SOLO RAYA | Railway and Station - SkyscraperCity
 

forums map | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Railway and Station


Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old October 9th, 2013, 02:15 PM   #1
atmada
Registered User
 
Join Date: Jan 2008
Posts: 6,449

SOLO RAYA | Railway and Station

Thread untuk berbagai foto, berita, dan info pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur berbasis rel di wilayah administratif Solo Raya (Subosukawonosraten).


KERETA WISATA JALADARA
Quote:
[IMG]http://i44.************/25fq06p.jpg[/IMG]
credit: adpro.indonesia

[IMG]http://i40.************/2f0alp0.jpg[/IMG]
credit: adpro.indonesia

[IMG]http://i43.************/2rwrc5c.jpg[/IMG]
credit: Taqobalallah Rdo
RAILBUS SOLO
Quote:
[IMG]http://i40.************/14ugs39.jpg[/IMG]
credit: cahyo ginak ginuk


credit: adpro.indonesia

__________________
Why can't people just think? (Sherlock)

Shaggy_Solo liked this post

Last edited by atmada; October 9th, 2013 at 05:53 PM.
atmada no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old October 9th, 2013, 02:18 PM   #2
atmada
Registered User
 
Join Date: Jan 2008
Posts: 6,449

Saat ini ada empat buah stasiun di wilayah Kota Solo yang semuanya masih aktif melayani perjalanan kereta api.

STASIUN BALAPAN (SLO +93m)
PURWOSARI +98M
JEBRES +97
Quote:
[IMG]http://i42.************/prmmt.jpg[/IMG]
credit: adpro.indonesia
SOLO-KOTA (SANGKRAH) +85M
Quote:
__________________
Why can't people just think? (Sherlock)

You_soap liked this post

Last edited by atmada; October 9th, 2013 at 03:19 PM.
atmada no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 02:33 PM   #3
Ampelio
...is the art of space
 
Ampelio's Avatar
 
Join Date: Aug 2007
Location: Antapani City
Posts: 8,783
Likes (Received): 3459

Tahun berdiri dan sejarah 4 (empat) Stasiun KA di Solo :



Uploaded with ImageShack.us
__________________
EVERYDAY URBANISM

atmada, You_soap, Shaggy_Solo liked this post
Ampelio no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old October 9th, 2013, 02:59 PM   #4
adir
Registered User
 
adir's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: mwh
Posts: 1,620
Likes (Received): 209

Demen banget liat ralway solo ditengah kota, keren
__________________

atmada liked this post
adir no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 03:06 PM   #5
matarmaja
Public Transport User
 
matarmaja's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Location: Depok
Posts: 180
Likes (Received): 31

Solo Kota bukannya gak aktif sementara ya sejak Railbus atau Feeder udah gak jalan #CMIIW
matarmaja no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 03:14 PM   #6
M.I.A.N
@irfanady
 
M.I.A.N's Avatar
 
Join Date: Oct 2010
Location: Korea-Japan
Posts: 3,573
Likes (Received): 455

masih kok mas. Kan untuk Kereta Uap Jaladara juga
M.I.A.N no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 03:20 PM   #7
sayaka
Beryl
 
sayaka's Avatar
 
Join Date: Aug 2008
Posts: 1,951
Likes (Received): 62

di antara 4 stasiun (purwosari,balapan,jebres,solo kota), cuma belum pernah ke solo kota aja. posisinya dimana sih (ancer2)

ohya dulu digunakan unt apa aja yah...
__________________
Building isn't my soul, Beauty is.... :-*
sayaka no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 03:23 PM   #8
matarmaja
Public Transport User
 
matarmaja's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Location: Depok
Posts: 180
Likes (Received): 31

Quote:
Originally Posted by M.I.A.N View Post
masih kok mas. Kan untuk Kereta Uap Jaladara juga
oh iya saya lupa kalo Jaladara udah jalan lagi
matarmaja no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 03:25 PM   #9
You_soap
All Izz Well
 
You_soap's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Solo - Jakarta - Tangerang Selatan
Posts: 3,570
Likes (Received): 953

Daftar Stasiun di Solo Raya


1. Jalur Kutoarjo-Purwosari

Kabupaten Klaten

Stasiun Brambanan | BBN | +146 | Kecamatan Prambanan
Stasiun Srowot | SWT | +152 | Kecamatan Jogonalan
Stasiun Klaten | KT | +151 | Kecamatan Klaten Tengah
Stasiun Ceper | CE | +133 | Kecamatan Ceper
Stasiun Delanggu | DL | +133 | Kecamatan Delanggu

Kabupaten Sukoharjo

Stasiun Gawok | GW | +118 | Kecamatan Gatak

Kota Solo

Stasiun Purwosari | PWS | +98 | Kecamatan Laweyan


2. Jalur Purwosari-Wonogiri

Kota Solo

Stasiun Purwosari | PWS | +98 | Kecamatan Laweyan
Stasiun Solokota | STA | +85 | Kecamatan Pasar Kliwon

Kabupaten Sukoharjo

Stasiun Sukoharjo | SKH | +98 | Kecamatan Sukoharjo
Stasiun Pasarnguter | PNT | +105 | Kecamatan Nguter

Kabupaten Wonogiri

Stasiun Wonogiri | WNG | +144 | Kecamatan Wonogiri


3. Jalur Purwosari-Solobalapan

Kota Solo

Stasiun Purwosari | PWS | +98 | Kecamatan Laweyan
Stasiun Solobalapan | SLO | +93 | Kecamatan Banjarsari


4. Jalur Solobalapan-Gundih

Kota Solo

Stasiun Solobalapan | SLO | +93 | Kecamatan Banjarsari

Kabupaten Karanganyar

Stasiun Kalioso | KO | +117 | Kecamatan Gondangrejo

Kabupaten Sragen

Stasiun Salem | SLM | +146 | Kecamatan Gemolong
Stasiun Sumberlawang | SUM | +126 | Kecamatan Sumberlawang


5. Jalur Solobalapan-Kertosono

Kota Solo

Stasiun Solobalapan | SLO | +93 | Kecamatan Banjarsari
Stasiun Solojebres | SK | +97 | Kecamatan Jebres

Kabupaten Karanganyar

Stasiun Palur | PL | +93 | Kecamatan Jaten
Stasiun Kemiri | KMR | +98 | Kecamatan Kebakramat

Kabupaten Sragen

Stasiun Masaran | MSR | +93 | Kecamatan Masaran
Stasiun Sragen |SRG | +86 | Kecamatan Sragen
Stasiun Kebonromo | KRO | +84 | Kecamatan Ngrampal
Stasiun Kedungbanteng | KDB | +85 | Kecamatan Gondang


6. Jalur Brumbung-Gundih

Kabupaten Boyolali

Stasiun Telawa | TW | +63 | Kecamatan Juwangi


Jumlah Stasiun Aktif

Kabupaten Klaten 5
Kabupaten Boyolali 1
Kabupaten Sragen 6
Kabupaten Karanganyar 3
Kabupaten Sukoharjo 3
Kabupaten Wonogiri 1
Kota Solo 4
Total ada 23 stasiun aktif di Solo Raya, semuanya masuk wilayah Daop VI Yogyakarta kecuali Stasiun Telawa yang masuk Daop IV Semarang.

Sumber: Wikipedia dan pengalaman pribadi
__________________
Your comments show your personality

Last edited by You_soap; October 11th, 2013 at 04:48 AM.
You_soap no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 03:40 PM   #10
atmada
Registered User
 
Join Date: Jan 2008
Posts: 6,449

Pengembangan di masa depan: Rel Kereta Kota-Bandara
Quote:

credit: Shaggy Solo
Elektrifikasi KA Solo-Kutoarjo Mulai Tahun Depan
Quote:
SOLO (KRjogja.com) - Tahun depan pemerintah akan melakukan elektrifikasi Kereta Api Solo-Yogyakarta-Kutoarjo. Program elektrifikasi mempunyai kelebihan ramah lingkutan.

"Kami sudah menganggarkan elektrifikasi. Sekarang masih dalam pembicaraan dengan DPR. Tahun depan diharapkan sudah bisa dikerjakan," jelas Dr Ir Bambang Susantono MSCE MCP, Wakil Menteri Perhubungan kepada wartawan di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (8/10).

Menurutnya, tahun depan melakukan penambahan anggaran sekitar Rp 10 triliun. Anggaran itu untuk menyelesaikan ruas jalur ganda yang belum rampung di lintas Utara maupun selatan. Disamping menghidupkan Kereta Api antar perkotaan maupun menghidupkan kembali rel yang telah mati. "Jadi ada upaya reaktivasi di beberapa tempat." tambahnya.
Sumber: http://krjogja.com/read/189701/elekt...tahun-depan.kr
__________________
Why can't people just think? (Sherlock)

Last edited by atmada; October 9th, 2013 at 03:45 PM.
atmada no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 04:03 PM   #11
dihatimu
Registered User
 
dihatimu's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: the world city of batik&spirit of java city
Posts: 3,529
Likes (Received): 961

Quote:
Originally Posted by atmada View Post
Saat ini ada empat buah stasiun di wilayah Kota Solo yang semuanya masih aktif melayani perjalanan kereta api.

STASIUN BALAPAN (SLO +93m)


PURWOSARI +98M


JEBRES +97


SOLO-KOTA (SANGKRAH) +85M
Maanntaabb potonya ....btw kota sekelas solo ternyata mempunyai 4 stasiun yg modern&klasik seperti ini...dari ke 4 ini gw paling suka ama stasiun jebres....terlihat elegan..
__________________
Hatiku untukmu&Hanyalah untukmu....
dihatimu no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 04:16 PM   #12
atmada
Registered User
 
Join Date: Jan 2008
Posts: 6,449

Quote:
Originally Posted by sayaka View Post
di antara 4 stasiun (purwosari,balapan,jebres,solo kota), cuma belum pernah ke solo kota aja. posisinya dimana sih (ancer2)
Welcome back mbak Sayaka! ..ancer-ancer Stasiun Sangkrah bisa dilihat dari peta berikut:
[IMG]http://i39.************/mw9qib.jpg[/IMG]
__________________
Why can't people just think? (Sherlock)
atmada no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 04:25 PM   #13
You_soap
All Izz Well
 
You_soap's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Solo - Jakarta - Tangerang Selatan
Posts: 3,570
Likes (Received): 953

Itu depan PGS keliru tertulis Jalan Kapten Mulyadi, harusnya Jl Mayor Sunaryo
__________________
Your comments show your personality
You_soap no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 05:04 PM   #14
Shaggy_Solo
I am Solo
 
Shaggy_Solo's Avatar
 
Join Date: Sep 2009
Location: Solo City - Sumatera Regional
Posts: 13,555
Likes (Received): 2390

Quote:
Originally Posted by Ampelio View Post
Tahun berdiri dan sejarah 4 (empat) Stasiun KA di Solo :



Uploaded with ImageShack.us
Baru tahu ada gambar peta ini. Pecahan rel di SLO (Stasiun Solobalapan) yang ke arah Purwodadi (naik) dan ke SRG - Sragen (lurus) itu kalau dilihat di lokasi membentuk "Jalur X" lho.. Pernah lihat fotonya di temen.
__________________
.
Make Love, Don't Fight

Banggalah dengan apa yang anda Miliki, bukan apa yang anda Mimpikan.
Bersyukur itu saat ini, Bukan nanti | Matur Nuwun
Shaggy_Solo no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 05:38 PM   #15
adpro.indonesia
rumongso
 
adpro.indonesia's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: after earth
Posts: 2,378
Likes (Received): 867



OPERASIONAL RAILBUS
Akhir Tahun, Wamenhub Pastikan Railbus Beroperasi



Quote:
Akhir Tahun, Wamenhub Pastikan Railbus Beroperasi

Selasa, 8 Oktober 2013 21:06 WIB | Fajar Tulus Widiantoro | Solopos

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub) Bambang Susantono menargetkan Railbus Batara Kresna dapat beroperasi kembali pada akhir tahun ini.

Program moda transportasi peninggalan Joko Widodo tersebut hingga kini terhenti lantaran di bagian komponennya rusak, serta terganjal regulasi pengoperasionalan dari PT. Kereta Api Indonesia (KAI).

“Sekarang railbus sedang diperbaiki, ada beberapa komponen teknis yang mengalami kerusakan. Secepat mungkin railbus akan diopereasikan kembali, targetnya akhir tahun ini. Masak kita mau menunggu terus,” jelasnya kepada wartawan di Gedung III lantai II Fakultas Teknik Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Selasa (8/10/2013).

Ia mengatakan persoalan rusaknya railbus Batara Kresna sama halnya yang terjadi pada railbus di Palembang. Pihaknya juga sedang membenahi komponen teknis dan desain railbus-nya.

“Di Palembang juga belum bisa dijalankan. Permasalahannya sama dengan yang di Solo. Kami sedang mengkaji ulang railbus di sana,” ujarnya.

Terkait kebijakan subsidi tarif Railbus, dia menjelaskan, dana subsidi akan digelontorkan jika memang ada suatu kebutuhan. Tidak hanya Solo, pengajuan subsidi mengenai tarif railbus merupakan perpaduan dari beberapa kabupaten terkait seperti Kabupaten Sukoharjo dan Wonogiri. Setelah itu, nilai subsidi baru bisa ditentukan dari perhitungan ongkos produksi teknis railbus dan berapa ongkos subsidi yang mesti diberikan.

“Selain itu, permasalahan tarif ini menyangkut operasional railbus. Operasional itu berkaitan dengan PT. KAI dan berhubungan langsung dengan pemerintah pusat. Dan kami bisa menganggarkan besaran subsidinya namun PT. KAI harus segera memberikan berapa usulan tarifnya. Untuk itu harus segera ada koordinasi,” paparnya.

Ia mengatakan tidak menutup kemungkinan Kemenhub memberikan subsidi tarif railbus. Kondisi pemberian subsidi tarif railbus diidentikkan dengan kereta api komuter di Jabodetabek yang kini telah berjalan dan mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Di sisi lain, pihak kementerian telah menargetkan pembangunan infrastruktur Jogja dan Solo di 2014. Infrastrurktur tersebut meliputi rel, sinyal dan sistem eletrisasi yang lebih ramah lingkungan.

“Total anggaran dari Dirjen Perhubungan mengusulkan dana Rp10 trilyun pada 2014 mendatang. Termasuk untuk pembangunan infrastruktur elektrisasi Jogja, Solo dan Kutoarjo,” paparnya.

Kepala Dinas Perhubungan, Komuniasi dan Informatika (Dishubkominfo) Solo, Yosca Herman Sudrajat mengaku tidak bisa menanggapi mengenai persoalah yang melilit railbus. Karena, hal tersebut sudah menjadi wewenang PT. KAI dengan pemerintah pusat.
__________________
selamat menikmati, terima kasih
adpro.indonesia no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 08:35 PM   #16
matarmaja
Public Transport User
 
matarmaja's Avatar
 
Join Date: Oct 2013
Location: Depok
Posts: 180
Likes (Received): 31

baguslah kalo pusat ngasih subsidi
selama ini KAI sama Pemkot Solo kan ribut mulu soal tarif railbus
matarmaja no está en línea   Reply With Quote
Old October 9th, 2013, 08:40 PM   #17
adpro.indonesia
rumongso
 
adpro.indonesia's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: after earth
Posts: 2,378
Likes (Received): 867

Quote:
Originally Posted by You_soap View Post
Daftar Stasiun di Solo Raya


1. Jalur Kutoarjo-Purwosari

Kabupaten Klaten

Stasiun Brambanan | BBN | +146 | Kecamatan Prambanan
Stasiun Srowot | SWT | +152 | Kecamatan Jogonalan
Stasiun Klaten | KT | +151 | Kecamatan Klaten Tengah
Stasiun Ceper | CE | +133 | Kecamatan Ceper
Stasiun Delanggu | DL | +133 | Kecamatan Delanggu

Kabupaten Sukoharjo

Stasiun Gawok | GW | +118 | Kecamatan Gatak

Kota Solo

Stasiun Purwosari | PWS | +98 | Kecamatan Laweyan


2. Jalur Purwosari-Wonogiri

Kota Solo

Stasiun Purwosari | PWS | +98 | Kecamatan Laweyan
Stasiun Solokota | STA | +85 | Kecamatan Pasar Kliwon

Kabupaten Sukoharjo

Stasiun Sukoharjo | SKH | | Kecamatan Sukoharjo
Stasiun Pasarnguter | PNT | | Kecamatan Nguter

Kabupaten Wonogiri

Stasiun Wonogiri | WNG | +144 | Kecamatan Wonogiri


3. Jalur Purwosari-Solobalapan

Kota Solo

Stasiun Purwosari | PWS | +98 | Kecamatan Laweyan
Stasiun Solobalapan | SLO | +93 | Kecamatan Banjarsari


4. Jalur Solobalapan-Gundih

Kota Solo

Stasiun Solobalapan | SLO | +93 | Kecamatan Banjarsari

Kabupaten Karanganyar

Stasiun Kalioso | KO | +117 | Kecamatan Gondangrejo

Kabupaten Sragen

Stasiun Salem | SLM | +146 | Kecamatan Gemolong
Stasiun Sumberlawang | SUM | +126 | Kecamatan Sumberlawang


5. Jalur Solobalapan-Kertosono

Kota Solo

Stasiun Solobalapan | SLO | +93 | Kecamatan Banjarsari
Stasiun Solojebres | SK | +97 | Kecamatan Jebres

Kabupaten Karanganyar

Stasiun Palur | PL | +96 | Kecamatan Jaten
Stasiun Kemiri | KMR | +98 | Kecamatan Kebakramat

Kabupaten Sragen

Stasiun Masaran | MSR | +93 | Kecamatan Masaran
Stasiun Sragen |SRG | +86 | Kecamatan Sragen
Stasiun Kebonromo | KRO | +84 | Kecamatan Ngrampal
Stasiun Kedungbanteng | KDB | +85 | Kecamatan Gondang


6. Jalur Brumbung-Gundih

Kabupaten Boyolali

Stasiun Telawa | TW | +63 | Kecamatan Juwangi


Jumlah Stasiun Aktif

Kabupaten Klaten 5
Kabupaten Boyolali 1
Kabupaten Sragen 6
Kabupaten Karanganyar 3
Kabupaten Sukoharjo 3
Kabupaten Wonogiri 1
Kota Solo 4
Total ada 23 stasiun aktif di Solo Raya, semuanya masuk wilayah Daop VI Yogyakarta kecuali Stasiun Telawa yang masuk Daop IV Semarang.

Untuk Stasiun Sukoharjo dan Pasarnguter saya kurang tahu tingginya berapa meter, mungkin ada yg bisa menambahkan.
Sumber: Wikipedia dan pengalaman pribadi

photo : Indra Aug Yana | FB | 2011


photo : Aghi Wirawan | FB | 2010

Stasiun Sukoharjo | SKH | +98



photo : MHanafi | rel-keretaapi.blogspot.com | 2008


photo : J_owen_K | semboyan35.com | emplasemen stasiun pasar nguter | 2012


photo : Eko_BlackRider | semboyan35.com | 2012

Stasiun Pasarnguter | PNT | +105
__________________
selamat menikmati, terima kasih

You_soap liked this post
adpro.indonesia no está en línea   Reply With Quote
Old October 10th, 2013, 01:19 AM   #18
ahonksirad
Registered User
 
ahonksirad's Avatar
 
Join Date: Sep 2012
Location: Yogyakarta
Posts: 4,897
Likes (Received): 1781

sekalian kalau ada yang punya data tentang jalur KA mati Purwosari-Boyolali dan Wonogiri-Baturetno juga boleh share. nuwun.
__________________
"Ikut hati mati, ikut rasa binasa"

-pepatah-
ahonksirad no está en línea   Reply With Quote
Old October 10th, 2013, 01:23 AM   #19
You_soap
All Izz Well
 
You_soap's Avatar
 
Join Date: Dec 2010
Location: Solo - Jakarta - Tangerang Selatan
Posts: 3,570
Likes (Received): 953

wah... sip mas adpro
__________________
Your comments show your personality
You_soap no está en línea   Reply With Quote
Old October 10th, 2013, 02:00 AM   #20
Djoko Lelono
just DUIT !!!
 
Djoko Lelono's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: jakarta pinggiran
Posts: 3,180

masih ada lagi sebenarnya bekas jalur kereta/trem di solo: jalur sangkrah-jebres. titik cabang di bunderan gladak keutara lewat balaikota-pasar gede-jebres. dulu waktu jokowi masih jadi walikota sempat ada rencana mau hidupkan ini jalur. tujuannya supaya solo punya jalur lingkar/loop trem atau railbus dari purwosari-sangkrah/solokota-jebres-balapan-purwosari.


sumber: espos
__________________
lantaran kebodohannja si koesir, maka kemaren di pintoe besar ada satoe sado jang soedah dilanggar stoomtram. banjak diantara koesir sado jang bodoh dan tiada patoet mengoesiri.

(pembrita betawi, 16 april 1909)

You_soap liked this post
Djoko Lelono no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 12:20 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions Inc.
vBulletin Security provided by vBSecurity v2.2.2 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us