daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Railway and Station



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old November 16th, 2012, 07:54 AM   #21
mahasiswa
Registered User
 
mahasiswa's Avatar
 
Join Date: May 2011
Posts: 265
Likes (Received): 15

kalau menurut saya, kepentingan asing juga berperan dalam tundanya proyek MRT. terutama japan. japan pasti akan takut jika transportasi masal di indonesia akan maju, karena akan berdampak dalam segi penjualan produk otomotif mereka. pasti akan mengalami penurunan, jika semua fasilitas transportasi dari yang kecil sama yang daya angkut besar bisa sangat layak di gunakan.
menurut saya sih begitu.
mahasiswa no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
Old November 16th, 2012, 09:56 AM   #22
cbtendo
Registered User
 
Join Date: Jan 2010
Posts: 260
Likes (Received): 27

Quote:
Originally Posted by mahasiswa View Post
kalau menurut saya, kepentingan asing juga berperan dalam tundanya proyek MRT. terutama japan. japan pasti akan takut jika transportasi masal di indonesia akan maju, karena akan berdampak dalam segi penjualan produk otomotif mereka. pasti akan mengalami penurunan, jika semua fasilitas transportasi dari yang kecil sama yang daya angkut besar bisa sangat layak di gunakan.
menurut saya sih begitu.
gw meragukan itu..
1. Jepang ga hanya terbatas di perusahaan otomotif.. ada perusahaan infrastuktur/kereta/bangunan juga.. mereka kan mau duit/proyek juga..

2. pengadaan MRT tidak serta merta menurunkan penjualan otomotif. menurunkan pemakaian sih mungkin iya, tapi menurunkan penjualan? belom tentu.. inget, otomotif itu tidak hanya sebatas alat transportasi, tapi juga sarana status sosial dan juga salah satu ikon dari "kebebasan personal".

3. mau sebagus apapun transportasi massalnya, ketika seseorang udah punya uang dan mampu membeli otomotif dan membayar biaya maintenance dari otomotif, ia memiliki kecenderungan besar untuk tidak naik angkuta umum. contohnya gampang aja, ketika lo biasa belanja dan jalan2 ke mall ber-AC, apakah lo mau mengganti kebiasaan itu jadi belanja/jalan2 ke pasar tradisional yg tidak ber-AC (asumsinya, tidak ada perubahan pemasukan)?
cbtendo no está en línea   Reply With Quote
Old November 16th, 2012, 10:29 AM   #23
blablanonsense
Fiat Voluntas Tua
 
blablanonsense's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Planet Earth
Posts: 6,216
Likes (Received): 1609

Quote:
Originally Posted by mahasiswa View Post
kalau menurut saya, kepentingan asing juga berperan dalam tundanya proyek MRT. terutama japan. japan pasti akan takut jika transportasi masal di indonesia akan maju, karena akan berdampak dalam segi penjualan produk otomotif mereka. pasti akan mengalami penurunan, jika semua fasilitas transportasi dari yang kecil sama yang daya angkut besar bisa sangat layak di gunakan.
menurut saya sih begitu.
Jiah, penyakit bangsa ini, apa apa nyalahin asing (memang paling gampang tunjuk salah ke orang lain dibanding negeri sendiri). Ditunda karena pendanaan dan alokasi pengeluaran yang agak ga masuk akal broooo. Justru orang yang pengen pembangunan MRT dengan dana JICA dipercepat itu pihak Jepangnya. Dengan ini, aman sudah supply kereta dan teknologi dari Jepang: karena spek-nya pasti dibikin Jepang supaya tergantung sama barang dari mereka; ga bisa pakai barang buatan pabrik lain (mulai dari dimensi kereta, lebar rel, sistem elektrifikasi, signalling, etc).
__________________
CONGRATULATIONS


ARISKA PUTRI PERTIWI
MISS GRAND INTERNATIONAL 2016

MISS GRANDSLAM 2017
blablanonsense no está en línea   Reply With Quote
Old November 16th, 2012, 12:09 PM   #24
kensama
Registered User
 
kensama's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Posts: 912
Likes (Received): 271

Quote:
Originally Posted by blablanonsense View Post
Jiah, penyakit bangsa ini, apa apa nyalahin asing (memang paling gampang tunjuk salah ke orang lain dibanding negeri sendiri). Ditunda karena pendanaan dan alokasi pengeluaran yang agak ga masuk akal broooo. Justru orang yang pengen pembangunan MRT dengan dana JICA dipercepat itu pihak Jepangnya. Dengan ini, aman sudah supply kereta dan teknologi dari Jepang: karena spek-nya pasti dibikin Jepang supaya tergantung sama barang dari mereka; ga bisa pakai barang buatan pabrik lain (mulai dari dimensi kereta, lebar rel, sistem elektrifikasi, signalling, etc).
Saya juga setuju dengan pendapat saudara, dalam beberapa kasus justru Jepang yang ngotot membangun transportasi massal. Lebih sering masalahnya birokrasi di kita
Dari cerita yg pernah disampaikan oleh dosen saya soal kasus monorail itu JICA malah siap mendanai cuma masalahnya di si kumis. Atau soal pembangunan bandara kedua buat Jakarta di Karawang, Jepang yang ngotot (soalnya pabriknya banyak disana )
kensama no está en línea   Reply With Quote
Old November 17th, 2012, 03:38 AM   #25
aan_mustafa
javaegyptian
 
aan_mustafa's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 4,055
Likes (Received): 2142

^
namanya juga mahasiswa, masih mending gak turun ke jalan.
Ups sorry OOT. :pease:


------------------
Pemimdahan ISPAL saluran Sudirman apa sudah selesai? Sebagai akses persiapan pembangunan MRT.
__________________
[RFONT="Tahoma"]
"I'm just an Indonesian who strive so hard to be proud of this great nation in any way possible"
[/FONT]
aan_mustafa no está en línea   Reply With Quote
Old November 17th, 2012, 06:07 AM   #26
onosqaciw
Registered User
 
onosqaciw's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 1,381
Likes (Received): 114

justru kalo makin macet malah tidak kondusif buat beli produk otomotif baru
onosqaciw no está en línea   Reply With Quote
Old November 17th, 2012, 07:58 PM   #27
embassyofaudrey
Registered User
 
embassyofaudrey's Avatar
 
Join Date: Feb 2012
Location: in u'r heart
Posts: 6,463
Likes (Received): 2514

Quote:
Originally Posted by mahasiswa View Post
kalau menurut saya, kepentingan asing juga berperan dalam tundanya proyek MRT. terutama japan. japan pasti akan takut jika transportasi masal di indonesia akan maju, karena akan berdampak dalam segi penjualan produk otomotif mereka. pasti akan mengalami penurunan, jika semua fasilitas transportasi dari yang kecil sama yang daya angkut besar bisa sangat layak di gunakan.
menurut saya sih begitu.
Hidup mahasiswa..
__________________
"Tolong di Pastikan dengan 620Juta itu...Eeeee Harus jernih, Karena dengan air mancur itu Yang Terpancurkan Akhirnya KITA " - Numero Uno
embassyofaudrey no está en línea   Reply With Quote
Old November 17th, 2012, 10:12 PM   #28
typhoonbringer
Registered User
 
Join Date: Aug 2009
Posts: 2,436
Likes (Received): 71

asing lagi disalahin, salahin setan2 yang ngakunya wakil rakyat tuh, kejahatan itu terjadi bukan karena ada niat, tapi karena ada kesempatan juga
typhoonbringer no está en línea   Reply With Quote
Old November 20th, 2012, 05:24 AM   #29
acoolguyfromnz
In the brig
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 4,576
Likes (Received): 433

Lumayan cuci mata

http://finance.detik.com/read/2012/1...n-cobaf9911013
acoolguyfromnz no está en línea   Reply With Quote
Old November 20th, 2012, 10:20 AM   #30
eurico
Moderator
 
Join Date: Nov 2006
Posts: 30,469
Likes (Received): 6380

Terlalu.... mereka sudah sampai 180 mil rute nya, Jakarta 0 bessaaarrrrrr
__________________
Don't Rich People Difficult
eurico no está en línea   Reply With Quote
Old November 21st, 2012, 05:18 AM   #31
4h3
"urban evolution"
 
4h3's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Pekanbaru - Bandung
Posts: 2,014
Likes (Received): 149

yg penting waspada ama asing, dan benahi otak2 mereka2 yg punya kuasa di negri kita ini, gitu lho,

jgn asal salah asing, jgn asal pro asing :p
hati2
negara kita itu salah satu konsumen produk otomotif mereka lho, dosen saya aja dlu ada 2 pendapat soal ini (pro kontra) hehe..
teliti aja baik2 dalam ambil keputusan
__________________
"developed country is not a place where the poor have cars,
it's where the rich use public transportation"

- mayor of bogota -


...
.

My Gallery - IG
4h3 no está en línea   Reply With Quote
Old November 21st, 2012, 07:18 PM   #32
acoolguyfromnz
In the brig
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 4,576
Likes (Received): 433

@4h3,

Saya setuju dgn anda. Reaching our milestone, with their costs, with our minimum loss but still keeping good friend. Kata kasarnya friends with benefit tapi dgn cara yg cerdas.
acoolguyfromnz no está en línea   Reply With Quote
Old November 21st, 2012, 08:24 PM   #33
Namewee
Dilarang
 
Namewee's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Location: Makassar, Sulawesi Utara
Posts: 9,069

Ahok: MRT Tak Akan Korbankan Stadion Lebak Bulus
Rabu, 21 November 2012, 22:11


Quote:
Sebelum memutuskan untuk meneruskan proyek Mass Rapid Transit (MRT) atau tidak, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki T Purnama, menyatakan akan mengkaji dan mendesain ulang pembangunan MRT agar tidak perlu membongkar stadion Lebak Bulus.

"Kita tidak perlu mengorbankan sebuah GOR Lebak Bulus," ujar Basuki di Balai Kota, 21 November 2012.

"Kalau itu dibongkar, mau bangun di mana lagi? Lebih baik kembali ke desain awal, kita konsisten. Di desain awal tidak ada bongkar stadion," ujarnya. "Kalau mau mengubah desain baru alasannya apa? Kalau tidak ada alasan, Pak Gubernur tidak bisa loloskan," katanya.

Seperti yang diketahui, MRT yang berbasis rel rencananya akan membentang sekitar 110,3 kilometer, yang terdiri dari Koridor Selatan – Utara (Koridor Lebak Bulus - Kampung Bandan) sepanjang 23,3 kilometer dan Koridor Timur – Barat sepanjang 87 kilometer.
Sumber
__________________
Tidak akan pernah maju orang-orang yang tidak objektif
Namewee no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 03:26 AM   #34
asudarsono
Subaru, Beyond Words
 
Join Date: Aug 2007
Location: Jakarta
Posts: 512
Likes (Received): 0

Emang yang saya lihat banyak sekali titipan aneh2 ke MRT ini. Ada isu denda, isu warga Fatmawati, isu Patung Pertamina, isu harga, isu Lebak Bulus. Akhirnya semua berkembang liar tanpa dijawab dan membuat rencana MRT ini bias dan image jadi tidak baik.

Ngapain lagi bongkar stadiun Lebak Bulus? Emang bongkar2 gak mahal. Sekali2 jangan studi banding ke luar negeri terus dong. Lihat depo KRL Bukit Duri, Depo KRL Bekasi. Gak perlu luas2.

Pantas aja sekarang bingung harganya kemahalan. Fasilitasnya maunya mewah sekali.
__________________
Catch the light
www.lensa.net
asudarsono no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 03:44 AM   #35
pisslur
BANNED
 
Join Date: Feb 2012
Posts: 139
Likes (Received): 8

Quote:
Originally Posted by asudarsono View Post
Emang yang saya lihat banyak sekali titipan aneh2 ke MRT ini. Ada isu denda, isu warga Fatmawati, isu Patung Pertamina, isu harga, isu Lebak Bulus. Akhirnya semua berkembang liar tanpa dijawab dan membuat rencana MRT ini bias dan image jadi tidak baik.

Ngapain lagi bongkar stadiun Lebak Bulus? Emang bongkar2 gak mahal. Sekali2 jangan studi banding ke luar negeri terus dong. Lihat depo KRL Bukit Duri, Depo KRL Bekasi. Gak perlu luas2.

Pantas aja sekarang bingung harganya kemahalan. Fasilitasnya maunya mewah sekali.
Yup, makanya sebagai warga Jakarta, kita wajib concern proses design dan pembangunan MRT.

Di rezim yang lama, semua dibuat kabur/diumpetin, sampe pakai acara gusur stadion dan bangunin stadion baru, makin tinggi anggaran, sudah pasti makin besar angka yang bisa dibocorkan

Hutang dari Jepang tidak gratis, kalau nanti sampai ada disubsidi, subsidi pakai uang rakyat juga, yah dari uang pajak kita-kita juga
pisslur no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 04:17 AM   #36
VRS
Registered User
 
VRS's Avatar
 
Join Date: Jun 2006
Location: Jakarta
Posts: 46,752
Likes (Received): 11521

http://www.beritasatu.com/pilkada-dk...-berjalan.html

Proyek Pembangunan MRT Segera Berjalan

Rencana pembangunan telah masuk tahap pembahasan anggaran di tingkat pusat.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta semakin menunjukkan sinyal perkembangan terhadap rencana pembangunan angkutan massal berbasis Mass Rapid Transit (MRT) ke arah yang lebih positif.

Hal tersebut ditunjukkan dengan pertemuan antara pihak PT MRT Jakarta, DPRD DKI Jakarta, dan Wakil Gubernur DKI Jakarta hari ini di Ruang Rapat Wakil Gubernur, Gedung Balai Kota DKI Jakarta, hari ini.

Usai pertemuan, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Inggard Joshua mengatakan, pembangunan awal MRT akan segera dilaksanakan. Saat ini, perkembangan rencana pembangunan telah m
VRS no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 07:31 AM   #37
4h3
"urban evolution"
 
4h3's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: Pekanbaru - Bandung
Posts: 2,014
Likes (Received): 149

ntah knp di negara kita ni byk proyek berbiaya besar yg ditunda-ditunda atau diburu-buru, hehehe...

yg akhirnya bikin byk hal 'abu-abu' yg dimaafkan...
__________________
"developed country is not a place where the poor have cars,
it's where the rich use public transportation"

- mayor of bogota -


...
.

My Gallery - IG
4h3 no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 07:38 AM   #38
yudibali2008
BANИED
 
yudibali2008's Avatar
 
Join Date: May 2008
Location: BPN-DPS
Posts: 33,600

udah sampai part 5 utk thread MRT ini.....apa harus nunggu part 10 sampai bener2 mulai konstruksi????
__________________
Pesan Moral :

GET A LIFE, Dude!
yudibali2008 no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 10:32 AM   #39
Volksraad
semangat pembangunan
 
Volksraad's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Posts: 1,093
Likes (Received): 79

Jokowi ingin transportasi massal seperti MRT, tapi dengan melalui tahapan perencaan terlebih dahulu...
Sedangkan kementerian PU ingin bangun 6 ruas jalan tol, dengan dana yang harusnya bisa digunakan untuk MRT...

Dana Rp 41 Triliun Proyek 6 Tol Dalam Kota DKI Harusnya untuk MRT
Suhendra - detikfinance
Kamis, 22/11/2012 15:10 WIB


Quote:
Jakarta - Rencana proyek 6 tol dalam kota Jakarta diperkirakan akan menelan Rp 41 triliun. Proyek ini dianggap tak efektif memecah kemacetan di Jakarta, sehingga sebaiknya dialihkan ke proyek Mass Rapid Transit (MRT).

"Itu besar sekali Rp 41 triliun, kenapa nggak MRT saja, kenapa (Lebak Bulus ke) Dukuh Atas yang Rp 15 triliun, kenapa nggak ditambah sampai Ancol," kata Ketua Umum Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) Fatchur Rochman kepada detikFinance, Kamis (22/11/2012)

Fatchur mendukung jika Gubernur Jokowi lebih mengutamakan membangun transportasi massal daripada jalan tol. Jokowi mempunyai hak untuk menyetujui atau menolak proyek tol tersebut yang kini sudah menjadi proyek nasional.

"Kalau nggak salah, pemerntah daerah punya privilege, kalau dari pada pakai tol, kenapa nggak bangun MRT," tegasnya. (hen/dnl)
Selengkapnya di: http://finance.detik.com/read/2012/1...k-mrt?f9911013

Apa mungkin ada kepentingan bisnis dibalik mandeknya pelaksanaan proyek MRT dan lancarnya persiapan pembangunan 6 ruas jalan tol?
Volksraad no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2012, 02:51 PM   #40
embassyofaudrey
Registered User
 
embassyofaudrey's Avatar
 
Join Date: Feb 2012
Location: in u'r heart
Posts: 6,463
Likes (Received): 2514

sudah tertunda berapa tahun proyek MRT Ini ? ada yang ingat ?
__________________
"Tolong di Pastikan dengan 620Juta itu...Eeeee Harus jernih, Karena dengan air mancur itu Yang Terpancurkan Akhirnya KITA " - Numero Uno
embassyofaudrey no está en línea   Reply With Quote


Reply

Tags
indonesia, jakarta, mrt

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off

Related topics on SkyscraperCity


All times are GMT +2. The time now is 07:37 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2017, vBulletin Solutions Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2017 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu