daily menu » rate the banner | guess the city | one on oneforums map | privacy policy (aug.2, 2013) | DMCA policy | flipboard magazine

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Skybazaar of Indonesia > Archive

Reply
 
Thread Tools
Old October 11th, 2009, 11:13 AM   #61
Kris18
Registered User
 
Kris18's Avatar
 
Join Date: Dec 2008
Posts: 3,835
Likes (Received): 41

Quote:
Originally Posted by rilham2new View Post
RiauPos kapan ??? Aku baru dengar juga, nih

=====================

Ini ada intermezzo dari KOMPAS ..di LINK KOMPAS ada gambarnya juga
http://www.kompas.com/read/xml/2009/...ngamuk.apa.itu


"Laksamana Mengamuk", Apa Itu?

Inggried Dwi W

Warung yang menjual berbagai macam minuman khas Riau, gerainya dibuka di sebuah mobil. Biasanya, warung ini mangkal di kawasan Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Riau. Nah, salah satu yang menarik adalah minuman "Laksamana Mengamuk".


Jumat, 9 Oktober 2009 | 13:24 WIB
Laporan wartawan KOMPAS.com
Inggried Dwi Wedhaswary

Sungguhlah indah bunga di taman

Jika dipetik dara nan ayu

Jangan sembarangan mencoba minuman

Inilah minuman khas Tanah Melayu




KOMPAS.com — Terkadang, tak hanya rasa yang menjadi daya tarik makanan atau minuman untuk dicoba. Nama yang unik pun seringkali membuat indera perasa ikut tergelitik, sekadar untuk merasa. Begitu pula ketika membaca tulisan "Laksamana Mengamuk" terpampang pada sebuah spanduk yang menutupi mobil Carry hitam,di Jalan Cut Nyak Dien, Pekanbaru, Riau. Siapa yang mengamuk?

"Mau coba?" kata Haji Nastra, pemilik "warung berjalan" itu.

Ternyata, "Laksamana Mengamuk" nama yang ditabalkan pada minuman bersantan yang di dalamnya berisi buah kuini cincang. Konon, menurut Haji Nastra, minuman itu khas Riau. Lalu, bagaimana asal-muasal namanya? Hmm, ternyata, riwayat ceritanya menarik juga...

"Zaman dulu, masa penjajahan, ada seorang raja yang sedang mengupas kuini dengan pisau di tangannya. Mereka duduk-duduk di halaman istana. Tiba-tiba ada tentara Belanda lewat. Raja itu geram, dia cincang-cincang itu kuini, jatuhlah ke santan. Terus dia coba, iiihhhh...sedap juga. Jadilah Laksamana Mengamuk," kisah Haji Nastra panjang lebar. Dengan logat Melayu yang cukup kental, cerita yang dipaparkannya cukup meyakinkan dan sedikit menggelikan.

Terlepas dari benar atau tidak alkisah itu, dari sisi nama kreatif juga yang menabalkannya. Segelas Laksamana Mengamuk seharga Rp 7.000 sudah tersedia. Aaaahhh...segar juga! Cukup melegakan tenggorokan di tengah teriknya cuaca Pekanbaru. Penasaran? Jika bertandang ke Bumi Melayu Lancang Kuning, mampirlah ke kawasan Cut Nyak Dien yang terletak di kompleks Kantor Gubernur Provinsi Riau.

Selain Laksamana Mengamuk, Anda juga bisa mencoba aneka minuman lain yang nama-namanya juga menarik. Misalnya Putri Indragiri dan Roti Jala Es Kuah Durian.

Kolding Durian

Bertandang ke Riau, katanya tak lengkap kalau tak mencicip durian. Sayangnya, keterbatasan waktu tak memungkinkan untuk menikmati waktu panjang di Pondok Durian. Menurut kisah seorang sopir taksi, durian di sana rasanya "oke" punya.

Daripada kecewa, merasakan makanan yang beraroma dan ada unsur duriannya, boleh juga dicoba. Masih di kawasan Cut Nyak Dien, kita juga akan menjumpai beberapa mobil menjual makanan dan minuman khas Riau. Seorang teman menyarankan agar mencicipi Kolding Durian alias Kolak Dingin Durian.

Isi kolaknya macam-macam lo, ada ketan (atau kata orang Sumatera "pulut"), pisang, kacang hijau, dan merah delima. Nah, di mana duriannya? Campuran kolak itu masih dicampur lagi dengan saus durian. Saus durian ini, menurut sang penjual, campuran daging durian dengan susu. Rasanya? Lamak nian, kata orang Melayu. Meski santan begitu kental terasa, tapi tetap segar karena ada campuran esnya.

"Kalau enggak pakai es, enggak segar," kata Eddy, penjual yang mangkal di depan Kantor Badan Kepegawaian Daerah Riau.

Satu porsinya murah saja, Rp 7.000! Daripada hanya membayangkan lamaknya saja, mending dicoba, siapa tahu ada kesempatan bertandang ke Pekanbaru. Selamat mencoba!!

Riaupos edisi 2 minggu lalu . Duh, sayang gak aku bookmarks nih... padahal lengkap gitu penjelasannya .


Oya Es laksamana mengamuknya udah kucoba dulu waktu liburan di Pekanbaru, bang Ilham dan Sejar udah coba?

Oya satu lagi, bapak yang jualan es laksamana mengamuk itu juga jual Roti jala, nih Es Roti Jala rasa durian oleh-oleh ku waktu beli dari si bapak itu


image hosted on flickr


Selamat mencicipi....
__________________


mari lanjutkan pembangunan !
Kris18 no está en línea   Reply With Quote

Sponsored Links
 
Old October 11th, 2009, 12:16 PM   #62
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Quote:
Originally Posted by sejar View Post
di Jalan cuk nyak dien sampai belakang kantor gubernur memang banyay yg jual minuman pakai mobil, yg paling banyak dijual yaitu kolding, alias kolak dingin..
Itu sejak kapan ya ??? Aku jarang ke sana soalnya, kalau siang2 ada, gak ????

Yang aku ingat pernah aku beli dari situ, ada resto yang jual dendeng ... hihihi. Kurang tahu, aku kalau ada laksamana mengamuknya .... Berarti a-must-visit kalau aku ke PKU lagi suatu hari nanti
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 11th, 2009, 12:18 PM   #63
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Quote:
Originally Posted by Kris18 View Post
Riaupos edisi 2 minggu lalu . Duh, sayang gak aku bookmarks nih... padahal lengkap gitu penjelasannya .


Oya Es laksamana mengamuknya udah kucoba dulu waktu liburan di Pekanbaru, bang Ilham dan Sejar udah coba?

Oya satu lagi, bapak yang jualan es laksamana mengamuk itu juga jual Roti jala, nih Es Roti Jala rasa durian oleh-oleh ku waktu beli dari si bapak itu


image hosted on flickr


Selamat mencicipi....
Kalau laksamana mengamuk aku sama sekali belum pernah coba.... tapi kalau roti jala yang pakai kuah durian (tapi gak pakai es) udah pernah merasakan di beberapa tempat.... di Pekanbaru .. Warnanya kayak coklat gula merah gitu
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 11th, 2009, 03:06 PM   #64
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0

klau aq blm prnah cba mnuman itu, pngen cba dr dlu, tp jrang ktemuny tu mnuman, hrus d niatin crinya. Yg jual itu kmrn aq lihat emg siang jualanny, klau mlm ga tau ada atau ga.
sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 11th, 2009, 08:35 PM   #65
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Katanya sih, di Pujasera2 gitu ada yang jual ...
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 13th, 2009, 07:43 AM   #66
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0

Foto Pekanbaru, dari berbagai sumber :

skyline :








sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 13th, 2009, 10:03 AM   #67
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0

ruang tunggu SSQ II:


Taman simpang sudirman-arifin ahmad :
sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 14th, 2009, 06:07 AM   #68
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Kerennnn ....
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 14th, 2009, 04:24 PM   #69
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0

Thanks ham...
aq ada beberapa gambar lagi ni hasil pulang pas lebaran kemarin..

Jalam Sutomo, dekat gedung Pebpi..


Hotel Indrapura.
sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 14th, 2009, 04:28 PM   #70
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0

Salah satu jalan di sukajadi.


Jalan Durian.
sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 15th, 2009, 02:02 AM   #71
Andhy2
Registered User
 
Andhy2's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Makassar Great Expectation
Posts: 498
Likes (Received): 1

Setelah 12 tahun, akhirnya menginjakkan kaki di Pekanbaru lagi. klo dulu cuma numpang lewat aja, kali ini liburan di rumah kk.

Mal SKA, mirip dengan MaRI (Mal Ratu Indah) di Makassar, punyanya Kalla Group


Gubernuran


TransMetro Pekanbaru pas lagi berhenti di lampu merah depan Gubernuran




Masjid Agung An-Nur, beberapa kali tarwih di sini. sayang atapnya ada yg bocor


Ini yang minta sumbangan gempa, dekat hotel imperial tempat sebagian besar pendukung surya paloh nginap. keliatan bus pendukung surya paloh


Sebelum pulang ke Makassar, jalan2 ke pasar buah beli oleh2 coklat
Andhy2 no está en línea   Reply With Quote
Old October 15th, 2009, 02:06 AM   #72
Andhy2
Registered User
 
Andhy2's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Makassar Great Expectation
Posts: 498
Likes (Received): 1

Eka Hospital di Jl. Soekarno Hatta, rumah sakitnya bersih, mewah, peralatannya baru semua


Banyak yang ngira klo ini foto lobi hotel.


Koridor di Lantai 3. Kamar VIP, free wifi
Andhy2 no está en línea   Reply With Quote
Old October 15th, 2009, 10:06 AM   #73
aboy_wew
Registered User
 
aboy_wew's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: palembang-pekanbaru
Posts: 2,254
Likes (Received): 128

keren tuh rumah sakit..dan awal bros bakaln lebih besar lagi kyk ny..hehe,,

aq juga pernah ke RSUD bgunan yg baru..dalem ny juga keren,,kyk rs swasta..hehe,,kamar ny bgus2...dan bukan kyk suasana rumah skit deh,,
aboy_wew no está en línea   Reply With Quote
Old October 15th, 2009, 10:26 AM   #74
aboy_wew
Registered User
 
aboy_wew's Avatar
 
Join Date: Aug 2009
Location: palembang-pekanbaru
Posts: 2,254
Likes (Received): 128



suasana di kala mendung..serasa bukan di indonesia,,hehehe
aboy_wew no está en línea   Reply With Quote
Old October 16th, 2009, 02:52 PM   #75
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0


Gambarnya kereen..

Ni ada foto pekanbaru yg aku ambil dari blog antono gallery photo.



sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 16th, 2009, 05:39 PM   #76
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Quote:
Originally Posted by sejar View Post
Thanks ham...
aq ada beberapa gambar lagi ni hasil pulang pas lebaran kemarin..

Jalam Sutomo, dekat gedung Pebpi..


Hotel Indrapura.
Itu kawasan mana, ya ??? Yang ada hotel Indrapura nya ??? Aku kok kayak gak pernah lihat ...
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 16th, 2009, 05:57 PM   #77
sejar
me..
 
sejar's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Pekanbaru, Bandung
Posts: 637
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by rilham2new View Post
Itu kawasan mana, ya ??? Yang ada hotel Indrapura nya ??? Aku kok kayak gak pernah lihat ...
Itu di jalan Dr. Sutomo..arah ke sungai siak dari SMP 4. Dekat dengan RS Petala bumi...
sejar no está en línea   Reply With Quote
Old October 17th, 2009, 03:43 AM   #78
mouRINHO
i'm samarinda lover
 
mouRINHO's Avatar
 
Join Date: Nov 2007
Location: samarinda and berau
Posts: 2,711
Likes (Received): 324

waw...pekanbaru mantab!!! btw, jmlh penduduk pekanbaru brpa ya?

bangunan gubernuran ma perpustakaan nya keren dan futuristik, jrg ada bngunan spt itu di indonesia, bhkan di jakarta sekalipun....

mudahan gw bisa ke pekanbaru pas PON 2012 nanti ya... kemarin pas PON 2008 di samarinda, gw smpat pny beberpa kenalan dari pekanbaru, rata2 mereka jg baru kali pertama ke kalimantan, utamanya samarinda.... klo diliat dr pic di sini, smd msh jauh dr pekanbaru.....
mouRINHO no está en línea   Reply With Quote
Old October 17th, 2009, 04:10 AM   #79
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Quote:
Originally Posted by aboy_wew View Post
keren tuh rumah sakit..dan awal bros bakaln lebih besar lagi kyk ny..hehe,,

aq juga pernah ke RSUD bgunan yg baru..dalem ny juga keren,,kyk rs swasta..hehe,,kamar ny bgus2...dan bukan kyk suasana rumah skit deh,,
Itu RS Eka Internasional memang bagus banget ..... Di Tangerang Selatan juga ada, tuh ... di kawasan BSD City... RS itu punya Sinar Mas Group. Siap baru tahun 2009, kan ???


Kalau bicara mewah, ya RSUD Arifin Ahmad yang bangunan 6 tingkat yang baru jadi tahun 2006 itu juga agak keren dalamnya (kayak RS Swasta ) ... Awalbros sebenarnya keren juga, kok hehehe .....
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Old October 17th, 2009, 04:15 AM   #80
rilham2new
Obsolete User
 
Join Date: Oct 2006
Location: Jakarta, Pekanbaru, Tangerang
Posts: 29,591
Likes (Received): 377

Quote:
Originally Posted by mouRINHO View Post
waw...pekanbaru mantab!!! btw, jmlh penduduk pekanbaru brpa ya?

bangunan gubernuran ma perpustakaan nya keren dan futuristik, jrg ada bngunan spt itu di indonesia, bhkan di jakarta sekalipun....

mudahan gw bisa ke pekanbaru pas PON 2012 nanti ya... kemarin pas PON 2008 di samarinda, gw smpat pny beberpa kenalan dari pekanbaru, rata2 mereka jg baru kali pertama ke kalimantan, utamanya samarinda.... klo diliat dr pic di sini, smd msh jauh dr pekanbaru.....
Tahun 2005 (data resmi BPS), adalah 717 ribu jiwa.
Tahun 2009 (kalau baca dari RIAUPOS), sektiar 780 ribu jiwa .. Tambah sama kawasan Pemukiman di luar garis perbatasan Kota Pekanbaru -- KEcamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar (sekitar 12 km dari Pusat Kota) mungkin sekitar 820 ribu-an kali ya ... Itu juga udah Overestimate banget, kurasa mungkin angka under-estimate nya sekitar 800 ribu kali ya ... Soalnya, aku kurang yakin berapa penduduk kawasan Perumahan Dutamas sama Pandau Permai (perumahan paling populer dan terbesar di kawasan sekitaran Pekanbaru)
__________________
"2 + 2 = 5". By George Orwell
rilham2new no está en línea   Reply With Quote
Reply

Tags
indonesia, melayu, pekanbaru, riau

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 11:25 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.8 Beta 1
Copyright ©2000 - 2014, vBulletin Solutions, Inc.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like v3.2.5 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

vBulletin Optimisation provided by vB Optimise (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2014 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us | privacy policy | DMCA policy

Hosted by Blacksun, dedicated to this site too!
Forum server management by DaiTengu