SkyscraperCity banner

wajib gk sih?

  • wajib

    Votes: 3 37.5%
  • nggak

    Votes: 5 62.5%
1 - 7 of 7 Posts

·
Registered
Joined
·
6 Posts
Discussion Starter #1 (Edited)
Komponen cadangan tidak hanya berlaku bagi warga negara laki laki tapi juga untuk perempuan, serta pesertanya harus yang sudah mempunyai pekerjaan.

Kementerian Pertahanan (Kemenhan) mengatakan Rancangan Undang-Undang (RUU) Komponen Cadangan yang mengatur hak dan kewajiban warga negara dewasa untuk membela negara bukanlah wajib militer (Wamil) seperti yang telah diberitakan oleh berbagai media.

RUU ini mengatur hak dan kewajiban semua warga negara dewasa untuk ikut serta dalam upaya bela negara, sehingga pelatihan yang akan diberlakukan nantinya tidak hanya berlaku bagi warga negara laki laki tapi juga untuk perempuan.

“Namun pesertanya harus yang sudah mempunyai pekerjaan. Usia awal yang akan diwajibkan kami perkirakan antara 18-25 tahun,” kata Direktur Jenderal Potensi Pertahanan, Pos M. Hutabarat, di Kemenhan, Jakarta, Kamis (2/8).

Usia awal untuk ikut serta dalam pelatihan komponen cadangan itu merupakan salah satu hal yang akan dibahas dalam RUU. Sebaliknya, batasan umur tertua untuk ikut sebagai komponen cadangan akan tergantung pada kompetensi dan spesialisasi yang dimiliki oleh masing-masing peserta.

Peserta akan mengikuti pelatihan yang pertama kali selama satu bulan dan selama itu, warga negara yang ikut pelatihan akan dibayarkan gajinya oleh negara.

Setelah itu pada tahun-tahun berikutnya, peserta akan ikut lagi dalam pelatihan selama dua minggu untuk penyegaran terhadap apa yang sudah dipelajari di pelatihan awal.

Lebih jauh, Pos mengatakan seorang warga negara tidak berhak ikut dalam pelatihan berikutnya apabila pada saat itu sedang dalam kondisi tidak sebagai karyawan dan terikat pekerjaan.

Alasannya, kata dia, karena tidak akan berhak menerima gaji dari negara sebagai kompensasi dari pekerjaan yang ditinggalkan sementara.

Pos juga mengatakan akan ada sanksi bagi perusahaan yang melarang karyawannya untuk ikut serta dalam pelatihan komponen cadangan. “Untuk tahap pertama akan diutamakan peserta dari pegawai negeri sipil dan badan usaha milik negara,” tandas dia.

sumber: http://www.beritasatu.com/nasional/6...kan-wamil.html

emang beneran nanti cewek juga HARUS ikut wamil??

ntar disuruh ngapaen aja ?
trus klo wajib nanti rambut harus dipotong pendek dong :eek:hno: ???
 

·
reyan.tm
Joined
·
860 Posts
Waduh. Saya sangat berharap acara seperti ini tidak akan dilakukan di Indonesia!!! Kitakan udah punya banyak tentara dan warga yang mau jadi tentara juga masih sangat banyak. Kenapa semua harus dikorbankan gini dong! kecuali kalau emang negaranya kecil dan pertahanan militernya tidak mencukupi seperti KorSel dan Israel, ya bisa dimaklumi. La ini, aneh-aneh aja. Meskipun tujuannya baik, tapi jauh lebih baik lagi kalau Wajib militer tidak berlaku di Indonesia.
 

·
Registered
Joined
·
1,383 Posts
di dunia ini perasaan cuman israel aja yg wamil perempuan ikut, korsel gak ikut...
klaupun perempuan disertakan mungkin difokuskan di bagian konsumsi ma medis
 

·
Registered
Joined
·
126 Posts
Gak usah susah2 mikirin wamil di Indonesia. Pikirin aja masalah yg lebih penting. Negara kita ga masuk hitungan negara yg bakal diserang sama negara manapun di dunia ini. Yakin deh. Apa yg mau diserang? Yang ada negara lain kasian liat kita yg masih banyak sekali masalahnya. Terutama kemiskinan yg merajalela.
 

·
Registered
Joined
·
2,436 Posts
singkatnya, wamil itu termasuk doktrin pertahanan negara, yaitu pertahanan rakyat semesta

gabakal diserang? trus natuna diklaim kita mo diplomasi pake apa? coba gugel apa itu gun boat diplomacy, dan kenapa serangan umum satu maret itu sangat vital bagi kemerdekaan negara : karena adanya nilai tawar dalam meja perundingan apabila "musuh" bisa diancam di lapangan

"speak softly, and carry a big stick"
 
1 - 7 of 7 Posts
Top