SkyscraperCity banner

1 - 20 of 1715 Posts

·
Valid User
Joined
·
1,856 Posts
Discussion Starter #1 (Edited)
Bandung Segera Miliki Subway?


RABU, 25 FEBRUARI 2009 | 21:27 WIB
BANDUNG, RABU — Pemerintah Kota Bandung berencana membangun jalur kereta bawah tanah atau subway sepanjang 7 kilometer dari Terminal Cicaheum hingga Rumah Sakit Rajawali. Dana pembangunan proyek ini berasal dari pinjaman lunak Pemerintah Republik Rakyat China senilai Rp 700 miliar.

Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan, proyek pembangunan jalur subway ini baru sebatas aspirasi warga. "Nanti akan ditindaklanjuti dengan rapat yang melibatkan dinas-dinas terkait. Nanti juga akan berkonsultasi dengan Bappenas (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional)," kata Dada.

Jalur kereta api bawah tanah ini melintas dari Terminal Cicaheum-Gedung Sate-Taman Abdul Rivai-Pasar Ciroyom sampai Rumah Sakit Rajawali.

Dada menjelaskan, pembangunan jalur kereta bawah tanah ini untuk mengurangi kemacetan yang selama ini menjadi momok Kota Bandung. Selain itu, salah satu ciri kota metropolitan adalah kota yang memiliki jalur kereta bawah tanah. Bila rencana ini sukses, Kota Bandung akan menjadi kota pertama di Indonesia yang mempelopori adanya jalur kereta bawah tanah.

Mengenai dana, Dada mengungkapkan, Pemerintah RRC menawarkan pinjaman sebesar 800 juta dollar AS. Provinsi Jawa Barat memperoleh alokasi 120 juta dollar AS. Sebagian dana inilah yang akan dipinjam Pemkot Bandung untuk membangun jalur kereta bawah tanah.

Dari Kompas.com
 

·
HRH Prince of Woles
Joined
·
13,320 Posts
Akhirnya pemkot Bandung punya keseriusan tentang MRT juga......
 

·
SSC Indonesia
Joined
·
4,600 Posts
7 km = Rp 700 Milyar ??? What kind of MRT is that??
 

·
Obsolete User
Joined
·
35,063 Posts
^^ Rp 700 miliar yang dikasih pinjaman dari RRC .... itu maksudnya (kali ...). Rp 700 miliar itu untuk bangun airport internasional yang kapasitas 3 juta penumpang setahun aja gak cukup ...
 

·
Valid User
Joined
·
1,856 Posts
Discussion Starter #9
Investasi Subway Rp 700 Miliar
Bandung Harus Berebut Dana untuk Proyek Subway

Tya Eka Yulianti - detikBandung

Bandung - Rencana pembangunan subway rute Cicaheum-Cibeureum diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp 700 miliar. Dana itu rencananya berasal dari dana pinjaman pemerintah Cina yang akan disalurkan oleh Bappenas. Namun Bandung harus siap bersaing dengan daerah lain.

Menurut Staff ahli Bappenas Aviv Saefudin, untuk mewujudkan proyek ini Bandung harus bekerja keras, kerena Bandung akan bersaing dengan daerah-daerah lain. "Untuk mendapatkan dana ini Bandung harus bersaing dengan daerah-daerah lain," cetus Aviv.

Adanya saingan dalam mewujudkan proyek ini, tidak membuat Dada mengurungkan niatnya. "Disetejui atau tidak itu urasan nanti, yang penting jangan kalah dulu sebelum berperang," tegas Dada kepada wartawan.

Untuk merealisasikan proyek ini, Dada akan mulai melakukan pendekatan integralistik, politik sosial dan teknik. "Kita juga akan menanyakan kepada para ahli dan hasilnya akan kami jadikan masukkan," ungkap Dada.

Sebelumnya Dada menyatakan proyek ini bertujuan untuk menanggulangi kemacetan di Kota Bandung, dan ingin menjadikan Bandung sebagai kota metropolitan.
(ern/ern)
 

·
bitch ' cum to me '
Joined
·
666 Posts
bandung macetnya udah kronis, ga cukup diatasi jalur subway.

sekalian aja sama monorail atau kereta rel ganda.


hapus keberadaan becak sama angkutan bodong. kota metropolitan = no becak!

kakakak
 

·
HRH Prince of Woles
Joined
·
13,320 Posts
^^ ga usah diperjelas lagi lah ham :lol:
 

·
Tukang kebon
Joined
·
82 Posts
Berhubung tanah bandung miring2, mungkin rolling-stock nya digerakkan gravitasi, makanya murah.. hehe joke. peace.. :)
 

·
@djerot
Joined
·
3,400 Posts
waktu gw ke kntr JktMonorail di usmar ismail bldng '05 lalu emang udah ada rencana PT.Jakarta Monorail bakal fokus BandungRayaMonorail setelah proyek JM selesai...rencana waktu itu selesai awal'07

...tpi klo liat knyataan JM skarang...hmmm gw ga tau dehh...
 

·
bitch ' cum to me '
Joined
·
666 Posts
ga apa2 lah
toh judulnya masih MRT

lagian denger2 monorail juga akan dibangun di bandung.




tp beneran membingungkan MRT mana yg pas di bandung ini.


untuk subway tau sendiri kontur tanah di bandung yg di kelilingi pegunungan rawan gempa dan banyaknya saluran drainase tua peninggalan belanda yg musti ditata ulang lagi


kalo monorail? wuih lebih ribet lg

mau dibangun di jalur mana, semua ruang udah sesak
 

·
SSC Indonesia
Joined
·
4,600 Posts
ga apa2 lah
toh judulnya masih MRT

lagian denger2 monorail juga akan dibangun di bandung.




tp beneran membingungkan MRT mana yg pas di bandung ini.


untuk subway tau sendiri kontur tanah di bandung yg di kelilingi pegunungan rawan gempa dan banyaknya saluran drainase tua peninggalan belanda yg musti ditata ulang lagi


kalo monorail? wuih lebih ribet lg

mau dibangun di jalur mana, semua ruang udah sesak
Kalo bicara jembatan layang Pasupati, orang juga bingung.... mau ditaro dimana, emangnya ada lahan dsb. Eh buktinya, nongol juga tuh. hehe
 
1 - 20 of 1715 Posts
Top