[MAKASSAR] Projects & Development - Page 36 - SkyscraperCity
 

forums map | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > Metropolitan Construction and Development > Makassar


Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old December 30th, 2008, 05:54 AM   #701
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Quote:
Nice Update leo ...Pintu 2 Unhas kelihatan Jauh lebih baik dengan diapit 2 tower

Last edited by Sony Sjklw; December 30th, 2008 at 06:40 AM.
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old December 30th, 2008, 06:04 AM   #702
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

BOSOWA MANAGEMENT INSTITUTE

Lokasi:Makasar, Sulawesi Selatan
Luas Bangunan:1.960 m2
Luas Lahan:506 m2
Jumlah Lantai:5
Tipe:Institusi pendidikan

Deskripsi:

Gedung ini meruipakan gedung 5 lantai. Lantai 1 dihuni oleh ruang-ruang dengan fungsi perpustakaan, kantor, lobi, pantry, dan kafetaria. Lantai 2 terdiri dari ruang-ruang kelas, begitu pula dengan lantai 3, hanya saja di lantai 3 juga terdapat ruang kantor instruktur dan ruang servis. Ruang yang lebih bersifat privat lagi ada di lantai 4, yakni ruang rapat, kepala departemen, dan ruang team-leader. Sedangkan lantai 5 adalah auditorium dilengkapi dengan lobi.

Di halaman depan terdapat parkir yang cukup luas, yang dapat menampung mobil dengan jumlah mencapai 28 buah mobil. Penataan lansekap dengan adanya taman, pohon peneduh, dan kolam ikan berpadu harmoni dengan fasad bangunan yang modern.





Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 30th, 2008, 06:07 AM   #703
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Update Bosowa Tower



Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old December 30th, 2008, 06:11 AM   #704
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Outbound Terbesar Dunia Hadir di Gowa

TAHUN 2009 di sejumlah daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel) masih akan diramaikan agenda politik.
Selain pemilihan umum legislatif bulan April dan pemilihan presiden pada semester kedua, agenda politik lokal juga akan mulai berjalan.

Sedikitnya 10 daerah akan menggelar perhelatan akbar pemilihan kepala daerah di tahun 2010. Artinya, pada tahun 2009 mendatang geliat para bakal calon mulai terlihat.
Bupati yang masih akan maju tentunya memperbaiki kinerja pembangunan untuk membuktikan keberhasilan kepemimpinannya kepada masyarakat.
Ke-10 daerah yang akan menggelar pilkada itu masing-masing Kabupaten Gowa, Maros, Pangkep, Barru, Soppeng, Luwu Timur (Lutim), Luwu Utara (Lutra) , Bulukumba, Selayar, dan Tana Toraja.
Dari daerah tersebut, hanya Bupati Maros A Nadjamuddin Aminullah, Bupati Toraja JA Situru, Bupati Barru Andi Muhammad Rum, Bupati Lutim A Hatta Marakarma, dan Bupati Lutra Luthfi A Mutty yang tidak bisa maju lagi. Mereka telah dua kali memimpin daerahnya masing-masing.
Sedangkan daerah lainnya dipastikan bupati yang saat ini memimpin akan membuat gebrakan dalam pembangunan maupun komitmen untuk menarik kembali simpati masyarakat.
Gowa
Meski belum memberikan sinyal akan kembali maju dalam pilkada mendatang, Bupati Gowa Ichsan Yasin Limpo selama lebih tiga tahun memimpin telah membuat program yang berpihak ke masyarakat.
Program tersebut, sadar atau tidak sadar, selain memang untuk kesejahteraan rakyat Gowa tetap saja memiliki muatan politis ke depan. Tentunya, simpati masyarakat dibutuhkan untuk memuluskan langkah kembali memimpin di Butta Bersejarah tersebut periode selanjutnya.
Setelah sukses menerapkan pendidikan gratis di tahun 2008, tahun 2009 mendatang Ichsan kembali akan menerapkan kesehatan gratis. Meski program ini adaptasi dari program Pemerintah Provinsi Sulsel, namun Ichsan tidak ingin program ini sia-sia.
Tahun 2008 ini, pendidikan gratis di Kabupaten Gowa telah diberlakukan.
Pendidikan gratis mulai dari tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), hingga sekolah menengah atas (SMA) dan sederajat.
Pendidikan gratis ini wajib bagi sekolah negeri dan swasta bisa ikut.
Ditemui di rumah jabatan pekan lalu, Ichsan mengaku persiapan penerapan kesehatan gratis sudah hampir rampung.
Program kesehatan gratis ini akan disertai peraturan daerah (perda) untuk memperkuat aturan main di lapangan nantinya, seperti yang diberlakukan di pendidikan gratis.
Sementara melengkapi pendidikan gratis, tahun 2009 ini juga akan direkrut kurang lebih 400 orang tenaga satuan polisi (satpol) pendidikan. Tenaga satpol pendidikan akan bertugas mengantar jemput guru yang rumahnya berjarak sekitar satu kilometer dari sekolah.
Tahap awal akan dikhususkan pada daerah-daerah terpencil di dataran tinggi maupun dataran rendah.
"Jadi tidak ada alasan lagi bagi guru untuk tidak pergi mengajar dengan alasan sulit transportasi," jelas Ichsan.
Selain bertugas mengantar jemput guru, satpol pendidikan juga akan mengawasi siswa yang berkeliaran di jam-jam pelajaran.
Setiap satpol akan dilengkapi kendaraan. Pengangkatan satpol pendidikan ini konsekuensi pelaksanaan pendidikan gratis dengan memberikan pelayanan kepada guru.
Tahun 2009 juga akan dilakukan peresmian Syekh Yusuf Discovery yang merupakan renovasi dari Lapangan Syekh Yusuf. Kawasan di lapangan ini selain dilengkapi fasilitas olahraga, juga tersedia sarana rekreasi keluarga dan jajanan hingga tempat menyalurkan aspirasi.
Kemudian kurang lebih 100 hektare lahan hasil timbunan pengerukan Sungai Jeneberang di Kecamatan Parangloe akan "disulap" menjadi arena outbond terbesar, The Greatest Outbond on the World.
Rencana pembangunan kawasan ini sudah memasuki tahap finalisasi konsep dan disain. Pihak pompengan Sungai Jeneberang sudah memberikan persetujuan.
Kawasan tersebut nantinya akan menjadi kawasan olahraga terlengkap dan sarana berlibur yang nyaman bagi keluarga.
Daerah Lain
Sementara di Parepare akan dilakukan peresmasn gedung baru DPRD bernilai Rp 7 miliar.
Jadwal peresmian gedung wakil rakyat tersebut diagendakan bulan Februari mendatang.
Di Bone, bandara baru akan mulai didarati pesawat. Soppeng menerapkan cyber city dengan pemasangan fasilitas wifi (hot spot) di sejumlah lokasi.
Sebelumnya, internet gratis bisa dilakukan dalam lingkup kantor bupati.
Kalau di Parepare gedung wakil rakyat, maka di Sinjai akan dilakukan peresmian kantor bupati. Kantor lama yang selama ini digunakan Bupati A Rudiyanto Asapa akan menjadi sport center.
Proyek prestisius akan dibangun di Kabupaten Takalar berupa Kawasan Industri Takalar (Kita). Selain itu juga akan dibangun kawasan pesisir. Proyek pesisir ini bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (Unhas).
Sedangkan di Bantaeng akan dibangun pabrik pengolahan ikan di Pa'jukukang.
Rencana pembangunan ini akan dilakukan investor asal Jepang.
Investor asal Negeri Sakura itu juga berkeinginan membangun hotel di daerah berjuluk Butta Toa tersebut.
Sementara di Jeneponto akan dibangun megaproyek pembangkit listrik tenaga uap.
Proyek ini rencananya dilakukan Bosowa Energi dan perusahaan asal China.
Di Pinrang akan dilakukan peresmian Masjid Agung Pinrang yang bernilai miliaran rupiah.
Pelantikan Bupati
Sebanyak tiga pasangan bupati dan wakil bupati terpilih dijadwalkan dilantik pada tahun 2009 ini. Januari diagendakan pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Wajo terpilih, A Burhanuddin Unru-Amran Mahmud (Budiman).
Kemudian pada bulan Februari, Bupati dan wakil Bupati Luwu terpilih, A Muzakkar-Syukur Bijak (CS), akan menjalani pelantikan. Sedangkan Bupati dan Wakil Bupati Pinrang terpilih, A Aslam Patonangi-Kaharuddin Machmud (Askar), dijadwalkan dilantik April mendatang.

http://www.tribun-timur.com/view.php?id=115120
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 30th, 2008, 06:12 AM   #705
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Akhir 2009, Rumah Sakit Gratis Beroperasi


Makassar, Tribun - Rumah Sakit (RS) gratis berkapasitas 1.000 tempat tidur ditargetkan beroperasi akhir tahun depan.
"Jika telah memenuhi standar minimal maka kami segera mengoperasikannya akhir tahun depan," ujar Kepala Dinas Kesehatan Sulsel Dr Rahmat Latief di sela ekspose kinerja dinas/badan Pemprov Sulsel di kantor Gubernur Sulsel, Makassar, Senin (29/12).

Saat ini, tahap realisasi pembangunan RS gratis tersebut dalam proses pengurusan amdal dan site plan. Untuk tahap itu menelan biaya Rp 1 miliar.
Total biaya yang dibutuhkan untuk mewujudkan RS tipe C kelas tiga itu, menurut Rahmat, diperkirakan sebanyak Rp 65 miliar.
"Wapres Jusuf Kalla memberikan bantuan berupa 2.000 unit tempat tidur berstandar kelas VIP yang mengunakan remote untuk pengoperasiannya," ungkapnya. Saat ini, Dinkes telah menyediakan 500 unit tempat tidur.
RS gratis yang akan dikhususkan bagi masyarakat ekonomi menengah ke bawah itu bertempat di lokasi sekolah luar biasa di Bulurokeng, Kecamatan Biringkanaya, Makassar.
Rumah sakit yang akan memiliki 167 kamar tersebut dibangun untuk menunjang program kesehatan gratis yang dicanangkan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.
Kamar tersebut akan dilengkapi dengan kamar mandi yang terpisah dengan toilet, meja/nakas dan lemari serta televisi dan air conditioned (AC).
Rumah sakit ini akan ditunjang pelayanan empat spesialis dasar yaitu penyakit dalam, anak, kebidanan, dan penyakit kandungan serta bedah. Keempat jenis spesialis ini akan ditunjang oleh spesialisasi yang lain yaitu anastesiologi, radiologi, dan patologi klinik.
RS ini juga nantinya akan menerima pasien rujukan langsung dari Puskesmas di Sulawesi Selatan yang saat ini berjumlah kurang lebih 300 unit.(fir)

Tipe C Layanan Spesial

MESKIPUN RS ini hanya type C, jangan dibayangkan pelayanannya hanya ala kadarnya. Di rumah sakit ini, penanganan pasien justru akan dilakukan oleh tenaga-tenaga spesialis yang bekerja penuh waktu (full timer) dan ditunjang tenaga peserta PPDS-I (Program Pendidikan Dokter Spesialis-I) dari FK-Unhas.
Sedangkan tenaga paramedis akan didukung oleh tenaga paramedis dari berbagai institusi akademi keperawatan dan STIKES serta beberapa akademi lainnya (psioterapy, kebidanan dan sekolah analis serta sekolah penata rontgen).

http://www.tribun-timur.com/view.php...215&jenis=Kota
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 30th, 2008, 06:14 AM   #706
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

2009, 15 Km Drainase Diperbaiki


Makassar, Tribun - Pemerintah Kota Makassar akan segera menerima pendanaan dari Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) untuk perbaikan drainase. Kondisi drainase di Makassar sebagian sudah buruk sehingga kerap meluapkan air dan menjadi genangan.

"Dana perbaikan drainase untuk mengantisipasi terjadinya genangan air atau banjir itu siap diterima tahun 2009," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Makassar, Ridwan Muhadir, di Makassar, Minggu (28/12).
Berdasarkan pendataan dinas PU, terdapat 16 titik drainase yang perlu diperbaiki. Total panjang drainase yang harus diperbaiki mencapai 15 kilometer. Biaya untuk program itu telah dikonsultasikan kepada pemerintah pusat sejak awal Desember ini.
Ridwan menunjukkan, beberapa titik yang rawan banjir antara lain di sisi kiri kanan kanal Pasar Terong, Pasar Sambung Jawa, dan Pasar Pabaeng-baeng. Dari sekian banyak wilayah, Makassar akan menjadi lokasi prioritas.
Dia mengatakan, posisi Kota Makassar yang berada di lokasi yang rendah dan landai sehingga nerpotensi selalu muncul genangan. Dengan perbaikan itu, genangan yang kerap muncul di titik-titik rawan itu bisa diatasi.
Namun, kata Ridwan, tidak ada gunanya drainase diperbaiki jika masyarakat tidak berperan serta menjaganya. "Jika itu dapat dilakukan, PU dapat berkonsentrasi memperbaiki saluran-saluran sekunder, sedang saluran tersier menjadi tanggung jawab masing-masing warga," ujarnya.(jid)
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 30th, 2008, 06:18 AM   #707
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Masterplan pengembangan Kawasan Mariso





Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 30th, 2008, 06:20 AM   #708
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Disneyland dan Menara Bosowa

KRISIS global sedikit banyak memang menimbulkan kekhawatiran. Begitu pula di Makassar. Tahun 2009 mendatang, proyek infrastruktur yang dibiayai pemerintah memang agak sepi.

Tetapi sejumlah investor swasta tetap menilai Makassar sebagai kota prospektif. Proyek infrastruktur pemerintah tahun depan umumnya masih merupakan kelanjutan dari proyek sebelumnya.
Antara lain kelanjutan pembangunan runway (landas pacu) Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, revitalisasi Pantai Losari, pelebaran Jl PerintisKemerdekaan, dan flyover Urip Sumoharjo.
Runway Bandara Sultan Hasanuddin ditargetkan selesai pertengahan 2009. Anggota Komisi V DPR RI, Abdul Hadi Djamal, mengungkapkan, DPR telah menyetujui penganggaran tahap pertama Rp 450 miliar untuk runway. Pada APBN tahun 2009, akan dianggarkan lagi biaya pembangunan runway tahap dua sebesar Rp 400 miliar.
Sementara untuk revitalisasi Pantai Losari, pelebaran Jl Perintis Kemerdekaan, dan flyover Urip Sumoharjo belum ada keterangan resmi dari dinas terkait. Namun, ketiga proyek ini ditargetkan selesai sebelum akhir tahun 2009.
Sementara proyek lanjutan dari tahun 2008 yang direncanakan selesia tahun 2009 adalah proyek Trans Studio Resor Makassar (Disneyland Ala Makassar), proyek Kalla Tower, dan Menara Bosowa. Ketiga proyek ini ditargetkan selesai antara bulan April hingga November 2009.
Bosowa Corporation juga membangun Hotel Shayila di Jenderal Sudirman yang juga akan rampung tahun depan. Lokasinya berada di samping Gedung Balai Prajurit Jenderal M Jusuf.

Arena Hiburan
Saat ini, progres proyek Trans Studio Resor telah mencapai 50 persen lebih. Proyek berinvestasi Rp 2 triliun itu terus dikerjakan.
Pembangunan gedung utama untuk mal dan theme park telah mengalami kemajuan pesat. Gedung sudah berdiri kendati belum seluruhnya selesai.
Proyek arena belanja, pariwisata, dan hiburan megah ini terus dikerjakan dan ditargetkan selesai pertengahan tahun depan dan mulai dibuka untuk umum Juli 2009, bersamaan selesainya dengan Menara Bank Mega yang dibangun di bagian depan kompleks arena hiburan dan wisata itu.


Kalla Tower dan Menara Bosowa juga telah mencapai progres 50 persen lebih. Corporate Secretary PT Hadji Kalla, Sudirman AR, mengatakan, seluruh lantai Kalla Tower telah terbangun. Sekitar bulan April 2009, menara itu selesai. Menara Bosowa diperkirakan juga selesai Juni 2009.
Ciputra
Perusahaan properti nasional kelas kakap, Ciputra Group, juga dikabarkan hendak membangun arena perbelanjaan modern dan kompleks perumahan elite di Jl Hertasning Baru (Jl Aroepala). Proyek ini rencananya dimulai tahun 2009 ini.
Bagi para investor besar itu, Makassar tetap dinilai sebagai kota yang menjanjikan. Ketika para pengamat ekonomi pesimistis terhadap pertumbuhan ekonomi nasional, Wali Kota Makassar terpilih, Ilham Arief Sirajuddin, optimistis kota ini masih dapat mempertahankan pertumbuhan ekonomi, paling tidak seperti tahun lalu.

http://www.tribun-timur.com/view.php...26&jenis=Front
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 30th, 2008, 06:27 AM   #709
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Pemkot makassar berupaya untuk mengembangkan daerah-daerah pesisir salah satunya kawasan Paotere.



Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old December 31st, 2008, 09:05 AM   #710
AceN
Expelled
 
AceN's Avatar
 
Join Date: Apr 2007
Location: (0231)
Posts: 12,905
Likes (Received): 4540

Mariso itu kawasan atau perumahan bro ?
AceN no está en línea   Reply With Quote
Old December 31st, 2008, 01:32 PM   #711
kakakido
my paradise
 
kakakido's Avatar
 
Join Date: Nov 2008
Location: Phaa Liem Bang
Posts: 315
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by AceN View Post
Mariso itu kawasan atau perumahan bro ?


Lebih tepat kawasan.......... karna terdapat rumah2 yang tidak teratur dan sedikit kumuh.
kakakido no está en línea   Reply With Quote
Old January 1st, 2009, 11:14 AM   #712
AceN
Expelled
 
AceN's Avatar
 
Join Date: Apr 2007
Location: (0231)
Posts: 12,905
Likes (Received): 4540

Thanks
AceN no está en línea   Reply With Quote
Old January 1st, 2009, 02:26 PM   #713
AAG
cowojakarta
 
AAG's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Location: Jakarta
Posts: 2,588
Likes (Received): 7

bagus ya bisa berubah emang kota terbesar di Indonesia Timur cuma Makassar sama Manado. baru 1 kali main nih ke thread ini sama terkejut.
AAG no está en línea   Reply With Quote
Old January 1st, 2009, 03:45 PM   #714
kakakido
my paradise
 
kakakido's Avatar
 
Join Date: Nov 2008
Location: Phaa Liem Bang
Posts: 315
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by AAG View Post
bagus ya bisa berubah emang kota terbesar di Indonesia Timur cuma Makassar sama Manado. baru 1 kali main nih ke thread ini sama terkejut.


terkejut karna apa ? klakson mobil ?
Itusih dah biasa di makasar.
kakakido no está en línea   Reply With Quote
Old January 1st, 2009, 05:35 PM   #715
AAG
cowojakarta
 
AAG's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Location: Jakarta
Posts: 2,588
Likes (Received): 7

aduh bukan hehehe pembangunannya mantep abis
maju sekali pembangunannya
AAG no está en línea   Reply With Quote
Old January 3rd, 2009, 06:25 AM   #716
kakakido
my paradise
 
kakakido's Avatar
 
Join Date: Nov 2008
Location: Phaa Liem Bang
Posts: 315
Likes (Received): 0

Quote:
Originally Posted by AAG View Post
aduh bukan hehehe pembangunannya mantep abis
maju sekali pembangunannya

Harus begitulah ....
Namanya Dinamika Pembangunan.
Makasar sekarang beda dari 5 thn yang lalu....
kakakido no está en línea   Reply With Quote
Old January 5th, 2009, 04:42 AM   #717
caesarleo
Registered User
 
caesarleo's Avatar
 
Join Date: Feb 2008
Posts: 352
Likes (Received): 2



__________________
Makassar Terkini Online | doubleheliXes
caesarleo no está en línea   Reply With Quote
Old January 5th, 2009, 11:09 AM   #718
Sony Sjklw
Registered User
 
Sony Sjklw's Avatar
 
Join Date: Apr 2008
Posts: 9,826

Quote:
Originally Posted by caesarleo View Post


keren.....sampai-sampai ambil gambarnya dari menara bosowa, gambarnya di ambil dari lantai berapa leo????
. nice update, saya juga punya beberapa gambar permukaan lapanganx tp belum bisa di upload soalx lagi ngak di Makassar.
Sony Sjklw no está en línea   Reply With Quote
Old January 5th, 2009, 01:39 PM   #719
retroisme
retro.ari
 
retroisme's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Palembang/Bandung
Posts: 545
Likes (Received): 17

disney land beneran bakalan dibangun di makasar??
retroisme no está en línea   Reply With Quote
Old January 5th, 2009, 01:57 PM   #720
retroisme
retro.ari
 
retroisme's Avatar
 
Join Date: Jul 2008
Location: Palembang/Bandung
Posts: 545
Likes (Received): 17

Quote:
Originally Posted by Ampelio View Post
Posisi Makassar bersaing ketat dengan Palembang dan Semarang sbg kota ke-5 Indonesia
(yg jelas setelah big four: Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung)
kayak nya makasar diatas palembang deh..
buset pembangunan makasar ajib..
keren2..
ada tol..

trus yg masih pengen tw trans studio it apa ya??
punya transtv??
trus ntar syuting disna??
kok jauh banget sm jakarta..

kenapa ga di palembang aja..:P (maunyaa..)
kan lebih deket dengan jakarta..
atau disekitar jakarta..
retroisme no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 


Reply

Tags
makassar

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off


Similar Threads
Thread Thread Starter Forum Replies Last Post
The East Coast Development Corridor | Kelantan,Terengganu,East Pahang | Petronas baqthier Countdown to 2020 383 May 18th, 2019 06:36 AM
East India Dock Road Development, East London wjfox Rate-a 'Scraper 13 May 2nd, 2013 12:31 PM
Zhengzhou east new city area development General Huo DN Archives 1 June 12th, 2005 04:48 PM


All times are GMT +2. The time now is 07:53 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions Inc.
vBulletin Security provided by vBSecurity v2.2.2 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us