SkyscraperCity banner

1 - 20 of 3444 Posts

·
Registered
Joined
·
4,089 Posts
Discussion Starter #1 (Edited)
Maket Konstruksi Beton Flyover Casablanca

VIVAnews - DKI Jakarta akan membangun flyover atau jalan layang Casablanca. Jalan yang akan dibangun digadang-gadang bisa menyelesaikan kemacetan di Jakarta.

Jalan layang akan membentang dari Tanah Abang, Jakarta Pusat sampai Pondok Kopi, Jakarta Timur. Jalan ini panjangnya mencapai 5 kilometer.

Namun yang baru akan dilakukan pembangunannya sepanjang 1,8 kilometer. Yakni dari Jalan Satrio hingga Mas Mansyur.

Jalan layang ini akan menggunakan konstruksi beton. Yakni, dengan pondasi bored pile, pier beton, portal beton dan box girder segmental.

Jalan layang ini juga berada 12 meter di atas tanah dan untuk bagian di atas terowongan Casablanca dinaikkan hingga 20 meter di atas tanah karena adanya monorel.

Ditargetkan dilaksanakan selama 630 hari atau 1 tahun 7,5 bulan dengan masa perawatan selama 180 hari. Total nilai proyek pembangunan sebesar Rp737 miliar.

Untuk jalan layang Casablanca hingga Jalan Dr Satrio akan dibuat sumur resapan agar air dapat jatuh ke tanah dan tidak langsung masuk ke saluran. Sumur resapan memuat air pada hujan lebat hingga 2 jam, lebih dari itu air akan masuk langsung ke saluran.

Selain itu, ruas jalan layangnya juga diberikan jarak 2 meter agar cahaya matahari dapat tetap terkena tanaman di bawahnya.

Kawasan Casablanca memiliki aktivitas lalulintas yang sangat tinggi, maka selama pembangunan dipastikan macet parah. Sistem buka tutup jalan hanya satu-satunya cara. "Tidak akan mungkin diberlakukan sistem pengalihan jalan," ujar Kepal Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Ery Basworo.

Masyarakat diimbau untuk mencari jalan alternatif lain apabila tidak ingin terjebak kemacetan selama pembangunan berlangsung. "Risikonya memang seperti itu kalau ada pembangunan. Tidak ada pengalihan jalan, semua jalan sudah penuh juga," ujarnya.

Renderingnya

1.


2.


3.


Courtesy: http://metro.vivanews.com/news/read/191864-maket-konstruksi-beton-flyover-casablanca
 

·
Registered
Joined
·
4,089 Posts
Discussion Starter #2
Maket Jalan Layang Blok M - Cipete

VIVAnews - Flyover atau jalan layang non tol akan dibangun dari kawasan Blok M hingga ke Cipete, Jakarta Selatan. Jalan layang ini dipercaya akan mengurangi kemacetan sekitar 30 persen di kawasan itu.

Pembangunan jalan layang ini akan dimulai akhir tahun 2010.

Kepala Bidang Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta, Novizal, mengatakan, jalan layang Antasari dibangun dengan ruas mulai dari Pasar Inpres Cipete hingga ke Lapangan Mabak Blok M.

Total dana yang dibutuhkan untuk pengerjaan jalan layang ini mencapai Rp737 miliar.

Pengerjaan akan dilakukan secara multiyears dari tiga pendanaan APBD DKI tahun anggaran 2010, 2011 dan 2012. Untuk tahun anggaran 2010, Dinas PU DKI telah memberikan dana tahap awal sebesar Rp30 miliar untuk satu pengembang.

Ada lima pengembang yang membangun jalan layang Antasari."Pengerjaan tender sudah mulai pada 22 November ini. Pendataan dilakukan untuk mengetahui utilitas yang harus dipindahkan karena masuk dalam kawasan proyek. Setelah itu mulai mengerjakan fisik," kata Novizal.

Pembangunan jalan layang non tol Antasari akan dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama akan dimulai pembangunan dengan ruas Pasar Inpres Cipete lalu menuju Lapangan Mabak Blok M. Tahap kedua akan dibangun di jalur sebaliknya.

Sebelumnya, sudah dilakukan studi kelayakan dan analisis mengenai dampak lingkungan (amdal) pada tahun 2009.

Panjang jalan layang Antasari yaitu 4,8 kilometer dengan lebar 8,75 meter untuk satu jalur. Karena akan dibuat dua jalur, maka total lebar jalan layang menjadi 17,5 meter dengan ketinggian 10 meter dari jalan eksisting.

Jenis konstruksi jalan layang yaitu dengan pondasi bored pile, pier beton, portal beton dan box girder segmental.

Waktu pelaksanaan pembangunan fisik dilaksanakan selama 630 hari atau sekitar 1 tahun 7,5 bulan dengan sistem proyek multiyears.

Tidak hanya itu, setelah pembangunan fisik selesai, kontraktor masih memiliki kewajiban untuk memelihara jalan layang selama 180 hari.

Untuk rutenya dari arah selatan ke utara, yakni masuk Jalan Antasari menuju Brawijaya, Prapanca turun ke Wijaya I dekat Kantor Walikota Jakarta Selatan.

Sedangkan rute utara ke selatan, masuk dari Lapangan Mabak Blok M, menuju Jalan Iskandarsyah, Prapanca, Brawijaya dan turun di Jalan Pangeran Antasari.

"Rute selatan ke utara turun di Wijaya I karena hasil kajian banyak yang belok kanan. Karena itu tidak mungkin diteruskan ke lapangan Mabak. Tapi kalau ada yang mau melanjutkannya bisa melalui underpass Trunojoyo yang sudah eksisting," jelasnya.

Pembangunan jalan layang membutuhkan lebar 30 meter, sedangkan lebar eksisting di Jalan Antasari hanya 20 meter.

Untuk itu, Dinas PU DKI akan melakukan pembebasan tanah selebar 5 meter kiri dan kanan. Begitu juga sepanjang Jalan Pangeran Antasari di ruas Cipete hingga Wijaya I akan dibangun dua jalur jalan.

Namun untuk Lapangan Mabak Blok M hingga Jalan Iskandarsyah akan dibuat satu jalur dengan tiang.

Renderingnya:

1.


2.


3.


4.


5.


6.


Courtesy: http://metro.vivanews.com/news/read/191263-maket-jalan-layang-blok-m---cipete
 

·
Registered
Joined
·
4,089 Posts
Discussion Starter #3

·
Registered
Joined
·
4,089 Posts
Discussion Starter #5
^^Iya Mas Yudi, soalnya ini proyek bakal besar.
Anyway, progress JLNT Antasari-Blok M

1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.
 

·
Moderator
Joined
·
9,855 Posts
Ada yang tau gk sebelum di Jakarta, sistem pembuatan FO seperti ini sudah dilakukan dimana aja? Seperti nya heboh sekali di NatGeo kemarin
 

·
Registered
Joined
·
1,226 Posts
Ada yang tau gk sebelum di Jakarta, sistem pembuatan FO seperti ini sudah dilakukan dimana aja? Seperti nya heboh sekali di NatGeo kemarin
Maksudnya sistem balanced cantilever seperti yang terlihat di foto-foto pos pertama itu? Kalau seperti itu sudah pernah digunakan di beberapa proyek jembatan di Indonesia.
 

·
SSC Indonesia
Joined
·
4,561 Posts
Bangunan2 di Jl. Antasari kan banyak disegel tuh karena melanggar peruntukan. Nah kalau udah dibangun jembatan kayak begitu, apa masih layak disitu peruntukannya hanya untuk hunian / rumah tinggal?
 

·
@djerot
Joined
·
3,398 Posts
sejak ada ini proyek,yg namanya jln antasari sama jln satrio!!! aaarrrrggghhhh....
gak hari kerja gak weekend, gak siang bolong gak tengah malem: maceettt.

*maaf curhat!hahaha*
 

·
Registered
Joined
·
4,089 Posts
Discussion Starter #17
Progress JLNT Satrio

 

·
Obsolete User
Joined
·
35,063 Posts
kereenn!!!
katanya ga merusak penghijauan?tapi apa?
Iya, dikit .... Dikit-dikit merusak juga ternyata.

Baru tadi pagi lewat kawasan Antasari-Blok M ... WOw, jalannya jadi kecil dan semaput, apalagi mendekati kawasan Kemang.


Kalau nonton di TV, katanya penghuni Kebayoran Baru mau menggugat PEMPROV DKI,kalau seandainya keadaan lalu lintas akan semakin parah paska pengerjaan JLNT selesai.

Macet itu biasa, aku juga ingat dulu waktu Underpass Kebayoran Lama dibangun macetnya juga luar biasa parah. Tapi setelah dibangun, semua pada nyindir, "Ohh, ternyata jadinya cuman gitu doank"....

Harap2 itu tidak terjadi untuk proyek Antasari ini.

Kalau Flyover yang di Casablanca/Satrio sih kayaknya bakal keren ...
 
1 - 20 of 3444 Posts
Top