SkyscraperCity banner

11121 - 11140 of 11171 Posts

·
Registered
Joined
·
244 Posts
Kalau tidak salah TJ pernah mengkaji pengadaan bus listrik yang di antaranya model pengisian sumber dayanya melalui listrik aliran atas. TJ juga sudah melakukan uji coba terbatas armada bus listrik dan berencana mulai mengadakan tahun 2021. Kalau yang trem belum pernah dengar kajiannya. Yang jelas dari faktor fleksibilitas operasi, trem tidak sefleksibel bus. Dan saya ragu akan keekonomisan teknologi trem jika dilawan dengan teknologi bus yg sudah ada saat ini.
Kalo memang pengen semua keuntungan dari trem, mending sekalian bikin LRT aja..
 

·
Iyvi
Joined
·
528 Posts
Saya rasa pake trem malah ribet. Bikin konstruksi rel dan LAAnya, bikin depo baru yg gk tau mau dimana, LAA merusak view jalan Sudirman-Thamrin, gk fleksibel. Mending bener dilanjutin aja bus listriknya. Kalopun mau dikasih charging station berupa LAA, kasih di spot2 yg gk terlalu mengganggu seperti dibawah rel MRT Sisingamangaraja-Blok M dan Gajah Mada/Hayam Wuruk
 

·
Registered
Joined
·
1,759 Posts
Sudahlah, gak perlu diperpanjang lagi romantisme soal tram. Buat info aja kelebihan BRT :
1. Karena infrastrukturnya fleksibel. Coba lihat selama Sudirman Thamrin berbenah krn pembangunan MRT, apakah ada pemutusan rute atau pemindahan rute yang lumayan jauh dari jalur aslinya? Selama itu cuma penutupan halte Bundaran HI dan pergeseran beberapa halte seperti Tosari. Kalau tram saya mengalami tahun lalu di kota Rotterdam, selama sebulan ada perubahan rute tram karena pekerjaan jalan. Akhirnya saya direpotkan untuk menuju satu lokasi krn tidak ada transportasi publik lain terdekat selain tram. Sejauh ini cuma busway koridor layang aja yg kalau ada maintenance jalur akan sedikit rumit terkena imbasnya, tapi bukan berarti tutup jalur, selain itu masih relatif fleksibel.
2. Sudah tau cari lahan di Jakarta sulit, buat depo tram akan jadi permasalahan baru nantinya. Bus selama ini bisa disimpan di tempat yang tidak terhubung langsung ke jalur BRT, sehingga gak perlu attach parkir semacam depo ke line BRTnya, bisa jadi remote asal masih aksesibel.

Yaudah, kalo emang masih kekeuh dgn romantisme tram di Jakarta, coba bisa kasih tawaran solusinya. Kalo cuma bisa kowar2 itu tugas pemerintah, saya angkat tangan aja deh. Toh kalau lihat volume kapasitas terutama yg bus gandeng, masih mirip2 tram kan ya?
 

·
SSC Indonesia
Joined
·
4,603 Posts
Sudahlah, gak perlu diperpanjang lagi romantisme soal tram. Buat info aja kelebihan BRT :
1. Karena infrastrukturnya fleksibel. Coba lihat selama Sudirman Thamrin berbenah krn pembangunan MRT, apakah ada pemutusan rute atau pemindahan rute yang lumayan jauh dari jalur aslinya? Selama itu cuma penutupan halte Bundaran HI dan pergeseran beberapa halte seperti Tosari. Kalau tram saya mengalami tahun lalu di kota Rotterdam, selama sebulan ada perubahan rute tram karena pekerjaan jalan. Akhirnya saya direpotkan untuk menuju satu lokasi krn tidak ada transportasi publik lain terdekat selain tram. Sejauh ini cuma busway koridor layang aja yg kalau ada maintenance jalur akan sedikit rumit terkena imbasnya, tapi bukan berarti tutup jalur, selain itu masih relatif fleksibel.
2. Sudah tau cari lahan di Jakarta sulit, buat depo tram akan jadi permasalahan baru nantinya. Bus selama ini bisa disimpan di tempat yang tidak terhubung langsung ke jalur BRT, sehingga gak perlu attach parkir semacam depo ke line BRTnya, bisa jadi remote asal masih aksesibel.

Yaudah, kalo emang masih kekeuh dgn romantisme tram di Jakarta, coba bisa kasih tawaran solusinya. Kalo cuma bisa kowar2 itu tugas pemerintah, saya angkat tangan aja deh. Toh kalau lihat volume kapasitas terutama yg bus gandeng, masih mirip2 tram kan ya?
Ya makanya gara2 ide beliau yg "nyeleneh" padahal beliau notabene Dirut baru TJ, saya masih ragu beliau sudah benar2 paham dan menguasai benar filosofi BRT TJ dibangun di Jakarta dengan segala masalah dan dan tantangannya. Direksi lainnya perlu terus meluruskan dan mencerahkan paradigma beliau agar tidak salah arah lagi. Karena kalau TJ dikembangkan tidak sesuai filosofinya, akan semakin tidak jelas arah pengembangannya.
 
  • Like
Reactions: Alilolo

·
Registered
Joined
·
228 Posts
saya kembali lagi ke forum ini

Digoreng lagi ide usang. Kalau saya berpendapat, lupakan trem fokus saja Jaklingko dengan aneka armadanya. Ini aja masih banyak yang mendesak dibenahi ketimbang mimpi tram trem. Tolong direksi2 lainnya membantu Dirutnya fokus.
aduuuhhh ngapain sih pake ada trem segala. TJ jadi diobrak abrik gak jelas. padahal yg sekarang sudah cukup bagus.

mending urus pelebaran jalur & perpanjangan halte aja dulu. biar memperlancar pergerakan bus. lalu segera sempurnakan jak lingkonya

wow ini sisi sebelah mana ya
tapi ke haltenya msh pake jembatan ya. bakal ada integrasi halte lwt underpass ga ?
maklum nih sudah lama gak lwt senen
 

·
Fiat Voluntas Tua
Joined
·
7,155 Posts
Daripada bikin kajian-kajian, keluar duit gak jelas, mending duit buat fleet baru TJ (tambah bus) di koridor eksisting atau bikin koridor/layanan baru deh. Lebih nyata manfaatnya ketimbang dihabiskan bayar konsultan-konsultan beserta rapat-rapatannya.
 

·
Registered
Joined
·
1,547 Posts
Mestinya kalo gaada corona sih tahun ini TJ udah rilis 110 unit scania K250 punya MYS dan 300an unit minitrans baru. Kalo lihat foto yg beredar di internet sih udah ada beberapa unit yang sudah jadi bahkan udah ada yg masuk pameran.
 

·
Registered
Joined
·
2,016 Posts
perkara trem mah bapak dirut itu dugaan gue asal ceplos. malah gw lihat kenapa pak yoga adiwinarto malah seakan jadi dirutnya karena dia tahu banget serba serbi TJ dan tentu arahan dari Pak Agung, karena dirut barunya masih training wkwkwk.

yang bilang K5 dijadikan trem minta diamuk penumpang 5C dan K12 setiap harinya :lol:

mau mengulang romantisme trem, kenapa TJ ga bikin bus wisata model model trem jaman Belanda deh? karoseri udah pada jago bikin permintaan aneh aneh dari PO. kalo bukan dari swakelola ya gw berharap ppd/mys yang operasikan bus rasa tram itu. mungkin dioperasikan di jalur ex trem, atau malah fleet spesial untuk K5 mengingat seantero K5 itu ex jalur trem
 

·
Registered
Joined
·
4,597 Posts
^^ duh drpd kebanyakan gimmick entah itu atau trem mending perbaiki halte dan targetin gimana caranya setiap penumpang pake TJ tampa pake ojol ke halte dan keluar halte... misalnya gw..kalau ke halte busway masa gw musti naik gojek dulu ke halte TJ ama setelah naik TJ naik gojek buat pulang. gak ada bis penyambung yang gw bisa pake dari keluar rumah ke halte koridor 1. nah PR besarnya TJ itu 😩😩
 
  • Like
Reactions: kipidi

·
Registered
Joined
·
1,759 Posts
^^ duh drpd kebanyakan gimmick entah itu atau trem mending perbaiki halte dan targetin gimana caranya setiap penumpang pake TJ tampa pake ojol ke halte dan keluar halte... misalnya gw..kalau ke halte busway masa gw musti naik gojek dulu ke halte TJ ama setelah naik TJ naik gojek buat pulang. gak ada bis penyambung yang gw bisa pake dari keluar rumah ke halte koridor 1. nah PR besarnya TJ itu
Musti reorganisasi rute trayek sih. Angkot jangan dibuat panjang dan dominan di jalan arteri. Arteri mending buat feeder atau sekalian BRT kalau jalur memenuhi. Jadi angkot buat sweeping rute lokal di daerah perumahan.
 

·
Nyonya Nyinyir
Joined
·
2,311 Posts
^^

Dirut barunya kan mantan pilot, terus lompat jadi dirut BUMN yang bangkrut. Kurang yakin saya ya kalau beliau sempet riwa-riwi pake kendaraan umum di Jakarta. Soale pilot biasanya dah biasa dilayani mobil perusahaan... Akhirnya, muncullah lagi ide trem. Harap maklum aja... :nuts:
 

·
Registered
Joined
·
5,580 Posts
-kajian, keluar duit gak jelas, mending duit buat fleet baru TJ
Setuju. mending kalo punya duit TJ perbaiki semua halte yang jelek, naikin standarnya semua, terus ayo dong lanjutin bikin koridor BRT, dan perbanyak rute lintas jalurnya...

Mestinya kalo gaada corona sih tahun ini TJ udah rilis 110 unit scania K250 punya MYS dan 300an unit minitrans baru. Kalo lihat foto yg beredar di internet sih udah ada beberapa unit yang sudah jadi bahkan udah ada yg masuk pameran.
Semoga bisa segera diterjunkan saja, agar mengurangi kepadatan nantinya.

Musti reorganisasi rute trayek sih. Angkot jangan dibuat panjang dan dominan di jalan arteri. Arteri mending buat feeder atau sekalian BRT kalau jalur memenuhi. Jadi angkot buat sweeping rute lokal di daerah perumahan.
betul, setidaknya mobil angkot/mikrotrans karena kecil bisa wara-wiri di perumahan, sampai jalan raya bisa entah jadi naik minitrans,metrotrans, atau naik TJ BRT-nya

Halte atrium baru
View attachment 233534
Pembangunan jpo halte atrium
View attachment 233611
Kalau dilihat dari strukturnya ini akan permanen ya kedepannya. Semoga JPO-nya rapi. Standard haltenya jadi lumayan. Semoga bagian atas atapnya tertutup biar gak kecipratan segala rupa.

^^

Dirut barunya kan mantan pilot, terus lompat jadi dirut BUMN yang bangkrut. Kurang yakin saya ya kalau beliau sempet riwa-riwi pake kendaraan umum di Jakarta. Soale pilot biasanya dah biasa dilayani mobil perusahaan... Akhirnya, muncullah lagi ide trem. Harap maklum aja... :nuts:
:ROFLMAO: :ROFLMAO: :ROFLMAO: :ROFLMAO:
iya mending doi suru dulu seh naik seluruh layanan TJ dari mikrotrans, minitrans, metrotrans, royaltrans, dan TJ BRT biar paham dulu, jangan tiba-tiba nyapnyap pengen tram pengen monorail pengen ini dan itu. udah PTTJ urus aja bus, gimana caranya bisa 100% DKI Jakarta tercover layanan TJ, juga TJ bisa mendukung operasional MRTJ, LRTJ, LRTJBDB, dan KCI di wilayah DKI Jakarta.
 

·
A Frog
Joined
·
906 Posts
Bongkar Halte Tosari lama dulu pliss, nyampah banget daerah situ yg udah bagus kanan-kirinya, keburu jadi tempat angker deh nanti itu di tengah kota kalau kagak dibongkar lama-lama.
 

·
Registered
Joined
·
1,759 Posts
Bongkar Halte Tosari lama dulu pliss, nyampah banget daerah situ yg udah bagus kanan-kirinya, keburu jadi tempat angker deh nanti itu di tengah kota kalau kagak dibongkar lama-lama.
Kendala penghapusan aset krn dibangun pakai APBD. Semoga ke depannya dengan pelimpahan wewenang membangun prasarana khusus TJ pakai dana operasional sendiri, asal rekomendasi peletakan halte/setopan sudah dpt dr Dishub, bisa lebih fleksibel mau bangun, renov, atau bongkar.
 

·
Registered
Joined
·
150 Posts
Bongkar Halte Tosari lama dulu pliss, nyampah banget daerah situ yg udah bagus kanan-kirinya, keburu jadi tempat angker deh nanti itu di tengah kota kalau kagak dibongkar lama-lama.
Sebenarnya alasan halte tosari di pindahin ke sana tu apa ya? Padahal lokasi yg dulu lebih dekat kalo ke staiun mrt dukuh atas
 

·
SSC Indonesia
Joined
·
4,603 Posts
Sebenarnya alasan halte tosari di pindahin ke sana tu apa ya? Padahal lokasi yg dulu lebih dekat kalo ke staiun mrt dukuh atas
Secara posisi kalau ditarik garis memang yg sekarang lebih jauh, tapi dihitung dengan jarak jalan kaki sama saja. Titik menyebrang nya sama.
 

·
Registered
Joined
·
842 Posts
Sebenarnya alasan halte tosari di pindahin ke sana tu apa ya? Padahal lokasi yg dulu lebih dekat kalo ke staiun mrt dukuh atas
Halte yg baru lebih panjang gak sih dibanding halte yg lama? Mungkin karena halte yg lama gak bisa dipanjangin lagi, karna median jalannya seinget saya semakin menyempit ke arah dukuh atas, jadinya dipindah aja sekalian dibuat halte yg lebih bagus
 
11121 - 11140 of 11171 Posts
Top