi Karya Hedi Herdiana menerangkan selama menunggu konsolidasi tanah pihaknya merapikan tanah lapangan yang rencananya akan menjadi home base Persib Bandung itu. Hal tersebut dilakukan untuk melihat kepadatan tanah sebelum dipasangi tiang pancang sekitar 9 minggu.

"Sementara menunggu konsolidasi tanah untuk mengukur kepadatan tanah, kegiatannya yaitu merapikan volume tanah. Memang masih ada truk pengangkutan tanah untuk merapikan tanah tersebut, tetapi truk dan ritnya lebih sedikit dibandingkan saat pengurukan," kata Hedi saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (27/4/2011) pagi.

Kandungan air saat selesai pengurukan tanah mencapai 1,7 meter. Sementara saat ini, tanah mengalami penurunan 0,5 meter atau mencapai 1,2 meter. "Cuaca hujan saat ini tidak terlalu memengaruhi proses konsolidasi karena intensitasnya tidak sesering saat awal pembangunan," imbuhnya.

Hedi mengatakan, rata-rata hanya 10 rit tanah yang masuk ke lokasi proyek. Sementara saat pengurukan tanah dapat mencapai 250-300 rit per hari.

"Mudah-mudahan setelah konsolidasi selesai dan kepadatan tanah sesuai dengan aturan dari ahli, maka kemungkinan awal Juni akan mulai dipasangi tiang pancang. [gin]

http://www.inilah.com/read/detail/14...lai-dirapikan/
__________________
v-sun no está en línea   Reply With Quote
Old April 27th, 2011, 04:29 PM   #91
blablanonsense
Fiat Voluntas Tua
 
blablanonsense's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Planet Earth
Posts: 6,107
Likes (Received): 1499

numpang tanya dong, musmar ini apa-an sih. Perasaan semua tempat di gedebage dinamai Musmar di desainnya. Apa musmar ini investor Gedebage ya?
blablanonsense no está en línea   Reply With Quote
Old May 6th, 2011, 10:34 AM   #92
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,354
Likes (Received): 47

Quote:
Originally Posted by blablanonsense View Post
numpang tanya dong, musmar ini apa-an sih. Perasaan semua tempat di gedebage dinamai Musmar di desainnya. Apa musmar ini investor Gedebage ya?
kayaknya sih iya. klo diliat dr rendering gedebage city. tapi klo liat perkembangannya dr baheula pisan yg sampai skrg ga nampak kenapa yah ga ganti aja krjasama pemkot dgn investor yg lbh bonafid spt ciputra dev., bakrieland, agung sedayu, agung podomoro dan selevelnya
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old May 6th, 2011, 10:36 AM   #93
aa coy
Registered User
 
aa coy's Avatar
 
Join Date: Dec 2009
Location: citayam,bogor - cikupa,tangerang
Posts: 2,354
Likes (Received): 47

Juli, Pembangunan PLTSa Gedebage Ditenderkan



inilah.com
Oleh: Yatni Setianingsih
Jabar - Rabu, 4 Mei 2011 | 19:30 WIB

INILAH.COM, Bandung - Setelah tertunda hingga beberapa tahun, Pemkot Bandung akhirnya akan memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Gedebage yang dimulai dengan proses tender pada Juli 2011 mendatang.

Untuk mempersiapkan pembangunan PLTsa tersebut setelah tender selesai, Pemkot dan DPRD Kota Bandung akan menyelesaikan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan lima Perda lainnya sebagai payung hukum pembangunan PLTSa tersebut. Keenam Perda tersebut ditargetkan bisa disahkan pada triwulan III 2011.

"Pada Juli ini akan memasuki tender, sudah ada 6 peserta tender yang akan mengikuti proses tersebut," kata Wali Kota Bandung Dada Rosada kepada wartawan di Hotel Grand Pasundan, Jalan Peta Kota Bandung, Rabu (4/5/2011). Dada menegaskan, pembangunan PLTSa akan dilakukan setelah enam sebagai payung hukum disahkan DPRD, terutama revisi Perda RTRW.

"Untuk dana investasi kita lihat dulu nanti, berapa yang dibutuhkan untuk pembangunannya. Sampai saat ini belum ada laporan biaya yang diperlukan dari panitia penyelenggara tender," imbuhnya. Pembiayaan pembangunan PLTSa Gedebage, selain menggunakan dana dari pihak swasta, Pemkot akan mengalokasikannya dari pendapatan asli daerah (PAD) seperti Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Rencana pembangunan PLTSa tersebut telah digulirkan Pemkot sejak 2007, tetapi karena berbagai kendala akhirnya belum terealisasi. Dari perhitungan sebelumnya, pembangunan PLTSa yang berlokasi di Kelurahan Rancanumpang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung tersebut memerlukan dana lebih dari Rp600 miliar. [den]

http://www.inilahjabar.com/read/deta...ge-ditenderkan
aa coy no está en línea   Reply With Quote
Old May 6th, 2011, 01:53 PM   #94
D3Y
Jiva & Kasabian
 
D3Y's Avatar
 
Join Date: May 2010
Location: Cilegon "BERSERI"
Posts: 11,758
Likes (Received): 2372

good news
makin banyak energi alternatif yang emang sangat besar dibutuhkan buat konsumsi kota ini
__________________
The Right Man at The Right Time and The Right Place
He is Ridwan Kamil
D3Y no está en línea   Reply With Quote
Old May 22nd, 2011, 06:14 PM   #95
Don KingKong
Asean citizen
 
Don KingKong's Avatar
 
Join Date: Mar 2010
Location: Asean City
Posts: 374
Likes (Received): 7

Bulan Depan Tiang Gedebage Berdiri

SARANA Utama Sepakbola (SUS) Gedebage diperkirakan akan rampung pada pertengahan 2012 mendatang. Terjadi pemunduran waktu, yang awalnya rampung akhir 2011 ini. Rupanya banyak terjadi kendala di lapangan.

Banyaknya pertanyaan dan masukan dari bobotoh soal stadion Gedebage membuat tim persibholic.com menelusuri informasi perkembangan stadion yang akan menjadi stadion terbaik di Indonesia ini. Beruntung, pihak terkait menyambut baik niat tim persibholic.com.

Saat survey ke lapangan, Jumat (20/5/2011), kondisi stadion Gedebage masih berupa gundukan tanah yang merupakan tahap pematangan lahan hasil penimbunan. Tanah timbunan di lokasi pekerjaan dalam proses konsolidasi.

Koordinator Engineering PT Adhi Karya Hanif SN mengungkapkan, timbunan untuk stadion yang dilakukan cukup signifikan setinggi 5 meter. Beban tanah timbun akan memberikan dampak terhadap tanah asli, yang notabenenya merupakan tanah basah bekas sawah atau rawa.

"Jadi kami lakukan dengan hati-hati dan penuh perhitungan agar kedepannya stadion berdiri kokoh dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," ungkap Hanif kepada persibholic.com.

Rencananya, kata Hanif, awal kegiatan pemancangan tiang akan dilakukan pada pertengahan Juni ini. Tiang pancang beton telah tersedia di lapangan dengan total lebih dari 3.000 titik pancang. Sementara alat pancang akan tiba pekan depan. "Dan kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat terkait rencana pemancangan ini," imbuhnya.

Mundurnya target selesai, jelas Hanif, karena banyaknya faktor nonteknis, terutama cuaca. Awalnya, hambatan dimulai saat pembuatan akses jalan menuju lokasi pembangunan. Lokasi proyek yang berada di Kelurahan Mekarmulya berada sekitar 5 KM dari Jalan Soekarno-Hatta. Kala itu, untuk mencapai lokasi harus melalui jalan Raya Cimencrang dengan kondisi jalan yang sempit dan kapasitas daya dukung jalan yang tidak memadai untuk dapat dilalui kendaraan berat. Mobilisasi material timbunan terhambat akibat kendala ini.

Meski lokasi SUS Gedebage tepat berada di tepi jalan tol Padalarang-Cileunyi, namun tidak ada pintu keluar yang dapat mencapai lokasi. Beberapa peraturan yang ada tidak mengizinkan adanya pembukaan akses dari jalan tol dengan mudah. Dengan upaya bersama antara Pemkot Bandung serta Pemprov Jawa Barat, pada bulan Juli 2010 diperoleh izin membuka akses dari jalan tol menuju lokasi proyek pada KM 151.

"Dan lagi-lagi setelah akses di km 151 terbuka, kendala berikutnya adalah musim lebaran 2010 yang menyebabkan akses KM 151 kembali tidak dapat dipergunakan dan menghambat pelaksaan kegiatan penimbunan kami," jelas Hanif.

Pada tahun 2010, beber Hanif, terjadi kondisi curah hujan yang ekstrim. Dalam sepanjang tahun telah terjadi lebih dari 200 hari hujan. Menurutnya, kondisi hujan menyebabkan pekerjaan penimbunan melambat karena kaidah teknis mensyaratkan pekerjaan dilakukan pada kondisi tanah kering.

Dengan kondisi ini, Hanif berharap adendum yang diajukan terkait penyelesaian pembangunan sekitar pertengahan 2012 nanti bisa terealisasi. "Dan memang batas akhirnya pada 2013 nanti karena kita dan Pemkot juga menghitung soal hambatan tadi," jelasnya.

Jadi, sebagai calon pemakai resmi, Persib Bandung dan bobotoh diharap bersabar. Namun, jaminannya adalah, dengan waktu penyelesaian yang cukup panjang, SUS Gedebage ini akan menjadi stadion termegah di Indonesia. Semoga. (Okke Permadhi)


Nonton Bola Senyaman di Bioskop
Kursi SUS Gedebage Standar FIFA

PARA penonton Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage dipastikan akan merasa nyaman saat duduk melihat Persib Bandung atau tim nasional lainnya tampil. Sebab, kursi yang dipakai akan sama nyaman dan bagus dengan stadion Emirates di London, Inggris milik Arsenal.

"Kita ingin merubah mindset penonton agar nantinya punya sense of belonging dan kebanggaan atas stadion Gedebage. Karena stadion ini akan menjadi termewah di Indonesia dan sesuai standar FIFA," ungkap Kabid Survey dan Investigasi Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya (Distarcip) Kota Bandung Yayat A Sudrajat kepada persibholic.com.

Yayat menjelaskan, kapasitas SUS Gedebage sendiri 38 ribu kursi. Ia menyatakan, bisa dikatakan tidak ada kelas ekonomi karena semua tribun akan memakai kursi dengan kualitas terbaik. Bahkan, tidak ada kursi kayu atau sekadar beton untuk duduk.

Spesifikasi kursi sendiri, jelas Yayat, merupakan kursi yang tidak mudah terbakar. Jika terjadi vandalisme, maka kursi memiliki ketahanan waktu yang cukup untuk petugas memadamkan api. "Dan kalau terbakar tidak akan menyebar," imbuhnya.

Di Indonesia, kata Yayat, baru SUS Gedebage yang memakai kursi tipe tip-up yang bisa dilipat seperti bioskop. Jika terjadi kondisi chaos atau usai laga, maka kursi akan melipat secara otomatis dan memiliki ruang bagi penonton untuk keluar dengan mudah.

Kenapa berani memakai kursi mewah sementara sikap sebagian bobotoh sebagai calon pengguna stadion masih belum dewasa? "Justru kami ingin merubah paradigma bobotoh agar mereka juga bisa menjaga stadion ini. Mereka kan yang ingin ada stadion bagus dengan standar FIFA. Jadi, kalau sudah jadi nanti, kami harap mereka bisa menjaganya," beber Yayat.

Kursi tip-up, jelas Yayat merupakan produk dari Inggris, sebagai suplier utama kursi bagi stadion berstandar FIFA. Namun, karena Malaysia dan China menjadi distributor di wilayah Asia, maka pihaknya memilih membeli dari Malaysia. "Agar kita bisa efisiensi harga. Dan 38 ribu kursi sudah ada di gudang kita di Jakarta," ujarnya.

Soal kapasitas stadion, Yayat mengaku, karena semua tribun diberi kursi, maka maksimal di angka 38 ribu. Namun, jika tanpa kursi, maka kapasitas bisa mencapai 70 ribu. "Tapi kan awalnya kita sepakat harus standar FIFA, karena nanti bisa dipakai ajang internasional. Makanya kita semua pakai kursi. Ini juga demi menghindari kebocoran tiket. Jadi, kalau ada penonton yang tidak punya tiket, dia tidak bisa duduk," jelas Yayat.

Untuk kursi kelas VIP hanya ada 200 buah. Perbedaan antara kursi kelas VIP dengan yang lainnya adalah kursi VIP memiliki sandaran tangan di sampingnya. Selain itu, disediakan juga tempat bagi para penyandang cacat. "Jadi kaum difabel yang menonton bisa terakomodir. Ini juga standar FIFA," sebutnya.

Harapan Pemkot Bandung adalah agar setelah jadi nanti, para penonton terutama bobotoh bisa menjaga kemegahan SUS Gedebage. Selain nanti menjadi stadion termewah di Indonesia, SUS Gedebage juga akan menjadi ikon kebanggaan Jawa Barat. (Raka Zaipul)

http://www.persibholic.com/1796/nont...man-di-bioskop
__________________
Kota yang macet melahirkan generasi yang stress
Don KingKong no está en línea   Reply With Quote
Old May 23rd, 2011, 12:35 PM   #96
cyberprince
Built To Last
 
cyberprince's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Bandung
Posts: 19,653
Likes (Received): 1747

wah keren kalo kursinya beneran kayak gitu asal jangan molor lagi ampe 2015, 2016,
cyberprince no está en línea   Reply With Quote
Old May 24th, 2011, 10:40 PM   #97
Widana89
Mujer Amante
 
Widana89's Avatar
 
Join Date: Feb 2010
Location: Bali, Indonesia
Posts: 2,918
Likes (Received): 254

Quote:
Originally Posted by cyberprince View Post
wah keren kalo kursinya beneran kayak gitu asal jangan molor lagi ampe 2015, 2016,

Widana89 no está en línea   Reply With Quote
Old May 26th, 2011, 04:12 PM   #98
cyberprince
Built To Last
 
cyberprince's Avatar
 
Join Date: Mar 2009
Location: Bandung
Posts: 19,653
Likes (Received): 1747

thanks Widana89 atas picnya kayaknya kalo ada rusuh, tu kursi bakal susah dicabut yah

Last edited by cyberprince; May 27th, 2011 at 05:51 AM.
cyberprince no está en línea   Reply With Quote
Old May 26th, 2011, 08:17 PM   #99
v-sun
_-_-_-_-_-_
 
v-sun's Avatar
 
Join Date: Oct 2008
Location: B A N D U N G ™
Posts: 9,291
Likes (Received): 968

27/05/2011 01:09
3.000 Tiang Pancang Stadion Gedebage Dipasang Juni
Yatni Setianingsih

INILAH.COM, Bandung - Proses pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage hingga saat ini sudah mencapai 22,68%. Rencananya, pemasangan tiang pancang akan dilakukan pada Juni mendatang.

"Pengurukan tanah sudah mulai mencapai target dan mencapai titik yang diinginkan. Bila cuaca bagus mudah-mudahan bisa selesai dan masuk ke langkah berikutnya yaitu pemasangan tiang pancang yang kemungkinan dilakukan Juni mendatang," kata Koordinator Engineering PT Adhi Karya Hanif Setyo Nugroho kepada wartawan di lokasi proyek SUS Gedebage, Kamis (26/5/2011).

Hanif menjelaskan, tiang pancang yang dibutuhkan untuk membangun stadion tersebut sebanyak 3.181 buah. "Pemasangan tiang-tiang pancang itu kemungkinan akan selesai dalam waktu dua bulan masa kerja, bila cuaca normal tidak ekstrem seperti akhir-akhir ini," terangnya.

Pembangunan Stadion Utama Sepakbola (SUS) Gedebage melenceng dari target. Penyebab melencengnya target tersebut adalah faktor cuaca dan pendanaan.

Awalnya Pemkot Bandung menargetkan stadion bertaraf internasional tersebut rampung akhir 2011. Namun, lantaran banyaknya kendala dalam pembangunannya, kemungkinan stadion tersebut baru rampung tahun 2013. [gin]

http://www.inilah.com/read/detail/15...dipasang-juni/
__________________
v-sun no está en línea   Reply With Quote
Old May 31st, 2011, 08:17 AM   #100
sap69
Registered User
 
sap69's Avatar
 
Join Date: May 2011
Location: Jakarta - Tangsel
Posts: 25
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by Widana89 View Post

wah asik banget tuh kursinya..

asal jangan ribut dikit ngerusak ribut dikit ngerusak ya, soalnya kayaknya agak rentan rusak tuh klo pake kursi kayak gtu..
sap69 no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 08:06 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu