Skyscraper City Forum banner
Status
Not open for further replies.
1 - 20 of 1011 Posts

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #1 · (Edited)
SELAMAT DATANG DI THREAD BARU KOTA BANGKINANG - KABUPATEN KAMPAR

Kalaulah Tuan Pergi Berlayar
Singgah Sebentar di Pulau Putri
Selamat Datang di Thread Kampar
Kami Sambut dengan Senang Hati

Tuah Sakti Hamba Negeri
Esa Hilang Dua Terbilang
Patah Tumbuh Hilang Berganti
Takkan Melayu Hilang diBumi
-----------[email protected]@




KABUPATEN KAMPAR

Ibu kota Bangkinang
Luas 27.908,32 km²
Penduduk
· Jumlah ~750.000
· Kepadatan - jiwa/km²
Pembagian administratif
· Kecamatan 20
Bangkinang (ibu kota: Bangkinang)
Bangkinang Barat (ibu kota: Kuok)
Bangkinang Seberang (ibu kota: Muara Uwai)
Gunung Sahilan (ibu kota: Gunung Sahilan)
Kampar (ibu kota: Air Tiris)
Kampar Kiri (ibu kota: Sungai Pagar)
Kampar Kiri Hilir (ibu kota: Gema)
Kampar Kiri Hulu (ibu kota: Lipat Kain)
Kampar Timur (ibu kota: Kampar)
Kampar Utara (ibu kota: Desa Sawah)
Perhentian Raja (ibu kota: Pantai Raja)
Rumbio Jaya (ibu kota: Rumbio)
Salo (ibu kota: Salo)
Siak Hulu (ibu kota: Pandau)
Tambang (ibu kota: Tambang)
Tapung (ibu kota: Petapahan)
Tapung Hilir (ibu kota: Pantai Cermin)
Tapung Hulu (ibu kota: Sinama Nenek)
XIII Koto Kampar (ibu kota: Muara Mahat)

Kampar sangat identik dengan sebutan Kampar Limo Koto dan dahulunya merupakan bagian dari kerajaan minangkabau. Limo Koto terdiri dari XIII Koto Kampar, Kuok, Bangkinang, Air Tiris dan Rumbio. Terdapat banyak persukuan yang masih dilestarikan hingga kini. Konsep adat dan tradisi persukuannya sama dengan konsep adat dan persukuan miangkabau di sumatera barat. Tidak heran bila adat istiadat hingga bahasa sehari-hari warga Limo Koto amat mirip dengan Minang Kabau. Bahasa yang dipakai di Limo Koto, yang juga kemudian menjadi bahasa Kampar adalah bahasa Ocu. Di samping itu, Limo Koto juga memiliki semacam alat musik tradisional Calempong dan Oguong.

Di samping julukan BUMI SARIMADU kabupaten Kampar juga terkenal dengan julukan SERAMBI MEKKAH di propinsi Riau,ini disebabkan masyarakatnya yang 100% beragama Islam (etnis ocu),demikian juga dengan pakaian yang sehari-hari yang dipakai bernuansa muslim.

Kabupaten Kampar berbatasan dengan kabupaten-kabupaten lain, sebagai berikut:
Utara - Kabupaten Siak
Timur - Kota Pekanbaru dan Kabupaten Pelalawan
Selatan - Kabupaten Kuantan Singingi
Barat - Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Lima Puluh Kota (Provinsi Sumatera Barat)
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #2 · (Edited)
SELAMAT DATANG DI BANGKINANG - KABUPATEN KAMPAR

Bismillahirrahmanirrahim

KABUPATEN KAMPAR

Dengan kawasan perkebunan yang mencapai 374.148.5 Ha, Kabupaten Kampar dikenal sebagai daerah sentra perkebunan sawit di Provinsi Riau (279,757 ha). Disamping itu, daerah ini juga mempunyai ratusan potensi sungai yang berguna sebagai media transportasi, sumber air bersih, dan kawasan yang sangat potensial untuk pengembangan sektor perikanan.


Informasi Umum

Secara geografis Kabupaten Kampar berada pada posisi 100º28'30" - 101º14'30" BT dan 01º00'40" LU hingga 00º28'30" LS, dengan wilayah seluas 10.928,20 Km² atau sekitar 11.62% dari luas wilayah Provinsi Riau. Daerah ini memiliki iklim tropis dengan rata-rata suhu berkisar antara 22º C - 31º C. Kabupaten ini berbatas dengan daerah-daerah sebagai berikut:

Utara : Kabupaten Siak dan Pekanbaru

Selatan : Kabupaten Kuantan Singingi

Barat : Kabupaten Rokan Hulu dan Sumatera Utara

Timur : Kabupaten Siak dan Pelalawan

Secara administrasi, Kabupaten Kampar dibagi kedalam 20 daerah kecamatan dengan jumlah penduduk ± 555.146 jiwa dan rata-rata kepadatan penduduk adalah 50,78 jiwa per km². Sebagian besar penduduk (67.22%) bekerja di sektor pertanian, perkebunan, kehutanan, dan hanya sebagian kecil (0.22%) yang bekerja di sektor Listrik, Gas dan Air Bersih.

Sebagai salah satu daerah terluas di Provinsi Riau, Kabupaten Kampar secara berkelanjutan melakukan peningkatan fasilitas dan infrastruktur seperti jaringan jalan raya (1.856,56 km), jaringan listrik (72,082 KWH) dengan 5 unit pembangkit tenaga diesel Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Koto Panjang yang memproduksi energi dengan kapasitas tersambung sebesar 114,240 KWH. Fasilitas lain yang juga telah tersedia antara lain layana telekomunikasi (telepon kabel, telepon selular, dan jaringan internet). Jaringan air bersih dengan kapasitas produksi sebesar 1,532,284 m³, dan layana Perbankan (Bank Nasional dan Bank Lokal).

Data dari : http://www.riau.go.id/index.php?bahasa=&mod=halutama&link=kampar


 

·
Sumsel Gemilang
Joined
·
8,006 Posts
Islamic Center Markaz Islami
Bangunan Terbesar di Bangkinang, Kampar



 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #5 ·
Islamic Center Markaz Islami
Bangunan Terbesar di Bangkinang, Kampar



^^Nah itu die masjid terbaru di bangkinang, saye punya banyak photo kat masjid tuh, tp pas di upload knape tak muncul yee...:eek:hno:
Bagi kawan2 yang berasal dari bangkinang dan kampar umumnye, boleh lah begabong kat sini yee..., buat kawan2 dari negeri lain pun, teghime kaseh dah bekunjung di Thread terbaru Bangkinang-Kampar-Riau
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #6 ·
SELAMAT DATANG DI BANGKINANG - KABUPATEN KAMPAR

Bismillahirrahmanirrahim

KOMPLEKS ISLAMIC CENTER KABUPATEN KAMPAR - BANGKINANG - KABUPATEN KAMPAR​

1


2



3



4



5



6



7



8



9



10 Tampak dari jauh (lapangan stadion bola)



11



12

[/QUOTE]
 

·
Registered
Joined
·
4,070 Posts
wah, budak melayu udah bikin thread Bangkinang aja neh :)...

actually, buat gambar-gambar perkotaan, daerah, dan potensi dari 12 kabupaten dan kota se Riau (diluar Kota Pekanbaru) sudah kita share pak cik di thread Riau I dan thread Riau II :D.... sile gabong, jika nak update perkembangan kini :)....


tapi tak apa-apalah pak cik, karena thread Bangkinang nya mengulas tentang wisata religi...

ada gambar masjid Jami' air Tiris tak..? Masjid Jami' Air Tiris merupakan masjid tertua didaerah Kampar berusia seratus tahun lebih dan dijadikan objek wisata religi andalan oleh pemkab Kampar :)....
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #9 ·
wah, budak melayu udah bikin thread Bangkinang aja neh :)...

actually, buat gambar-gambar perkotaan, daerah, dan potensi dari 12 kabupaten dan kota se Riau (diluar Kota Pekanbaru) sudah kita share pak cik di thread Riau I dan thread Riau II :D.... sile gabong, jika nak update perkembangan kini :)....


tapi tak apa-apalah pak cik, karena thread Bangkinang nya mengulas tentang wisata religi...

ada gambar masjid Jami' air Tiris tak..? Masjid Jami' Air Tiris merupakan masjid tertua didaerah Kampar berusia seratus tahun lebih dan dijadikan objek wisata religi andalan oleh pemkab Kampar :)....
^^Teghime kaseh lah pak cik kris.
iye, saye dah bace semue thread Riau 1 & Riau 2, di situ nampak betol lah perkembangan Pekanbaru & Riau khususnya, saye juge baru tau dari forum ne klo Riau sudah jaoh sekali berkembang dari pade beberapa taon yang lalu..., MEMANG LUAR BIASE NEGERI MELAYU LANCANG KUNING kite ini.

Saye tertarik aje nak buat Thread Bangkinang - kabupaten kampar ne sebagai wisata religi, karne saye tau persis Bangkinang-kabupaten kampar ne banyak sekali melahirkan tokoh-tokoh agama yang sampai sekarang masih di kenang, tak salah pule negeri Bangkinang - kabupaten kampar di sebut-sebut sebagai negeri serambi mekahnya Riau.

Selain itu, di Bangkinang - kabupaten kampar juga banyak terdapat masjid - masjid cantik yang baru di bangun, tak ketinggalan pula masjid tertua yakni masjid jami' di air tiris.

Kejap lagi kite nak masuk bulan suci Ramadhan, kebiasaan masyarakat bangkinang - kabupaten kampar tak bisah dipisahkan dengan berbagai cara untuk menyambutnye, termasuk juge "Balimau Bakasai". nah...di acara tersebut masyarakat kampar sungguh luar biasa partisipasinya, dan acara ini selain terkenal di tepian sungai kampar Bangkinang - Batu belah, juga ada di seluruh kecamatan di kampar, termasuk juge di kampung saye.

oya, untuk gambar masjid jami' nanti saye cari dulu lah pak cik ye...:rofl:
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #11 · (Edited)
Beberapa Wisata Religi di Kabupaten Kampar

MASJID JAMI'



Mesjid Jami' berlokasi diAir Tiris Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar. Mesjid Jami'dekat Pasar Air Tiris Kecamatan Kampar, mesjid ini juga memiliki keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan mesjid-mesjid lain di Propinsi Riau. Mesjid ini dibangun pada tahun 1901. Pada puncak atapnya terdapat tingkatan menara yang cukup tinggi dan bahan bangunannya terbuat dari kayu tanpa menggunakan paku besi. Di luar mesjid terdapat sebuah sumur yang di dalamnya terendam batu besar yang mirip kepala kerbau. Konon, batu tersebut selalu berpindah tempat tanpa ada yang memindahkannya. Oleh masyarakat tempatan mesjid ini dianggap keramat dan kini banyak mendapat kunjungan wisatawan nusantara maupun mancanegara, terutama dari Singapura dan Malaysia untuk membayar nazar dan mandi di sumurnya. Kunjungan yang terbanyak sesudah Bulan Puasa atau pada hari raya Puasa Enam.



Sumber Informasi: www.melayuonline.com

Makam Syekh Burhanuddin
berlokasi di Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Almarhum Syekh Burhanuddin adalah salah seorang penyebar Agama Islam, makamnya terletak di Kuntu Lipat Kain Kabupaten Kampar. Tempat ini banyak mendapat kunjungan terutama pada hari besar Islam dan menjelang bulan Ramadhan tiba.



Museum Kandil Kemilau Emas
berlokasi di Pulau Belimbing Kecamatan Bangkinang, Kabupaten Kampar. Museum ini resminya baru pada tanggal 22 Mei 1988 berada di pulau Belimbing Kuok Bangkinang. Museum ini adalah sebuah rumah berbentuk rumah Adat Lima Koto Kampar yang dibangun sekitar tahun 1900 oleh almarhum Haji Hamid. Kini dalam museum ini tersimpan berbagai barang antik koleksi yang memiliki nilai sejarah seperti Barang tembikar, Alat Pertukangan, Alat Pertanian, Alat-alat penangkap ikan, alat-alat kesenian, Alat-alat pelaminan, Alat-alat perdagangan, Alat pesta dan lain-lain. Disamping alat-alat tersebut tersimpan pula dayung perahu dagang terbuat dari kayu yang sangat kuat berasal dari abad ke 18, serta sebuah kompas yang terbuat dari bambu yang dibuat oleh bangsa China karena angka-angka yang tertulis pada kompas tersebut ditulis dalam aksara China. Ada dua ratus lima puluh (250) macam barang antik koleksi musium Kandil Kemilau Emas yang semuanya merupakan koleksi warisan yang telah turun temurun sebagai barang pusaka.


Sumber Informasi di sini: http://www.kamparkab.go.id/index.php/profil-kampar/wisata-kampar.html
 

·
******
Joined
·
12,816 Posts
Budak Melayu, dulu banget waktu saya di Pekanbaru pernah beli durian dan si penjual nawarin durian bangkinang...ternyata emang enak banget, menurut gw durian bangkinang adalah paling enak yg pernah gw makan selama ini. Apakah di bangkinang banyak ditanam pohon durian??? (sorry OOT karena diluar wisata religi nich..)
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #13 · (Edited)
Budak Melayu, dulu banget waktu saya di Pekanbaru pernah beli durian dan si penjual nawarin durian bangkinang...ternyata emang enak banget, menurut gw durian bangkinang adalah paling enak yg pernah gw makan selama ini. Apakah di bangkinang banyak ditanam pohon durian??? (sorry OOT karena diluar wisata religi nich..)
^^^^
Upsss..BenaR, di Bangkinang- Kabupaten kampar memang terkenal dengan duriannya yang enak dan manis, ketika musim durian tiba, kita bisa melihat penjual menjajakan duriannya sepanjang jalan, mulai dari Koto Rantau Berangin sampai ke Koto Rimbo panjang, bedanya durian di sini jg langsung masak di pohon makanya manis dan enaknya bisa di jamin!

Setahu saya, Selain pohon durian di tanam di perkebunan masyarakat, setiap warga kampar juga mempunyai masing-masing pohon durian di belakang rumahnya, dan pohon duriannya juga sudah tinggi-tinggi alias usianya juga sudah tua.:cheers:

Nah kalau kita jalan ke kampar, kita tidak hanya bisa mendapatkan buahnya saja, karena di kampar juga ada pembibitan durian yang siap di tanam di belakang rumah..

Selain Durian, di kabupaten kampar juga terkenal dengan nenasnya yang besar dan manis-manis, ini bisa kita dapatkan di daerah Rimbo Panjang, selain Buahnya yang segar sekarang Buah nenaspun sudah siap dimakan sebagai cemilan, karena sudah di sulap menjadi "Keripik Nanas" uhh..kamu belum penah mencobakan???
 

·
Here in My Home...
Joined
·
1,779 Posts
saya ni org malaysia. nercadang mahu melawat riau pd bln november ini. bagaimana ya mahu ke kampar klu dr pekanbaru. boleh naik bas tak? boleh x sesiapa cadangkan supaya saya boleh melawat riau dengan lebih efektif. contohnya ikut pakej agensi perlancongan atau sendiri2 aja? ingin skali melawat pekanbaru, siak dan kampar.

oh ya, saya berasal dari negeri perak. ad sebuah daerah disini bernama kampar dan penduduk melayu (atau minang, ngak jelas nih) di sini dikatakan berasal dari kampar, riau.:lol:
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #15 · (Edited)
saya ni org malaysia. nercadang mahu melawat riau pd bln november ini. bagaimana ya mahu ke kampar klu dr pekanbaru. boleh naik bas tak? boleh x sesiapa cadangkan supaya saya boleh melawat riau dengan lebih efektif. contohnya ikut pakej agensi perlancongan atau sendiri2 aja? ingin skali melawat pekanbaru, siak dan kampar.

oh ya, saya berasal dari negeri perak. ad sebuah daerah disini bernama kampar dan penduduk melayu (atau minang, ngak jelas nih) di sini dikatakan berasal dari kampar, riau.:lol:
^^Salam kenal untuk Silverian86!
Kite tunggu kedatangan awak bln nopember kat Bumi Melayu Lancang Kuning (Riau), Kalau cuma mahu ke kampar itu sangat mudah sekali, sesampai kite di terminal bus "Bandar Raya Payung Sekaki" Pekanbaru di sane banyak sekali bus-bus menuju ke kampar, bahkan sampai ke kota pasir pengariyan-Rohul-Riau. tetapi bus-bus ini cuma untuk sarana pengangkut penumpang saje, bukan untuk mereka yang mahu melancong! :banana:

Nah jika awak nak mahu melacong, lebih baik awak menyewa bus saje, karana disana (setahu saye) belum ade 'paket agensi' untuk membawa pelancong nak jalan2 ke Wisata Riau, dan jikapun awak betul-betul nak pakai bus buat melancong, awak tu harus lah pandai-pandai untuk me nego brp ongkos untuk menyewa bus selama perjalanan ke tempat tujuan.:banana::banana:
Kalau awak mahu, nanti saye carikan saudare saye yang di kampar untuk membawe awak melancong, biasenya rute yang pakai:

Bermula dari Pekanbaru, trus melewati Rimbo Panjang (kalau awak suke nenas, awak boleh beli kat sini), terus sesampai di koto Air Tiris (awak bisa menikmati indahnya bangunan Masjid Jami' yg berusia lebih dari 100 tahun, di sini juga banyak orang-orang Malaysia dan Singapura untuk berziarah), kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Bangkinang, di kota ini awak akan menemukan Masjid dengan bangunan termegah seperti yg awak lihat di thread atas, seterusnya awak akan melewati Koto Solo, koto Kuok, (di koto ini awak bisa menikmati berbagai makanan lezat khas kampar, ada ikan asam pedas ikan Baung/patin, Udang Galah etc..:cheers::cheers: ), seterusnya awak akan melewati koto Rantau Berangin (di atas jembatannya awak akan menemukan Hutan nan Rimbu, air sungai yang jernih), selanjutnya awak akan melewati waduk PLTA yang berupa Danau (di desa ini udaranya sangat nyaman, pemandangan yang sungguh menakjubkan), Sebelum sampai menuju ke Candi Muara Takus (Satu-satunya bangunan candi yang ada di pulau Sumatera), awak juge bisa berziarah di makam tokoh agama Kampar lainnya di desa Batu Bersurat.
Bagaimana.., Apakah awak sudah siap untuk Melancong ke Kabupaten Kampar? :cheers:
 

·
Registered
Joined
·
4,070 Posts
^^
Jikalau sempat paling bagus datang pas minggu ini, tanggal 6 Agustus mendatang singgahlah ke Taluk Kuantan :D, ada even wisata nasional PACU JALUR Nasional diikuti oleh kontestan se Indonesia dan juga ada dari luar negeri seperti Malaysia dan Brunei Darusalam.. Dan tanggal 9 Agustus besok bersempena hari jadi Provinsi Riau juga diselenggarakan Riau Expo di Bandar Serai Pekanbaru :)
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #17 ·
^^
Jikalau sempat paling bagus datang pas minggu ini, tanggal 6 Agustus mendatang singgahlah ke Taluk Kuantan :D, ada even wisata nasional PACU JALUR Nasional diikuti oleh kontestan se Indonesia dan juga ada dari luar negeri seperti Malaysia dan Brunei Darusalam.. Dan tanggal 9 Agustus besok bersempena hari jadi Provinsi Riau juga diselenggarakan Riau Expo di Bandar Serai Pekanbaru :)
Betol Itu.., eh BRO..saye tadi dah add awak punye FB, sampai ketemu di FB ye...:eek:hno::banana:
 

·
i'am Here
Joined
·
4,066 Posts
Discussion Starter · #18 ·
Peta Tujuan Wisata Kabupaten Kampar - Riau



^^^^
Dari peta bisa kita lihat tujuan wisata yang bermula dari kota Pekanbaru sampai ke tujuan wisata paling ujung kabupaten kampar, Candi Muara Takus (XIII Koto Kampar)...:nuts::nuts:
 

·
Here in My Home...
Joined
·
1,779 Posts
^^Salam kenal untuk Silverian86!
Kite tunggu kedatangan awak bln nopember kat Bumi Melayu Lancang Kuning (Riau), Kalau cuma mahu ke kampar itu sangat mudah sekali, sesampai kite di terminal bus "Bandar Raya Payung Sekaki" Pekanbaru di sane banyak sekali bus-bus menuju ke kampar, bahkan sampai ke kota pasir pengariyan-Rohul-Riau. tetapi bus-bus ini cuma untuk sarana pengangkut penumpang saje, bukan untuk mereka yang mahu melancong! :banana:

Nah jika awak nak mahu melacong, lebih baik awak menyewa bus saje, karana disana (setahu saye) belum ade 'paket agensi' untuk membawa pelancong nak jalan2 ke Wisata Riau, dan jikapun awak betul-betul nak pakai bus buat melancong, awak tu harus lah pandai-pandai untuk me nego brp ongkos untuk menyewa bus selama perjalanan ke tempat tujuan.:banana::banana:
Kalau awak mahu, nanti saye carikan saudare saye yang di kampar untuk membawe awak melancong, biasenya rute yang pakai:

Bermula dari Pekanbaru, trus melewati Rimbo Panjang (kalau awak suke nenas, awak boleh beli kat sini), terus sesampai di koto Air Tiris (awak bisa menikmati indahnya bangunan Masjid Jami' yg berusia lebih dari 100 tahun, di sini juga banyak orang-orang Malaysia dan Singapura untuk berziarah), kemudian melanjutkan perjalanan ke Kota Bangkinang, di kota ini awak akan menemukan Masjid dengan bangunan termegah seperti yg awak lihat di thread atas, seterusnya awak akan melewati Koto Solo, koto Kuok, (di koto ini awak bisa menikmati berbagai makanan lezat khas kampar, ada ikan asam pedas ikan Baung/patin, Udang Galah etc..:cheers::cheers: ), seterusnya awak akan melewati koto Rantau Berangin (di atas jembatannya awak akan menemukan Hutan nan Rimbu, air sungai yang jernih), selanjutnya awak akan melewati waduk PLTA yang berupa Danau (di desa ini udaranya sangat nyaman, pemandangan yang sungguh menakjubkan), Sebelum sampai menuju ke Candi Muara Takus (Satu-satunya bangunan candi yang ada di pulau Sumatera), awak juge bisa berziarah di makam tokoh agama Kampar lainnya di desa Batu Bersurat.
Bagaimana.., Apakah awak sudah siap untuk Melancong ke Kabupaten Kampar? :goodnight
sudah siap rasanya. pertama kali ni mau melancong ke indonesia. kalau tiada aral melintang, mungkin akan sampai saya ke sana. Insy'Allah :)
 

·
Here in My Home...
Joined
·
1,779 Posts
^^
Jikalau sempat paling bagus datang pas minggu ini, tanggal 6 Agustus mendatang singgahlah ke Taluk Kuantan :D, ada even wisata nasional PACU JALUR Nasional diikuti oleh kontestan se Indonesia dan juga ada dari luar negeri seperti Malaysia dan Brunei Darusalam.. Dan tanggal 9 Agustus besok bersempena hari jadi Provinsi Riau juga diselenggarakan Riau Expo di Bandar Serai Pekanbaru :)
memang teringin sangat nk pergi seawal mungkin :banana:. tapi sgt sibuk dengan urusan convocation pada minggu hadapan :nuts:
 
1 - 20 of 1011 Posts
Status
Not open for further replies.
Top