SkyscraperCity banner

1 - 20 of 593 Posts

·
Registered
Joined
·
159 Posts
Discussion Starter #1 (Edited)

·
Registered
Joined
·
159 Posts
Discussion Starter #2 (Edited)
Pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan dilanjutkan

Pembangunan jalan tol Samarinda-Balikpapan di Provinsi Kaltim kembali dilanjutkan karena Menteri Kehutanan sudah tidak mempermasalahkan Taman Hutan Rakyat (Tahura) Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara yang dilalui ruas Paket II.

"Pekerjaan jalan tol Samarinda-Balikpapan ini terdapat lima paket dengan total panjang jalan mencapai 90,22 kilometer," ujar Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Provinsi Kaltim yang juga Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kalimantan Timur (Kaltim) H Rusmadi di Samarinda, Rabu.

Perkembangan pembangunan jalan tol adalah, pada Paket I dari kilometer 13 Balikpapan hingga Samboja telah terealisasi 69 persen dan diestimasikan hingga Desember 2013 mencapai 90 persen dengan nilai kontrak Rp375 miliar.

Pada Paket II untuk Samboja-Palaran I terealisasi 17 persen. Diestimasikan hingga akhir 2013 mencapai 39 persen dengan serapan dana mencapai Rp374 miliar.

Sedangkan untuk Paket III jalur Samboja ke Palaran II telah terealisasi 73 persen dan diharapkan pada akhir tahun ini mencapai 100 persen.

Sementara untuk Paket IV dari Palaran ke Mahakam Kota telah terealisasi 56 persen dengan estimasi pekerjaan sampai 79 persen pada akhir 2013.

Begitu juga dengan Paket V dari kilometer 13 hingga ke Sepinggan, Balikpapan, saat ini sudah terealisasi 28 persen. Diestimasikan hingga Desember 2013 bisa selesai 60 persen.

Untuk Paket II Samboja menuju Palaran I diakui Rusmadi memang realisasinya rendah. Hal itu terjadi karena jalur itu harus melalui Tahura Bukit Soeharto.

Tetapi dengan adanya Surat Menteri Kehutanan yang tidak mempermasalahkan pembanguan jalan tol demi kepentingan masyarakat, kepentingan lebih besar dan strategis, sehingga diperkirakan pada akhir 2013 pengerjaannya dapat dipercepat hingga 39 persen.

Ke depan, lanjut Rusmadi, jalan tol tersebut tidak hanya menghubungkan Balikpapan hingga Samarinda, tetapi akan dilanjutkan hingga ke Bontang dan Kabupaten Kutai Timur yang terhubung pada Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional (KIPI) Maloy.
http://www.antaranews.com/berita/391632/pembangunan-jalan-tol-samarinda-balikpapan-dilanjutkan
 

·
Registered
Joined
·
159 Posts
Discussion Starter #3
Jasa Marga Lirik Tol Bandara Menyatu Tol Balikpapan-Samarinda

Meski progress pengerjaannya masih cukup lama, namun pihak-pihak terkait tampaknya sudah memikirkan langkah pengembangan jalan tol Balikpapan- Samarinda.
Salah satu pihak yang tertarik mengembangkan jalan tol sepanjang 90.2 km itu adalah Jasa Marga yang berniat menginterkoneksikan jalan bebas hambatan itu langsung menuju Bandara Sepinggan.
Kabar tentang ketertarikan BUMN yanng memang mempunyai spesialisasi mengelola jalan tol tersebut disampaikan oleh Asissten II Pemkot Balikpapan, Sri Soetantinah.
Menurut Tantin demikian sapaan akrabnya minat tersebut sudah disampaikan PT Jasa Marga kepada pihaknya kendati belum ada jaminan mereka yang akan mengerjakan proyek tersebut.
Namun sejauh ini dirinya mengakui menyambut baik adanya usulan tersebut mengingat selama ini akses dari dan menuju Bandara Sepinggan dari Balikpapan Timur hanya melalui satu jalan saja.
"Dia sudah punya minat dan kalau punya minat pasti dia teliti lokasiaya ada kemungkinan dia punya ide lebih bagus lagi dibangun elevator road jadi kaya jalan layang keluar tapi masuk ke bandara," katanya.
Jika nantinya ketertarikan ini benar-benar terwujud rencananya jalan tembus langsung ke bandara ini akan ditempatkan di pintu keluar paket V yang berada disekitar kawasan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Manggar.
Dari tempat itu berdasarkan hasil kajian awal hanya tinggal dibangun semacam fly over sepanjang 6 Kilometer menuju arah bandara.
Ketertarikan Jasa Marga itu lanjut Tantin sebenarnya memang dengan melihat realitas yang terjadi dilapangan, pasalnya ketika nantinya jalan tol Balikpapan-Samarinda terwujud untuk masyarakat dari luar kota yang akan menuju ke bandara memang akan menggunakan pintu keluar di paket V tersebut.
Dikhawatirkan jika dalam kondisi ramai akan terjadi penumpukan kendaraan di pintu keluar, sehingga menghambat mereka yang akan menuju ke bandara.
Dengan adanya jalan tol yang langsung tersambung ini paling tidak masyarakat dari luar kota punya kepastian waktu ketika akan berangkat menggunakan mode transportasi udara.
http://kaltim.tribunnews.com/2013/08/20/jasa-marga-lirik-tol-bandara-menyatu-tol-balikpapan-samarinda
 

·
Nomaden
Joined
·
6,637 Posts
ternyata udah mau tiga tahun yach....:bash: :bash:

gw ada progress di paket v nech..km13-manggar (balikpapan)

ini kayaknya jalan tol paket v itu ya? :cheers:




 

·
Nomaden
Joined
·
6,637 Posts
^^ Thanks bro anno, kalo yg dari sisi paket IV samarinda progress jg udh mantap tinggal nyambung ke jembatan mahkota aja :)
o mantab tuch...ada pic nya kah?..
karena jarang2 terekspose neh..
klo kami yg ngeliat di km 13 sech gak begitu significan perkembangannya...:bash::bash:

entah klo di bagian dalamnya ya
 

·
Tukang Bikin Peta
Joined
·
5,567 Posts
Wew selamat dengan dilanjutkannya proyek jalan bebas hambatan di Kalimantan ini :banana:

Btw, ini proyek jalannya kok rada ambigu yah? Yang bener itu Jalan Tol apa Freeway? Itukan 2 jenis jalan yang bertolak belakang :?
 

·
Jadilah Insan BERIMAN...
Joined
·
15,948 Posts
Wew selamat dengan dilanjutkannya proyek jalan bebas hambatan di Kalimantan ini :banana:

Btw, ini proyek jalannya kok rada ambigu yah? Yang bener itu Jalan Tol apa Freeway? Itukan 2 jenis jalan yang bertolak belakang :?
Jalan tol bukannya jalan bebas hambatan / free way ya Kak ...:)
Whoa...semoga lancar niih proyek stlh di handle oleh jasa marga Aamiyn
 

·
Registered
Joined
·
159 Posts
Discussion Starter #14
Wew selamat dengan dilanjutkannya proyek jalan bebas hambatan di Kalimantan ini :banana:

Btw, ini proyek jalannya kok rada ambigu yah? Yang bener itu Jalan Tol apa Freeway? Itukan 2 jenis jalan yang bertolak belakang :?
Statusnya memang belum jelas nih apa jalan tol ato freeway ato bebas hambatan kh :bash: tapi pemprov masih melakukan penjajakan dgn beberapa investor baik dr swasta, bumn, bumd spt berita diatas ttg ketertarikan jasa marga mengelola tol ke arah bandara shg jelas bakal di delovept sbg jalan tol nantinya


Wuihh keren progressnya Kak daroe ....:)
Iya nih om. Cuma bisa liat itu aja gk tau dalemannya gimana hehe :lol: yg penting proyeknya tetap jalan aj deh. Btw di paket 4 bnyk terlihat pekerja sih :cheers:
 

·
Palembang
Joined
·
1,185 Posts
AFAIK Pemprov dilarang membuat jalan tol, karena kalo dibuat Pemprov artinya jalannya jadi jalan Provinsi dan dilarang untuk ambil keuntungan (ambil uang) dari jalan tersebut. tapi mungkin bisa kalo misalnya dananya di hibahin ke BUMD, dan BUMD yang jadi investor, mungkin bisa aja jadi jalan tol. :)
 

·
Registered
Joined
·
3,457 Posts
Sorry kak daroe,

Saya interupsi ttg judul trit ?

Yg pernah di bahas di FAQ mengenai penamaan dan EYD.

Mohon di-make sure cz di judul ada perpaduan Bahasa Indonesia vs English.

But saya apresiasi atas niatannya as TS untuk mengangkat "Jalan Tol" ini ke forum dgn nama "Kalimantan Timur.

Thx u, mari teman all forumer untuk kontribusinya.
 

·
Registered
Joined
·
2,258 Posts
Baru ngeliat ada trit ini...thx Daroe sudah di buatkan trit ini.

Jalan ini salah satu infrastruktur yang sangat penting antara kota Samarinda dan Balikpapan, setelah berpuluhan tahun menggunakan jalan yang ada (sampai sekrang), semoga jalan ini cepat kelar. Bayangkan sudah berapa byk korban lakalantas, karena sempitnya jalan yang ada.

Sebagai provinsi kaya, jalan ini bisa di bilang sangat telat di bangunnya (sampai sekrang pun masih gitir2 progressnya).

Tapi Alhamdulillah walaupun gitir2 semoga Pak Awang bisa menuntaskan di akhir masa pemerintahannya sekarng ini (5 thn harus kelar loh Pak) :cheers:
 

·
Jadilah Insan BERIMAN...
Joined
·
15,948 Posts
Proyek infra bgini yg hrusnya jadi concern pemprov DLM mewujudkannya ...bukan menebar aneka proyek lainnya :bash:
Satu kelar dulu Bari boleh lah mulai proyek lainnya IMO
Klo bersamaan bgini ...ya mangkrak deeh...:bash:
 

·
Registered
Joined
·
159 Posts
Discussion Starter #19
Baru ngeliat ada trit ini...thx Daroe sudah di buatkan trit ini.

Jalan ini salah satu infrastruktur yang sangat penting antara kota Samarinda dan Balikpapan, setelah berpuluhan tahun menggunakan jalan yang ada (sampai sekrang), semoga jalan ini cepat kelar. Bayangkan sudah berapa byk korban lakalantas, karena sempitnya jalan yang ada.

Sebagai provinsi kaya, jalan ini bisa di bilang sangat telat di bangunnya (sampai sekrang pun masih gitir2 progressnya).

Tapi Alhamdulillah walaupun gitir2 semoga Pak Awang bisa menuntaskan di akhir masa pemerintahannya sekarng ini (5 thn harus kelar loh Pak) :cheers:
Mudahan bisa om scr progress cuma yg dipaket 2 yg gk signifikan krn terganjal izin tahura. Sekarang izin kemenhut udh kelar. :)

Proyek infra bgini yg hrusnya jadi concern pemprov DLM mewujudkannya ...bukan menebar aneka proyek lainnya :bash:
Satu kelar dulu Bari boleh lah mulai proyek lainnya IMO
Klo bersamaan bgini ...ya mangkrak deeh...:bash:
Hehe iya om si doi gemar nebar proyek yak satu ini jg belum kelar :lol:
 

·
Registered
Joined
·
452 Posts
akhirnya ada trit nya
semoga lancar jaya deh pembangunannya yang akan membuat samarinda makin majuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu
karena samarinda merupakan jantungnya kaltim.
 
1 - 20 of 593 Posts
Top