SkyscraperCity banner

Status
Not open for further replies.
1 - 20 of 710 Posts

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #1 (Edited)



Balikpapan is a city (population 546,380 as of 2005) on the island of Borneo, in Indonesia. It is the second largest city in the province of East Kalimantan. It is located on an inlet of Makassar Strait, about 115 km from Samarinda, the capital city of East Kalimantan. Mostly surrounded by sea, Balikpapan is an important center of the petroleum, mining, and timber industries.

The city is sometimes called the "Main Gate" of Kalimantan. It has one international airport, called Sepinggan, several harbors such as Semayang and Somber, and one port for the petroleum industry plus the future Kariangau international port.

Beside of that, Balikpapan is well known as the richest, cleanest, and one of the safest city in Indonesia.

Surrounded by a bay and strait, called Balikpapan Bay and Makassar strait, the city also has potential for business, such as trades and tourism. Many diverse people live in this peaceful city; Dayak, Bugis, Javanese, and some foreigners.


===========================================​


Previous thread :

Balikpapan, part I

Balikpapan, part II

Balikpapan, part III
 

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #2 (Edited)


=Balikpapan from Wikipedia=

Economy

Some multinational corporations have commercial activities in this city such as Pertamina (Indonesia), Total e&p Indonesie. (France), Chevron (US), Vico (US), Schlumberger, and Halliburton (US). Government Public Services also attract many people to work in this area, with presence of Bank Indonesia, Finance Department, Port of Semayang, and several others.

The city has several shopping centers built by private companies, including The Plaza Balikpapan (or 'Balikpapan Center'), Plaza Rapak, Mal Balikpapan Baru in Balikpapan Baru estate, Makro the hypermarket, and the newly open are Ewalk in Balikpapan Superblock district and Pasar Baru Square beside The Plaza Balikpapan. Index Furnishing boasts a large selection of furniture while ACE hardware is a popular source for home supplies. There are many traditional markets in Balikpapan such as Klandasan Market, Kebun Sayur Market, Baru Market, and Buton Market. Upcoming spots still under construction are Pasar Baru Square and Balikpapan Super Block.

The city has regular problems with electricity and water supply, which may be due to the city's rapid economic growth and lack of long-term planning. Balikpapan residents experience blackouts (mati lampu) of several hours three to four times a week. There are also water shortages (mati air), which sometimes last for more than a week.

Industrial activities play an important role in KIZ/KIK, which is planned to cover a large area. The dominant activities are large-scale and medium-scale industries. The production in this area includes food and beverage, rubber, processed wood, chemicals, metal, and charcoal. Almost all raw materials used in KIZ come from local sources, particularly agriculture.

The available warehouse functions as temporary storage for both finished products and raw materials prior to distribution. A new warehouse area will later be located near the seaport.

Transportation

Balikpapan's airport is the Sepinggan International Airport. This is the fourth busiest Indonesian airport and permits large aircraft.

Airlines currently using the airport are Lion Air, Wings Air, Merpati Airlines, Batavia Air, Mandala Airlines, Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Citilink (domestic routes), and Garuda Indonesia, and Silk Air (International routes).

The airport is one of the five principle sites in Indonesia where Muslims begin the pilgrimage to Mecca, the "Hajj". Between 1996 and 1997, the airport served over 4,500 East Kalimantan pilgrims, and from 1997 to 1998, it served pilgrims from East Kalimantan, South Kalimantan, Central Sulawesi, and North Sulawesi.

Other than the airport, Balikpapan also has a seaport called "Semayang" which has many destinations to Surabaya, Makasssar, Jakarta, Pare-Pare, and Manado. in 1990s, transportation using ships was very popular. But after the booming of so many new airlines with very cheap price, people now prefer travelling using airplanes to the ships.

The ferry is also another alternative for travelling to other places within coastal areas in East Kalimantan, such as Penajam.

Picture by krisdayantie/IF's member
 

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #3 (Edited)
Oil Refinery,-



The Balikpapan Oil Refinery is located on the shore of Balikpapan Bay and covers an area of 2.5 km². Established in 1922, it is the oldest refinery in the area. It was destroyed in World War II by the Allies of World War II and re-built in 1950. The refinery has two subunits, Balikpapan I and Balikpapan II.

Balikpapan I consists of two raw oil refinery units that produce naphtha, kerosene, gasoline, diesel fuel, and residue and one high-vacuum unit that produces 100 tonnes (approx 98 tons) of paraffin oil distillate (POD), used as raw material for wax factories. The wax itself has various grades and is sold domestically and internationally.

Opened on November 1, 1983, Balikpapan II has a hydro-skimming and hydro-cracking refinery and produces petrol, LPG, naphtha, kerosene, and diesel fuel.

=======================================================​

Pengembangan Wilayah Kota Balikpapan​

Pengembangan kawasan Industri KIK

Kegiatan yang akan berada di KIK dapat digolongkan menjadi 2 kegiatan besar : yaitu kegiatan industri dengan fasilitas pendukungnya sertakegiatan non industri yang berfungsi sebagai pendukung kegiatan industri yang ada. Beberapa kegiatan non industri yang akan dikembangkan adalah fasilitas akomodasi untuk pengunjung kawasan industri, kegiatan komersial dan jasa, perkantoran, rekreasi serta kegiatan penunjang lainnya yang diharapkan dapat mendukung kegiatan industri yang ada di Kawasan Industri Kariangau. Karena ada 2 kelompok kegiatan dalam kawasan ini, maka komponen kegiatan yang nantinya ada juga dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu komponen kegiatan industri dan komponen kegiatan non industri.

Berdasarkan analisis jenis industri yang berpotensi untuk dikembangkan, jenis industri yang akan ada di KIK dapat dikelompokkan menjadi kegiatan industri besar, menengah, dan kecil, dengan konsentrasi terbanyak adalah industri besar dan menengah. Selain itu juga akan dilengkapi oleh fasilitas pendukung kegiatan industri seperti Pelabuhan Laut, Pergudangan, Instalasi Pengolahan Limbah, dan fasilitas pemadam kebakaran.

a. Kegiatan Industri

Kegiatan industri merupakan kegiatan-kegiatan utama yang ada di KIK, direncanakan akan menempati lahan yang cukup luas. Seperti telah diuraikan di atas, kegiatan industri besar dan menengah merupakan jenis kegiatan industri yang dominan dibandingkan dengan industri kecil. Selain itu pembagian industri di kawasan ini juga didasarkan pada jenis produksinya, yaitu industri makanan dan minuman, karet, kayu (pengolahan hasil pertanian), industri kimia, industri logam, batubara, dan aneka industri. Industri kimia, batubara dan logam akan lebih diorientasikan untuk pasar di luar Propinsi Kalimantan Timur, sehingga lokasinya akan berada dekat dengan pelabuhan laut yang akan dibangun. Sementara industri pengolahan pertanian yang senagian besar bahan bakunya berasal dari daerah sekitar akan berada di dekat jalan utama kawasan yang menghubungkan kawasan industri ini dengan kota Balikpapan dan daerah2 lain di sekitarnya.

b. Pergudangan

Pergudangan yang akan disediakan berfungsi untuk penyimpanan sementara, baik itu barang hasil produksi maupun bahan baku, sebelum dikirim ke tempat tujuan. Kawasan pergudangan ini akan berada dekat pelabuhan laut, atau bahkan berada dalam satu kawasan dengan pelabuhan laut. Karena berfungsi untuk tempat penyimpanan sementara, maka kawasan pergudangan yang dibangun tidak terlalu luas.

c. Pelabuhan Laut

Kawasan industri Kariangau akan dilengkapi oleh pelabuhan laut untuk angkutan barang, khususnya barang-barang hasil produksi. Pelabuhan laut ini akan dilengkapi dengan peralatan bongkar muat untuk kontainer atau peti kemas, seperti crane dan lapangan penumpukan peti kemas. Selain itu pelabuhan tersebut juga dipersiapkan sebagai pelabuhan ekspor, sehingga akan dilengkapi dengan kantor dokumen ekspor, bea cukai dan fasilitas pendukung kegiatan ekspor lainnya.

d. Fasilitas Pemadam Kebakaran

Kegiatan industri merupakan kegiatan yang cukup rawan kebakaran, untuk itu diperlukan fasilitas penanggulangan bahaya kebakaran yang memadai, berupa hidran kebakaran dan mobil kebakaran. Karena jenis industri yang akan dikembangkan ada yang berupa industri kimia, maka fasilitas pemadam kebakaran yang disediakan juga harus ampu untuk menaggulangi bahaya kebakaran dari bahan kimia, yang biasanya lebih sulit ditanggulangi.

e. Instalasi Pengolahan Limbah

Kawasan Industri Kariangau akan menyediakan lahan untuk pembangunan pengolah limbah, baik padat maupun cair. Bangunan pengolah limbah ini akan mengolah limbah cair yang dihasilkan oleh kawasan industri sebelum dibuang ke laut atau sungai. Untuk seluruh kawasan industri akan dibangun pengolah limbah terpadu sehingga masing-masing industri tidak perlu membangun pengolah limbah tersendiri, kecuali untuk industri-industri tertentu. Selain itu cairan limbah dapat digunakan juga sebagai katalisator pengolah limbah padat yang akan dilakukan di TPA.

f. Fasilitas Umum

Kegiatan industri membutuhkan beberapa fasilitas umum yang sifatnya menunjang kegiatan industri, seperti bank, poliklinik, kantor pos, kafetaria/restoran, pertokoan dan fasilitas peribadatan. Fasilitas tersebut akan dikumpulkan dalam satu tempat, sehingga akan lebih mudah dijangkau. Lokasi fasilitas umum untuk kawasan industri adalah pada sub pusat kawasan. Karena sifatnya sebagai fasilitas penunjang maka skala pelayanan dan kegiatan fasilitas yang ada pada sub pusat ini tidak terlalu besar.

Pengembangan Kawasan Wisata

1. Zona A

Terdiri dari kawasan Hutan Lindung Sungai Wain, Kawasan Taman Laut Kapal Karam Hang Tuah dan Pelabuhan Balikpapan.

2. Zona B

Terdiri dari Kawasan Hutan Mangrove di sekitar Sungai Wain dan kawasan Hutan Mangrove sebelah barat kawasan Hutan Lindung Sungai Wain.

3. Zona C

Terdiri dari Kawasan Hutan Wana Wisata dan Agrowisata

4. Zona D

Terdiri dari kawasan wisata Pantai Manggar, Pantai Lamaru dan Makam Jepang, Kebun Salak Gunung Binjai dan Penangkaran Buaya

5. Zona E

Terdiri dari kawasan wisata Monpera, Taman Bekapai, Pantai Melawai, Canon Jepang

Pengembangan Kawasan Perdagangan

Sektor perdagangan untuk saat ini menunjukkan kemajuan yang cukup pesat, dimana tempat-tempat perbelanjaan yang ada cukup banyak dan dana pembangunannya diambilkan dari APBD dan Swadaya masyarakat serta pinjaman dari Pemerintah Daerah.

Balikpapan merupakan kota minyak juga sebagai kota perdagangan yang dengan demikian tidaklah mengherankan apabila terdapat berbagai sarana dan prasarana perdagangan, dimana untuk sektor ini, Balikpapan tidak hanya melayani kebutuhan dalam daerah tetapi juga melayani masyarakat dari luar daerah terutama untuk Propinsi Kalimantan Timur.

www.balikpapan.go.id

=======================================================

Some photos of Balikpapan Skylines



BIG Thanks to Abdullatiefku, Uut_M, KaltimBox.com, Edmanid, and absolutely Mr David Windra

-Great JOB brothers :eek:kay: Lanjutkan !! :banana:-​
 

·
Banned
Joined
·
5,357 Posts
Balikpapan sekarang tumbuh menjadi kota yang penuh dengan segala permasalahannya, salah satunya adalah kemacetan lalu lintas... kebersihan...
Minimal kita2 yang aktif disini... peduli terhadap lingkungan di Balikpapan... dengan tidak membuang sampah sembarangan adalah bentuk kecil sumbangsih kita buat kemajuan Balikpapan ini.
Dan saling menghargai sesama pengguna jalan raya, mematuhi rambu2 lalu lintas.
Saya senang sekali kalau orang2 luar Balikpapan selalu mempunyai image yang positif buat Balikpapan... tidak hanya perkembangan kotanya misalnya gedung A, B, dan C, dst... tetapi disiplin warganya juga tetap membuat wajah kota ini enak dipandang mata.

Cheers.
 

·
Fergie Boys
Joined
·
1,523 Posts
Congrats buat Thread ke-4 Kota Balikpapan...:cheers::cheers::cheers:...semoga semakin maju dan berkembang...agar bisa bersama-sama bahu-membahu dengan kota dan kabupaten lainnya menarik gerbong pembangunan benua etam kalimantan timur...:banana::banana::banana:
 

·
sayonara hajimemashite
Joined
·
445 Posts
Happy 4th thread :cheers:

keren ya balikpapan, apalagi yg di pinggir lautnya moga2 aja ke depannya bisa penuh skyscrapers kayak Manhattan :D
 

·
gumiho
Joined
·
11,118 Posts
woaaa :eek2::dance2::rock:
bener-bener deh....
bangga banget jadi orang Indonesia,,,,
kedepannya Balikpapan akan jadi waterfront City yang sangat indah,,, gak kalah sama Johor Bahru...
coba tengok pic johor bahru ini,,

sekarang jadi tidak minder lagi deh sama negara tetangga...
kita bisa membanggakan diri kalau kota-kota di Indonesia juga maju-maju!!!
keep update bro.... terutama pic yang keren-keren dari Balikpapan
biar semua orang Indonesia tau kalau yang maju tidak Jakarta saja..
 

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #9
^^ Banyak terima kasih buat dukungan teman-teman SSC Indonesia :bow::bow:

Semoga dikedepannya Balikpapan akan terus tumbuh menjadi kota yang dinamis, dan nyaman untuk dikunjungi maupun ditinggali oleh warganya :) Karena itu kami akan terus berbenah dan berbenah lagi demi mengejar ketertinggalan
 

·
Moderator
Joined
·
9,855 Posts
Wah selamat ya buat thread ke 4 nya :cheers::cheers:

Thanks banget lho buat big thanks nya hahaha :D:D:D
Maju terus kota Balikpapanku :cheers:
 

·
Registered
Joined
·
1,764 Posts
Proficiat.... atas munculx thread Balikpapan yang IV....
Inilah salah satu kota yg sering sy plototin di SSC dan kagum atas kemajuannya...
Sekali lagi bravo.....

Maju truz kota Balikpapan....
 

·
Registered
Joined
·
468 Posts
Wow sdh thread ke 4...Congratulation....:). Foto Bppn yg pertama gile...keren banggetttzz... mantaf deh..:). Mudah2an makin bnyk foto2nya ya..hehehe.
 

·
VEK2009
Joined
·
1,385 Posts
^^ Great shot Huda... terlihat lokasi seaview apart di perluas
-----------------------------------------------

selamat untuk thread ke 4 kota balikpapan :eek:kay:

terus maju :cheers:
 

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #15
Thanks huda/Uut_M, ^^Balikpapan aerial pics nya :eek:kay:

Baru dari Jogya, Jakarta, or Surabaya nh ? :| feelingku kamu sedang dalam kabin pesawat A320 nya Mandala, karena gk mungkin itu A320 Airasia, karena airasia udah stop terbang ke BPN beberapa wktu lalu :cheers:
 

·
Registered
Joined
·
468 Posts
Thanks huda/Uut_M, ^^Balikpapan aerial pics nya :eek:kay:

Baru dari Jogya, Jakarta, or Surabaya nh ? :| feelingku kamu sedang dalam kabin pesawat A320 nya Mandala, karena gk mungkin itu A320 Airasia, karena airasia udah stop terbang ke BPN beberapa wktu lalu :cheers:
Jakarta Sis...:). Yup, Mandala... Andalanku Air Asia dah gak ada lagi...hiks. Tp Mandala oke juga, tibanya di terminal 3 jg....keren bandara term 3-nya..:)
 

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #17
Jakarta Sis...:). Yup, Mandala... Andalanku Air Asia dah gak ada lagi...hiks. Tp Mandala oke juga, tibanya di terminal 3 jg....keren bandara term 3-nya..:)
^^ I See Huda :cheers:


===================================================


Another photo of Balikpapan Skyline




credit to [url="http://www.flickr.com/photos/mulyru/]Mulyru[/url]​
 

·
Classy with Phan
Joined
·
11,664 Posts
Discussion Starter #20
^^ Ok banyak-banyak terima kasih temen2 forum SSC buat upload foto2 Balikpapan nya :master:,

Mari kita mulai berita perdana di thread ke-IV nya Balikpapan ini :cheers:

----------------------------------------​

Antisipasi Bencana di Kota Balikpapan
Tagana Siap Diterjunkan di Kawasan Bencana


BALIKPAPAN
--Memasuki musim penghujan, seluruh warga kota Balikpapan diminta untuk hati-hati dengan berbagai kemungkinan terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan angin puting beliung.

Sebab musibah ini seperti berulang kali terjadi di kota Balikpapan di saat musim hujan tiba. Untuk mengantisipasi kejadian ini pihak Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) telah mempersiapkan para anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan berbagai kecakapan.

Mereka pun diberikan pembekalan dan pelatihan tentang berbagai antisipasi dan penanggulangan bencana yang diadakan di aula kantor Jamsostek, kemarin. Pelatihan yang dibuka langsung oleh Wawali HM Rizal Effendi SE ini diadakan selama 7 hari dengan berbagai materi yang meliputi teori dan praktik langsung di lapangan sehingga para anggota Tagana siap untuk diterjunkan di berbagai medan.

“Para anggota Tagana harus dilengkapi dengan berbagai kecakapan dan penguasaan peralatan,” kata Rizal saat memberikan arahan dalam pembukaan pelatihan Tagana. Menurut Rizal, para anggota Tagana ini seperti pasukan khusus yang harus dilengkapi dengan kecakapan khusus, sebab nantinya saat terjadi bencana maka para anggota Tagana akan diterjunkan langsung menangani bencana tersebut.

Bahkan dalam pengiriman relawan ke luar kota untuk membantu para korban yang tertimpa musibah, para anggota Tagana ini, lanjut Rizal, layak untuk dikirim karena mereka telah memiliki keterampilan dan mendapatkan pelatihan kecakapan dalam menangani bencana.

Ia sempat menceritakan bahwa dalam musibah gempa bumi yang terjadi di Padang, banyak yang meminta ke Pemkot Balikpapan untuk dikirim ke lokasi bencana, tetapi karena yang meminta dikirim ini tidak memiliki kecakapan dalam menangani bencana, akhirnya Pemkot Balikpapan tidak menyetujui pemberangkatan mereka.

Karena khawatir saat berada di lokasi musibah malah tidak bisa berbuat apa-apa. Maka dengan adanya anggota Tagana yang sudah terlatih ini, Rizal pun siap mengirimkan mereka ke lokasi bencana yang ada di daerah lain untuk mewakili kota Balikpapan dalam membantu para korban. “Silakan meningkatkan keahlian yang dimiliki sehingga bisa berguna di kemudian hari,” ujar Rizal.

Karena sudah memasuki musim hujan, Rizal pun meminta kepada masyarakat Balikpapan untuk berhati-hati dengan cuaca yang buruk ini, terutama mereka yang tinggal di kawasan rawan banjir dan tanah longsor untuk selalu siaga dalam cuaca yang sewaktu-waktu mendatangkan hujan lebat dan angin kencang.

Sementara itu Kabid Sosial Disnakersos Pemkot, Drs I Ketut Rasna menyampaikan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini para anggota Tagana yang berjumlah 30 orang akan selalu disiagakan di setiap kelurahan sehingga begitu ada bencana di salah satu kelurahan, mereka pun langsung saling berkoordinasi untuk memberikan pertolongan.(are)
 
1 - 20 of 710 Posts
Status
Not open for further replies.
Top