KRL Commuter Line - Jabodetabek Commuter Rail System - Page 8 - SkyscraperCity
 

forums map | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Railway and Station


Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


View Poll Results: Setujukah jika thread KRL Jakarta ini di-sticky??
Setuju 68 94.44%
Tidak setuju 4 5.56%
Voters: 72. You may not vote on this poll

Reply

 
Thread Tools
Old February 13th, 2013, 02:02 PM   #141
TFM1
Registered User
 
Join Date: Oct 2011
Location: makassar, bogor, tangerang selatan, jakarta
Posts: 10,112
Likes (Received): 702

Quote:
Originally Posted by Djoko Lelono View Post
@fajar,

dulu rutenya malah banyak ada ekspres, semi ekspres, ac eko, eko. jalurnya juga saling potong terutama di thb dan mri. sekarang lebih sederhana. coba perhatikan, semua trayek tidak ada yang saling potong rutenya.
saya juga lebih gampang membaca peta rute yg sekarang, daripada yg jadul2..
__________________
^_^
TFM1 no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old February 14th, 2013, 03:39 AM   #142
Dazon
Oceana Community Union
 
Dazon's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: Buitenzorg
Posts: 9,173
Likes (Received): 1054

Quote:
Originally Posted by Djoko Lelono View Post
senen lebih jauh jarak antara stasiun-terminal. di priok cuma disebrang jalan sama pager doang. mungkin mirip2 sama di thb.
wah berarti bentrok ya dengan rota karet.
hmm, pantesan gak ada rute ban karet bogor - tanah abang, cuma ada cibinong - tanah abang. tapi kalo jalur citayam - cibinong - nambo diaktifkan, kena protes gak ya wkwkkw..

Quote:
yup. kalo lewat beos trafiknya padat di jalur layang. lagipula dari beos kudu lewat rel atas di kampung bandan yang pada waktu itu belum berfungsi.
oh ya ngomong2 soal jalur layang, di jalar layang itu kecepatan kereta gak boleh cepat ya bro? soalnya setiap ane naek dari juanda ke bogor pasti jalannya macam siput dari arah juanda ke cikini. kemungkinan yang ane rasa cuma 20km/jam.

Quote:
yup. karena di bogor tidak ada depo khusus kereta bermesin diesel. tapi lucunya waktu rel bojong putus, krdnya "kejebak" di bogor gak bisa balik ke thb. tapi masih bisa beroperasi normal. kayaknya krdnya isi solar di sukabumi.

tapi denger2 dari forum sebelah si buge sudah tidak beroperasi lagi sampai waktu yang tidak ditentukan. rumornya untuk kedepannya, krd buge bakal diganti rangkaian kereta ber lokomotif kayak kereta lokal banten.
wah terlalu jauh juga, kenapa gak di mri aja ya? soalnya lumayan tuh ngurangi cost. oh salah satu korbanya dia toh, gak sempet lihat ke stasiun bogor nya sih. mungkin umur buge sudah tua kali ya, dan sepertinya lebih mumpunin kereta diesel pakai lokomotif.
Dazon no está en línea   Reply With Quote
Old February 14th, 2013, 05:56 AM   #143
eurico
Moderator
 
Join Date: Nov 2006
Posts: 33,991
Likes (Received): 12063

dari bisnis indonesia 14-02-1023

eurico no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old February 14th, 2013, 06:07 AM   #144
Dazon
Oceana Community Union
 
Dazon's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: Buitenzorg
Posts: 9,173
Likes (Received): 1054

bingung dengan kata2 ini:

Quote:
Saat ini, KRL Jabodetabek mengangkut 400.000 penumpang per hari-500.000 penumpang per hari di wilayah jabodetabek
angka 500.000 itu penumpang CL + pengumpang KRD ya?

beberapa alat pengecekan di st. BOO ada yang rusak dan belum lagi di stasiun2 lainnya. kalau di tanah abang masih baik, soalnya berada didalam gedung yang baik + di jaga ketat.
Dazon no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2013, 05:41 AM   #145
5ilham
Bridge Build Bekasi
 
5ilham's Avatar
 
Join Date: Mar 2011
Location: Bekasi City
Posts: 741
Likes (Received): 148


angka 500rb itu kan dihitung jumlah tiket yg dibeli, bukan jumlah orang naik. Jadi satu orang bisa dihitung 2 kalau dia pergi pulang naik commuterline.
__________________

OOOOOOOO
OOOOOOOO

OOOOOOOO
OOOOOOOO


I N D O N E S I A
5ilham no está en línea   Reply With Quote
Old February 15th, 2013, 05:53 AM   #146
Dazon
Oceana Community Union
 
Dazon's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: Buitenzorg
Posts: 9,173
Likes (Received): 1054


tetapi diwacana tersebut tertulis satuannya (penumpang) bingung juga.
berarti jika 500.000 tiket = penumpangnya kurang lebih hanya 250.000 orang yah?
Dazon no está en línea   Reply With Quote
Old February 16th, 2013, 02:18 PM   #147
masihnewbi
Registered User
 
Join Date: Jun 2012
Location: Batavia
Posts: 56
Likes (Received): 30

Mungkin ada yang pernah mengalami juga?
Quote:
Bawa Barang Sebesar Kardus Mie, Hasvita Diminta Petugas KRL Uang Bagasi
Ramdhan Muhaimin - detikNews
Jakarta - - Seorang penumpang KRL, Hasvita Nora (25) terkejut saat menaiki KRL jurusan Kota-Depok, dirinya diminta uang lebih oleh petugas KAI. Hanya karena membawa sebuah barang seukuran kardus mie instan, Hasvita harus membayar biaya untuk kelebihan barang sebesar Rp 50 ribu.

"Baru kali ini kejadiannya. Saya sudah sering KRL, tapi nggak pernah kayak ini diminta uang kelebihan barang. Padahal barangnya mau saya taruh di atas," ujar Hasvita saat menuturkannya kepada detikcom, Sabtu (16/2/2013).

Hasvita menuturkan peristiwa itu terjadi sekitar pukul 15.45 WIB. Saat itu dirinya baru saja belanja bunga di kawasan Kota. Agar tidak rusak, bunga itu dia kemas dalam kardus seukuran kardus mie instan. Selesai berbelanja, Hasvita lalu pergi membeli tiket KRL di stasiun Kota.

Tidak ada yang aneh dengan pelayanan KRL, karena dia sudah biasa menggunakan jasa angkutan massal ini. Namun keanehan terjadi saat KRL sudah melaju dari stasiun Kota, tiba-tiba 3 petugas KAI menghampiri Hasvita yang duduk di gerbong 4. Tidak banyak penumpang saat itu.

"Saya yakin mereka adalah petugas, karena berpakaian seragam biru dongker, pakai penutup kepala seperti helm warna putih, dan bersepatu seperti sepatu provost. Mereka tanya ini barang siapa. Saya bilang ini punya saya. Katanya saya harus bayar 50 ribu, karena kelebihan barang," tutur Hasvita.

Hasvita sempat menolak. Namun oknum petugas itu menyebut jika sudah ada peraturannya. "Kata dia, kalau mbak nggak setuju, mba turun," ungkap Hasvita.

Setelah membayar dengan terpaksa, ketiga oknum petugas itu lalu pergi menuju gerbong lainnya.

Anehnya menurut Hasvita, hanya dirinya yang diperiksa tiket dan diminta uang lebih barena membawa barang. Sementara penumpang lainnya di gerbong yang sama tidak dimintakan. Bahkan ada yang membawa barang lebih banyak dari dirinya.

"Saya nggak tahu apakah ini resmi atau bukan. Karena pas beli tiket, kok saya nggak dikasih tahu petugas," ujar karyawati swasta ini.

Sementara itu Kepala Humas KAI Mateta yang dikonfirmasi mempersilakan menghubungi Humas Daops I.
masihnewbi no está en línea   Reply With Quote
Old February 17th, 2013, 12:30 AM   #148
panitiakurban
Registered User
 
Join Date: Jan 2010
Location: Jakarta
Posts: 1,263
Likes (Received): 354

Konyol. Itu sih dipalak. Setelah bayar dikasih tiket barang gak tuh..
Dulu saya (dan keluarga) sering pake KRL untuk feeder kereta antarkota ke Gambir.
Bawa-bawa koper...
panitiakurban no está en línea   Reply With Quote
Old February 17th, 2013, 09:52 AM   #149
acoolguyfromnz
In the brig
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 4,576
Likes (Received): 433

Karyawan begini di pecat saja. Kasihan CEO dan karyawan lainnya kerja keras tapi karyawan yg satu ini gak mau peduli.

Harusnya ketika ada kejadian spt ini, catat namanya dan tulis di koran. Si karyawan spt ini langsung skak mat.
acoolguyfromnz no está en línea   Reply With Quote
Old February 17th, 2013, 09:54 AM   #150
Namewee
Dilarang
 
Namewee's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Location: Makassar, Sulawesi Utara
Posts: 9,336

Penjelasan dari KAI

Salah seorang penumpang KRL jurusan Kota-Depok, Hasvita Nora (25) mengaku diminta uang lebih oleh petugas KAI karena membawa satu kardus mie instan. Ia diminta membayar uang Rp 50 ribu. Bagaimana tanggapan PT KRL?

Humas PT KRL Commuter Jabodetabek, Eva Chairunnisa mengakui adanya aturan tersebut. Aturan dikenakan bagi setiap penumpang yang membawa barang cukup besar yang dapat memakan tempat di dalam kereta.

"Peraturan bagasi memang ada. Misalnya, penumpang membawa barang dagangan yang besar dan memenuhi satu space untuk orang lain itu memang harus beli tiket lagi," ujar Eva kepada detikcom, Sabtu (16/2/2013).

Eva mengklaim aturan ini sudah disosialisasikan kepada penumpang. Mulai dari selebaran hingga media sosial. Aturan ini pun hanya diberlakukan pada jam-jam tertentu.

"Pada peak hour kan kereta hanya dikhususkan bagi para penumpang saja. Karena kita mengutamakan penumpang," ujarnya.

Aturan ini ada sejak beberapa tahun lalu. Namun banyak penumpang yang masih membandel. Nah sekarang ini, PT KAI berusaha menertibkannya kembali.

"Kita lakukan pemeriksaan di dalam gerbong dan stasiun-stasiun sebelum mereka naik," tutur Eva.

Khusus mengenai Hasvita, Eva mengaku langsung mengecek informasi soal itu. Eva sendiri justru mendapat informasi yang berbeda. Menurut pengakuan petugas, Hasvita ternyata membawa tiga buah kardus seukuran televisi ukuran 24 inch.

"Saya meminta korban segera lapor dan kami akan konfrontir dengan petugas. Jika dia (Hasvita) benar, petugas akan langsung kami tindak," tutupnya.

Sumber :
http://news.detik.com/read/2013/02/1...bagasi?9911012
__________________
Tidak akan pernah maju orang-orang yang tidak objektif
Namewee no está en línea   Reply With Quote
Old February 17th, 2013, 03:20 PM   #151
Djoko Lelono
just DUIT !!!
 
Djoko Lelono's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: jakarta pinggiran
Posts: 3,224

Quote:
Originally Posted by Dazon View Post
wah berarti bentrok ya dengan rota karet.
hmm, pantesan gak ada rute ban karet bogor - tanah abang, cuma ada cibinong - tanah abang. tapi kalo jalur citayam - cibinong - nambo diaktifkan, kena protes gak ya wkwkkw..
lha itu nggak tahu. soalnya cibinong banyak juga yang naik bis ke jakarta. tunggu aja jalur nambo dibuka apakah pt. kai berani mengoperasikan krl di koridor ini secara normal atau hanya sebatas untuk pulang depo nambo saja.

Quote:
Originally Posted by Dazon View Post
oh ya ngomong2 soal jalur layang, di jalar layang itu kecepatan kereta gak boleh cepat ya bro? soalnya setiap ane naek dari juanda ke bogor pasti jalannya macam siput dari arah juanda ke cikini. kemungkinan yang ane rasa cuma 20km/jam.
nggak ada ah. taspat di jalur layang kayaknya normal kayak yang lain sekitar 70-80. jalan pelan paling sinyal kena aspek kuning/merah di gambir sampai manggarai kalo sore gara2 trafik padat sama kereta luar kota.

Quote:
Originally Posted by Dazon View Post
wah terlalu jauh juga, kenapa gak di mri aja ya? soalnya lumayan tuh ngurangi cost. oh salah satu korbanya dia toh, gak sempet lihat ke stasiun bogor nya sih. mungkin umur buge sudah tua kali ya, dan sepertinya lebih mumpunin kereta diesel pakai lokomotif.
di mri kan gak ada deponya juga. mungkin juga sudah terlalu padat trafik krl + ka luar kota + stabling gerbong2 ka + bongkar muat barang + langsiran keluar masuk balai yasa + depo krl bukit duri, yang malah tambah repot kalau harus bikin depo khusus krd yang cuma sebiji doang rangkaiannya. mending terus ke thb sekalian jarak gak terlalu jauh amat.

soal kereta pengganti pakai lok, tiket katanya cuma 3ribu bogor-sukabumi. tapi kalo menurut saya tarif murah efek sampingnya over demand kayak kereta lokal rangkas atau purwakarta. belum lagi kalau ada protes dari armada roda karet.
__________________
lantaran kebodohannja si koesir, maka kemaren di pintoe besar ada satoe sado jang soedah dilanggar stoomtram. banjak diantara koesir sado jang bodoh dan tiada patoet mengoesiri.

(pembrita betawi, 16 april 1909)
Djoko Lelono no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2013, 04:23 AM   #152
Dazon
Oceana Community Union
 
Dazon's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: Buitenzorg
Posts: 9,173
Likes (Received): 1054


bener juga sih dr THB ke MRI gak jauh hehe.. tanggung juga ya si bumi geulis mendingan di jam tertentu jika hendak ngecas dijadikan armada CL dadakan saja ya waw 3 ribu? murah sekali.

Quote:
nggak ada ah. taspat di jalur layang kayaknya normal kayak yang lain sekitar 70-80. jalan pelan paling sinyal kena aspek kuning/merah di gambir sampai manggarai kalo sore gara2 trafik padat sama kereta luar kota.
oh berarti cuma perasaan ane saja. gambir memang padat sangat dan sering terjadi langsiran KA di jam 18.00 sampai 19.00 alamatnya bikin macet perjalanan CL.

Quote:
Originally Posted by Namewee View Post
Penjelasan dari KAI

Salah seorang penumpang KRL jurusan Kota-Depok, Hasvita Nora (25) mengaku diminta uang lebih oleh petugas KAI karena membawa satu kardus mie instan. Ia diminta membayar uang Rp 50 ribu. Bagaimana tanggapan PT KRL?

Humas PT KRL Commuter Jabodetabek, Eva Chairunnisa mengakui adanya aturan tersebut. Aturan dikenakan bagi setiap penumpang yang membawa barang cukup besar yang dapat memakan tempat di dalam kereta.

"Peraturan bagasi memang ada. Misalnya, penumpang membawa barang dagangan yang besar dan memenuhi satu space untuk orang lain itu memang harus beli tiket lagi," ujar Eva kepada detikcom, Sabtu (16/2/2013).

Eva mengklaim aturan ini sudah disosialisasikan kepada penumpang. Mulai dari selebaran hingga media sosial. Aturan ini pun hanya diberlakukan pada jam-jam tertentu.

"Pada peak hour kan kereta hanya dikhususkan bagi para penumpang saja. Karena kita mengutamakan penumpang," ujarnya.

Aturan ini ada sejak beberapa tahun lalu. Namun banyak penumpang yang masih membandel. Nah sekarang ini, PT KAI berusaha menertibkannya kembali.

"Kita lakukan pemeriksaan di dalam gerbong dan stasiun-stasiun sebelum mereka naik," tutur Eva.

Khusus mengenai Hasvita, Eva mengaku langsung mengecek informasi soal itu. Eva sendiri justru mendapat informasi yang berbeda. Menurut pengakuan petugas, Hasvita ternyata membawa tiga buah kardus seukuran televisi ukuran 24 inch.

"Saya meminta korban segera lapor dan kami akan konfrontir dengan petugas. Jika dia (Hasvita) benar, petugas akan langsung kami tindak," tutupnya.

Sumber :
http://news.detik.com/read/2013/02/1...bagasi?9911012
wew baru tau ane ada yang seperti ini kalo soal sepeda lipat sih dengernya musti beli 1 tiket lagi. kalo yang ini sih lucu juga.

Last edited by Dazon; February 18th, 2013 at 08:01 AM.
Dazon no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2013, 05:44 AM   #153
onosqaciw
Registered User
 
onosqaciw's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Posts: 1,383
Likes (Received): 116

kalo sepeda wajar sih bayar lagi......
onosqaciw no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2013, 11:49 AM   #154
fajarmuhasan
******
 
fajarmuhasan's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 11,721
Likes (Received): 879

Quote:
Originally Posted by TFM1 View Post
saya juga lebih gampang membaca peta rute yg sekarang, daripada yg jadul2..
yg jadul malah gak pake peta cuma feeling saja....karena jalur yg saya pake gak banyak cuma depok-kota dan serpong-tanah abang
masih cerita jaman dulu:
dari pondok cina ke cikini, jika pengen balik ke pondok cina maka harus bayar lagi.
bagaimana kondisi sekarang?
fajarmuhasan no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2013, 11:51 AM   #155
fajarmuhasan
******
 
fajarmuhasan's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 11,721
Likes (Received): 879

Quote:
Originally Posted by onosqaciw View Post
kalo sepeda wajar sih bayar lagi......
harusnya di loket diperiksa barang bawaan,,,petugas bisa menilai ukurannya melebihi aturan apa tdk. Kalo barang bawaan bisa dibawa dan ditaruh di begasi atas tentu gak perlu bayar biaya bagasi...eh ada bagasi atas gak KRL saat ini?
fajarmuhasan no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2013, 12:08 PM   #156
Dazon
Oceana Community Union
 
Dazon's Avatar
 
Join Date: Oct 2007
Location: Buitenzorg
Posts: 9,173
Likes (Received): 1054


yang dimaksud bagasai itu ini ya?

Dazon no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2013, 01:31 PM   #157
acoolguyfromnz
In the brig
 
Join Date: Oct 2010
Posts: 4,576
Likes (Received): 433

Ah jadi ingat di china, ayam hidup di bawa ke dalam pesawat terbang dari Guang Zhao ke Qing Dao.
acoolguyfromnz no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2013, 02:41 PM   #158
Namewee
Dilarang
 
Namewee's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Location: Makassar, Sulawesi Utara
Posts: 9,336

Stasiun Moderen Kereta Bandara Soekarno-Hatta Mulai Dibangun Juni 2013
Selasa, 19/02/2013 14:35 WIB


Quote:
PT Angkasa Pura II selaku operator bandara Soekarno-Hatta bakal segera membangun stasiun kereta bandara mulai Juni 2013 dan diharapkan bisa beroperasi kuartal I-2014.

Direktur Utama Angkasa Pura II Tri F. Sunoko mengatakan, proyek pembangunan stasiun di bandara tersebut masih dalam tahap Detail Engineering Design (DED). Pada Juni atau Juli proyek ini akan mulai dibangun.

"Kita hanya mempersiapkan stasiun. Sekarang sedang detail design. (Mulai groundbreaking) paling Juni-Julilah," ungkap Tri saat ditemui selepas acara STFC Seminar Cargo Village Soekarno Hatta di Hotel Le Meridien, Jakarta, Selasa (19/2/2013).

Dia meyakini, konsep stasiun ini nantinya akan menjadi sebuah stasiun moderen yang dilengkapi sebuah pusat perbelanjaan, di dalam gedungnya. Namun, belum ada angka pasti berapa investasi yang dikeluarkan dari Angkasa Pura II untuk membuat stasiun ini.

"Nanti stasiunnya lebih moderen. Nantinya di integrated building itu ada pusat perbelanjaan, sudah techno IT-lah, stasiunnya moderen. Investasinya belum, karena kita masih desain," jelas Tri.

Tri melanjutkan, letak dari stasiun ini akan berada tepat di tengah-tengah Terminal 1 dan 2. "Pokoknya dia berada di tengah-tengah antara terminal 1 dan terminal 2. Nanti di jalur tengah itu," pungkasnya.
Sumber :
http://finance.detik.com/read/2013/0...ngun-juni-2013

Akhirnya ada kepastian juga. Nantinya pakai jalur khusus atau jalur KA Commuter ya?
__________________
Tidak akan pernah maju orang-orang yang tidak objektif
Namewee no está en línea   Reply With Quote
Old February 20th, 2013, 03:20 AM   #159
5ilham
Bridge Build Bekasi
 
5ilham's Avatar
 
Join Date: Mar 2011
Location: Bekasi City
Posts: 741
Likes (Received): 148


Baru omongan itu, bagi saya kalo di Indonesia itu kepastian pas udah ground-breaking, itu pun belum pasti 100%..
__________________

OOOOOOOO
OOOOOOOO

OOOOOOOO
OOOOOOOO


I N D O N E S I A
5ilham no está en línea   Reply With Quote
Old February 20th, 2013, 05:23 AM   #160
fajarmuhasan
******
 
fajarmuhasan's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Posts: 11,721
Likes (Received): 879

Quote:
Originally Posted by Dazon View Post

yang dimaksud bagasai itu ini ya?

iya betul tapi koq kecil yak...dulu perasaan lebar bagasi atasnya...koper juga enak naruhnya.

sbg catatan: gw rajin naik KRL depok-kota di tahun 1991-1999 saat masih kos di depok
fajarmuhasan no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 06:58 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions Inc.
vBulletin Security provided by vBSecurity v2.2.2 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us