SkyscraperCity banner

1261 - 1280 of 1288 Posts

·
Traveller, Researcher
Joined
·
7,042 Posts
Bukannya bbrp waktu lalu ud ditolak Pemerintah Pusat proposalny, karena bnyk hutan lindung dan ada jalur pipa air tua dari daerah Sibolangit / Bandar Baru menuju Medan?
Kenapa diangkat lagi ya ke Musrenbang?

Sekarang kan sedang dibangun jalan alternatif dari Tuntungan - Kutalimbaru - Sembahe - tembus ke arah Berastagi (arah pemandian air panas), dan sebagian sudah diaspal mulus sampe Sembahe.
Demikian juga rencana menembuskan jalan dari Tiga Juhar lewat Danau Silinting ke arah Barus Jahe - Kab. Karo. Keduanya ini alternatif yang sekarang sedang progress karena Tol Medan - Berastagi yg diusulkan Pemda / DPRD ditolak pem. pusat.

Kalo berita di atas benar dan memang positif direncanakan, mungkin trase nya berubah dari trase yg dulu pernah diusulkan.
 

·
Registered
Joined
·
575 Posts
Bukannya bbrp waktu lalu ud ditolak Pemerintah Pusat proposalny, karena bnyk hutan lindung dan ada jalur pipa air tua dari daerah Sibolangit / Bandar Baru menuju Medan?
Kenapa diangkat lagi ya ke Musrenbang?

Sekarang kan sedang dibangun jalan alternatif dari Tuntungan - Kutalimbaru - Sembahe - tembus ke arah Berastagi (arah pemandian air panas), dan sebagian sudah diaspal mulus sampe Sembahe.
Demikian juga rencana menembuskan jalan dari Tiga Juhar lewat Danau Silinting ke arah Barus Jahe - Kab. Karo. Keduanya ini alternatif yang sekarang sedang progress karena Tol Medan - Berastagi yg diusulkan Pemda / DPRD ditolak pem. pusat.

Kalo berita di atas benar dan memang positif direncanakan, mungkin trase nya berubah dari trase yg dulu pernah diusulkan.
menurut berita2 harus minta ijin ke kemenhut
 

·
Registered
Koreksi jika saya salah / CMIIW
Joined
·
704 Posts

·
Registered
Anwar Karbit 👨‍🏭
Joined
·
1,409 Posts

·
SSC Indonesia
Joined
·
4,790 Posts
Pengawasan SPM jalan tol (termasuk item rambu) adalah tupoksi dan tanggung jawab BPJT selaku kepanjangan tangan dari KemenPUPR.
 

·
Registered
Joined
·
1,801 Posts
Kalo SPM nya cuma sekedar "RPPJ komplit" sih ya jelas semua tol masuk, tapi kalo SPMnya "RPPJ dapat dibaca dengan jelas dari jarak jauh dan kecepatan tinggi" itu cuma tol-tol generasi lama dan bbrp tol baru yang masuk. Makanya perlu lebih diperinci lagi SPM nya mengenai RPPJ
 

·
Registered
Joined
·
2,096 Posts
Discussion Starter · #1,271 ·
berarti GT Ngemplak-GT Gondangrejo & GT Pakis-GT Malang apakah bisa dianggap tol dalam kota, karena jaraknya kurang dari 5 KM?
Bisa saja, fungsi awalnya memang outer ring toll road nya Surakarta

Jarak terpendek di jaringan trans jawa (jika tol dalam kota Jkt ga dihitung) ada di Karawaci dengan Tangerang kalau ga salah, hanya 2 km. Habis itu Bekasi Barat - Bekasi Timur (bahkan dulu Bektim adalah terminus sementara Tol Japek karena belum selesai yg ke arah Karawang)

Lalu exit tol Undip - terminus tol Semarang ABC di Banyumanik
 

·
anak bijak
Joined
·
1,046 Posts

Apakah bisa jalur putar balik berbentuk tapal kuda di-implementasi untuk semua ruas tol di Indonesia (kecuali Jalan Tol Layang yang ada maupun Jalan Tol Lingkar) agar pengendara bisa putar balik di dalam tol meskipun jalur putar balik hanya ada di jalan non-tol secara umum.
 

·
Registered
Joined
·
619 Posts

Apakah bisa jalur putar balik berbentuk tapal kuda di-implementasi untuk semua ruas tol di Indonesia (kecuali Jalan Tol Layang yang ada maupun Jalan Tol Lingkar) agar pengendara bisa putar balik di dalam tol meskipun jalur putar balik hanya ada di jalan non-tol secara umum.
Sejujurnya, saya tidak melihat alasan yang bagus dalam menciptakan putaran di Jalan Tol.
 

·
Je me souviens
Joined
·
13,194 Posts

Apakah bisa jalur putar balik berbentuk tapal kuda di-implementasi untuk semua ruas tol di Indonesia (kecuali Jalan Tol Layang yang ada maupun Jalan Tol Lingkar) agar pengendara bisa putar balik di dalam tol meskipun jalur putar balik hanya ada di jalan non-tol secara umum.
Saya gak yakin bhw yg di China itu jalan tol. Highway iya, tapi bisa jadi bukan tol.

Kalau di Indonesia dibuat seperti itu, urgensinya apa ya? Bisa2 malah menimbulkan titik hambatan baru.
 

·
Registered
Joined
·
1,801 Posts
Lagipula sepertinya u-turn tapal kuda di tol bakal merugikan pengelola tol itu sendiri. Anggap saja misalnya anak orang kaya yang hobi manasin mobil koleksi sembari sunday cruise di tol, bakal seneng banget mereka itu, tinggal gaspol sampe ke ujung tol, putar balik, keluar lagi di gerbang tol terdekat dari gerbang masuk (karena kalau masuk dan keluar di gerbang yg sama bakal kena denda). Belum lagi kasus-kasus lain yg berpotensi untuk ngakalin sistem ini. Pengelola tol bakal rugi berapa itu, jarak yg ditempuh dari ujung ke ujung tapi tarif yang dibayar cuma tarif terdekat. Jadi menurut saya pribadi ga make sense lah buat bikin u-turn tapal kuda di jalan tol.
 

·
Registered
Koreksi jika saya salah / CMIIW
Joined
·
704 Posts
Entah kenapa, akhir-akhir ini kayaknya makin sering aja kejadian fenomena motor masuk jalan tol. Yang paling mencengangkan sih pengendara motor yang ngetap e-toll dan palang pintunya terbuka sehingga bisa los masuk. Bukannya di gardu tol ada sensor buat deteksi golongan kendaraan, kok masih bisa kecolongan gitu ya?

Harusnya sih kalo ada kendaraan di bawah roda empat yang iseng ngetap, palang pintunya tetep nutup biar gak bisa lewat walaupun si pengendara udah ngetap berkali-kali. Tapi cara ini cuma bisa berlaku di gerbang tol yang posisinya di akses masuk jalan tol.

Kalo akses masuknya gak ada gerbang tol (seperti di beberapa jalan tol dengan sistem terbuka), berarti kontrol utamanya ya ada di pengendara itu sendiri. Udah dipasang rambu-rambu larangan dan tulisan "JALAN TOL HANYA UNTUK KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH" gede-gede kok masih bisa accidentally masuk tol.
 
  • Like
Reactions: myaf

·
Registered
Joined
·
296 Posts
Entah kenapa, akhir-akhir ini kayaknya makin sering aja kejadian fenomena motor masuk jalan tol. Yang paling mencengangkan sih pengendara motor yang ngetap e-toll dan palang pintunya terbuka sehingga bisa los masuk. Bukannya di gardu tol ada sensor buat deteksi golongan kendaraan, kok masih bisa kecolongan gitu ya?

Harusnya sih kalo ada kendaraan di bawah roda empat yang iseng ngetap, palang pintunya tetep nutup biar gak bisa lewat walaupun si pengendara udah ngetap berkali-kali. Tapi cara ini cuma bisa berlaku di gerbang tol yang posisinya di akses masuk jalan tol. Kalo akses masuknya gak ada gerbang tol (seperti di beberapa jalan tol dengan sistem terbuka), berarti kontrol utamanya ya ada di pengendara itu sendiri, udah dipasang rambu-rambu larangan dan tulisan "JALAN TOL HANYA UNTUK KENDARAAN RODA EMPAT ATAU LEBIH" gede-gede kok masih bisa accidentally masuk tol.
lah kemaren malah becak masuk tol
Becak Masuk Tol, Sempat Kayuh Sejauh 2,6 Kilometer, Ini Fakta-faktanya Halaman all - Kompas.com
 
1261 - 1280 of 1288 Posts
Top