daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy | DMCA | news magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Rate our Talls and Smalls > Rate our Architecture



View Poll Results: Please vote accordingly...
10 28 54.90%
9 17 33.33%
8 5 9.80%
7 1 1.96%
6 0 0%
5 0 0%
4 0 0%
3 0 0%
2 0 0%
1 0 0%
Voters: 51. You may not vote on this poll

Reply

 
Thread Tools
Old March 19th, 2013, 07:27 AM   #1
bagak
Rang Chaniago
 
bagak's Avatar
 
Join Date: Feb 2009
Location: Ranah Minang - Global Traveller
Posts: 1,763
Likes (Received): 96

Masjid Raya Sumbar | Padang | Rumah Ibadah

Adat dan Agama adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau, dimanapun mereka berada mereka akan selalu menjunjung tinggi falsafah hidup yang telah diajarkan turun temurun “ Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah – Syarak Mangato Mamutuih Adat Mamakai / Adat Bersendikan Syariah, Syariah Bersendikan Kitab Allah – Syariah Berkata dan Memutuskan Adat Memakai”. Fusi antara adat dan agama bisa dilihat dalam berbagai aspek di kehidupan masyarakat minangkabau, salah satunya ragam dan corak masjid dan surau di Minangkabau yang cenderung menggunakan arsitektur lokal. Walaupun ada yang berkata bahwa arsitektur di Minangkabau “terperangkap zaman” namun arsitektur yang terperangkap zaman inilah yang selalu menjadi etalase, wajah, karakter dan identitas Indonesia pada media-media promosi Indonesia di Luar Negeri.

Quote:
Originally Posted by sherif_claude View Post
MASJID RAYA SUMBAR KOTA PADANG

Quote:
Originally Posted by urix99 View Post


Berbagai ragam ukiran yang mengandung berbagai pesan moral, contoh ukiran "kaluak paku" atau lekuk pakis yang bermakna bahwa yang tua wajib melindungi dan membimbing yang muda, layaknya bunga pakis dimana pucuk yang muda selalu berada didalam lekukan batang yang lebih tua. Atau motif "Itik Pulang Petang" memiliki enam makna filosofis yang terlihat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau yang masih ada dan dipertahankan sampai sekarang. Makna tersebut adalah pertama, mengenai keselarasan dan keserasian kehidupan masyarakat Minangkabau dengan alamnya; kedua, tata pergaulan dalam kehidupan sehari-hari antar individu dalam masyarakat; ketiga, tatanan sistem pemerintahan; keempat, hubungan sinergis pada hubungan system kekerabatan antara mamak dan kemenakan; kelima, keteguhan dalam menjalankan prinsip- prinsip hidup; keenam, kebersamaan dan kekompakan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau

By Rahmat Denas


__________________
Seorang pecundang mengatakan bahwa bangsa Minangkabau adalah bangsa pemimpi yang suka berpangku tangan, tapi kami bangsa Minangkabau berkata, ya kami adalah pemimpi, pemimpi untuk jadi besar dan sukses, itulah sebabnya kami punya tradisi dimana setiap anak lelaki diakhir baligh-nya akan berjalan meninggalkan tanah kelahirannya mencari jati diri dan posisi di masyarakat dan pemerintahan, dan torehan mimpi mimpi bangsa Minangkabau itu bisa dilihat dari sejarah bangsa ini hingga sekarang.
bagak no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old March 19th, 2013, 11:04 AM   #2
urix99
Minangkabau Contributor
 
urix99's Avatar
 
Join Date: Apr 2011
Location: West Sumatera - East Kalimantan,Indonesia /\ Pics Contributor
Posts: 4,307

wah udah dibuatkan threadnya nih

9 for epic songketnya
urix99 no está en línea   Reply With Quote
Old March 19th, 2013, 11:22 AM   #3
Namewee
No We Can't
 
Namewee's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Location: Tanjungpore
Posts: 5,775

Sepertinya ini adalah masjid termegah yang pernah dibangun Indonesia di era milenium
__________________
Demi Masa
Sesungguhnya Manusia Benar-Benar Dalam Kerugian
Namewee no está en línea   Reply With Quote
Old March 19th, 2013, 11:43 AM   #4
anno_malay
Nomaden
 
anno_malay's Avatar
 
Join Date: Feb 2006
Location: Jakarta .. Bandung .. Padang .. Palangkaraya .. Balikpapan(now)
Posts: 5,373
Likes (Received): 1273

wowww..keren banget nech
lari dari pakem masjid selama ini yg terpaku klo harus berkubah bulat

dan ukiran2 songketnya menambah lagi nilai plusnya...

kerennn..10/10..
ech padahal belum 100% jadi
anno_malay no está en línea   Reply With Quote
Old March 19th, 2013, 02:20 PM   #5
arif doank
Major General
 
arif doank's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Berlin & Antartika
Posts: 529
Likes (Received): 85

Arsitekturnya penuh dengan filosofi. Motif songketnya yang berpadukan dengan kaligrafi menambah kesempurnaan bangunan ini

Nilai 10 sangat pantas.

Eh tapi, kapan bangunan ini selesai 100%?
__________________
My inspiration is >>them<<
arif doank no está en línea   Reply With Quote
Old March 20th, 2013, 08:41 AM   #6
Happy Man
My Dearest Daughters
 
Happy Man's Avatar
 
Join Date: Jul 2010
Location: 棉 蘭 (Medan)
Posts: 9,573
Likes (Received): 1846

8/10
Happy Man no está en línea   Reply With Quote
Old March 20th, 2013, 10:53 AM   #7
ryanazhar
Architecture ITB
 
ryanazhar's Avatar
 
Join Date: Sep 2011
Location: Balikpapan - Bandung
Posts: 229
Likes (Received): 27

This is great! Inovatif dan kreatif. Memadukan langgam arsitektur islam dan lokal. Great building! Patut dijaga dan dirawat nih

9/10
ryanazhar no está en línea   Reply With Quote
Old March 20th, 2013, 02:23 PM   #8
urix99
Minangkabau Contributor
 
urix99's Avatar
 
Join Date: Apr 2011
Location: West Sumatera - East Kalimantan,Indonesia /\ Pics Contributor
Posts: 4,307

jepretan ku nih

image hosted on flickr
urix99 no está en línea   Reply With Quote
Old March 20th, 2013, 03:27 PM   #9
rahul medan
Registered User
 
rahul medan's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Location: medan, north sumatra
Posts: 22,828
Likes (Received): 5185

9/10
andai menara2nya udah finishing jadi 10/10
__________________
Medan The City of Million Smiles
The Living of Million Dreams

rahul medan no está en línea   Reply With Quote
Old March 20th, 2013, 03:46 PM   #10
Dhany Ramadhan
Registered User
 
Dhany Ramadhan's Avatar
 
Join Date: Oct 2011
Location: Earth God
Posts: 728
Likes (Received): 71

10/10 untuk motif songketnya
Dhany Ramadhan no está en línea   Reply With Quote
Old March 20th, 2013, 04:19 PM   #11
sherif_claude
Registered User
 
sherif_claude's Avatar
 
Join Date: Jan 2011
Location: Padang Your Motherland
Posts: 4,873
Likes (Received): 433

kasih nilai berapa ya..???
Sayang bangunan monumental ini menggunakan material serba instant seperti alumunium kompusite panel.
kalau desain rancak bana, memang banguan ini akan menjadi Landmark kota Padang, apalagi halaman masjid yang cukup luas sekitar 8,9 ha di pusat kota Padang.
__________________
Cintailah Pekerjaanmu maka:
"every day is a holiday"
sherif_claude no está en línea   Reply With Quote
Old March 21st, 2013, 11:56 AM   #12
Budak Melayu
Ramadhan Al-Mubarak
 
Budak Melayu's Avatar
 
Join Date: Jul 2009
Posts: 3,795
Likes (Received): 731


Ga bosan liat nye... 8/10
__________________
-Marhaban ya Ramadhan-
Budak Melayu no está en línea   Reply With Quote
Old March 21st, 2013, 01:52 PM   #13
Dhozhu
SkycrapercityHolic Padang
 
Dhozhu's Avatar
 
Join Date: Aug 2012
Location: Padang to Surabaya
Posts: 324
Likes (Received): 25

sebuah arsitektur yang menggabungkan ilmu, seni dan budaya,
bangunan yang sudah pasti membutuhkan perhitungan yang tinggi dan akurat, apalagi dengan ukuruan segitu dan dengan sudut yang miring, motif songket yang terukir di sebagian dinding bagian luar, dan gonjong yang tetap mempertahankan kekhasan budaya Minangkabau.
semua dipadu menjadi sebuah rumah ibadah yang terbesar di Sumatera Barat.

10/10
Dhozhu no está en línea   Reply With Quote
Old March 21st, 2013, 05:36 PM   #14
picalsikai
Registered User
 
picalsikai's Avatar
 
Join Date: Jul 2010
Location: Batusangkar>Padang>Jakarta>Surabaya
Posts: 1,391
Likes (Received): 90

10/10
from west sumatera with proud
buat yang belum pernah kesini, coba deh kesini, yakin bakal ngasih nilai minimal 8
saya sendiri udh 3 kali kesini dan ngga ragu ngasih 10
__________________
Bored aloud, ignore the right to be
Invite me down because we like to see
The colours through your loaded mind
Fuck the world and liberate our time
picalsikai no está en línea   Reply With Quote
Old March 22nd, 2013, 02:29 AM   #15
CrazyForID
Registered User
 
CrazyForID's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: lost in nowhere
Posts: 6,189
Likes (Received): 634

votenya nanti ah, kalo udah selesai
__________________
do not pity the dead. Pity the living
CrazyForID no está en línea   Reply With Quote
Old March 28th, 2013, 05:10 PM   #16
Pangeran Jawa
Registered User
 
Pangeran Jawa's Avatar
 
Join Date: Aug 2010
Location: Wonogiri
Posts: 158
Likes (Received): 2

untuk pertama kalinya saya ngasih nilai 10

ciri masjidnya keluar pakem, gonjongnys juga keluar pakem "harus kayak pagaruyung"

ukiran & songketnya asli gak nahaaaaan

ini boleh dinominasikan award2 an dong
Pangeran Jawa no está en línea   Reply With Quote
Old March 28th, 2013, 07:36 PM   #17
endar
someah sareng kayungyun
 
endar's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Pasunda'an
Posts: 31,419

10
kagum liat ekteriornya, super cantik. walau bukan masjid termegah yang dibangun di era milenium di Indonesia, tapi IMO ini yang tercantik dan benar2 "lokal" banget.
superb. next kesini wajib coba shalat disini dan ngarep banget minarehnya segera terselesaikan.
__________________
A great civilization is not conquered from without until it has destroyed itself from within
-Will Durant-
________________________________________________________________
endar no está en línea   Reply With Quote
Old March 30th, 2013, 05:34 PM   #18
tersier
Registered User
 
tersier's Avatar
 
Join Date: Jun 2012
Posts: 114
Likes (Received): 4

Quote:
Originally Posted by bagak View Post
Adat dan Agama adalah dua hal yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau, dimanapun mereka berada mereka akan selalu menjunjung tinggi falsafah hidup yang telah diajarkan turun temurun “ Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah – Syarak Mangato Mamutuih Adat Mamakai / Adat Bersendikan Syariah, Syariah Bersendikan Kitab Allah – Syariah Berkata dan Memutuskan Adat Memakai”. Fusi antara adat dan agama bisa dilihat dalam berbagai aspek di kehidupan masyarakat minangkabau, salah satunya ragam dan corak masjid dan surau di Minangkabau yang cenderung menggunakan arsitektur lokal. Walaupun ada yang berkata bahwa arsitektur di Minangkabau “terperangkap zaman” namun arsitektur yang terperangkap zaman inilah yang selalu menjadi etalase, wajah, karakter dan identitas Indonesia pada media-media promosi Indonesia di Luar Negeri.







Berbagai ragam ukiran yang mengandung berbagai pesan moral, contoh ukiran "kaluak paku" atau lekuk pakis yang bermakna bahwa yang tua wajib melindungi dan membimbing yang muda, layaknya bunga pakis dimana pucuk yang muda selalu berada didalam lekukan batang yang lebih tua. Atau motif "Itik Pulang Petang" memiliki enam makna filosofis yang terlihat dalam kehidupan masyarakat Minangkabau yang masih ada dan dipertahankan sampai sekarang. Makna tersebut adalah pertama, mengenai keselarasan dan keserasian kehidupan masyarakat Minangkabau dengan alamnya; kedua, tata pergaulan dalam kehidupan sehari-hari antar individu dalam masyarakat; ketiga, tatanan sistem pemerintahan; keempat, hubungan sinergis pada hubungan system kekerabatan antara mamak dan kemenakan; kelima, keteguhan dalam menjalankan prinsip- prinsip hidup; keenam, kebersamaan dan kekompakan dalam kehidupan masyarakat Minangkabau

By Rahmat Denas


gilaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak! detailnya men cetar ahhaha
ini yang gue suka nih kalo ngambil budaya/kearifan lokal ga setengah2 artinya ga cuma ambil embel2 sedikir terus dataruh ke sesuatu yang modern tapi ini bener2 berangkat dari filosofinya dan dicampurin sama yang modern tanpa menghilangkan ciri khas budayanya
tersier no está en línea   Reply With Quote
Old April 6th, 2013, 01:24 PM   #19
urix99
Minangkabau Contributor
 
urix99's Avatar
 
Join Date: Apr 2011
Location: West Sumatera - East Kalimantan,Indonesia /\ Pics Contributor
Posts: 4,307

lebih close up

Quote:
Originally Posted by Wonderful Indonesia View Post
MESJID RAYA SUMBAR | Gonjong @47m | 4 Towers @100m | U/C





urix99 no está en línea   Reply With Quote
Old April 7th, 2013, 03:57 AM   #20
aan_mustafa
I love ART_chitect
 
aan_mustafa's Avatar
 
Join Date: Jun 2011
Posts: 2,683
Likes (Received): 471

9/10
__________________


||eL||
"I'm just an Indonesian who strive so hard to be proud of this great nation in any way possible"
aan_mustafa no está en línea   Reply With Quote


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 09:53 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu