daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Metropolitan Construction and Development > Makassar



Reply

 
Thread Tools
Old May 13th, 2010, 01:41 AM   #1
Mimihitam
Pengguna Jelata
 
Mimihitam's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: Jakarta
Posts: 2,628
Likes (Received): 7

MAKASSAR | Menara Phinisi UNM | Campus | 20 floors | Completed






Progress (December 2009 by Andy w3)
Mimihitam no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old May 13th, 2010, 05:06 AM   #2
Mimihitam
Pengguna Jelata
 
Mimihitam's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: Jakarta
Posts: 2,628
Likes (Received): 7

Pinisi Tower

Mimihitam no está en línea   Reply With Quote
Old May 24th, 2010, 01:58 PM   #3
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

Proyek ini untuk sementara on hold menunggu pembangunan tahap II dari rencana ada 4 tahap kalau tidak salah
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old August 8th, 2010, 04:43 PM   #4
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

update

Quote:
Originally Posted by bkz010019 View Post
Gedung UNM (Universitas Negeri Makassar)
image hosted on flickr
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old September 2nd, 2010, 07:26 PM   #5
Comeliness
Registered User
 
Join Date: Mar 2010
Posts: 5,245

Kamis, 02 September 2010, 22:29 WITA|
Pembangunan Menara Phinisi Masuki Tahap II

Makassar (ANTARA News) - Pembangunan Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) memasuki tahap II dengan anggaran Rp52,12 miliar lebih. Tahap itu dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan tahap I sebanyak 10 lantai akhir Juni lalu, kini gedung berlantai 17 itu kembali mulai pembangunannya.

Pembangunan tahap II ditandai pemancangan tiang perdana tanda dimulainya pembangunan setelah sebelumnya dilakukan syukuran dan doa bersama atas dimulainya pekerjaan tersebut, Kamis.


Syukuran dan Doa bersama dihadiri Rektor UNM, Prof Dr H. Arismunandar, MPd, para Pembantu Rektor, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) UNM, Ustad Hamid Assegaf, dosen, dan pegawai UNM, serta Manager Proyek PT PP (Persero) Tbk Cabang VII, Ir Mashudi Triatmojo beserta staf, dan perwakilan dari PT. Adhicipta Engineering Consultant, keduanya adalah perusahaan yang mengerjakan pembangunan Menara Phinisi.

Pembangunan Menara Phinisi tahap II direncanakan rampung 150 hari kerja. Tahap II akan merampungkan pekerjaan struktur empat gedung yaitu gedung utama berlantai 17 yang akan difungsikan sebagai pusat pelayanan akademik, ditambah tiga gedung pendukung yaitu gedung A, B, dan C. Pembangunan gedung utama, merupakan lanjutan dari pembangunan tahap I yang telah menyelesaikan sembilan lantai, pada tahap II akan dirampungkan pembangunan lantai 10 hingga lantai 17.

Kepala BAUK UNM, Drs Syatir Mahmud mengatakan, pembangunan Menara Phinisi tahap II akan menuntaskan pembangunan struktur empat gedung berupa struktur bawah yang meliputi pondasi, dan struktur atas berupa kolom balok, serta plat, di lantai 10 hingga lantai tertinggi Menara Pinisi, lantai 17.

UNM menganggarkan dana sebesar Rp52,12 miliar lebih pada tahap II, dana itu bersumber dari DIPA APBN P 2010. Diharapkan pembangunan Menara Phinisi tahap II dapat rampung pelaksanaannya sesuai jadwal yang ada, dan setelah itu, pemerintah dapat kembali memberikan dukungan dana untuk kelanjutan pembangunan icon baru UNM ini hingga dapat difungsikan sebagai pusat pelayanan akademik. (T.pso-102/F003)


Source: http://antara-sulawesiselatan.com/be...asuki-tahap-ii
Comeliness no está en línea   Reply With Quote
Old September 2nd, 2010, 10:06 PM   #6
Andhy2
Registered User
 
Andhy2's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Makassar Great Expectation
Posts: 497
Likes (Received): 1

Quote:
Originally Posted by Comeliness View Post
Kamis, 02 September 2010, 22:29 WITA|
Pembangunan Menara Phinisi Masuki Tahap II

Makassar (ANTARA News) - Pembangunan Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) memasuki tahap II dengan anggaran Rp52,12 miliar lebih. Tahap itu dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan tahap I sebanyak 10 lantai akhir Juni lalu, kini gedung berlantai 17 itu kembali mulai pembangunannya.

Pembangunan tahap II ditandai pemancangan tiang perdana tanda dimulainya pembangunan setelah sebelumnya dilakukan syukuran dan doa bersama atas dimulainya pekerjaan tersebut, Kamis.


Syukuran dan Doa bersama dihadiri Rektor UNM, Prof Dr H. Arismunandar, MPd, para Pembantu Rektor, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) UNM, Ustad Hamid Assegaf, dosen, dan pegawai UNM, serta Manager Proyek PT PP (Persero) Tbk Cabang VII, Ir Mashudi Triatmojo beserta staf, dan perwakilan dari PT. Adhicipta Engineering Consultant, keduanya adalah perusahaan yang mengerjakan pembangunan Menara Phinisi.

Pembangunan Menara Phinisi tahap II direncanakan rampung 150 hari kerja. Tahap II akan merampungkan pekerjaan struktur empat gedung yaitu gedung utama berlantai 17 yang akan difungsikan sebagai pusat pelayanan akademik, ditambah tiga gedung pendukung yaitu gedung A, B, dan C. Pembangunan gedung utama, merupakan lanjutan dari pembangunan tahap I yang telah menyelesaikan sembilan lantai, pada tahap II akan dirampungkan pembangunan lantai 10 hingga lantai 17.

Kepala BAUK UNM, Drs Syatir Mahmud mengatakan, pembangunan Menara Phinisi tahap II akan menuntaskan pembangunan struktur empat gedung berupa struktur bawah yang meliputi pondasi, dan struktur atas berupa kolom balok, serta plat, di lantai 10 hingga lantai tertinggi Menara Pinisi, lantai 17.

UNM menganggarkan dana sebesar Rp52,12 miliar lebih pada tahap II, dana itu bersumber dari DIPA APBN P 2010. Diharapkan pembangunan Menara Phinisi tahap II dapat rampung pelaksanaannya sesuai jadwal yang ada, dan setelah itu, pemerintah dapat kembali memberikan dukungan dana untuk kelanjutan pembangunan icon baru UNM ini hingga dapat difungsikan sebagai pusat pelayanan akademik. (T.pso-102/F003)


Source: http://antara-sulawesiselatan.com/be...asuki-tahap-ii
kabar bagus nih
Andhy2 no está en línea   Reply With Quote
Old September 3rd, 2010, 05:24 AM   #7
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

Quote:
Originally Posted by Comeliness View Post
Kamis, 02 September 2010, 22:29 WITA|
Pembangunan Menara Phinisi Masuki Tahap II

Makassar (ANTARA News) - Pembangunan Menara Phinisi Universitas Negeri Makassar (UNM) memasuki tahap II dengan anggaran Rp52,12 miliar lebih. Tahap itu dilakukan setelah menyelesaikan pekerjaan tahap I sebanyak 10 lantai akhir Juni lalu, kini gedung berlantai 17 itu kembali mulai pembangunannya.

Pembangunan tahap II ditandai pemancangan tiang perdana tanda dimulainya pembangunan setelah sebelumnya dilakukan syukuran dan doa bersama atas dimulainya pekerjaan tersebut, Kamis.


Syukuran dan Doa bersama dihadiri Rektor UNM, Prof Dr H. Arismunandar, MPd, para Pembantu Rektor, Kepala Biro Administrasi Umum dan Kepegawaian (BAUK) UNM, Ustad Hamid Assegaf, dosen, dan pegawai UNM, serta Manager Proyek PT PP (Persero) Tbk Cabang VII, Ir Mashudi Triatmojo beserta staf, dan perwakilan dari PT. Adhicipta Engineering Consultant, keduanya adalah perusahaan yang mengerjakan pembangunan Menara Phinisi.

Pembangunan Menara Phinisi tahap II direncanakan rampung 150 hari kerja. Tahap II akan merampungkan pekerjaan struktur empat gedung yaitu gedung utama berlantai 17 yang akan difungsikan sebagai pusat pelayanan akademik, ditambah tiga gedung pendukung yaitu gedung A, B, dan C. Pembangunan gedung utama, merupakan lanjutan dari pembangunan tahap I yang telah menyelesaikan sembilan lantai, pada tahap II akan dirampungkan pembangunan lantai 10 hingga lantai 17.

Kepala BAUK UNM, Drs Syatir Mahmud mengatakan, pembangunan Menara Phinisi tahap II akan menuntaskan pembangunan struktur empat gedung berupa struktur bawah yang meliputi pondasi, dan struktur atas berupa kolom balok, serta plat, di lantai 10 hingga lantai tertinggi Menara Pinisi, lantai 17.

UNM menganggarkan dana sebesar Rp52,12 miliar lebih pada tahap II, dana itu bersumber dari DIPA APBN P 2010. Diharapkan pembangunan Menara Phinisi tahap II dapat rampung pelaksanaannya sesuai jadwal yang ada, dan setelah itu, pemerintah dapat kembali memberikan dukungan dana untuk kelanjutan pembangunan icon baru UNM ini hingga dapat difungsikan sebagai pusat pelayanan akademik. (T.pso-102/F003)


Source: http://antara-sulawesiselatan.com/be...asuki-tahap-ii
mantap ... pembangunan tahap 2 di mulai lagi.

update dong...
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old September 3rd, 2010, 10:13 AM   #8
Mimihitam
Pengguna Jelata
 
Mimihitam's Avatar
 
Join Date: Jun 2008
Location: Jakarta
Posts: 2,628
Likes (Received): 7

Wow, 17 lantai? Padahal menaranya di rendering kelihatan kecil.
Mimihitam no está en línea   Reply With Quote
Old September 5th, 2010, 10:51 PM   #9
bkz010019
Registered User
 
Join Date: Sep 2008
Posts: 1,761
Likes (Received): 14

Minggu 05/09/2010





Waktu "nengok" kemarin, sudah ada kegiatan2 di sekitar proyek ini. Mau motret aja, diminta KTP dan ditanya dari mana oleh Satpam.
bkz010019 no está en línea   Reply With Quote
Old September 6th, 2010, 02:00 AM   #10
eurico
Registered User
 
Join Date: Nov 2006
Posts: 20,044
Likes (Received): 1618

tapi kok kayanya belum nambah tinggi yah?? emang kegiatan apa di dalemnya hehe
eurico no está en línea   Reply With Quote
Old September 6th, 2010, 02:11 AM   #11
bkz010019
Registered User
 
Join Date: Sep 2008
Posts: 1,761
Likes (Received): 14

Quote:
Originally Posted by eurico View Post
tapi kok kayanya belum nambah tinggi yah?? emang kegiatan apa di dalemnya hehe
Ya belumlah... karena beritanya aja kan masih baru... Mungkin beberapa minggu lagi...

Lagipula kemarin tuh tidak boleh masuk sampai ke dalam mas....

Suara mesin dan suara orang2 yg bekerja di dalam terdengar jelas dari pintu ini.... Di sebelah kiri gedung ini banyak tanah merah gitu... Sedangkan suara orang2 itu terdengar di bagian belakang gedung ini...

Takut aja KTP ditahan.. Tapi setelah lihat KTP Bekasi dia pikir nih orang hanya turis lokal...hehehe...
bkz010019 no está en línea   Reply With Quote
Old September 6th, 2010, 02:33 AM   #12
eurico
Registered User
 
Join Date: Nov 2006
Posts: 20,044
Likes (Received): 1618

oh kirain kalo udah ninggal ktp udah bisa masuk hehe ternyata tetep dari depan doank yak hehehe, kalo gitu ngeyel aja insist buat masuk hahahah
eurico no está en línea   Reply With Quote
Old September 8th, 2010, 02:52 AM   #13
Blue_Sky
Moderator
 
Blue_Sky's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Posts: 9,502
Likes (Received): 357

Designnya bagus sekali sayang kurang tinggi nampak nya
Blue_Sky no está en línea   Reply With Quote
Old September 13th, 2010, 02:37 PM   #14
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

update


Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2010, 11:51 PM   #15
gempur
Registered User
 
Join Date: Sep 2010
Location: Makassar
Posts: 4
Likes (Received): 0

Makin mantap aja jl pettarani, sudah lama saya gak lewat sana
__________________
Hamzah Maru

Last edited by gempur; September 22nd, 2010 at 12:06 AM.
gempur no está en línea   Reply With Quote
Old October 1st, 2010, 04:58 PM   #16
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

update

Quote:
Originally Posted by bkz010019 View Post

Gedung proyek Phinisi Tower dilihat dr depan gedung Pascasarjana UNM.. Tampak beberapa motor HD sedang konvoi di hari Minggu itu...

Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old October 1st, 2010, 05:02 PM   #17
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

nemu artikel menarik dari Tribun Timur

Sejuta Mimpi Kemegahan Menara Phinisi

Oleh Bachtiar Baso Mahasiswa UNM


Nilai filosofi yang tergambar pada perahu Phinisi dengan segala pengelolaannya sebagai alat transportasi dari satu tempat ke tempat tujuan baru. Rasanya tidak ada bedanya dengan pengelolaan sebuah institusi perguruan tinggi sebagai pusat transparansi pencerdasan kehidupan bangsa

Serasa belum lama civitas akademika di Universitas Negeri Makassar (UNM) terbalut dalam sebuah kegembiraan perayaan Dies Natalis ke-48 yang jatuh tanggal 1 Agustus lalu. Pesta kemeriahan kebahagiaan itu kembali terulang.
Tanpa mencoba melupakan serentetan masalah yang terjadi di kampus orange akhir akhir ini, Rabu (16/9), dalam sebuah prosesi acara yang cukup besar, pemancangan tiang utama pembangunan gedung pusat pelayanan akademik yang sering dikenal dengan sebutan Menara Phinisi secara resmi dilakukan. Hal ini menandakan dimulainya pembangunan gedung yang disebut-sebut sebagai salah satu gedung tertinggi di Indonesia.
Pembangunan sebuah sarana pendidikan ini tergolong sebagai sebuah terobosan luar biasa yang dicoba Rektor UNM, Prof Dr H Arismunandar, MPd. Pembangunan gedung ini diharapkan nantinya dapat menjadi solusi penyelesaian berbagai masalah akademik yang selama ini sering terjadi akibat sarana dan prasarana penunjang yang kurang bersahabat.
Pembangunan yang rencananya akan dimulai bulan ini ditaksir akan memakan biaya sekitar 90 miliar.
Filosofi Kemegahan
Menara Phinisi benar-benar akan menjadi sebuah kebanggaan yang luar biasa yang akan disaksikan oleh masyarakat Sulawesi Selatan pada khususnya dan Indonesia pada umumnya. Bangunan yang cukup banyak menarik perhatian ini memiliki sebuah makna filosofi yang sangat dalam pada setiap bentuk struktur bangunannyan.
Sehingga mencatatkan diri sebagai yang terbaik pada sayembara beberapa bulan yang lalu. Pada desain bangunan tersebut ada simbol sulapa eppa, ada simbol air, tanah, udara, dan api. Selain itu, ada simbol bentuk arsitektur tradisional etnis masyarakat Sulawesi Selatan dan perahu phinisi.
Tidak dapat dipungkiri bahwa Phinisi adalah salah satu warisan budaya dari nenek moyang masyarakat Sulawesi Selatan yang diturunkan dari generasi ke generasi yang sampai sekarang sudah merupakan kebanggaan bangsa.
Phinisi sebagai alat transportasi air. Dari dulu sampai sekarang memiliki bentuk yang sudah dirancang untuk membelah laut baik dari segi model, maupun konstruksi yang memadai dan tahan. Sebagai transportasi air juga memiliki perlengkapan sebagai penunjang tenaga penggerak berupa layar yang pada saat itu belum digunakan mesin sebagai penggerak.
Nilai filosofi yang tergambar pada perahu Phinisi dengan segala pengelolaannya sebagai alat transportasi dari satu tempat ke tempat tujuan baru. Rasanya tidak ada bedanya dengan pengelolaan sebuah institusi perguruan tinggi sebagai pusat transparansi pencerdasan kehidupan bangsa.
Di dalamnya penuh perjuangan untuk menaiki cita-cita. Kalau pada Phinisi ada pembagian tugas awaknya dengan sistem manajerial secara saksama.
Ada nakhoda sebagai pimpinan tertinggi yang dibantu oleh juragan dan beberapa tenaga khusus: juru mudi (yang memegang kemudi), juru batu (yang mengawasi karang di depan), juru masak atau koki (pakolang; Bugis) dan beberapa awak perahu lainnya sebagai tenaga siap kerja bila diperlukan. Bila salah satu awaknya berhalangan akan terjadi kepincangan dalam pelaksanaan tugas.
Seperti halnya sebuah institusi perguruan tinggi yang menghimpun seluruh civitas akademi betul-betul harus dikelola oleh orang yang profesional dengan sistem manajerial yang profesional pula. Mirip dengan yang terjadi pada pembenahan sebuah perahu Phinisi yang sarat muatan menuju tujuan. Tidak kelirulah pilihan UNM mengambil Phinisi sebagai simbol utamanya karena di dalamnya penuh perjuangan.
Pemilihan layar induk Phinisi berbentuk segi empat trapesium dipadu dengan layar segitiga pada puncak tiang menjadi bentuk yang menonjol berkesan monumental dan pencapaian bangunan artistik yang mengejutkan. Di sinilah salah satu sisi kelebihan rancangan bangunan ini dapat menggoda simpatik para pengamat bila dipandang dari luar secara sepintas.
Ikon Baru
Pembangunan Menara Phinisi ini akan menambah deretan bangunan-bangunan megah yang di bangun di kota daeng ini. Menara phinisi yang merupakan gedung pusat pelanyanan akademik UNM dalam waktu dekat akan menghiasi keindahan kota Makassar.
Bangunan karya arsitek Jimmy Purba, Andry Gustandar, Rinaldi Ridwan, dan Andri Darma ini nantinya terdiri atas 17 lantai dan bangunan pendukung empat lantai akan digunakan pelayanan penelitian dan penerapan iptek, pelayanan administrasi akademik, kepegawaian, keuangan, dan perencanaan serta unit pelaksana teknis (ICT Center, perpustakaan, badan penerbit, MKU, layanan bimbingan mahasiswa, pusat bahasa, badan penjamin mutu, unit kewirausahaan, dan unit kerjasa).
Ada pula testing center, pusat pengembangan profesi guru berkelanjutan, ruang kuliah umum dan ruang pertunjukan. Bangunan yang akan dibangun di wilayah kampus UNM sektor Gunungsari Jl AP Pettarani memiliki struktur bangunan yang menyerupai sebuah perahu phinisi merupakan salah satu bentuk aplikasi dari kecanggihan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengedepankan nilai kebudayaan yang tinggi.
Adanya bangunan ini diharapkan menjadi pemandangan indah yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat. Dan, pastinya akan memberikan sebuah pencitraan yang baik terhadap pemngembangan institusi perguruan tinggi ini, untuk lebih maju dalam upaya menghasilkan lulusan-lulusan yang memiliki kemampuan diri yang memadai.
Dengan dimulainya pembangunan ini hendaknya akan membawa angin segar dalam menjalani roda institusi ke depannya. Adanya pembangunan gedung pusat akademik ini nantinya akan menerapkan system sentralisasi terhadap setiap kebutuhan akademik baik itu dosen, maupun mahasiswa.
Hal ini dilakukan agar pengelolaan system administrasi akademik dapat lebih terstruktur, terarah dan pastinya lebih mudah. Perlu diketahui saat ini UNM memiliki empat sektor wilayah kampus di Makassar.
Dengan kondisi ini pastinya akan memberikan kesulitan dalam setiap pengaturan administrasi sehubungan dengan akademik. Selain itu masih kurangnya ruang perkuliahan yang ada membuat proses perkuliahan sering mengalami gangguan.
Tidak hanya sampai di situ. Bangunan-bangunan yang adapun sudah banyak yang tidak layak pakai karena dimakan usia. Sehingga kehadiran banguna super megah ini diharapkan menjdi sebuah solusi dalam mengatasi permasalahan-permasalahan seputar akademik.
Begitu besar harapan civitas akademika UNM pada khususnya dan masyarakat pada umumnya terhadap pembangunan ini. Berjuta impianpun mulai terbayang dalam benak. Semoga bagunan ini dapat menjadi sebuah spirit kemajuan dunia pendidikan di Sulawesi Selatan dan Indonesia.***

Source : http://tribun-timur.com/read/artikel/49951
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old October 1st, 2010, 05:05 PM   #18
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

Menara Phinisi







source : http://fsdunm.wordpress.com/menara-p...di-masa-depan/
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old October 19th, 2010, 01:04 AM   #19
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

update

Quote:
Originally Posted by bkz010019 View Post
Menara Phinisi - UNM





Veiw dari Jl. Raya Pendidikan



Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old October 22nd, 2010, 04:45 PM   #20
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,777

Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote


Reply

Tags
makassar

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 04:30 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu