Skyscraper City Forum banner
1 - 20 of 776 Posts

·
Registered
Joined
·
4,743 Posts
Discussion Starter · #1 ·
Proyek Tol Bandung-Yogyakarta-Solo Segera Dimulai

https://finance.detik.com/infrastru...-tol-bandung-yogyakarta-solo-segera-dimulai/2

Jakarta - Setelah ada tol Trans Jawa dan jalur pantai utara (pantura), kini pemerintah akan membangun jalan tol di wilayah selatan pulau Jawa. Tol ini akan membentang dari Bandung hingga Solo.

Jalur tol ini akan membentang di wilayah selatan pulau Jawa melalui Tasikmalaya, Cilacap dan Yogyakarta. Tol ini akan menjadi tol pertama yang melintas di Yogyakarta.

Pembangunannya akan terbagi dalam beberapa seksi. Proses tender pun ditargetkan bisa dilakukan tahun ini.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan akan lebih dulu merampungkan proses tender untuk ruas Bandung-Tasikmalaya.

"Jadi pertama yang sebentar lagi itu Bandung-Tasikmalaya. Jadi tidak selalu di utara terus. Kita juga pecah ke Bandung-Tasikmalaya, kemudian Tasikmalaya-Cilacap, Cilacap-Yogyakarta dan Yogyakarta-Solo," tuturnya kepada detikFinance di Bekasi Timur.

Basuki mengatakan, saat ini sudah ada pemrakarsa untuk membangun ruas tol sepanjang 100 km itu. Sementara proses tender ditargetkan selesai pada Agustus 2018.

Tol Bandung-Tasikmalaya dibangun sebagai upaya mengurai kemacetan dijalur nasional. Selain itu diharapkan bisa menjadi alternatif rute dari jalan di wilayah utara nantinya.

Pemerintah juga menargetkan bisa merampungkan proses tender untuk ruas Yogyakarta-Solo. Setelah itu baru ruas Tasikmalaya-Cilacap-Yogyakarta.

Basuki mengatakan, jika tender selesai maka proses pembangunan bisa segera dimulai. Dia memperkirakan proses pembangunan hanya membutuhkan waktu 2 tahun.

"Kalau sudah tender paling cepat 2 tahun. Pembebasan lahannya kan juga tidak terlalu banyak, karena kita pakai jalan nasional," tuturnya.

Jalan tol Yogyakarta-Solo ini mayoritas akan dibangun dengan konstruksi menggunakan tiang penyangga alias melayang (elevated). Pembangunan akan dilakukan di atas jalan nasional, sehingga tidak akan membutuhkan banyak pembebasan lahan.

"Ya sekitar 80% elevated di wilayah kotanya. Karena kota Yogyakarta kan lahannya sempit, kalau dibebaskan lagi dia mengurangi lahan," ucap Basuki.
 

·
Registered
Joined
·
135 Posts
Maksudnya gimana ya?
maksudnya tol solo-jogja elevated di atas jalan nasional

-------------------

menurut saya, yang urgent itu tol cigatas-banjar, pengalaman mudik kemarin jalan situ yg paling ramai dibanding banjar ke timur

terus solo-jogja, biar ibukota provinsi di jawa seluruhnya terkoneksi tol

tol cilacap-jogja menurut saya kurang mendesak. di kebumen saja sekarang ada 3 ruas jalan utama barat ke timur yg posisinya berdekatan
  1. jalan nasional selatan
  2. jalan deandels
  3. jalan pansela

kalau ditambah tol ya jadi 4 :nuts: :lol: :lol:
 

·
Registered
Joined
·
1,322 Posts
Kebumen makin ramai :D

Tapi sebenarnya juga urgent sih ini tol, secara dari Bandung sampai Yogyakarta punya banyak potensi wisata (Pangandaran, Kampung Laut, Pantai Ayah, dan deretan pantai di Yogyakarta).

BTW menurutku kenapa Jalan Tol Yogyakarta Solo tidak lewat Gunungkidul-Klaten-Sukoharjo saja? Secara jalur tersebut paling aman dari letusan Gunung Merapi dan bisa membuka isolasi Wonosari dan Klaten pedalaman (Pedan dan Ceper).

Plus tidak perlu membangun tol layang, kalaupun perlu di beberapa titik saja di Gunung Kidul
 

·
Registered
Joined
·
260 Posts
menurut saya, kalo jalur selatan cilacap-jogja (kecuali jogja-solo) belum perlu toll, di hari biasa relatif lancar. yang paling masuk akal yaitu penambahan lajur seperti di pantura.
pantura mau dibuat apa lagi? tol trans jawa melintang di pantura, jalan udah lebar, dengan dibukanya akses tol di selatan itu pasti akan terpecah arusnya yang tadinya cuma di utara maka sebagian lari melintas selatan.
 

·
Registered
Joined
·
2,420 Posts
pantura mau dibuat apa lagi? tol trans jawa melintang di pantura, jalan udah lebar, dengan dibukanya akses tol di selatan itu pasti akan terpecah arusnya yang tadinya cuma di utara maka sebagian lari melintas selatan.
yg dimaksud penambahan jalur seperti pantura bukan pantura yg ditambah jalurnya atau ada penambahan jalan akses lain di pantura.

untuk sementara mending fokus bandung-cilacap-kroya dan NYIA-solo. antara kroya-NYIA untuk awal2 cukup penambahan jalur saja
 

·
All Izz Well
Joined
·
4,119 Posts
^^ Kalo menurut saya sih lebih baik pembahasan proyek tolnya dipisah per segmen, terlalu panjang kalau dari Bandung sampai Solo dibahas di satu trit ini. Apalagi yang dibangun duluan yang di ujung barat dan ujung timur, sementara yg di tengah-tengahnya belakangan.
 

·
Registered
Joined
·
331 Posts
Saya sih ga setuju kalo elevated di atas jalan nasional. Betul sih lebih cepat karena tanpa pembebasan lahan, tapi saat konstruksi mengganggu lalin, lebih mahal, serta merusak pemandangan. Bayangkan saja jalan nasional jadi gelap gara2 tol diatas. Polusi pun bisa numpuk. Belum lagi jadi tidak upgradeable.
 

·
Menyentuh alam vakum
Joined
·
647 Posts
^^ Maybe because Mr. Sultan's heart was torn down/luluh & sensitif by something like this:
Jika sesuatu kayak gini terjadi (apalagi tol melintasi di dekat kota Jogja), maka kesultanan Jogja (dianggap) menyalahi kodrat nya sebagai kesultanan, dan juga (dianggap) terlena dengan "kapitalis" (rakyat dizhalimi, dsb.). Hal itu akan membuat 'kompor' mempunyai bahan bakar yang tepat.
 

·
Registered
Joined
·
1,264 Posts
^^ Maybe because Mr. Sultan's heart was torn down/luluh & sensitif by something like this:
Jika sesuatu kayak gini terjadi (apalagi tol melintasi di dekat kota Jogja), maka kesultanan Jogja (dianggap) menyalahi kodrat nya sebagai kesultanan, dan juga (dianggap) terlena dengan "kapitalis" (rakyat dizhalimi, dsb.). Hal itu akan membuat 'kompor' mempunyai bahan bakar yang tepat.
Banyak di Youtube. commentnya full of hate diposting orang yang tidak paham.
Teman saya di BPN bilang hanya 20% alot alias lebih banyak setuju dibeli. Kroscek dari berita-berita kita tahu kalau diatas 90% pengadaan tanahnya biasanya jadi alot exponentially.
Tapi penggusuran segelintir orang selalu di blow up, memberikan citra buruk dimasyarakat.
Secara tidak langsung jadi enggan melepas tanahnya.

Adakah dari pemerintah/pihak ke-3/Youtuber debunk, memberikan pandangan berimbang, misal:
- Dihargai relatif tinggi, tapi beberapa merasa kurang
- Prosedur sering tidak diindahkan pemilik
- Kurang bukti kepemilikan sehingga tidak bisa dihargai semestinya
- Kompor2 LSM
- Pemilik yang senang hati tanahnya dibeli, kenapa?
- Mafia & spekulan tanah
- Kecurangan pengukuran, tiba2 ditanami sekedarnya, buat rumah hantu, toko/usaha siluman, gubuk/kandang kosong
- Hasil pembangunan
dll.
 

·
Registered
Joined
·
2,420 Posts
^^ Kalo menurut saya sih lebih baik pembahasan proyek tolnya dipisah per segmen, terlalu panjang kalau dari Bandung sampai Solo dibahas di satu trit ini. Apalagi yang dibangun duluan yang di ujung barat dan ujung timur, sementara yg di tengah-tengahnya belakangan.
daripada ngerjain yg tengah (kroya-NYIA) mending dibelokkan ke utara yaitu kroya-brexit yg lebih urgent, sering macet tuh kalo ke bumiayu.
 

·
All Izz Well
Joined
·
4,119 Posts
^^ Maybe because Mr. Sultan's heart was torn down/luluh & sensitif by something like this:
Jika sesuatu kayak gini terjadi (apalagi tol melintasi di dekat kota Jogja), maka kesultanan Jogja (dianggap) menyalahi kodrat nya sebagai kesultanan, dan juga (dianggap) terlena dengan "kapitalis" (rakyat dizhalimi, dsb.). Hal itu akan membuat 'kompor' mempunyai bahan bakar yang tepat.
Gak juga, tuh pembebasan lahan dan proses land clearing bandara baru Yogya juga mengalami hal serupa, bahkan sampai 2 hari lalu masih ada ribut-ribut di lokasi, tapi Sultan tetep mendukung bandara baru demi kemajuan DIY.
 

·
Registered
Finnan riza
Joined
·
13 Posts
^^ Maybe because Mr. Sultan's heart was torn down/luluh & sensitif by something like this:
Jika sesuatu kayak gini terjadi (apalagi tol melintasi di dekat kota Jogja), maka kesultanan Jogja (dianggap) menyalahi kodrat nya sebagai kesultanan, dan juga (dianggap) terlena dengan "kapitalis" (rakyat dizhalimi, dsb.). Hal itu akan membuat 'kompor' mempunyai bahan bakar yang tepat.
Secara tidak langsung anda beranggapan, bahwa pemimpin Jateng dan Jatim menyalahi kodrat dan terlena kapitalisme. Hehe
 

·
Registered
Kawula Nagari
Joined
·
5,108 Posts
^^ belajar dari kasus NYIA yang diboncengi banyak kepentingan (padahal masalahnya cuma pembebasan lahan, malah jadi penggiringan isu ke hal di luar NYIA), NgD mengambil kesimpulan kalau beli lahan untuk trase tol di permukaan bakal bernasib seperti NYIA juga. Apalagi tahun-tahun ini Pemda DIY sedang menjalankan amanat UUK DIY untuk menginventarisasi tanah-tanah di DIY untuk membedakan mana tanah Keraton/Puro (SG/PAG) dan mana tanah yang milik masyarakat umum. Jangan sampai ada pembelokan isu ke menyoal SG/PAG, bahkan menyoal keberadaan Keraton/Puro yang diberi kuasa khusus oleh UUK. Paling aman dan minim risiko sosiopolitik adalah menggunakan Tanah Negara (dalam hal ini Jalan Nasional) untuk trase tol yang melewati DIY.
 

·
Registered
Joined
·
421 Posts
Gambar trase cigatas
Lingkaran merah : gn papandayan
Kuning: gn cikuray (sudah tidak aktif)
Hijau: gn Guntur
Biru: gn galunggung
[/url]2018-06-30_14.41.00 by kautsarfathur, on Flickr[/IMG]

Minus trase 1: Tidak lewat Garut Kota, singaparna, dan Kota Tasikmalaya
Minus trase 2: jauh ke pusat Kota (rencananya GT Garutkota ada di kecamatan wanaraja yang jaraknya cukup jauh ke Kota) dan resiko gn galunggung
Minus trase 3 : kondisi wilayah cilawu - mangunreja yg banyak bukit & menanjak dan rawan longsor. Selain itu trase 3 ini berdekatan dengan kampung naga
 

·
Obsolete User
Joined
·
35,063 Posts
maksudnya tol solo-jogja elevated di atas jalan nasional

-------------------

menurut saya, yang urgent itu tol cigatas-banjar, pengalaman mudik kemarin jalan situ yg paling ramai dibanding banjar ke timur

terus solo-jogja, biar ibukota provinsi di jawa seluruhnya terkoneksi tol

tol cilacap-jogja menurut saya kurang mendesak. di kebumen saja sekarang ada 3 ruas jalan utama barat ke timur yg posisinya berdekatan
  1. jalan nasional selatan
  2. jalan deandels
  3. jalan pansela

kalau ditambah tol ya jadi 4 :nuts: :lol: :lol:

Kenapa bangunnya harus elevated??? Kalau trafik ny meningkat di masa depan, apalagi kita bicara Jogja dan Solo... mau ngelebarinnya gimana???

Menurut sy yang urgent itu bukan tol di selatan begini (selain Solo-Jogja), tapi lebih ke akses utara Selatan kayak Tegal-Purwokerto-Cilacap.
 
1 - 20 of 776 Posts
Top