daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Regional Construction and Development > Java Island and Bali

Java Island and Bali » Banyumas raya | DIY Yogyakarta



Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old January 17th, 2014, 06:48 AM   #2901
shrimpcitizent
Per Aspera ad Astra
 
shrimpcitizent's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Cirebon-Bandung via Yerevan
Posts: 434
Likes (Received): 179

Quote:
Originally Posted by faiz irsyad View Post
Login Megastore Cirebon,

ni sekilas mirip jalan padjajaran kota bogor.
yang ini sampai berapa lantai kang???
cuman ga ada ancot warna ijo ya Mas,hehe
mungkin 6lt (yg belakang), tar klo sy pulang lg tak fotoin dari sampingnya..
shrimpcitizent no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old January 17th, 2014, 08:00 AM   #2902
Toto Boerham
Ordinary People
 
Toto Boerham's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: JAKARTA, PURBALINGGA
Posts: 17,773
Likes (Received): 1874

Promosi Metland Hotel @Cirebon

Di jalan tol Cikampek

__________________
I'm just an ORDINARY PEOPLE

Jakarta-Purbalingga (Wirasaba)-Jambi (Merangin)

miskad, Cek li wen liked this post
Toto Boerham no está en línea   Reply With Quote
Old January 17th, 2014, 06:37 PM   #2903
faiz irsyad
Registered User
 
faiz irsyad's Avatar
 
Join Date: Jan 2013
Location: japan van java
Posts: 1,584
Likes (Received): 176

Quote:
Originally Posted by musang72 View Post

Login mega store adalah supermarket elektronik, dgn ketinggian gedung 5 lt mas..
Quote:
Originally Posted by shrimpcitizent View Post
cuman ga ada ancot warna ijo ya Mas,hehe
mungkin 6lt (yg belakang), tar klo sy pulang lg tak fotoin dari sampingnya..
mantap, ya kalo bisa sekalian mas menyeluruh fotonya..
ya nih tinggal tambah angkot ijo aja.hahahaha..., situ keliatan macet yak. ati2 ni cirebon bentar lagi jadi kota macet.., banyaknya proyek bakal berimbas pada para pendatang
faiz irsyad no está en línea   Reply With Quote
Old January 18th, 2014, 03:40 AM   #2904
shrimpcitizent
Per Aspera ad Astra
 
shrimpcitizent's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Cirebon-Bandung via Yerevan
Posts: 434
Likes (Received): 179

Quote:
Originally Posted by faiz irsyad View Post
mantap, ya kalo bisa sekalian mas menyeluruh fotonya..
ya nih tinggal tambah angkot ijo aja.hahahaha..., situ keliatan macet yak. ati2 ni cirebon bentar lagi jadi kota macet.., banyaknya proyek bakal berimbas pada para pendatang
mangga, wilujeng sumping buat para pendatang..
tp mudah2an ga sampe bikin Crb jd kota yg hobi macet, jalan dr Cipto udah lumayan lebar kok Mas, cuma sayang di beberapa titik kondisinya lagi kurang bagus..
shrimpcitizent no está en línea   Reply With Quote
Old January 19th, 2014, 01:11 PM   #2905
azira92
The Gate of Secret
 
azira92's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: CBN | West Java
Posts: 941

Jalan Lingkar Cirebon Sepanjang 20 Km Segera Dibangun

Minggu, 19/01/2014 17:40 WIB
Erna Mardiana - detikNews
Quote:
Bandung - Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat tengah menggodok pembangunan jalan lingkar Cirebon yang akan menghubungkan Kota Sumber-Tegalwangi-Gunung Jati. Jalan lingkar sepanjang 20 kilometer itu kini masih tahap penelitian dan pengumpulan data.

"Ini terobosan yang akan kami lakukan agar Kota Cirebon semakin berkembang. Perkembangan Kota Cirebon yang maju pesat juga membuka minat warga untuk datang," ujar Kepala Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat HM Guntoro pada redaksi, Minggu (19/1/2014).

Menurut Guntoro jalan lingkar Cirebon yang akan menghubungkan Kota Sumber-Tegalwangi-Gunung Jati itu membuka roda perekonomian serta wisata wilayah Cirebon.

"Pengembangan wisata di Cirebon semakin terbuka. Cirebon penuh dengan destinasi wisata terutama religi dan alam," kata Guntoro.

Beberapa lokasi wisata religi yang ada antara lain Kompleks Makam Sunan Gunung Jati, keraton, dan Gua Sunyaragi. Sedangkan wisata alam lebih banyak berada di kaki Gunung Ciremai antara lain Sangkanurip, Linggar Jati, dan Bukit Gronggong.

"Dengan adanya jalan lingkar pengunjung tidak harus masuk Kota Cirebon. Hal ini mengurangi kepadatan yang selama ini terjadi di Kota Udang," ujar Guntoro.

Ketua DPRD Kabupaten Cirebon, H Mustofa menyambut baik rencana pembuatan jalan tersebut. "Tentu ini rencana bagus yang harus mendapat dukungan semua pihak. Jalan memberikan fasilitas bagi warga dan pengunjung agar lebih cepat mendatangi lokasi wisata," ujar Mustofa.

Namun Mustofa meminta rute yang dipilih benar-benar harus efektif. "Selain itu sebaiknya melewati beberapa lokasi wisata religi yang banyak tersebar di jalur tersebut," tandasnya.
Source : detik.com
__________________

shrimpcitizent, ivanolta liked this post
azira92 no está en línea   Reply With Quote
Old January 20th, 2014, 04:06 AM   #2906
wonkcerbon
came with peace
 
wonkcerbon's Avatar
 
Join Date: Sep 2004
Posts: 750
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by azira92 View Post
Jalan Lingkar Cirebon Sepanjang 20 Km Segera Dibangun

Minggu, 19/01/2014 17:40 WIB
Erna Mardiana - detikNews


Source : detik.com
Sebenernya jalan dari Sumber ke Gunung Jati sudah ada, dan kondisinya IMO cukup memadai (dari Sumber lewat jalan Watubelah ke arah Plered dari situ ke Pangkalan terus ke arah utara keluarnya bakal ke Jalan Gunung Jati)

yg saya tunggu proyek Ringroad lain, yg bakal membelah kota cirebon selatan
__________________
1. If people from Poland are called Poles, why aren't people from
Holland called Holes?
2. Why is it called building when it is already built?
3. Do Lipton Tea employees take coffee breaks?
4. If olive oil comes from olives, where does baby oil come from?
5. If a book about failures doesn't sell, is it a success?
wonkcerbon no está en línea   Reply With Quote
Old January 21st, 2014, 02:59 PM   #2908
shrimpcitizent
Per Aspera ad Astra
 
shrimpcitizent's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Cirebon-Bandung via Yerevan
Posts: 434
Likes (Received): 179

Quote:
Originally Posted by azira92 View Post
Guys, mari kunjungi thread ROA kita.. yang belum Ayo di Rate ya Poll nya..
aja kelalen :
Rate Our Architecture
Gua Sunyaragi | Cirebon | Heritage

Masjid Raya At-Taqwa | Cirebon | Rumah Ibadah <<< new


Java Island Skylines and Building Pictures
Cirebon City of Sunan Gunung Jati

[CIAYUMAJAKUNING] Pictures & News | Wilayah III Cirebon | Jawa Barat


Railway and Station
DAOP III CIREBON | Trains & Stations | Cirebon, West Java | +4m


Rate Our High Rise
Aston | Cirebon | Hotel & Convention Center | 12 floor

Apita Tower | Cirebon | Office & Hotel| 16 floor

juga dimakmurkan sederek2 sedaya..

Last edited by shrimpcitizent; January 22nd, 2014 at 02:34 PM.
shrimpcitizent no está en línea   Reply With Quote
Old January 25th, 2014, 02:20 PM   #2909
dihatimu
Registered User
 
dihatimu's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: the world city of batik&spirit of java city
Posts: 1,427
Likes (Received): 369

progrees project Gedung parkir ext Grage Mall



Luxton Hotel

__________________
Hatiku untukmu&Hanyalah untukmu....
dihatimu no está en línea   Reply With Quote
Old January 25th, 2014, 02:29 PM   #2910
dihatimu
Registered User
 
dihatimu's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: the world city of batik&spirit of java city
Posts: 1,427
Likes (Received): 369

Quote:
Originally Posted by mas_dika View Post
Info dari teman:

Setelah lebih dari 21 tahun berdiri di cirebon, Hotel Santika Indonesia akan mengembangkan propertinya lagi di cirebon, tepatnya di jalan Cipto Mangunkusumo dengan brand Hotel Amaris Cipto, 120 kamar, 8 lantai, dan dikabarkan akan konstruksi Q3 2014. Untuk amaris hotel di siliwangi akan diganti menjadi Hotel Amaris Siliwangi.

1. Hotel Santika Cirebon 1993
2. Hotel Amaris Siliwangi 2012
3. Hotel Amaris Cipto Mangunkusomo 2015
(namanya agak gimana gitu?)

Pengamatan dilapangan apakah ada di jalan cipto tanah kosong? setahu saya cuma di depan SMA 2 saja dan depan carrefour?

Cirebon semakin menggiurkan dengan hadirnya hotel - hotel baru berjaringan nasional dan internasional.
menurut info lokasi Amaris Cipto ini tepat berada di lahan kosong antara koramil&resto bumbu desa.,.,bukan cuma amaris saja yg rencana akan dibangun tetapi ada Gramedia Bookstore stand alone pertama di cirebon.,.,mungkin nanti bentuk2nya kayak amaris di jl.pemuda semarang+Gramedianya.,.,
__________________
Hatiku untukmu&Hanyalah untukmu....

miskad liked this post
dihatimu no está en línea   Reply With Quote
Old January 27th, 2014, 10:27 AM   #2911
azira92
The Gate of Secret
 
azira92's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: CBN | West Java
Posts: 941

RNI siap bangun hotel di Cirebon dan Surabaya senilai Rp400 M

Online: Senin, 27 Januari 2014 | 08:23 wib ET
Quote:
MALANG - kabarbisnis.com : Masih positifnya pasar properti di Tanah Air mendasari PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) untuk ikut mencicipi manisnya bisnis di sektor ini. Kali ini, BUMN ini berencana membangun dua hotel di Cirebon dan Surabaya serta satu pusat perkantoran di Jakarta, dengan nilai investasi sekitar Rp400 miliar.

Direktur Utama RNI Ismed Hasan Putro mengatakan, ground breaking Rajawali Hotel di Cirebon diperkirakan pada Maret 2014, sedangkan di Surabaya pada Mei 2014. Sedang gedung pusat perkantoran ground breaking-nya direncanakan pada Juni 2014.

“Dananya 30% dari internal dan 70% dari perbankan,” kata Ismed saat mendampingi Menteri BUMN Dahlan Iskan pada RNI Award dan Festival Inovasi di Malang, Minggu (26/1/2014).

Pembangunan dua hotel dan satu pusat perkantoran tersebut, kata dia, memanfaatkan tanah idle milik perusahaan.

Bisnis hotel dan perkantoran dipilih, karena pasarnya masih terbuka berdasarkan dari studi kelayakan yang dilakukan perusahaan tersebut.

Lokasi tanah milik PT RNI yang akan dibangun hotel dan pusat perkantoran tersebut berada di pusat keramaian sehingga dari sisi bisnis menguntungkan dibangun fasilitas tersebut. Dengan investasi sebesar itu, diharapkan mencapai balik modal pada 6-8 tahun mendatang.

Dua hotel nantinya dibangun sekelas bintang empat dengan tarif kamar berkisar Rp400.000-Rp600.000/malam.

Karena bisnis perhotelan dan penyewaan pusat perkantoran merupakan bisnis baru bagi PT RNI, maka nantinya Badan Usaha Milik Negara tersebut akan bekerja sama dengan manajemen internasional yang biasa menangani bisnis perhotelan dan perkantoran.

Perusahaan yang akan dipilih, masih dikaji. Dengan ditanganinya hotel dan pusat perkantoran oleh perusahaan manajmen internasional, maka kinerjanya diharapkan bisa lebih bagus.

Total investasi untuk semua bisnis, kecuali rencana pendirian pabrik gula baru, PT RNI pada tahun ini, lanjut Ismed, dianggarkan Rp2,8 triliun.

Dana sebesar itu selain untuk pembangunan hotel dan pusat perkantoran, juga untuk pendirian toko modern Warung Rajawali, penggemukan sapi, dan lainnya. kbc10
Source : kabarbisnis.com

_________________________________________________________________________________________________________________________
site proyek berada di Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo
__________________

miskad, dihatimu, faiz irsyad, ivanolta liked this post
azira92 no está en línea   Reply With Quote
Old January 27th, 2014, 04:35 PM   #2912
tuanJulianto
Registered User
 
Join Date: Nov 2013
Posts: 3
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by dihatimu View Post
menurut info lokasi Amaris Cipto ini tepat berada di lahan kosong antara koramil&resto bumbu desa.,.,bukan cuma amaris saja yg rencana akan dibangun tetapi ada Gramedia Bookstore stand alone pertama di cirebon.,.,mungkin nanti bentuk2nya kayak amaris di jl.pemuda semarang+Gramedianya.,.,
Waw,gramedia standalone,kirakira kapan dimulai dan selesai proyeknya?.
tuanJulianto no está en línea   Reply With Quote
Old January 28th, 2014, 11:43 AM   #2913
dihatimu
Registered User
 
dihatimu's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: the world city of batik&spirit of java city
Posts: 1,427
Likes (Received): 369

...:soon)
__________________
Hatiku untukmu&Hanyalah untukmu....
dihatimu no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2014, 04:52 AM   #2914
jamal radar
Repeh Rapih
 
jamal radar's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: Kota Mandiri Di Selatan Jawa Barat
Posts: 5,352
Likes (Received): 524

Izin Pendirian Hotel di Kota Cirebon Perlu Diperketat

Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.ph...rlu-diperketat
jamal radar no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2014, 07:32 AM   #2915
shrimpcitizent
Per Aspera ad Astra
 
shrimpcitizent's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Cirebon-Bandung via Yerevan
Posts: 434
Likes (Received): 179

kalau memang benar kondisi yg ada seperti yg dipaparkan dan perlu dibatasi why not..
tapi kalau dinas & badan terkait mau lebih kreatif mungkin akan lebih bener jika terus mencari bagaimana cara supaya tingkat okupansi dan kunjungan wisatawan bisa terus meningkat. just my opinion, cmiiw
shrimpcitizent no está en línea   Reply With Quote
Old January 31st, 2014, 07:43 AM   #2916
wonkcerbon
came with peace
 
wonkcerbon's Avatar
 
Join Date: Sep 2004
Posts: 750
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by jamal radar View Post
Izin Pendirian Hotel di Kota Cirebon Perlu Diperketat

Sumber : http://www.bisnis-jabar.com/index.ph...rlu-diperketat
Jumlah turis asing dan lokal sebenar-nya biasa saja, bahkan sedikit melonjak waktu Maulid Nabi kemarin, tp mengapa yg menginap di Hotel2 kota Cirebon menjadi menurun?

ya itu td, sejak Pemda melakukan peraturan zero alkohol di kota Cirebon( bahkan di carrefour saja sudah tidak dipajang lg macam2 minuman jenis ini), Turis2 terutama turis asing lebih memilih utk menginap di Aston atau Apita yg masuk Kabupaten dan belum ada larangan ini,padahal lokasinya cuma sepandangan mata dgn kota Cirebon.

Konsukwensi dari di terapkannya Perda tsb sebenarnya telah diperkirakan jauh2 hari, jadi dalam hal ini Pemda harus mengakui secara jantan akibat dari kebijaksanaannya,jangan lempar batu sembunyi tangan,tdk usah menyalahkan hal2 lain,

selain dari itu harus buat terobosan supaya bisa menarik turis2 serta ekspatriat kembali lg utk menginap di hotel2 di wilayah kota.

kalau soal jumlah hotel yg tumbuh lebih pesat di bandingkan jumlah wisatawan bukan kota Cirebon saja kok,misalnya di Solo, tapi pemda sama persatuan hotelnya gak ribut
__________________
1. If people from Poland are called Poles, why aren't people from
Holland called Holes?
2. Why is it called building when it is already built?
3. Do Lipton Tea employees take coffee breaks?
4. If olive oil comes from olives, where does baby oil come from?
5. If a book about failures doesn't sell, is it a success?

Last edited by wonkcerbon; January 31st, 2014 at 04:21 PM.
wonkcerbon no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2014, 09:26 AM   #2917
bang farel
bang farel
 
Join Date: Nov 2013
Posts: 30
Likes (Received): 18

Quote:
Originally Posted by wonkcerbon View Post
Jumlah turis asing dan lokal sebenar-nya biasa saja, bahkan sedikit melonjak waktu Maulid Nabi kemarin, tp mengapa yg menginap di Hotel2 kota Cirebon menjadi menurun?

ya itu td, sejak Pemda melakukan peraturan zero alkohol di kota Cirebon( bahkan di carrefour saja sudah tidak dipajang lg macam2 minuman jenis ini), Turis2 terutama turis asing lebih memilih utk menginap di Aston atau Apita yg masuk Kabupaten dan belum ada larangan ini,padahal lokasinya cuma sepandangan mata dgn kota Cirebon.

Konsukwensi dari di terapkannya Perda tsb sebenarnya telah diperkirakan jauh2 hari, jadi dalam hal ini Pemda harus mengakui secara jantan akibat dari kebijaksanaannya,jangan lempar batu sembunyi tangan,tdk usah menyalahkan hal2 lain,

selain dari itu harus buat terobosan supaya bisa menarik turis2 serta ekspatriat kembali lg utk menginap di hotel2 di wilayah kota.

kalau soal jumlah hotel yg tumbuh lebih pesat di bandingkan jumlah wisatawan bukan kota Cirebon saja kok,misalnya di Solo, tapi pemda sama persatuan hotelnya gak ribut

Turis asing yang mana dulu..kalau Asia Tenggara saya kira lumayan. Terutama Malaysia, Singapura dan Brunei banyak yg datang ke Cirebon untuk nyantri dan berziarah ke situs-situs walisongo.

Menurut saya bukan karena faktor zero alkohol...Faktor ekonomi global memang lagi menurun. Jangankan Cirebon, Bali dan Jogja juga semakin menurun. Tingkat hunian hotel di Bali pun sekitar 58%. Kondisi Bali yang semakin macet dan tumpukan sampah di sekitar pantai, menjadi turis asing berpikir-pikir lagi kalau mau ke Bali. Sedangkan Jogja kunjungan turis asing semakin menurun karena dianggap mahal paket wisatanya.

Cirebon selama ini dikenal sebagai Kota Wali. Dan sangat wajar jika memberlakukan zero alkohol. Bila perlu di Kabupaten juga dibuat perda zero alkohol. Turis asing pun paham jika berkunjung ke negara-negara yang mayoritas muslim. Toh negara-negara di timur tengah pun tetap banyak dikunjungi turis eropa dan amerika. Lagi pula dampak dari alkohol sangat meresahkan, terutama kriminal. Yang pasti orang pengen aman jika berkunjung ke suatu kota. Saya kira perda zero alkohol sangat bagus.

Seharusnya Cirebon berbenah diri mengkonsep wisatanya menjadi wisata syariah. Harapannya revitalisasi keraton dan situs-situs walisongo bisa segera selesai. Sehingga bisa jadi ajang promosi wisata syariah ke Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika. Bahkan turis Amerika dan Eropa saya lihat banyak juga yang datang ke komplek makam sunan gunung jati. Namun yang saya sesalkan adalah sumbangan dan pengemis yang terkesan memaksa. Pernah saya lihat pas baru datang ke gerbang menuju bukit gunung jati, masa turis asing langsung dipaksa..penjaganya bilang begini : Mister, money..money (sambil nunjuk ke kotak amal). Si turis terkesan bingung...disuruh masukin duit ke kotak amal. Walaupun sempat dilarang sama sultan, tetap saja para pengemis ini selalu datang lagi. Seharusnya sultan juga melarang bagi pengurus dan pemelihara komplek makam sunan gunung jati untuk memaksa minta sumbangan. Seprti kita ketahui bersama komplek makam sunan gunung jati, full 24 jam non stop didatangi peziarah dari segala penjuru daerah bahkan luar negeri. Sangat disayangkkan kalau tidak dikelola dengan baik, mengingat potensinya yang besar sekali jika ditata rapi.

Selain itu promosi ke turis lokal juga penting. Dan saya kira ini sudah berhasil. Bisa dilihat dari perjalanan kereta api yang selalu laris manis habis terjual. Saya pun sering kali kehabisan tiket, walaupun dapet tiket tapi jadwalnya malam. Coba cek harga tiket argo jati lebih mahal dari taksaka yang ke jogja...padahal ke jogja lebih jauh. Peminat naik kereta ke Cirebon akhir-akhir ini meningkat tajam.Turis lokal kebanyakan berburu batik trusmi dan empal gentong. Lihat saja empal gentong di daerah plered...setiap akhir pekan penuh banget...bikin macet. kadang macetnya dari Cirebon Square sampai kedawung..disambung macet di tuparev ke arah pusat kota.

Harapan Sultan Sepuh kan agar situs-situs islam terselamatkan. Kata sultan sepuh : Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbanyak didunia, tapi kok wisata yang dikenal borobudur, prambanan, dan budaya bali. Cirebon dan Nangro Aceh Darussalam seharusnya bisa mengkonsep wisata berbasis syariah. Saya kira ide sultan perlu dipertimbangkan lagi oleh para pemangku kepentingan. Jika Riau sedang mengkonsep wisat melayu. Maka Cirebon pun harus punya ikon, yaitu wisata syariah.
bang farel no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2014, 01:11 PM   #2918
azira92
The Gate of Secret
 
azira92's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: CBN | West Java
Posts: 941

The Luxton & Citradream

(*) The Luxton



(*) Citradream
__________________

ivanolta, shrimpcitizent liked this post

Last edited by azira92; February 3rd, 2014 at 02:12 PM.
azira92 no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2014, 01:17 PM   #2919
azira92
The Gate of Secret
 
azira92's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: CBN | West Java
Posts: 941

oya di jalan perjuangan ada proyek lumayan besar sebelah kantor radar cirebon, anyone knows?
__________________
azira92 no está en línea   Reply With Quote
Old February 3rd, 2014, 01:40 PM   #2920
wonkcerbon
came with peace
 
wonkcerbon's Avatar
 
Join Date: Sep 2004
Posts: 750
Likes (Received): 166

Quote:
Originally Posted by bang farel View Post
Turis asing yang mana dulu..kalau Asia Tenggara saya kira lumayan. Terutama Malaysia, Singapura dan Brunei banyak yg datang ke Cirebon untuk nyantri dan berziarah ke situs-situs walisongo.

Menurut saya bukan karena faktor zero alkohol...Faktor ekonomi global memang lagi menurun. Jangankan Cirebon, Bali dan Jogja juga semakin menurun. Tingkat hunian hotel di Bali pun sekitar 58%. Kondisi Bali yang semakin macet dan tumpukan sampah di sekitar pantai, menjadi turis asing berpikir-pikir lagi kalau mau ke Bali. Sedangkan Jogja kunjungan turis asing semakin menurun karena dianggap mahal paket wisatanya.

Cirebon selama ini dikenal sebagai Kota Wali. Dan sangat wajar jika memberlakukan zero alkohol. Bila perlu di Kabupaten juga dibuat perda zero alkohol. Turis asing pun paham jika berkunjung ke negara-negara yang mayoritas muslim. Toh negara-negara di timur tengah pun tetap banyak dikunjungi turis eropa dan amerika. Lagi pula dampak dari alkohol sangat meresahkan, terutama kriminal. Yang pasti orang pengen aman jika berkunjung ke suatu kota. Saya kira perda zero alkohol sangat bagus.

Seharusnya Cirebon berbenah diri mengkonsep wisatanya menjadi wisata syariah. Harapannya revitalisasi keraton dan situs-situs walisongo bisa segera selesai. Sehingga bisa jadi ajang promosi wisata syariah ke Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika. Bahkan turis Amerika dan Eropa saya lihat banyak juga yang datang ke komplek makam sunan gunung jati. Namun yang saya sesalkan adalah sumbangan dan pengemis yang terkesan memaksa. Pernah saya lihat pas baru datang ke gerbang menuju bukit gunung jati, masa turis asing langsung dipaksa..penjaganya bilang begini : Mister, money..money (sambil nunjuk ke kotak amal). Si turis terkesan bingung...disuruh masukin duit ke kotak amal. Walaupun sempat dilarang sama sultan, tetap saja para pengemis ini selalu datang lagi. Seharusnya sultan juga melarang bagi pengurus dan pemelihara komplek makam sunan gunung jati untuk memaksa minta sumbangan. Seprti kita ketahui bersama komplek makam sunan gunung jati, full 24 jam non stop didatangi peziarah dari segala penjuru daerah bahkan luar negeri. Sangat disayangkkan kalau tidak dikelola dengan baik, mengingat potensinya yang besar sekali jika ditata rapi.

Selain itu promosi ke turis lokal juga penting. Dan saya kira ini sudah berhasil. Bisa dilihat dari perjalanan kereta api yang selalu laris manis habis terjual. Saya pun sering kali kehabisan tiket, walaupun dapet tiket tapi jadwalnya malam. Coba cek harga tiket argo jati lebih mahal dari taksaka yang ke jogja...padahal ke jogja lebih jauh. Peminat naik kereta ke Cirebon akhir-akhir ini meningkat tajam.Turis lokal kebanyakan berburu batik trusmi dan empal gentong. Lihat saja empal gentong di daerah plered...setiap akhir pekan penuh banget...bikin macet. kadang macetnya dari Cirebon Square sampai kedawung..disambung macet di tuparev ke arah pusat kota.

Harapan Sultan Sepuh kan agar situs-situs islam terselamatkan. Kata sultan sepuh : Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbanyak didunia, tapi kok wisata yang dikenal borobudur, prambanan, dan budaya bali. Cirebon dan Nangro Aceh Darussalam seharusnya bisa mengkonsep wisata berbasis syariah. Saya kira ide sultan perlu dipertimbangkan lagi oleh para pemangku kepentingan. Jika Riau sedang mengkonsep wisat melayu. Maka Cirebon pun harus punya ikon, yaitu wisata syariah.
Saya gak pro atau kontra terhadap perda larangan minuman keras Mas, tapi memang kenyataannya begitu,turis asing skrg serta ekspatriat sekarang lebih memilih mengunjungi Hotel di Kabupaten.

btw jangan salah Mas, di timur tengah pun minuman keras di perbolehkan,bahkan di Arab saudi yg menjalankan syariat dgn Keras saja masih bisa ditemui minuman jenis ini,tp memang hanya di kota dan dilokasi yg sudah ditentukan (sumber dr istri yg pernah jd perawat di Al khobar).

Wisata syariah memang ide yg menarik,tapi mungkin hanya bisa menarik turis lokal, sedangkan orang2 barat kalau pengen wisata yg kesannya Islami pasti perginya ke Turki,Maroko atau Negara Timteng lainnya,
sementara orang Timteng sendiri jarang meminati wisata dgn tema ini, belum lg utk beberapa warga dari negara tsb mengunjungi kuburan itu sangat terlarang walaupun itu adalah kuburan alim ulama,bahkan (istri saya lagi yg cerita), rekan2 kerjanya yg dari saudi kalau liburan pasti milihnya ke US, eropa dll,dan sebenarnya yg datang ke Indonesia biasanya kalangan menengah ke bawah dan itupun tujuannya jarang utk wisata religi.

saran saya, fokuskan kepada kekayaan budaya yg kita miliki, apapun itu,walaupun bangunan dari agama lain, toh apa salahnya, itu kan masih keragaman budaya asli yg kita miliki, bahkan para Wali pun menghormati hal ini, buktinya bangunan2 keraton Islam di Jawa misalnya, banyak mengandung elemen2 tsb.

Lagipula saya masih yakin, dgn banyaknya proyek2 besar di wilayah Cirebon dan sekitarnya, Hotel2 di Cirebon tdk bakal kekurangan pengunjung
__________________
1. If people from Poland are called Poles, why aren't people from
Holland called Holes?
2. Why is it called building when it is already built?
3. Do Lipton Tea employees take coffee breaks?
4. If olive oil comes from olives, where does baby oil come from?
5. If a book about failures doesn't sell, is it a success?
wonkcerbon no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 07:35 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu