SkyscraperCity banner

Setujukah jika thread KRL Jakarta ini di-sticky??


  • Total voters
    72
  • Poll closed .
41 - 60 of 12815 Posts

·
Dilarang
Joined
·
9,337 Posts
iya sih, sistem eticket udah diterapin aja alhamdulillah yah, ga mau ama tetangga karena masih bolong-bolongin kertas. :bash:

untuk pembagian jalur dengan kereta jarak jauh, sekarang lahan untuk double-double-tracking manggarai-cikarang sudah mulai digarap tuh. Gak tau deh kelarnya kapan, yang pasti sebagai pengguna CL Bekasi yang kerap "diganggu" oleh kereta jarak jauh dan kereta barang hal ini menjadi angin segar. Semoga aja KAI dan KCJ serius menggarap proyek ini. Denger-denger rencana proyek ini emang udah puluhan tahun ya?

Oh ya, toko-toko di pinggir jalan stasiun Bekasi udah pada dibongkar tuh. Ada yang tau mau dibuat apa? Apa maket stasiun Bekasi yang ada di baliho kecil di stasiun Bekasi segera dibangun?
Mungkinkah ini yang dimaksud??

Area Parkir Baru Stasiun Diharapkan Naikkan Penumpang KRL
 

·
just DUIT !!!
Joined
·
3,248 Posts
Discussion Starter #43
beberapa penambahan stasiun baru di jalur loop line. sepertinya ada 5 stasiun baru yang akan dibangun yaitu matraman, rasuna said, roxy, tomang, dan bandengan.

untuk jalur diluar loopline, rencana ada penambahan stasiun antara cilebut dan bogor. yaitu stasiun/halte kedung badak dekat flyover jalan baru bogor.

lalu kemungkinan akan ada juga penambahan stasiun dekat taman bmw di jalur kota-priok. karena sudah pasti akan dibangun stadion bmw disana.
 

·
Oceana Community Union
Joined
·
9,173 Posts
^^
rasuna said itu ex mampang ya bro?
roxe & tomang berarti diantara tanah abang & duri.

untuk di kedung badak bogor memang seharusnya dibangun stasiun, kasian para komuter harus berjauh2 dulu ke cilebut / stasiun bogor terlebih dahulu.

akhir2 ini ada pembangunan pelebaran stasiun dari stasiun bogor sampai duren kalibata, akan kah nanti 1 rangkaian berisi 10 gerbong?
 

·
Registered
Joined
·
1,226 Posts
beberapa penambahan stasiun baru di jalur loop line. sepertinya ada 5 stasiun baru yang akan dibangun yaitu matraman, rasuna said, roxy, tomang, dan bandengan.
Wah, sudah lama saya membayangkan di lokasi-lokasi tersebut dibangun stasiun. Ternyata memang sudah direncanakan :eek:kay: :)

Jika dikembangkan optimal menjadi kawasan berorientasi transit, itu bisa lumayan mengubah wajah Jakarta. Tidak seperti yang kita lihat sekarang ini, banyak kawasan sekitar stasiun yg tidak berkembang.
 

·
Oceana Community Union
Joined
·
9,173 Posts
^^ kira2 ada wacana penambahan gerbong lagi gak? kayaknya jumlah yug ada saat ini masih sangat kurang, apalagi kalau lg rush hour...
dulu pernah ada, ane lupa baca dikoran/nonton di tv.
mereka mengingkat penambahan gerbong menjadi 10 per 1 rangkaian tetapi yang menjadi kendala adalah panjang peron yang ada.
 

·
Registered
Joined
·
113 Posts
di beberapa stasiun, peronnya sedang proses diperpanjang biar bisa 10 gerbong.

Bulan Depan, Rangkaian KRL Jadi 10 Kereta

SUMBER

PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (KAI Jabodetabek) mulai bulan depan akan mendatangkan tambahan 180 unit KRL secara bertahap. Nilai proyek sebesar Rp 180 miliar yang berasal dari kas internal perusahaan.
Nantinya jumlah rangkaian KRL atau commuter line tidak lagi delapan rangkaian melainkan sepuluh rangkaian KRL. Adanya tambahan rangkaian ini diikuti dengan pemanjangan peron di setiap stasiun.
Tiap tahun KCJ kerap menambah jumlah rangkaian KRL. Tahun lalu, mereka menambah sekitar 90 unit KRL.
 

·
Registered
Joined
·
258 Posts
beberapa penambahan stasiun baru di jalur loop line. sepertinya ada 5 stasiun baru yang akan dibangun yaitu matraman, rasuna said, roxy, tomang, dan bandengan.

untuk jalur diluar loopline, rencana ada penambahan stasiun antara cilebut dan bogor. yaitu stasiun/halte kedung badak dekat flyover jalan baru bogor.

lalu kemungkinan akan ada juga penambahan stasiun dekat taman bmw di jalur kota-priok. karena sudah pasti akan dibangun stadion bmw disana.
salam kenal, mas Djoko. ada beberapa stasiun yang menurut saya penempatan / lokasinya tidak strategis, mas. contoh, stasiun kereta Rajawali, daerah Pademangan, Jakarta Utara. letaknya di dalam permukiman dimana akses kendaraan umum tidak ada. jadi ga maksimal daya angkut penumpangnya. hanya daerah-daerah itu saja. kira-kira pemprov atau KAI ada concern ke sana ndak ya? sekiranya untuk penyesuaian kembali stasiun-stasiun "terpencil" itu.

jalur kota-priok apa memang akan diaktifkan kembali, mas? saya dengar kalau jalur itu masuk rencana pengembangan MRT dari timur ke barat. cuman masih lama sekali. jadi kalau dibangun stasiun di Stadion BMW, bagaimana dengan stasiun kereta Ancol karena letaknya tidak terlalu berjauhan.
 

·
just DUIT !!!
Joined
·
3,248 Posts
Discussion Starter #52
^^
rasuna said itu ex mampang ya bro?
roxe & tomang berarti diantara tanah abang & duri.
untuk rasuna, saya kurang tahu persis apakah dekat halte busway latuharhary, atau bekas halte mampang di pasar rumput. ada juga yang menyebut namanya bukan rasuna tapi mampang baru.

kalau yang tomang, mesti dibikin tangga penghubung seperti di cawang untuk naik turun penumpang.

salam kenal, mas Djoko. ada beberapa stasiun yang menurut saya penempatan / lokasinya tidak strategis, mas. contoh, stasiun kereta Rajawali, daerah Pademangan, Jakarta Utara. letaknya di dalam permukiman dimana akses kendaraan umum tidak ada. jadi ga maksimal daya angkut penumpangnya. hanya daerah-daerah itu saja. kira-kira pemprov atau KAI ada concern ke sana ndak ya? sekiranya untuk penyesuaian kembali stasiun-stasiun "terpencil" itu.
salam kenal mas rnw. ya ini saya juga melihat kurang pas juga. mestinya memang harus didekatkan kepada akses moda lain contohnya rajawali yang lumayan jauh dari jalan industri yang ramai. atau kemayoran yang juga agak jauh dari jalan angkasa. mungkin solusinya ialah menggeser stasiun/halte ke tempat yang paling strategis.

tapi kalau yang saya tahu, urusan geser menggeser letak stasiun ini gampang2 susah. tidak seperti moda lain seperti bus yang mudah untuk memindah2 halte, untuk krl harus disesuaikan dengan sinyal blok yang sudah terpasang di jalur tersebut. dan kalau saya perhatikan sepertinya kendala utamanya itu ya memang soal letak sinyal ini.

jalur kota-priok apa memang akan diaktifkan kembali, mas? saya dengar kalau jalur itu masuk rencana pengembangan MRT dari timur ke barat. cuman masih lama sekali.
jalur kota-priok akan dihidupkan kembali. tapi setahu saya jalur ini tidak masuk jalur mrt timur-barat. mrt nya lewat jalur tangerang ke arah timur memotong jalur krl di duri, gondangdia, senen. cmiiw.

jadi kalau dibangun stasiun di Stadion BMW, bagaimana dengan stasiun kereta Ancol karena letaknya tidak terlalu berjauhan.
tidak berjauhan? jarak kira2 1.5 km kalau jalan kaki bisa gempor mas.. :lol:

just kidding..
 

·
Registered
Joined
·
10,112 Posts
Commuter Line Akan Gantikan Semua KRL Ekonomi
Dengan alasan demi keselamatan penumpang, PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) akan menarik semua kereta rangkaian listrik (KRL) ekonomi yang melayani warga Bogor, Bekasi, Jakarta dan Tangerang untuk digantikan dengan Commuter Line.

Menurut Kepala Humas Daerah Operasi 1 (Kahumas Daop 1) PT KAI, Mateta Rizalulhaq, rencana penghapusan KRL ekonomi merupakan keputusan dari kantor pusat.

"Alasannya yang utama adalah kami ingin memprioritaskan keselamatan penumpang karena kondisi kereta ekonomi sangat memprihatinkan dan tidak manusiawi lagi," kata Mateta di Stasiun Jakarta Kota, Kamis (27/12).

Mateta mengaku PT KAI tidak memiliki target kapan seluruh rangkaian KRL ekonomi tersebut akan mulai ditarik. Namun, diharapkan dalam waktu secepatnya semua KRL ekonomi sudah tidak lagi beroperasi.

"Dan rencananya, pada 2013 akan ada penambahan kereta commuter sebanyak 180 unit untuk mengganti perjalanan kereta ekonomi," papar Mateta.

Menurut Mateta, tarif karcis yang diberlakukan untuk commuter sebagai pengganti kereta ekonomi akan tetap yaitu Rp8 ribu/penumpang sampai Rp9 ribu/penumpang sebagaimana tarif commuter yang sekarang.

"Sebenarnya tinggal masyarakat memilih transportasi aman dengan harga Rp8 ribu atau transpotasi murah tapi tidak bisa menjamin keselamatan mereka," cetus Mateta.

Mateta menambahkan, kondisi kereta ekonomi yang memprihatinkan sering kali mengalami gangguan hingga menjadi pemicu keterlambatan kedatangan kereta lainnya dan menyebabkan penumpukan penumpang. (aks)
http://www.berita8.com/web8/berita/2012/12/commuter-line-akan-gantikan-semua-krl-ekonomi

Ini Alasan PT KAI 'Gusur' Kios-kios di Stasiun Kereta Api
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) punya alasan khusus mentertibkan kios-kios pedagang di area stasiun di Jabodetabek. Perseroan sedang menggenjot jumlah penumpang KRL Commuter Line hingga 1,2 juta sehingga butuh ruang publik lebih luas.

Kepala Humas KAI Sugeng Priyono menjelaskan untuk mencapai target itu, KAI pun melakukan upaya pengembangan dan peningkatan kualitas layanan KRL Commuter Line Jabodetabek dan revitalisasi stasiun melalui penertiban kios-kios di dalam dan lahan sekitar stasiun milik KAI.

"Penertiban stasiun Jabodetabek untuk memberikan ruang publik penumpang yang besar. Lima tahun kedepan bisa angkut 1,2 juta sekarang baru 400 sampai 500 ribu (Penumpang) per hari," tutur Sugeng kepada detikFinance, Jumat (4/1/2013)

Penertiban kios di dalam atau sekitar stasiun kereta yang dilalui rute KRL Commuter Line Jabodetabek ini, bertujuan menambah daya tampung penumpang dan panjang peron.
Selain itu, KAI harus mempersiapkan tambahan parkir kendaraan bagi penumpang sehingga bisa menampung 1,2 juta penumpang per hari.

"Hampir seluruh stasiun memang perlu ditertibkan kios, kita juga harus mempersiapkan parkirnya untuk menampung 1,2 juta penumpang," tambahnya.

Kios yang ditertibkan sendiri, merupakan kios yang telah habis masa kontraknya atau yang masih memiliki masa kontrak namun telah dilakukan negoisasi dengan pemberian kompensasi.

Sugeng tetap mengapresiasi langkah Komnas HAM dan mahasiswa yang memprotes peneritaban kios di stasiun, seperti pada kasus Stasiun UI Depok. Pihaknya harus mengambil tindakan tegas untuk meningkatakan kualitas layanan bagi para penumpang.

"Revitalisasi sudah mulai, gencar penolakan penertiban saya memahami. Kewajiban kami untuk memberikan layanan yang lebih kepada publik," sebutnya.

Selain melakukan revitalisasi stasiun, pada 2013 kali ini, KAI juga menambah armada KRL secara bertahap sambil menunggu penambahan jumlah daya tampung stasiun.

"Tahun 2013 kita datangkan 160 sampai 180 KRL secara berangsur-angsur," pungkasnya
http://cybernews.cbn.net.id/cbprtl/cybernews/detail.aspx?x=General&y=cybernews|0|0|4|22792

KRL Ekonomi Segera Dikandangkan
Kereta ekonomi dinilai sangat memprihatinkan dan tidak manusiawi lagi.

Kepala Humas Daerah Operasi 1 (Kahumas Daop 1) PT KAI Mateta Rizalulhaq mengatakan, keputusan penghapusan KRL ekonomi diambil guna mememprioritaskan keselamatan penumpang.

Pasalnya, menurut Mateta, kondisi KRL ekonomi sangat memprihatinkan sehingga BUMN mengajak penumpang memanfaatkan commuter walau diakui harga karcisnya lebih mahal.

"Rencana penghapusan KRL ekonomi merupakan keputusan dari kantor pusat, alasannya yang utama adalah kami ingin memprioritaskan keselamatan penumpang karena kondisi kereta ekonomi sangat memprihatinkan dan tidak manusiawi lagi, seperti lantai kereta yang berlubang, tidak ada pintu, dan mesin kereta yang sudah tua," kata Mateta saat ditemui di Stasiun Jakarta Kota, hari ini.

Menanggapi rencana tersebut, Mateta mengaku mendengar keberatan dari sejumlah warga terhadap keputusan PT KAI untuk menghapus perjalanan kereta ekonomi di semua jurusan. Namun, Mateta menjelaskan, keputusan itu masih dalam rencana dan dilakukan secara bertahap, seperti saat ini telah dilakukan penghapusan satu kereta ekonomi Bogor, satu kereta ekonomi Jakarta dan satu kereta ekonomi Tangerang.

"Kereta ekonomi saat ini ada sembilan rangkaian untuk 93 kali perjalanan Jakarta-Bogor. Dan rencananya, pada 2013 akan ada penambahan kereta commuter sebanyak 180 unit untuk mengganti perjalanan kereta ekonomi," tambah Mateta.

Tarif karcis yang diberlakukan untuk commuter sebagai pengganti ekonomi menurut Mateta akan tetap yaitu Rp8000/penumpang sampai Rp9000/penumpang sebagaimana tarif commuter yang sekarang.

"Untuk masalah penetapan tarif karcis, kami akan sesuaikan dengan tarif karcis commuter sekarang. Sebenarnya tinggal masyarakat memilih transportasi aman dengan harga Rp8000 atau transpotasi murah tapi tidak bisa menjamin keselamatan mereka," katanya.

Selain masalah kurang terjaminnya keselamatan penumpang, Mateta menambahkan, kondisi kereta ekonomi yang memprihatinkan sering sekali mengalami gangguan dan ini menjadi pemicu keterlambatan kedatangan kereta lainnya sehingga menyebabkan penumpukan penumpang.

Andika Indrayana, seorang mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta yang juga pengguna transportasi tersebut, bahkan menyetujui keputusan penghapusan. "Kalau ingin menjadi negara yang maju dari segi ekonomi dan transportasi, keputusan menghapus KRL ekonomi merupakan langkah yang tepat," kata Andika.

Andika menambahkan keputusan ini diambil asalkan pihak KAI dapat menjamin jadwal keberangkatan kereta dengan tepat waktu dan berharap agar tarif karcis dapat disesuaikan dengan jarak tempuh. "Rasanya tidak adil jika tarif karcis diberlakukan sama di tiap stasiun," katanya.

Ekonomi lemah

Lain hal dengan warga Bojong Gede sekaligus pengguna KRL ekonomi, Saifullah. Dia tidak setuju dengan keputusan PT KAI. "Saya tidak setuju dengan keputusan penghapusan ekonomi dan mengganti dengan kereta commuter, menurut saya ini kurang bijaksana karena tarif kereta tersebut mahal. Sehatusnya KAI memikirkan orang dengan ekonomi lemah," kata Saifullah.

Saifullah berharap jika kereta ekonomi dihapuskan maka PT KAI dapat menyesuaikan tarif karcis dengan kondisi ekonomi masyarakat menengah ke bawah. "Karcis dengan harga Rp8.000-Rp 9.000 terlalu mahal. Ya kalau bisa diturunkan maksimal menjadi Rp4.000 saja," katanya.
http://www.beritasatu.com/megapolitan/89741-krl-ekonomi-segera-dikandangkan.html
 

·
silent reader
Joined
·
124 Posts
beberapa penambahan stasiun baru di jalur loop line. sepertinya ada 5 stasiun baru yang akan dibangun yaitu matraman, rasuna said, roxy, tomang, dan bandengan.

untuk jalur diluar loopline, rencana ada penambahan stasiun antara cilebut dan bogor. yaitu stasiun/halte kedung badak dekat flyover jalan baru bogor.

lalu kemungkinan akan ada juga penambahan stasiun dekat taman bmw di jalur kota-priok. karena sudah pasti akan dibangun stadion bmw disana.
wah sesuai dengan hayalan saya nih
kalau ini beneran di laksanakan, krl bakal kebanjiran penumpang dari yasmin dan sekitarnya dan meningkatkan pendapatan krl juga mudah mudahan cepet terealisiasi :)
 

·
Oceana Community Union
Joined
·
9,173 Posts
Commuter Line Akan Gantikan Semua KRL Ekonomi
Sebenernya KRL ekonomi yang sekarang ini tidak masalah... hanya ada atapers & pintu terbuka terus & ada penerangan yang mati, kipas mati. Jika di gantikan? memang ada ada KA seluas si Reos/Hitaci a.k.a Ekonomi, sedangkan penggunakanya sangat banyak. Kalo diganti menggunakan KA CL apa jadinya? sepertinya atapers akan tetap disana, belum lagi didalam CL juga sengsara jika gak ada ACnya... alamat si Kreta yang dialokasikan itu kacanya akan pecah, pintu rusak dll & atapers pun tetap di posisinya...

Mendingan KA ekonomi yang sekarang di rehab dl, menjadi manusiawi, ditambah AC, gerbong dibuat lebih banyak 12 per 1 rangkaian.
 

·
channel91
Joined
·
92 Posts
^^ Dengan singapura memang tak bisa dibandingkan. Toh mereka aja gak punya Suburb seperti Jakarta :D

Memang harus diakui, KRL Jabodetabek ini salah satu Suburban rail yang terbesar di Asia dari segi penumpang maupun jumlah armada :cheers:
wewwww,,terbesar di asia??????
asia tenggara kn mksudnya??

maaf klo oot:bash:
 

·
just DUIT !!!
Joined
·
3,248 Posts
Discussion Starter #58
jelas bakal berdarah2 dan akan banyak timbul konflik jika tetap akan menghapus krl ekonomi khususnya koridor bogor. mungkin efeknya sama dengan seandainya bbm dicabut subsidinya. apalagi perbedaan tarif 2ribu ke 9rb itu jelas bagi yang sering menggunakan krl ekonomi sangat berat. apalagi di koridor bogor tidak ada lagi alternatif lain kereta murah seperti koridor lain yang masih ada kereta lokal.

sebenarnya kalau mau, untuk meredam gejolak maka dari dulu harus sudah dilakukan kenaikan secara bertahap. dulu kalau tidak salah pernah ada rencana krl eko naik jadi 3.5ribu tapi batal. kalau kenaikan bertahap selama beberapa tahun maka efek shocknya agak berkurang.

penghapusan krl ekonomi ini juga berdampak pada berkurangnya jumlah penumpang krl. estimasi saya bisa sampai 50% atau lebih. juga berdampak dengan semakin sesaknya jalan raya dengan mobilitas penumpang mantan pengguna krl ekonomi ini. perkiraan saya, sepeda motor akan membludak. dan subsidi bbm bakal tambah jebol lagi tahun2 kedepan.

:nuts:
 

·
Registered
Joined
·
213 Posts
Klo ga salah KTM Komuter di Malaysia memberikan diskon 50% bagi warga kurang mampu. Sistemnya semacam kartu jamkesmas gitu. Mungkin PT KAI bisa mencontoh langkah semacam ini untuk meminimalisasi konflik yang mungkin timbul ketika KA ekonomi dihapuskan.
 
41 - 60 of 12815 Posts
Top