daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine
Old December 13th, 2011, 10:24 AM   #21
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

Quote:
Originally Posted by vindoarga View Post
bang Bala
Untuk tontonan TV, masyarakat sana lebih sering nonton acara TV kita kah? Mengingat kendala bahasa tadi
Hmm seneng bgt Bahasa Indonesia gak menjadi kendala disana. Dibanding TLTV kalo Bala liat mereka lebih suka nonton acara kita yg emang lbih variatif, apalagi sinetron mistis di Indosi*r org2 desa juga suka nonton, trus kalo masuk2 ke perumahan mereka bakal kedengaran lagu2 Indonesia diputer kencang2 dari vcd ato radio. Jgan heran nanti kalo kesini bakal dengerin lagu Gita Gutawa diputer kencang dr salah satu rumah.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old December 13th, 2011, 10:55 AM   #22
Volksraad
semangat pembangunan
 
Volksraad's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Posts: 1,049
Likes (Received): 57

Keadaan ekonominya gimana bang Bala?
karena sejak lepas kan, mereka menjalin seminimal mungkin hubungan ekonomi dengan Indonesia, kebutuhan pangan juga lebih banyak import dari Australia, sehingga kesejahteraan justru lebih banyak dinikmati oleh para golongan eksekutif dan ekspatriat dari luar...
dari apa yang saya dengar, kesejahteraan mereka sekarang jauh lebih rendah daripada sewaktu masih menjadi bagian dari NKRI, is that true?
Volksraad no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 11:10 AM   #23
vindoarga
Ing Ngarsa Sung Tuladha
 
vindoarga's Avatar
 
Join Date: Nov 2009
Location: Madiun
Posts: 1,457
Likes (Received): 132

Quote:
Originally Posted by Balaputradewa View Post
Hmm seneng bgt Bahasa Indonesia gak menjadi kendala disana. Dibanding TLTV kalo Bala liat mereka lebih suka nonton acara kita yg emang lbih variatif, apalagi sinetron mistis di Indosi*r org2 desa juga suka nonton, trus kalo masuk2 ke perumahan mereka bakal kedengaran lagu2 Indonesia diputer kencang2 dari vcd ato radio. Jgan heran nanti kalo kesini bakal dengerin lagu Gita Gutawa diputer kencang dr salah satu rumah.
Jiah, pilihan tontonannya kok nggak banget
__________________
“Indonesia wants peace, but we must also prepare for war.”

-Purnomo Yusgiantoro,
Indonesia's Defense Minister-
vindoarga no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 11:38 AM   #24
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

Bala juga kaget, waktu itu ad beberapa anak muda (cowok2) ngumpul dpan TV, badannya gede2 n sangar, pas didekatin eh trnyata pada khusuk nonton film mistis terbang2 gitu ck..ck. Cuma mungkin gak bisa digeneralisir yaa , siapa tau kebetulan aja di daerah tsb (Maliana) yg kayak gitu, gak tau di-wilayah lainnya.

Quote:
Originally Posted by Volksraad View Post
Keadaan ekonominya gimana bang Bala?
karena sejak lepas kan, mereka menjalin seminimal mungkin hubungan ekonomi dengan Indonesia, kebutuhan pangan juga lebih banyak import dari Australia, sehingga kesejahteraan justru lebih banyak dinikmati oleh para golongan eksekutif dan ekspatriat dari luar...
dari apa yang saya dengar, kesejahteraan mereka sekarang jauh lebih rendah daripada sewaktu masih menjadi bagian dari NKRI, is that true?
justru kebutuhan mereka banyak dipasok dari Indonesia bro, dibawa dari Surabaya via Kupang. Semua kebutuhan n merek dagang, mulai dari minyak sayur, beras, mie instan, gula, semen, produk rumah tangga sampe pakaian dr kita, walaupun ad bbrapa produk lokal, tp masih sdikit n kalah saing dari produk Indonesia. Bahkan sampe para tukang bangunan proyek2 disana di-impor dari Jawa. Gak kebayang deh gimana jadinya kalo Indonesia menghentikan ekspor kebutuhan pokok ke Timor Timur.

Kalo masalah kesejahteraan masyarakat dr sudut pandang Bala (subyektif) masih 11/12 deh dg kondisi lama, yg mana kondisi saat ini dilihat dr permukaan ada progres yg baik, gktau kondisi ril dibawah. Utk pembangunan memang lagi gencar2nya karena banyak bantuan n hibah dari berbagai negara, seperti Istana Negaranya dibangun oleh Cina, proyek jalan oleh Jepang, listrik dr Aussie, Pendidikan dari PBB dsb. Orang2 Filipina juga banyak disini.

Yg sebenarnya dicemaskan disini yaitu masalah hak kepemilikan lahan/tanah yg banyak dikuasai asing. Takutnya lambat laun kepemilikan lahan masyarakat pribumi < daripada kepemilikan orang asing.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!

Last edited by Balaputradewa; December 13th, 2011 at 11:44 AM.
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 11:52 AM   #25
D3Y
Jiva & Kasabian
 
D3Y's Avatar
 
Join Date: May 2010
Location: Cilegon "BERSERI"
Posts: 10,763
Likes (Received): 1426

.. pernah denger isyu jaman dulu, termsuk bokap yang pernah berbisnis hingga kesini, tahun 1994 lalu...
Tim-tim sebenarnya secara general lebih di perhatikan dan diutamakan oleh pemerintahan orba waktu itu ketimbang saudaranya di NTT dan Papua...
fasilitas dan infrastruktur di kota2 di timtim terutama dilli lebih diprioritaskan waktu itu, salahsatunya termasuk patung yesus itu ..
semua didasarkan kepentingan politis untuk mengikat tim-tim agar merasa nyaman masuk sebagai bagian dari indonesia...tetapi akhirnya lepas juga
__________________
The Right Man at The Right Time and The Right Place
He is Ridwan Kamil
D3Y no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 12:14 PM   #26
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

yoi Cristo Rei, Patung Yesus setinggi 27 m diatas bukit. Sempat menggemparkan dunia kala itu, Indonesia yg berpenduduk muslim terbesar di-dunia, meresmikan Patung Yesus yg super duber tinggi, kalo gak salah no.2 di dunia setelah Patung Christ Redeemer di Brazil.
Btw uwak Bala juga gugur disini dan sampe skrg masih dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Seroja di Dili.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 12:30 PM   #27
vindoarga
Ing Ngarsa Sung Tuladha
 
vindoarga's Avatar
 
Join Date: Nov 2009
Location: Madiun
Posts: 1,457
Likes (Received): 132


Oiya, kondisi TMP di sana gimana ya? dibiarkan begitu saja gk terawat, divandal atau justru malah dirawat?
__________________
“Indonesia wants peace, but we must also prepare for war.”

-Purnomo Yusgiantoro,
Indonesia's Defense Minister-
vindoarga no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 12:36 PM   #28
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

Bala gak yakin dg kondisinya sekarang, karena gak melihat secara langsung tapi pernah liat di TVRI, TMP Seroja masih ada dan terawat baik, bahkan nama dan tulisan 'Taman Makam Pahlawan Seroja' masih tetap dipertahankan.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 12:41 PM   #29
D3Y
Jiva & Kasabian
 
D3Y's Avatar
 
Join Date: May 2010
Location: Cilegon "BERSERI"
Posts: 10,763
Likes (Received): 1426

ribuan makam tentara indonesia dimakamkan disitu, katanya sih masih dirawat dengan baik atas prakasa pemerintah indonesia..
turut prihatin sama uwaknya balla...semoga perjuangannya menjadi sesuatu yang berguna dan jasanya tetap dikenang serta amal ibadahnya diterima disisi Tuhan YME

Quote:
Originally Posted by Balaputradewa View Post
yoi Cristo Rei, Patung Yesus setinggi 27 m diatas bukit. Sempat menggemparkan dunia kala itu, Indonesia yg berpenduduk muslim terbesar di-dunia, meresmikan Patung Yesus yg super duber tinggi, kalo gak salah no.2 di dunia setelah Patung Christ Redeemer di Brazil.
Btw uwak Bala juga gugur disini dan sampe skrg masih dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Seroja di Dili.
btw arsiteknya patung Cristo rei dari ITB loh waktu itu

kota Baucau, ibukota distrik administrasi baucau, sekaligus kota terbesar nomor dua di timor leste...
kata bokap ane waktu tahun 1994 lalu, kota ini tak lebih seperti kota kecamatan di pulau jawa, tapi progress pembangunan infrastruktur tampak menggeliat di mana2


http://ambou.wordpress.com/
__________________
The Right Man at The Right Time and The Right Place
He is Ridwan Kamil
D3Y no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 12:57 PM   #30
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Riau, Jakarta Barat, Brunswick West (VIC)
Posts: 29,366
Likes (Received): 280

Quote:
Originally Posted by D3Y View Post
.. pernah denger isyu jaman dulu, termsuk bokap yang pernah berbisnis hingga kesini, tahun 1994 lalu...
Tim-tim sebenarnya secara general lebih di perhatikan dan diutamakan oleh pemerintahan orba waktu itu ketimbang saudaranya di NTT dan Papua...
fasilitas dan infrastruktur di kota2 di timtim terutama dilli lebih diprioritaskan waktu itu, salahsatunya termasuk patung yesus itu ..
semua didasarkan kepentingan politis untuk mengikat tim-tim agar merasa nyaman masuk sebagai bagian dari indonesia...tetapi akhirnya lepas juga
Benar sekali ketimbang Papua dan NTT memang infra di TimTim masih lebih banyak dikucurkan oleh era Orde Baru.

Tp ingat kembali sejarah Integrasi (atau Penjajahan) atas Timor Leste background nya sperti apa.

Pertama, Portugal sudah berencana meninggalkan Timor Leste dalam keadaan politik yang sebenarnya belum siap.

Kedua, Perang Dingin sebagai peta dunia kala itu. Memang harap2 cemas kalau Timor Leste jatuh ke tangan komunis. Akhirnya Indonesia direstui deh menjajah Timor Leste, terjadi pelanggaran HAM berat tp diabaikan dunia (yang bener2 munafik kala itu). Konon katany mending begitu daripada jatuh ke tangan komunis.

Ketiga, Perang Dingin berakhir, Soviet runtuh, satu persatu negaraKomunis jatuh. Peta dunia berubah. Negara yang tadinya mendukung penjajahan Indonesia atas Timor Leste. Mulai merasa gak khawatir dngan pengaruh komunis. Puncaknya ya kebejatan militer Indonesia yang terjadi selama bertahun2 yang dulu dibiarkan. Dibongkar satu2. Datanglah era Embargo militer .

Betul infrastruktur dibangun sedemikian bagusnya. Tp menjelang Timor Leste bergejolak di akhir2 1990-an, isu heboh kala itu adalah Disintegrasi Bangsa. Militer kita jg turut andil menghancurkan kembali infrastruktur yang sudah dibangun itu.

Dan dengan dukungan Blok Barat, pembangunan di Timor Leste menggeliat cepat. Kalau cunab pemerintah RI doank yang punya inisiatif kayaknya tidak bakal sampai seperti itu. Banyak bntuan asing nya juga dulu itu, karena masih takut kalau ini jadi negara Komunis.

Perang Dingin sebagai perang ideologi, tidak langsung dimainkan negara besar. Tp perang yang sesungguhnya terjadi di negara2 Asia gara2 dua blok ini. Penjajahan Indonesia atas Timor Leste termasuk salah satu impak dari Perang Dingin.
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:02 PM   #31
D3Y
Jiva & Kasabian
 
D3Y's Avatar
 
Join Date: May 2010
Location: Cilegon "BERSERI"
Posts: 10,763
Likes (Received): 1426

ya ane juga pernah mendengar fakta tersebut, selain ada juga kepentingan politis dari indonesia sendiri...indonesia ketakutan jika Tim-tim jatuh ke tangan pihak lain yang menjadikan wilayah itu sebagai pangkalan militer mereka
__________________
The Right Man at The Right Time and The Right Place
He is Ridwan Kamil
D3Y no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:13 PM   #32
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Riau, Jakarta Barat, Brunswick West (VIC)
Posts: 29,366
Likes (Received): 280

Makanya itu sebenarnya orde baru bangun Timor Leste gila2an kala itu jg bukan kehendak mereka. Tp karena bntuan asing yang dikhususkan untuk Timor Leste memang disalurkan melalui Indonesia. Makanya bisa segila itu pembangunannya.

Habis perang dingin, pembangunan besar di Timor Leste pun ikut berhenti. Orang Barat mulai berhenti mengirimkan bantuan soalnya.

Lucunya di buku IPS jaman sekolah dulu di Bab Integrasi Timor Timur, dijabarin deh pembngunan di sana sebagai jasa Orde Baru.
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:16 PM   #33
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

Quote:
Originally Posted by D3Y View Post
Distrik administrasi baucau, sekaligus kota terbesar nomor dua di timor leste...
kata bokap ane waktu tahun 1994 lalu, kota ini tak lebih seperti kota kecamatan di pulau jawa, tapi progress pembangunan infrastruktur tampak menggeliat di mana2
jangankan Baucau bro, Dili aja masih lebih ramean Cirebon, dibanding Kupang kayaknya masih hidup pasar/pertokoan Kupang. Cuma emang lebih banyak bule'nya disana.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:28 PM   #34
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 22,735
Likes (Received): 5082

wah aku suka menyimak thread ini. Banyak pertanyaan2 antusiasme dr forumer2
oh ya Bala di judul thread tertulis TIMOR - TIMOR. Bukannya timtim itu nama provisinsi sblm lepas dr Indonesia. Dan kini namanya menjadi TIMUR LESTE..??
Bala, ada pertanyaan retorik nih, klo WNI berkunjung ke timur leste apakah menggunakan passport juga ?
oh ya bala gw jd teringat lagu yg berjudul "Januari di kota Dili"
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:28 PM   #35
D3Y
Jiva & Kasabian
 
D3Y's Avatar
 
Join Date: May 2010
Location: Cilegon "BERSERI"
Posts: 10,763
Likes (Received): 1426

hahaha....bala, pernah ngeliput juga gak pasar rutinan di garis perbatasan indonesia-timor leste di wilayah yang masuk indoneisa...
itu duit mana tuh yang dipakenya ?

nih contoh mata uang Timor Leste
sayangnya cuman di akui dan dipake secara nasional, belum bisa diakui dalam trading secara internsional ya



Quote:
Originally Posted by rilham2new View Post
Makanya itu sebenarnya orde baru bangun Timor Leste gila2an kala itu jg bukan kehendak mereka. Tp karena bntuan asing yang dikhususkan untuk Timor Leste memang disalurkan melalui Indonesia. Makanya bisa segila itu pembangunannya.

Habis perang dingin, pembangunan besar di Timor Leste pun ikut berhenti. Orang Barat mulai berhenti mengirimkan bantuan soalnya.

Lucunya di buku IPS jaman sekolah dulu di Bab Integrasi Timor Timur, dijabarin deh pembngunan di sana sebagai jasa Orde Baru.
yup...
pembohongan sejarah yang baru terkuak ke publik setelah satu dasawarsa runtuhnya ORBA
__________________
The Right Man at The Right Time and The Right Place
He is Ridwan Kamil
D3Y no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:30 PM   #36
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 22,735
Likes (Received): 5082

oh ya, kekayaan alam dr negara ini apa ya..??
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan está en línea ahora   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:34 PM   #37
dochan
дочан
 
dochan's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Индонезия
Posts: 4,712
Likes (Received): 291

Quote:
Originally Posted by D3Y View Post
hahaha....bala, pernah ngeliput juga gak pasar rutinan di garis perbatasan indonesia-timor leste di wilayah yang masuk indoneisa...
itu duit mana tuh yang dipakenya ?

nih contoh mata uang Timor Leste
sayangnya cuman di akui dan dipake secara nasional, belum bisa diakui dalam trading secara internsional ya

laaah kok malah ngiklan Cook Islands?

ini bener mata uang TL?
__________________
Reticulating splines...
dochan no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 01:47 PM   #38
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

Bala gak tau ad mata uang itu, setau Bala kmaren penduduk di perbatasan punya 2 mata uang. Di masing2 gerbang ad tempat penukaran mata uang. Pengalaman Bala pas beli air mineral n makanan ringan 'kacang atom' di warung wilayah Indonesia pake Rupiah ketika melangkah sejengkal ke wilayah Timor Timur naek ojek ud bayar pake USD.
Kalo dr motif mata uang diatas kayaknya, mirip2 budaya Oceania, kayak2 Papua gitu.
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 03:19 PM   #39
Blue_Sky
Moderator
 
Blue_Sky's Avatar
 
Join Date: Jul 2005
Posts: 9,564
Likes (Received): 422

Guys, nama resmi yang diakui Indonesia dari negara ini adalah Timor Timur atau Timor Leste? Agar tidak ada pihak yang tersinggung dengan pelafalan kita
Blue_Sky no está en línea   Reply With Quote
Old December 13th, 2011, 03:50 PM   #40
Balaputradewa
SUMSEL GEMILANG
 
Balaputradewa's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: PALEMBANG
Posts: 7,365
Likes (Received): 887

Iya mod Blue_Sky waktu diskusi di Forum FAQ katanya pake Bahasa Indonesia, jadi judulnya diterjemahkan menjadi Timor Timur bukan Timor Leste yg mana Leste itu sendiri bermakna 'Timur' dlm Bahasa Portugis sedangkan dlm Bahasa Inggris kan diakui sbg East Timor. Utk negara2 tetangga kita seperti di Vietnam menyebut dg 'Đông Timor' dan di Filipina, 'Daya a Timor', yg smuanya bermakna 'Timor Timur'.
Cuma seandainya penggunaan kata 'Timor Timur' dlm thread ini dirasa kurang tepat krn alasan politik, masa lalu dsb. Gkpapa mod diganti aja menjadi 'Timor Leste'
__________________
Sabbesatta Bhavantu Sukhitata: Semoga Semua Makhluk Hidup Berbahagia !!
Balaputradewa no está en línea   Reply With Quote
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 01:21 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu