SkyscraperCity banner

1 - 20 of 11104 Posts

·
Registered
Joined
·
336 Posts
Discussion Starter #1 (Edited)
Part 10! :banana: :cheers: :) :cheer: :cheers2:
Part 1 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=177848
Part 2 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=423272
Part 3 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=547418
Part 4 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=584647
Part 5 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=655760
Part 6 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=825426
Part 7 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1109539
Part 8 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1456371
Part 9 http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?t=1572464

Website resmi Transjakarta http://www.transjakarta.co.id/
Website ITDP Indonesia http://www.itdp-indonesia.org/

10 posted terakhir dari Part 9 | Transjakarta Busway - News and Images


Baiknya Pemda DKI punya online website buat org mencari rute ke tempat tujuan dan harga tiket spt the following link:

http://www.maxx.co.nz/
Sudah ada bro..

Ini linknya: http://www.jakarta.go.id/web/bus
http://www.beritasatu.com/pelayanan-publik/110288-pekan-depan-eticketing-diterapkan-di-dua-koridor-transjakarta.html

Pekan Depan, e-Ticketing Diterapkan di Dua Koridor Transjakarta

akarta - Penggunaan electronic ticket (e-ticket) atau tiket elektronik segera diterapkan di dua koridor busway TransJakarta, yaitu koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) dan koridor IX (Pinang Ranti-Pluit).


http://megapolitan.kompas.com/read/2013/04/24/11332890/Suka.Duka.AC.Mati.atau.Bocor.di.Bus.Transjakarta

Suka Duka AC Mati atau Bocor di Bus Transjakarta

elain masalah AC bocor, kata Fierdiana, jadwal pemberangkatan bus sebaiknya diatur lebih baik. Beberapa waktu lalu dia pernah menggunakan bus tersebut, tetapi harus menunggu lebih dari 20 menit untuk menuju Kuningan dari Cawang. Sementara itu, dari arah sebaliknya, banyak bus transjakarta yang melintas.
Tadi siang...
APTB (Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway) tj Cibinong-Grogol @Jagorawi


Sorenya...
KOPAJA (AC) tj @Jaksel


* Maaf kualitas gambar menyedihkan
Saya sih nggk terlalu heran si Lontong ini mogok. Tapi saya malah levih miris liat separator Buswaynya yg rendah sekali:eek:hno:

Positive-nya sih: bus lain bisa take over line dengan mudah :lol::lol::lol:
Maaf sebelumna, masih newbie. Sbenar nya bus Damri Zhongtong ini diperuntukkan untuk koridor I dan VIII , cuma untuk pengoperasian bwat koridor VIII ngga tahu kpan, juga rutenya lewat mana ga tahu juga entah lewat grogol 1 ato grogol 2. Kan busnya ada total 66, 51 bwat I dan 15 bwat VIII, cman nanti dikhawatirkan klo yang di VIII mogok, bkal lama nunggunya. Sedangkan busway dengan operator Primajasa yg sekrang di VIII akan balik ke koridor awalnya yaitu IV dan VI dmne slama ini JTM dibantu ma JMT. Jadi kalo ntar JMT udah balik ke rute awalnya yaitu V dan VII, mudah2an ga ada lagi penumpukan penumpang.
Maaf sebelumna, masih newbie. Sbenar nya bus Damri Zhongtong ini diperuntukkan untuk koridor I dan VIII , cuma untuk pengoperasian bwat koridor VIII ngga tahu kpan, juga rutenya lewat mana ga tahu juga entah lewat grogol 1 ato grogol 2. Kan busnya ada total 66, 51 bwat I dan 15 bwat VIII, cman nanti dikhawatirkan klo yang di VIII mogok, bkal lama nunggunya. Sedangkan busway dengan operator Primajasa yg sekrang di VIII akan balik ke koridor awalnya yaitu IV dan VI dmne slama ini JTM dibantu ma JMT. Jadi kalo ntar JMT udah balik ke rute awalnya yaitu V dan VII, mudah2an ga ada lagi penumpukan penumpang.
Terimakasih atas penjelasannya. Tapi bukan itu yg saya maksutkan. Saya tidak peduli si Lontong ini buat koridor berapa, lewat mana, atau seperti apa dan bagaimana...

Saya hanya memikirkan tentang separator busway yg sangat rendah seperti itu. Akan sangat memudahkan para serobot-ers untuk mengambil jalur busway yg seharusnya bukan untuk mereka...
ad rencana mw rubah halte busway ga sie ?

soalnya itu halte busway sama jembatannya ud kaya tempat buat ngantri wahana permainan d dufan...

pengen banget halte busway dibangun ulang seperti halte busway yang di GUANGZHOU (CHINA)

trus tu separaotor busway klo bisa ditinggin setinggi pinggang orang dewasa... tapi di beberapa bagian ad separator semacem Traffic Cone dari Karet Plastik sebanyak 6 buah yg sewaktu2 bisa digeser klo ad busway mogok
Bus TJ mogok di shelter Semanggi K.9
Terimakasih atas penjelasannya. Tapi bukan itu yg saya maksutkan. Saya tidak peduli si Lontong ini buat koridor berapa, lewat mana, atau seperti apa dan bagaimana...

Saya hanya memikirkan tentang separator busway yg sangat rendah seperti itu. Akan sangat memudahkan para serobot-ers untuk mengambil jalur busway yg seharusnya bukan untuk mereka...
Iya kang, saya sendiri juga gerah melihat kondisi separator yang rendah seperti itu, semenjak pergantian gubernur DKI akhir 2012 silam, koridor busway sudah banyak yang diserobot tak terkecuali koridor I, berdasarkan pengamatan, kalo dari arah Per4an Sarinah sampe HI macet, jalur diserobot, begitu juga dari HI sampe Semanggi, Senayan maupun sebaliknya.. Mereka yang nyerobot sudah kayak tanpa dosa, seenaknya kluar masuk jalur, kebayakan masuk di HI karena diizinin polisi kalo da macet di bunderannya dan berhubung satu mobil masuk serta separator rendah di deket Tosari, udah deh. Parahnya pula sudah hampir 4 bulan berlalu, ngga ada tanda2 akan ditinggikan separator di kor I, terlebih lagi banjir Januari 2013 bikin separator tenggelam di kor I, khususnya petak BI - HI - Senayan. Parahnya lagi Pemprov DKI hanya sekadar menambah bus aja tapi kondisi infrastrukturnya belum sepenuhnya diperhatikan.
Iya kang, saya sendiri juga gerah melihat kondisi separator yang rendah seperti itu, ...... bikin separator tenggelam di kor I, khususnya petak BI - HI - Senayan. Parahnya lagi Pemprov DKI hanya sekadar menambah bus aja tapi kondisi infrastrukturnya belum sepenuhnya diperhatikan.
Yang namanya perawatan (maintenance) itu hanya menghabiskan duit namun tidak menghasilkan pemasukan apapun secara langsung. Pemprov tampaknya untuk saat ini dihadapi 2 pilihan sulit, yang pertama adalah keluhan penumpang mengenai infrastruktur penunjang seperti kenyamanan halte, dan yang kedua adalah keluhan penumpang tentang terlalu sedikitnya bus yang tersedia.

Dengan dana yang ada sekarang, kalau dilihat dari gerakan Pemprov sekarang, tampaknya mereka memikirkan bagaimana caranya agar penumpang tidak terlalu lama di halte (yang emang ga nyaman) dengan cara memendekan waktu kedatangan antar bus sehingga penumpang dengan sendirinya tidak akan mengeluhkan masalah infrastruktur yang ada, karena kalau dilihat dari yang ada sekarang, penumpang pada marah-marah kalau bus belum dateng tapi kalau udah di dalam bus biarpun lagi macet tapi bus nya baru dan AC nya dingin pada diem tuh :lol:

Dengan cara ini juga, pendapatan ke perusahaan juga akan bertambah karena secara psikologis, orang-orang pada ingin mencoba bus baru (bukan pindah dari kendaraan pribadi ke umum). Dana yang di dapat akan digunakan untuk perawatan dan pengembangan lainnya sehingga tidak memberatkan APDB.

:cheers:
Bus TJ mogok di shelter Semanggi K.9
and no police handle traffic situation at that area....
how much salary for busway driver now??
 

·
Banned
Joined
·
1,447 Posts
Salam kawan sy Pendatang baru di jakarta baru 4minggu. Sy menarik kos yg deket dengan halte busway dengan harapan kl pas malas atau pun macet bs naik busway ketimbang mobil pribadi

Positiv
1 harga terjangkau dibandingkan dengan mobil pribadi: jongkok tol+parkir+bensin
#selalu jalan sy hitung2 uang 50rb habits buat transpor jika naik mobil#
#busway nanya 7000 pp#
2 nyaman. Jika dibandingkan dengan metromini atau kopaja
3 jangkauan cukup luas.

Negativ
1 waktu tunggu yg lama. Pernah sampai 1jam lebih tunggu. Akhirnya naik taksi
2. Bus yg panas sehingga bau dan tak nyaman
3. Halte yg jelek dengan system ticketing yg buruk
4. Area yg kumuh dan kotor. Masak d jembatan sebrang bertebaran Pendatang asongan+ pengemis
5. Macet juga. Haizzzz jalur busway tak steril.

Pengalaman naik Mobil pribadi
Sempet hamper menabrak bus. Karena kaget aja, tiba2 di flyover pancoran arah ke cawang tiba2 Ada busway berhenti Ada haltenya. Tp kenapa tanpa Ada separator atau pun penance busway? Sangat berbahaya

Well Setelah mengalami semua ini: lebih baik naik mobil pribadi yg macet dan biaya Mahal drpada naik angkot busway yg waktu tunggu tak jelas, tak nyaman, dan macet.pula
 

·
Tukang Bikin Peta
Joined
·
5,567 Posts
Shelter Glodok K. 1, coba semua shelter BRT TransJakarta bisa selebar dan sepanjang itu
 

·
Registered
Joined
·
1,636 Posts
Salam kawan sy Pendatang baru di jakarta baru 4minggu. Sy menarik kos yg deket dengan halte busway dengan harapan kl pas malas atau pun macet bs naik busway ketimbang mobil pribadi

Positiv
1 harga terjangkau dibandingkan dengan mobil pribadi: jongkok tol+parkir+bensin
#selalu jalan sy hitung2 uang 50rb habits buat transpor jika naik mobil#
#busway nanya 7000 pp#
2 nyaman. Jika dibandingkan dengan metromini atau kopaja
3 jangkauan cukup luas.

Negativ
1 waktu tunggu yg lama. Pernah sampai 1jam lebih tunggu. Akhirnya naik taksi
2. Bus yg panas sehingga bau dan tak nyaman
3. Halte yg jelek dengan system ticketing yg buruk
4. Area yg kumuh dan kotor. Masak d jembatan sebrang bertebaran Pendatang asongan+ pengemis
5. Macet juga. Haizzzz jalur busway tak steril.

Pengalaman naik Mobil pribadi
Sempet hamper menabrak bus. Karena kaget aja, tiba2 di flyover pancoran arah ke cawang tiba2 Ada busway berhenti Ada haltenya. Tp kenapa tanpa Ada separator atau pun penance busway? Sangat berbahaya

Well Setelah mengalami semua ini: lebih baik naik mobil pribadi yg macet dan biaya Mahal drpada naik angkot busway yg waktu tunggu tak jelas, tak nyaman, dan macet.pula
^^^^ boleh tanya emang tinggal dimana dan pake bus koridor berapa ? kalo koridor 1 ama 9 saya rasa mendingan kok terutama koridor 1 busnya udah sebagian besar gandeng dan adem banget dan armadanya banyak harus dicoba sekali2 mas hehe :cheers:
 

·
Registered
Joined
·
23 Posts
^^^^ boleh tanya emang tinggal dimana dan pake bus koridor berapa ? kalo koridor 1 ama 9 saya rasa mendingan kok terutama koridor 1 busnya udah sebagian besar gandeng dan adem banget dan armadanya banyak harus dicoba sekali2 mas hehe :cheers:
terkadang adem nya berlebihan.. kacamata saya sampe berembun pas keluar dari lontong :eek:hno: begitu keluar panasnya kek neraka soalnya :lol:

sy liat di LCD suhunya 21'C perbedaan suhu nya terlalu jauh dengan yg diluar bisa merusak AC dan AC jadi gampang bocor..
 

·
Registered
Joined
·
47,340 Posts
terkadang adem nya berlebihan.. kacamata saya sampe berembun pas keluar dari lontong :eek:hno: begitu keluar panasnya kek neraka soalnya :lol:

s..
so lebih baik lontong pakai kipas angin di dalam?
jadi di dalam tak terlalu dingin n ketika keluar/masuk tak terlalu kaget dgn perbedaan temperature secara tiba2x....
 

·
Banned
Joined
·
567 Posts
busway dibawah jokowi ahok jadi punya harapan lagi, setelah dibawah foke bener2 ancur..
9 tahun TJ cuma punya bis sekitar 669 bis itu pula yang jalan cuma 60%nya..
Tahun ini pemda bakal ngadain sekitar 684 bis, itu berarti pencapain 1 tahun jokowi ahok sama kaya pencapaian 9 tahun foke-sutiyoso..

tiket pun rencanya mau elektronik semua, sesuatu yang bagaikan mimpi di jaman foke lol..
Yang kurang setuju dari jokowi ahok cuma aptb sama kopaja yang masuk jalur busway..
Yang ada cuma bakalan bikin sumpek halte, kebayang kalo yang naik aptb/kopaja itu mulai banyak bakalan beradu antara yang mau naik busway sama yang naik aptb/kopaja di halte, kecuali kalo nanti di tambah pintu khusus buat naik aptb/kopaja..

Harusnya aptb/kopaja itu sebagai feeder aja, cuma sampe halte terdekat aja..
contohnya aptb cibinong-grogol harusnya mah sampe uki aja trus balik lagi ke cibinong, orang yang mau ke grogol ya tinggal naik busway, sebaliknya kalo dari busway ke cibinong ya tinggal tunggu di uki, toh hale uki juga gede kan..
 

·
Fiat Voluntas Tua
Joined
·
7,009 Posts
^^ sebetulnya kalau mengikuti anjuran ITDP untuk halte bus yang baru, halte bus-nya lebih luas dari yang ada sekarang. Nunggu halte yang sekarang hancur dulu kali ya biar gak dimacem2in sama DPRD?
Semoga sih penambahan bus ditambah dengan maintenance yang makin baik dan sterilisasi semua jalur supaya headway bisa dipersingkat. Kalau waktu kedatangan bus sebentar, gak bakal ada penumpukan penumpang di halte kan? Halte yang sekarang terlalu penuh kan karena penumpang numpuk nungguin bus.
 

·
Registered
Joined
·
1,636 Posts
so lebih baik lontong pakai kipas angin di dalam?
jadi di dalam tak terlalu dingin n ketika keluar/masuk tak terlalu kaget dgn perbedaan temperature secara tiba2x....
^^ saya pribadi juga mengalami hal yg sama persis seperti anda dan saya pakai kacamata juga, tapi justru itulah enaknya kalo rame tetep adem coba naik ke yg pgc atau kuningan pas desek2 an ac nya cuman kaya angin anginan udh kaya sauna mas, bayangin koridor 1 yg notabene penumpangnya paling banyak kalo gak sedingin zhongtong bisa bayangin kaya sauna gratis :bash::bash::bash: yah cuman itu IMHO, so CMIIW :cheers:
 

·
Registered
Joined
·
5,442 Posts
Shelter Glodok K. 1, coba semua shelter BRT TransJakarta bisa selebar dan sepanjang itu
wah lumayan nih si shelter Glodok.. masih terlihat terawat.. tinggal pintu/ramp-nya saja lah diperbaiki... masa orang udah nunggu gitu.. kaya nunggu tukang baso lewat aja...

^^^^ :lol::lol::lol: mungkin 2020 haltenya baru dibongkar dan diganti jadi minimal kaya yg di bogota lah :cheers:
seperti BRT Guangzhou juga bagus kok. lebih 'memungkinkan' karena open space.. cuman kalo di Jakarta yang ada asep semua:nuts::lol::lol::lol:
 

·
Registered
Joined
·
23 Posts
so lebih baik lontong pakai kipas angin di dalam?
jadi di dalam tak terlalu dingin n ketika keluar/masuk tak terlalu kaget dgn perbedaan temperature secara tiba2x....
AC yg terlalu dingin akan membuat kompresor bekerja keras dan mempengaruhi umur AC apa lagi selisih dengan suhu luar cukup besar...


saya rasa 24'C cukup untuk penduduk jakarta yg memang sudah terbiasa di daerah tropis

kalo pake kipas angin masuk angin nanti bos penumpang nya :D
 

·
Banned
Joined
·
567 Posts
Halte busway glodok yang kaya gambar diatas juga model baru tuh atasnya bolong jadi gak panas, kalo halte yang dulu2 kan tertutup banget jadinya panas banget apalagi nunggu bisnya 1 jam :bash:
Ya smoga nanti halte busnya keren kaya gini, ahok juga pernah bilang kok mau lebarin halte2 busway, entah kapan..





 

·
the World Trade Center
Joined
·
23,634 Posts
Halte busway glodok yang kaya gambar diatas juga model baru tuh atasnya bolong jadi gak panas, kalo halte yang dulu2 kan tertutup banget jadinya panas banget apalagi nunggu bisnya 1 jam :bash:
Ya smoga nanti halte busnya keren kaya gini, ahok juga pernah bilang kok mau lebarin halte2 busway, entah kapan..





:cool: serasa internasional desainnya :)
 

·
Registered
Joined
·
2,055 Posts
Woi kalau masih "bakal" jangan dibangga-banggain dulu dong ah!!! Mental kampanye dan pencitraan... :nuts: Nyata dulu dipandang mata... :D
 

·
Banned
Joined
·
567 Posts
Woi kalau masih "bakal" jangan dibangga-banggain dulu dong ah!!! Mental kampanye dan pencitraan... :nuts: Nyata dulu dipandang mata... :D
Yang "bakal" apa? Halte? itu kan halte konsep dari ITDP, udah lama banget dari tahun2 lalu, konsep kaya gitu yang di pake di Guangzhou BRT..

Lagian mending pencitraan asal dibarengin sama kerja n action yang jelas, daripada yang udah 5 tahun udah citranya buruk, kerjanya gak jelas hasilnya apa :rofl::down:
 
1 - 20 of 11104 Posts
Top