DAOP II BANDUNG | Trains, Railroads, and Stations | Bandung, West Java - SkyscraperCity
 

forums map | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Railway and Station


Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old November 4th, 2015, 07:15 PM   #1
@b1
Registered User
 
@b1's Avatar
 
Join Date: Feb 2009
Posts: 1,473
Likes (Received): 126

DAOP II BANDUNG | Trains, Railroads, and Stations | Bandung, West Java

Informasi mengenai DAOP II Bandung di Wikipedia

Post about DAOP II railway developments here!
__________________
You either die a hero, or live long enough to see yourself become the villain.
@b1 no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old November 5th, 2015, 04:00 AM   #2
qew
Registered User
 
Join Date: Jun 2015
Posts: 68
Likes (Received): 26

Kebetulan nih ada yang inisiatif, soalnya ngubek2 nyari DAOP II belum ada yang bikin
Sekalian buat yang mau update reaktivasi jalur PDL-CJ boleh share disini
Menanti KA Kianlamatakkunjungdatang
qew no está en línea   Reply With Quote
Old November 11th, 2015, 06:11 AM   #3
lazioye
Registered User
 
lazioye's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Muria Raya
Posts: 2,899
Likes (Received): 607

Jawa Barat Aktifkan Kereta Cirebon-Rancabuaya
Selasa, 10 November 2015 | 23:02 WIB
Quote:
TEMPO.CO, Bandung - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, aktivasi jalur kereta lama Bandung-Ciwidey akan diteruskan hingga menghubungkan Cirebon di pantura menuju Rancabuaya di pantai selatan Jawa Barat. “Reaktivasi kereta lama lebih dari itu, nanti dari Rancabuaya, Ciwidey, langsung ke Tanjungsari, Sumedang, ke Cirebon. Nanti jalur kereta akan membelah dari selatan ke utara,” kata dia saat bertemua Komisi II DPR di Gedung Sate, Bandung, Selasa, 10 November 2015.

Deddy mengaku, rencana itu justru muncul dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat pemerintah provinsi menagih rencana reaktivasi dua jalur kereta lama di Jawa Barat. Dua rencana reaktivasi jalur kereta itu adalah rute Bandung-Ciwidey, serta Pangandaran-Cijulang agar bisa dikerjakan tahun depan. “Kami meminta dua aktivtasi jalur kereta, tapi setelah suratnya diantar ke sana oleh Dinas Perhubungan, (Menteri) Jonan meminta dari Racabuaya ke Ciwidey sampai Cireobon,” kata dia.

Menurut Deddy, jalur kereta yang membelah dari utara hingga selatan Jawa Barat saat ini belum ada. “Kami tidak tahu kapan itu, yang penting Bandung-Ciwidey dulu tinggal aktivasi, nanti diteruskan ke Rancabuaya. Bangun jalur baru,”kata dia.

Deddy menyampaikan rencana itu di sela kunjungan kerja Komisi II DPR. Rencana pengembangan jalur kereta api itu salah satu bagian besar dari skenario Jawa Barat mengembangkan tiga metropolitan di wilayahnya yakni Bogor-Depok-Bekasi-Karawang-Cianjur, Bandung Raya, serta Cirebon-Indramayu-Majalengka-Kuningan.

Menurut Deddy, sejumlah infrastruktur penghubung tengah dikembangkan untuk memicu pertumbuhan masing-masing metropolitan. Di wilayah timur Jawa Barat misalnya sengaja dikembangkan Bandara Internasional Jawa Barat, jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan, jalan tol Cileunyi-Palimanan, hingga rencana Pelindo II mengembangkan Pelabuhan Cirebon.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Jawa Barat Deny Juanda Puradimaja mengatakan, pemeirntah Jawa Barat tengah melobi PTPN VIII agar membolehkan membangun jalan lintas cepat untuk memperpendek jarak tempuh Pangalengan-Rancabuaya di atas sejumlah lahan perkebunan tehnya di wilayah Jawa Barat selatan. “Target kita Jakarta-Rancabuaya itu enam jam, sekarang delapan jam dari Jakarta,” kata dia di Bandung, 6 November 2015.

Deny mengatakan, pemerintah provinsi menginginkan ada dua jalan lintas cepat untuk memperpendek jarak tempun Bandung-Rancabuaya yang jarak horisontal dalam peta hanya 100 kilometer. “Sudah di survey tahun ini,” kata dia.

Menurut Deny, pemerintah provinsi menginginkan agar PTPN VIII mengijinkan pembangunan jalan lintas cepat itu tanpa perlu melepaskan status kepemilikan lahannya. PTPN VIII bisa mengembangkan Rest-Area di kiri-kanan lintas cepat itu. “Pangalengan-Rancabuaya itu muter-muter. Memang jalan jalan Belanda itu selalu dibuat mengikuti lereng. Sekarang kita mau potong itu agak di atas, sehingga tidak perlu melingkar,” kata dia.

AHMAD FIKRI
http://travel.tempo.co/read/news/201...bon-rancabuaya
lazioye no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old November 13th, 2015, 03:13 PM   #4
Namewee
Dilarang
 
Namewee's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Location: Makassar, Sulawesi Utara
Posts: 9,336

Ternyata ada thread Daop II

Commuter Line Cicalengka-Padalarang Dibangun Tahun Depan

Quote:
Bandung Raya akan menjadi salah satu dari 6 kota Aglomerasi yang akan menjadi prioritas pengembangan transportasi oleh pemerintah pusat. Dalam waktu dekat akan segera dibangun Light Rail Transit (LRT) dan commuter line di kawasan tersebut.

Hal itu dikemukakan Direktur Transportasi Bappenas, Bambang Prihantono, Kepada wartawan, Jumat (13/11/2015).

Menurut Bambang, kawasan Bandung Raya yang terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat serta Kota Cimahi akan dilakukan pengembangan angkutan massal dalam jangka waktu 5 tahun ke depan.

"Dalam waktu dekat akan dibangun LRT. Mulai tahun depan akan dibangun kereta commuter yang menghubungkan Padalarang-Cicalengka," ujar Bambang.

Pembangunan commuter yang menghubungkan Padalarang-Cicalengka itu juga nantinya akan dilanjutkan ke Bandara Kertajati.

"Kita akan membangun kereta commuter antara Padalarang-Cicalengka dan kan diteruskan ke bandara baru Kertajati. Di samping itu Bappenas sedang mempersiapkan untuk mengkaji pembangunan aerotroplolis di kertajati dan sekitarnya," bebernya.

Pembangunan transportasi massal di daerah perkotaan, kata Bambang tidak mudah. Banyak kendala yang harus dihadapi, salah satunya terkait lahan.

"Kendala Umum di daerah perkotaan adalah tidak mudah untuk membebaskan lahan, juga koordinasi antar instansi. Karena akan banyak stakeholder yang terlibat dan kemudian master plan yang ada belum terpadu satu sama lain," jelasnya.

Lebih lanjut Bambang mengatakan, untuk skema pembiayaannya sendiri, pembangunan transportasi massal ini didanai APBN.
http://finance.detik.com/read/2015/1...depan?f9911023
__________________
Tidak akan pernah maju orang-orang yang tidak objektif

Djoko Lelono liked this post
Namewee no está en línea   Reply With Quote
Old November 15th, 2015, 03:48 AM   #5
Djoko Lelono
just DUIT !!!
 
Djoko Lelono's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: jakarta pinggiran
Posts: 3,175


sangat2 lambat elektrifikasi bandung raya. padahal jalur pdl-bd-ccl ini adalah yang paling padat nomer 2 setelah krl jabodetabek.
__________________
lantaran kebodohannja si koesir, maka kemaren di pintoe besar ada satoe sado jang soedah dilanggar stoomtram. banjak diantara koesir sado jang bodoh dan tiada patoet mengoesiri.

(pembrita betawi, 16 april 1909)

aanplg liked this post
Djoko Lelono no está en línea   Reply With Quote
Old December 1st, 2015, 11:50 AM   #6
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 8,599
Likes (Received): 3006




Sent from my iPhone using Tapatalk
__________________
"Bertanyalah kepadaku dan akan kuceritakan dunia".
"The Book Philosophy"




rikysoeripno liked this post
svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old December 29th, 2015, 03:25 AM   #7
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 5,309
Likes (Received): 992

DAOP II BANDUNG | Trains, Railroads, and Stations | Bandung, West Java

Quote:
Originally Posted by Namewee View Post

Commuter Line Cicalengka-Padalarang Dibangun Tahun Depan
AMIN AMIN AMIN!! Semoga segera terlaksana dan tidak diundur lagi, akankah trainsets untuk KRL Bandung Raya ini menggunakan buatan PT. INKA dengan pembelian oleh Kemenhub melalui Dirjen KA? Tapi agak kurang meyakinkankan kinerja KRL Kfw i9000 untuk medan KRL Bandung Raya, nasib KRDe Baraya Geulis aja dulu sering mogok

Apa beli trainsets bekas Jepang?? Atau beli baru?? Sangat ditunggu nih. Semoga selain elektrifikasi, infrastruktur seperti peron, stasiun, ke sterilan jalur KA, perlintasan sebidang, dibuat elevated/semi underground pada area perkotaan untuk menghindari kemacetan, penambahan jumlah stasiun, penggunaan tiket pembayaran yg lebih baik, dll.

Quote:
Originally Posted by Djoko Lelono View Post

sangat2 lambat elektrifikasi bandung raya. padahal jalur pdl-bd-ccl ini adalah yang paling padat nomer 2 setelah krl jabodetabek.
Wah serius yah Bung Djoko Lelono? Apakah KRD Bandung Raya melewati Komuter Jogja, Surabaya, dan Semarang baik dari segi jumlah penumpang dan perjalanan? Walaupun di Bandung rangkaian keretanya ditarik dengan locomotive agak iri kalo liat KRD2x gress buatan PT. INKA yg terlihat jauh lebih "kekinian". Semoga saja tidak ngaret lagi, entahlah ini pendanaan sekarang kalo bener pakai APBN. Lalu MoU dengan pemerintah Prancis dulu bagaimana ya?

Quote:
Originally Posted by svaerd firemanska View Post



Sent from my iPhone using Tapatalk
Sangat menantikan reaktivasi jalur Ciwidey dan Tanjungsari

-------

Stn. Bandung akhirnya ada sedikit renovasi((lagi)) penambahan panjang platform island untuk Jalur 4 dan 5.


Tinggi dan gap platform eksiting cukup baik menuru saya, semoga yg sedang dibangun bisa lebih baik.


Dengan berlakunya kebijakan pembatasan maksimal 20kg ATAU 4 koli per penumpang. Lokasi pemeriksaan tiket dipindah dari yg asalnya ditengah2x hall, menjadi di sebelah barat.
__________________
3410x6310

rizki2lancer liked this post
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old December 29th, 2015, 05:43 AM   #8
kane_mochi
Noi Siamo Parma
 
kane_mochi's Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Location: depok
Posts: 602
Likes (Received): 35

Quote:
Originally Posted by lazioye View Post
Jawa Barat Aktifkan Kereta Cirebon-Rancabuaya
Selasa, 10 November 2015 | 23:02 WIB


http://travel.tempo.co/read/news/201...bon-rancabuaya
wah bakalan banyak jalur KA nih di jabar... yang paling ditunggu sih reaktivasi banjar-cijulang, itu bakalan indah banget pemandangannya...
kane_mochi no está en línea   Reply With Quote
Old January 2nd, 2016, 07:59 PM   #9
rizqi
Registered User
 
rizqi's Avatar
 
Join Date: Dec 2015
Posts: 46
Likes (Received): 4

berharap bgt jalur kereta api khusus nya dibandung raya itu layang. sekalian stasiun nya juga ikut layang..
semoga.
rizqi no está en línea   Reply With Quote
Old January 3rd, 2016, 04:06 AM   #10
emyrr3096
Registered User
 
emyrr3096's Avatar
 
Join Date: Nov 2012
Posts: 5,309
Likes (Received): 992

Quote:
Originally Posted by kane_mochi View Post
wah bakalan banyak jalur KA nih di jabar... yang paling ditunggu sih reaktivasi banjar-cijulang, itu bakalan indah banget pemandangannya...
Banjar-Cijulang, Bandung-Ciwidey, Bandung-Majalaya, Kadipaten, dll. senang kalo jalur2x lama bisa di reaktifasi.

Quote:
Originally Posted by rizqi View Post
berharap bgt jalur kereta api khusus nya dibandung raya itu layang. sekalian stasiun nya juga ikut layang..
semoga.
Mungkin layang hanya dari selepas Stn. Kiaracondong sampai sebelum Stn. Bandung Hall. Gamungkin dari ujung ke-ujung layang, ada jalan tol pasteur, FO cimindi, FO kiaracondong, FO sohatta, jalan tol purbaleunyi, dll.

Grade separation itu bukan cuman di bikin jalur KA-nya yang layang, tetapi jalur mobilnya yang di bikin layang/underground. Jalur dari Stn. Kiaracondong menuju Stn. Cicalengka juga sudah seharusnya double track.
__________________
3410x6310
emyrr3096 no está en línea   Reply With Quote
Old January 3rd, 2016, 04:41 AM   #11
Djoko Lelono
just DUIT !!!
 
Djoko Lelono's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: jakarta pinggiran
Posts: 3,175

saya lihat sepanjang jalan sekitar buahbatu sampai daeyuhkolot yang ada bekas rel bandung-ciwidey sudah penuh sesak bangunan permanen. betul sudah ada upaya pemerintah melalui pt. kai untuk melakukan pemasangan plang2 batas tanah negara dan dilarang untuk bla bla bla.. tapi saya pikir berat juga kalo misalnya jalur ini mau diaktivasi kembali.

tapi reaktivasi jalur mati itu masih lebih murah ketimbang bikin monorel/mrt.
__________________
lantaran kebodohannja si koesir, maka kemaren di pintoe besar ada satoe sado jang soedah dilanggar stoomtram. banjak diantara koesir sado jang bodoh dan tiada patoet mengoesiri.

(pembrita betawi, 16 april 1909)
Djoko Lelono no está en línea   Reply With Quote
Old January 3rd, 2016, 05:41 AM   #12
svaerd firemanska
Registered User
 
svaerd firemanska's Avatar
 
Join Date: Aug 2013
Location: Pekalongan & Jakarta
Posts: 8,599
Likes (Received): 3006

Kereta Api Malabar Terbakar di Bandung

http://m.okezone.com/read/2016/01/02...kar-di-bandung
__________________
"Bertanyalah kepadaku dan akan kuceritakan dunia".
"The Book Philosophy"



svaerd firemanska no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2016, 07:13 AM   #13
Djoko Lelono
just DUIT !!!
 
Djoko Lelono's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: jakarta pinggiran
Posts: 3,175

Masyarakat Cianjur-Sukabumi Segera Nikmati Kereta Bertarif Rp 3.000

http://finance.detik.com/read/2016/0...rtarif-rp-3000

--------------------------------------------

baca komennya di detik kocak bgt.

Dederina Agustina @dederinaagustina • kemarin
asyikkkk,,,jalan" k cianjur bisa naik kereta lagi, murah bangeut lagi, Yg merasa kemurahan , bayar Lebih Saja, g usah protes,,,,gitu z repottt

__________________
lantaran kebodohannja si koesir, maka kemaren di pintoe besar ada satoe sado jang soedah dilanggar stoomtram. banjak diantara koesir sado jang bodoh dan tiada patoet mengoesiri.

(pembrita betawi, 16 april 1909)

peseg5 liked this post
Djoko Lelono no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2016, 10:00 AM   #14
Namewee
Dilarang
 
Namewee's Avatar
 
Join Date: Feb 2011
Location: Makassar, Sulawesi Utara
Posts: 9,336

Tapi serius, tarifnya memang murah banget. Gw pribadi ikhlas ngasih 5 ribu
__________________
Tidak akan pernah maju orang-orang yang tidak objektif
Namewee no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2016, 11:18 AM   #15
justin0693
Registered User
 
Join Date: Jul 2015
Posts: 351
Likes (Received): 28

Tapi kereta yang jurusan bandung cianjur ko blm dibuka buka kenapa yah? Padahal org cianjur sangat ngerinduiin ka bandung cianjur. Masyarakat udh gerah dg macetnya bdg cianjur nih
justin0693 no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2016, 12:16 PM   #16
kane_mochi
Noi Siamo Parma
 
kane_mochi's Avatar
 
Join Date: Jan 2012
Location: depok
Posts: 602
Likes (Received): 35

dapet kabar katanya kiansantang (BD-PDL-CJ) bakal jalan dalam waktu dekat... Kita tunggu saja realisasinya
kane_mochi no está en línea   Reply With Quote
Old February 18th, 2016, 01:00 PM   #17
justin0693
Registered User
 
Join Date: Jul 2015
Posts: 351
Likes (Received): 28

Kalo saya sih ka kiansantang bisa diperpanjang sampai bogor biar ga usah 2 kali naik kereta. Kan keretanya berhenti di cianjur
justin0693 no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2016, 04:22 AM   #18
lazioye
Registered User
 
lazioye's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: Muria Raya
Posts: 2,899
Likes (Received): 607

@perkeretaapian
KA Perintis Siliwangi melayani 7 stasiun dg tarif Rp.3000,- per perjalanan dg kapasitas 472 tempat duduk.
lazioye no está en línea   Reply With Quote
Old February 19th, 2016, 03:19 PM   #19
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 2,950
Likes (Received): 576

Quote:
Originally Posted by kane_mochi View Post
dapet kabar katanya kiansantang (BD-PDL-CJ) bakal jalan dalam waktu dekat... Kita tunggu saja realisasinya
PHP...
Tahun kemaren bahkan dah ada gepekanya ...

Tapi klo bener ada, harusnya jangan cuma sampe CJ, lanjut sampe SI lebih ok. Ngeselin banget jalan Bandung-Cianjur-Sukabumi... Klo bisa ke Bogor makin mantap. Atau btw, kenapa gak Pangrango/Siliwangi aja di lempengin sampe Bandung?
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old February 25th, 2016, 04:25 AM   #20
Djoko Lelono
just DUIT !!!
 
Djoko Lelono's Avatar
 
Join Date: Jul 2011
Location: jakarta pinggiran
Posts: 3,175

Quote:
Originally Posted by spetznaz_kdi View Post
PHP...
Tahun kemaren bahkan dah ada gepekanya ...

Tapi klo bener ada, harusnya jangan cuma sampe CJ, lanjut sampe SI lebih ok. Ngeselin banget jalan Bandung-Cianjur-Sukabumi... Klo bisa ke Bogor makin mantap. Atau btw, kenapa gak Pangrango/Siliwangi aja di lempengin sampe Bandung?
susah ngatur jadwalnya kalo pangrango/siliwangi diperpanjang ke bandung. mending kiansantangnya yang ke si lebih gampang ngatur jadwalnya lantaran kereta baru. tapi kalo kiansantang sampek boo, gak yakin daop 1 nya mau (ini kan lapak gue..).

sekarang 2 rangkaian pangrango/siliwwangi ini kan sama2 start/finish di sukabumi. berangkat pertama kali (ka 111) jam 0500 ke bogor, yang kedua (ka 112) jam 0545 ke cianjur. setelah itu ke 2-2 nya balik melayani rute terusan boo-si-cj atau cj-si-boo masing2 1 rit/pp, setelah itu 2-2 nya balik kandang lagi ke si untuk tidur malam hari jam 20-21. besoknya kembali dinas seperti biasa.

jadwal pangrango per 21 januari 2016: http://www.railway.web.id/2014/07/ja...pangrango.html

kalo diperpanjang sampai bandung, jadwal yang sudah ada bisa kacau. kemungkinan gak bisa dapet frekuensi 3x pp boo-si. padahal tambang duit daop 1 ini kan di jalur boo-si yang okupansinya sangat bagus meskipun tarifnya sudah komersial. pasti lebih diutamakan itu oleh daop 1 jalur boo-si nya. untuk cj-bd, lebih baik diurus daop 2 saja. alasannya faktor interaksi penumpang cj banyak yang kearah bd dibanding kearah si atau boo.
__________________
lantaran kebodohannja si koesir, maka kemaren di pintoe besar ada satoe sado jang soedah dilanggar stoomtram. banjak diantara koesir sado jang bodoh dan tiada patoet mengoesiri.

(pembrita betawi, 16 april 1909)
Djoko Lelono no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 06:16 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2020, vBulletin Solutions Inc.
vBulletin Security provided by vBSecurity v2.2.2 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2020 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us