SkyscraperCity banner

1 - 20 of 10268 Posts

·
Registered
Joined
·
571 Posts
Discussion Starter #1
Ini Rute LRT yang Ingin Dibangun di Jakarta


JAKARTA, KOMPAS.com*— Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berniat membangun*light rail transit*(LRT) pada tahun depan. Transportasi massal berbasis rel itu diklaim sangat cocok diterapkan di Jakarta karena bisa memadukan dua keuntungan sekaligus, yakni daya angkut penumpang yang banyak tetapi tak perlu membutuhkan banyak lahan.*

Deputi Gubernur DKI Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi Sutanto Suhodo mengatakan, LRT tidak terlalu membutuhkan banyak lahan karena bisa dibangun di atas ruas jalan. Dengan demikian, kegiatan pembebasan lahan bisa diminimalisasi.*

"Pembebasan tanah itu kan paling susah. LRT ini bisa menghindari pembebasan tanah karena bisa dibangun di atas ruas-ruas jalan yang ada," kata Sutanto saat rapat dengan Badan Anggaran DPRD DKI, di Gedung DPRD DKI, Kamis (18/12/2014).*

Tak hanya itu, kata Sutanto, fleksibilitas LRT juga memungkinkannya dibangun di antara gedung-gedung. "LRT ini bisa berbelok dengan sudut yang tajam. Beda dengan jenis kereta lainnya," ucap dia.*

Sementara itu, dalam hal daya angkut, kata Sutanto, LRT memiliki kapasitas daya angkut yang lebih besar ketimbang monorel ataupun bus transjakarta. Dengan demikian, keberadaannya diklaim bisa menjadi solusi ketimbang menambah jumlah transjakarta.*

"Transjakarta dan monorel itu kapasitasnya kecil. Menambah terus transjakarta bukan solusi. Jadi, yang pas ini LRT ini sebetulnya," ucap dia. Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Suhodo, ada tujuh jalur LRT yang diusulkan Pemprov DKI ke DPRD DKI.*

Jalur-jalur tersebut diklaim merupakan jalur yang padat penumpang dan bisa memindahkan warga yang tinggal di sekitarnya beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.*

Ketujuh rute tersebut ialah Kebayoran Lama-Kelapa Gading (21,6 km), Tanah Abang-Pulo Mas (17,6 km), Joglo-Tanah Abang (11 km), Puri Kembangan-Tanah Abang (9,3 km), Pesing-Kelapa Gading (20,7 km), Pesing-Bandara Soekarno-Hatta (18,5 Km), dan Cempaka Putih-Ancol (10 km).*

Anggaran yang dibutuhkan untuk tiap satu rute adalah sekitar Rp 7,5 triliun. "Jalur-jalur ini menghubungkan kawasan permukiman di tepi kota dengan berbagai pusat aktivitas ekonomi," kata Sutanto


http://megapolitan.kompas.com/read/2014/12/18/14251311/Ini.Rute.LRT.yang.Ingin.Dibangun.di.Jakarta


Apakah layak untuk di buat trit tersendiri?

To admin : kalau memang belum perlu trit tersendiri silahkan di hapus aja .
 

·
Registered
Joined
·
4,089 Posts
^^
Ngapain buru2 bikin thread LRT?? Proyeknya aja masih belum jelas gini. Studi detailnya aja belum ada. Rutenya aja secara detail masih belum ngerti. Rutenya dari hasil tulisan berita, bukan hasil studi kelayakan. Belum lagi masalah pendanaan, siapa operatornya, konstruksinya seperti apa, berapa target penumpangnya per hari, apa udah masuk ke RTRW 2010-2030 belum, konsepnya TOD-nya sepertu apa, dll. Gampang amat bikin LRT. Kayak main Sim City aja jadinya

Mod, tolong dihapus thread ini. Statusnya masih belum jelas
 

·
Fiat Voluntas Tua
Joined
·
7,068 Posts
^^
Ngapain buru2 bikin thread LRT?? Proyeknya aja masih belum jelas gini. Studi detailnya aja belum ada. Rutenya aja secara detail masih belum ngerti. Rutenya dari hasil tulisan berita, bukan hasil studi kelayakan. Belum lagi masalah pendanaan, siapa operatornya, konstruksinya seperti apa, berapa target penumpangnya per hari, apa udah masuk ke RTRW 2010-2030 belum, konsepnya TOD-nya sepertu apa, dll. Gampang amat bikin LRT. Kayak main Sim City aja jadinya

Mod, tolong dihapus thread ini. Statusnya masih belum jelas
Mengingatkan saya pada omelan menteri Singapore di media sono "Mengelola kota gak segampang main SimCity". :lol:

LRT sudut belok lebih tajam? Masak sih?
 

·
Registered
Joined
·
571 Posts
Discussion Starter #6


Gandeng.8.Pengembang.Ahok.Bangun.LRT.di.Jakarta


http://megapolitan.kompas.com/read/2015/01/22/16582051/Gandeng.8.Pengembang.Ahok.Bangun.LRT.di.Jakarta#
Kamis, 22 Januari 2015 | 16:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Keinginan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) membangun light rail transit (kereta ringan layang) segera terwujud. Kamis (22/1/2015) ini, beberapa pengembang pun diundang Basuki untuk bekerja sama membangun LRT.

"Kami mau minta mereka (pengembang) yang bangunkan light rail transit," kata Ahok, di Balai Kota.

Ahok mengaku sudah menyampaikan semua rencana pembangunan LRT kepada para pengembang, yakni sebagai moda transportasi penunjang penyelenggaraan Asian Games 2018 hingga manfaatnya untuk pengembang.

Ia menjelaskan, para pengembang memiliki kewajiban menyerahkan koefisien lantai bangunan (KLB) kepada Pemprov DKI. Kewajiban KLB ini yang dipergunakan Ahok kepada pengembang untuk membangun LRT.

Ahok mengklaim mendapat respons positif dari para pengusaha perihal rencana pembangunan LRT ini. Pada (30/1/2015) mendatang, Ahok kembali mengadakan pertemuan dengan para pengembang.

Baru pada saat itu, Pemprov DKI bersama pengembang akan membuat kesepakatan perihal teknis serta pembiayaannya. Yang terpenting, lanjut Ahok, nantinya pengelolaan akan berada di bawah BUMD DKI meskipun infrastrukturnya dibangun pengembang.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur Bidang Industri, Perdagangan, dan Transportasi DKI Soetanto Soehodho menjelaskan keuntungan bagi para pengembang jika mau membangun LRT.

Kemudahan itu antara lain akses ke gedung-gedung mereka dan tingginya nilai jual obyek pajak (NJOP) di lingkungan gedung itu.

"Ini kan demi kepentingan mereka juga dan mereka mestinya mau berkontribusi. Mereka sudah setuju semua. Coba Anda bayangkan kalau Anda punya gedung tinggi, kemudian orang enggak bisa masuk ke sana karena macet, kan lama-lama orang meninggalkan gedung itu," kata Soetanto.

Pengembang yang berencana membangun LRT ialah Agung Sedayu Group, Agung Podomoro, JIExpo, PT Intiland, Lippo Group, Panin Group, Summarecon, dan Pakuwon Group. Kemudian, dua BUMD DKI yang juga akan berpartisipasi adalah PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Sementara itu, Presiden Direktur Pakuwon Group Stefanus Ridwan mengapresiasi rencana pembangunan LRT. Sebab, lanjut dia, rencana itu juga memberikan manfaat kepada pengembang.

Salah satu keuntungan yang diperoleh oleh pengembang, lanjut dia, ialah penambahan KLB hingga 300 meter yang akan diberikan oleh Pemprov DKI. "Hanya KLB, timbal baliknya secara detail kan belum ya. Nanti ada pembicaraan lagi, tetapi kami men-support pembangunan infrastruktur ini," kata Stefanus.

Thx mod
 

·
just DUIT !!!
Joined
·
3,248 Posts
jakarta sebenarnya sudah lama punya lrt. tapi cuma muter2 di tmii doang. tapi meskipun cuma muter2, aeromovel tmii ini lebih panjang dari yang ada di porto alegre brasil, negara asal aeromovel.









 

·
Registered
Joined
·
1,189 Posts
itu video ahok bilang, LRT nya pengennya, mau pake teknologi jepang, krn lbh terpercaya.

LRT jepang ada yg tau ?
 

·
Registered
Joined
·
8,703 Posts
Strategi Ahok Setelah Usulan Pembangunan LRT Dicoret DPRD

JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama tak mempermasalahkan pencoretan usulan program Light Rail Transit (LRT) di anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) DKI 2015.

Sebelumnya Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD DKI M Taufik menjelaskan DPRD menolak usulan pembangunan LRT di APBD DKI 2015 karena dipandang sebagai program yang terlalu terburu-buru, karena belum ada penjelasan tentang skema operasional dan subsidi tarif proyek LRT kepada DPRD.

"Pembatalan LRT itu memang benar. Karena konsepnya LRT itu betul-betul harus dibiayai dan dikelola pihak swasta. Nanti pengoperasiannya kami libatkan BUMD," ujar Basuki, di gedung DPRD DKI, Selasa (27/1/2015).

Bahkan, Basuki menjamin, meskipun LRT dibangun pihak swasta, namun tetap memberi keuntungan bagi Pemprov DKI. Sehingga dari keuntungan tersebut, Basuki akan mengalokasikan dananya dalam bentuk subsidi untuk kebutuhan transportasi publik lainnya.

Misalnya untuk membeli unit bus maupun kereta dengan harga murah. Lebih lanjut, ia menjelaskan kepada DPRD jika Pemprov DKI tidak lagi membuat kajian untuk membangun LRT. Sebab, saat ini, Pemprov DKI telah merancang sebanyak tujuh rute LRT.

Basuki meyakini LRT mampu menjadi moda transportasi alternatif saat penyelenggaraan Asian Games 2018. [Baca: APBD 2015 Disahkan, DPRD Punya 13 Catatan untuk Ahok]

"Logikanya sederhana. Kan sudah saya katakan sejak awal, enggak perlu lagi bikin studi kajian macam-macam, itu hanya menghabiskan waktu. Kalau kajian lagi, dua tahun saya baru mulai pembangunan, itu terlalu lambat, jadi lebih baik (bangun LRT) sekarang," kata pri yang biasa disapa Ahok itu.

Meski demikian, Basuki tidak akan menyerahkan sepenuhnya pembangunan proyek LRT kepada pihak swasta. Untuk tahap awal, Basuki mempercayakan swasta untuk mengelola dua koridor. Setelah itu, Pemprov DKI lah yang akan melanjutkan pembangunan koridor berikutnya dari hasil keuntungan dua koridor awal.

"Makanya langsung kami ubah (konsep pengerjaannya). Swasta, saya izinkan (bangun) dua koridor LRT. Begitu dua koridor jadi dan menghasilkan keuntungan, DPRD bisa lihat hasilnya dan lima koridor sisanya akan kami biayai sendiri pembangunannya," kata Basuki.

Adapun para pengembang yang rencananya membangun LRT yakni Agung Sedayu Group, Agung Podomoro, JIExpo, PT Intiland, Lippo Group, Panin Group, Summarecon, dan Pakuwon Group. Kemudian dua BUMD DKI yang juga akan berpartisipasi adalah PT Pembangunan Jaya Ancol dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro).

Basuki menjelaskan, para pengembang memiliki kewajiban menyerahkan koefisien lantai bangunan (KLB) kepada Pemprov DKI. Kewajiban KLB ini yang dipergunakan Basuki kepada pengembang untuk membangun LRT.

Rencananya Pemprov DKI akan membangun tujuh rute, yakni Kebayoran Lama-Kelapa Gading sepanjang 21,6 km, Tanah Abang-Pulo Mas sepanjang 17,6 km, Joglo-Tanah Abang sepanjang 11 km, dan Puri Kembangan-Tanah Abang sepanjang 9,3 km.

Lalu Pesing-Kelapa Gading sepanjang 20,7 km, Pesing-Bandara Soekarno-Hatta sepanjang 18,5 km, dan Cempaka Putih-Ancol sepanjang 10 km.

Strategi Ahok Setelah Usulan Pembangunan LRT Dicoret DPRD http://kom.ps/AFp3hV
 

·
Dilarang
Joined
·
9,337 Posts
Ahok harus benar2 bisa meyakinkan swasta kalau mereka bakal untung dari proyek LRT ini. Kalau tidak ya bakal menjadi proyek gagal lagi karena tidak ada dukungan DPRD.
 

·
abdi negara
Joined
·
1,455 Posts
^^
sebenernya ahok pengen Pemprov ngelola LRT setelah 2 koridor ke bangun tuh tujuannya apa yah? kalo emang swasta yg ngebangun ya menurut gw sih mending serahin aja ke swasta ampe koridor komplit, pemprov cukup bikin aturan dan sebagai regulator...
tapi klo kedepannya pemprov diarahkan sebagai operator ya mending dari awal aja pembangunan dua koridor awal juga terlibat, misal dalam pembangunan stasiun, klo ditolak dprd ya bisa lewat bumd melalui penyertaan modal... takutnya malah ribet kayak ngelola busway dan banyakan missmanagement
CMIIW
 

·
Penikmat Arsitektur
Joined
·
4,476 Posts
^^ Mungkin kalau kasih ke swasta kan banyak konsesi yang harus diberikan. Properti di dan sekitar stasiun misalnya, atau pajak dll. Sedangkan kalau dikelola langsung oleh BUMD mungkin konsesi ini bisa ditekan besarannya.

Kalau sekarang sudah ditolak oleh DPRD ya ngga bisa lewat BUMD.
 

·
Banned
Joined
·
567 Posts
LRT ini bagus sih (kalo beneran bisa bangun) apalagi jalur awal yang dibikin bandara kemayoran kelapa gading, jalur2 yang emang belom kesentuh transportasi masal, yang penting gak mangkrak dan gak cuma buat groundbreaking pencitraan kaya monorel :lol::lol::lol:

Btw LRT ini lebar relnya sama gak kaya MRT/KRL?
 

·
abdi negara
Joined
·
1,455 Posts
^^ Mungkin kalau kasih ke swasta kan banyak konsesi yang harus diberikan. Properti di dan sekitar stasiun misalnya, atau pajak dll. Sedangkan kalau dikelola langsung oleh BUMD mungkin konsesi ini bisa ditekan besarannya.

Kalau sekarang sudah ditolak oleh DPRD ya ngga bisa lewat BUMD.
setau gw yg dilarang pembangunan LRT langsung oleh pemprov melalui skpd, bukan penambahan modal BUMD kayak ke jakpro ato ke pt. mrt ato yg mana kek yg lbh cocok, yg dipake buat bangun mrt :cheers:
cmiiw
 

·
Penikmat Arsitektur
Joined
·
4,476 Posts
setau gw yg dilarang pembangunan LRT langsung oleh pemprov melalui skpd, bukan penambahan modal BUMD kayak ke jakpro ato ke pt. mrt ato yg mana kek yg lbh cocok, yg dipake buat bangun mrt :cheers:
cmiiw
Kayaknya mekanismenya sama, harus di acc dewan. Jadi antara pemprov langsung yg buat dgn pemprov kasih dana ke jakpro misalnya ujung2nya sama, anggarannya harus lewat persetujuan DPRD.
 
1 - 20 of 10268 Posts
Top