DAOP I Jakarta (excluding KRL Commuterline) | Trains, Stations, and Developments - Page 60 - SkyscraperCity
 

forums map | news magazine | posting guidelines

Go Back   SkyscraperCity > Asian Forums > Indonesia Skyscrapers Forum > The Nationwide Fabric > Railway and Station


Global Announcement

As a general reminder, please respect others and respect copyrights. Go here to familiarize yourself with our posting policy.


Reply

 
Thread Tools
Old August 9th, 2019, 01:31 PM   #1181
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,759
Likes (Received): 1225

Reaktivasi Rangkas-Labuan



Klo diterusin smp Panimbang sabi juga tuh
__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 
Old August 19th, 2019, 03:53 AM   #1182
Anggacaesar
anggacaesar
 
Anggacaesar's Avatar
 
Join Date: Jan 2013
Location: Surakarta
Posts: 235
Likes (Received): 33

Stasiun Jatinegara 17 Agustus 2019



__________________
Arsitek itu harus banyak jalan-jalan

uuldhanz89 liked this post
Anggacaesar no está en línea   Reply With Quote
Old August 22nd, 2019, 12:39 PM   #1183
veology
Registered User
 
veology's Avatar
 
Join Date: Feb 2014
Location: Cibinong, Bogor
Posts: 1,352
Likes (Received): 1193

Tumben KA Pangrango Reguler pakai K3 Premium. Tapi labarnya ini ekonomi premium nya hanya kirim rangkaian untuk ujicoba KA Siliwangi. Ujicoba tanpa penumpang cmiiw. Sumber instagram bima_g93

__________________

JR1704RSD liked this post
veology no está en línea   Reply With Quote
Old August 27th, 2019, 05:26 AM   #1184
veology
Registered User
 
veology's Avatar
 
Join Date: Feb 2014
Location: Cibinong, Bogor
Posts: 1,352
Likes (Received): 1193

Tahun 2023 ke Bandung Bisa Naik Kereta Lewat Bogor

Quote:
Pemerintah tengah berupaya menghidupkan kembali jalur kereta mati atau reaktivasi Jawa bagian selatan. Jika sesuai rencana, nantinya jalur kereta Bogor bisa menyambung sampai ke Bandung.

Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Achyar Pasaribu menjelaskan, beberapa jalur saat ini sudah berhasil direaktivasi, salah satunya Cianjur-Ciranjang.

"Cianjur-Ciranjang sudah kita jalankan, 2018 kita bangun sepanjang 15 km, dan Cianjur-Ciranjang sudah jalan keretanya," katanya dalam perjalanan meninjau operasi kereta Cianjur-Ciranjang, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Pada tahun ini, pemerintah akan membuka jalur dari Ciranjang sampai Cipatat. Kereta ditargetkan operasi di awal tahun 2020.

"Kemudian 2019 kami sedang membangun jalur dari Ciranjang sampai Cipatat, sepanjang 15 km juga. Itu kami targetkan akhir tahun ini selesai. Awal tahun depan bisa operasilah. Kita sambung," ungkapnya.

Setelah itu, dari Cipatat akan disambung ke Padalarang. Namun, mengingat jalur eksisting curam maka akan dibuat semacam shortcut menuju Cilame.

"Kemudian dalam rangka tembus Bandung, dari Cipatat akan kita buat shortcut dari Cipatat sampai Cilame. Cilame stasiun yang dilewati Argo Parahiyangan sekarang. Kenapa nggak sampai Padalarang ke jalur eksisting, karena dari Cipatat sampai Padalarang kalau lewat jalur eksisiting terlalu curam," jelasnya.

Dengan begitu, nantinya jalur selatan yakni Bogor-Sukabumi-Cianjur-Ciranjang-Cipatat-Cilame-Bandung.

"Target kita 2023-2024 tembus Bandung, dari Bogor. Itu tergantung PT KAI mengoperasikan kereta apinya. Tapi, jalurnya sudah sambung," tutupnya.
Sumber https://m.detik.com/finance/infrastr...ta-lewat-bogor


Lanjutan lainnya

Rel Kereta Bogor-Bandung Bakal Tersambung Jembatan 10 Km

Quote:
Jalur kereta api dari Bogor menuju Bandung atau lintas selatan akan disambung. Namun, ada pekerjaan berat di mana salah satu ruasnya yakni Cipatat-Padalarang terdapat jalur curam dengan kemiringan sampai 42 derajat serta tanahnya tidak stabil.

Untuk mengatasi masalah tersebut, akan dibuat semacam jalan pintas atau shortcut dari Cipatat menuju Cilame.

"Kemudian dalam rangka tembus Bandung, dari Cipatat akan kita buat shortcut dari Cipatat sampai Cilame. Cilame stasiun yang dilewati Argo Parahiyangan sekarang. Kenapa nggak sampai Padalarang ke jalur eksisiting, karena dari Cipatat sampai Padalarang kalau lewat jalur eksisitig terlalu curam," kata Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Barat, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Achyar Pasaribu dalam perjalanan meninjau operasi kereta Cianjur-Ciranjang, Jawa Barat, Senin (26/8/2019).

Dia menuturkan, jalan pintas itu berupa jembatan dengan panjang kisaran 10 kilometer (km). Menurutnya, pembangunan ini bakal membutuhkan waktu yang lama.

"(Jembatan) 10 kilometeran. Kita lebih baik bangun jembatan daripada kita jalan lurus tapi curam dan tanah labil, lebih selamat gitu. Nah ini yang lama ini," ungkapnya.

Dia menuturkan, untuk membangun jembatan, studi kelayakan dilakukan pada tahun ini. Lalu, dilanjutkan pembuatan desain tahun 2020 dan pembebasan lahan di 2021. Soal lahan, dia menyebut hanya lahan kosong.

Selanjutnya, konstruksi dimulai pada 2022. Jika tepat waktu, tahun 2023 atau 2024 jalur kereta dari Bogor ke Bandung bisa nyambung.

Soal biaya pembangunan, Achyar belum bisa memaparkan lantaran masih dalam tahap studi.

"Itu belum tahu saya biayanya, kan di-studi dulu," tutupnya.
Sumber https://m.detik.com/finance/infrastr...jembatan-10-km
__________________

JR1704RSD liked this post
veology no está en línea   Reply With Quote
Old August 29th, 2019, 03:46 PM   #1185
Twisctre
Registered User
 
Twisctre's Avatar
 
Join Date: Mar 2017
Posts: 1,827
Likes (Received): 408

Kalo bener shortcut, memotong cipularang berarti.

Terus St Tagogapu jadi stasiun mati ya berarti?

Belajar dari KCIC soal pelurusan jalur sih
__________________
Twisctre yang di sini dan di forum sebelah adalah orang yang sama

http://kaskus.co.id/profile/8044231
Twisctre no está en línea   Reply With Quote
Old September 3rd, 2019, 05:48 PM   #1186
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,759
Likes (Received): 1225

__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Old September 14th, 2019, 06:59 PM   #1187
JR1704RSD
Registered User
 
JR1704RSD's Avatar
 
Join Date: Feb 2017
Location: Tangerang Selatan
Posts: 174
Likes (Received): 82

__________________

Gingerbread_Man liked this post
JR1704RSD no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 10:29 AM   #1188
gazart
Registered User
 
gazart's Avatar
 
Join Date: Jun 2015
Location: Niccasia
Posts: 3,492
Likes (Received): 4472

Layout peron di lantai 3-nya berubah lagi?
Jadi antara rel layang (Commuter Line) dari Bogor tidak terhubung wesel dengan rel layang (KAJJ) dari Jatinegara?
Foto ini saya dapat dari maket pameran Trans Expo 2019 di JCC.



Dan diujung utara peron KAJJ rel layangnya buntu tidak tersambung kemanapun (badug).




Kurang lebih seperti ini ya :

__________________

redo-me, uuldhanz89 liked this post

Last edited by gazart; September 15th, 2019 at 11:04 AM.
gazart no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 12:01 PM   #1189
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,759
Likes (Received): 1225

Reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung-Labuan Ditenggat 2022

Quote:
SERANG, REDAKSI24.COM – Setelah puluhan tahun mati, jalur kereta api (KA) Rangkasbitung-Labuan segera diaktifkan lagi. Pemulihan jalur KA legendaris penghubung wilayah Kabupaten Lebak dan Pandeglang itu, rencananya selesai tahun 2022.

Kepala Biro Infrastruktur dan Sumber Daya Alam Setda Provinsi Banten, Nana Suryana mengatakan, proses reaktivasi jalur KA tersebut dikerjakan dua segmen. Pertama, untuk Rangkasbitung-Pandeglang ditarget selesai tahun ini. Sementara, untuk tahap Pandeglang-Labuan rencananya baru dikerjakan konstruksi fisik pada tahun 2020.

“Masih dilakukan pendataan bagunan warga yang terdampak. Kan hampir 32 tahun terhenti operasi, tentu sudah banyak bangunan hunian warga di sepanjang jalur KA itu,” kata Nana Suryana kepada Redaksi24.com, Jumat (13/9/2019).

BACA JUGA:

. Jadi Icon Baru, Hall Stasiun KA Rangkasbitung Diujicoba

Dijelaskan, terdapat sekitar 700 hunian warga berdiri disepanjang jalur KA Rangkarbitung-Labuan yang sudah terdata. Bangunan warga yang terdampak itu akan diberikan kompensasi bagi yang sudah berdiri diatas 10 hingga 12 tahun.

“Usia bangunan kurang dari itu, tidak dapat (Kompensasi). Untuk jalur Pandeglang-Labuan masih didata, dan akan dilakukan sosialisasi bagi warga yang terdampak itu,” ujarnya.

Untuk pembiayaan, sambung Nana, itu dari Balai Perkeretaapian Jakarta Banten. Pemerintah Peovinsi Banten berharap reaktivasi rute kereta api Rangkasbitung-Pandeglang-Labuan bisa terlaksana dengan baik.

“Agar dapat segera dinikmati oleh masyarakat, Terutama untuk meningkatkan kemudahan arus lalu lintas barang dan orang,” ujar Nana.

Diketahui, Jalur kereta Rangkasbitung-Labuan sepanjang 70 kilometer itu dibangun pada tahun 1906 oleh staatsspoorwegen (SS), salah satu perusahaan pada zaman kolonial Belanda. Rute KA ini sempat menjadi primadona bagi warga Lebak dan Pandeglang. Hingga pada tahun 1980-an mulai kehilangan pamor, dan pada 1984 ditutup berhenti beroperasi lantaran kalah bersaing dengan moda transportasi darat lainnya.(Endang/Difa)
https://www.redaksi24.com/reaktivasi...itenggat-2022/
__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 02:44 PM   #1190
Gingerbread_Man
Traveller, Researcher
 
Gingerbread_Man's Avatar
 
Join Date: Nov 2013
Location: Medan, Jakarta
Posts: 6,388
Likes (Received): 2422

Stasiun Pasar Senen

__________________
Just Another Brick in the Wall

Visit my blog : http:\\www.ridethewind.wordpress.com

uuldhanz89 liked this post
Gingerbread_Man no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 03:52 PM   #1191
W2203
Registered User
 
Join Date: Dec 2012
Posts: 3,084
Likes (Received): 1122

Quote:
Originally Posted by gazart View Post
Layout peron di lantai 3-nya berubah lagi?
Jadi antara rel layang (Commuter Line) dari Bogor tidak terhubung wesel dengan rel layang (KAJJ) dari Jatinegara?
Foto ini saya dapat dari maket pameran Trans Expo 2019 di JCC.



Dan diujung utara peron KAJJ rel layangnya buntu tidak tersambung kemanapun (badug).




Kurang lebih seperti ini ya :

bukannya memang dari dulu begitu? yang nyambung ke jalur layang itu cuma dari BOO. untuk KAJJ emang badug di Lt 3. seinget saya di maket yang dulu di ujung badug ada percabangan untuk stabling lokomotif.

jalur bawah weselnya masih akan sama. jadi dari GMR masih bisa ke JNG sebenernya tapi lewat jalur KRL bukan jalur layang. harusnya di JNG masih ada weselnya karena dipo MRI masih akan dipertahankan kan?
W2203 no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 04:18 PM   #1192
UQIXpakeX
Noob
 
UQIXpakeX's Avatar
 
Join Date: Feb 2013
Location: Maospati
Posts: 367
Likes (Received): 106

Quote:
Originally Posted by gazart View Post
Layout peron di lantai 3-nya berubah lagi?
Jadi antara rel layang (Commuter Line) dari Bogor tidak terhubung wesel dengan rel layang (KAJJ) dari Jatinegara?
Foto ini saya dapat dari maket pameran Trans Expo 2019 di JCC.



Dan diujung utara peron KAJJ rel layangnya buntu tidak tersambung kemanapun (badug).




Kurang lebih seperti ini ya :

Berarti ga ada KAJJ ke gambir lagi nih..
UQIXpakeX no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 04:55 PM   #1193
masyogas
Registered User
 
masyogas's Avatar
 
Join Date: Jan 2017
Location: Bandung - Tangerang
Posts: 66
Likes (Received): 56

Quote:
Originally Posted by gazart View Post
Layout peron di lantai 3-nya berubah lagi?
Kurang lebih seperti ini ya :

Penasaran dengan alasan jalur KRL bogor JAKK dibuat 4 jalur (2 peron). Apa nantinya mau memisahkan penumpang tujuan akhir bogor/nambo dan yang depok saja ya

Atau jangan jangan jadi tempat stabling tambahan

Quote:
Originally Posted by W2203 View Post
bukannya memang dari dulu begitu? yang nyambung ke jalur layang itu cuma dari BOO. untuk KAJJ emang badug di Lt 3. seinget saya di maket yang dulu di ujung badug ada percabangan untuk stabling lokomotif.
Pe-er besar DAOP 1 itu tinggal benahin akses ke Manggarai kalau KAJJ udah resmi pindah
*note : akses taksi & kendaraan penjemput, terutama untuk paket keluarga atau yang bawa barang bawaan non kommuter
__________________
visit my blog

JR1704RSD liked this post
masyogas no está en línea   Reply With Quote
Old September 15th, 2019, 08:19 PM   #1194
Irsnia
Iyvi
 
Join Date: Apr 2015
Location: Jakarta
Posts: 385
Likes (Received): 105

Tebakan saya dibikin 4 jalur gitu paling buat motong sebagian rute BOO-JAKK jadi BOO/DP/NMO-MRI. Apalagi nanti buat menampung transitan dari arah SUD yg mana loop line cuma bakal diisi kereta Bekasi.

Untuk akses mah tanyain tuh ke Pemprov DKI... Sejauh ini belom ada berita ttg revitalisasi kawasan Manggarai dari pemprov (cmiiw).

Dan ada yg tau gk , akses dari arah barat MRI (Jl. Saharjo 1) itu cuma buat Railink apa bisa buat semuanya ?
Irsnia no está en línea   Reply With Quote
Old September 16th, 2019, 03:55 AM   #1195
W2203
Registered User
 
Join Date: Dec 2012
Posts: 3,084
Likes (Received): 1122

Quote:
Originally Posted by UQIXpakeX View Post
Berarti ga ada KAJJ ke gambir lagi nih..
semenjak ketok palu manggarai central (bukan manggari ultimate) emang nanti terminus KAJJ di MRI kok

Quote:
Originally Posted by masyogas View Post
Penasaran dengan alasan jalur KRL bogor JAKK dibuat 4 jalur (2 peron). Apa nantinya mau memisahkan penumpang tujuan akhir bogor/nambo dan yang depok saja ya

Atau jangan jangan jadi tempat stabling tambahan



Pe-er besar DAOP 1 itu tinggal benahin akses ke Manggarai kalau KAJJ udah resmi pindah
*note : akses taksi & kendaraan penjemput, terutama untuk paket keluarga atau yang bawa barang bawaan non kommuter
ga cuma BOO. tapi KA bandara dan KRL BKS juga 4 jalur di lantai 1. untuk akses setuju banget. makanya saya agak menyangkan ga dibuat underground parking pas pembangunan MRI central ini. kalau dibuat underground parking bisa dibikin jalur masuk dari arah pasaraya terus tembus ke arah selatan. kalo sekarang ga tau nanti parkirnya akan gimana.

Quote:
Originally Posted by Irsnia View Post
Tebakan saya dibikin 4 jalur gitu paling buat motong sebagian rute BOO-JAKK jadi BOO/DP/NMO-MRI. Apalagi nanti buat menampung transitan dari arah SUD yg mana loop line cuma bakal diisi kereta Bekasi.

Untuk akses mah tanyain tuh ke Pemprov DKI... Sejauh ini belom ada berita ttg revitalisasi kawasan Manggarai dari pemprov (cmiiw).

Dan ada yg tau gk , akses dari arah barat MRI (Jl. Saharjo 1) itu cuma buat Railink apa bisa buat semuanya ?
lahan sekitar MRI itu setau saya lahannya PT KA semua. tinggal gimana PT KA mau gimana
W2203 no está en línea   Reply With Quote
Old September 16th, 2019, 05:00 AM   #1196
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,759
Likes (Received): 1225

Ada tempat parkir gak nanti Manggarai Central?
__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Old September 16th, 2019, 06:39 AM   #1197
gazart
Registered User
 
gazart's Avatar
 
Join Date: Jun 2015
Location: Niccasia
Posts: 3,492
Likes (Received): 4472

Quote:
Originally Posted by W2203 View Post
bukannya memang dari dulu begitu? yang nyambung ke jalur layang itu cuma dari BOO. untuk KAJJ emang badug di Lt 3. seinget saya di maket yang dulu di ujung badug ada percabangan untuk stabling lokomotif.

...
Berarti perkiraan saya yang salah.
Untuk yang badugnya saya udah tau.
Tapi saya kira di emplasemen sisi selatan stasiun bakal ada wesel ke semua rel dan di emplasemen utara stasiun juga ada wesel ke semua rel terus ada sepur badug juga.

Benar-benar khusus banget ya jadinya, gak ada wesel yang saling terhubung di jalur layang antara rel KAJJ dan CL. Berarti lokomotif di peron KAJJ stasiun Manggarai kalau mau ke arah Bogor/Depok kudu turun dulu ke stasiun Jatinegara ya.

Quote:
Originally Posted by masyogas View Post
Penasaran dengan alasan jalur KRL bogor JAKK dibuat 4 jalur (2 peron). Apa nantinya mau memisahkan penumpang tujuan akhir bogor/nambo dan yang depok saja ya

Atau jangan jangan jadi tempat stabling tambahan

Pe-er besar DAOP 1 itu tinggal benahin akses ke Manggarai kalau KAJJ udah resmi pindah
*note : akses taksi & kendaraan penjemput, terutama untuk paket keluarga atau yang bawa barang bawaan non kommuter
Pastinya sih bisa jadi tempat stabling untuk KRL.

Nah ini pada saat saya tanya di booth mereka (orang DitjenKA) tidak tau menahu soal penggusuran. Namun kalau dari pembicaraan teman saya geser-gusur itu nanti ada mulai dari Pasaraya, depan stasiun hingga Jl. Manggarai Selatan dan nanti itu urusannya Pemprov DKI.

Quote:
Originally Posted by irham2008 View Post
Ada tempat parkir gak nanti Manggarai Central?
Ada, sesuai di maket, parkir sirip.
__________________
gazart no está en línea   Reply With Quote
Old September 16th, 2019, 08:16 AM   #1198
ratoru
Registered User
 
ratoru's Avatar
 
Join Date: Jun 2016
Posts: 1,576
Likes (Received): 711

Yup pasti buat stabling menanggulangi force majeur antara Manggarai sampai Gambir. Yang belum ada itu antara Pasar Minggu sampai Manggarai belum ada percabangan wesel kayak di UI. Kalau ada force majeur agak jauh penanganannya.
ratoru no está en línea   Reply With Quote
Old September 19th, 2019, 12:27 PM   #1199
irham2008
Registered User
 
Join Date: Jul 2018
Location: Bekasi, Jakarta, Surabaya
Posts: 1,759
Likes (Received): 1225

Mungkinkah ada KA yg langsung dr Jakarta - Merak yang terdiri atas KA eksekutif dan ekonomi premium?
__________________
CGK, JOG, SUB, DPS, LOP, PDG, MDC, SIN, JED, MED
irham2008 no está en línea   Reply With Quote
Old September 19th, 2019, 01:01 PM   #1200
bagasfakhr
Registered User
 
Join Date: Mar 2017
Location: Bekasi/Malang
Posts: 110
Likes (Received): 51

STASIUN JATINEGARA 14 SEPTEMBER 2019
[IMG]20190914_091450 by Bagas Fakhri Ramadhan, on Flickr[/IMG]
[IMG]20190914_091332 by Bagas Fakhri Ramadhan, on Flickr[/IMG] [IMG]20190914_091316 by Bagas Fakhri Ramadhan, on Flickr[/IMG] [IMG]20190914_091337 by Bagas Fakhri Ramadhan, on Flickr[/IMG] [IMG]20190914_091133 by Bagas Fakhri Ramadhan, on Flickr[/IMG]
__________________

W2203, uuldhanz89, khaleasy liked this post
bagasfakhr no está en línea   Reply With Quote
Sponsored Links
Advertisement
 


Reply

Thread Tools

Posting Rules
You may not post new threads
You may not post replies
You may not post attachments
You may not edit your posts

BB code is On
Smilies are On
[IMG] code is On
HTML code is Off



All times are GMT +2. The time now is 06:12 AM.


Powered by vBulletin® Version 3.8.11 Beta 4
Copyright ©2000 - 2019, vBulletin Solutions Inc.
vBulletin Security provided by vBSecurity v2.2.2 (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.
Feedback Buttons provided by Advanced Post Thanks / Like (Pro) - vBulletin Mods & Addons Copyright © 2019 DragonByte Technologies Ltd.

SkyscraperCity ☆ In Urbanity We trust ☆ about us