SkyscraperCity banner

6481 - 6500 of 8459 Posts

·
Registered
Joined
·
484 Posts
Ada yang tahu berapa besar daya semu yang dihasilkan gerbong P dari tahun ke tahun (64, 68, 78, 95, 98, 02, 09, 16, 17, 18) apakah terdapat perbedaan?
Berbeda-beda, ada yang 300 kVA, 500 kVA, sampai 600 kVA.


Untuk P keluaran INKA (P 95-18, MP3 10-17, MP1 99) semuanya 500kVA kecuali P 09 dayanya 600 kVA


64-98 220 v
2008 keatas 380 volt, karena banyak fasilitas
Daya loh bukan tegangan. Itu hal yang berbeda.
Ga mungkin 380V, gila aja kalau 380V rusak semua peralatan elektronik di kereta tsb.
 

·
tukang ukur jalan
Joined
·
996 Posts
^^ Yaiya, itu asset "terbaik" ML. Lha wong pembangkitnya K1 09 itu paling besar loh dayanya, 600 kVA merek Scania
Mana mau Kdk ML ngelepas begitu aja
ini kah? :lol:


pada saat saya mengambil foto ini, kereta pembangkit ini sedang digunakan untuk membangkitkan tenaga 1 stasiun, karena pada waktu itu sedang terjadi pemadaman bergilir dari PLN.

wajar saja punya daya besar, lha 1 kereta ada 2 mesin. :nuts: tapi pada waktu menjadi genset stasiun, cukup 1 mesin saja yang dioperasikan.
 

·
Registered
Joined
·
8,860 Posts
ini kah? :lol:




pada saat saya mengambil foto ini, kereta pembangkit ini sedang digunakan untuk membangkitkan tenaga 1 stasiun, karena pada waktu itu sedang terjadi pemadaman bergilir dari PLN.

wajar saja punya daya besar, lha 1 kereta ada 2 mesin. :nuts: tapi pada waktu menjadi genset stasiun, cukup 1 mesin saja yang dioperasikan.
Bisa gak yah kereta di bikin hybrid?
 

·
Registered
Joined
·
266 Posts
380V 3 fasa.. kalo dipisah jadi 1 fasa ya sekitar 230V
Jangan disamakanlah, karena tegangan 380 V digunakan untuk motor induksi di dunia industri skala besar, sedangkan tegangan 220 V digunakan untuk peralatan elektronik (mana ada tegangan 380 V digunakan untuk charger HP, atau mana ada tegangan 3 fasa digunakan untuk charger laptop)
 

·
A kid from yesterday
Joined
·
1,090 Posts
Unik ya dipo ML, rangkaiannya dihibahkan tetapi gerbong pembangkitnya tidak sekalian dihibahkan
kereta makannya juga cuma satu yang dimutasi ke purwokerto, yang satunya masih di malang. dan dipake sama purwojaya juga. shg kalo kereta makan itu mau perawatan bulanan, dipo purwokerto harus minjem kereta makan dari daop lain dulu. untungnya sekarang purwokerto lagi dikasih pinjeman kereta makan masing-masing satu dari jakarta dan satu dari surabaya.
 

·
Registered
Joined
·
266 Posts
kereta makannya juga cuma satu yang dimutasi ke purwokerto, yang satunya masih di malang. dan dipake sama purwojaya juga. shg kalo kereta makan itu mau perawatan bulanan, dipo purwokerto harus minjem kereta makan dari daop lain dulu. untungnya sekarang purwokerto lagi dikasih pinjeman kereta makan masing-masing satu dari jakarta dan satu dari surabaya.
1. Bukannya sekarang dipakai untuk Purwojaya Lebaran ya bukan Purwojaya Reguler M1-nya (yang dari JAKK maupun SDT)?
2. Daop V kan terkenal dengan perawatan rangkaian kereta yang handal dan telaten di semua kelas kereta (baik Serayu sampai Purwojaya) mungkinkah yang menyebabkan banyak Daop lain yang rela menghibahkan/meminjam rangkaiannya ke Daop V?
3. Apakah karena Daop V dari dulu terkenal dengan kelas bisnis dan ekonomi sehingga jika ingin mengoperasikan kereta eksekutif lebih sering meminjam rangkaian? (Contoh : Purwojaya Reguler yang menggunakan semua K1 eks Gajayana dan Purwojaya Lebaran rata-rata sekarang memakai K1 SDT)
 

·
AC Tarip Biasa
Joined
·
759 Posts
Jangan disamakanlah, karena tegangan 380 V digunakan untuk motor induksi di dunia industri skala besar, sedangkan tegangan 220 V digunakan untuk peralatan elektronik (mana ada tegangan 380 V digunakan untuk charger HP, atau mana ada tegangan 3 fasa digunakan untuk charger laptop)
380 Volt itu phase-to-phase. Kalau 230 Volt itu phase-to-neutral. Jadi ya sebenarnya keduanya sama saja, tergantung salah satu terminalnya dihubungkan ke netral atau ke fase.

Maaf jadi oot
 

·
Registered
Joined
·
266 Posts
380 Volt itu phase-to-phase. Kalau 230 Volt itu phase-to-neutral. Jadi ya sebenarnya keduanya sama saja, tergantung salah satu terminalnya dihubungkan ke netral atau ke fase.

Maaf jadi oot
Oh ya, saya lupa. Tapi ini perlu juga dibahas karena gerbong pembangkit merupakan komponen penting dalam menjalankan listrik di KA
 

·
Registered
Joined
·
2,901 Posts
Arus Balik kemaren sempat coba KA Tawang Jaya Lebaran Premium
Bangkunya bisa disetel kemudian besi dudukan bangku sudah agak smoot dibandingkan di KA Menoreh pagi.

Kekurangannya space toilet sempit sehingga untuk masuk agak susah (bagi yang berbadan gemuk).





Tapi secara overall sudah bagus.
 

·
A kid from yesterday
Joined
·
1,090 Posts
1. Bukannya sekarang dipakai untuk Purwojaya Lebaran ya bukan Purwojaya Reguler M1-nya (yang dari JAKK maupun SDT)?
2. Daop V kan terkenal dengan perawatan rangkaian kereta yang handal dan telaten di semua kelas kereta (baik Serayu sampai Purwojaya) mungkinkah yang menyebabkan banyak Daop lain yang rela menghibahkan/meminjam rangkaiannya ke Daop V?
3. Apakah karena Daop V dari dulu terkenal dengan kelas bisnis dan ekonomi sehingga jika ingin mengoperasikan kereta eksekutif lebih sering meminjam rangkaian? (Contoh : Purwojaya Reguler yang menggunakan semua K1 eks Gajayana dan Purwojaya Lebaran rata-rata sekarang memakai K1 SDT)
setau saya KM1 0 95 02 JAKK udah ada di PWT bahkan dari sebelum puasa. yang SDT ini kayaknya yang emang duksar angleb, baru dipinjemin pas angleb kemaren.

btw Purwojaya reguler kan udah bukan minjem rangkaian, tapi emang udah kepemilikan. kalo kereta tambahan lebaran memang banyak yang formasi rangkaiannya itu kereta-kereta asistensi alias pinjeman.
 

·
Registered
Joined
·
266 Posts
setau saya KM1 0 95 02 JAKK udah ada di PWT bahkan dari sebelum puasa. yang SDT ini kayaknya yang emang duksar angleb, baru dipinjemin pas angleb kemaren.

btw Purwojaya reguler kan udah bukan minjem rangkaian, tapi emang udah kepemilikan. kalo kereta tambahan lebaran memang banyak yang formasi rangkaiannya itu kereta-kereta asistensi alias pinjeman.
Iya juga, sejak Gajayana mendapatkan K1 16/17, K1 09-nya pun mencar ke PWT (Trainset 1) dan SLO (Trainset 2). Namun, Daop V sampai sejauh ini rangkaian full K1 baru terdapat pada Purwojaya (kalau Sawunggalih kan campuran dan cenderung dominan Bisnis).
 

·
Registered
Joined
·
484 Posts
Iya juga, sejak Gajayana mendapatkan K1 16/17, K1 09-nya pun mencar ke PWT (Trainset 1) dan SLO (Trainset 2). Namun, Daop V sampai sejauh ini rangkaian full K1 baru terdapat pada Purwojaya (kalau Sawunggalih kan campuran dan cenderung dominan Bisnis).
Purwojaya ga selalu full K1 09. K1 09 kan cuma 8 unit, pas-pasan sama sf pokok Purwojaya. Kalau ada yang lagi PB/P ya pake CAD PWT seperti K1 0 66 26, K1 0 64 01, K1 0 64 06.


Jelas beda, Sawunggalih itu dipo KTA, bukan dipo PWT. K1nya paling K1 0 99 03, K1 0 99 16
 

·
Registered
Joined
·
3,119 Posts
Sabtu kemarn bela2in turun di YK buat nyobain K1 18 SS Argo Wilis, hasilnya agak sedikit mengecewakan.
Tiba di stasiun Bandung merasa sehat dan baik2 saja, selanjutnya naik rangkain KA 6 gak berapa lama tiba2 merasa sedikit pusing. Saya perhatkan, ambiance interior K1 SS kurang nyaman, klo saya rasa pengaruh warna kursi dan bentuk kursi yang seperti itu. Saya pikir mungkin krn masih baru jd msh keras. Simpulannya, warna dan bentuk joknya gak nyaman buat saya, bahkan menurut saya lebih nyaman kursi K3 Premium. kamar mandinya juga agak sempit.

Rencana awal pulang naik Turangga, tp krn pengalaman itu gak jd, kembali ke kereta andalan, Lodaya.
Dan tada, dapet kereta eks Gajayana. Pintu otomatis, kamar mandi luas, kursi nyaman, ada mejanya, goncangan selama duduk nyaman2 aja. Dan selalu puas dg ketepatan waktu Lodaya. Berangkatnya KA 6 telat lebh 30 menit.

Kritik utama saya ke K1 18 itu kursinya, bentuknya gak nyaman, sepertinya cocok buat orang yg tinggi. Bahkan dibandingkan dg K1 lama atau K3 Premium. Tebel banget tuh kursi. padahal kursi pesawat gak setebal itu tetep nyaman.
warna kursi juga bikin pusing.

Dan rupanya ada penumpang Lodaya yg juga bilang lebih enak Lodaya daripada K1 18 Argo Wilis. Jadi dia seperti saya, naik Argo Wilis buat nyobain K1 18. Pulangnya ya balik ke Lodaya lg.
 
6481 - 6500 of 8459 Posts
Top