SkyscraperCity banner
1 - 20 of 1289 Posts

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #1 · (Edited)


THE NEW METROPOLITAN BUSINESS CENTER IN BANDAR LAMPUNG
The Greatest Mall & Integrated Hotel in Bandar Lampung





Architect : Basuki Husodo

^^^^^^^^
Owner, Developer, & Kontraktor:

PT. Sekawan Chandra Abadi (Chandra Group / Chandra Superstore),
The Biggest Retail Company in Lampung



Lokasi : Jl. Teuku Umar-Sultan Agung No.1 , Kota Bandar Lampung 35142
Luas Areal Tanah : sekitar 3,4 hektar (34.000 m2)
Jumlah Total Lantai Bangunan : 4 Lantai + 1 Basement Mall + 6 Lantai Hotel
Konsep Bangunan : Bergaya arsitektur modern dengan sedikit sentuhan etnis khas Lampung, dan terdapat banyak ruangan terbuka dan ruang-ruang kaca

Kawasan ini terdiri dari :


Lifestyle (family) mall pertama di Lampung
5 Lantai Mal, termasuk satu lantai Basement
(Telah Diresmikan -> Sabtu, 12 Juli 2014)






Radisson® Hotel Lampung

TAHAP 2
Mall Extension, and future development (apartment, etc)
^^^^^^
Informasi diolah dari berbagai sumber... Dan informasi sewaktu-waktu dapat berubah...
Mohon maaf bila ada kesalahan informasi di thread ini, CMIIW...
 

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #3 · (Edited)
^^ Besok akan saya update progress-nya... Ditunggu ya bro... :) :) :)



Pembangunan BKM Serap 5.000 Pekerja
Sumber di Bandar Lampung P&D

BANDARLAMPUNG - Pembangunan Boemi Kedaton Mall (BKM) di Jl. Z.A. Pagaralam Bandarlampung, akan menyokong sektor pariwisata di Lampung. Karena selain pusat perbelanjaan, di lokasi ini juga akan dibangun hotel, restoran, ruang pameran, ruangan pertemuan, serta menyiapkan ruang pusat kerajinan khas Lampung dari Dekranasda. Ini diharapkan bisa menjadi ajang promosi beragam hasil kerajinan seni dan budaya masyarakat Lampung.

Alesius Pimpinan Chandra Departemen Store menyebutkan, pembangunan BKM sebagai sentra bisnis baru metropolitan mampu menyerap 5.000 pekerja. "Adanya ini (BKM, Red) juga akan membantu pemkot mengurangi angka pengangguran karena akan menyerap ribuan tenaga kerja," ujarnya.

Pembangunan mal ini terbagi tiga tahap. Pada tahap pertama diestimasikan akan menyerap sekitar 1.000-1.500 tenaga kerja. Lalu, tahap kedua diperkirakan menyerap 2.000-2.500 pekerja. Dan tahap tiga, tenaga kerja yang terserap lebih banyak, yakni 4.000-5.000 orang.

Alesius menceritakan terkait pemberian nama Beomi Kedaton Mall. Menurutnya, Kedaton punya sejarah yang sangat dekat dengan masyarakat Lampung. Sedangkan kata Beomi didapat saat dirinya berdiskusi dengan Gubernur Lampung Sjachroedin Z.P. Sementara mal merupakan pusat perbelanjaan besar.

Mantan Wali Kota Bandarlampung Drs. Hi. Eddy Sutrisno, M.Pd. memberikan apresiasi tinggi kepada Chandra yang akan membangun pusat perbelanjaan besar di tengah krisis perekonomian.

"Secara tidak langsung, hadirnya BKM akan mengurangi tingkat kemiskinan dan pengangguran masyarakat Bandarlampung. Selain memenuhi kebutuhan fisik, pembangunan mal ini nantinya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan rohani. Karena juga sebagai tempat rekreasi dan pariwisata," tuturnya.

BKM mengusung konsep bangunan bergaya arsitektur modern. Di mana nantinya banyak ruangan terbuka dan ruang-ruang kaca. Di areal seluas 26 ribu meter persegi ini akan dibangun gedung seluas 79 ribu meter persegi dengan tujuh lantai. Pembangunan BKM diperkirakan menelan dana Rp75-100 miliar. BKM bakal dibangun dalam tiga tahap. Tahap pertama akan memakan waktu 2-3 tahun. Dengan bangunan awal tiga lantai dan luas bangunan 30 ribu meter persegi. Ini didukung dua jalan masuk, yakni dari Jl. Sultan Agung dan Jl. Teuku Umar. Areal parkir dikonsep lebih nyaman dan luas hingga lantai tiga. Pada tahap pertama ini akan dibuat area supermarket, hall, lobi, department store, pusat jajanan pasar (food court), serta 15 konter indoor dan 15 konter outdoor.

Pembangunan tahap dua akan ada penambahan area parkir, gedung serbaguna, dan bioskop dengan luas bangunan 15 ribu meter persegi. Sedangkan tahap III direncanakan pembangunan hotel dengan fasilitas penunjang seperti restoran, arena bermain anak-anak, convention hall, ruang pameran, dan area parkir.

Sementara itu, Basuki selaku arsitek BKM menegaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dishub, Ditlantas, dan P3LH untuk memperhatikan lingkungan sekitar. Seperti memperhatikan pembuangan limbah dengan melakukan penelitian selama setahun. ''Sehingga limbah yang dibuang nantinya tidak mengganggu lingkungan sekitar. Dan jangan khawatir akan terjadinya kemacetan, karena kami juga mendesain pintu masuk dan keluar yang jauh dari jalan raya," ungkapnya. (asw/din)
dari Bandar Lampung P&D
http://radarlampung.co.id/read/bandarlampung/metropolis/2951--tahun-2010-kota-bangun-mal-lagi
Tahun 2010, Kota Bangun Mal Lagi

BANDARLAMPUNG – Kawasan pusat perbelanjaan di kota ini semakin bertambah padat. Ini menyusul rencana adanya pembangunan Mal Bumi Kedatun (MBK) di Jl. Sultan Agung atau tepatnya di belakang pos polisi Jl. Teuku Umar, Kedaton.
Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Bandarlampung Adi Erlansyah mengatakan, proses pembangunan MBK mulai dilakukan Januari 2010 mendatang. Ia mengakui satuan kerja yang dipimpinnya telah memberikan izin pematangan lahan dalam bentuk keterangan rencana kota (KRK).
’’Ini investasi pertama pada tahun anggaran 2010 nanti. Tapi, kita belum mengetahui berapa nilai investasi yang ditanamkan MBK di kota ini. Yang jelas, satu investor lokal sudah memastikan menanamkan sahamnya melalui bidang perdagangan,” kata mantan sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Kota (Bappeko) Bandarlampung ini kepada Radar Lampung di ruang kerjanya kemarin.
Dilanjutkan Adi, kota ini hanya bisa mengembangkan investasi di bidang jasa dan perdagangan. Ia beralasan lahan yang semakin sempit karena banyak kompleks permukiman. ’’Karenanya, pembangunan MBK ini diharapkan bisa memecah konsentrasi konsumen yang selalu berbelanja di pusat kota, baik Tanjungkarang maupun Telukbetung,” terangnya.
Untuk itu, terus Adi, pembangunan MBK akan menjadi solusi untuk memecah kemacetan arus lalu lintas yang menumpuk di pusat kota. Ia menuturkan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) setempat telah mengkaji analisis dampak lalu lintas terhadap akibat adanya pembangunan MBK di Jl. Sultan Agung tersebut.
’’Keberadaan lokasi pembangunan MBK telah dikaji Dishub,’’ ujarnya. Adi menambahkan, proses perizinan pembangunan MBK tinggal menunggu izin membangun bangunan (IMB) yang rencananya dikeluarkan setelah administrasi selesai secara keseluruhan. ’’Setelah IMB beres, baru kita mengeluarkan surat izin tempat usaha (SITU) kepada pihak manajemen MBK,” bebernya.
Pada bagian lain, Adi mengaku sedang menyusun rencana umum penanaman modal (RUPM) sebagai gambaran sektor-sektor apa yang akan dijual kepada investor asing maupun lokal. ’’Tentunya, kita akan menawarkan potensi investasi dengan menyediakan infrastruktur yang baik, air bersih yang cukup, dan kebijakan tata ruang yang ideal,’’ pungkasnya.:cheers:
 

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #5 · (Edited)
^^ iya... kita jg berharap proyeknya dapat berjalan lancar hingga saat opening nanti...
btw masih lancar2 saja kok pembangunannya sampai skrng... masih bergeliat kok pembangunannya, bahkan mungkin terus dikebut...
Nanti gw kasih progressnya... ;)


^^
Foto Ground Breaking BKM oleh Pemilik Chandra Group, Alesius Bunawan, disaksikan oleh mantan walikota Bandar Lampung 2005-2010, Drs. Hi. Eddy Sutrisno, M.Pd
Sumber : Radar Lampung, Kamis, 24 Desember 2009



^^
Ucapan Selamat atas Peletakan Batu Pertama BKM
Sumber
: Radar Lampung, Rabu, 23 Desember 2009
 

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #10 · (Edited)
Saya kasih tau mengapa saat peletakan batu pertama akhir 2009, ternyata proyek baru bergeliat pembangunannya tahun ini...

Awalnya, DPRD kota sempat akan menghentikan proyek ini pada Januari 2010, karena mereka menanyakan izin2 dalam pembangunan mal ini... Makanya proyek sempet terhenti sejenak...
Namun, beberapa bulan kemudian, Pembangunan Boemi Kedaton Mall (BKM) dapat dilanjutkan kembali karena telah sesuai prosedur, dan telah mengantongi izin2 terkait pembangunan itu. Mulai saat itu, pemkot tidak akan menghentikan pembangunannya kembali.

Sumber : http://www.radarlampung.co.id/read/bandarlampung/metropolis/7328-bkm-justru-dukung-permukiman
BKM Justru Dukung Permukiman

JUMAT, 05 FEBRUARI 2010 | 08:46 WIB
BANDARLAMPUNG - Pembangunan Boemi Kedatun Mall (BKM) di perempatan lampu merah Jl. Sultan Agung dan Jl. Teuku Umar, Kedaton, telah sesuai prosedur. Oleh sebab itu, pemkot tidak akan menghentikannya.
Kepala Badan Penanaman Modal dan Perizinan (BPMP) Bandarlampung Adi Erlansyah mengatakan, izin pendahuluan membangun (IPM) sudah diterbitkan beberapa waktu lalu.
Sementara, terus dia, izin mendirikan bangunan (IMB) dikeluarkan setelah pembangunan berjalan 60 persen. ’’Sesudah itu, pengusaha baru mengusulkan surat izin tempat usaha (SITU) sesuai fungsi awal,” terangnya kemarin.
Adi menjelaskan, proses pembahasan perizinan pembangunan BKM sudah dilakukan sejak awal tahun 2008. Sedangkan pengusaha BKM mengajukan permohonan izin pada 2007.
’’Saat itu, kita juga turut diundang membahas perizinan pembangunan BKM. Dan, semuanya sudah diproses sesuai persyaratan yang berlaku,” ungkapnya.
Kepala Dinas Tata Kota (Kadistako) Bandarlampung Choiria Pandarita menyatakan hal senada. Dia menjelaskan, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kedaton memang bukan wilayah bisnis, namun permukiman.
’’Tetapi jangan salah, pembangunan BKM ini justru untuk mendukung kemajuan wilayah permukiman yang ada di daerah tersebut,” bebernya. Menurutnya, fungsi utama dan pendukung suatu daerah harus berimbang.
Choiria mengingatkan, pengembang sudah melengkapi persyaratan yang diperlukan. Selain itu telah melewati pengkajian detail selama dua tahun berturut-turut.
’’Itulah yang jadi bahan pertimbangan kami (Distako, Red) memberikan izin. Pengkajian yang dilakukan untuk menyeimbangkan agar fungsi utama tidak berubah drastis,” jelasnya.
Dalam kesempatan itu, Choiria menyesalkan keinginan Komisi C DPRD Bandarlampung yang ingin menghentikan sementara pembangunan BKM. ’’Dewan tidak dapat semudah itu merekomendasikan penundaan pembangunan BKM,” tegas wanita berjilbab ini.
Alasan komisi C karena menganggap Kecamatan Kedaton diperuntukkan sebagai pusat pendidikan, permukiman, dan seni budaya. Karenanya, komisi itu meminta RTRW Kedaton diubah terlebih dahulu.
Anggota Komisi C Handrie Kurniawan menjelaskan, pemkot harus menjamin keberadaan mal tidak menimbulkan kemacetan. Wakil Ketua Komisi C DPRD Bandarlampung Ayub Sulaiman juga punya pendapat senada. (*)
More NEWS...
Chandra Berikan Kontribusi Positif
KAMIS, 25 NOVEMBER 2010 | 10:11 WIB
BANDARLAMPUNG -

.....

Aloysius menambahkan saat ini tengah berencana membangun Boemi Kedaton Mall. Sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah, sekitar 10 toko diserahkan kepada pemda untuk dijadikan tempat promosi kegiatan maupun produk asli Lampung. ’’Mohon doa restu semoga dapat selesai dalam waktu tiga tahun ini,” harapnya.

.....

Sumber : Radar Lampung Online
Saya optimis kok proyek ini akan selesai tepat pada waktunya, karena pembangunannya terus berlanjut sampai sekarang. Sampai hari ini, awal Juni 2012 pada tahap pertama pembangunan, konstruksi basement dan lantai 1 sdh mencapai tahap akhir, dan sedang menggarap yang lantai ke-2. :cheers: :cheers:
Saya akan hunting ke lokasi proyek besok, so... stay tune ya all...
Tunggu update progress-nya esok hari... :) :) :)
 

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #12 · (Edited)
PROGRESS 2 JUNI 2012
Nih... 6 foto sekaligus dalam berbagai sudut, hehehe...
:cheers::cheers::cheers:
^^













SEDANG MENGGARAP LANTAI 2-nya... Trus dikebut... MANTAP!!!
:banana: :banana: :banana:
 

·
Puja Kesuma
Joined
·
1,755 Posts
^^
btw, Kontraktornya siapa ya untuk BKM?:cheers::cheers::cheers:,

Mantaplah walaupun tak tampak TC, tapi yang penting progress
 

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #14 · (Edited)
lampung_gech said:
^^
btw, Kontraktornya siapa ya untuk BKM?:cheers::cheers::cheers:,

Mantaplah walaupun tak tampak TC, tapi yang penting progress
Kurang tw soal itu, tapi sepertinya proyek ini dibangun oleh kontraktor lokal... Buktinya ga ada tanda klo BKM dibangun kontraktor nasional, seperti PP, TOTAL, ataupun wijaya kusuma contractor.
 

·
sscilampung.com
@sscilampung
Joined
·
10,943 Posts
Discussion Starter · #18 · (Edited)
^^^^^^^^

mal-nya ada 3 lantai, plus satu lantai basement...
Mal ini dah lumayanlah bwt kita, soalnya ada supermarket, departement-store, food court, counter indoor dan outdoor, konter kerajinan khas lampung, dan convention hall jg akan dibikin di sini...
Dan yg paling kutunggu2... BIOSKOP, mudah2an ajh yg masuk ke sini cinema XXI, atau bahkan blitzmegaplex, hehehe (terlalu berharap)... :angel::angel::angel:
Nanti ada hotel jg di sini...

Gak tw basementnya cuma mw dibuat parkir basementnya saja, atau ada kios2 jg di situ... Soalnya gw cari di internet blom ada masterplannya sih... :bash: :bash: :bash:
nih buktinya kalau ada basement di sini, ada salah satu pengawas proyek ngepost di forum kaskus, trus ditruskan ke sini, dposting tanggal 25 April 2012...

Kebetulan lagi dapet ngawas disini

Buat TS ... BKM , ini Berfungsi sebagain Hotel dan Mall Sekalian

Progres pekerjaan baru sekitar 15-25 persen

Pekerjaan Basement sudah lumayan

Emang keliatan dari luar hanya tiang2 kolom dan bekistingnya doang



Emang keliatan dari luar hanya tiang2 kolom dan bekistingnya doang
trus sabtu kemarin baru ajh hunting di lokasi proyek...
 

·
positive thinking
Joined
·
381 Posts
^^
gak ada tower crane-nya ya?
proyek segede ini kok gak ada cranenya?
wah bakalan lama dong pembangunannya...
 
1 - 20 of 1289 Posts
Top