Indonesia | Trains & National Railways | 7 - Page 390 - SkyscraperCity
 

forums map | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Railway and Station


Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old September 20th, 2019, 03:47 PM   #7781
bagus70
Ես ցանկանում եմ ծծել ձեր
 
bagus70's Avatar
 
Join Date: Dec 2011
Location: Surabaya. The City of Hot Headed Heroes.
Posts: 4,492
Likes (Received): 1356

Quote:
Originally Posted by fajarbuslovers View Post
Itulah alasannya kenapa saya sangat berharap kereta jarak menengah dan lokal sudah harus menggunakan DMU.

Terutama Argo Jati/Cirebon, Cireks, Gopar, Walahar dan Jatiluhur.

Ketika kereta sudah ditarik dengan DMU, maka akselerasi kereta akan bertambah hingga sama seperti KRL yg mencapai 3,5 km/j kuadrat sehingga ketepatan waktunya bisa seperti jaman dulu yg 2,5 jam dengan banyaknya stasiun yg berhenti.

Usulan ini sudah dibahas beberapa bulan lalu sama Om Leonard di thread Daop 1, Daop 2 dan KRL.
Dulu saya pernah mengusulkan hal serupa ke PTKAI tapi kemudian ditolak.
Kenapa begitu?
Karena biaya operasional DMU lebih tinggi daripada KA yang ditarik lokomotif. Apalagi kalau okupansinya extra banyak, sangat tidak efisien.
__________________
Visit Indonesia and enjoy the railway tour, volcanoes tour such as visit to mount Bromo and Ijen. Click: http://www.indonesianrailwaytour.com/
bagus70 no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old September 20th, 2019, 05:18 PM   #7782
fajarbuslovers
Bus & Model Photographer
 
fajarbuslovers's Avatar
 
Join Date: Aug 2014
Location: Bojong Menteng, Bekasi
Posts: 1,097
Likes (Received): 308


Bisa dimaklumi dan dilihat faktanya:
1. KRDE Madiun Jaya disetop
2. KRDE Prameks banyak yg problem.
__________________
Suka Foto Bus, Model dan Produk.
Instagram : @fbl.photoworks

fajarbuslovers no está en línea   Reply With Quote
Old September 20th, 2019, 07:11 PM   #7783
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,840
Likes (Received): 1256

Mending yg KA komuter jadikan commuter line aja
__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old September 20th, 2019, 08:20 PM   #7784
reyan.tm
reyan.tm
 
Join Date: Dec 2011
Posts: 807
Likes (Received): 364

Quote:
Originally Posted by irham2008 View Post
Mending yg KA komuter jadikan commuter line aja
Iya betul. Dari dulu saya mikir begitu. KA komuter atau KA lokal sebaiknya diurus KCI saja. Terserah pakai kereta jenis apa. Tapi sedikit demi sedikit sistem ticketing dipermudah seperti commuter line. Masih gak paham dengan sistem tiket KA Lokal yang mengharuskan pembelian manual setiap perjalanan, entah langsung ke loket atau lewat KAI Access. Ribet banget kalau tiap hari pakai layanan itu dua kali sehari. Sebetulnya banyak stasiun kecil juga yang seharusnya bisa dimatikan atau dibatasi untuk layanan KA Jarak jauh. Kemudian bisa dikonversi jadi stasiun komuter. Stasiun kecil yang cuma buat silang juga bisa dijadikan stasiun komuter. Mimpi banget layanan KAI bisa fleksibel dan murah.
reyan.tm no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 01:13 AM   #7785
Kanz_KAP
Registered User
 
Kanz_KAP's Avatar
 
Join Date: Nov 2018
Posts: 224
Likes (Received): 175

Pindahan dari thread solo railways

Quote:
=-R7-;162455872]GAPEKA 2019 yg sdh beredar di beberapa grup

(berlaku kapan? belum tahu)












Banyak kereta dengan rute baru
__________________

dimz_ctn liked this post

Last edited by Kanz_KAP; September 21st, 2019 at 01:18 AM.
Kanz_KAP no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 04:23 AM   #7786
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 2,844
Likes (Received): 543

kereta Bandung tarik ke Jakarta semua...
Lodaya gk keliatan...
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 05:04 AM   #7787
raihanaulia
Resident Image-corrector
 
raihanaulia's Avatar
 
Join Date: Sep 2013
Location: Jatinangor
Posts: 2,597
Likes (Received): 1540

buset dah Wilis dan Turangga ditarik ke GMR
__________________



Avatar yang ada di kiri post ini itu bagian dari sticker LINE kita lho!

Download yuk!


https://line.me/S/sticker/3243834
raihanaulia no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 05:04 AM   #7788
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,840
Likes (Received): 1256

mungkin ketimbun
__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 05:30 AM   #7789
erick17
Registered User
 
Join Date: Dec 2016
Location: Depok
Posts: 314
Likes (Received): 94

Beneran tuh Matarmaja dimajuin jadi jam 9/10 pagi?
erick17 no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 05:55 AM   #7790
-R7-
Registered User
 
-R7-'s Avatar
 
Join Date: Oct 2016
Location: Klaten
Posts: 387
Likes (Received): 116

Quote:
Originally Posted by spetznaz_kdi View Post
kereta Bandung tarik ke Jakarta semua...
Lodaya gk keliatan...
ketinggalan 1

__________________

dimz_ctn, abiyasad2 liked this post
-R7- no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 06:06 AM   #7791
dimz_ctn
Your Shit Says
 
dimz_ctn's Avatar
 
Join Date: Oct 2017
Location: Kotabaru - Jakarta
Posts: 1,079
Likes (Received): 456

Sancaka utara finally!
__________________
don't be afraid to be different, be yourself

Cabron del Mar liked this post
dimz_ctn no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 06:27 AM   #7792
spetznaz_kdi
Registered User
 
Join Date: Jun 2008
Posts: 2,844
Likes (Received): 543

Kirain Lodaya tarik ke Gambir juga...

Jakarta-Bandung, 18 perjalanan sehari. Ayo, sebelum HST selesai...
Ke Malang bisa setelah pulang kantor,
Ada BD-PWT via utara, sebelum Cisumdawu selesai... Klo bisa promo BD-KJT, tapi harus ganti bus di Jatibarang...


Kutojaya Selatan gak ada...
spetznaz_kdi no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 07:04 AM   #7793
erick17
Registered User
 
Join Date: Dec 2016
Location: Depok
Posts: 314
Likes (Received): 94

Quote:
Originally Posted by dimz_ctn View Post
Sancaka utara finally!
Quote:
Originally Posted by reyan.tm View Post
Iya betul. Dari dulu saya mikir begitu. KA komuter atau KA lokal sebaiknya diurus KCI saja. Terserah pakai kereta jenis apa. Tapi sedikit demi sedikit sistem ticketing dipermudah seperti commuter line. Masih gak paham dengan sistem tiket KA Lokal yang mengharuskan pembelian manual setiap perjalanan, entah langsung ke loket atau lewat KAI Access. Ribet banget kalau tiap hari pakai layanan itu dua kali sehari. Sebetulnya banyak stasiun kecil juga yang seharusnya bisa dimatikan atau dibatasi untuk layanan KA Jarak jauh. Kemudian bisa dikonversi jadi stasiun komuter. Stasiun kecil yang cuma buat silang juga bisa dijadikan stasiun komuter. Mimpi banget layanan KAI bisa fleksibel dan murah.
Saya sebenarnya sudah pernah nanya langsung ke dirjen perkeretaapian ttg keputusan reaktivisasi stasiun Delanggu, Srowot, Ceper setelah elektrifikasi YK-SLO Ternyata harus melihat demandnya dulu ....

Last edited by erick17; September 21st, 2019 at 07:30 AM.
erick17 no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 07:07 AM   #7794
erick17
Registered User
 
Join Date: Dec 2016
Location: Depok
Posts: 314
Likes (Received): 94

Tampaknya satu jadwal Argo Cheribon bablas ke PML, satu jadwal kaligung bablas ke CNP, dan 4 jadwal gopar bablas ke KAC

Ngomong2, jadwal KA lokal belum ada yaa (prameks, jatiluhur/walahar, penataran/dhoho)?
erick17 no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 07:28 AM   #7795
abiyasad2
Registered User
 
abiyasad2's Avatar
 
Join Date: May 2016
Posts: 91
Likes (Received): 45

Quote:
Originally Posted by -R7- View Post
ketinggalan 1
Yang Ekonomi jarak menengah masih kepotong
abiyasad2 no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 08:01 AM   #7796
MPSCLFJRN
A kid from yesterday
 
MPSCLFJRN's Avatar
 
Join Date: Apr 2017
Location: Depok
Posts: 982
Likes (Received): 315

Quote:
Originally Posted by bagus70 View Post
Dulu saya pernah mengusulkan hal serupa ke PTKAI tapi kemudian ditolak.
Kenapa begitu?
Karena biaya operasional DMU lebih tinggi daripada KA yang ditarik lokomotif. Apalagi kalau okupansinya extra banyak, sangat tidak efisien.
Menariknya Dirut saat ini malah ngide penggunaan KRD buat KAJM. Udah digodok dan disiarkan ke pers sejak tahun lalu dan finalisasinya tahun ini. Entah sudah masuk ke tahap pemesanan atau belum kalau sekarang, yang jelas kalo bukan sekedar wacana, akan ada 20 trainset KRDE SF10 (200 unit) untuk KAJM dengan bentuk seperti KRDE BIM dan BIAS.
__________________
#58
MPSCLFJRN no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 08:50 AM   #7797
redo-me
A Frog
 
redo-me's Avatar
 
Join Date: Feb 2016
Location: Transparent Coconut Shell
Posts: 718
Likes (Received): 403

Kereta favorit termurah (kalau dibandingkan dengan jaraknya), BRANTAS jadi berangkat pagi yak, padahal jadwal sekarang sudah enak banget, jam 5 sore dari PSE
redo-me no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 08:54 AM   #7798
dimz_ctn
Your Shit Says
 
dimz_ctn's Avatar
 
Join Date: Oct 2017
Location: Kotabaru - Jakarta
Posts: 1,079
Likes (Received): 456

Quote:
Originally Posted by erick17 View Post
Saya sebenarnya sudah pernah nanya langsung ke dirjen perkeretaapian ttg keputusan reaktivisasi stasiun Delanggu, Srowot, Ceper setelah elektrifikasi YK-SLO Ternyata harus melihat demandnya dulu ....
Semoga aja stasiun patukan, gawok, sedayu, rewulu juga diaktifkan untuk turun naik penumpang. Tapi kalau memungkinkan ya stasiun timoho dan janti jadi dibangun untuk menunjang KRL jogja solo.
.
Satu hal yang menyedihkan dari gapeka terbaru, "belum adanya kereta jarak jauh di stasiun wonogiri". Misal wonogiri-bandung, wonogiri-jakarta, wonogiri-tegal gitu...
__________________
don't be afraid to be different, be yourself

kipidi, alfhianz liked this post
dimz_ctn no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 10:15 AM   #7799
philipdj
Registered User
 
philipdj's Avatar
 
Join Date: Jun 2009
Location: Jakarta
Posts: 532
Likes (Received): 66

Quote:
Originally Posted by MPSCLFJRN View Post
2 jam 30 menit ya malah, tapi keadaannya waktu itu juga "lawan"-nya ga sebanyak sekarang dan taspatnya lebih tinggi juga di beberapa tempat. GMR-JNG 60, JNG-BKS 100. Sekarang GMR-JNG 40 (KRL boleh 60 di jalur layang), JNG-BKS 90, belom lagi taspat di emplasemen MRI dan JNG yang lagi dibangun.

Andaikata taspat-taspat ini ditingkatkan, malah buat Gopar (dengan arti singkatan yang sekarang) bisa jadi JB230 lagi atau sejelek-jeleknya JB240 atau JB245 lah.



KRD apalagi KRDE akselerasinya ga akan nyamain KRL karena jumlah kereta motornya ga sebanyak KRL. Plus kalo ga ada peningkatan taspat alias peningkatan kecepatan lintas, apa ga malah bakal sama aja waktu perjalanannya?

Dan ya kabar terakhir itu kan KRDE yang SF10 itu udah masuk penjajakan, mungkin sekarang udah dipesen, tinggal tunggu waktu aja sih kayaknya sampai bener-bener terealisasi.
kalau DMU nya kaya hitachi gitu mungkin bandel.. atau punya bombardier
philipdj no está en línea   Reply With Quote
Old September 21st, 2019, 12:15 PM   #7800
kipidi
Registered User
 
Join Date: Mar 2018
Posts: 60
Likes (Received): 55

Quote:
Originally Posted by reyan.tm View Post
Iya betul. Dari dulu saya mikir begitu. KA komuter atau KA lokal sebaiknya diurus KCI saja. Terserah pakai kereta jenis apa. Tapi sedikit demi sedikit sistem ticketing dipermudah seperti commuter line. Masih gak paham dengan sistem tiket KA Lokal yang mengharuskan pembelian manual setiap perjalanan, entah langsung ke loket atau lewat KAI Access. Ribet banget kalau tiap hari pakai layanan itu dua kali sehari. Sebetulnya banyak stasiun kecil juga yang seharusnya bisa dimatikan atau dibatasi untuk layanan KA Jarak jauh. Kemudian bisa dikonversi jadi stasiun komuter. Stasiun kecil yang cuma buat silang juga bisa dijadikan stasiun komuter. Mimpi banget layanan KAI bisa fleksibel dan murah.
Saya setuju. Sistem KA Lokal sebaiknya diserahkan ke KCI saja. Toh tujuan KCI sudah berubah dari yang awalnya hanya fokus di Jabodetabek tapi namanya sudah diubah jadi ada Indonesianya. Jadi tidak ada alasan untuk KAI untuk tidak memajukan anak perusahaannya. Pemerintah sekarang juga sudah sounding kemana-mana akan mengembangkan 10 metropolitan baru selain Jakarta. Bukan cuma di Jawa bahkan sampai ke luar Jawa.
Dengan menyerahkan pengelolaan kereta lokal ke KCI saya rasa lebih memudahkan rakyat bertransportasi. Stasiun KCI sudah benar-benar cashless bayar dengan emoney bahkan KCI bukannya sudah punya emoney kartu KMT sendiri kan. Itu peluang dapat uang ngendon didepan buat modal kerja yang lumayan sebenarnya. KRL Jabodetabek saja pergerakan penumpangnya 1juta perhari, kalau rata-rata harga tiket 3,000 rupiah. Berarti perhari ada potensi uang elektronik sebesar 3 milyar rupiah. Kalau kereta lokal yang support komuter kota lain di Indonesia lebih diperhatikan lagi maka saya yakin potensi akan jauh lebih besar dan menjanjikan.
__________________

JR1704RSD liked this post
kipidi no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 09:01 PM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions Inc.
vBulletin Security provided by vBSecurity v2.2.2 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us