SkyscraperCity banner

17041 - 17060 of 17358 Posts

·
Je me souviens
Joined
·
12,651 Posts
jaman pak harto dulu ada yg namanya penyuluh pertanian di desa desa yg fungsinya memberikan pengajaran cara bercocok tanam yg efektif. Sangat membantu bagi petani di desa tsb.
skrg dengan berkurangnya lahan pertanian mungkin gak diperlukan lagi tenaga penyuluh tsb karena yg jadi petani juga makin dikit.
Desa di jawa tengah udah banyak banget rumah yg artinya tanah kosong/pertanian berkurang. Saya refer ke desa saya sendiri di kabupaten banjarnegara, disana yg berkembang justru bengkel las untuk bikin teralis rumah/pagar rumah dan baja ringan utk atap. Maka banyak bermunculan bengkel/toko semacam itu...yg dengan sendirinya orang juga jadi tertarik usaha serupa dan meninggalkan bertani. Kebun/sawah dijadikan bengkel maka berkuranglah lahan utk cocok tanam.
Mesti dievaluasi lagi soal kebijakan pemerintah dalam hal pertanian. Sampai sejauh mana insentif bagi para petani. Contoh di Canada, yang namanya petani mereka mendapatkan kemudahan yang luar biasa. Bahkan pajak bagi petani itu khusus. Petani juga memperoleh bantuan berlimpah untuk memperlancar usahanya dan distribusi hasilnya. Jadinya, yang namanya petani di sini itu jangan dianggap remeh. Mereka orang-orang kaya yang bekerja cuma beberapa bulan dan di musim dingin mereka banyak yang justru jalan-jalan santai menikmati hari atau ke luar negeri cari kehangatan.

Kalau saya jalan-jalan melewati daerah pertanian, rumah-rumah petani itu besar-besar dengan halaman luas dan biasanya berada di lingkungan tanah garapannya.

Pemerintah harus mulai mengupayakan pemberian insentif dan perhatian khusus bagi para petani, termasuk para buruh taninya, agar mereka bersemangat dan meningkat produktivitasnya. Insentif yang luar biasa juga dapat dijadikan kail untuk memancing dan menarik perhatian orang agar mereka tertarik memasuki profesi wirausaha tani.
 

·
Registered
Joined
·
9,792 Posts
Pertanian termasuk otonomi, jadi ya tergantung kebijakan masing2 pemda, dan sayangnya pertanian itu tidak seseksi infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan...
Apalagi kebijakan rekrutmen dan pengelolaan ASN di pemda yg kurang memperhatikan kompetensi teknis...
buat KPI dan intensive saya rasa termasuk pemanfaatan BUMD.

Mesti dievaluasi lagi soal kebijakan pemerintah dalam hal pertanian. Sampai sejauh mana insentif bagi para petani. Contoh di Canada, yang namanya petani mereka mendapatkan kemudahan yang luar biasa. Bahkan pajak bagi petani itu khusus. Petani juga memperoleh bantuan berlimpah untuk memperlancar usahanya dan distribusi hasilnya. Jadinya, yang namanya petani di sini itu jangan dianggap remeh. Mereka orang-orang kaya yang bekerja cuma beberapa bulan dan di musim dingin mereka banyak yang justru jalan-jalan santai menikmati hari atau ke luar negeri cari kehangatan.

Kalau saya jalan-jalan melewati daerah pertanian, rumah-rumah petani itu besar-besar dengan halaman luas dan biasanya berada di lingkungan tanah garapannya.

Pemerintah harus mulai mengupayakan pemberian insentif dan perhatian khusus bagi para petani, termasuk para buruh taninya, agar mereka bersemangat dan meningkat produktivitasnya. Insentif yang luar biasa juga dapat dijadikan kail untuk memancing dan menarik perhatian orang agar mereka tertarik memasuki profesi wirausaha tani.
Betul bro. Baru ke rumah teman kemarin yg bertani. Bertani emang berat bro tapi dgn regulasi dan UU yg melarang import produk2 pertanian, maka mereka para petani bisa monopoli dgn kebijakan yg gak bisa di tawar harga retailnya harus masuk kantong warga lokal.
 

·
Moderator
cis indische (2011 - 2017)
Joined
·
2,659 Posts
Judulnya rada clickbait sih. Walau memang makin hari makin banyak bule, orang Korea, Jepang, dan Afrika yang bikin review Indomie di YouTube. Motivasi utamanya mungkin buat narik viewers dari Indonesia yang terus meningkat. Tapi semoga makin memperluas peluang Indonesia untuk ekspor kenikmatan Indomie dan bangun pabrik baru di luar. Diplomasi micin cukup berhasil ya.
 

·
Registered
Joined
·
876 Posts
micin itu sendiri dapat predikat jelek karena propaganda us supaya chinese/ asian food dibatasi peredaranya di amerika mungkin untuk melindungi petani lokal us?, faktanya snack / fastfood di us pakai micin dan fda aja ngomong ok/safe
 
  • Like
Reactions: JR1704RSD

·
Je me souviens
Joined
·
12,651 Posts
Judulnya rada clickbait sih. Walau memang makin hari makin banyak bule, orang Korea, Jepang, dan Afrika yang bikin review Indomie di YouTube. Motivasi utamanya mungkin buat narik viewers dari Indonesia yang terus meningkat. Tapi semoga makin memperluas peluang Indonesia untuk ekspor kenikmatan Indomie dan bangun pabrik baru di luar. Diplomasi micin cukup berhasil ya.
Indomie punya pabrik besar di Nigeria dan orang-orang Nigeria banyak yang awalnya nggak ngeh bhw Indomie asalnya dari Indonesia. Mereka pikir asli Nigeria. Mie instan ngetop di Nigeria.

Menurut saya, jika nemu review Indomie dari Afrika, ada kemungkinan mereka tidak punya motivasi untuk menarik viewers dari Indonesia. Mungkin mereka justru ingin agar viewers kenal dengan "produk asli" mereka.
 

·
Registered
Joined
·
57 Posts
Indomie punya pabrik besar di Nigeria dan orang-orang Nigeria banyak yang awalnya nggak ngeh bhw Indomie asalnya dari Indonesia. Mereka pikir asli Nigeria. Mie instan ngetop di Nigeria.

Menurut saya, jika nemu review Indomie dari Afrika, ada kemungkinan mereka tidak punya motivasi untuk menarik viewers dari Indonesia. Mungkin mereka justru ingin agar viewers kenal dengan "produk asli" mereka.
Klo negara2 Afrika sama Timur tengah wajar krn indomie sudah jadi makanan sehari2 mereka. Klo korea dari dulu memang cuma cari viewer doang, netijen Indonesia udh klepek2 klo di puji sama mereka apalagi kaum Pecinta K-POP.
 

·
Je me souviens
Joined
·
12,651 Posts
Klo negara2 Afrika sama Timur tengah wajar krn indomie sudah jadi makanan sehari2 mereka. Klo korea dari dulu memang cuma cari viewer doang, netijen Indonesia udh klepek2 klo di puji sama mereka apalagi kaum Pecinta K-POP.
Ya makanya saya cuma bicara soal Afrika.
 

·
******
Joined
·
12,461 Posts
Klo negara2 Afrika sama Timur tengah wajar krn indomie sudah jadi makanan sehari2 mereka. Klo korea dari dulu memang cuma cari viewer doang, netijen Indonesia udh klepek2 klo di puji sama mereka apalagi kaum Pecinta K-POP.
dunia yutub emang aneh koq
orang korea yg bisa basa indonesia dijamin akan banyak yg subscribe dan view, apalagi orang korea tsb mereview lagu lagu kpop terbaru atau drakor terbaru dg basa indonesia. Target yutuber korea tsb ya orang Indonesia krn penduduknya emang sangat banyak
 

·
******
Joined
·
12,461 Posts
Mesti dievaluasi lagi soal kebijakan pemerintah dalam hal pertanian. Sampai sejauh mana insentif bagi para petani. Contoh di Canada, yang namanya petani mereka mendapatkan kemudahan yang luar biasa. Bahkan pajak bagi petani itu khusus. Petani juga memperoleh bantuan berlimpah untuk memperlancar usahanya dan distribusi hasilnya. Jadinya, yang namanya petani di sini itu jangan dianggap remeh. Mereka orang-orang kaya yang bekerja cuma beberapa bulan dan di musim dingin mereka banyak yang justru jalan-jalan santai menikmati hari atau ke luar negeri cari kehangatan.

Kalau saya jalan-jalan melewati daerah pertanian, rumah-rumah petani itu besar-besar dengan halaman luas dan biasanya berada di lingkungan tanah garapannya.

Pemerintah harus mulai mengupayakan pemberian insentif dan perhatian khusus bagi para petani, termasuk para buruh taninya, agar mereka bersemangat dan meningkat produktivitasnya. Insentif yang luar biasa juga dapat dijadikan kail untuk memancing dan menarik perhatian orang agar mereka tertarik memasuki profesi wirausaha tani.
jika bisa diterapkan disini tentu sangat membahagiakan, mungkin gak perlu terlalu jauh dulu utk tahap pertama bisa diadakan kembali tenaga penyuluh pertanian ke desa desa dan bibit unggul yg murah.
mengenai harga jual ini yg suka bikin petani di Indonesia ngenes karena jual murah tapi sampai ke konsumen harganya mahal. Misal petani jual cabe harga 3rb/kg tapi konsumen beli cabe di pasar kena harga 10rb/kg. Konsumen gak bisa beli langsung ke petani tentunya krn bebagai hal misal lokasi jauh dan belinya juga cuma 1kg atau bahkan 1 ons
 

·
Je me souviens
Joined
·
12,651 Posts
jika bisa diterapkan disini tentu sangat membahagiakan, mungkin gak perlu terlalu jauh dulu utk tahap pertama bisa diadakan kembali tenaga penyuluh pertanian ke desa desa dan bibit unggul yg murah.
mengenai harga jual ini yg suka bikin petani di Indonesia ngenes karena jual murah tapi sampai ke konsumen harganya mahal. Misal petani jual cabe harga 3rb/kg tapi konsumen beli cabe di pasar kena harga 10rb/kg. Konsumen gak bisa beli langsung ke petani tentunya krn bebagai hal misal lokasi jauh dan belinya juga cuma 1kg atau bahkan 1 ons
Betul..

Koperasi petani mesti diperkuat lagi karena itu sarana dan jembatan yg paling tepat utk menjamin keadilan harga dan keberlangsungan usaha para petani.
 

·
Registered
Joined
·
1,557 Posts
Gegara Covid, Rombongan Tim Tesla Tertunda Berkunjung ke RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Awal Januari 2021 seharusnya menjadi momen penting bagi industri mobil listrik di tanah air, karena pabrikan raksasa mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) membahas rencana investasi di Indonesia.

Kasus covid di Indonesia dan kebijakan larangam masuk WNA menyebabkan tim Tesla tertunda berkunjung ke Indonesia. Pihak pemerintah tidak memberikan jawaban ketika CNBC Indonesia soal kepastian kedatangan tim dari Tesla, Amerika Serikat (AS).


Sumber Gegara Covid, Rombongan Tim Tesla Tertunda Berkunjung ke RI

Bakal longsor gak nih antam? Hehe.
 

·
Fiat Voluntas Tua
Joined
·
7,563 Posts
Gegara Covid, Rombongan Tim Tesla Tertunda Berkunjung ke RI
Jakarta, CNBC Indonesia - Awal Januari 2021 seharusnya menjadi momen penting bagi industri mobil listrik di tanah air, karena pabrikan raksasa mobil listrik asal Amerika Serikat (AS) membahas rencana investasi di Indonesia.

Kasus covid di Indonesia dan kebijakan larangam masuk WNA menyebabkan tim Tesla tertunda berkunjung ke Indonesia. Pihak pemerintah tidak memberikan jawaban ketika CNBC Indonesia soal kepastian kedatangan tim dari Tesla, Amerika Serikat (AS).


Sumber Gegara Covid, Rombongan Tim Tesla Tertunda Berkunjung ke RI

Bakal longsor gak nih antam? Hehe.
Jangan dong.... batal ARA hari ini


hmmm
Bank INA + Bank MEGA + Bank Harda?
 

·
Registered
Joined
·
1,557 Posts
Jepang Minta RI Bikin Konsorsium Operator untuk Pelabuhan Patimban

Jakarta -

Pemerintah Jepang meminta Indonesia untuk membentuk operator bersama antara kedua negara untuk mengelola Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. Jepang meminta konsorsium Jepang-Indonesia segera dibentuk.

"Kami sudah mengetahui Kementerian Perhubungan sudah menunjuk konsorsium CTCorp sebagai operator pelabuhan (Patimban). Kami tengah menanti agar konsorsium Jepang dan konsorsium Indonesia ini dapat membentuk kerja sama sebagai Indonesia-Jepang joint operator dalam waktu dekat, sebagaimana yang sudah disepakati dengan Perdana Menteri Jepang," kata Tadayuki dalam Public Expose Pelabuhan Patimban, Kamis (7/1/2021).

Sumber Jepang Minta RI Bikin Konsorsium Operator untuk Pelabuhan Patimban
 
17041 - 17060 of 17358 Posts
Top