daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine
Old September 30th, 2009, 04:59 PM   #41
garzland
Oragon Ini!
 
garzland's Avatar
 
Join Date: Mar 2006
Location: Naga, Lagonoy, Canaman
Posts: 280
Likes (Received): 135

I feel sorry for those maids who suffered maltreatment of their employers. Wish they wouldn't suffer such pain.

Why are the Indonesian maids, btw, not given a day off while the Filipinos have?
__________________
NAGA - 9th in the MOST COMPETITIVE CITIES in the Philippines and One of the Philippines' 10 NEXT WAVE CITIES
garzland no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old October 1st, 2009, 07:17 AM   #42
typhoonbringer
Registered User
 
Join Date: Jul 2009
Posts: 2,410
Likes (Received): 61

because its illegal workers, they are treated like shit because if they report it they will be deported, and in many cases, they were loaning money from loansharks or swindler, ive met three of them just in 2 years of my study in netherlands, poor them
typhoonbringer no está en línea   Reply With Quote
Old October 1st, 2009, 09:57 AM   #43
garzland
Oragon Ini!
 
garzland's Avatar
 
Join Date: Mar 2006
Location: Naga, Lagonoy, Canaman
Posts: 280
Likes (Received): 135

But they are documented according to the news.
__________________
NAGA - 9th in the MOST COMPETITIVE CITIES in the Philippines and One of the Philippines' 10 NEXT WAVE CITIES
garzland no está en línea   Reply With Quote
Old October 1st, 2009, 10:23 AM   #44
rizalhakim
PROUD 2 B MALAYSIAN
 
Join Date: Nov 2007
Location: KL
Posts: 35,904
Likes (Received): 879

at the moment u guyz shud stop dis indo vs malaysia...not 100% u read is true... plz concentrate on how to help those people in padang.... they needs our help!!!

http://news.yahoo.com/nphotos/Powerf...indonesiaquake

2nd quake shakes Indonesia after temblor kills 467

PADANG, Indonesia – A second powerful earthquake rocked western Indonesia on Thursday as rescuers struggled to reach survivors of the previous day's temblor, which killed at least 467 people and left thousands trapped under collapsed buildings.

The death toll from Wednesday's undersea quake of 7.6 magnitude was expected to rise further after rescuers dig through the rubble in heavily populated towns of Sumatra island. The second, 6.8-magnitude quake damaged additional buildings Thursday.

"This is a high-scale disaster," Health Minister Siti Fadilah Supari told Metro TV.

Padang, a coastal city of 900,000 and capital of West Sumatra province, became the immediate focus of relief workers.

At least 500 buildings in Padang collapsed or were badly damaged in the Wednesday evening quake, which also set off fires, said Disaster Management Agency spokesman Priyadi Kardono.

A total of 467 people were confirmed dead and 421 seriously injured, said Tugiyo Bisri of the Social Affairs Ministry's crisis center. He said 376 deaths occurred in Padang, with rest of the deaths in four surrounding districts.

At least 80 people were missing at the 5-story Ambacang hotel in downtown Padang, said Indra, a paramedic who uses only one name. Rescuers, working in heavy rain, found two survivors and nine bodies in the hotel's rubble.

Terrified residents who spent a restless night were jolted by the fresh tremor on Thursday morning.

The U.S. Geological Survey said the inland quake with a preliminary magnitude of 6.8 hit about 150 miles (240 kilometers) south of Padang at a depth of just under 20 miles (24 kilometers).

The second quake reportedly damaged 30 houses in Jambi, another Sumatran town. It was not yet clear if there were injuries, said Jambi Mayor Hasfiah, who uses only one name, like many Indonesians.

Collapsed or seriously damaged buildings in Padang included hospitals, mosques, a school and a mall. TVOne network footage showed heavy equipment breaking through layers of cement in search of more than 30 students it said were missing from the school where they were taking after-school classes.

Parents of missing students stayed up all night, waiting for signs of life under the rubble.

"My daughter's face keeps appearing in my eyes ... my mind. I cannot sleep, I'm waiting here to see her again," a woman, who identified herself only as Imelda, told TVOne, tears rolling down her face. She said her 12-year-old daughter Yolanda was in school to take science lessons.

"She is a good daughter and very smart. I really love her. Please God help her. I hope rescuers, everybody... can help her out of here. Please!" she said.

An unidentified boy told TVOne that he escaped from the top floor just as the three-story school crumpled. He said he was taking math lessons while many others were taking science courses.

Wednesday's temblor severed roads and cut off power and communications to Padang. Thousands fled in panic, fearing a tsunami. The shaking was so intense that people crouched or sat on the street in fear.

Children screamed as an exodus of thousands of frantic residents fled in cars and motorbikes, honking horns.

The quake was felt hundreds of miles (kilometers) away in Malaysia and Singapore, causing buildings there to sway.

The extent of damage in surrounding areas was still unclear due to poor communications. Indonesia, a poor, sprawling nation with limited resources, sits on a major geological fault zone and is frequently hit by earthquakes.

More than 3,000 people were killed in the last big earthquake in 2006 that hit Yogyakarta, a major city on the main island of Java.

The latest quakes came in the wake of a killer tsunami Tuesday that hit islands in the South Pacific, killing at least 120 people. Geologists said the two events were not related.

The Padang quakes were along the same fault line that spawned the 2004 Asian tsunami that killed 230,000 people in a dozen nations.

Padang's mayor appealed for assistance on Indonesian radio station el-Shinta.

"We are overwhelmed with victims and ... lack of clean water, electricity and telecommunications," Mayor Fauzi Bahar said. "We really need help. We call on people to come to Padang to evacuate bodies and help the injured."

Thousands were believed trapped throughout the province, said Rustam Pakaya, head of the Health Ministry's crisis center.

The shaking felled trees and crushed cars in Padang. A foot could be seen sticking out from one pile of rubble. At daybreak, residents used their bare hands to search for survivors, pulling at the wreckage and tossing it away piece by piece.

The loss of telephone service deepened the worries of those outside the stricken area.

Hospitals struggled to treat the injured as their relatives hovered nearby.

Indonesia's government announced $10 million in emergency response aid and medical teams and military planes were being dispatched to set up field hospitals and distribute tents, medicine and food rations.

Local television reported more than two dozen landslides in the province. Some blocked roads, causing miles-long traffic jams of cars and trucks.
rizalhakim no está en línea   Reply With Quote
Old October 1st, 2009, 11:36 AM   #45
David-80
Le Nozze di Figaro...
 
David-80's Avatar
 
Join Date: Oct 2003
Location: Planet Earth
Posts: 6,941

rizal, Uhm? This thread is about migrant worker? Why u would think we as indonesian cannot talk the treatment and life of our fellow citizen? Who are you?

Dont worry, one single bashing of malaysian ppl, i will deal with it but to ask us for shut our mouth up, thats an offence, at least for me.

Cheers
__________________
Intel Inside, Idiot outside
David-80 no está en línea   Reply With Quote
Old October 2nd, 2009, 08:28 AM   #46
Lastresorter
Mi I.Ali - Loca Stoopa
 
Lastresorter's Avatar
 
Join Date: Nov 2004
Location: Malaysia untuk Orang Malaysia
Posts: 1,592
Likes (Received): 2

Agree with you, David.
__________________
Towards A Home Where Dreams Soar. Towards A Nation of Justice and Equality.


- Regardless of race, language or religion, to build a democratic society, based on justice and equality, so as to achieve happiness, prosperity & progress for our nation.
Lastresorter no está en línea   Reply With Quote
Old October 2nd, 2009, 08:54 AM   #47
Lastresorter
Mi I.Ali - Loca Stoopa
 
Lastresorter's Avatar
 
Join Date: Nov 2004
Location: Malaysia untuk Orang Malaysia
Posts: 1,592
Likes (Received): 2

Further to what have been discussed, pls do not have the impression that all Malaysians are as inhumane as those evil employers who mistreat their maids. These maid abuse stories made into the headlines in Malaysian papers for one reason - even Malaysians are outraged by such evil deeds. It is evident from the number of government or non-governmental organisations that stepped out to help and seek justice for the victims.

Generally, there is an unspoken distrust between many Malaysian employers and Indonesian maids. On one hand, Malaysian employers have this common fear that their maids would cast "spell" or "voodoo" on them, abusing their babies, run away with migrant construction workers, not knowing how to handle simple tasks such as operating the washing machine etc etc... Indonesian maids on the other hand have this common fear that Malaysian employers are evil, thus they are very wary about the employers' intention in whatever they do - in a way that when employer starts to nag them, they think of ways to retaliate (such as voodoo, accusing employer of raping etc) or run away.

I reckon this is a very bad cycle that is not easy to break. Both the employers and maids should go through a compulsory educational "course" before they enter into the employment terms.

Having said that, no evildoer should be spared from punishment if proven guilty, regardless of what nationality they are.
__________________
Towards A Home Where Dreams Soar. Towards A Nation of Justice and Equality.


- Regardless of race, language or religion, to build a democratic society, based on justice and equality, so as to achieve happiness, prosperity & progress for our nation.
Lastresorter no está en línea   Reply With Quote
Old October 2nd, 2009, 09:31 AM   #48
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Riau, Jakarta Barat, Brunswick West (VIC)
Posts: 29,373
Likes (Received): 280

Mr RizalHakim,, please do quit being childish, this thread title is already obvious.
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 2nd, 2009, 09:41 AM   #49
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Riau, Jakarta Barat, Brunswick West (VIC)
Posts: 29,373
Likes (Received): 280

Quote:
Originally Posted by Jungle_surf View Post
arus TKI (Kebutuhan) tidak bisa dibendung dgn serta merta menghentikan pengiriman TKI (ilegal). Justru dgn menghentikan TKI utk sementara waktu akan memicu maraknya arus TKI Ilegal.
Yang harus dipertimbangkan dan dimengerti adalah..., TKI ilegal 0% tidak bisa mendapatkan perlindungan. Mereka yg tersiksa bahkan tidak berani melaporkan keSEMUA pihak dalam keadaannya yg ILEGAL. Bahkan utk kembali ke negara sendiri saja tidak bisa.
Masalah ini tidak bisa di_anggap sepele oleh pemerintah kita dengan sekejap dan gamblang MENGHENTIKAN pengiriman TKI begitu saja!

Contoh ;
Saya pernah mendapatkan cerita dr TKI ilegal yg dimana mereka dipekerjakan dgn sangat tidak manusia dan layak. Tapi apa kata.... status ilegal membuat tidak memberikan ruang kepada mereka.


INi memang masalah ILEGAL sudah berlarut-larut, aku kemaren naek pesawat dari JB ke Jakarta, di ruang tunggu sebelah itu yang ke Surabaya. Buset itu isinya TKI semua.

Dan di dalam pesawat ya biasalah aku dengar cerita2 gak enak dari para TKI itu. Tapi, lucunya TKI itu menceritakan dengan gaya antusias kayak orang gak tertekan :p... Dia cuman kesal sama majikannya yang doyan nyuruh orang (yang menurut dia gak memperhitungkan kemanusiaan). Padahal dari cerita dia sendiri, standar2 aja suruhannya suruh nyuci piring, ngepel lantai, nyiapin nasi, sama jaga kasir hihihi ... Tapi, yang dia gak suka suruhan itu datangnya kayak tsunami bertubi-tubi. Jadi krja itu bener2 diporsir. Ya, kalau kubilang itulah di Malaysia ... Satu kedai gede itu bisa jadi pekerjanya cuman 3-4 orang, dia yang masak .. dia yang hidangin ke tamu ... dia juga yang tungguin kasir. Karena nyari pekerja di Malaysia susah,, sementara lapangan pekerjaan banyak. Makanya, dapat 3-4 pekerja satu kedai aja itu udah syukur banget. Kalau di Indonesia, mana ada yang kedai nya kayak ruko terus pekerjanya cuman 3-4 orang ... Soalnya, yang nyari kerja di Indonesia itu adaaaa aja . Bahkan, gak perlu sibuk2 masang iklan.

Aku lihat sendiri ya, KFC di Indonesia dengan KFC di Malaysia, dalam ukuran gerai yang sama... KFC di Malaysia punya kecenderungan punya pegawai yang lebih sedikit, kerjanya juga lebih cekatan (karena tanggung jawab banyak. Kalau di Indonesia, pekerjanya banyak... jadi bagi2 tanggung jawabnya gampang ..

Nah, hebatnya cerita seperti ini yang logis... masuk ke Media2 di Indonesia jadi cerita yang "MENGHARUKAN", "MENYENTUH", ada bau "MALAYSIA-BRENGSEK".... nantinya di mediakita ditulis, "Bekerja terus menerus dengan paksaan". Kejadian sama untuk tukang potong rumput dan pekerja konstruksi bangunan. Untuk luas cakupan kerja, jumlah tenaga kerja yang diperlukan di Malaysia lebih sedikit. Jadi kerjanya kayak diporsir :p
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 2nd, 2009, 09:51 AM   #50
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Riau, Jakarta Barat, Brunswick West (VIC)
Posts: 29,373
Likes (Received): 280

Lagian TKI itu pahlawan devisa. Kalau mau main2 sama mereka tapi negara ini menyeimbangkan kas nya melalui "air mata dan keringat" TKI, kurasa juga gak baik. Nanti negara kita kualat....

Coba ya bayangin, di Malaysia TKI itu ada sekitar 2 juta-an .... Kalau sebulan mereka ngirim duit Rp 1 juta ke keluarga mereka. itu angkanya sudah Rp 2 T ... Bayangin Rp 2 T ... Itu belum termasuk TKI yang tinggal di Timur Tengah dan Asia Timur (kayak Hongkong, Jepang, dan Korea Selatan) yang standar gajinya lebih aduhai.... Angka Rp 2 T kali 12 bulan..... UDah ada aliran dana Rp 24 T ... loh masuk ke Indonesia.

Sekarang katakanlah orang2 yang sibuk2 ganyang malaysia itu (yang saya rasa mereka pasti sok pinter), memaksakan kehendak mereka TKI disuruh pulang semuanya.... UDah ada duit sebanyak Rp 24 T yang mengalir ke keluarga menegah-bawah yang akan terhenti. Rp 24 T ..... Kujamin, pemerintah juga gak bakalan sanggup kompensasi sampe segini besar. Belum lagi, pulang nya 2 juta orang tadi, mereka butuh kerja di Indonesia. Sanggupkah orang2 sok pinter tadi menyediakan 2 juta lapangan kerja di Indonesia ini. Sementara 1 juta orang dengan tingkat pendidikan S1 sekarang tengah menganggur.
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 4th, 2009, 06:21 PM   #51
typhoonbringer
Registered User
 
Join Date: Jul 2009
Posts: 2,410
Likes (Received): 61

yang masalah itu yg ilegal mas, yg legal sih biasanya, kebanyakn, mostly, makmur2 aja, wong pas pulang dari blanda kan transit di dubai, TKI-TKI keknya sumringah2 aja
typhoonbringer no está en línea   Reply With Quote
Old November 11th, 2009, 04:47 PM   #52
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

RI-Malaysia Harus Bangun Komitmen Perlindungan
RABU, 11 NOVEMBER 2009

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pertemuan bilateral antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Malaysia Najib Abdul Razak di Kuala Lumpur, Rabu (11/11), harus efektif. Pemerintah kedua negara harus membangun komitmen melindungi tenaga kerja Indonesia di Malaysia yang kuat.

Kunjungan Presiden ke Malaysia termasuk yang pertama kali ke luar negeri sejak dilantik untuk periode kedua, 20 Oktober lalu. Sedikitnya 1,2 juta TKI berada di Malaysia dengan separuh di antaranya bekerja tanpa dokumen resmi dan di sektor informal.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar turut mendampingi Presiden. Muhaimin akan melanjutkan pertemuan bilateral dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia Hishammuddin Tun Hussein dan Menteri Sumber Manusia S. Subramaniam.

Muhaimin mengatakan, Indonesia siap mencabut moratorium pengiriman TKI ke Malaysia selama Pemerintah Malaysia berkomitmen meningkatkan perlindungan dan kualitas kesejahteraan TKI. Indonesia menghentikan penempatan sementara TKI pembantu rumah tangga ke Malaysia sejak 25 Juni lalu akibat berbagai pelanggaran hak asasi TKI.

Perundingan kali ini membahas perbaikan perlindungan dan kondisi kerja TKI di sektor rumah tangga. Pemerintah Malaysia diharapkan segera melakukan evaluasi dan pembenahan dalam mekanisme,kondisi kerja serta perlindungan TKI.

"Perundingan ini mudah-mudahan menghasilkan kesepakatan yang berpihak pada TKI. Kita targetkan tanggal 21 November ini semuanya beres," ujar Muhaimin.

Wakil Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa TKI (Apjati) Rusdi Basalamah berharap ada titik temu substansial berkait hak dan perlindungan TKI. Indonesia juga harus mendesak Pemerintah Malaysia menghentikan pemakaian jasa TKI ilegal.

"Sejujurnya penghentian (saat) ini tidak memberi efek jera bagi pelaku ilegal (dan) yg terjadi justru PPTKIS resmi berhenti beroperasi. Yang eksis malah yang tidak ada perlindungan kepada tki sama sekali," kata Rusdi.

Analis Kebijakan Migrant CARE Wahyu Susilo di Kuala Lumpur mengatakan, perlindungan TKI harus menjadi agenda utama kunjungan Presiden SBY ke Malaysia. Presiden harus memastikan Malaysia memproses secara hukum kasus-kasus penganiayaan TKI oleh majikan dan RELA, serta memastikan MOU soal PRT menghasilkan ketentuan tentang hak TKI memegang paspor, upah layak dan satu hari libur.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 11th, 2009, 04:50 PM   #53
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

Lima TKI Bebas dari Hukuman Mati
RABU, 11 NOVEMBER 2009

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pengadilan Kuala Terengganu, Malaysia, membebaskan empat TKI dari hukuman gantung sampai mati karena dituduh membunuh majikannya yang tidak membayarkan gajinya.

Hakim pengadilan negeri Kuala Terengganu Ahmad Zaidi Ibrahim menjatuhkan hukuman bebas kepada Slamet, dan hukuman penjara tiga tahun masing-masing kepada Agus Sulistiawan, Asmali, dan Wasrum, serta penjara delapan tahun bagi Solihun, kata pengacara KBRI Sebastian Cha, melalui wawancara telepon di Kuala Terengganu, Rabu (11/11).

"Awalnya kelima TKI diancam dengan pasal 302 tentang pembunuhan berencana, dan jika terbukti dapat dihukum gantung sampai mati. Tapi jaksa kurang bisa membuktikan tuduhannya sehingga satu orang TKI bebas, tiga dipenjara tiga tahun, dan satu orang dipenjara delapan tahun. Mereka semua terbebas dari ancaman hukuman mati," kata Sebastian.

Kelima TKI itu dituduh membunuh majikannya Mohd Yusuf Ismail, 48 Thn, di Ladang Agro Plantation Cerul, Terengganu, sekitar pukul 6 sore, 21 Januari 2007, karena majikannya tidak mau membayar gaji mereka. Walaupun sudah disampaikan dengan baik-baik tapi tetap saja gajinya tidak diberikan, ujar pengacara KBRI itu. "Tiga TKI yang dihukum tiga tahun penjara dalam beberapa bulan lagi akan bebas," kata Sebastian Cha.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 12th, 2009, 05:15 PM   #54
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

Indonesia-Malaysia Sepakat Bentuk Satuan Tugas TKI Bermasalah
Kamis, 12 November 2009

TEMPO Interaktif, Kuala Lumpur - Menumpuknya ratusan kasus tenaga kerja Indonesia yang bermasalah di Malaysia mendapat perhatian khusus dalam pembicaraan delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar dengan Menteri Dalam Negeri Malaysia Hishamuddin Hussein yang didampingi Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia S. Subramaniam, Kamis (12/11).

Dalam pertemuan yang dilaksanakan di ruang sidang 2 Parlemen Malaysia tersebut, kedua delegasi sepakat membentuk satuan tugas (task force) untuk menangani kasus-kasus tenaga kerja Indonesia bermasalah yang selama ini terkesan lamban penaganannya.

“Setiap tahun ada 800-1.000 tenaga kerja bermasalah Indonesia di Malaysia. Penanganan mereka sangat lamban, karena selain keterbatasan tenaga, KBRI Kuala Lumpur berjuang sendiri untuk menyelesaikan kasus mereka,” kata Tatang B. Razak, Wakil Duta Besar Indonesia untuk Malaysia, yang mendampingi Muhaimin dalam kesempatan tersebut.

Menurut Tatang, masalah-masalah yang dihadapi tenaga kerja Indonesia tersebut sangat beragam, mulai dari penyiksaan, gaji tidak dibayar, hingga dipekerjakan di wilayah pekerjaan yang tidak sesuai dengan kontraknya.

Menanggapi masalah tersebut, Hishamuddin yang membawahi institusi kepolisian dan imigrasi Malaysia menawarkan pembentukan satuan tugas untuk membantu Kedutaan Besar Republik Indonesia dalam menyelesaikan pelbagai permasalahan TKI yang biasanya berkutat seputar imigrasi dan kepolisian.

“Saya akan membawa rencana pembentukan task force ini ke sidang kabinet besok. Dan kalau disetujui mulai minggu depan ia akan mulai efektif bekerja,” kata Hishamuddin.

Selain pembentukan satuan tugas, pertemuan tersebut juga membahas mengenai moratorium pengiriman tenaga kerja non-formal Indonesia ke Malaysia yang diharapkan bisa segera disepakati paling lambat akhir tahun ini.

Last edited by Ocean One; November 14th, 2009 at 07:44 AM.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 14th, 2009, 07:45 AM   #55
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

Malaysia Janji Lindungi TKI

Jakarta, (Analisa) - Pemerintah Malaysia akhirnya berjanji untuk melindungi para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di negeri jiran tersebut.

Bahkan pemerintah Malaysia akan membentuk tim khusus untuk menangani masalah TKI.

Demikian disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Sri Hishammuddin Tun Hussein dalam pertemuan resmi tingkat menteri di Gedung Parlemen Malaysia, Kamis (12/11) malam.

"Kita akan bentuk unit khusus soal perlindungan TKI, saya perintahkan kepada seluruh jajaran Departemen Dalam Negeri Malaysia bahwa kesepatakan ini berlaku sejak esok hari. Saya juga perintahkan minggu depan Polisi Malaysia untuk bertemu dengan pihak KBRI merundingkan penyelesaian TKI bermasalah," ujarnya.

Komitmen ini disampaikan oleh Menteri Dalam Negeri Malaysia Datuk Sri Hishammuddin Tun Hussein dan Menteri Sumber Manusia, Datuk Dr. S. Subramaniam bersama Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi A Muhaimin Iskandar.

Menakertrans menjelaskan, forum pertemuan menteri kedua negara ini akan mendorong kesepakatan yang lebih konkret dan detail yang akan dibahas melalui joint working group antara tim kedua negara yang akan digelar pada 21-22 November mendatang.

"Mendagri Malaysia berjanji akan menuntaskan persoalan yang selama ini menimpa TKI kita. kerja sama ini akan kita payungi dengan aturan bersama," ujarnya.

"Mendagri dan Menaker Malaysia menyatakan komitmennya untuk meningkatkan perlindungan terhadap TKI," kata Muhaimin.

Oleh karena itu, Muhaimin memerintahkan jajaran Depnakaertrans untuk bekerja maksimal serta berkoordinasi dengan departemen terkait untuk menangani TKI tidak legal.

"Saya juga perintahkan seluruh jajaran Depnakertrans bekerja sama secara optimal untuk penanganan TKI tidak legal, khususnya yang disebutkan oleh Mendagri Malaysia, di daerah Sabah dimulai dari pintu debarkasi," tegasnya.

Dari lima poin masalah yang akan dirundingkan pekan depan, lanjut Muhaimin, dua di antaranya sudah mendapat persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Malaysia. Antara lain, aturan paspor tidak lagi dipegang oleh majikan dan cuti sehari dalam seminggu.

Kepada Sri Hishammuddin, Muhaimin menyampaikan moratorium pengiriman TKI bisa saja dicabut jika dalam pertemuan nanti disepakati lima poin yang menjadi masalah selama ini, yaitu soal pemegangan paspor TKI oleh majikan, cuti mingguan, gaji awal, biaya penempatan (cost structure ), dan perlunya kontrol dan pengawasan yang dilakukan antara pihak Malaysia dan Indonesia.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 20th, 2009, 06:55 PM   #56
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

Paspor TKI Batal Gratis
Imigrasi diskon jadi Rp 55 ribu
Rabu, 18 November 2009

Jakarta, Kendari Pos
Janji Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Patrialis Akbar untuk menggratiskan biaya paspor Tenaga Kerja Indonesia (TKI) batal terlaksana. Tanpa alasan yang jelas, program yang digembar-gemborkan menjadi andalan rencana 100 hari kepemimpinan Patrialis itu tiba-tiba dimentahkan sendiri olehnya. Sebagai gantinya, Depkumham yang menginduki Dirjen Imigrasi bakal memangkas biaya bagi buruh migran yang mengajukan paspor baru.
’’Sebagai penyumbang devisa negara, mereka (TKI, Red) harus diprioritaskan, oleh karena itu negara memberikan subsidi pembiayaan,’’ kelitnya Patrialis dalam jumpa pers di kantornya, kemarin.
Uniknya, Menteri yang hanya menempuh pendidikan strata satu itu justru menilai capaian itu sudah maksimal dan menyatakan telah memasukkan pemangkasan biaya ini ke dalam program seratus hari departemennya. "Ini adalah salah satu program prioritas 100 hari," lanjutnya
Sekretaris Direktorat Jenderal Imigrasi Muhammad Indra menjelaskan, selama ini TKI dikenakan biaya Rp 125 ribu untuk mendapat paspor 24 halaman. Biaya tersebut terbagi menjadi ongkos cetak Rp 70 ribu dan biaya biometrik Rp 55 ribu. Nah, ke depan ongkos cetak itulah yang akan digratiskan pemerintah, sedangkan biaya biometrik tetap dibebankan pada pengaju paspor. "Jadi harga paspor TKI di seluruh Indonesia akan seragam yakni Rp 55 ribu," ujar dia.
Indra menargetkan pemangkasan biaya bisa mulai diberlakukan dalam waktu dua pekan ini. Saat ini, Peraturan Menteri tentang harga baru paspor TKI itu sedang dikerjakan. "Kami juga harus menulis surat ke Menteri Keuangan. Tapi proses seharusnya tidak lama, karena tidak perlu mengubah Peraturan Pemerintah," tutur Indra.
Dengan jumlah buruh migran baru hingga 700 ribu orang per tahun, pendapatan negara sekitar Rp 49 miliar akan hilang. Namun Indra berpendapat biaya itu tak sebanding dengan pendapatan negara bukan pajak departemen yang berkisar di angka Rp 1,3 triliun setahun. Ia menambahkan. Menurut dia, ini adalah langkah pemerintah untuk menghargai para pahlawan devisa tersebut. "Selain itu pemerintah tidak perlu keluarkan ongkos khusus, pencetakan paspor sudah dianggarkan tiap tahun."
Pemangkasan biaya ini akan berlaku hingga Departemen melansir e-passport, yang ditargetkan bisa diluncurkan di triwulan kedua tahun depan. Selain biaya paspor bagi buruh migran, Depkumham juga memperpendek masa pelayanan paspor. Dari sebelumnya maksimal tujuh hari kerja menjadi empat hari saja, jika semua persyaratan pengaju telah lengkap. Tapi di daerah yang lebih sepi, kata Indra, pelayanan bisa dilakukan lebih cepat lagi. "Di Sibolga atau Merauke misalnya, mungkin bisa satu hari."
Patrialis berjanji pemangkasan pembuatan paspor ini akan terus berjalan walaupun dia sudah tidak lagi menjabat. Dia berharap langkah ini akan memacu peningkatan kinerja dan efektifitas pengajuan paspor bagi warga Indonesia. "Program ini akan terus berlangsung dan akan didukung dengan perbaikan kinerja imigrasi," janjinya.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2009, 06:14 PM   #57
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

Dewan Diminta Tinjau Ulang Keberadaan Badan Penempatan TKI
Minggu, 22 November 2009

TEMPO Interaktif, Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat diminta mempertimbangkan keberadaan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) saat mengamandemen Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia.

"Dewan harus memikirkan lebih jauh perlu tidaknya insititusi khusus ini (BNP2TKI)," saran Analis Kebijakan Publik Migrant Care Wahyu Susilo ketika dihubungi, Ahad (22/11)

Dualisme dalam mengurus penempatan dan perlindungan tenaga kerja Indonesia ke luar negeri selama ini, lanjut Wahyu, karena Undang-Undang yang ambigu menetapkan wewenang antara Badan Nasional dan Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi.

Keberadaan Kepala Badan yang diangkat melalui keputusan presiden, Wahyu melanjutkan, bisa diatur dalam Undang-Undang 39 Tahun 2004. "Kalau Badan dianggap tidak mampu, bisa dihapus pasal tentang keberadaan Badan," ia menyarankan. Menurut Wahyu, Badan selama ini tidak menjalankan fungsi perlindungan.

Wahyu beralasan itu terlihat ketika ada masalah tenaga kerja Indonesia di luar kewenangannya, misalnya di Malaysia dan Arab Saudi. Badan Nasional, ujar Wahyu, merasa tidak bertanggung jawab. "Dengan alasan itu, dia (Badan Nasional) angkat tangan, yang terkena dampak tentunya TKI," lanjut Wahyu.

Wahyu menyatakan keberadaan badan nasional perlu dievaluasi dalam rencana revisi Undang-Undang 39 Tahun 2004 ini. Selain itu, Dewan diharapkan mempercepat ratifikasi konvensi buruh migran tahun 1990. "Ratifikasi penting bagi payung hukum di dunia internasional," ujar dia.

Anggota Komisi IX dari Fraksi Demokrasi Indonesia Perjuanan Rieke Dyah Pitaloka dalam rapat dengar pendapat dengan BNP2TKI, Kamis (19/11), mengaku tidak melihat perubahan yang signifikan perlindungan TKI semenjak keberadaan Badan dua tahun lalu.

Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia Jumhur Hidayat mengatakan kinerjanya terpotong karena hambatan UU dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi. "Posisi kami diambil, ketika kami mulai bekerja," ucap dia dalam kesempatan yang sama.

Mahkamah Agung pada Mei 2009 telah mengeluarkan putusan resmi bernomor 05/P/HUM/2009 terhadap uji materi Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. 22 Tahun 2008 tentang kewenangan Badan Nasional dalam mengirimkan tenaga kerja.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 22nd, 2009, 07:02 PM   #58
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

40.000 TKI Dijualbelikan



Tiga menteri menjemput TKI bermasalah di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Selasa (10/11).

MINGGU, 22 NOVEMBER 2009 | 05:35 WIB
SUKOHARJO, KOMPAS.com — Minimnya keterampilan tenaga kerja Indonesia menyebabkan mereka kerap mendapat masalah di negara asing tempat mereka bekerja. Setiap tahun, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI mencatat ada 40.000-50.0000 TKI yang mendapat masalah, seperti tidak digaji, dianiaya, atau PHK sepihak. Mereka terutama yang bekerja di negara-negara Timur Tengah.

Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, TKI itu dapat dikatakan diperdagangkan. Seharusnya mereka diberi pelatihan kerja, 200 jam untuk TKI ke Timur Tengah dan 400 jam untuk tujuan negara di Asia Pasifik. ”Yang terjadi, perekrutan TKI seperti perdagangan manusia, terutama yang ke Timur Tengah,” kata Jumhur di Universitas Muhammadiyah Surakarta, Sabtu (21/11).

Menurut Jumhur, banyak terjadi penyimpangan dalam perekrutan TKI ke Timur Tengah. Perusahaan jasa TKI (PJKTI) yang nakal tidak melatih TKI dan tidak memeriksa kesehatan TKI sehingga terjadi jual-beli sertifikat kesehatan. Keuntungan PJTKI nakal sekitar Rp 5 juta untuk setiap TKI.

Motivasi mencari keuntungan lebih ini, menurut Jumhur, didukung Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 15, 16, 17, dan 18 Tahun 2009. Sebenarnya peraturan serupa, yakni Permenakertrans No 22/2008, telah dihapus dengan dikabulkanya uji materi oleh Mahkamah Agung. Namun, kemudian dibuat peraturan baru yang identik dengan Permenakertrans No 22/2008 itu.

”Menteri yang baru sekarang jika tidak ingin dituduh melakukan perdagangan manusia harus menghapus Permenakertrans itu. Pak Muhaimin Iskandar mudah-mudahan konsisten dengan komitmennya akan menghapus Permenakertrans 15, 16, 17, dan 18 dalam 100 hari pertama program kerjanya,” kata Jumhur.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 25th, 2009, 05:36 PM   #59
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

200 TKI Ditambahi Tugas Jadi Duta Wisata
RABU, 25 NOVEMBER 2009




Tari-tarian asal NTB

MATARAM, KOMPAS.com - Menakertrans Muhaimin Iskandar melepas 200 TKI asal Nusa Tenggara Barat (NTB) sebagai duta wisata ke Malaysia. Pelepasan calon TKI sekaligus sebagai duta wisata tersebut dirangkaikan dengan pembukaan beberapa kegiatan Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) di Mataram yang dihadiri Gubernur NTB KH.M. Zainul Majdi di Mataram, Rabu.

Menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB M. Agus Patri para TKI akan bekerja di Malasia selama dua tahun sekaligus sebagai duta wisata untuk melakukan promosi pariwisata. Untuk 2009 terdapat sekitar 30 TKI yang diberangkatkan ke Malaysia untuk bekerja baik di perkebunan kelapa sawit, sopir maupun pertukangan dan mereka rata-rata berhasil.

"Minat masyarakat NTB untuk bekerja ke luar negeri cukup tinggi sehingga NTB menjadi daerah terbesar kedua setelah Jawa Timur dalam pengiriman TKI ke berbagai negara terutama Malaysia," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Drs Lalu Gita Ariadi mengatakan para tersebut TKI menjadi duta wisata bukan berarti hanya bekerja mempromosikan NTB selama berada di luar negeri.

Menurut dia, duta wisata ialah selama berada di luar negeri, para TKI tersebut dapat bercerita kepada siapa saja terutama penduduk setempat tentang NTB yang dengan berbagai obyek wisata. Selain itu, selama berada di luar negeri, TKI harus memberi contoh dengan bertingkah laku baik, rajin, dan jujur dalam bekerja serta tidak membuat onar sehingga banyak wisatawan akan berkunjung ke NTB.

Selama 2009 NTB menargetkan kunjungan sekitar 400.000 wisatawan, sementara sejuta kunjungan wisatawan ditargetkan pada 2012. Ia mengatakan target tersebut pasti akan tercapai karena NTB berada pada segi tiga emas yakni sebelah barat Pulau Bali, sebelah timur Pulau Komodo, NTT dan sebelah selatan Tana Toraja, Sulawesi Selatan.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Old November 25th, 2009, 05:38 PM   #60
Ocean One
Live On The Ocean
 
Ocean One's Avatar
 
Join Date: Oct 2009
Location: Stuttgart, Jakarta, Makassar n Palopo
Posts: 9,657
Likes (Received): 428

Banyak Masalah, Indonesia Tarik 461 TKI dari Kuwait
RABU, 25 NOVEMBER 2009



MATARAM, KOMPAS.com — Pemerintah Indonesia akan segera memulangkan sebanyak 461 TKI yang kini bekerja di Kuwait karena berbagai permasalahan.

"Dari jumlah tersebut baru sekitar 60 orang yang sudah dipulangkan, selebihnya sedang dalam persiapan," kata Humas Depnakertrans Subhan kepada wartawan di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu (25/11).

Di sela kesibukan menghadiri pembukaan program Gerakan Penanggulangan Pengangguran (GPP) oleh Menakertrans Muhaimin Iskandar, dia menjelaskan, Pemerintah Indonesia tidak akan mengirim calon TKI ke Kuwait hingga berbagai permasalahan TKI selesai.

Berbagai permasalahan yang dihadapi TKI di Kuwait, antara lain pembayaran gaji yang rendah, asuransi tidak terbayar, pekerjaan yang tanpa batas, dan masalah kekerasan.

"Minat masyarakat Indonesia untuk bekerja di Kuwait, termasuk di Arab Saudi, sangat besar, lebih dari 40.000 orang per bulan sehingga bagaimanapun permasalahan TKI di negara tersebut harus secepatnya diselesaikan," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB Agus Patria mengatakan, dari sekitar 4.610 TKI yang akan dipulangkan dari Kuwait, tidak ada yang dari NTB. "Para TKI yang dideportasi dari Kuwait tersebut kebanyakan berasal dari Jawa, tetapi kami akan terus memantau kemungkinan ada dari NTB," katanya.
Ocean One no está en línea   Reply With Quote
Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 06:28 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu